10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Terminal listrik atau power strip biasa digunakan untuk memperbanyak soket listrik di rumah Anda. Alat ini sangat membantu ketika Anda ingin menggunakan banyak peralatan elektronik sekaligus. Meskipun fungsinya sederhana, sebetulnya terdapat berbagai jenis terminal listrik yang tersedia di pasaran.

Agar Anda tidak salah pilih, pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih terminal listrik dan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih terminal listrik (power strip)

Berikut kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan saat memilih terminal listrik.

Pilih berdasarkan tipenya

Berdasarkan tipenya, terminal listrik terbagi menjadi 2, yaitu direct attachment dan extension cord. Berikut kita akan membahasnya satu per satu!

Tipe direct attachment yang dipasang langsung pada soket listrik

Tipe direct attachment yang dipasang langsung pada soket listrik

Terminal listrik tipe direct attachment ini biasanya digunakan untuk menambah jumlah soket listrik yang terpasang pada dinding. Hal ini sangat berguna untuk Anda yang tidak mau menggunakan banyak kabel di rumah.

Namun, terminal listrik tipe ini membuat Anda menjadi tidak fleksibel dan tidak leluasa karena. Hal ini dikarenakan peralatan elektronik hanya dapat Anda gunakan di dekat dinding yang dipasangi terminal listrik saja.

Tipe extension cord yang lebih fleksibel

Tipe extension cord yang lebih fleksibel

Keuntungan penggunaan terminal listrik tipe ini adalah Anda dapat menggunakan peralatan elektronik meskipun jauh dari dinding yang dipasangi terminal listrik. Namun, pastikanlah kabel yang tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika kabel terlalu panjang, Anda akan kerepotan merapikannya, sedangkan kabel yang terlalu pendek barangkali Anda akan merasa kurang fleksibel. Jadi, pastikanlah untuk memilih panjang kabel yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Panjang kabel sekitar 50 cm adalah panjang yang kami rekomendasikan untuk Anda, tetapi tentu saja kembali lagi ke kebutuhan Anda.

Periksa jumlah soket dan jarak antar soket

Periksa jumlah soket dan jarak antar soket

Hal ini berlaku untuk tipe direct attachment dan extension cord. Anda harus memastikan jumlah soket yang tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami menyarankan Anda untuk memilih terminal listrik dengan jumlah soket yang sedikit melebihi kebutuhan. Hal ini untuk mengantisipasi bertambahnya barang elektronik yang akan digunakan.

Jarak antar soket adalah hal yang harus Anda perhatikan juga. Apabila steker yang Anda gunakan berukuran besar, Anda tentu membutuhkan terminal listrik dengan jarak antar soket yang lebar juga.

Namun, semakin lebar jarak antar soket, tentu semakin besar pula ukuran terminal listriknya. Jadi, pertimbangkanlah hal tersebut sebelum membeli!

Pilih produk yang dilengkapi dengan USB port

Pilih produk yang dilengkapi dengan USB port

Zaman sekarang, penggunaan sehari-hari kabel USB (Universal Serial Bus) menjadi hal yang lumrah. Misalnya saat Anda mengisi daya baterai smartphone, kamera digital, tablet, dan lainnya. Karena itu, terminal listrik yang dilengkapi dengan USB port tentunya akan sangat membantu gaya hidup modern Anda.

Kini bahkan telah ada terminal listrik mendukung fitur fast charging yang dimiliki oleh smartphone. Jadi, apabila Anda tidak memiliki adaptor untuk fast charging, Anda cukup menggunakan terminal listrik saja, lho.

Pilih terminal listrik dengan fungsi lock

Pilih terminal listrik dengan fungsi lock

Beberapa jenis terminal listrik memiliki fungsi lock agar steker yang menancap pada soketnya sulit tercabut. Fitur ini sangat berguna untuk TV dan kulkas yang steker listriknya jarang dicabut. Fitur ini juga sangat berguna untuk komputer. Tentunya Anda tidak mau, kan, kehilangan data yang belum tersimpan hanya karena komputer tiba-tiba mati akibat steker yang lepas dari soket?

Barang elektronik pun jadi mudah rusak apabila stekernya sering tercabut tiba-tiba dari sumber listriknya. Jadi, fitur ini akan sangat berguna untuk menjaga kualitas barang elektronik Anda.

Periksa fitur tambahan lainnya

Banyak fitur tambahan yang dimiliki oleh terminal listrik. Berikut kami akan menjelaskannya satu per satu kepada Anda.

Fitur thunder guard untuk melindungi dari sambaran petir

Fitur thunder guard untuk melindungi dari sambaran petir

Sambaran petir yang mengenai kabel listrik dapat membawa listrik dengan arus yang besar menuju peralatan elektronik Anda. Selain berbahaya, hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada barang elektronik berharga Anda, seperti TV dan komputer.

Fitur thunder guard dapat mencegah arus listrik dalam jumlah besar masuk ke peralatan Anda. Hal ini tentunya akan memberikan rasa aman ketika musim hujan tiba, bukan?

Fitur dustproof untuk mencegah lubang soket kotor dan mengalami korsleting

Fitur dustproof untuk mencegah lubang soket kotor dan mengalami korsleting

Jangan sepelekan debu! Meskipun diletakkan di dalam rumah, debu tetap dapat masuk ke dalam soket terminal listrik. Hal ini umumnya terjadi pada kulkas, TV, dan komputer karena biasanya terminal listrik untuk peralatan tersebut ditempatkan di area yang sulit dijangkau. Akibatnya, kesempatan untuk dibersihkan pun sangat jarang. Jadi, tidak heran bila banyak debu yang masuk ke dalam lubang soket.

Debu dapat menyebabkan korsleting listrik jika dibiarkan saja menutupi lubang soket. Namun, tidak perlu khawatir! Beberapa produk terminal listrik memilki fitur dustproof atau setidaknya dilengkapi dengan penutup yang akan menutup otomatis ketika tidak ada steker listrik yang ditancapkan.

Fitur ini tentunya sangat berguna untuk Anda yang jarang mempunyai waktu untuk membersihkan terminal listrik dari debu.

Lebih hemat energi dengan tombol power

Hemat energi dengan tombol power

Adanya tombol power pada terminal listrik dapat membantu Anda memutus arus listrik tanpa harus repot-repot mencabut stekernya. Hal ini dapat membantu Anda lebih hemat energi dengan lebih efisien.

Fitur waterproof untuk mencegah korsleting oleh air

Fitur waterproof untuk mencegah korsleting oleh air

Banyak peralatan elektronik yang berhubungan dengan air, seperti mesin pompa air, lampu untuk akuarium, dan mesin cuci. Apabila Anda tidak berhati-hati, air bisa saja mengenai terminal listrik Anda dan menyebabkan korsleting listrik.  Untuk itu, kami merekomendasikan terminal listrik dengan fitur waterproof.

Fitur ini membuat tetesan air tidak merembes hingga mengenai lubang soket dan elektroda steker sehingga mencegah terjadinya arus pendek yang dikhawatirkan menjadi penyebab kebakaran.

Perhatikan jumlah elektrodanya

Perhatikan jumlah elektrodanya

Pada umumnya, steker di Indonesia memiliki 2 elektroda berbentuk bulat untuk menghantarkan listrik. Beberapa jenis steker juga memiliki 3 elektroda yang merupakan modifikasi dari tipe 2 elektroda.

Tambahan elektroda pada tipe 3 elektroda ini berfungsi sebagai ground yang mencegah kebocoran arus listrik. Tipe 3 elektroda ini pada umumnya ditemukan pada peralatan listrik dengan watt yang besar, seperti AC (Air Conditioner), mesin cuci, dan lain-lain. Ground juga dapat menghindarkan Anda dari sengatan listrik yang berbahaya.

10 Rekomendasi terminal listrik (power strip) terbaik

Apakah Anda telah paham caranya memilih terminal listrik yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Berikut kami akan memperkenalkan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Simak terus informasinya!

10. Yunior Terminal Listrik 4 Soket

10. Yunior Terminal Listrik 4 Soket

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 19.397

Harga hemat dengan fitur standar yang lengkap!

Apakah Anda sedang mencari terminal listrik berfitur standar lengkap dengan harga yang murah? Jika iya, produk ini dapat menjadi solusi untuk Anda. Meskipun harganya relatif murah, Anda tidak perlu mengkhawatirkan keawetan dan kualitasnya karena terminal listrik ini sudah memperoleh standarisasi dari ISO (International Organization for Standardrization).

Terminal listrik ini memiliki fitur standar lengkap yang meliputi 4 buah soket dengan desain warna-warni yang cantik, kabel ekstensi sepanjang 1,5 meter, dan tombol power on/off untuk membantu Anda menghemat listrik. Apabila Anda sedang berhemat dan membutuhkan terminal listrik dengan segera, produk ini adalah pilihan yang tepat.

9. Lemon Shaped Power Strip

9. Lemon Shaped Power Strip

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 102.100

Cocok untuk beberapa jenis steker! Pas untuk alat-alat elektronik impor Anda

Terminal listrik berbentuk seperti penampang melintang lemon ini memiliki soket yang mengakomodir berbagai jenis steker yang berbeda-beda. Bila Anda doyan berbelanja barang elektronik di luar negeri yang stekernya berbeda dengan model steker di Indonesia, produk ini akan bermanfaat bagi Anda. Anda tidak perlu lagi membeli adaptor steker secara terpisah!

Desain penataan lubang soket yang melingkar membuat steker tidak berdesakkan ketika Anda menggunakan beberapa alat elektronik sekaligus. Ukurannya pun lebih compact sehingga mudah dibawa-bawa. Pada terminal listrik ini juga terdapat dua soket USB serbaguna yang bisa digunakan untuk membantu mengisi daya baterai gadget kesayangan Anda.

8. Teiton Eu Plug with USB Port

8. Teiton Eu Plug with USB Port

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 53.200

Ukuran mini dan ringan, cocok untuk menemani Anda saat travelling

Terminal listrik ini memiliki desain minimalis dan ukuran mini sehingga sangat mudah dibawa-bawa. Kabelnya pun anti kusut karena bisa digulung pada tempat kabel yang terdapat di bagian tengahnya. Ketika traveling dan tidak tersisa banyak space di tas, tetapi butuh terminal listrik untuk mengisi daya baterai gadget Anda, produk ini bisa menjadi andalan.

Bentuknya yang mini memang menjadikan jumlah soketnya hanya satu. Meski begitu, soket ini dapat digunakan untuk beberapa model steker yang berbeda. Saat traveling, biasanya gadget menjadi prioritas. Terminal listrik ini menyediakan 2 USB port yang tentunya sudah cukup bila hanya sekedar untuk mengisi daya baterai smartphone atau kamera Anda.

7. Brennestuhl Eco-Line Power Strip 3 Sockets

7. Brennestuhl Eco-Line Power Strip 3 Sockets

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Nyaman di mata dengan terminal listrik berwarna cerah dan trendi

Terminal listrik yang satu ini tersedia dalam warna-warna yang menarik, yaitu hitam, merah, biru, hijau, putih, dan abu-abu. Untuk Anda yang ingin terminal listrik berwarna serasi dengan interior rumah Anda, produk ini bisa menjadi pilihan. Warna-warnanya yang menarik mungkin akan menarik perhatian anak-anak atau hewan peliharaannya, tetapi produk ini dijamin aman.

Lubang soket yang terletak di dalam ceruk, mencegah jari-jari kecil anak-anak meraih lubang soket. Sementara itu, bentuk ceruknya dibuat pas dengan bentuk steker sehingga mencegah steker terpasang dengan kendur. Tombol on/off di pangkalnya semakin menambah kemudahan Anda. Dengan panjang kabel sedang dan 3 soket, terminal listrik ini pas untuk digunakan sehari-hari.

6. iHandy IH-T58 Remote Power Strip

6. iHandy IH-T58 Remote Power Strip

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 169.000

Sangat praktis! Pengendalian menggunakan remote control

Terminal listrik yang satu ini sangat unik karena memiliki remote control yang terhubung dengan terminal listrk melalui sinar infra merah. Produk ini sangat cocok untuk memasang steker kulkas dan barang elektronik rumah tangga lainnya yang terminal listriknya seringkali berada di tempat yang sulit dijangkau. Tidak perlu lagi bersusah payah untuk sekedar memutus aliran listriknya, ya!

Terminal listrik ini memang hanya memiliki 2 soket saja, yaitu masing-masing tipe 2 lubang dan 3 lubang sehingga kurang pas bila digunakan oleh Anda yang memiliki banyak alat elektronik. Namun, semua itu tertutup dengan kesan modern dan kepraktisannya, bukan? Anda hanya tinggal berhati-hati agar tidak kehilangan remote-nya saja.

5. Yunior Terminal Listrik Roll

5. Yunior Terminal Listrik Roll

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 70.000

Kabel yang sangat panjang, menjangkau jauh hingga luar ruangan sekalipun

Ketika menggunakan peralatan elektronik di luar ruangan, menemukan soket listrik adalah hal yang sulit dilakukan. Dengan terminal listrik ini, Anda tidak perlu khawatir lagi. Terminal listrik ini dilengkapi dengan kabel mencapai 10 meter, hal ini dapat membantu Anda lebih leluasa ketika bekerja di luar ruangan khususnya ketika posisi sumber listrik cukup jauh.

Meskipun kabelnya super panjang, tetapi tidak akan merepotkan, kok. Hal ini karena kabel dapat dengan mudah digulung kembali di tempat yang sudah tersedia. Dengan 4 soket berceruk yang kencang menggenggam steker, terminal listrik tentunya sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang sering menggunakan peralatan elektronik di luar ruangan.

4. Kenmaster Terminal Listrik Cabang 3

4. Kenmaster Terminal Listrik Cabang 3

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 27.500

Rumah tampak lebih rapi tanpa kabel berseliweran

Terminal listrik ini yang satu ini memang cocok untuk Anda yang hanya ingin sekedar memperbanyak lubang soket di dinding rumah Anda. Produk ini sangat cocok untuk peralatan elektronik yang posisinya jarang dipindahkan, seperti TV, AC, dan kulkas. Disertai tombol on/off, Anda juga tidak perlu mencabutnya ketika hendak memutus aliran listriknya.

Karena ditempel di dinding, rumah Anda pun bebas dari kabel berseliweran yang bisa membahayakan langkah kaki Anda. Hal ini juga tentunya membantu rumah terlihat lebih rapi, bukan? Tanpa kabel, memang menjadi kurang fleksibel. Namun, dengan 3 buah soket, fitur standar yang ditawarkan, dan harga yang bersahabat, apalagi yang kurang?

3. Vertical Power Strip

3. Vertical Power Strip

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 325.000

Penolong generasi gadget di saat nongkrong bareng

Ketika sedang nongkrong bersama teman, berebut soket listrik untuk mengisi baterai smartphone adalah hal yang lumrah terjadi. Lain cerita bila Anda menggunakan terminal listrik ini. Soket yang cukup banyak, pasti cukup untuk mengisi daya baterai gadget Anda dan teman-teman Anda. Tatanan soket yang memutar dengan jarak yang renggang pun tidak membuat charger berdesakan.

Anda juga tidak perlu khawatir terminal listrik ini akan makan banyak space. Desain vertikal yang ditawarkan pada produk ini membuatnya menjadi minimalis. Bila rumah Anda sering dijadikan basecamp atau tempat kumpul-kumpul oleh Anda dan teman-teman Anda, mereka pasti akan berterima kasih bila Anda memiliki terminal listrik yang satu ini!

2. APC Surge Protector Power Strip

2. APC Surge Protector Power Strip

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 439.000

Melindungi peralatan elektronik Anda dari sambaran petir

“Petir sedang kencang, jangan nyalakan TV!” Apakah Anda sering mendengar hal tersebut? Sebetulnya tidak hanya untuk TV saja, tetapi berlaku juga untuk peralatan listrik lainnya. Hal ini disebabkan petir yang menyambar tiang listrik menimbulkan arus pendek dan merusak peralatan elektronik yang tersambung dengan soket listrik.

Dengan produk ini, Anda tak perlu was-was! Terminal listrik ini dilengkapi dengan surge protector yang dapat mencegah terjadinya arus pendek listrik akibat sambaran petir dan mencegah gangguan gelombang listrik lainnya. Untuk Anda yang ingin meningkatkan keamanan peralatan elektronik Anda yang berharga, terminal listrik ini kami rekomendasikan.

1. Xiaomi Smart Power Strip

1. Xiaomi Smart Power Strip

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 112.000

Lebih gaul dengan terminal listrik smart ala zaman now

Apabila Anda mencari terminal listrik dengan teknologi canggih, produk inilah jawabannya. Bagian dalam terminal ini dibuat dari tembaga fosfat berkualitas tinggi dan teknologi overload protection untuk menghindari terjadinya arus pendek/ korsleting listrik, sedangkan bagian luarnya terbuat dari bahan yang tahan panas hingga 750˚C.

Terminal listrik dengan desain modern ini juga dilengkapi dengan USB port yang mendukung fitur fast charging untuk smartphone. Tidak punya charger fast charging, tetapi ingin baterai gadget cepat terisi? Bukan lagi masalah bila Anda memiliki terminal listrik smart ini. Siapa pula yang bilang produk masa kini berkualitas harus mahal? Xiaomi Smar Power Strip buktinya.

Bagaimana cara menggunakan terminal listrik dengan benar?

Untuk memastikan keamanan Anda, cara penggunaan terminal listrik yang benar tentunya perlu Anda ketahui. Nah, mari kita bahas bersama-sama!

Gunakan terminal listrik sesuai dengan kapasitas daya listriknya

Gunakan terminal listrik sesuai dengan kapasitas daya listriknya

Terminal listrik biasanya memiliki informasi mengenai kapasitas maksimum daya listrik yang mampu ditanggungnya, misalnya 1500 watt. Jika total daya listrik barang elektronik yang stekernya menancap pada terminal listrik melebihi batas, terminal listrik akan beresiko terbakar karena terlalu panas.

Untuk menghindari hal tersebut, mengetahui daya listrik masing-masing alat elektronik Anda sangatlah penting. Berikut kami akan memberikan informasi konsumsi daya listrik yang umumnya terdapat pada alat elektronik rumah tangga.

Mesin cuci : 400-600 watt
Kulkas (kapasitas lebih dari 20 liter) : 300-500 watt
Microwave : 600-1.500 watt
Vacuum cleaner : 600-1.500 watt
TV (32 inci atau lebih) : 200-300 watt
DVD player : 100 watt
Komputer : 100-200 watt
Printer laser : 100-200 watt

Tempel terminal listrik di dinding dengan kuat

Tempel terminal listrik di dinding dengan kuat

Tidak hanya tipe direct attachment, terminal listrik tipe extension cord juga dapat Anda rekatkan di dinding bila diperlukan. Hal ini bertujuan agar kabel terminal listrik tidak berseliweran di lantai dan membahayakan diri Anda sendiri. Menempelkan terminal listrik di dinding juga memberi kesan rapi pada ruangan Anda.

Anda dapat menggunakan paku dan lem untuk melakukan hal ini. Sebelum mulai digunakan, pastikanlah terminal listrik terpasang dengan kuat agar tidak lepas tiba-tiba.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan terminal listrik yang cocok dengan kebutuhan Anda? Pada saat memilih terminal listrik, tentunya Anda harus menyesuaikannya dengan alat-alat elektronik yang biasa Anda pakai agar penggunaannya lebih nyaman dan efisien.

Apapun pilihan tipe terminal listrik Anda, gunakanlah sesuai aturan dan hati-hati agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. Nah, sekian artikel kami kali. Semoga dapat menjadi referensi Anda dalam memilih terminal listrik berkualitas!