10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.

Daftar isi

Cara memilih krim penghilang flek hitam

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih krim penghilang flek hitam. Untuk mendapatkan krim penghilang flek hitam yang sesuai, Anda harus memiliki cukup pengetahuan mengenai bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Selengkapnya, mari simak ulasan berikut ini!

Periksa bahan aktif yang terkandung di dalam krim

Perlu Anda ketahui bahwa, produk krim penghilang flek hitam yang boleh beredar di Indonesia adalah produk yang sudah mendapat izin dari Departemen Kesehatan atau BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Masing-masing bahan aktif memiliki fungsi yang berbeda. Di sini, kami akan memperkenalkan bahan aktif yang sering digunakan dalam krim penghilang flek hitam.

Asam traneksamat, memiliki efek antikasar pada kulit

Asam traneksamat, memiliki efek antikasar pada kulit

Salah satu jenis asam amino artifisial sintetis, yaitu asam traneksamat, memiliki efek antikasar pada kulit. Selain itu, zat tersebut juga dapat menghambat aktivasi sel melanosit, yaitu sel yang berfungsi untuk menghasilkan melanin. Dengan begitu, pembentukan flek hitam pada wajah dapat dicegah.

Asam traneksamat juga memiliki efek perawatan kulit sehingga baik untuk mencegah kulit kasar. Bahan ini juga efektif untuk mengatasi flek hitam yang disebabkan oleh gangguan hormon dan sinar ultraviolet. Karena itu, krim dengan kandungan bahan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mencegah flek hitam dan kulit kasar.

Arbutin, memiliki efek pencegah flek hitam yang baik

Arbutin, memiliki efek pencegah flek hitam yang baik

Arbutin adalah salah satu komponen campuran pada krim penghilang flek yang berasal dari buah lingonberry. Arbutin dapat menghambat kerja enzim tyrosinase yang menghasilkan melanin. Dengan begitu, arbutin dapat menekan melanin yang berlebihan dan pertumbuhan flek hitam dapat dibatasi.

Untuk hasil yang lebih maksimal, ada baiknya menggabungkan bahan arbutin dengan turunan vitamin C. Karena itu, pilihlah krim penghilang flek hitam berkandungan arbutin sekaligus turunan vitamin C untuk hasil yang maksimal.

Turunan vitamin C, efektif menyamarkan flek hitam

Turunan vitamin C, efektif menyamarkan flek hitam

Turunan vitamin C berfungsi menghambat penuaan pada kulit, mengencangkan kulit yang kekurangan kolagen, dan juga ampuh merawat kulit berjerawat. Serum yang dilengkapi dengan turunan vitamin C sangat disarankan bagi Anda yang ingin mencegah tanda penuaaan seperti flek hitam.

Meski begitu, bahan ini juga dapat membantu Anda mengatasi flek hitam yang sudah terlanjur muncul pada wajah. Khasiatnya membantu menekan pembentukan melanin yang merupakan penyebab utama flek hitam. Dengan memilih serum berbahan turunan vitamin C, Anda dapat mencegah dan mengobati flek hitam.

Ekstrak plasenta, ideal untuk perawatan kulit kusam

Ekstrak plasenta, ideal untuk perawatan kulit kusam

Komponen ini merupakan hasil ekstraksi dari plasenta hewan dan memiliki fungsi mendorong regenerasi sel kulit baru. Fungsi lainnya adalah untuk menghambat produksi melanin berlebih. Bahan ini sangat disarankan bagi Anda yang mengalami masalah kulit kusam.

Ekstrak plasenta juga mengandung SCAF (senescent cell activating factors) yang dapat meningkatkan reproduksi sel kulit dan mengganti sel kulit yang telah rusak. Regenerasi sel kulit dapat membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan berupa flek hitam.

Pilih krim dengan kandungan obat untuk hasil yang maksimal

Pilih krim dengan kandungan obat untuk hasil yang maksimal

Bagi Anda yang ingin menghilangkan flek hitam lebih cepat, pilihlah krim yang mengandung bahan obat-obatan. Demi keamanan, pastikan produk krim pilihan Anda telah mendapat izin edar dari BPOM. Selain itu, Anda bisa melakukan pengecekan ulang dengan mengunjungi situs resmi produk tersebut.

Namun, tidak semua krim penghilang flek hitam yang tidak berijin BPOM adalah buruk atau berbahaya. Hal ini karena terdapat pula produk import yang sudah memiliki sertifikat keamanan dari negaranya masing-masing. Meski begitu, sebaiknya Anda selalu memeriksa komposisi bahan yang tertera di belakang kemasan sebelum membeli krim penghilang flek hitam.

Pilih produk berkandungan hydroquinone sesuai saran dokter atau ahli kulit

Pilih produk berkandungan hydroquinone sesuai saran dokter atau ahli kulit

Untuk mengatasi flek membandel seperti noda hitam bekas jerawat, bekas luka, dan lain-lain, gunakanlah krim dengan kandungan hydroquinone. Hydroquinone berfungsi mencegah penggelapan warna kulit setelah terkena paparan sinar matahari.

Mungkin Anda sudah banyak mendengar kontroversi penggunaan hydroquinone. Sebenarnya selama digunakan sesuai anjuran dokter, proses stimulasi pengelupasan kulit mati sebagai efek dari penggunaan hydroquinone, tidak akan menyebabkan masalah. Bila Anda menggunakannya secara berlebihan, sistem perlindungan kulit memang akan lebih mudah rusak dan mengalami iritasi. Segera hentikan pemakaian krim dan konsultasikan kepada dokter jika hal tersebut terjadi.

Bagi para pria, pilih krim penghilang flek hitam khusus untuk pria

Bagi para pria, pilih krim penghilang flek hitam khusus untuk pria

Bagi para pria, disarankan untuk memilih krim penghilang flek hitam khusus untuk pria. Hal tersebut karena kulit wajah pria lebih mudah berminyak dan lebih mudah kering dibandingkan dengan wanita, terutama pada bagian pipi.

Selain itu, kebiasaan mencukur setiap hari dan kurangnya kebiasaan mengaplikasikan pelembap pada kulit membuat kulit pria lebih mudah terkena sinar UV. Bagi para pria, pilihlah krim penghilang flek hitam yang sekaligus memiliki bahan pelembap, agar kulit wajah tetap terawat.

Pilih yang mengandung bahan pelembap

Pilih yang mengandung bahan pelembap

Pilihlah krim penghilang flek hitam yang mengandung pelembap untuk hasil yang lebih efektif. Kulit yang lembap akan lebih terlindung dari sinar UV sehingga munculnya flek hitam dapat dicegah. Gunakanlah krim penghilang flek hitam yang mengandung pelembap sebagai langkah pencegahan munculnya flek hitam lebih banyak.

Bahan seperti hyaluronic, ceramide, dan jojoba oil dipercaya banyak mengandung pelembap serta dapat mengatasi kulit kering. Dengan begitu, selain manfaat menghilangkan flek hitam di wajah, Anda juga dapat merasakan kulit tetap lembap sepanjang hari.

Pilih kemasan ekonomis untuk Anda yang berkulit sensitif

Pilih kemasan ekonomis untuk Anda yang berkulit sensitif

Bagi Anda yang berkulit sensitif dan rentan terhadap rangsangan bahan kimia, sebaiknya Anda mencoba krim penghilang flek hitam dengan kemasan kecil. Pada umumnya, produk yang mengandung bahan pemutih kulit akan mengiritasi kulit dan ini tidak baik bagi Anda yang memiliki kulit dengan pertahanan yang lemah.

Produk perawatan kulit yang berkualitas biasanya akan dijual dengan harga yang tinggi. Bila Anda terlanjur membelinya dan ternyata tidak cocok, tentu saja akan mubazir. Untuk itu, cobalah pilih krim berkemasan ekonomis yang dapat dipakai beberapa kali pemakaian saja. Anda pun bisa mengetahui kecocokannya dengan kulit Anda.

10 Rekomendasi krim penghilang flek hitam terbaik

Selanjutnya, kami akan menjelaskan beberapa rekomendasi produk krim penghilang flek hitam terbaik. Anda dapat membandingkan kelebihan dari masing-masing produk agar Anda dapat memilih produk perawatan yang tepat untuk perawatan wajah sehari-hari Anda.

10. Olay White Radiance Light Perfecting Day Cream

10. Olay White Radiance Light Perfecting Day Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 78.570

Kulit cerah dari dalam bagai mutiara dan bebas flek hitam hanya dalam 2 minggu

Krim ini ampuh mengurangi flek hitam dengan kandungan Sepiwhite dan hexyldecanol. Berkat kandungan niacinamide dan vitamin B3, kulit juga akan tampak cerah tanpa khawatir flek hitam muncul kembali. Krim dengan kemasan silver nan elegan ini juga memiliki teknologi Sepitonik yang membantu mencerahkan kulit dari dalam.

Tekstur krimnya yang mudah meresap, melembapkan kulit berkat kandungan silitol di dalamya. Produk dari Olay ini cocok untuk segala jenis kulit, bahkan kulit kering dan rentan terhadap bahan aditif sekalipun. Bagi Anda yang ingin cepat mendapatkan hasil agar dapat tampil percaya diri, pilihlah produk ini. Gunakan secara rutin untuk hasil terbaik.

9. Erha21 Truwhite Activator Day Cream

9. Erha21 Truwhite Activator Day Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 198.500

Pencerah alami yang efektif kurangi flek hitam serta aman bagi ibu hamil dan menyusui

Krim dari Erha21 ini diperkaya dengan bahan alami arbutin yang berfungsi sebagai zat pencerah kulit. Itulah sebabnya, produk ini efektif mencerahkan dan melembapkan kulit, mengurangi flek hitam, serta menghambat pembentukan melanin pada kulit. SPF 25-nya juga menangkal sinar UVA dan UVB yang memperparah kondisi flek hitam.

Bagi Anda ibu hamil atau menyusui yang peduli pada perawatan kulit, produk ini pantas dipilih karena bahan alaminya yang aman. Kemasannya berupa botol pump, semakin mudah dan praktis digunakan. Krim yang juga bisa digunakan sebagai tabir surya ini akan memberikan hasil maksimal dengan pemakaian rutin setiap hari setelah mencuci muka.

8. Garnier Light Complete White Speed Yuzu Whitening Serum Cream SPF 19

8. Garnier Light Complete White Speed Yuzu Whitening Serum Cream SPF 19

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 48.500

Kandungan buah lemon yuzu dari Jepang bantu cegah flek hitam dan kulit kusam

Krim ini adalah produk pertama dari Garnier dengan tabir surya dan kandungan 3x serum vitamin C dari buah lemon yuzu. Kandungan ekstrak buah khas Jepang ini akan membuat wajah tampak glowing dan halus. Berkat SPF 19/PA+++ yang memberi perlindungan terhadap UVA dan UVB, munculnya noda hitam pun dapat dicegah.

Tekstur krimnya yang kental dan berwarna putih susu terasa lembut dan cepat diserap kulit saat diaplikasikan. Aroma buah lemon yuzu yang ringan membuat Anda merasa fresh dan rileks saat menggunakannya. Ingin hilangkan sekaligus cegah flek hitam melalui kesegaran alami buah lemon yuzu? Jadikan saja produk ini sebagai pilihan utama!

7. La Tulipe Intensive Whitening Cream

7. La Tulipe Intensive Whitening Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 51.000

Tanpa bahan baku hewani dan no animal testing, tetap ampuh hambat flek hitam

Dengan ekstrak Korean golden bell, produk ini menyamarkan flek hitam dengan menghambat produksi melanin dan mengangkat sel kulit mati. Krim ini juga memberi efek menenangkan bagi kulit yang memerah karena terbakar matahari atau iritasi. Memiliki label no animal testing, produk ini bahkan diklaim tidak mengandung bahan baku hewani.

Bagi Anda pencinta binatang atau vegan, krim ini tentu pilihan ideal. Terlebih lagi, krimnya yang berwarna putih cenderung encer sehingga cepat meresap di kulit. Wangi buah berry-nya yang memberikan efek menyegarkan, membuat Anda menantikan saat-saat menggunakannya. Dapatkan pula wajah cerah bebas flek hitam tanpa break out dengan krim ini!

6. Kojiesan Face Lightening Cream

6. Kojiesan Face Lightening Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 40.900

Atasi masalah flek hitam sekaligus merawat kulit kering

Krim yang identik dengan gambar geisha di setiap kemasannya ini menggunakan kojic acid sebagai bahan aktif utamanya. Selain itu, krim ini dipercaya mampu mencerahkan flek hitam dan melembutkan kulit lebih efektif berkat kandungan kolagen dan vitamin B3. Tidak hanya itu, krim ini tidak beresiko menimbulkan jerawat maupun iritasi.

Produk asli Filipina ini bertekstur halus, padat menyatu tanpa kesan greasy, dan tidak lengket dengan wangi khas buah jeruk yang menyegarkan. Dapatkan kulit cerah bebas kusam, flek hitam, dan bekas jerawat dengan pemakaian rutin pagi dan malam hari. Cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering sehingga kulit Anda tetap sehat dan terawat.

5. Bali Alus Cream Face Cooling Down

5. Bali Alus Cream Face Cooling Down

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 48.000

Hilangkan flek hitam sekaligus kecilkan pori-pori yang membesar

Bali Alus Cooling Down Face Cream memiliki kandungan alami, seperti ekstrak biji jambu mete dan virgin coconut oil yang dipercaya memberikan kelembapan bagi kulit. Wajah yang selalu lembap memiliki risiko lebih kecil terkena pengaruh negatif sinar UV. Tekstur wajah semakin lembut sehingga flek hitam pun semakin terasamarkan.

Anda cukup menggunakannya pada malam hari menjelang tidur sebagai krim malam. Namun, untuk hasil maksimal, gunakan juga di pagi hari. Penggunaan yang rutin dapat mengecilkan pori-pori wajah, bahkan menyamarkan bekas bopeng karena jerawat. Cocok bagi Anda yang memiliki keluhan flek hitam, disertai dengan pori-pori besar yang terlihat kasar.

4. Rohto Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Cream

4. Rohto Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 75.499

Kulit bebas iritasi berkat formulasi pH balance 

Dibuat dari bahan-bahan berkualitas, krim asal negeri sakura ini juga bebas bahan aditif, seperti pewarna, pewangi, dan sebagainya. Dibuat dengan formulasi pH balance yang sesuai dengan pH alami kulit, kulit pun terhindar dari risiko iritasi. Dianjurkan untuk pemakaian pada malam hari, teksturnya begitu ringan dan mudah diserap kulit.

Kandungan High Purity Arbutin-nya akan mencerahkan warna kulit, sementara kandungan vitamin C-nya, berkhasiat menangkal radikal bebas. Dapatkan pula kulit yang kenyal dan lembap karena krim ini juga diperkaya hyaluronic acid. Cocok untuk Anda yang ingin menghilangkan flek hitam tanpa khawatir kulit kering atau pun takut kulit teriritasi.

3. Pond’s Flawless White Brightening Night Cream

3. Pond's Flawless White Brightening Night Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 75.000

Pudarkan noda hitam dengan formula GenActivTM

Inilah generasi baru night cream dari Pond’s yang diperkaya dengan formula GenActivTM. Dipadukan juga dengan niaciamide dan 12 HSA, produk ini dipercaya mampu memudarkan noda hitam dan mencerahkan kulit dari dalam dengan mengontrol produksi melanin. Dapatkan warna kulit semakin rata melalui krim yang mudah diserap kulit ini.

Pemakaian secara rutin juga membuat wajah menjadi lebih lembap dan terasa halus. Anda yang memiliki masalah flek hitam dengan jenis kulit kering juga patut mempertimbangkan produk ini. Ingin wajah terlihat flawless tanpa aplikasi makeup berlebihan? Cobalah produk dari Pond’s ini dan rasakan manfaatnya dalam kurun waktu 7 hari!

2. Loreal Paris White Perfect Clinical Day Cream SPF 19 PA++

2. Loreal Paris White Perfect Clinical Day Cream SPF 19 PA++

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 135.000

Ampuh samarkan flek hitam dan bantu kontrol minyak berlebih

Day cream ini berfungsi membantu mengurangi produksi melanin penyebab utama noda hitam di kulit. Kulit tampak cerah, lembap, dan noda hitam tersamarkan berkat Pro-Vanish3 Ex Technology yang dapat Anda buktikan dalam pemakaian selama 8 minggu. Selain itu, SPF 19 PA++ juga membantu melindungi kulit dari dampak buruk sinar UVA dan UVB.

Teksturnya ringan dan mudah meresap ke dalam kulit sehingga wajah tidak terasa lengket. Krimnya memang berwarna merah muda, tetapi tidak akan meninggalkan kesan pinkish di kulit. Takut pemakaian krim wajah malah akan membuat kulit semakin berminyak? Tenang saja, produk asal Prancis ini juga nyaman digunakan oleh Anda pemilik oily skin.

1. Shiseido White Lucent MultiBright Night Cream

1. Shiseido White Lucent MultiBright Night Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.150.000

Teknologi mutakhir dari Jepang bantu lenyapkan flek hitam yang tersebar di wajah

Krim asal Jepang ini dipercaya ampuh hilangkan flek hitam dengan teknologi mutakhir dalam satu kemasan krim. MultiBright Technology-nya mampu meningkatkan proses regenerasi kulit di malam hari. Selain itu, krim ini ampuh menekan produksi melanin yang disebabkan oleh sinar UV berkat Features SAKURAResist Technology.

Kandungan 4MSK di dalamnya membantu mengurangi aktivitas enzim tironasi yang memproduksi melanin. Teksturnya kental, tetapi tetap terasa ringan dan tidak terasa lengket. Pemakaian rutin akan membuat kulit lembap terhidrasi dan merona alami. Dapatkan hasil nyata flek hitam tersamarkan dan wajah tampak glowing secantik kulit putih wanita Jepang!

Cara efektif penggunaan krim untuk mengatasi flek hitam di kulit

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kami akan menjelaskan cara efektif untuk menggunakan krim penghilang flek hitam dan hal-hal lain yang perlu diperhatikan. Simak dalam ulasan berikut ini!

Oleskan pada bintik hitam saja, bukan pada seluruh wajah

Oleskan pada bintik hitam saja, bukan pada seluruh wajah

Kebanyakan krim penghilang flek hitam dirancang untuk digunakan pada area wajah yang terdapat flek atau noda hitam. Karena itu, gunakan dengan mengoleskan tepat pada bintik hitam dan bukan pada seluruh permukaan wajah. Setelah itu, diamkan dan jangan banyak menyentuh area wajah yang diolesi krim.

Namun, beberapa krim memiliki penggunaan berbeda. Ada yang dikhususkan untuk daerah tertentu pada wajah, ada pula yang dapat digunakan di seluruh area wajah. Anda perlu memeriksa kembali penjelasan produk dan memahami cara penggunaannya.

Waspadai flek hitam yang tidak bisa hilang!

Waspadai flek hitam yang tidak bisa hilang!

Meskipun wujudnya mirip, flek atau noda pada wajah dapat dibagi menjadi enam jenis. Di antaranya, terdapat jenis yang dapat ditangani dengan perawatan sendiri dan ada juga yang tidak bisa untuk Anda tangani sendiri. Berikut adalah tiga jenis flek hitam yang dapat ditangani dengan krim penghilang flek hitam:

  • Lentigo : flek hitam yang disebabkan oleh paparan sinar UV, tanda penuaan, dan stres.
  • Hiperpigmentasi Pasca Inflamasi (HPI) : flek hitam yang terjadi akibat trauma pada kulit, seperti jerawat, gigitan serangga, dan luka bakar.
  • Melasma : flek hitam yang disebabkan oleh sinar UV dan gangguan hormon.

Sebaliknya, freckles, keratosis seboroik atau kutil tua, serta flek hitam pada leher dan punggung tidak bisa diatasi dengan krim penghilang flek hitam. Anda dapat mulai memberikan tindakan perawatan yang sesuai setelah memeriksakannya kepada ahli kulit.

Untuk hasil terbaik, sebaiknya Anda tidak sekadar menebak-nebak jenis flek yang Anda alami saat ini. Bila memungkinkan, konsultasikanlah terlebih dahulu pada dokter kulit atau ahli kecantikan, agar Anda dapat segera memilih menggunakan krim pencegah flek hitam dengan tepat.

Baca juga rekomendasi cara menghilangkan flek hitam dengan suplemen di sini!

Tidak hanya krim, ada juga cara menghilangkan flek hitam dengan suplemen pemutih badan. Gabungkan penggunaan krim penghilang flek hitam dan suplemen ini untuk hasil yng maksimal. Silahkan cek artikel berikut ini dan cobalah untuk mengonsumsi suplemen sesuai kebutuhan Anda!

Kesimpulan

Kami telah memperkenalkan cara memilih krim yang dapat menghilangkan flek hitam pada wajah Anda. Anda dapat segera mengambil tindakan penanganan saat sudah mengetahui penyebab flek hitam. Selain memilih produk yang mampu menghilangkan flek hitam, pilihlah juga produk yang berguna untuk perawatan wajah Anda.

Kami juga sudah memperkenalkan beberapa produk krim penghilang flek hitam. Apakah Anda sudah menentukan pilihan? Dapatkan krim penghilang flek hitam sesuai kebutuhan Anda sesegera mungkin, sebelum kondisinya bertambah parah.