• 10 Rekomendasi Tempat Saringan Minyak (Oil Pot) Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Tempat Saringan Minyak (Oil Pot) Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Tempat Saringan Minyak (Oil Pot) Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Tempat Saringan Minyak (Oil Pot) Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Tempat Saringan Minyak (Oil Pot) Terbaik (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Tempat Saringan Minyak (Oil Pot) Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Setelah menggoreng, seringkali minyak yang digunakan tersisa dalam jumlah banyak sehingga terasa mubazir untuk dibuang. Nah, tempat saringan minyak (oil pot) atau grease keeper merupakan wadah yang tepat untuk menyaring sekaligus menampung sisa minyak tersebut.

Meskipun fungsi oil pot tampak sederhana, sebetulnya terdapat banyak jenisnya, lho. Pada artikel kali ini kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi oil pot terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Agar minyak goreng sisa tersimpan dengan baik, jangan sampai salah pilih, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 75 Views
Daftar isi

Cara memilih tempat saringan minyak (oil pot)

Agar Anda tidak salah pilih saat membeli, berikut kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih oil pot.

Pilih berdasarkan tipenya

Minyak yang telah digunakan untuk menggoreng makanan akan mengalami oksidasi. Semakin lama minyak disimpan dan digunakan, tingkat oksidasi pada minyak juga akan meningkat. Minyak yang teroksidasi akan membuat rasa makanan yang digoreng menjadi tidak enak. Hal ini diperparah jika terdapat sisa makanan tertinggal di dalam minyak.
Karena itu, oil pot dilengkapi dengan filter untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang terbawa bersama minyak. Terdapat beberapa tipe penyaring atau filter yang terdapat pada oil pot. Berbeda filter, maka berbeda pula cara perawatan dan kegunaannya. Berikut kami akan menjelaskannya satu per satu kepada Anda.

Filter tipe standar, paling banyak digunakan karena kemudahannya

Filter tipe standar, paling banyak digunakan karena kemudahannya
Filter tipe ini adalah tipe yang paling banyak digunakan karena mudah dipakai dan harganya relatif murah. Dengan tipe ini, Anda tidak perlu membeli penampung dan filter secara terpisah. Namun, dibandingkan tipe filter lainnya, pori-porinya relatif besar sehingga memberikan hasil penyaringan yang tidak terlalu bersih. Apabila Anda ingin meningkatkan kualitas penyaringannya, kami sarankan Anda selalu menggunakan oil pot ini bersama dengan kertas penyaring di atas filternya.
Minyak yang disaring dengan filter tipe ini pada umumnya tidak dapat dipakai berulang kali dalam jangka waktu lama. Karena itu, tipe ini tidak cocok untuk Anda yang ingin menggunakan minyak yang sama untuk beberapa kali menggoreng atau Anda yang sensitif terhadap perubahan aroma pada minyak. Tipe ini lebih cocok digunakan oleh Anda yang tidak terlalu sering menggoreng.

Filter tipe cartridge, filtrasi bertahap untuk penyaringan yang maksimal

Filter tipe cartridge, filtrasi bertahap untuk penyaringan yang maksimal
Filter tipe ini memberikan 2 tahap penyaringan. Penyaringan pertama untuk menghilangkan remah-remah dan penyaringan kedua untuk menghilangkan partikel-partikel halus serta menghilangkan bau. Hasilnya, minyak yang disaring dengan filter tipe ini akan lebih bersih dan jernih. Antara penyaringan pertama dan penyaringan kedua terdapat penampung berukuran relatif kecil untuk menampung minyak yang tidak bisa melewati penyaringan kedua.
Sayangnya, filter ini perlu diganti dalam jangka waktu tertentu. Karena itu, dibandingkan dengan tempat minyak bertipe saringan standar, tipe ini memerlukan biaya tambahan untuk perawatan. Namun, hal ini sebanding dengan hasil penyaringannya yang baik. Tipe ini cocok untuk orang yang hampir setiap hari menggoreng dan ingin menggunakan minyak bersih yang sama berulang kali. Akan tetapi, tempat minyak dengan filter tipe cartridge masih sangat jarang ditemukan di Indonesia.

Filter tipe bubuk, minyak bekas pun menjadi seperti baru lagi

Filter tipe bubuk, minyak bekas pun menjadi seperti baru lagi
Filter yang satu ini berbeda dengan kedua filter yang dibahas sebelumnya. Filter ini berbentuk bubuk. Digunakan dengan cara dicampurkan ke dalam minyak bekas pakai, filter bubuk ini dapat menyerap kotoran dan menjernihkan minyak.
Filter ini memberikan penyaringan yang sangat baik sehingga membuat kualitas minyak tetap terjaga. Bila minyak dapat digunakan dalam waktu lebih lama, tentu frekuensi Anda membeli minyak goreng juga dapat berkurang.
Bila filter tipe cartridge membutuhkan penggantian berkala secara rutin, tipe ini malah membutuhkan penggantian rutin setiap kali digunakan. Karena bubuk dan digunakan dengan cara dicampurkan ke dalam minyak, tentu saja harus Anda harus membuangnya setelah selesai digunakan. Anda harus mengeluarkan biaya setiap kali menggunakannya.
Jika Anda termasuk orang yang pelupa, tetapi sangat mementingkan kebersihan minyak, kami menyarankan filter tipe bubuk ini. Namun, Anda harus mengeluarkan usaha lebih untuk mencari produk filter tipe bubuk ini karena barangnya masih sangat langka di Indonesia.

Pilih oil pot yang tidak menghasilkan tetesan

Pilih oil pot yang tidak menghasilkan tetesan
Ketika menuangkan minyak dari oil pot ke wajan penggorengan, tetesan minyak dapat terbentuk pada mulut oil pot. Tetesan minyak tersebut akan mengalir ke bagian luar bodi oil pot dan mengotorinya. Apabila Anda harus selalu membersihkan oil pot setiap kali menuangkan minyak, tentu akan sangat merepotkan, bukan?
Untuk mencegah hal ini, pililhlah mulut oil pot yang meruncing dan memiliki lipatan agar tetesan minyak yang tersisa pada mulut oil pot kembali ke dalam pot-nya. Tanpa tetesan minyak yang mengotori bodi oil pot, dapur Anda pun akan lebih bersih.
Anda dapat menggali informasi mengenai fitur ini melalui review pengguna atau mengamati produknya secara langsung.

Sesuaikan ukuran oil pot dengan tempat penyimpanannya

Sesuaikan ukuran oil pot dengan tempat penyimpanannya
Oil pot sebaiknya tidak disimpan di tempat yang bersuhu tinggi. Anda disarankan untuk menyimpannya di tempat yang gelap dan sejuk untuk menghindari kerusakan minyak.
Hal terpenting ketika memilih ukuran oil pot adalah menyesuaikannya dengan tempat penyimpanan yang Anda sediakan. Selain itu, Anda harus menyesuaikan kapasitas oil pot dengan kuantitas minyak yang biasa Anda gunakan.

Lebih praktis, pilih oil pot yang mudah dibersihkan

Lebih praktis, pilih oil pot yang mudah dibersihkan
Memilih oil pot yang mudah dibersihkan adalah faktor penting untuk menjaga kualitas minyak Anda. Bahan dan bentuk dari oil pot adalah hal yang mempengaruhi kemudahan dalam membersihkannya.
Beberapa produk juga memiliki lapisan tambahan, seperti lapisan fluorin yang memudahkan wadah dibersihkan dari minyak. Jadi, perhatikanlah hal ini dengan seksama sebelum membeli, ya!

10 Rekomendasi tempat saringan minyak (oil pot) terbaik

Apakah Anda telah memahami cara memilih oil pot yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Bila sudah, berikut ini kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga dapat menjadi inspirasi untuk Anda!

10. Cookville Oil Pot

Rp132.000,00

9. Oil Pot Desain Unik

Rp90.000,00

7. Premium Oil Pot

Rp51.000,00

6. Akebonno Oil Pot MD2

Rp139.000,00

5. I Love Kitchen Oil Pot Hijau Tosca

Rp100.000,00

4. Shuma Stainless Steel Oil Pot 1,1 L

Rp85.000,00

3. Zebra Filter Pot SUS 204

Rp240.000,00

1. RuYiYu Oil Pot 1,6 Liter

Rp350.000,00

Kesimpulan

Di antara oil pot yang kami rekomendasikan, apakah salah satunya cocok dengan kebutuhan Anda? Hal terpenting saat memilih oil pot adalah kemudahan dalam membersihkan dan kemampuannya dalam menyaring kotoran.
Dengan menggunakan oil pot yang sesuai, gorengan terasa lebih lezat, minyak lebih awet, dan Anda dapat lebih berhemat. Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan inspirasi saat Anda bingung memilih tempat penyaring minyak atau oil pot!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan dapur
    2.185 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Berbicara mengenai kompor gas, Anda tentu memiliki kriteria pemilihan yang berbeda sesuai kebutuhan Anda sehari-hari. Kriteria tersebut antara lain tampilan kompor yang modis, panggangan tanpa air, dan kemudahan saat dibersihkan. Belakangan, produsen kompor gas juga semakin berlomba-lomba mengeluarkan produk dengan fitur yang semakin canggih.Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara menyeluruh kriteria apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih kompor gas. Selain cara memilihnya, kami akan memilihkan sepuluh produk terbaik untuk Anda jadikan referensi. Beberapa merek terkenal seperti Modena, Hitachi, dan Rinnai siap untuk Anda pilih. Selamat menyimak!
    Peralatan dapur
    1.820 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Microwave oven merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat roti, kue, toast maupun kue kering. Berbeda dengan oven biasa, pemanasan makanan dengan microwave oven menggunakan gelombang mikro sehingga masakan matang lebih merata. Jika menggunakan oven biasa, masakan lebih matang di bagian pinggirnya.Beberapa merek microwave oven yang terkenal adalah Hitachi, Sharp dan Panasonic. Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa microwave oven dari berbagai merek ternama untuk dibandingkan kualitasnya. Simak ulasan berikut ini dan jadikan pertimbangan Anda sebelum membeli microwave oven.
    Peralatan dapur
    1.286 Views
  • 10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Dispenser Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Dispenser lumrah kita temui di rumah, kosan maupun perkantoran. Dispenser sangat memudahkan kita dalam menyediakan air minum untuk masak maupun konsumsi. Saat ini sudah tersedia berbagai macam merek dispenser , seperti Unilever, Maspion Uchida dan Polytron yang tidak kalah dengan dispenser merek luar negeri.Bagaimana cara memilih dispenser serta apa yang perlu diperhatikan saat memilih dispenser? Mari ikuti artikel menarik ini yang mengulas tentang cara memilih dispenser serta 10 rekomendasi dispenser terbaik. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik bagi Anda sekeluarga dalam memilih dispenser ya!
    Peralatan dapur
    1.849 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Rice cooker mini menjadi produk yang banyak dicari oleh keluarga kecil maupun orang yang tinggal sendiri. Kini berbagai merek seperti Cosmos, Miyako, atau Sanken mulai mengembangkan rice cooker yang tidak hanya dapat menanak nasi, tetapi juga dapat digunakan untuk menggoreng, merebus telur, hingga membuat kue.Kali ini, kami akan berbagi tentang rekomendasi rice cooker mini terbaik yang dapat Anda pilih berdasarkan fungsi, kapasitas, dan harga. Sebelumnya, kami juga akan menjelaskan beberapa poin tentang bagaimana cara memilih rice cooker mini yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    1.618 Views
  • 10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Slow Juicer Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Slow juicer merupakan peranti elektronik populer pada orang-orang yang menerapkan pola hidup sehat. Slow juicer digunakan untuk membuat jus tanpa campuran air sehingga kandungan gizinya lebih terjaga. Beberapa produsen terkenal seperti Sharp dan Toshiba juga mengeluarkan produk slow juicer. Namun, banyak yang tidak mengetahui produk mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka.Kami akan merekomendasikan produk slow juicer yang bisa Anda pilih berdasarkan perbandingan harga, review pengguna, dan tentu saja kualitas. Fungsinya bisa jadi sama, akan tetapi Anda harus cermat yang mana saja produk yang populer dan mudah digunakan. Simak yuk!
    Peralatan dapur
    1.503 Views
  • 10 Rekomendasi Sandwich Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Sandwich Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Sarapan merupakan salah satu aktivitas penting untuk memulai hari. Sayangnya, orang-orang yang hidup di perkotaan harus rela berangkat lebih awal dari rumah yang mana membuat waktu untuk mempersiapkan makanan paginya berkurang. Banyak dari mereka yang mengakali masalah ini dengan makan roti yang lebih simpel. Kebosanan akan olahan roti yang itu-itu saja bisa diatasi dengan sandwich maker. Kehadiran alat ini mampu mempersingkat waktu pengolahan roti, selain membuat sumber karbohidrat dari gandum tersebut makin kaya akan rasa.Di kesempatan ini, kami akan menjelaskan lebih jauh apa kegunaan sandwich maker hingga bagaimana cara memilih sandwich maker yang sesuai dengan kebutuhan kita. Kami juga akan memberikan rekomendasi sandwich maker yang layak untuk Anda miliki di rumah. Jadi, supaya tidak salah membeli, silahkan menyimak artikel ini sampai habis.
    Peralatan dapur
    141 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori