• 10 Rekomendasi Kecap Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kecap Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kecap Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kecap Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kecap Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kecap Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Hadirkan aroma sedap dan rasa gurih pada masakan dengan kecap ikan! Di Indonesia, bumbu yang terbuat dari ekstrak fermentasi ikan ini banyak ditambahkan pada masakan oriental, seperti nasi dan mie goreng, serta hidangan tumisan.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan memperkenalkan produk kecap ikan terbaik. Produk-produk seperti Kecap Ikan Merah Djoe Hoa, Royal Gold Fish Sauce, dan sebagainya, memiliki karakter rasa tersendiri. Manakah yang sesuai selera Anda?
  • Pembaharuan terakhir: 26 Februari 2020
  • 28.008 Views
Daftar isi

Apa itu kecap ikan?

Dalam bahasa Thailand, kecap ikan sering disebut dengan nam pla. Nam sendiri berarti air, sedangkan pla berarti ikan. Kecap ikan umumnya terbuat dari bahan ikan teri yang difermentasikan dengan garam.
Proses fermentasi dilakukan dalam jangka waktu setengah tahun hingga dua tahun, tergantung hasil yang diinginkan. Selama proses fermentasi berlangsung, terjadi hidrolisis jaringan ikan oleh enzim yang berperan sebagai pemecah protein sehingga banyak menghasilkan amino yang kaya rasa.

Apa perbedaan nam pla dan nuoc mam?

Apa perbedaan nam pla dan nuoc mam?
Nam pla merupakan kecap ikan asal Thailand, sedangkan nuoc mam adalah kecap ikan yang berasal dari Vietnam. Keduanya terbuat dari bahan yang sama, yakni ikan teri yang difermentasi, rasanya pun tidak jauh berbeda. Meski begitu, nam pla dikatakan memiliki rasa asin yang lebih kuat, sedangkan nuoc mam memiliki aroma ikan yang kuat.
Kedua kecap ikan ini cukup menjadi primadona di negara-negara Eropa, Tiongkok, Filipina, Italia, hingga Jepang. Di Indonesia sendiri, kita dapat dengan mudah menemukan kecap ikan di rak-rak supermarket, tepatnya di rak botol-botol saus, serta di gerobak nasi goreng kaki lima langganan Anda.

Cara memilih kecap ikan

Cara termudah dalam memilih produk kecap ikan adalah dengan memilih produk yang rasanya pas di lidah. Anda juga dapat memperhatikan poin-poin berikut ini bila merasa bingung memilih dari banyaknya produk kecap ikan yang beredar di pasaran.

Pilih berdasarkan negara produsennya

Pilih berdasarkan negara produsennya
Seperti yang telah dijelaskan di atas, terdapat beberapa jenis kecap ikan, antara lain nam pla yang berasal dari Thailand dan serta nuoc mam yang asli dari Vietnam. Sebenarnya masih ada produk kecap ikan yang berasal dari negara lainnya, seperti Jepang, Korea, Tiongkok, bahkan Indonesia. Perbedaan negara asal kecap ikan tentu saja akan mempengaruhi rasa dan aromanya.
Anda dapat memanfaatkan perbedaan tersebut untuk memilih kecap ikan yang cocok untuk kebutuhan dapur Anda. Kecap ikan dari Vietnam memiliki aroma ikan lebih kuat dan memiliki kemiripan dengan kecap ikan dari Korea yang terbuat dari ikan teri maupun ikan sand lance. Di sisi lain, kecap ikan Thailand dan Tiongkok memiliki rasa lebih asin. Sementara kecap ikan produksi lokal umumnya telah disesuaikan dengan selera orang Indonesia sehingga mungkin terasa lebih akrab di lidah.

Cek bahan baku dan tambahan di dalamnya

Cek bahan baku dan tambahan di dalamnya
Pada dasarnya kecap ikan terbuat dari fermentasi ikan teri dan garam. Namun, ada beberapa produk yang menambahkan gula pada komposisinya. Kecap ikan yang tidak mengandung gula memiliki rasa yang lebih kuat dan ideal untuk masakan rebusan. Disisi lain, kecap ikan yang mengandung gula memiliki rasa yang lebih lembut dengan sedikit aksen manis. Kecap ikan jenis ini cocok ditambahkan pada masakan berkuah, seperti sup.
Sebenarnya ada beberapa kecap ikan yang terbuat dari berbagai varian bahan, seperti mackerel, sand lance, cumi-cumi, salmon, dan juga landak laut. Namun, umumnya produk yang dijual di Indonesia adalah jenis kecap ikan berbahan ikan teri. Selain bahan dasar, kami sarankan untuk selalu memeriksa bahan tambahan lain di dalamnya.
Kecap ikan yang bebas bahan tambahan, seperti gula dan bahan kimia lainnya juga tengah populer belakangan ini. Mungkin harganya akan sedikit lebih mahal, tetapi sangat dianjurkan untuk Anda yang sadar akan pentingya kesehatan dan menyukai rasa alami kecap ikan.

Pilih ukuran kemasan yang bisa dihabiskan secepat mungkin

Pilih ukuran kemasan yang bisa dihabiskan secepat mungkin
Pemilihan kemasan kecap ikan juga menjadi poin yang tak boleh dilewatkan. Seperti yang Anda ketahui, kecap ikan dibuat dari hasil fermentasi ikan. Semakin lama Anda menyimpannya, aroma dari fermentasi ikan tersebut akan semakin kuat dan rasanya juga akan berubah menjadi lebih asin.
Kami sarankan untuk memilih kemasan botol kecil bila Anda jarang menggunakan kecap ikan untuk keperluan memasak. Selain itu, simpanlah di dalam lemari es setelah membuka kemasannya agar kesegarannya tetap terjaga.

10 Rekomendasi kecap ikan terbaik

Usai menjelaskan mengenai kecap ikan beserta cara memilihnya, berikutnya akan kami perkenalkan sepuluh produk kecap ikan terbaik. Baik untuk bumbu masak maupun cocolan, pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
10
Berat/isi600 ml
Bahan bakuAir, garam, ikan 14,87%, MSG, pewarna karamel kelas III, pengawet kalium sorbat
Asal produkIndonesia
9
Berat/isi200 ml
Bahan bakuIkan teri, garam, gula
Asal produkThailand
8
Berat/isi725 ml
Bahan bakuAnchovy extract, salt, sugar
Asal produkThailand
7
Berat/isi400 gr
Bahan bakuSand eel, bay salt, tiny shrimp, dan lain-lain
Asal produkKorea
6
Berat/isi725 ml
Bahan bakuAnchovy fish, salt, sugar
Asal produkThailand
5
Berat/isi700 ml
Bahan bakuEkstrak ikan teri, garam, dan gula
Asal produkThailand
4
Berat/isi700 ml
Bahan bakuEkstrak ikan teri, garam, dan gula
Asal produkThailand
3
Berat/isi700 ml
Bahan bakuWater, anchovy extract, salt, sugar
Asal produkThailand
2
Berat/isi500 gr
Bahan bakuAnchovy, salt, water, glucose, lactic acid, ethyl alcohol, inosinic acid sodium, guanylic acid sodium, glycine
Asal produkKorea
1
Berat/isi140 ml
Bahan bakuAir, hasil fermentasi ikan dengan garam
Asal produkIndonesia

Tabel perbandingan produk kecap ikan terbaik

Gambar produk
1
Cap Ikan Merah Djoe Hoa Kecap Ikan  1

Cap Ikan Merah Djoe Hoa

2
Daesang Chung Jung Won Anchovy Sauce 1

Daesang Chung Jung Won

3
Tiparos Fish Sauce 1

Tiparos

4
Finna Kecap Ikan Cap Oyster 1

Finna

5
Finna  Kecap Ikan Cap King Lobster Fish Sauce 1

Finna

6
Royal Gold Fish Sauce Kecap Ikan 1

Royal Gold

7
CJ CheilJedang Hasunjung Fish Sauce 1

CJ CheilJedang

8
Squid Brand Fish Sauce 1

Squid Brand

9
KAF Fish Sauce Kecap Ikan 1

KAF

10
Narcissuss Kecap Ikan Fish Gravy 1

Narcissuss

Nama produk

Kecap Ikan

Anchovy Sauce

Fish Sauce

Kecap Ikan Cap Oyster

Kecap Ikan Cap King Lobster Fish Sauce

Fish Sauce Kecap Ikan

Hasunjung Fish Sauce

Fish Sauce

Fish Sauce Kecap Ikan

Kecap Ikan Fish Gravy

KeunggulanCita rasa khas lokal, tepat...Tekstur lebih kental, hadir...Aman dikonsumsi setiap hari...Sajian masakan khas Thailan...Menambah nikmat cita rasa m...Trik rahasia untuk hidangan...Bahan dasar belut pasir ber...Rasa lebih kuat dan kaya pr...Tak perlu tambahkan penyeda...Hidangan Chinese food buata...
HargaRp 11.000,00Rp 49.900,00Rp 24.950,00Rp 22.500,00Rp 28.000,00Rp 35.500,00Rp 48.000,00Rp 34.500,00Rp 16.000,00Rp 15.000,00
Berat/isi140 ml500 gr700 ml700 ml700 ml725 ml400 gr725 ml200 ml600 ml
Bahan bakuAir, hasil fermentasi ikan dengan garamAnchovy, salt, water, glucose, lactic acid, ethyl alcohol, inosinic acid sodium, guanylic acid sodium, glycineWater, anchovy extract, salt, sugarEkstrak ikan teri, garam, dan gulaEkstrak ikan teri, garam, dan gulaAnchovy fish, salt, sugarSand eel, bay salt, tiny shrimp, dan lain-lainAnchovy extract, salt, sugarIkan teri, garam, gulaAir, garam, ikan 14,87%, MSG, pewarna karamel kelas III, pengawet kalium sorbat
Asal produkIndonesiaKoreaThailandThailandThailandThailandKoreaThailandThailandIndonesia
Tautan produk

Kesimpulan

Tambahkan kecap ikan, maka masakan bisa menjadi lebih lezat! Selain bahan baku, kekuatan rasa dan aromanya juga dipengaruhi oleh negara produsen kecap ikan. Jadi, pahami betul kecap ikan pilihan Anda sebelum membeli, ya!
Selain itu, ada baiknya untuk menyesuaikan ukuran kemasan kecap ikan dengan kebutuhan di dapur Anda. Terakhir, tambahkan kecap ikan dengan takaran yang pas agar Anda bisa selalu menikmati rasa dan aromanya yang khas pada masakan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda gemar membuat kue? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar kue, butter juga digunakan untuk olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi salted ataupun unsalted.Makin penasaran kan tentang butter ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter. Beberapa merek butter terkenal, seperti Anchor, Elle & Vire, Lurpak, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk menemukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Makanan & minuman
    45.608 Views
  • 10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Yoghurt merupakan makanan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, seperti membantu program diet, meringankan sembelit, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai masker. Saat ini bermacam-macam produk yoghurt dengan berbagai rasa dijual di pasaran. Anda juga perlu mengetahui efek baik yang ditimbulkan oleh bakteri asam laktat bagi tubuh Anda.Kali ini, kami akan membagi tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih yoghurt. Kami juga merekomendasikan merek terbaik dari Elle & Vire, Heavenly Blush, Yummy, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar Anda mendapatkan manfaat maksimal. Mari memilih yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Makanan & minuman
    73.769 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    44.691 Views
  • 10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Para pencinta dessert pasti sudah tidak asing dengan yang namanya whipped cream. Selain sebagai dekorasi kue, whipped cream juga sering dipakai untuk menghiasi frappuccino favorit Anda. Anak-anak pun menyukainya berkat rasanya yang creamy. Namun, di antara banyaknya produk whipped cream yang dijual, manakah yang sebaiknya Anda beli?Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih whipped cream agar Anda mendapat yang sesuai kebutuhan. Setelahnya, terdapat rekomendasi produk dari kami, seperti Anchor, Elle & Vire, Greenfields, dan lainnya. Simak terus artikel ini agar Anda memperoleh informasi lengkap seputar whipped cream.
    Makanan & minuman
    18.286 Views
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Air mineral, atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya “aqua”, adalah minuman yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan proses hidrasi dalam tubuh. Ternyata, ada macam-macam air mineral yang dijual di pasaran. Apa saja dan bagaimana cara membedakannya?Dalam artikel ini, kami membagi informasi tentang jenis, kandungan, serta manfaat dari air mineral. Kami juga akan memberikan rekomendasi air mineral terbaik di Indonesia seperti Aqua, Club, VIT, Nestle Pure Life, Le Minerale, Eternal Plus, hingga merek lokal Equil yang populer di kalangan menengah ke atas! Sebelum Anda membeli air mineral hari ini, yuk simak artikel ini sampai selesai!
    Makanan & minuman
    70.055 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anak sehat dan berbadan kuat adalah dambaan setiap orang tua. Itu sebabnya saat melihat anaknya kurus dan berat badannya di bawah rata-rata, orang tua akan berusaha menaikkan berat badan anak. Salah satu cara yang dilakukan adalah memberikan susu penambah berat badan.Ada banyak susu penambah berat badan anak yang beredar di pasaran seperti Dancow, Pediasure, atau Curcuma Plus. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih susu penambah berat badan untuk anak serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    6.115 Views
  • 10 Rekomendasi Makaroni Pasta Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makaroni Pasta Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Makaroni tentunya sudah tidak asing lagi untuk orang Indonesia. Berbagai makanan, seperti sup, salad, bahkan camilan menggunakan jenis pasta ini. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda kebingungan memilih produk yang pas untuk disajikan.Jangan khawatir karena kami akan memberikan tips memilih makaroni terbaik dalam artikel kali ini. Setelah itu, temukan juga berbagai merek ternama, seperti La Fonte, San Remo, Kraft, dan banyak lainnya dalam rekomendasi produk dari kami. Simak terus artikel ini dan jangan sampai ada yang terlewat, ya.
    Makanan & minuman
    1.202 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori