• 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Noda di wajah atau flek hitam memang menggangu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih. Menggunakan skincare untuk menghilangkan flek hitam adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.

Namun, memilih cream penghilang flek hitam harus dilakukan dengan saksama. Kami sudah menyiapkan tips memilih krim yang ampuh untuk menghilangkan flek hitam. Tidak lupa, rekomendasi merk terbaiknya, seperti Olay, L'Oreal Paris, Kojie San, dan Shiseido juga dapat Anda temukan di sini. Agar tidak salah pilih, dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga ikut memberikan komentarnya.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dia Febrina
  • Pembaharuan terakhir: 11 Juni 2021
  • 596.294 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan Dermatovenereologist dr. Dia Febrina, Sp.KK

Berkolaborasi dengan Dermatovenereologist dr. Dia Febrina, Sp.KK

dr. Dia Febrina, Sp.KK adalah dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Pendidikan Dokter Umum dan Spesialis, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Pendiri klinik Medika Asyifa Jatiasih dan Dr. Derm Skin Care ini memiliki ketertarikan dalam bidang dermatologi kosmetik, estetik, dan tumor bedah kulit. Saat ini dr. Dia aktif melakukan edukasi seputar kesehatan kulit dan kelamin, salah satunya melalui akun Instagram-nya.

Cara memilih krim penghilang flek hitam

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih krim penghilang flek hitam. Untuk mendapatkan krim penghilang flek hitam yang sesuai, Anda harus mengenal bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Untuk informasi lengkapnya, mari simak ulasan berikut ini!

Periksa bahan aktif yang terkandung di dalam krim

Krim penghilang flek hitam yang Anda gunakan tentunya harus aman bagi kulit. Untuk itu, kami merekomendasikan Anda memilih produk yang telah mendapatkan sertifikasi BPOM. Meski demikian, masing-masing produk memiiki bahan aktif yang berbeda. Berikut ini, kami berikan informasi seputar bahan aktif yang sering digunakan dalam krim penghilang flek hitam.

Tranexamic acid: Melembutkan kulit yang kasar

Tranexamic acid: Melembutkan kulit yang kasar

Jika Anda memiliki masalah flek hitam sekaligus tekstur kulit yang kasar, Anda dapat memilih krim yang mengandung tranexamic acid. Zat asam ini mampu menghambat kinerja plasmin dan melanosit yang berperan dalam pembentukan melanin. Melanin sendiri adalah salah satu penyebab munculnya flek hitam. Selain mencerahkan noda hitam, tranexamic acid juga dapat menyehatkan kulit serta mencegah kulit kasar.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Tranexamic acid topikal atau oles terbukti efektif dan aman untuk mengobati kelainan hiperpigmentasi seperti melasma (flek) dan bekas jerawat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tranexamic acid topikal dengan konsentrasi 25% efektif untuk mengatasi flek.

Arbutin: Efektif mencegah flek hitam muncul kembali

Arbutin: Efektif mencegah flek hitam muncul kembali

Arbutin sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mencegah munculnya flek hitam. Arbutin bekerja dengan menghambat hormon tyrosinase, hormon yang meningkatkan pembentukan pigmen melanin. Dengan demikian, produksi melanin dapat dicegah. Zat ini akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan turunan dari vitamin C. Jadi, akan sangat baik bila Anda memilih krim yang mengandung arbutin dan turunan vitamin C.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Arbutin merupakan turunan dari hidrokuinon yang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit. Selain itu, kandungan ini juga membantu menyamarkan hiperpigmentasi atau bercak hitam pada kulit.

Turunan vitamin C: Membuat kulit lebih cantik

Turunan vitamin C: Membuat kulit lebih cantik

Turunan vitamin C merupakan zat aktif yang dapat mencegah jerawat, serta meratakan tekstur kulit. Di samping itu, turunan vitamin C juga berfungsi sebagai anti-aging pada kulit. Kandungan ini mampu mencerahkan noda dan flek hitam, lalu mencegahnya datang kembali dengan cara menekan produksi melanin.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Vitamin C merupakan salah satu bahan dalam skincare yang memiliki manfaat untuk mengurangi hiperpigmentasi. Tidak hanya itu, vitamin C juga ampuh mengatasi noda hitam, mencerahkan kulit, dan juga memiliki efek antioksidan. 


Kelebihan lain dari vitamin C adalah kemampuannya yang bisa merangsang kolagen pada lapisan dermis kulit. Karena hal itu, vitamin C juga berfungsi sebagai antiaging yang mengurangi tampilan kerut halus pada wajah.

Ekstrak plasenta: Ideal untuk perawatan kulit kusam karena kering

Ekstrak plasenta: Ideal untuk perawatan kulit kusam karena kering

Ekstrak plasenta sangat melembapkan kulit dan membuat kulit lebih sehat. Jika kulit Anda menjadi kusam akibat kering, Anda dapat memilih krim yang mengandung ekstrak plasenta. Tak hanya itu, ekstrak plasenta juga bisa membuat kulit tampak lebih kencang dan berkilau. Jadi, bahan aktif ini juga cocok untuk Anda yang ingin mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Ekstrak plasenta banyak digunakan dalam formulasi untuk mengatasi kulit kering. Ekstrak plasenta ini dapat memperbaiki hidrasi dan elastisitas kulit serta mengurangi kerutan.

Bagi para pria, pilih krim penghilang flek hitam khusus untuk pria

Bagi para pria, pilih krim penghilang flek hitam khusus untuk pria
Bagi para pria, disarankan untuk memilih krim penghilang flek hitam khusus untuk pria. Hal tersebut disebabkan oleh kulit wajah pria yang lebih mudah berminyak dibandingkan kulit wanita, termasuk pada area pipi.

Selain itu, pria memiliki kebiasaan mencukur setiap hari, serta tidak terbiasa mengaplikasikan pelembap. Akibatnya, kulit wajah pria lebih mudah terpapar efek buruk sinar UV. Untuk itu, pilihlah krim penghilang flek hitam yang sekaligus memiliki kandungan pelembap khusus untuk pria.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Kulit wajah pria berbeda dengan wanita. Kulit wajah pria memiliki kadar sebum yang lebih tinggi sehingga cenderung lebih berminyak. Sebum dapat berfungsi sebagai pelembap yang bersifat oklusif sehingga menghalangi transepidermal water loss (TEWL). 


Krim penghilang flek hitam berbahan exfoliant seperti retinol dan AHA dapat membuat kulit menjadi kering dan mengelupas. Untuk itu, jangan lupa gunakan pelembap sebelum menggunakan krim penghilang flek hitam. Pria dengan tipe kulit kering juga sebaiknya rutin menggunakan pelembap.

Pilih yang mengandung bahan pelembap

Pilih yang mengandung bahan pelembap
Kulit, terutama pada bagian wajah, akan mudah kering bila terpapar sinar matahari. Karena itu, Anda sebaiknya memilih produk yang memiliki kandungan pelembap, seperti hyaluronic acid, ceramide, dan jojoba oil. Kandungan tersebut akan membantu menghilangkan flek hitam sekaligus melembapkan kulit. Jadi, jika Anda memiliki kulit kering, pastikan produk pilihan Anda mengandung bahan-bahan tersebut.

Untuk Anda yang berkulit sensitif, pilih trial kit

Untuk Anda yang berkulit sensitif, pilih trial kit
Untuk pemilik kulit sensitif, sebaiknya Anda mencoba krim penghilang flek hitam dalam kemasan trial kit. Pada umumnya, produk penghilang flek hitam memiliki bahan aktif yang dapat mengiritasi kulit sehingga Anda perlu berhati-hati dalam  memilih produknya.

Krim penghilang flek hitam memang cenderung memiliki harga yang tinggi. Memilih trial kit untuk penggunaan sekitar seminggu tentu merupakan pilihan ekonomis. Dengan begitu, Anda bisa terlebih dahulu melihat reaksinya pada kulit Anda. Cara ini juga dapat digunakan oleh Anda yang memiliki kulit normal.

PR
P&G SK-II GenOptics Aura Essence 1

P&GSK-II GenOptics Aura Essence

Mulai dari Rp 2.370.000,00

10 Rekomendasi krim penghilang flek hitam terbaik

Selanjutnya, kami akan menjelaskan beberapa rekomendasi produk krim penghilang flek hitam terbaik. Anda dapat memperhatikan penjelasan masing-masing produk agar bisa memilih produk yang tepat.

10

Roro MendutTemulawak Anti-Acne Plus Brightening Herbal Night Cream

Mulai dari Rp 95.000,00

Bahan aktifVitamin C, arbutin
Kandungan pelembapShea butter, aloe vera
Isi15 gram
BPOM
9

BeiersdorfNivea Men Extra White Dark Spot Minimizer Moisturizer

Mulai dari Rp 39.000,00

Bahan aktifWhitnat Vita Complex
Kandungan pelembapTidak disebutkan
Isi40 ml
BPOM
8
Bahan aktifHallabong, niacinamide
Kandungan pelembapShea butter
Isi50 ml
BPOM
7
Bahan aktifKojic acid, vitamin E
Kandungan pelembapRose hips extract, collagen
Isi30 gram
BPOM
6

Rohto Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Cream

Mulai dari Rp 70.900,00

Bahan aktifArbutin, vitamin C
Kandungan pelembapHyaluronic acid
Isi40 gram
BPOM
5

HimalayaClear Complexion Whitening Premium Day Cream

Mulai dari Rp 60.000,00

Bahan aktifLicorice, white dammer
Kandungan pelembapTidak disebutkan
Isi50 gram
BPOM
4

Erha21Truwhite Activator Day Cream SPF25/PA++

Mulai dari Rp 198.500,00

Bahan aktifGlabridin, niacinamide, glycosphere papaine, bisabolol
Kandungan pelembapBisabolol
Isi30 gram
BPOM
3

Shiseido White Lucent Brightening Gel Cream

Mulai dari Rp 1.150.000,00

Bahan aktifSakura bright complex
Kandungan pelembapGreen floral fragrance
Isi50 ml
BPOM
2

L'Oreal Paris White Perfect Clinical Day Cream SPF 19 PA++

Mulai dari Rp 181.900,00

Bahan aktifPro-Vanish 3
Kandungan pelembapGlycerine
Isi50 gram
BPOM
1

P&GOlay Total Effects Whip Active Moisturizer UV Cream

Mulai dari Rp 303.500,00

Bahan aktifNiacinamide, vitamin C, vitamin E
Kandungan pelembapGreen tea
Isi50 gram
BPOM

Tabel perbandingan produk krim penghilang flek hitam terbaik

Gambar produk
1
P&G Olay Total Effects Whip Active Moisturizer UV Cream 1

P&G

2
L'Oreal Paris  White Perfect Clinical Day Cream SPF 19 PA++ 1

L'Oreal Paris

3
Shiseido  White Lucent Brightening Gel Cream 1

Shiseido

4
Erha21 Truwhite Activator Day Cream SPF25/PA++ 1

Erha21

5
Himalaya Clear Complexion Whitening Premium Day Cream 1

Himalaya

6
Rohto  Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Cream 1

Rohto

7
Kojie San  Face Lightening Cream 1

Kojie San

8
Innisfree Brightening Pore Priming Cream 1

Innisfree

9
Beiersdorf Nivea Men Extra White Dark Spot Minimizer Moisturizer 1

Beiersdorf

10
Roro Mendut Temulawak Anti-Acne Plus Brightening Herbal Night Cream 1

Roro Mendut

Nama produk

Olay Total Effects Whip Active Moisturizer UV Cream

White Perfect Clinical Day Cream SPF 19 PA++

White Lucent Brightening Gel Cream

Truwhite Activator Day Cream SPF25/PA++

Clear Complexion Whitening Premium Day Cream

Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening Cream

Face Lightening Cream

Brightening Pore Priming Cream

Nivea Men Extra White Dark Spot Minimizer Moisturizer

Temulawak Anti-Acne Plus Brightening Herbal Night Cream

Keunggulan

Rasakan tujuh manfaat dalam satu produk

Dapatkan manfaatnya dalam delapan minggu

Teksturnya ringan dan cepat meresap

Meredakan iritasi sekaligus membentuk pertahanan alami kulit

Atasi pigmentasi ringan dengan kandungan antioksidan

Bebas pewangi, pewarna, dan alkohol. Ramah di kulit!

Atasi masalah flek hitam sekaligus merawat kulit kering

Bahan alaminya mencerahkan sekaligus meratakan tekstur kulit

Tidak terasa lengket. Para pria bakal nyaman memakainya

Ramuan herbal Nusantara untuk kulit glowing

Harga mulai dariRp 303.500,00Rp 181.900,00Rp 1.150.000,00Rp 198.500,00Rp 60.000,00Rp 70.900,00Rp 39.000,00Rp 420.000,00Rp 39.000,00Rp 95.000,00
Bahan aktifNiacinamide, vitamin C, vitamin EPro-Vanish 3Sakura bright complexGlabridin, niacinamide, glycosphere papaine, bisabololLicorice, white dammerArbutin, vitamin CKojic acid, vitamin EHallabong, niacinamideWhitnat Vita ComplexVitamin C, arbutin
Kandungan pelembapGreen teaGlycerineGreen floral fragranceBisabololTidak disebutkanHyaluronic acidRose hips extract, collagenShea butterTidak disebutkanShea butter, aloe vera
Isi50 gram50 gram50 ml30 gram50 gram40 gram30 gram50 ml40 ml15 gram
BPOM
Tautan produk

Cara efektif dalam menggunakan krim untuk mengatasi flek hitam di kulit

Setelah mengetahui tips memilih dan rekomendasi produknya, apakah Anda sudah mengetahui tentang cara menggunakan produknya? Kami akan memberikan penjelasan singkat tentang cara penggunaan krim untuk mengatasi flek hitam agar lebih efektif.

Oleskan pada bintik hitam saja, bukan pada seluruh wajah

Oleskan pada bintik hitam saja, bukan pada seluruh wajah

Kebanyakan krim penghilang flek hitam dirancang untuk digunakan pada area wajah yang terdapat flek atau noda hitam. Untuk produk seperti itu, gunakanlah dengan cara mengoleskannya tepat pada bintik hitam, bukan pada seluruh permukaan wajah. Anda sebaiknya memakainya dalam takaran yang sesuai agar kinerjanya optimal.


Namun, beberapa krim memiliki penggunaan yang berbeda. Ada yang dikhususkan untuk area tertentu pada wajah, ada pula yang dapat digunakan di seluruh area wajah. Anda perlu memeriksa kembali penjelasan produk demi memahami cara penggunaannya.

Baca juga rekomendasi produk penghilang noda hitam lainnya di sini

Selain krim wajah, masih ada produk kecantikan lain yang dapat Anda gunakan demi mendapat kulit mulus bebas noda. Agar Anda mendapat informasi lebih mendalam, Anda bisa membaca artikel-artikel di bawah ini. Langsung saja Anda klik tautannya, ya.

Kesimpulan

Adanya flek hitam pada wajah memang cukup mengganggu penampilan Anda. Menggunakan krim merupakan salah satu cara untuk menghilangkan flek hitam. Saat memilih produknya, jangan lupa untuk memperhatikan kandungan bahan aktifnya, ya. 

Selain itu, pilihlah krim yang telah tersertifikasi BPOM agar lebih terjamin keamanan bahan-bahannya. Sekian pembahasan kami tentang krim yang dapat mengatasi flek hitam. Semoga Anda merasa terbantu. Selamat memilih produknya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Kali ini kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun cuci muka untuk kulit berminyak dan berjerawat. Selain Cethapil, Garnier, Pond’s, dan Acnes, masih banyak produk facial wash untuk kulit berjerawat. Untuk membantu Anda memilih, dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. 
    Perawatan wajah
    864.644 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2021)
    Eye cream atau krim mata digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan dan mata panda. Tidak hanya orang dewasa, eye cream juga bisa dipakai oleh remaja. Beberapa merk, seperti Pond's, SAFI, dan Wardah bahkan telah meluncurkan eye cream yang bagus dengan harga murah.Kali ini kami akan mengulas cara memilih eye cream dan eye serum terbaik. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tentu saja, kami akan memberikan rekomendasi produk-produk yang bagus untuk Anda. Yuk, baca review-nya sampai habis!
    Perawatan wajah
    666.625 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat terlihat kempis, ternyata bekas jerawat masih bisa menimbulkan masalah. Bekas jerawat sulit untuk ditutupi bahkan dengan concealer dan membuat makeup jadi terlihat kurang bagus. Ada makeup yang dapat menyamarkannya, tetapi lebih baik jika Anda menggunakan skincare untuk menghilangkan jerawat.Salah satu caranya, Anda bisa memilih serum yang bagus untuk menghilangkan bekas jerawat. Kami akan menjabarkan tips memilih dan memberikan rekomendasi serum penghilang bekas jerawat, seperti produk The Ordinary, Kiehl’s, Wardah, dan lainnya. Simak juga komentar dan informasi tambahan dari dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, di artikel ini. 
    Perawatan wajah
    477.599 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Eksfoliasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda akan selalu mengalami regenerasi. Dengan demikian, sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit yang baru. Proses eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kami akan memperkenalkan Anda dengan berbagai jenis produk eksfoliasi, serta memberikan tips memilihnya. Tidak ketinggalan, kami juga memberi rekomendasi produknya, seperti merek Some by Mi, St. Ives, Simple, Cetaphil, dan merek lokal Wardah. Segera simak artikel ini dan temukan produk eksfoliasi yang pas untuk Anda.
    Perawatan wajah
    126.940 Views
  • 10 Rekomendasi Sleeping Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sleeping Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Akibat sinar UV, polusi, atau kelelahan, banyak masalah kulit bermunculan, seperti kulit berjerawat, beruntusan, kusam, dan lainnya. Untuk itu, Anda membutuhkan nutrisi ekstra saat kulit meregenerasi selnya pada malam hari. Salah satu caranya adalah menggunakan sleeping mask yang bagus.Namun, banyaknya sleeping mask di pasaran mungkin membuat Anda bingung memilih produk yang tepat. Untuk Anda, kami akan memberikan tips cara memilih sleeping mask. Setelah itu, kami akan merekomendasikan beberapa produk dari merk yang terkenal, seperti Laneige, Viva, dan Wardah. Simak sampai akhir, ya!
    Perawatan wajah
    226.986 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Secara alami, hyaluronic acid dapat ditemukan pada tubuh manusia. Meski begitu, penting untuk tetap menambahkan serum hyaluronic acid dalam rutinitas perawatan kulit. Hal itu disebabkan seiring pertambahan usia, kulit manusia akan makin berkurang kelembapan alaminya. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips untuk memilih serum hyaluronic acid terbaik untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk yang bisa Anda jadikan referensi. Beberapa di antaranya adalah L'Oreal Paris, Olay, Laneige, dan masih banyak lagi. Yuk, simak pembahasan ini sampai habis!
    Perawatan wajah
    14.395 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori