10 Rekomendasi Tempat Saringan Minyak (Oil Pot) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tempat Saringan Minyak (Oil Pot) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Setelah menggoreng, seringkali minyak yang digunakan tersisa dalam jumlah banyak sehingga terasa mubazir untuk dibuang. Nah, tempat saringan minyak (oil pot) atau grease keeper merupakan wadah yang tepat untuk menyaring sekaligus menampung sisa minyak tersebut.

Meskipun fungsi oil pot tampak sederhana, sebetulnya terdapat banyak jenisnya, lho. Pada artikel kali ini kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi oil pot terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Agar minyak goreng sisa tersimpan dengan baik, jangan sampai salah pilih, ya!

Daftar isi

Cara memilih tempat saringan minyak (oil pot)

Agar Anda tidak salah pilih saat membeli, berikut kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih oil pot.

Pilih berdasarkan tipenya

Minyak yang telah digunakan untuk menggoreng makanan akan mengalami oksidasi. Semakin lama minyak disimpan dan digunakan, tingkat oksidasi pada minyak juga akan meningkat. Minyak yang teroksidasi akan membuat rasa makanan yang digoreng menjadi tidak enak. Hal ini diperparah jika terdapat sisa makanan tertinggal di dalam minyak.

Karena itu, oil pot dilengkapi dengan filter untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang terbawa bersama minyak. Terdapat beberapa tipe penyaring atau filter yang terdapat pada oil pot. Berbeda filter, maka berbeda pula cara perawatan dan kegunaannya. Berikut kami akan menjelaskannya satu per satu kepada Anda.

Filter tipe standar, paling banyak digunakan karena kemudahannya

Filter tipe standar, paling banyak digunakan karena kemudahannya

Filter tipe ini adalah tipe yang paling banyak digunakan karena mudah dipakai dan harganya relatif murah. Dengan tipe ini, Anda tidak perlu membeli penampung dan filter secara terpisah. Namun, dibandingkan tipe filter lainnya, pori-porinya relatif besar sehingga memberikan hasil penyaringan yang tidak terlalu bersih. Apabila Anda ingin meningkatkan kualitas penyaringannya, kami sarankan Anda selalu menggunakan oil pot ini bersama dengan kertas penyaring di atas filternya.

Minyak yang disaring dengan filter tipe ini pada umumnya tidak dapat dipakai berulang kali dalam jangka waktu lama. Karena itu, tipe ini tidak cocok untuk Anda yang ingin menggunakan minyak yang sama untuk beberapa kali menggoreng atau Anda yang sensitif terhadap perubahan aroma pada minyak. Tipe ini lebih cocok digunakan oleh Anda yang tidak terlalu sering menggoreng.

Filter tipe cartridge, filtrasi bertahap untuk penyaringan yang maksimal

Filter tipe cartridge, filtrasi bertahap untuk penyaringan yang maksimal

Filter tipe ini memberikan 2 tahap penyaringan. Penyaringan pertama untuk menghilangkan remah-remah dan penyaringan kedua untuk menghilangkan partikel-partikel halus serta menghilangkan bau. Hasilnya, minyak yang disaring dengan filter tipe ini akan lebih bersih dan jernih. Antara penyaringan pertama dan penyaringan kedua terdapat penampung berukuran relatif kecil untuk menampung minyak yang tidak bisa melewati penyaringan kedua.

Sayangnya, filter ini perlu diganti dalam jangka waktu tertentu. Karena itu, dibandingkan dengan tempat minyak bertipe saringan standar, tipe ini memerlukan biaya tambahan untuk perawatan. Namun, hal ini sebanding dengan hasil penyaringannya yang baik. Tipe ini cocok untuk orang yang hampir setiap hari menggoreng dan ingin menggunakan minyak bersih yang sama berulang kali. Akan tetapi, tempat minyak dengan filter tipe cartridge masih sangat jarang ditemukan di Indonesia.

Filter tipe bubuk, minyak bekas pun menjadi seperti baru lagi

Filter tipe bubuk, minyak bekas pun menjadi seperti baru lagi

Filter yang satu ini berbeda dengan kedua filter yang dibahas sebelumnya. Filter ini berbentuk bubuk. Digunakan dengan cara dicampurkan ke dalam minyak bekas pakai, filter bubuk ini dapat menyerap kotoran dan menjernihkan minyak.

Filter ini memberikan penyaringan yang sangat baik sehingga membuat kualitas minyak tetap terjaga. Bila minyak dapat digunakan dalam waktu lebih lama, tentu frekuensi Anda membeli minyak goreng juga dapat berkurang.

Bila filter tipe cartridge membutuhkan penggantian berkala secara rutin, tipe ini malah membutuhkan penggantian rutin setiap kali digunakan. Karena bubuk dan digunakan dengan cara dicampurkan ke dalam minyak, tentu saja harus Anda harus membuangnya setelah selesai digunakan. Anda harus mengeluarkan biaya setiap kali menggunakannya.

Jika Anda termasuk orang yang pelupa, tetapi sangat mementingkan kebersihan minyak, kami menyarankan filter tipe bubuk ini. Namun, Anda harus mengeluarkan usaha lebih untuk mencari produk filter tipe bubuk ini karena barangnya masih sangat langka di Indonesia.

Pilih oil pot yang tidak menghasilkan tetesan

Pilih oil pot yang tidak menghasilkan tetesan

Ketika menuangkan minyak dari oil pot ke wajan penggorengan, tetesan minyak dapat terbentuk pada mulut oil pot. Tetesan minyak tersebut akan mengalir ke bagian luar bodi oil pot dan mengotorinya. Apabila Anda harus selalu membersihkan oil pot setiap kali menuangkan minyak, tentu akan sangat merepotkan, bukan?

Untuk mencegah hal ini, pililhlah mulut oil pot yang meruncing dan memiliki lipatan agar tetesan minyak yang tersisa pada mulut oil pot kembali ke dalam pot-nya. Tanpa tetesan minyak yang mengotori bodi oil pot, dapur Anda pun akan lebih bersih.

Anda dapat menggali informasi mengenai fitur ini melalui review pengguna atau mengamati produknya secara langsung.

Sesuaikan ukuran oil pot dengan tempat penyimpanannya

Sesuaikan ukuran oil pot dengan tempat penyimpanannya

Oil pot sebaiknya tidak disimpan di tempat yang bersuhu tinggi. Anda disarankan untuk menyimpannya di tempat yang gelap dan sejuk untuk menghindari kerusakan minyak.

Hal terpenting ketika memilih ukuran oil pot adalah menyesuaikannya dengan tempat penyimpanan yang Anda sediakan. Selain itu, Anda harus menyesuaikan kapasitas oil pot dengan kuantitas minyak yang biasa Anda gunakan.

Lebih praktis, pilih oil pot yang mudah dibersihkan

Lebih praktis, pilih oil pot yang mudah dibersihkan

Memilih oil pot yang mudah dibersihkan adalah faktor penting untuk menjaga kualitas minyak Anda. Bahan dan bentuk dari oil pot adalah hal yang mempengaruhi kemudahan dalam membersihkannya.

Beberapa produk juga memiliki lapisan tambahan, seperti lapisan fluorin yang memudahkan wadah dibersihkan dari minyak. Jadi, perhatikanlah hal ini dengan seksama sebelum membeli, ya!

10 Rekomendasi tempat saringan minyak (oil pot) terbaik

Apakah Anda telah memahami cara memilih oil pot yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Bila sudah, berikut ini kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga dapat menjadi inspirasi untuk Anda!

10. Cookville Oil Pot

10. Cookville Oil Pot

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 132.000

Terbuat dari stainless steel pilihan, ringan, dan kuat

Oil pot ini dibuat simpel agar memudahkan penggunanya. Desain yang simpel tentu akan lebih mudah diserasikan dengan interior di dapur Anda, bukan? Selain simpel, desainnya juga tampak elegan dan akan membuat dapur Anda terlihat lebih cantik. Bagian pegangannya juga telah didesain agar memudahkan saat Anda menuangkan minyak, meski terisi penuh sekalipun.

Ketika diangkat oil pot ini akan terasa ringan, tetapi ringan bukan berarti rapuh, kok! Oil pot ini terbuat dari bahan stainless steel terbaik di seluruh bagian dari penutup hingga filternya. Apabila Anda mencari oil pot sederhana dan berkualitas yang user friendly sekaligus budget friendly, produk ini tentu dapat menjadi pilihan terbaik.

9. Oil Pot Desain Unik

9. Oil Pot Desain Unik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 90.000

Fitur standar lengkap dengan desain unik dan menarik

Bila memang Anda hanya membutuhkan oil pot dengan filter yang mampu menyaring sisa remah gorengan berukuran sedang, produk berfitur standar yang lengkap ini saja sudah cukup. Dengan filter dari bahan yang kuat dan kapasitas 1,1 liter, oil pot sederhana yang satu ini pasti sudah mampu memenuhi kebutuhan Anda. Simple is the best, bukan?

Sederhana bukan berarti tidak menarik. Bagian luar bodi oil pot ini di-print dengan gambar lucu minimalis yang serasi dengan warna putih bersihnya. Warna putih menimbulkan kesan bersih dan higienis di dapur Anda. Selain itu, dalam soal keserasian dengan interior dapur Anda, warna putih tidak pernah salah tempat! Kegiatan memasak di dapur pun jadi lebih menyenangkan.

8. Maslon Oil Pot

8. Maslon Oil Pot

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Keamanan terjamin dengan lapisan non-stick coating

Oil pot berbahan besi yang mengalami oksidasi akan menjadi karatan dan bisa menjadi racun bagi tubuh bila tetap digunakan untuk menampung minyak goreng. Namun, Anda tidak perlu khawatir mengenai hal itu bila menggunakan oil pot dari Maslon yang dilapisi non-stick coating antikarat ini! Selama lapisan antikaratnya tidak terkelupas, oil pot ini dapat awet digunakan.

Berkat lapisan tersebut, noda dari minyak yang membandel di bagian dalam dan luar bodinya pun jadi mudah terangkat. Membersihkannya pun jadi tidak perlu tenaga lebih! Bagi Anda yang tidak hanya ingin minyak tersaring, tetapi juga tetap terjaga kehigienisannya, produk ini layak menjadi pilihan. Tidak hanya itu, paduan warna merah dan hitamnya juga sedap dipandang, bukan?

7. Premium Oil Pot

7. Premium Oil Pot

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 51.000

Finishing mengkilap dan bahan stainless steel berkualitas tinggi

Oil pot berkapasitas 1 liter dan berbahan stainless steel ini dibuat dengan finishing mengkilap. Dari tampilannya saja, nuansa mewah, bersih dan higienis sudah tampak. Tentu Anda akan merasa lebih nyaman menggunakannya. Oil pot ini hanya terdiri dari wadah, tutup, dan saringan yang desainnya dibuat seminimalis mungkin agar lebih mudah saat dibersihkan.

Bahan stainless steel-nya tidak terlalu tebal sehingga ringan untuk digunakan. Meski tidak terlalu tebal, produk ini tahan banting berkat bahannya yang berkualitas. Filter standarnya bertekstur kasa sehingga tidak bisa ditembus oleh remah gorengan berukuran kecil sekalipun. Apabila Anda mencari oil pot yang relatif murah dan awet, kami merekomendasikan produk ini.

6. Akebonno Oil Pot MD2

6. Akebonno Oil Pot MD2

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 139.000

Dinding samping filter tinggi, untuk penyaringan yang lebih rapi

Saat menuangkan minyak dari wajan ke oil pot, tetesan minyak berlompatan ke mana-mana sehingga bikin berantakan. Namun, hal itu tidak akan terjadi dengan oil pot ini! Berkat dinding samping filter yang tingginya mencapai 3,5 cm, menuangkan minyak ke dalam oil pot tidak lagi berantakan. Pegangan pada filternya pun membuat Anda semakin nyaman menggunakannya.

Oil pot berkapasitas 2 liter dan berdiameter 14 cm ini terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan mudah dibersihkan. Tutup berlapis plastik pada pegangannya mencegah selip, mulut pegangan yang lebar membuatnya mantap digenggam tanpa khawatir tergelincir. Bagi Anda yang ingin menyimpan banyak sisa minyak tanpa berantakan, produk ini pantas jadi pilihan.

5. I Love Kitchen Oil Pot Hijau Tosca

5. I Love Kitchen Oil Pot Hijau Tosca

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Lapisan tahan panas untuk minyak yang tetap sehat dikonsumsi

Setelah selesai menggoreng, tunggulah suhu minyak menurun sebelum dituangkan ke dalam oil pot agar minyak tidak bereaksi dengan bahan oil pot dan menghasilkan senyawa berbahaya. Namun, apakah Anda cukup sabar untuk menunggu? Nah, dengan oil pot ini, Anda dapat langsung membereskan pekerjaan seusai menggoreng tanpa perlu mengulur-ulur waktu.

Berbeda dengan oil pot yang umumnya berlapis PTFE (Polytetrafluoroethylene), oil pot ini berlapis enamel tahan panas. Lapisan enamel tidak bereaksi terhadap panas, sehingga tidak menghasilkan senyawa baru apapun. Bagi Anda yang ingin tetap menjaga kualitas minyak, tetapi tidak ingin menunggu lama-lama hingga minyak mendingin, pilih saja produk ini!

4. Shuma Stainless Steel Oil Pot 1,1 L

4. Shuma Stainless Steel Oil Pot 1,1 L

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 85.000

Minyak yang lebih awet dengan oil pot kedap udara

Oksidasi atau reaksi antara oksigen di udara dengan minyak adalah salah satu faktor yang menyebabkan minyak cepat rusak ketika disimpan. Minyak yang kualitasnya telah menurun, akan merusak rasa gorengan Anda. Untuk mencegahnya, Anda dapat menggunakan oil pot yang dibekali tutup kedap udara ini. Modelnya yang simpel pun tidak merepotkan untuk dibersihkan, lho.

Tutup kedap udara juga mencegah aroma minyak menyebar di dapur Anda, bahkan memungkinkan Anda untuk menyimpan sisa minyak di kulkas. Dengan mirror polished heavy duty stainless steel, oil pot ini tidak hanya nyaman dipandang, tetapi juga kuat menampung beban. Bagi Anda yang ingin menjaga kualitas dan aroma minyak, oil pot ini kami rekomendasikan.

3. Zebra Filter Pot SUS 204

3. Zebra Filter Pot SUS 204

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 240.000

Menyaring dengan sangat halus hingga ampas makanan terkecil

Menggoreng makanan yang dibalut tepung panir, biasanya akan meninggalkan remah gorengan berukuran kecil di dalam minyak Anda. Bila dibiarkan, remah tersebut akan gosong dan merusak rasa gorengan Anda. Apabila Anda menginginkan oil pot dengan filter halus sehingga minyak dapat tersaring dengan lebih jernih optimal, lebih baik pilih saja produk dari Zebra yang satu ini!

Apa sih, keistimewaan filter produk ini? Berbeda dari filter standar pada umumnya, lubangnya yang sangat kecil dan halus bagaikan tekstur kain, memberikan penyaringan optimal. Filter yang terbuat dari stainless steel kokoh ini pun tidak mudah bolong dan berdinding tinggi sehingga proses penuangan minyak dapat lebih rapi. Kalau ada yang bisa optimal, kenapa pilih yang biasa?

2. Olio Oil Pot

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 516.900

Dapur terlihat lebih modern dengan oil pot yang fashionable

Paduan warna biru pada bodi dan warna hitam pada handle-nya menjadikan produk ini eye-catching. Desainnya yang elegan dan compact pun begitu fashionable. Filternya pun tidak memenuhi seluruh mulut oil pot sehingga memudahkan Anda saat menuangkan minyak ke dalam penggorengan. Anda yang berjiwa muda, pasti akan sangat menyukai produk ini!

Bagian pegangannya juga dibuat agar nyaman di tangan, Anda dijamin akan betah saat menggunakannya. Tidak hanya terlihat keren dan nyaman digunakan saja, filternya yang halus dan kokoh bekerja optimal menjernihkan minyak bekas pakai Anda. Meskipun harga yang ditawarkan relatif mahal, rasanya ikhlas untuk oil pot keren yang satu ini, bukan?

1. RuYiYu Oil Pot 1,6 Liter

1. RuYiYu Oil Pot 1,6 Liter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 350.000

Desain yang detail untuk penyimpanan maksimal

Oil pot ini dibuat dari food grade stainless steel dengan lapisan antioksidasi pencegah karat. Minyak yang disimpan pun tidak bereaksi dengan oil pot sehingga tetap aman dikonsumsi. Filternya dapat diandalkan untuk memisahkan minyak dari kotoran sisa gorengan hingga partikel terkecil sekalipun. Minyak bersih, dapat digunakan berulang kali. Anda pun bisa lebih berhemat!

Dirancang dengan desain kokoh, pegangan pada oil pot ini terpasang dengan sangat kuat sehingga tidak perlu khawatir akan terlepas. Selain itu terdapat piringan kecil pada dasar wadah, meja dapur pun tidak akan kotor karena tetesan minyak. Untuk Anda yang menginginkan produk berkualitas tinggi dan desain yang memanjakan penggunanya, produk ini adalah jawabannya.

Kesimpulan

Di antara oil pot yang kami rekomendasikan, apakah salah satunya cocok dengan kebutuhan Anda? Hal terpenting saat memilih oil pot adalah kemudahan dalam membersihkan dan kemampuannya dalam menyaring kotoran.

Dengan menggunakan oil pot yang sesuai, gorengan terasa lebih lezat, minyak lebih awet, dan Anda dapat lebih berhemat. Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan inspirasi saat Anda bingung memilih tempat penyaring minyak atau oil pot!