1. TOP
  2. >
  3. DIY & tools
  4. >
  5. Cat & perlengkapan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Terminal listrik atau power strip biasa digunakan untuk memperbanyak stopkontak (colokan) di rumah Anda. Alat ini sangat membantu ketika Anda ingin menggunakan banyak peralatan elektronik sekaligus. Terminal listrik kini hadir dengan berbagai fitur, seperti terminal listrik dengan USB port, kabel roll, dan banyak lagi.

Kali ini kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi terminal listrik yang telah kami pilih dengan saksama. Terminal listrik merek YUNIOR, Broco, ECLE, BARDI, hingga Xiaomi ada di sini. Simak sampai akhir, ya!
Diperbaharui 10-28-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih terminal listrik (power strip)

Pertama-tama, kami akan memberikan beberapa poin memilih terminal listrik. Silakan simak dan pilih produk yang sesuai dengan peralatan yang Anda gunakan.

① Pilih berdasarkan tipenya

Berdasarkan tipenya, terminal listrik terbagi menjadi dua, yaitu direct attachment dan extension cord. Mari bahas satu per satu!

Tipe direct attachment: Dipasang langsung pada sumber listrik di dinding

Tipe direct attachment: Dipasang langsung pada sumber listrik di dinding
Terminal listrik tipe direct attachment biasanya digunakan untuk menambah jumlah stopkontak yang terpasang di dinding. Hal ini sangat berguna untuk Anda yang tidak mau menggunakan banyak kabel di rumah. Anda dapat mencolokkan tiga peralatan elektronik pada satu stopkontak dengan menggunakan terminal listrik tiga lubang.

Saat memilih tipe ini, Anda perlu memeriksa ukurannya dengan saksama. Jika ukurannya tidak sesuai, salah satu lubangnya mungkin terhalang. Anda juga harus berhati-hati saat menyambungkan peralatan elektronik yang membutuhkan arus listrik besar seperti kulkas.

Tipe extension cord: Untuk menghubungkan peralatan listrik yang jauh dari dinding

Tipe extension cord: Untuk menghubungkan peralatan listrik yang jauh dari dinding

Keuntungan penggunaan tipe ini adalah Anda dapat menggunakan peralatan elektronik meskipun jauh dari dinding tempat sumber listrik. Pilih produk dengan panjang yang sesuai kebutuhan Anda, ya.


Jika kabel terlalu pendek, dapat menyebabkan peralatan listrik yang terpasang rawan jatuh. Sementara itu, jika kabel terlalu panjang, dapat menyebabkan kecelakaan seperti kaki Anda tersangkut kabel. Kami sarankan untuk menghubungkan peralatan ke tipe extension cord yang dipasang di tempat stabil.

② Prioritaskan terminal listrik yang jumlah lubangnya sesuai kebutuhan Anda

Prioritaskan terminal listrik yang jumlah lubangnya sesuai kebutuhan Anda

Sebelum memilih suatu produk, perkirakan berapa banyak lubang stopkontak yang Anda butuhkan. Makin banyak jumlah lubangnya, memang terlihat lebih menguntungkan. Namun, ada risiko kotoran masuk ke dalam stopkontak yang tidak terpakai dan menyebabkan korsleting. Maka itu, pilihlah produk dengan jumlah lubang sesuai kebutuhan Anda!

③ Jika Anda menggunakannya untuk AC adaptor, perhitungkan jarak antar stopkontak

Jika Anda menggunakannya untuk AC adaptor, perhitungkan jarak antar stopkontak

AC adaptor memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan steker biasa sehingga membutuhkan tempat yang lebih luas. Oleh karena itu, pilihlah produk dengan jarak antar stopkontak yang lebar atau yang memiliki stopkontak khusus AC adaptor.


Pada tipe direct attachment, lubang stopkontak tidak disusun secara paralel, melainkan disusun pada tiga sampai empat arah. Baru-baru ini, kedua tipe tersebut hadir dengan lubang stopkontak yang dapat dipindah. Namun, produk dengan fitur tersebut masih jarang di Indonesia. 

④ Sesuaikan jumlah lubang stopkontak dengan jumlah kaki pada steker

Sesuaikan jumlah lubang stopkontak dengan jumlah kaki pada steker

Ada dua tipe steker, yaitu tipe dua kaki dan tipe tiga kaki. Jika Anda menggunakan steker tiga kaki, pastikan untuk memilih terminal listrik dengan stopkontak tiga lubang. Terminal listrik dengan stopkontak tiga lubang dapat digunakan untuk steker dua kaki.


Sementara itu, terminal listrik dengan stopkontak dua lubang tidak dapat digunakan untuk steker tiga kaki. Steker tiga kaki merupakan modifikasi dari steker dua kaki yang dilengkapi ground. Ground dapat mencegah kebocoran arus listrik dan korsleting.

⑤ Pertimbangkan produk yang dilengkapi dengan USB port

Pertimbangkan produk yang dilengkapi dengan USB port

Anda ingin terminal listrik yang dapat dihubungkan dengan USB dan bisa mengisi daya baterai smartphone? Pilihlah terminal listrik yang dilengkapi USB port! Dengan fitur ini, Anda dapat mengisi daya hanya dengan kabel USB, tanpa menggunakan AC adaptorHarga terminal listrik dengan USB port cenderung lebih tinggi. Namun, Anda dapat mengisi daya di berbagai tempat tanpa ribet.

⑥ Periksa fitur pengaman tambahan

Anda perlu memeriksa fitur tambahan pada produk agar terminal listrik dapat digunakan dengan aman. Kami akan memperkenalkan beberapa fitur pengaman tambahan pada terminal listrik. Yuk, simak penjelasan berikut!

Fitur child lock, untuk mencegah anak dari bahaya tersengat listrik

Fitur child lock, untuk mencegah anak dari bahaya tersengat listrik

Adanya terminal listrik di area rumah bisa membahayakan bagi anak-anak dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Apabila Anda khawatir anak akan tersengat listrik akibat tidak sengaja memainkan power strip, pilih produk dengan fitur child lock. Fitur ini umumnya hadir dalam berbagai bentuk, seperti penutup stopkontak.

Fitur surge protection, untuk melindungi dari sambaran petir

Fitur surge protection, untuk melindungi dari sambaran petir

Fitur surge protection dapat mencegah masuknya arus listrik dalam jumlah besar. Hal ini mencegah arus listrik yang besar masuk ke dalam peralatan elektronik Anda jika terjadi sambaran petir. Meskipun sambaran petir jarang terjadi, kemungkinan masuknya arus bertegangan tinggi tetaplah ada. Maka dari itu, fitur ini sangat membantu jika Anda ingin melindungi peralatan elektronik yang mahal.

Fitur waterproof, untuk mencegah korsleting karena air

Fitur waterproof, untuk mencegah korsleting karena air

Banyak peralatan elektronik yang berhubungan dengan air, seperti mesin pompa air, lampu untuk akuarium, dan mesin cuci. Apabila Anda tidak berhati-hati, air bisa saja mengenai terminal listrik Anda dan menyebabkan korsleting listrik. Untuk mencegah hal itu, pilihlah terminal listrik yang memiliki fitur waterproof atau penutup.


Memilih produk yang memiliki perlindungan dari debu juga disarankan. Hal ini karena debu yang mengotori lubang stopkontak dapat menyebabkan korsleting. Akan lebih baik lagi jika Anda menemukan terminal listrik yang memiliki fitur pemutus arus otomatis. Namun, produk dengan situr tersebut masih sangat jarang di Indonesia.

⑦ Pertimbangkan produk yang memiliki tombol power on dan power off

Pertimbangkan produk yang memiliki tombol power on dan power off

Peralatan rumah tangga, seperti printer, charger handphone, dan komputer biasanya dibiarkan terpasang pada terminal listrik. Hal itu menyebabkan terjadinya konsumsi daya, bahkan saat peralatan tidak digunakan.


Adanya tombol power on off pada terminal listrik dapat membantu Anda memutus arus listrik tanpa harus repot-repot mencabut stekernya. Hal ini dapat membantu Anda untuk menghemat daya dengan lebih efisien.


Ada dua tipe tombol power pada terminal listrik, yaitu individual switches dan centralized switches. Terminal listrik dengan individual switches memiliki tombol power pada tiap stopkontak. Sementara itu, produk dengan centralized switches hanya memiliki satu tombol power untuk semua stopkontak. Jika Anda menggunakan peralatan elektronik yang membutuhkan daya konstan, pilih tipe individual switches.

10 Rekomendasi terminal listrik (power strip) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terminal listrik (power strip) terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Broco

Steker T Arde

Broco Steker T Arde 1枚目

Terminal listrik tiga arah, rumah tampak lebih rapi tanpa kabel berseliweran

2

Yokohama

Sunfree Stop Kontak Saklar

Yokohama Sunfree Stop Kontak Saklar 1枚目

Bebas mengatur aliran listrik berkat sakelar di setiap stopkontak

3

MOREA

Kabel Roll

MOREA Kabel Roll 1枚目

Model kabel roll untuk mempermudah penggunaan, dapat menjangkau hingga ke luar ruangan

4

YUNIOR

Stopkontak 4 Lubang

YUNIOR Stopkontak 4 Lubang 1枚目

Harga hemat dengan fitur standar yang lengkap!

5

ECLE

Stop Kontak

ECLE Stop Kontak 1枚目

Ukuran mini dan ringan, cocok untuk menemani Anda saat traveling

6

BARDI

Smart Extension Power Strips

BARDI Smart Extension Power Strips 1枚目

Terminal listrik masa kini, dapat dihubungkan ke aplikasi

7

VETTO

Stop Kontak 4 In 1

VETTO Stop Kontak 4 In 1 1枚目

Terminal listrik 4-in-1 yang ideal dipasang di stopkontak dinding

8

Xiaomi

Mi Power Strip

Xiaomi Mi Power Strip 1枚目

Fitur quick charging, mengisi daya baterai gadget jadi lebih cepat!

9

Krisbow

Stop Kontak Outdoor 5 Outlet

Krisbow  Stop Kontak Outdoor 5 Outlet 1枚目

Disertai segel penutup stopkontak untuk melindunginya dari debu dan percikan air!

10

Brennenstuhl

Eco-Line 13.500A with Surge Protection

Brennenstuhl Eco-Line 13.500A with Surge Protection 1枚目

Dilengkapi surge protection hingga 13.500 A, peralatan elektronik jadi aman, deh!

Perincian produk
Close
No.1

BrocoSteker T Arde13830-55 (B)

Mulai dari Rp21.100,00

Terminal listrik tiga arah, rumah tampak lebih rapi tanpa kabel berseliweran

Kelebihan:

  • Mampu menghantarkan arus maksimal hingga 10 Ampere
  • Built quality tampil solid, material plastik dengan finishing yang rapi

Kekurangan:

  • Kurang fleksibel karena tidak memiliki kabel ekstensi
  • Tidak terdapat saklar on off

Terminal listrik yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin sekadar memperbanyak stopkontak di dinding rumah Anda. Karena ditempel di dinding, rumah Anda pun bebas dari kabel berseliweran di lantai yang bisa membahayakan langkah kaki. Produk ini sangat pas untuk peralatan elektronik yang posisinya jarang dipindahkan, seperti TV, kipas angin, speaker, dan lainnya.

No.2

YokohamaSunfree Stop Kontak Saklar

Mulai dari Rp20.200,00

Bebas mengatur aliran listrik berkat sakelar di setiap stopkontak

Kelebihan:

  • Terdapat sakelar on off di setiap lubang stopkontak

Kekurangan:

  • Ada pembeli yang mengeluhkan kabel terlepas, kuningan steker bengkok, dan lainnya

Umumnya terminal listrik memiliki satu buah sakelar untuk memutus dan menyambung aliran listrik. Namun, produk ini memiliki sakelar di setiap stopkontak. Saat terminal listrik terhubung ke TV, charger, dan speaker misalnya, Anda bisa mematikan charger saja ketika tidak digunakan.


Dengan begitu, Anda bisa mengontrol kebutuhan listrik di setiap stopkontak sesuai keinginan. Selain itu, jarak antara stopkontak juga longgar sehingga meminimalisir steker saling berdesakan.

No.3

Model kabel roll untuk mempermudah penggunaan, dapat menjangkau hingga ke luar ruangan

Kelebihan:

  • Terdapat lampu indikator power dan saklar on off
  • Kabel yang panjang hingga 15 meter

Kekurangan:

  • Sejumlah reviewer mengeluhkan kepala steker terbuka, lampu indikator tidak menyala, atau panjang kabel yang tidak sesuai


Ketika menggunakan peralatan elektronik di luar ruangan, menemukan stopkontak adalah hal yang sulit dilakukan. Dengan terminal listrik ini, Anda tidak perlu khawatir lagi. Terminal listrik ini hadir dalam dua pilihan panjang kabel, 10 meter dan 15 meter. Hal ini dapat membantu Anda lebih leluasa bekerja, khususnya saat jauh dari sumber listrik.


Meski kabelnya cukup panjang, Anda tidak akan kerepotan karena kabel dapat dengan mudah digulung kembali. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang sering menggunakan peralatan elektronik di luar ruangan.

No.4

YUNIORStopkontak 4 LubangLY-212SK

Mulai dari Rp22.869,00

Harga hemat dengan fitur standar yang lengkap!

Kelebihan:
  • Tiap lubang colokan memiliki warna menarik sehingga tidak membosankan

Kekurangan:

  • Tidak ada LED indikator sehingga kurang terlihat apabila di ruangan gelap

Apakah Anda sedang mencari terminal listrik berfitur standar lengkap dengan harga terjangkau? Jika iya, produk ini dapat menjadi solusi untuk Anda. Produk ini sudah memperoleh standardisasi dari ISO (International Organization for Standardization).


Memiliki empat stopkontak untuk steker dua kaki, produk ini hadir dengan desain warna-warni yang cantik. Apabila Anda sedang berhemat dan membutuhkan terminal listrik dengan segera, produk ini adalah pilihan yang tepat.
No.5

ECLEStop KontakEPS0603

Mulai dari Rp150.000,00

Ukuran mini dan ringan, cocok untuk menemani Anda saat traveling

Kelebihan:
  • Terdapat empat port USB power dengan arus 1 Ampere

Kekurangan:

  • Tidak memiliki saklar on off sehingga harus mencabut langsung dari steker

Ketika bepergian, Anda mungkin membutuhkan terminal listrik yang mudah digunakan dan tidak memakan banyak tempat di tas. Nah, terminal listrik ini memiliki desain minimalis dan mudah dibawa-bawa sehingga cocok untuk Anda yang suka traveling. Bahan PC dan ABS yang tahan panas membuat produk ini aman dari kebakaran akibat panas berlebih.


Bentuknya yang mini membuat jumlah stopkontak produk ini hanya dua. Meski begitu, stopkontak ini dapat digunakan untuk beberapa model steker yang berbeda. Umumnya, saat traveling, gadget menjadi prioritas. Terminal listrik ini menyediakan empat USB port yang tentunya sangat cukup untuk mengisi daya baterai gadget Anda.
No.6

BARDISmart Extension Power Strips

Mulai dari Rp419.000,00

Terminal listrik masa kini, dapat dihubungkan ke aplikasi

Kelebihan:

  • Terdapat fitur child lock dan memiliki tiga port USB power
  • Materialnya mampu menghambat penyebaran api saat terbakar
  • Dapat dikendalikan melalui aplikasi Android ataupun iOS

Kekurangan:

  • Karena fitur-fiturnya yang lengkap dan canggih, harganya menjadi cukup mahal

Produk ini merupakan terminal listrik pintar yang dapat dikontrol melalui aplikasi yang dipasang pada smartphone. Anda termasuk generasi kekinian yang tidak suka ribet? Bardi Smart Extension Power Strips pilihan yang tepat. Anda dapat mematikan dan menyalakan stopkontak secara individu melalui aplikasi.


Produk ini memiliki fitur timer untuk tiap stopkontak dan grounding berstandar Eropa. Sayangnya, produk ini hanya memiliki stopkontak untuk steker dua kaki. Namun, dengan teknologi dan kemudahan yang ditawarkan, Anda tidak perlu ragu untuk membelinya.

No.7

VETTOStop Kontak 4 In 1

Mulai dari Rp69.811,00

Terminal listrik 4-in-1 yang ideal dipasang di stopkontak dinding

Kelebihan:

  • Terdapat saklar on off  yang memudahkan pengoperasian
  • Menggunakan material resin tahan panas

Kekurangan:

  • Kurang fleksibel karena tidak memiliki kabel ekstensi

Terminal listrik dinding biasanya memiliki arah lubang stopkontak yang berbeda-beda. VETTO menghadirkan terminal listrik 4-in-1 dengan posisi lubang stopkontak yang semuanya menghadap ke satu arah atau ke depan.


Keuntungan posisi lubang stopkontak searah tentunya membuat steker beserta kabelnya menjadi lebih rapi dan tidak berantakan. Produk ini cocok bagi Anda yang mencari terminal listrik dinding dengan model searah.

No.8

Fitur quick charging, mengisi daya baterai gadget jadi lebih cepat!

Kelebihan:

  • Dilengkapi port USB power dengan arus hingga 2 Ampere

Kekurangan:

  • Tidak terdapat lampu indikator power


Bagian dalam terminal ini berbahan tembaga fosfat berkualitas tinggi, sedangkan bagian luarnya terbuat dari bahan tahan panas. Alhasil, power strip ini lebih aman dan awet. Desainnya pun ramping dengan permukaan rata yang mendukung penggunaan berbagai jenis steker.


Terminal listrik dengan desain modern ini juga dilengkapi dengan USB port yang mendukung fitur fast charging untuk gadget. Tidak punya charger fast charging, tetapi ingin baterai gadget cepat terisi? Mi Power Strip adalah solusi untuk Anda. Namun, pastikan gawai Anda juga mendukung fitur fast charging, ya!

No.9

Krisbow Stop Kontak Outdoor 5 Outlet

Mulai dari Rp139.900,00

Disertai segel penutup stopkontak untuk melindunginya dari debu dan percikan air!

Kelebihan:

  • Lebih aman dan awet berkat tutup pelindung di setiap stopkontak

Kekurangan:

  • Tidak ada pilihan warna lain selain orange

Saat sedang tidak digunakan, stopkontak menjadi kotor karena debu yang masuk. Hal tersebut dapat menyebabkan korsleting dan rusaknya peralatan elektronik. Namun, Anda tak perlu waswas lagi. Terminal listrik dari Krisbow ini dilengkapi penutup di setiap lubang stopkontak sehingga terlindungi dari debu ataupun percikan air.


Adanya penutup pada setiap stopkontak juga bisa melindungi anak-anak dari potensi tersengat listrik saat memegangnya. Jadi, apabila Anda mencari stopkontak yang aman dan awet untuk penggunaan indoor dan outdoor, produk ini patut dipertimbangkan.

No.10

BrennenstuhlEco-Line 13.500A with Surge Protection

Mulai dari Rp288.000,00

Dilengkapi surge protection hingga 13.500 A, peralatan elektronik jadi aman, deh!

Kelebihan:
  • Dilengkapi dengan perlindungan dari petir
  • Bahannya solid dan kukuh

Kekurangan:

  • Sertifikasi IP20 hanya melindungi dari debu, apabila terkena percikan air produk akan rusak

Ketika musim hujan, petir sering kali menyambar. Petir yang menyambar rumah Anda dapat menyebabkan lonjakan arus secara tiba-tiba ke beberapa peralatan elektronik dan menyebabkan kerusakan. Produk ini dilengkapi surge protection dengan maksimum lonjakan arus dan antipetir hingga 13.500 Ampere.


Apabila Anda ingin memberikan perlindungan ekstra untuk barang elektronik, seperti PC atau TV, pilih produk ini. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir meskipun cuaca sedang buruk dan banyak petir.

Cara menggunakan terminal listrik yang aman

Terminal listrik dengan fitur surge protection dan waterproof hanya efektif jika produk digunakan dengan benar. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ingat saat menggunakan terminal listrik.

Gunakan terminal listrik sesuai dengan kapasitas daya listriknya

Gunakan terminal listrik sesuai dengan kapasitas daya listriknya

Terminal listrik biasanya memiliki informasi mengenai kapasitas maksimum daya listrik yang dapat digunakan, misalnya 1.500 watt. Pastikan untuk memperhatikan informasi tersebut untuk menghindari kelebihan penggunaan daya.


Beberapa peralatan elektronik, seperti AC dan kulkas, diklaim hemat energi. Akan tetapi, dengan AC tipe hemat energi pun, daya yang dibutuhkan cukup besar. Kami sarankan untuk memasang peralatan yang membutuhkan daya besar langsung ke sumbernya tanpa terminal listrik.

Tempel terminal listrik di dinding dengan kuat

Tempel terminal listrik di dinding dengan kuat

Beberapa terminal listrik tipe extension cord memiliki lubang pengait untuk di tempel pada dinding. Hal ini bertujuan agar kabel terminal listrik tidak berseliweran di lantai. Dalam hal ini, penting untuk memeriksa posisi terminal listrik agar tidak terjatuh. Jika menggunakan lubang pengait, pastikan terminal listrik sudah terpasang dengan benar dan kuat. 

Baca juga rekomendasi peralatan listrik lainnya di sini

Selain terminal listrik, ada banyak peralatan listrik untuk menunjang kebutuhan harian Anda. Di bawah ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa produk peralatan listrik, seperti USB charger, kabel data iPhone, dan kabel roll. Untuk lebih detailnya, klik link di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan terminal listrik yang cocok dengan kebutuhan Anda? Apa pun pilihan terminal listrik Anda, gunakanlah sesuai aturan dan hati-hati agar Anda terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. 


Jangan lupa untuk memeriksa kabel terminal listrik dan menggantinya secara teratur. Nah, sekian artikel kami kali ini. Semoga dapat menjadi referensi Anda dalam memilih terminal listrik berkualitas!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer