• 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Terminal Listrik (Power Strip) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Terminal listrik atau power strip biasa digunakan untuk memperbanyak soket listrik di rumah Anda. Alat ini sangat membantu ketika Anda ingin menggunakan banyak peralatan elektronik sekaligus. Meskipun fungsinya sederhana, sebetulnya terdapat berbagai jenis terminal listrik yang tersedia di pasaran.

Agar Anda tidak salah pilih, pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih terminal listrik dan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 26 Mei 2020
  • 13.404 Views
Daftar isi

Cara memilih terminal listrik (power strip)

Berikut kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan saat memilih terminal listrik.

Pilih berdasarkan tipenya

Berdasarkan tipenya, terminal listrik terbagi menjadi 2, yaitu direct attachment dan extension cord. Berikut kita akan membahasnya satu per satu!

Tipe direct attachment yang dipasang langsung pada soket listrik

Tipe direct attachment yang dipasang langsung pada soket listrik
Terminal listrik tipe direct attachment ini biasanya digunakan untuk menambah jumlah soket listrik yang terpasang pada dinding. Hal ini sangat berguna untuk Anda yang tidak mau menggunakan banyak kabel di rumah.
Namun, terminal listrik tipe ini membuat Anda menjadi tidak fleksibel dan tidak leluasa karena. Hal ini dikarenakan peralatan elektronik hanya dapat Anda gunakan di dekat dinding yang dipasangi terminal listrik saja.

Tipe extension cord yang lebih fleksibel

Tipe extension cord yang lebih fleksibel
Keuntungan penggunaan terminal listrik tipe ini adalah Anda dapat menggunakan peralatan elektronik meskipun jauh dari dinding yang dipasangi terminal listrik. Namun, pastikanlah kabel yang tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda.
Jika kabel terlalu panjang, Anda akan kerepotan merapikannya, sedangkan kabel yang terlalu pendek barangkali Anda akan merasa kurang fleksibel. Jadi, pastikanlah untuk memilih panjang kabel yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.
Panjang kabel sekitar 50 cm adalah panjang yang kami rekomendasikan untuk Anda, tetapi tentu saja kembali lagi ke kebutuhan Anda.

Periksa jumlah soket dan jarak antar soket

Periksa jumlah soket dan jarak antar soket
Hal ini berlaku untuk tipe direct attachment dan extension cord. Anda harus memastikan jumlah soket yang tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami menyarankan Anda untuk memilih terminal listrik dengan jumlah soket yang sedikit melebihi kebutuhan. Hal ini untuk mengantisipasi bertambahnya barang elektronik yang akan digunakan.
Jarak antar soket adalah hal yang harus Anda perhatikan juga. Apabila steker yang Anda gunakan berukuran besar, Anda tentu membutuhkan terminal listrik dengan jarak antar soket yang lebar juga.
Namun, semakin lebar jarak antar soket, tentu semakin besar pula ukuran terminal listriknya. Jadi, pertimbangkanlah hal tersebut sebelum membeli!

Pilih produk yang dilengkapi dengan USB port

Pilih produk yang dilengkapi dengan USB port
Zaman sekarang, penggunaan sehari-hari kabel USB (Universal Serial Bus) menjadi hal yang lumrah. Misalnya saat Anda mengisi daya baterai smartphone, kamera digital, tablet, dan lainnya. Karena itu, terminal listrik yang dilengkapi dengan USB port tentunya akan sangat membantu gaya hidup modern Anda.
Kini bahkan telah ada terminal listrik mendukung fitur fast charging yang dimiliki oleh smartphone. Jadi, apabila Anda tidak memiliki adaptor untuk fast charging, Anda cukup menggunakan terminal listrik saja, lho.

Pilih terminal listrik dengan fungsi lock

Pilih terminal listrik dengan fungsi lock
Beberapa jenis terminal listrik memiliki fungsi lock agar steker yang menancap pada soketnya sulit tercabut. Fitur ini sangat berguna untuk TV dan kulkas yang steker listriknya jarang dicabut. Fitur ini juga sangat berguna untuk komputer. Tentunya Anda tidak mau, kan, kehilangan data yang belum tersimpan hanya karena komputer tiba-tiba mati akibat steker yang lepas dari soket?
Barang elektronik pun jadi mudah rusak apabila stekernya sering tercabut tiba-tiba dari sumber listriknya. Jadi, fitur ini akan sangat berguna untuk menjaga kualitas barang elektronik Anda.

Periksa fitur tambahan lainnya

Banyak fitur tambahan yang dimiliki oleh terminal listrik. Berikut kami akan menjelaskannya satu per satu kepada Anda.

Fitur thunder guard untuk melindungi dari sambaran petir

Fitur thunder guard untuk melindungi dari sambaran petir
Sambaran petir yang mengenai kabel listrik dapat membawa listrik dengan arus yang besar menuju peralatan elektronik Anda. Selain berbahaya, hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada barang elektronik berharga Anda, seperti TV dan komputer.
Fitur thunder guard dapat mencegah arus listrik dalam jumlah besar masuk ke peralatan Anda. Hal ini tentunya akan memberikan rasa aman ketika musim hujan tiba, bukan?

Fitur dustproof untuk mencegah lubang soket kotor dan mengalami korsleting

Fitur dustproof untuk mencegah lubang soket kotor dan mengalami korsleting
Jangan sepelekan debu! Meskipun diletakkan di dalam rumah, debu tetap dapat masuk ke dalam soket terminal listrik. Hal ini umumnya terjadi pada kulkas, TV, dan komputer karena biasanya terminal listrik untuk peralatan tersebut ditempatkan di area yang sulit dijangkau. Akibatnya, kesempatan untuk dibersihkan pun sangat jarang. Jadi, tidak heran bila banyak debu yang masuk ke dalam lubang soket.
Debu dapat menyebabkan korsleting listrik jika dibiarkan saja menutupi lubang soket. Namun, tidak perlu khawatir! Beberapa produk terminal listrik memilki fitur dustproof atau setidaknya dilengkapi dengan penutup yang akan menutup otomatis ketika tidak ada steker listrik yang ditancapkan.
Fitur ini tentunya sangat berguna untuk Anda yang jarang mempunyai waktu untuk membersihkan terminal listrik dari debu.

Lebih hemat energi dengan tombol power

Lebih hemat energi dengan tombol power
Adanya tombol power pada terminal listrik dapat membantu Anda memutus arus listrik tanpa harus repot-repot mencabut stekernya. Hal ini dapat membantu Anda lebih hemat energi dengan lebih efisien.

Fitur waterproof untuk mencegah korsleting oleh air

Fitur waterproof untuk mencegah korsleting oleh air
Banyak peralatan elektronik yang berhubungan dengan air, seperti mesin pompa air, lampu untuk akuarium, dan mesin cuci. Apabila Anda tidak berhati-hati, air bisa saja mengenai terminal listrik Anda dan menyebabkan korsleting listrik. Untuk itu, kami merekomendasikan terminal listrik dengan fitur waterproof.
Fitur ini membuat tetesan air tidak merembes hingga mengenai lubang soket dan elektroda steker sehingga mencegah terjadinya arus pendek yang dikhawatirkan menjadi penyebab kebakaran.

Perhatikan jumlah elektrodanya

Perhatikan jumlah elektrodanya
Pada umumnya, steker di Indonesia memiliki 2 elektroda berbentuk bulat untuk menghantarkan listrik. Beberapa jenis steker juga memiliki 3 elektroda yang merupakan modifikasi dari tipe 2 elektroda.
Tambahan elektroda pada tipe 3 elektroda ini berfungsi sebagai ground yang mencegah kebocoran arus listrik. Tipe 3 elektroda ini pada umumnya ditemukan pada peralatan listrik dengan watt yang besar, seperti AC (Air Conditioner), mesin cuci, dan lain-lain. Ground juga dapat menghindarkan Anda dari sengatan listrik yang berbahaya.

10 Rekomendasi terminal listrik (power strip) terbaik

Apakah Anda telah paham caranya memilih terminal listrik yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Berikut kami akan memperkenalkan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Simak terus informasinya!
10

Yunior Terminal Listrik 4 Soket

Rp 24.000,00

9
8
7
6
5
4

KenmasterTerminal Listrik Cabang 3

Rp 27.500,00

3
2

APCSurge Protector Power Strip

Rp 359.000,00

1

Tabel perbandingan produk terminal listrik (power strip) terbaik

Gambar produk
1
Xiaomi Smart Power Strip 1

Xiaomi

2
APC Surge Protector Power Strip 1

APC

3
Vertical Power Strip 1

4
Kenmaster Terminal Listrik Cabang 3 1

Kenmaster

5
Yunior Terminal Listrik Roll 1

Yunior

6
iHandy Remote Power Strip 1

iHandy

7
Brennestuhl Eco-Line Power Strip 3 Sockets 1

Brennestuhl

8
Teiton Eu Plug with USB Port 1

Teiton Eu

9
Lemon Shaped Power Strip 1

10
Yunior  Terminal Listrik 4 Soket 1

Yunior

Nama produk

Smart Power Strip

Surge Protector Power Strip

Vertical Power Strip

Terminal Listrik Cabang 3

Terminal Listrik Roll

Remote Power Strip

Eco-Line Power Strip 3 Sockets

Plug with USB Port

Lemon Shaped Power Strip

Terminal Listrik 4 Soket

KeunggulanLebih gaul dengan terminal ...Melindungi peralatan elektr...Penolong generasi gadget di...Rumah tampak lebih rapi tan...Kabel yang sangat panjang, ...Sangat praktis! Pengendalia...Nyaman di mata dengan termi...Ukuran mini dan ringan, coc...Cocok untuk beberapa jenis ...Harga hemat dengan fitur st...
HargaRp 125.000,00Rp 359.000,00Rp 319.000,00Rp 27.500,00Rp 56.500,00Rp 129.000,00Rp 89.000,00Rp 65.000,00Rp 55.000,00Rp 24.000,00
Tautan produk

Bagaimana cara menggunakan terminal listrik dengan benar?

Untuk memastikan keamanan Anda, cara penggunaan terminal listrik yang benar tentunya perlu Anda ketahui. Nah, mari kita bahas bersama-sama!

Gunakan terminal listrik sesuai dengan kapasitas daya listriknya

Gunakan terminal listrik sesuai dengan kapasitas daya listriknya
Terminal listrik biasanya memiliki informasi mengenai kapasitas maksimum daya listrik yang mampu ditanggungnya, misalnya 1500 watt. Jika total daya listrik barang elektronik yang stekernya menancap pada terminal listrik melebihi batas, terminal listrik akan beresiko terbakar karena terlalu panas.
Untuk menghindari hal tersebut, mengetahui daya listrik masing-masing alat elektronik Anda sangatlah penting. Berikut kami akan memberikan informasi konsumsi daya listrik yang umumnya terdapat pada alat elektronik rumah tangga.
Mesin cuci : 400-600 watt
Kulkas (kapasitas lebih dari 20 liter) : 300-500 watt
Microwave : 600-1.500 watt
Vacuum cleaner : 600-1.500 watt
TV (32 inci atau lebih) : 200-300 watt
DVD player : 100 watt
Komputer : 100-200 watt
Printer laser : 100-200 watt

Tempel terminal listrik di dinding dengan kuat

Tempel terminal listrik di dinding dengan kuat
Tidak hanya tipe direct attachment, terminal listrik tipe extension cord juga dapat Anda rekatkan di dinding bila diperlukan. Hal ini bertujuan agar kabel terminal listrik tidak berseliweran di lantai dan membahayakan diri Anda sendiri. Menempelkan terminal listrik di dinding juga memberi kesan rapi pada ruangan Anda.
Anda dapat menggunakan paku dan lem untuk melakukan hal ini. Sebelum mulai digunakan, pastikanlah terminal listrik terpasang dengan kuat agar tidak lepas tiba-tiba.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan terminal listrik yang cocok dengan kebutuhan Anda? Pada saat memilih terminal listrik, tentunya Anda harus menyesuaikannya dengan alat-alat elektronik yang biasa Anda pakai agar penggunaannya lebih nyaman dan efisien.
Apapun pilihan tipe terminal listrik Anda, gunakanlah sesuai aturan dan hati-hati agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. Nah, sekian artikel kami kali. Semoga dapat menjadi referensi Anda dalam memilih terminal listrik berkualitas!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    191.766 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    127.023 Views
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mempunyai rambut lurus tentunya menjadi idaman banyak wanita. Untuk itu, catok pelurus rambut diperlukan agar rambut dapat tergerai lurus, rapi, dan berkilau. Banyak produsen yang menawarkan catok pelurus rambut, seperti Philips, Elov, BaByliss, atau Revlon. Namun, Anda akan menemukan perbedaan fitur di tiap produk. Nah, berikut ini akan kami bahas beberapa tips cara memilih catok pelurus rambut beserta sepuluh produk rekomendasinya. Mari simak artikel berikut ini dan temukan catok pelurus rambut terbaik untuk Anda! Selamat membaca!
    Elektronik rumah tangga
    89.518 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    103.270 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Elektronik rumah tangga
    102.386 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai tempat untuk menyimpan makanan agar tahan lama, penggunaan kulkas sangatlah penting. Salah satu model kulkas yang cukup banyak diminati masyarakat adalah kulkas 2 pintu. Setiap produsen kulkas seperti Panasonic, Sharp, Samsung, dan LG tentunya memiliki kualitas dan konsumsi listrik yang berbeda.Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih kulkas 2 pintu terbaik untuk Anda. Berbagai pertimbangan seperti ukuran, fitur, beserta konsumsi listriknya akan kami jelaskan secara detail untuk memudahkan Anda saat membeli kulkas 2 pintu. Untuk itu, simak artikel ini, ya!
    Elektronik rumah tangga
    40.979 Views
  • 10 Rekomendasi Mouse Razer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mouse Razer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mouse untuk gaming berbeda dengan mouse biasanya. Salah satu merek mouse gaming ternama adalah Razer dengan kualitas yang sudah teruji serta memiliki teknologi terkini. Namun, mouse Razer mana yang pas untuk Anda gunakan saat bermain?Dalam artikel ini kami akan membahas tentang mouse Razer mulai dari cara memilih sampai merekomendasikan produk terbaik. Beberapa seri, seperti Basilisk, Viper, Mamba, dan Atheris ada dalam segmen rekomendasi kami. Wah, pasti Anda sudah tidak sabar ya. Langsung saja simak artikel kali ini!
    Elektronik rumah tangga
    201 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori