• 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Terminal listrik atau power strip biasa digunakan untuk memperbanyak stopkontak (colokan) di rumah Anda. Alat ini sangat membantu ketika Anda ingin menggunakan banyak peralatan elektronik sekaligus. Terminal listrik kini hadir dengan berbagai fitur, seperti terminal listrik dengan USB port, kabel roll, dan banyak lagi.

Kali ini kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi terminal listrik yang telah kami pilih dengan saksama. Terminal listrik merek YUNIOR, Broco, ECLE, BARDI, hingga Xiaomi ada di sini. Simak sampai akhir, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 14 Februari 2021
  • 45.520 Views
Daftar isi

Cara memilih terminal listrik (power strip)

Pertama-tama, kami akan memberikan beberapa poin memilih terminal listrik. Silakan simak dan pilih produk yang sesuai dengan peralatan yang Anda gunakan. 

Pilih berdasarkan tipenya

Berdasarkan tipenya, terminal listrik terbagi menjadi dua, yaitu direct attachment dan extension cord. Mari bahas satu per satu!

Tipe direct attachment yang dipasang langsung pada sumber listrik di dinding

Tipe direct attachment yang dipasang langsung pada sumber listrik di dinding
Terminal listrik tipe direct attachment biasanya digunakan untuk menambah jumlah stopkontak yang terpasang pada dinding. Hal ini sangat berguna untuk Anda yang tidak mau menggunakan banyak kabel di rumah. Anda dapat mencolokkan tiga peralatan elektronik pada satu stopkontak dengan menggunakan terminal listrik tiga lubang.

Saat memilih tipe ini, Anda perlu memeriksa ukurannya dengan saksama. Jika ukurannya tidak sesuai, salah satu lubangnya mungkin terhalang. Anda juga harus berhati-hati saat menyambungkan peralatan elektronik yang membutuhkan arus listrik besar seperti kulkas.

Tipe extension cord untuk Anda yang ingin menghubungkan peralatan listrik yang jauh dari dinding

Tipe extension cord untuk Anda yang ingin menghubungkan peralatan listrik yang jauh dari dinding

Keuntungan penggunaan tipe ini adalah Anda dapat menggunakan peralatan elektronik meskipun jauh dari dinding tempat sumber listrik. Pilih produk dengan panjang yang sesuai kebutuhan Anda, ya.


Jika kabel terlalu pendek, dapat menyebabkan peralatan listrik yang terpasang rawan jatuh. Sementara itu, jika kabel terlalu panjang, dapat menyebabkan kecelakaan seperti kaki Anda tersangkut kabel. Kami sarankan untuk menghubungkan peralatan ke tipe extension cord yang dipasang di tempat stabil.

Periksa jumlah stopkontak, jarak antar stopkontak, dan jumlah lubang tiap stopkontak

Bentuk dan jumlah lubang pada stopkontak merupakan hal yang penting untuk diperhatikan saat memilih terminal listrik. Jadi, pastikan Anda memeriksanya dengan teliti.

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan, pilihlah terminal listrik yang jumlah lubangnya sesuai kebutuhan Anda

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan, pilihlah terminal listrik yang jumlah lubangnya sesuai kebutuhan Anda

Sebelum memilih suatu produk, perkirakan berapa banyak lubang stopkontak yang Anda butuhkan. Makin banyak jumlah lubangnya, memang terlihat lebih menguntungkan. Namun, ada risiko kotoran masuk ke dalam stopkontak yang tidak terpakai dan menyebabkan korsleting. Maka itu, pilihlah produk dengan jumlah lubang sesuai kebutuhan Anda!

Jika Anda menggunakannya untuk AC adaptor, pertimbangkan jarak antar stopkontak

Jika Anda menggunakannya untuk AC adaptor, pertimbangkan jarak antar stopkontak

AC adaptor memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan steker biasa sehingga membutuhkan tempat yang lebih luas. Oleh karena itu, pilihlah produk dengan jarak antar stopkontak yang lebar atau yang memiliki stopkontak khusus AC adaptor.


Pada tipe direct attachment, lubang stopkontak tidak disusun secara pararel, melainkan disusun pada tiga sampai empat arah. Baru-baru ini, kedua tipe tersebut hadir dengan lubang stopkontak yang dapat dipindah. Namun, produk dengan fitur tersebut masih jarang di Indonesia. 

Sesuaikan jumlah lubang stopkontak dengan jumlah kaki pada steker

Sesuaikan jumlah lubang stopkontak dengan jumlah kaki pada steker

Ada dua tipe steker, yaitu tipe dua kaki dan tipe tiga kaki. Jika Anda menggunakan steker tiga kaki, pastikan untuk memilih terminal listrik dengan stopkontak tiga lubang. 


Terminal listrik dengan stopkontak tiga lubang dapat digunakan untuk steker dua kaki. Sementara itu, terminal listrik dengan stopkontak dua lubang tidak dapat digunakan untuk steker tiga kaki. 


Steker tiga kaki merupakan modifikasi dari steker dua kaki yang dilengkapi ground. Ground dapat mencegah kebocoran arus listrik dan korsleting.

Pilih produk yang dilengkapi dengan USB port

Pilih produk yang dilengkapi dengan USB port

Anda ingin terminal listrik yang dapat dihubungkan dengan USB dan bisa mengisi daya baterai smartphone? Pilihlah terminal listrik yang dilengkapi USB port! Dengan fitur ini, Anda dapat mengisi daya hanya dengan kabel USB, tanpa menggunakan AC adaptor.


Harga terminal listrik dengan USB port cenderung lebih tinggi. Namun, Anda dapat mengisi daya di berbagai tempat tanpa ribet.

Periksa fitur pengaman tambahan

Anda perlu memeriksa fitur tambahan pada produk agar terminal listrik dapat digunakan dengan aman. Kami akan memperkenalkan beberapa fitur pengaman tambahan pada terminal listrik. Yuk, simak penjelasan berikut!

Fitur lock yang dapat mengunci steker agar tidak mudah terlepas

Fitur lock yang dapat mengunci steker agar tidak mudah terlepas

Fitur lock berfungsi untuk mengunci steker yang tertancap pada stopkontak sehingga steker tidak mudah tercabut. Laptop, printer, dan perangkat peripheral mudah rusak jika steker tiba-tiba tercabut dari sumber listrik. Karena itu, kami merekomendasikan produk dengan fitur lock untuk Anda yang menggunakan peralatan-peralatan elektronik tersebut.

Fitur surge protection untuk melindungi dari sambaran petir

Fitur surge protection untuk melindungi dari sambaran petir

Fitur surge protection dapat mencegah masuknya arus listrik dalam jumlah besar. Hal ini mencegah arus listrik yang besar masuk ke dalam peralatan elektronik Anda jika terjadi sambaran petir. 


Peristiwa petir menyambar rumah secara langsung memang sangat jarang terjadi. Namun, fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mencegah kerusakan data dan peralatan yang memiliki harga tinggi. 


Meskipun jarang terjadi, tetap ada kemungkinan masuknya arus tegangan tinggi akibat sambaran petir. Tidak ada salahnya jika Anda mencegah hal tersebut, bukan?


Selain surge protection, hadir pula produk yang otomatis memutus aliran listrik pada stopkontak saat penggunaan daya sudah berlebihan. Jika Anda khawatir dengan penggunaan daya yang berlebihan, Anda dapat mempertimbangkan fitur ini.

Fitur tracking prevention untuk mencegah korsleting akibat lubang stopkontak yang kotor

Fitur tracking prevention untuk mencegah korsleting akibat lubang stopkontak yang kotor

Lubang stopkontak yang kotor dan dipenuhi debu dapat menyebabkan korsleting. Fitur tracking prevention dapat mencegah hal tersebut terjadi. Produk yang dilengkapi fitur ini memiliki penutup pada lubang stopkontak untuk mencegah debu dan kotoran masuk. 


Umumnya, bagian stopkontak untuk kulkas dan peralatan AV seperti TV sulit dijangkau sehingga sulit dibersihkan. Nah, produk dengan fitur ini sangat direkomendasikan untuk colokan perangkat elektronik tersebut.

Fitur waterproof untuk mencegah korsleting karena air

Fitur waterproof untuk mencegah korsleting karena air

Banyak peralatan elektronik yang berhubungan dengan air, seperti mesin pompa air, lampu untuk akuarium, dan mesin cuci. Apabila Anda tidak berhati-hati, air bisa saja mengenai terminal listrik Anda dan menyebabkan korsleting listrik. Untuk mencegah hal itu, pilihlah terminal listrik yang memiliki fitur waterproof atau penutup. 

Pilih produk yang memiliki tombol power on dan power off untuk menghemat daya

Pilih produk yang memiliki tombol power on dan power off untuk menghemat daya

Anda ingin menghemat penggunaan listrik? Kami merekomendasikan terminal listrik dengan tombol power on dan power off!


Peralatan rumah tangga, seperti printer, charger handphone, dan komputer biasanya dibiarkan terpasang pada terminal listrik. Hal itu menyebabkan terjadinya konsumsi daya bahkan saat peralatan tidak digunakan. 


Adanya tombol power on off pada terminal listrik dapat membantu Anda memutus arus listrik tanpa harus repot-repot mencabut stekernya. Hal ini dapat membantu Anda untuk menghemat daya dengan lebih efisien.


Ada dua tipe tombol power pada terminal listrik, yaitu individual switches dan centralized switches. Terminal listrik dengan individual switches memiliki tombol power pada tiap stopkontak. Sementara itu, produk dengan centralized switches hanya memiliki satu tombol power untuk semua stopkontak. Jika Anda menggunakan peralatan elektronik yang membutuhkan daya konstan, pilih tipe individual switches.

10 Rekomendasi terminal listrik (power strip) terbaik

Apakah Anda telah paham caranya memilih terminal listrik yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Berikutnya kami akan memperkenalkan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Simak terus informasinya!

10
TipeExtension cord
Jumlah stopkontak4 (untuk steker dua kaki)
USB port X
Tombol powerCentralized switches
Fitur tambahan-
Ukuran-
9
TipeExtension cord
Jumlah stopkontak4 (3 lubang untuk steker dua kaki, 1 lubang untuk steker tiga kaki)
USB port X
Tombol powerX
Fitur tambahanLampu indikator, antiapi
Ukuran-
8
TipeExtension cord
Jumlah stopkontak2
USB port 4
Tombol powerX
Fitur tambahanAnti-slide
Ukuran158 mm x 50 mm x 30 mm
7
TipeDirect attachment
Jumlah stopkontak3
USB port X
Tombol powerX
Fitur tambahanArde
Ukuran80 mm x 88 mm x 60 mm
6

BrennenstuhlEco-Line 13.500A with Surge Protection

Mulai dari Rp 260.000,00

TipeExtension cord
Jumlah stopkontak3 (untuk steker 2 kaki)
USB port X
Tombol powerCentralized switches
Fitur tambahanSurge protection, childproof, lampu indikator
Ukuran270 mm x 120 mm x 50 mm
5
TipeExtension cord
Jumlah stopkontak15
USB port 2
Tombol powerLayer switches
Fitur tambahanLampu LED
Ukuran-
4
TipeExtension cord
Jumlah stopkontak3
USB port 3
Tombol powerCentralized switches
Fitur tambahanLampu indikator, tahan api, quick charging
Ukuran225 mm x 41 mm x 26 mm
3

BrennenstuhlSuper-Solid SL 554 DE IP54 Extension Socket 5-way

Mulai dari Rp 420.000,00

TipeExtension cord
Jumlah stopkontak5 (untuk steker dua kaki)
USB port X
Tombol powerCentralize switches
Fitur tambahanDust & splash-water protector
Ukuran540 mm x 135 mm x 75 mm
2

BARDISmart Extension Power Strips

Mulai dari Rp 350.000,00

TipeExtension cord
Jumlah stopkontak4 (untuk steker dua kaki)
USB port 3
Tombol powerCentralized switches dan individual switches
Fitur tambahanGround, timer, dapat dihubungkan dengan aplikasi
Ukuran-
1
TipeExtension cord
Jumlah stopkontak3 (2 untuk steker dua kaki, 1 untuk steker tiga kaki)
USB port 2
Tombol powerIndividual switches
Fitur tambahanAuto child shutter, antiapi, stopkontak khusus AC adaptor, lampu indikator
Ukuran233 mm x 78 mm x 40 mm

Tabel perbandingan produk terminal listrik (power strip) terbaik

Gambar produk
1
Surya Teguh Jaya VETTO MS4 USB 1

Surya Teguh Jaya

2
BARDI Smart Extension Power Strips 1

BARDI

3
Brennenstuhl Super-Solid SL 554 DE IP54 Extension Socket 5-way 1

Brennenstuhl

4
Xiaomi Mi Power Strip 1

Xiaomi

5
Stopkontak Vertikal 4 Susun 1

6
Brennenstuhl Eco-Line 13.500A with Surge Protection 1

Brennenstuhl

7
Broco Steker T Arde 1

Broco

8
ECLE Stop Kontak 1

ECLE

9
LOYAL Kabel Roll Original 1

LOYAL

10
YUNIOR Stopkontak 4 Lubang 1

YUNIOR

Nama produk

VETTO MS4 USB

Smart Extension Power Strips

Super-Solid SL 554 DE IP54 Extension Socket 5-way

Mi Power Strip

Stopkontak Vertikal 4 Susun

Eco-Line 13.500A with Surge Protection

Steker T Arde

Stop Kontak

Kabel Roll Original

Stopkontak 4 Lubang

Keunggulan

Lebih aman bagi anak dengan auto child shutter!

Terminal listrik masa kini, dapat dihubungkan ke aplikasi

Disertai segel penutup stopkontak untuk melindunginya dari debu dan percikan air!

Fitur quick charging, mengisi daya baterai gadget jadi lebih cepat!

Penolong generasi gadget di saat nongkrong bareng

Dilengkapi surge protection hingga 13.500 A, peralatan elektronik jadi aman, deh!

Terminal listrik tiga arah, rumah tampak lebih rapi tanpa kabel berseliweran

Ukuran mini dan ringan, cocok untuk menemani Anda saat traveling

Model kabel roll untuk mempermudah penggunaan, dapat menjangkau hingga ke luar ruangan

Harga hemat dengan fitur standar yang lengkap!

Harga mulai dariRp 255.000,00Rp 350.000,00Rp 420.000,00Rp 125.000,00Rp 165.700,00Rp 260.000,00Rp 20.000,00Rp 390.000,00Rp 150.000,00Rp 19.000,00
TipeExtension cordExtension cordExtension cordExtension cordExtension cordExtension cordDirect attachmentExtension cordExtension cordExtension cord
Jumlah stopkontak3 (2 untuk steker dua kaki, 1 untuk steker tiga kaki)4 (untuk steker dua kaki)5 (untuk steker dua kaki)3153 (untuk steker 2 kaki)324 (3 lubang untuk steker dua kaki, 1 lubang untuk steker tiga kaki)4 (untuk steker dua kaki)
USB port 23X32XX4XX
Tombol powerIndividual switchesCentralized switches dan individual switches Centralize switchesCentralized switchesLayer switchesCentralized switchesXXXCentralized switches
Fitur tambahanAuto child shutter, antiapi, stopkontak khusus AC adaptor, lampu indikatorGround, timer, dapat dihubungkan dengan aplikasiDust & splash-water protectorLampu indikator, tahan api, quick chargingLampu LEDSurge protection, childproof, lampu indikatorArdeAnti-slideLampu indikator, antiapi -
Ukuran233 mm x 78 mm x 40 mm-540 mm x 135 mm x 75 mm225 mm x 41 mm x 26 mm-270 mm x 120 mm x 50 mm80 mm x 88 mm x 60 mm158 mm x 50 mm x 30 mm--
Tautan produk

Cara menggunakan terminal listrik yang aman

Terminal listrik dengan fitur surge protection dan waterproof hanya efektif jika produk digunakan dengan benar. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ingat saat menggunakan terminal listrik.

Gunakan terminal listrik sesuai dengan kapasitas daya listriknya

Gunakan terminal listrik sesuai dengan kapasitas daya listriknya

Terminal listrik biasanya memiliki informasi mengenai kapasitas maksimum daya listrik yang dapat digunakan, misalnya 1.500 watt. Pastikan untuk memperhatikan informasi tersebut untuk menghindari kelebihan penggunaan daya. 


Bahkan dengan AC tipe hemat energi pun, daya yang dibutuhkan cukup besar. Kami sarankan untuk memasang peralatan yang membutuhkan daya besar langsung ke sumbernya tanpa terminal listrik.

Tempel terminal listrik di dinding dengan kuat

Tempel terminal listrik di dinding dengan kuat

Beberapa terminal listrik tipe extension cord memiliki lubang pengait untuk di tempel pada dinding. Hal ini bertujuan agar kabel terminal listrik tidak berseliweran di lantai. Dalam hal ini, penting untuk memeriksa posisi terminal listrik agar tidak terjatuh.


Jika menggunakan lubang pengait, pastikan terminal listrik sudah terpasang dengan benar dan kuat. 

Baca juga rekomendasi peralatan listrik lainnya di sini

Selain terminal listrik, ada banyak peralatan listrik untuk menunjang kebutuhan harian Anda. Di bawah ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa produk peralatan listrik, seperti USB charger, kabel data iPhone, dan kabel roll. Untuk lebih detailnya, klik link di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan terminal listrik yang cocok dengan kebutuhan Anda? Apa pun pilihan terminal listrik Anda, gunakanlah sesuai aturan dan hati-hati agar Anda terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. 


Jangan lupa untuk memeriksa kabel terminal listrik dan menggantinya secara teratur. Nah, sekian artikel kami kali ini. Semoga dapat menjadi referensi Anda dalam memilih terminal listrik berkualitas!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021)
    10 Cat Tembok Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021)
    Pemilihan cat tembok untuk kamar berbeda dengan area luar. Anda membutuhkan cat interior untuk area indoor, sedangkan untuk outdoor Anda membutuhkan cat exterior. Keunggulan cat tembok pun beragam. Ada cat yang mudah dibersihkan, anti noda, hingga tahan cuaca ekstrem.Kami akan berbagi tips agar Anda mendapatkan cat dinding dengan kualitas warna yang bagus. Kami juga merekomendasikan berbagai merek cat tembok paling bagus, seperti Dulux, Nippon Paint, Jotun, Danapaint, dan Paladin. Simak juga komentar dari arsitek kami, Adil Mochtar. Temukan cat tembok yang tahan lama dan pas untuk Anda!
    Cat & perlengkapan
    466.347 Views
  • 10 Cat Akrilik Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    10 Cat Akrilik Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    Kebanyakan orang menjadikan cat air atau cat minyak sebagai alat lukis. Namun, saat ini cat akrilik mulai menjadi alat lukis alternatif, baik untuk kain, kanvas, maupun plastik. Nah, apakah Anda sudah mengetahui cara memilihnya? Di pasaran cat akrilik hadir dalam berbagai merk, seperti Liquitex, Joyko, atau Reeves.Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih cat akrilik yang bagus dan tepat. Tentunya, kami juga akan memberikan rekomendasi cat akrilik terbaik untuk Anda. Agar makin yakin, simak juga komentar watercolorist dan illustrator, Karina Doniho, di artikel ini, ya!
    Cat & perlengkapan
    166.828 Views
  • 10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kabel Roll Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kabel roll merupakan gulungan kabel yang berfungsi untuk menyambung aliran listrik. Kabel roll digunakan saat Anda membutuhkan daya di tempat yang jauh dari jangkauan listrik. Sebut saja untuk menyalakan lampu pada pekerjaan outdoor. Apakah Anda masih bingung dalam memilih kabel roll yang bagus?Kali ini, kami akan membahas produk kabel roll terbaik yang bagus dan dapat dibeli secara online. Produk merk Krisbow, GAO, dan Uticon juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Segera temukan produk kabel roll yang dapat memenuhi kebutuhan Anda!
    Cat & perlengkapan
    45.806 Views
  • 10 Rekomendasi Keramik Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Keramik Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Keramik lantai biasanya terbuat dari tanah liat dan dibentuk menjadi berbagai ukuran, contohnya 40x40 dan 60x60. Keramik lantai dapat digunakan untuk melapisi lantai dapur, kamar mandi, teras, hingga ruang tamu. Ada banyak motif dan warna keramik yang sesuai untuk rumah bergaya klasik hingga minimalis.Untuk membantu Anda memilih, kami telah mengulas tips memilih keramik lantai yang bagus. Setelahnya, kami merekomendasikan keramik lantai motif kayu dari KIA Ceramics dan Wisma Sehati. Ada pula keramik lantai motif batu alam merk Mulia Ceramics yang cocok untuk lantai garasi. Selamat membaca!
    Cat & perlengkapan
    13.322 Views
  • 10 Rekomendasi Gagang Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gagang Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pintu merupakan unsur penting untuk sebuah rumah ataupun kamar. Agar pintu bisa dibuka dan ditutup dengan mudah, Anda harus memasang handle atau gagang pintu. Benda ini biasanya terbuat dari stainless, zinc alloy, dan brass. Ketiga bahan tersebut tidak mudah rusak dan memberikan kesan minimalis. Selain itu, ada juga gagang pintu unik berbahan kayu.Pilihan yang beragam pasti membuat Anda kebingungan. Nah, untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan merekomendasikan produk gagang pintu dari brand Dekson, Paloma, hingga Evomab. Namun, Anda sebaiknya menyimak tips memilihnya terlebih dahulu.
    Cat & perlengkapan
    10.890 Views
  • 8 Palet Cat Air Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    8 Palet Cat Air Terbaik - Ditinjau oleh Illustrator (Terbaru Tahun 2021)
    Palet cat air adalah salah satu alat bantu yang diperlukan ketika melukis. Ada berbagai macam produk yang dijual di pasaran, ada yang berbahan aluminium, plastik, dan lainnya. Untuk kemudahan dalam pencampuran cat air, Anda dianjurkan memilih palet terbaik yang bisa digunakan dengan aman dan nyaman.Kali ini kami akan memberi rekomendasi produk palet cat air yang tergolong populer dan menjadi favorit, seperti palet dari Etchr Lab dan V-Tec. Watercolorist dan illustrator, Karina Doniho, juga ikut memberi komentarnya di artikel ini. Jadi, langsung saja simak informasinya, yuk!
    Cat & perlengkapan
    7.101 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori