• 10 Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Noda hitam atau flek hitam memang mengganggu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih. Menggunakan skincare untuk menghilangkan flek hitam adalah salah satu cara yang ampuh. Namun, memilih cream yang bagus untuk menghilangkan flek hitam juga tidak mudah. 


Untuk itu, kami menyiapkan tips memilih cream penghilang flek hitam terbaik. Beragam merek cream penghilang flek hitam, seperti Olay, L'Oreal, dan ERHA dapat Anda temukan di sini. Ikuti juga tips dari dr. Dia Febrina dan simak ulasan rekomendasi cream penghilang flek hitam dari kami, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dia Febrina
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dia Febrina, Sp.KK

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dia Febrina, Sp.KK

dr. Dia Febrina, Sp.KK adalah dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Pendidikan Dokter Umum dan Spesialis, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Pendiri klinik Medika Asyifa Jatiasih dan Dr. Derm Skin Care ini memiliki ketertarikan dalam bidang dermatologi kosmetik, estetik, dan tumor bedah kulit. Saat ini dr. Dia aktif melakukan edukasi seputar kesehatan kulit dan kelamin, salah satunya melalui akun Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih krim penghilang flek hitam

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih krim penghilang flek hitam. Untuk mendapatkan krim yang tepat, Anda harus mengenali bahan aktif untuk menghilangkan flek hitam. Simak ulasan berikut ini untuk informasi lengkapnya!

Periksa bahan aktif yang terkandung di dalam krim

Memilih krim penghilang flek hitam yang ampuh tentunya juga harus aman bagi kulit. Untuk itu, kami merekomendasikan produk penghilang flek hitam yang telah tersertifikasi BPOM. Selain itu, kami juga akan memberikan informasi seputar bahan aktif yang sering digunakan dalam cream penghilang flek hitam.

Tranexamic acid, mencegah pigmentasi akibat paparan sinar matahari

Tranexamic acid, mencegah pigmentasi akibat paparan sinar matahari

Jika Anda bermasalah dengan flek hitam sekaligus tekstur kulit yang kasar, pilihlah krim wajah yang mengandung tranexamic acid. Zat asam ini merupakan agen depigmentasi yang menghambat kinerja plasmin dan melanosit yang berperan dalam pembentukan melanin.


Melanin sendiri adalah salah satu penyebab munculnya flek hitam. Manfaat tranexamic acid, yaitu:

  • Membantu mengatasi melasma dan solar lentigines (bintik penuaan)
  • Meredakan peradangan di kulit
  • Melindungi kulit dari sinar UV
  • Menyehatkan kulit serta mencegah kulit kasar
dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Tranexamic acid topikal atau oles terbukti efektif dan aman untuk mengobati kelainan hiperpigmentasi seperti melasma (flek) dan bekas jerawat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tranexamic acid topikal dengan konsentrasi 25% efektif untuk mengatasi flek.

Arbutin, menghambat munculnya flek hitam

Arbutin, menghambat munculnya flek hitam

Arbutin juga sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mencegah munculnya flek hitam. Arbutin bekerja dengan menghambat hormon tyrosinase, yaitu hormon yang meningkatkan pembentukan pigmen melanin. Dengan demikian, produksi melanin dapat dicegah. 


Arbutin ini akan lebih efektif jika dikombinasikan dengan turunan dari vitamin C. Manfaat yang Anda peroleh saat menggunakan arbutin, di antaranya:

  • Mencerahkan wajah tanpa menyebabkan kulit iritasi
  • Mengurangi hiperpigmentasi dan flek hitam
  • Memudarkan bekas jerawat
dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Arbutin merupakan turunan dari hidrokuinon yang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit. Selain itu, kandungan ini juga membantu menyamarkan hiperpigmentasi atau bercak hitam pada kulit.

Turunan vitamin C, meratakan tekstur kulit sekaligus mencerahkan

Turunan vitamin C, meratakan tekstur kulit sekaligus mencerahkan

Vitamin C dan turunannya merupakan zat aktif yang dapat mencegah jerawat dan meratakan tekstur kulit. Vitamin C mampu mencerahkan noda dan flek hitam dan mencegahnya datang kembali dengan cara menekan produksi melanin. Di samping itu, vitamin C juga berfungsi sebagai antiaging yang dapat mengurangi kerutan serta garis halus.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Vitamin C merupakan salah satu bahan dalam skincare yang memiliki manfaat untuk mengurangi hiperpigmentasi. Tidak hanya itu, vitamin C juga ampuh mengatasi noda hitam, mencerahkan kulit, dan juga memiliki efek antioksidan. 


Kelebihan lain dari vitamin C adalah kemampuannya yang bisa merangsang kolagen pada lapisan dermis kulit. Karena hal itu, vitamin C juga berfungsi sebagai antiaging yang mengurangi tampilan kerut halus pada wajah.

Ekstrak plasenta, mencegah tanda penuaan dini

Ekstrak plasenta, mencegah tanda penuaan dini

Ekstrak plasenta sangat melembapkan kulit dan membuat kulit lebih sehat. Ekstrak plasenta cocok untuk kulit yang kusam akibat kering. Tak hanya itu, ekstrak plasenta juga bisa membuat kulit tampak lebih kencang dan berkilau. Jadi, bahan aktif ini juga cocok untuk Anda yang ingin mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Ekstrak plasenta banyak digunakan dalam formulasi untuk mengatasi kulit kering. Ekstrak plasenta ini dapat memperbaiki hidrasi dan elastisitas kulit serta mengurangi kerutan.

Niacinamide, mencerahkan sekaligus memperkuat skin barrier

Niacinamide, mencerahkan sekaligus memperkuat skin barrier

Nama niacinamide atau vitamin B3 sering kali terdengar dalam komposisi skincare, termasuk produk untuk menghilangkan flek hitam. Niacinamide merupakan bahan aktif yang bermanfaat untuk mencerahkan dan memperbaiki skin barrier.


Niacinamide bekerja pada semua kondisi kulit. Artinya, niacinamide dapat menjadi solusi untuk setiap jenis kulit. Manfaat niacinamide untuk kulit adalah:

  • Menjaga kelembapan
  • Mencegah penuaan dan masalah jerawat
  • Melindungi kulit dengan memperkuat skin barrier

Utamakan produk dengan kandungan pelembap

Utamakan produk dengan kandungan pelembap
Kulit, terutama pada bagian wajah, akan mudah kering bila terpapar sinar matahari. Karena itu, Anda sebaiknya memilih produk yang memiliki kandungan pelembap, seperti:
  • Hyaluronic acid
  • Ceramide
  • Glycerin
  • Panthenol
  • Jojoba oil
  • Aloe vera
  • Squalane
  • Collagen
  • Shea butter, dan lain sebagainya

Kandungan tersebut akan membantu menghilangkan flek hitam sekaligus melembapkan kulit. Jadi, jika Anda memiliki kulit kering, pastikan produk pilihan Anda mengandung bahan-bahan tersebut.

Untuk pria, prioritaskan produk khusus pria

Untuk pria, prioritaskan produk khusus pria
Kami menyarankan para pria untuk menggunakan krim penghilang flek hitam khusus untuk kulit pria. Hal tersebut disebabkan oleh kulit wajah pria yang lebih mudah berminyak dibandingkan kulit wanita, termasuk pada area pipi.

Selain itu, pria memiliki kebiasaan mencukur setiap hari, serta tidak terbiasa mengaplikasikan pelembap. Akibatnya, kulit wajah pria lebih mudah terpapar efek buruk sinar UV. Untuk itu, pilihlah krim penghilang flek hitam yang sekaligus memiliki kandungan pelembap khusus untuk pria.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Kulit wajah pria berbeda dengan wanita. Kulit wajah pria memiliki kadar sebum yang lebih tinggi sehingga cenderung lebih berminyak. Sebum dapat berfungsi sebagai pelembap yang bersifat oklusif sehingga menghalangi transepidermal water loss (TEWL). 


Krim penghilang flek hitam berbahan exfoliant seperti retinol dan AHA dapat membuat kulit menjadi kering dan mengelupas. Untuk itu, jangan lupa gunakan pelembap sebelum menggunakan krim penghilang flek hitam. Pria dengan tipe kulit kering juga sebaiknya rutin menggunakan pelembap.

Untuk Anda yang berkulit sensitif, pilih trial kit

Untuk Anda yang berkulit sensitif, pilih trial kit
Untuk pemilik kulit sensitif, kami menyarankan Anda untuk mencoba krim penghilang flek hitam dalam kemasan trial kit. Pada umumnya, skincare untuk flek hitam memiliki bahan aktif yang berisiko mengiritasi kulit sensitif. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam memilih produknya.

Produk untuk menghilangkan flek hitam memang cenderung memiliki harga yang tinggi. Memilih trial kit untuk penggunaan sekitar jangka pendek tentu merupakan pilihan ekonomis. Dengan begitu, Anda bisa terlebih dahulu melihat reaksinya pada kulit Anda. Cara ini juga dapat digunakan oleh Anda yang memiliki kulit normal.

PR
P&G SK-II GenOptics Aura Essence 1

P&GSK-II GenOptics Aura Essence

Mulai dari Rp 2.370.000,00

10 Rekomendasi krim penghilang flek hitam terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk krim penghilang flek hitam terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dia Febrina.

10
Kandungan pencerah10% Niacinamide
Kandungan pelembapAloe vera dan niacinamide
Jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran50 g
PenggunaanSiang dan malam
9

Kahf Triple Protection Sunscreen Moisturizer

Mulai dari Rp 39.000,00

Kandungan pencerahJapanesse mugwort
Kandungan pelembapSkin-Deep Moist™ Actives
Jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran30 ml
PenggunaanSiang
8
Kandungan pencerah3% Alpha arbutin, 0,5% actosome retinol, dan licorice
Kandungan pelembapChamomile extract, glycerin, shea butter, dan squalane
Jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran10 g
PenggunaanMalam
7

ERHA Truwhite Arbutin & Panthenol Brightening Day Cream

Mulai dari Rp 218.350,00

Kandungan pencerahNiacinamide, arbutin, amino acid, dan chromabright
Kandungan pelembapPanthenol, shea butter, niacinamide, dan trehalose
Jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran30 g
PenggunaanSiang
6
Kandungan pencerahNiacinamide, arbutin, vitis vinifera seed extract, linoleic acid, gluthatione, vitamin C (sodium ascorbyl phospate)
Kandungan pelembapNiacinamide
Jenis kulitSemua jenis kulit cenderung berminyak
Ukuran15 g
PenggunaanMalam
5

P&GOlay White Radiance Light Perfecting Day Cream SPF 24

Mulai dari Rp 139.900,00

Kandungan pencerahNiacinamide, sepitonik, sepiwhite, dan silitol
Kandungan pelembapGlycerin, niacinamide, stearic acid
Jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran50 g
PenggunaanSiang
4

L’Oréal ParisAura Perfect Clinical Day Cream SPF 19 PA++

Mulai dari Rp 185.000,00

Kandungan pencerahNiacinamide dan vitamin C (ascorbyl glucoside)
Kandungan pelembapGlycerin dan stearic acid
Jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran50 ml
PenggunaanSiang
3
Kandungan pencerahTranexamic acid
Kandungan pelembap-
Jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran10 g
PenggunaanMalam
2
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan pelembapCollagen dan niacinamide
Jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran20 g
PenggunaanSiang
1

SafiWhite Expert Safi White Expert Illuminating Day Cream SPF 15 PA ++

Mulai dari Rp 47.500,00

Kandungan pencerahNiacinamide dan citric acid
Kandungan pelembapGlycerin, habbatus sauda, OxyWhite Technology, dan niacinamide
Jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran25 g dan 45 g
PenggunaanSiang

Tabel perbandingan produk krim penghilang flek hitam terbaik

Gambar produk
1
Safi White Expert Safi White Expert Illuminating Day Cream SPF 15 PA ++ 1

Safi

2
Whitelab  Brightening Day Cream 1

Whitelab

3
Aura Bright Tranexamic Acid Night Cream 1

Aura Bright

4
L’Oréal Paris Aura Perfect Clinical Day Cream SPF 19 PA++ 1

L’Oréal Paris

5
P&G Olay White Radiance Light Perfecting Day Cream SPF 24 1

P&G

6
ElshéSkin  Brightening Cream 1

ElshéSkin

7
ERHA  Truwhite Arbutin & Panthenol Brightening Day Cream 1

ERHA

8
Avoskin Ultra Brightening Cream 1

Avoskin

9
Kahf  Triple Protection Sunscreen Moisturizer 1

Kahf

10
HAUM Aloecid Niacinamide 10% 1

HAUM

Nama produk

White Expert Safi White Expert Illuminating Day Cream SPF 15 PA ++

Brightening Day Cream

Tranexamic Acid Night Cream

Aura Perfect Clinical Day Cream SPF 19 PA++

Olay White Radiance Light Perfecting Day Cream SPF 24

Brightening Cream

Truwhite Arbutin & Panthenol Brightening Day Cream

Ultra Brightening Cream

Triple Protection Sunscreen Moisturizer

Aloecid Niacinamide 10%

Keunggulan

Kulit cerah, terlindungi dari sinar UV

Varian skincare lokal untuk menghilangkan flek hitam yang lengkap

Formula sederhana untuk hilangkan flek hitam

Noda tersamarkan dalam delapan minggu

Kulit lebih bersinar dalam 28 hari!

Hempas noda hitam, ubah kulit jadi kenyal

Menyamarkan flek hitam dalam tujuh hari!

Skincare untuk flek hitam dan antiaging

Mencerahkan, melembapkan, dan melindungi dalam sekali usap

Mencerahkan dengan kandungan 10% niacinamide!

Harga mulai dariRp 47.500,00Rp 59.000,00Rp 187.500,00Rp 185.000,00Rp 139.900,00Rp 92.000,00Rp 218.350,00Rp 169.000,00Rp 39.000,00Rp 128.000,00
Kandungan pencerahNiacinamide dan citric acidNiacinamideTranexamic acidNiacinamide dan vitamin C (ascorbyl glucoside)Niacinamide, sepitonik, sepiwhite, dan silitolNiacinamide, arbutin, vitis vinifera seed extract, linoleic acid, gluthatione, vitamin C (sodium ascorbyl phospate)Niacinamide, arbutin, amino acid, dan chromabright3% Alpha arbutin, 0,5% actosome retinol, dan licoriceJapanesse mugwort 10% Niacinamide
Kandungan pelembapGlycerin, habbatus sauda, OxyWhite Technology, dan niacinamideCollagen dan niacinamide-Glycerin dan stearic acidGlycerin, niacinamide, stearic acidNiacinamidePanthenol, shea butter, niacinamide, dan trehaloseChamomile extract, glycerin, shea butter, dan squalaneSkin-Deep Moist™ ActivesAloe vera dan niacinamide
Jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulit cenderung berminyakSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran25 g dan 45 g20 g10 g50 ml50 g15 g30 g10 g30 ml50 g
PenggunaanSiangSiangMalamSiangSiangMalamSiangMalamSiangSiang dan malam
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar krim penghilang flek hitam

Pertanyaan umum seputar krim penghilang flek hitam

Sudahkah Anda menemukan cream untuk menghilangkan flek hitam yang Anda suka? Kali ini, kami telah menghimpun beberapa pertanyaan yang muncul saat mencari cream wajah untuk menghilangkan flek hitam. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini, ya.

Kenapa sudah pakai skincare, tetapi tidak ada perubahan?

Sudah pakai skincare mahal tetapi belum ada hasilnya, apakah Anda mengalaminya? Anda tidak sendiri sebab banyak orang merasa demikian. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:


  • Memakai skincare yang kurang sesuai dengan kebutuhan kulit

Rangkaian produk skincare dibuat secara hati-hati dan disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Untuk itu, mengetahui jenis kulit dan kebutuhannya sangatlah penting. Jika skincare Anda tidak sesuai, tentu hasilnya tidak terasa maksimal.


  • Mengabaikan basic skincare

Sebelum melakukan banyak step skincare, ada baiknya Anda mengecek penggunaan basic skincare Anda. Penggunaan basic skincare sering kali diabaikan, padahal langkah dasar ini penting dalam menjaga kulit wajah. Fokus basic skincare juga sangatlah simpel, yaitu membersihkan, melembapkan, dan melindungi. Singkatnya, Anda memerlukan CTMP, yakni cleanser, toner, moisturizer, dan protection (sunscreen).


  • Skin barrier sudah terlanjur rusak

Skin barrier bekerja layaknya dinding yang melindungi kulit dari bahaya eksternal. Jika skin barrier rusak, kulit akan mengalami permasalahan, seperti dehidrasi sampai iritasi sehingga kerja skincare kurang optimal. Maka dari itu, menjaga kekuatan skin barrier sangatlah penting.

Bagaimana cara agar skincare bekerja maksimal?

Beberapa langkah berikut akan membantu Anda supaya skincare dapat bekerja maksimal. Mari ikuti satu per satu!


  • Lakukan eksfoliasi sebagai langkah pertama

Sel kulit mati yang menumpuk dapat menghambat penyerapan skincare Anda. Eksfoliasi akan membantu membersihkan dan mempersiapkan kulit Anda. Dengan begitu, bahan aktif dalam cream untuk menghilangkan flek hitam di wajah terserap dengan baik.


  • Perhatikan urutan pemakaian skincare

Hal ini tampak sepele, tetapi berdampak besar. Skincare perlu dipakai sesuai urutan yang tepat. Bila Anda menggunakan serum penghilang flek hitam, pakailah dari yang konsistensinya paling cair hingga yang paling kental. Pada step ini, pelembab untuk flek hitam digunakan pada langkah terakhir setelah serum, ya.


  • Gunakan skincare pada wajah yang baru dibesihkan

Kulit yang lembap akan menyerap skincare bagaikan spons. Maka dari itu, pakailah perawatan wajah untuk menghilangkan flek hitam sesegera mungkin setelah mencuci muka.


  • Oleskan cream sesuai anjurannya

Kebanyakan cream untuk menghilangkan flek hitam di wajah dirancang untuk digunakan pada area yang terdapat noda saja. Akan tetapi, ada krim yang bisa dioleskan ke seluruh area wajah. Anda sebaiknya memahami anjurannya, yaitu memakai sesuai takaran dan cara pakai yang tertera pada kemasannya.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk masalah flek hitam di sini

Menghilangkan noda hitam tidak bisa instan. Ada serangkaian skincare yang perlu Anda coba. Untuk itu, lengkapi rangkaian perawatan Anda dengan rekomendasi skincare terbaik dari kami lainnya, ya!

Kesimpulan

Menghilangkan flek hitam memang tidak mudah, tetapi dengan krim yang tepat, wajah yang flawless bukan hal yang mustahil. Agar menemukan krim khusus penghilang flek hitam, Anda cukup mengikuti tips dari kami. 


Simak beragam ulasan rekomendasi krim penghilang flek hitam yang kami rangkum. Jangan lupa juga untuk selalu berbelanja melalui seller tepercaya yang telah kami himpun untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Peeling Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Peeling Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengurangi tekstur kasar pada kulit.Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus. Sebut saja merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop. Nah, kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, serta kulit kering dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kusam, kasar, bersisik, terdapat garis-garis halus, dan kerap terasa gatal adalah tanda dari kulit kering. Jika dibiarkan, kulit akan mengalami iritasi. Untuk mengatasinya, Anda membutuhkan pelembap yang diproduksi khusus bagi kulit kering. Kali ini kami akan membagikan tips memilih pelembap yang bagus untuk kulit kering. Beberapa merek ternama, seperti Cethaphil, Sebamed, hingga Bioderma ada dalam rekomendasi. Agar tidak salah pilih, dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, akan menambahkan informasi penting. Simak artikel ini sampai akhir dan temukan tips merawat kulit kering!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori