10 Rekomendasi Kecap Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kecap Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kecap ikan merupakan cairan berwarna gelap dengan aroma kuat yang terbuat dari fermentasi ikan dan garam. Di Indonesia sendiri, kecap ikan kerap dijadikan bumbu tambahan untuk masakan oriental seperti nasi goreng, mie goreng, serta olahan tumis (oseng) karena dapat menghadirkan aroma yang sedap dan memperkuat rasa gurih pada masakan.

Pada artikel berikut, kami akan menjelaskan apa saja jenis dan perbedaan kecap ikan yang ada di Indonesia, dan kami juga akan mengenalkan produk-produk kecap ikan terbaik yang enak dan layak Anda pilih sebagai pelengkap bumbu dapur Anda.

Daftar isi

Apa itu kecap ikan?

Dalam bahasa Thailand, kecap ikan sering disebut dengan nam pla. Nam sendiri berarti air, sedangkan pla memiliki makna ikan. Kecap ikan (nam pla) umumnya terbuat dari bahan ikan teri yang difermentasikan dengan garam. Proses tersebut dibiarkan dalam jangka waktu setengah tahun hingga dua tahun, tergantung hasil yang diinginkan. Selama proses tersebut berlangsung, ikan terus mengeluarkan cairan yang kaya akan protein (asam amino).

Apa beda nam pla dan nuoc mam?

Apa beda nam pla dan nuoc mam?

Nam pla merupakan kecap ikan asal Thailand, sedangkan nuoc mam adalah kecap ikan yang berasal dari Vietnam. Keduanya terbuat dari bahan yang sama yakni ikan teri yang difermentasi, rasanya pun tidak jauh berbeda. Pada umumnya, nam pla dikatakan lebih memiliki rasa asin yang kuat, sedangkan nuoc mam lebih kuat dalam bagian aroma ikannya.

Kedua kecap ikan ini cukup menjadi primadona di negara-negara Eropa, Cina, Filipina, Italia, hingga Jepang. Di Indonesia sendiri, kita dapat dengan mudah menemukan kecap ikan di rak-rak supermarket di deretan botol-botol saus, serta di gerobak nasi goreng kaki lima langganan Anda.

Cara memilih kecap ikan

Cara termudah dalam memilih produk kecap ikan adalah dengan memilih produk yang memiliki rasa pas di lidah. Namun, Anda juga dapat menggunakan patokan-patokan berikut ini.

Pilih kecap ikan berdasarkan negara asalnya

Pilih kecap ikan berdasarkan negara asalnya

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kecap ikan memiliki beberapa jenis antara lain nam pla yang berasal dari Thailand serta nouc mam yang asli dari Vietnam. Sebenarnya masih ada beberapa jenis kecap ikan yang lain, seperti dari Jepang, Korea, juga Cina. Beda negara, beda rasa. Anda dapat memanfaatkan perbedaan tersebut untuk memilih mana kecap ikan yang cocok untuk kebutuhan di dapur.

Kecap ikan asal dari negara Vietnam memiliki rasa lebih manis, karakter tersebut mirip dengan kecap ikan dari Korea yang terbuat dari ikan teri maupun sandlance. Berbeda dengan kecap ikan Thailand dan Cina, yang memiliki rasa lebih asin dan juga beraroma lebih kuat.

Periksa bahan yang terkandung pada kecap ikan

Periksa bahan yang terkandung pada kecap ikan

Pada dasarnya kecap ikan dibuat dari fermentasi ikan teri dan garam. Namun, ada beberapa produk yang menambahkan gula dan protein gandum hidrolisis pada komposisinya. Kecap ikan berikut cukup menarik keberadaannya karena mampu menghadirkan rasa umami. Maka dari itu, kecap seperti ini layak menjadi penambah rasa dalam makanan-makanan rebus seperti sup dan lain sebagainya.

Sebenarnya ada beberapa kecap ikan yang dibuat dari variasi bahan seperti makerel, sandlance, cumi-cumi, ubur-ubur, juga landak laut. Namun, umumnya produk yang dijual di Indonesia adalah jenis kecap ikan teri.

Kecap ikan yang mengandung bahan pengawet seperti asam benzoat tidak direkomendasikan. Ada sedikit perubahan rasa pada kecap ikan jika diberi zat tersebut.

Pilihlah kecap ikan dengan isi kemasan yang sesuai kebutuhan

Pilihlah kecap ikan dengan isi kemasan yang sesuai kebutuhan 

Hal berikut memang terdengar sepele, namun Anda jelas harus memperhatikan poin ini. Seperti yang kita ketahui, kecap ikan dibuat dari hasil fermentasi ikan. Aroma dari kecap ikan dipengaruhi dari seberapa lama fermentasi dilakukan. Ada baiknya memilih kecap ikan yang memiliki aroma pas untuk hidung Anda. Tentu tidak menyenangkan ketika mengolah makanan dengan bau yang kurang sedap.

Selain itu, sesuaikan dengan kebutuhan yang Anda perlukan. Jika intensitas penggunaan kecap ikan minim, lebih baik memilih kecap ikan yang memiliki isi tidak terlalu banyak.

10 Rekomendasi kecap ikan terbaik

Usai penjelasan mengenai kecap ikan beserta bagaimana cara memilihnya di atas, pada bagian berikut kami akan memperkenalkan 10 produk kecap ikan terbaik yang dapat Anda jadikan bumbu masak maupun cocolan saat menyantap makanan. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Kaf Fish Sauce

10. Kaf Fish Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 17.000

Kecap ikan umami yang beraroma kuat

Kecap ikan asli Thailand berikut ini terbuat dari hasil fermentasi ikan teri, garam, dan gula. Meskipun rasa asin dan umaminya begitu kuat, kecap ikan ini tidak mengandung MSG. Karena kuatnya rasa asin dari Kaf Fish Sauce, produk ini juga bisa Anda gunakan sebagai pengganti garam.

Aromanya yang kuat akan begitu nikmat saat dijadikan bumbu masakan tumisan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya sebagai cocolan untuk makan gorengan. Untuk memperkaya rasa saus cocolan tersebut, Anda dapat menambahkan irisan cabai rawit dan bawang.

9. Squid Brand Fish Sauce

9. Squid Brand Fish Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 45.000

Kecap ikan hasil fermentasi 18 bulan!

Squid Brand Fish Sauce merupakan kecap ikan yang berasal dari Thailand. Bahan dasar dari produk berikut adalah ikan teri segar yang difermentasikan dengan garam selama 18 bulan. Hasilnya, kecap berikut punya aroma yang kuat juga kaya akan protein alami.

Untuk mendapatkan capcai dengan hasil akhir yang lebih harum dan menggugah selera makan, sebelum api dimatikan, Anda dapat menambahkan kecap ikan ini beberapa sendok makan bersama dengan bumbu-bumbu pelengkap lainnya seperti gula, merica, dan potongan cabai.

8. CJ Cheiljedang Fish Sauce

8. CJ Cheiljedang Fish Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Kecap ikan Korea berbahan dasar ikan belut pasir

Bukan ikan teri, bahan utama dari kecap yang satu ini adalah ikan sandlance (belut pasir). Meski begitu, rasa dari kecap ikan berikut hampir mirip dengan kecap ikan teri asal Korea. Soal rasa, Cheong Jeong One Canary Fish Sauce mempunyai rasa manis di samping rasa umami.

Untuk Anda yang doyan menyantap makanan grill ala Korea seperti Bulgogi, Dak Galbi, dan sebagainya, saus berikut ini merupakan pasangan yang perfect untuk dijadikan cocolan. Apalagi untuk Anda yang menginginkan sedikit aksen rasa lain selain asin.

7. Royal Gold Fish Sauce

7. Royal Gold Fish Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.500

Aroma dan rasa kuat, serta bau yang tak menyengat

Royal Gold Fish Sauce merupakan kecap ikan yang diimpor langsung dari Thailand. Di dalam kecap ini terkandung ikan, garam, dan gula. Aroma dan rasa dari kecap ikan ini terbilang kuat, namun tidak terlalu menyengat sehingga cocok untuk Anda yang tidak terlalu suka kecap ikan yang berbau amis.

Kecap ikan ini akan cocok digunakan sebagai penyedap kwetiau goreng yang Anda masak. Penambahan kecap ikan ini akan membuat aroma khas pada kwetiau goreng buatan Anda tidak kalah dengan kwetiau buatan restoran-restoran chinese food langganan Anda.

6. Finna King Lobster Fish Sauce

6. Finna King Lobster Fish Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 29.000

Kecap ikan dengan cita rasa segar!

Finna King Lobster Fish Sauce terbuat dari ekstrak ikan teri, garam, dan gula, yang diproses dan diolah dengan cara modern. Yang menarik dari kecap ikan berikut adalah cita rasanya yang unik karena karakternya yang cenderung segar daripada kecap ikan lainnya.

Segarnya cita rasa dari kecap ikan berikut ini cocok dipadukan sebagai salah satu bumbu dari tom yum. Kuah tom yum buatan Anda pun akan terasa lebih mantap sehingga nafsu makan anak dan suami juga akan ikut bertambah.

5. Narcissuss Kecap Ikan Fish Gravy

5. Narcissuss Kecap Ikan Fish Gravy

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 28.000

Kecap ikan yang cocok untuk masakan oriental

Narcissus SU Fish Gravy merupakan kecap ikan yang terbuat dari ikan, garam, serta air. Sama seperti kecap ikan dari Cina pada umumnya, Narcissus SU Fish Gravy mempunyai rasa asin dan aroma ikan yang kuat.

Jika keluarga Anda gemar memakan nasi goreng ataupun mie goreng ala chinese, kecap berikut dapat menjadi bumbu yang menunjang Anda untuk menciptakan menu lezat tersebut. Padukan saja kecap ikan berikut dengan kecap manis, angciu, saus tiram, sambal terasi, serta minyak wijen. Anda akan mendapatkan masakan chinese ala Anda yang begitu nikmat.

4. Finna Oyster Fish Sauce

4. Finna Oyster Fish Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 30.000

Kecap impor Thailand yang kuat rasa asinnya

Berbeda dengan kecap ikan Finna King Lobster, Finna Oyster Fish Sauce tidak mengandung gula di dalamnya. Hanya ada ekstrak ikan teri, garam, dan air pada komposisinya sehingga rasa asinnya pun menjadi dominan.

Anda dapat membuat pad thai (mie goreng Thailand) menggunakan kecap ikan berikut. Masukkan saja kecap ikan Oyster ketika mencampurkan cuka, gula, dan cabai merah, pada mie yang sebelumnya telah Anda olah. Ketika bumbu sudah tercampur rata, Anda dapat menambahkan taoge sebagai sayur pelengkap.

3. Tiparos Fish Sauce

3. Tiparos Fish Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 32.000

Proses pembuatannya natural

Berikut ini merupakan kecap ikan yang berasal dari Thailand. Proses pembuatannya dilakukan secara natural dengan bahan-bahan berupa ikan teri, air, garam, dan juga gula, tanpa adanya bahan pengawet lainnya sehingga aman dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga Anda. Kecap ikan ini memiliki rasa umami yang begitu kuat.

Dengan kecap ikan ini, Anda dapat menyulap makanan biasa seperti telur menjadi makanan yang menggugah selera. Teteskan saja kecap ikan ini saat menggoreng telur, maka Anda akan mendapatkan rasa gurih dan aroma yang wangi untuk makanan sederhana tersebut. Tentu saja, sajian berikut akan lebih nikmat lagi jika disandingkan dengan nasi hangat.

2. Chung Jung Won Anchovy Fish Sauce

2. Cheong Jeong One Anchovy Fish Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 40.000

Cocok untuk masakan rebus ala Korea

Yang menarik dari kecap ikan teri berikut adalah adanya sentuhan rasa manis selain umami yang cukup dominan. Untuk Anda yang gemar menyantap makanan Korea, Anda juga bisa membuat kimchi ala Anda sendiri dengan menggunakan produk dari Chung Jung Won ini. Anda tinggal memasukkan kecap asin ini bersama dengan bumbu-bumbu lainnya ke dalam bahan yang ingin Anda buat kimchi seperti timun maupun sawi.

Namun, perlu diingat, untuk membuat kimchi serta makanan Korea yang lain, Anda tidak dapat menggantikan kecap ikan Korea dengan kecap ikan Thailand bahkan Vietnam yang juga memiliki rasa manis karena setiap produk tersesbu memiliki rasa dan karakter yang berbeda.

1. Kecap Ikan Merah Djoe Hoa

1. Kecap Ikan Merah Djoe Hoa

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 25.900

Pas untuk menguatkan cita rasa makanan lokal

Kecap Ikan Merah merupakan produk pertama yang dibuat oleh perusahaan kecap Djoe Hoa pada tahun 1942. Kecap ikan lokal berikut terbuat dari fermentasi sari ikan dan garam, dengan resep yang dipertahankan dari pertama kali pabrik ini berdiri hingga kini sehingga keaslian rasa kecap ini tidak berubah sampai sekarang.

Bagi Anda yang mencari kecap ikan untuk bumbu penyedap khususnya masakan lokal, Kecap Ikan Merah merupakan pilihan ideal. Teteskan saja kecap berikut pada aneka masakan berkuah dari bakso hingga soto. Anda juga dapat menggunakan kecap ikan berikut ini untuk membuat olahan masakan ala chinese!

Kesimpulan

Bisa dikatakan kecap ikan merupakan salah satu bahan yang tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan dapur. Anda dapat menyempurnakan berbagai masakan dengan menggunakan bahan ini. Namun, sebelum membeli, Anda perlu memperhatikan kecap ikan seperti apa yang sesuai dengan menu yang akan Anda buat. Akhir kata, selamat memasak dan makan enak!