10 Rekomendasi Tripod Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Tripod Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Kehadiran tripod mini sangat membantu para pencinta fotografi karena portabilitas dan kenyamanannya untuk traveling atau kegiatan outdoor. Tripod mini juga populer bagi mereka yang aktif di media sosial. Kegiatan memotret aneka barang atau hidangan di atas meja akan lebih mudah dan stabil.

Kali ini, kami akan menjelaskan beberapa poin dalam memilih tripod mini. Tak lupa, kami juga akan merekomendasikan produk yang layak dipertimbangkan dari berbagai merek, seperti Joby, Manfrotto, dan Sony. Temukan tripod mini yang cocok untuk Anda agar perjalanan dan kegiatan fotografi terasa lebih menyenangkan!

Daftar isi

Cara memilih tripod mini

Kami akan memperkenalkan poin dasar bagi Anda yang berencana membeli tripod mini untuk pertama kali. Anda harus memperhatikan kapasitas beban, bahan, ketinggian kaki-kaki, serta kepala tripod. Mari temukan tripod mini yang paling sesuai untuk kamera Anda!

Periksa kapasitas beban dan stabilitasnya

Periksa kapasitas beban dan stabilitasnya

Pertama, mari periksa kapasitas beban dari tripod mini dan sesuaikan dengan jenis serta bobot kamera Anda. Jika bobot kamera DSLR lebih besar dari kapasitas beban tripod mini, kamera atau tripod Anda berisiko rusak atau terjatuh. Tentu Anda tidak ingin keduanya menjadi rusak, bukan?

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati bila Anda berencana menggunakan lensa telefoto. Pemasangan lensa telefoto akan mengakibatkan pusat gravitasi lebih condong ke arah lensa. Hal tersebut akan meningkatkan risiko kamera terjatuh akibat berkurangnya keseimbangan. Untuk itu, pilihlah tripod mini dengan kapasitas beban yang mampu menopang bobot kamera beserta lensanya dengan baik.

Pilih yang berbahan aluminium karena ringan dan harganya terjangkau

Pilih yang berbahan aluminium karena ringan dan harganya terjangkau

Ketika akan melakukan perjalanan, Anda pasti ingin mengurangi berat barang bawaan seminimal mungkin dan membuatnya lebih ringan, bukan? Karena portabilitasnya, material yang direkomendasikan ketika memilih tripod mini adalah bahan aluminium yang ringan dan relatif terjangkau. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam mengubah gaya subjek pemotretan saat bepergian atau mendaki gunung.

Perhatikan tinggi minimum dan maksimum kaki-kaki tripod

Perhatikan tinggi minimum dan maksimum kaki-kaki tripod

Foto seperti apa yang ingin Anda ambil dengan tripod mini? Meskipun tripod mini menggunakan kata mini, setiap produk memiliki tinggi minimum dan maksimum yang berbeda-beda. Hal tersebut akan membantu Anda menikmati berbagai gaya pengambilan gambar. Contohnya, pemotretan benda-benda di atas meja, pemotretan sudut rendah, fotografi landscape, dan sebagainya.

Saat bepergian dan kaki-kakinya dilipat, Anda dapat memakai tripod mini layaknya selfie stick untuk membantu pemotretan bunga atau hewan. Untuk pemotretan makanan, hasil kerajinan, serta potret pemandangan sebagai latar foto diri, panjangkan saja kaki tripod hingga ketinggian tertentu. Jadi, pilihlah tripod mini dengan tinggi kaki yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan pengambilan gambar.

Pilih yang memiliki quick release shoe untuk memudahkan pemasangan kamera

Pilih yang memiliki quick release shoe untuk memudahkan pemasangan kamera

Jika tripod mini dilengkapi dengan quick release shoe, Anda bisa lebih dahulu memasangkan shoe-nya pada kamera. Setelahnya, Anda tinggal mengaturnya pada tripod tiap ingin memotret. Tentu sangat tidak nyaman jika Anda membiarkan tripod terpasang pada kamera saat menyimpannya. Sebaliknya, akan merepotkan jika harus meluangkan waktu untuk memasang kamera pada tripod saat berada di tempat wisata yang ramai. Jika Anda sering membawa tripod saat bepergian, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan fitur quick release shoe ini.

Pilih kepala tripod yang mudah diatur

Ada berbagai jenis kepala pada tripod mini, seperti pan headball head, geared head, dan sebagainya. Anda mungkin akan kesulitan untuk memilih yang terbaik karena poin ini tergantung pada preferensi individu. Namun, untuk penggunaan di luar ruangan, kami merekomendasikan ball head dan pan head.

Ball head, ringan dan nyaman untuk dibawa

Ball head, ringan dan nyaman untuk dibawa

Ball head adalah jenis kepala universal serbaguna yang membuat kamera dapat disesuaikan dengan mudah dan mulus, ke atas-bawah dan kanan-kiri. Sangat cocok digunakan untuk pemotretan subjek bergerak hingga pemotretan makro. Ada banyak produk ball head yang ringan dan nyaman untuk dibawa. Jadi, tipe ini kami rekomendasikan bila Anda ingin mengurangi bobot bawaan, seperti saat mendaki gunung atau membawa banyak koper.

Di sisi lain, saat menggunakan tripod mini dengan ball head, kemungkinan hasil foto yang blur dapat terjadi. Hal ini sangat dipengaruhi oleh berat dan keseimbangan kamera, posisi pemasangan, serta faktor lingkungan pemotretan. Bila Anda ingin mendapatkan hasil foto lebih maksimal, silakan memilih tripod mini yang menggunakan pan head.

Pan head, dapat mengatur sudut horizontal dan vertikal secara mendetail

Pan head, dapat mengatur sudut horizontal dan vertikal secara mendetail

Tripod yang menggunakan pan head sangat menarik karena bisa menyesuaikan sudut horizontal dan vertikal secara mendetail. Tripod dengan jenis kepala ini cocok untuk fotografi landscape yang membutuhkan pengaturan komposisi. Kepala tripod jenis ini tersedia dalam dua tipe. Pertama, memiliki dua tuas untuk penyesuaian horizontal dan vertikal (3-way head). Kedua, tipe dengan satu tuas untuk penyesuaian atas-bawah dan kiri-kanan (2-way head). Bila Anda ingin mengambil gambar dengan lensa telefoto, disarankan untuk menggunakan tipe 3-way head. Namun, jika Anda mementingkan portabilitas, direkomendasikan untuk memilih tipe 2-way head.

Tripod dengan jenis pan head memungkinkan penyesuaian sudut dengan tepat dan mendetail. Namun, hal ini mengakibatkan penyesuaian rentang pergerakan jadi lebih terbatas atau mengharuskan Anda mengubah arah kamera. Jika Anda kurang menyukai pengaturan seperti ini, silakan pertimbangkan jenis kepala tripod lainnya.

10 Rekomendasi tripod mini terbaik

Sekarang, kami akan merekomendasikan sepuluh tripod mini terbaik yang sudah kami pilih untuk Anda. Silakan cari produk yang mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan fotografi Anda!

10. Andoer Mini Stand Tripod DT-02

10. Andoer Mini Stand Tripod DT-02

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.060.000

Kemudahan pengambilan gambar dari berbagai sudut!

Kaki-kaki yang dapat diatur dari tripod ini memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dari berbagai sudut berbeda. Terlebih dengan jenis kepala yang dapat berputar 360°, produk ini mampu memberikan sudut pandang panorama. Salah satu pilihan tepat untuk Anda yang suka mengambil foto landscape atau pemandangan alam.

Ukuran saat dilipat 21 cm
Tinggi minimum/maksimum 21 cm / 52 cm
Bahan Aluminium
Berat 942 gr
Kapasitas beban 10 kg
Jenis kepala Ball head

9. Leofoto Compact Carbon Fibre Tripod with Ball Head LS-223C+LH-25

9. Leofoto Compact Carbon Fibre Tripod with Ball Head LS-223C+LH-25

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.400.000

Kaki-kaki karet agar tetap stabil di berbagai jenis permukaan

Penggunaan bahan karet pada kaki-kakinya menjadikan tripod ini sangat stabil saat diletakkan di permukaan lantai yang licin. Jadi, bila Anda sering bertualang ke medan yang tak terduga, produk ini bisa menjadi pilihan! Apalagi produk ini termasuk salah satu tripod teringan sehingga mudah dibawa dan tidak memakan banyak tempat di tas.

Ukuran saat dilipat 27 cm
Tinggi minimum/maksimum 10,5 cm / 38 cm
Bahan Karbon
Berat 72 gr
Kapasitas beban 10 kg
Jenis kepala Ball head

8. Sony Shooting Grip VCT-STG1

8. Sony Shooting Grip VCT-STG1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 999.000

Dilengkapi live-view remote untuk mengontrol kamera dengan satu tangan

Dengan dimensi yang cukup kecil, tripod dari Sony sangat cocok digunakan untuk para pemilik action camera! Kaki-kaki mungil dari tripod ini dapat dipegang secara manual atau dilebarkan sesuai kebutuhan. Anda bisa meletakkannya di atas permukaan suatu bidang untuk menghasilkan gambar yang lebih stabil.

Tripod mini ini juga dilengkapi dengan penampang untuk meletakkan live-view remote sehingga Anda dapat melakukan kontrol kamera dengan satu tangan. Benar-benar pilihan yang tepat untuk melengkapi gear Anda dalam mengabadikan berbagai momen seru!

Ukuran saat dilipat 23 cm
Tinggi minimum/maksimum 23 cm
Bahan Tidak disebutkan
Berat 155 gr
Kapasitas beban Tidak disebutkan
Jenis kepala Pan head

7. MeFOTO RoadTrip Air

7. MeFOTO RoadTrip Air

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.640.000

Dapat diubah menjadi selfie stick juga, lho!

Keunikan dari tripod ini adalah kaki-kakinya dapat dilepas dan dipasang di bagian kolom tengah untuk membentuk selfie stick dengan cepat. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan smartphone holder dan Bluetooth remote sehingga sangat pas untuk Anda yang gemar melakukan selfie.

Meski terlihat ringan, tripod ini sangat kuat dan kokoh karena adanya kucian HyperLock pada kaki-kakinya. Produk ini juga menawarkan beragam warna yang cerah dan menarik sehingga dapat disesuaikan dengan selera Anda! Jika Anda mencari alternatif kado yang personal, produk ini bisa menjadi pertimbangan.

Ukuran saat dilipat 29 cm
Tinggi minimum / maksimum 29 cm / 154,9 cm
Bahan Aluminium
Berat 1.100 gr
Kapasitas beban 6 kg
Jenis kepala Ball head

6. Bexin Mini Tripod 3 Way MS02

6. Bexin Mini Tripod 3 Way MS02

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 174.000

Gambar blur? Tidak akan terjadi lagi berkat adanya center axis!

Siapa bilang produk dengan harga terjangkau tidak bisa memiliki kualitas yang baik? Produk keluaran Bexin ini sudah membuktikannya! Dengan harga ekonomis, Anda akan mendapatkan tripod mini yang bisa diandalkan mengambil gambar maupun video dengan stabil.

Kestabilan produk ini didapatkan dari non-slip mat pada setiap kakinya dan center axis berupa suction cup. Hal ini akan membuat tripod tidak mudah bergeser saat Anda sedang mengubah angle dan sudut kamera. Produk ini sangat pas untuk Anda yang ingin menghindari gambar blur menggunakan tripod tanpa harus menguras kantong!

Ukuran saat dilipat 20 cm
Tinggi minimum / maksimum 18 cm / 27 cm
Bahan Aluminium
Berat 540 gr
Kapasitas beban 4,5 kg
Jenis kepala Ball head

5. Fotopro M4 Mini

5. Fotopro M4 Mini

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.200.000

Fitur video support-nya akan membantu Anda dapatkan gambar lebih stabil

Tripod ini memiliki stabilitas tinggi karena memiliki fitur video support yang dapat mengurangi guncangan saat memotret. Sangat cocok untuk Anda yang menginginkan hasil foto tampak profesional, bukan? Selain itu, produk ini juga dapat digunakan untuk menopang kamera agar tidak jatuh saat dalam kondisi pemotretan satu tangan.

Ukuran saat dilipat 17,5 cm
Tinggi minimum/maksimum 12 cm / 45 cm
Bahan Aluminium
Berat 670 gr
Kapasitas beban 3 kg
Jenis kepala Ball head

4. ZOMEi Tabletop Tripod Q100

4. ZOMEi Tabletop Tripod Q100

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 225.000

Bisa digunakan pada berbagai alat, pengganti tripod profesional Anda!

Produk yang satu ini dapat dipasangkan pada kamera digital, DSLR, camcoder, smartphone, dan berbagai perangkat lainnya. Jika Anda mencari alternatif pengganti tripod profesional agar lebih ringan dan compact, produk ini layak untuk dipertimbangkan.

Produk ini memiliki kepala tripod tipe 3-way head yang memungkinkan pengaturan sudut presisi sesuai yang diinginkan. Selain dilengkapi dengan quick release shoe, tripod ini juga memiliki fitur crank-handle. Anda pun dimungkinkan untuk mengatur panjang leher tripod dengan cepat dan akurat.

Ukuran saat dilipat 30 cm
Tinggi minimum/maksimum 31,5 cm / 53 cm
Bahan Aluminium
Berat Tidak disebutkan
Kapasitas beban 3 kg
Jenis kepala Pan head

3. Selens Aluminium Travel Tripod T-170

3. Selens Aluminium Travel Tripod T-170

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.200.000

Satu produk untuk berbagai jenis kegiatan fotografi

Bagi pemula yang ingin mendalami fotografi, tripod ini merupakan investasi yang tepat! Produk ini dapat digunakan pada semua jenis kamera dan sangat cocok digunakan untuk berbagai kegiatan, baik indoor maupun outdoor. Selain itu, tripod yang sudah memiliki quick release shoe ini juga dapat diubah menjadi monopod, lho. Jadi makin praktis digunakan!

Ukuran saat dilipat 32 cm
Tinggi minimum/maksimum 37 cm / 150 cm
Bahan Aluminium
Berat 1.200 gr
Kapasitas beban 6 kg
Jenis kepala Ball head

2. Manfrotto PIXI EVO 2-Section Mini Tripod

2. Manfrotto PIXI EVO 2-Section Mini Tripod

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 770.000

Tetap stabil meski di permukaan tanah yang tidak rata

Meski desainnya terlihat seperti tripod mini yang tidak bisa ditinggikan, ternyata kaki-kaki produk ini dapat diatur sesuai selera hanya dalam lima langkah! Kaki-kakinya juga memberikan stabilitas secara cepat saat berada di tanah yang tidak merata. Pilihan tepat bagi Anda yang suka menangkap objek bergerak dan harus cepat dalam mengambil foto.

Ukuran saat dilipat 20,5 cm
Tinggi minimum / maksimum 10,5 cm / 20 cm
Bahan Aluminium
Berat 260 gr
Kapasitas beban 2,5 kg
Jenis kepala Ball head

1. Joby GorillaPod 3K

1. Joby GorillaPod 3K

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.255.500

Fleksibel dan kuat menopang kamera di hampir semua jenis permukaan!

Tripod ini didesain dengan bodi yang kuat dan kaki-kaki fleksibel dengan ring karet. Hasilnya, produk ini mampu memberikan genggaman dan cengkeraman yang kuat. Dengan begitu, produk ini memiliki stabilitas tinggi sehingga mampu menopang kamera di medan yang sulit, seperti dahan pohon, pegangan besi, dan lainya.

Jika Anda termasuk aktif berkegiatan terutama di luar ruangan, produk satu ini adalah pilihan yang tidak boleh dilewatkant! GorillaPod ini juga dilengkapi quick release shoe yang memudahkan pengaturan kamera. Pastinya sangat bisa diandalkan untuk mengeksplorasi berbagai gaya fotografi yang Anda inginkan!

Ukuran saat dilipat 30,5 cm
Tinggi minimum / maksimum 30,5 cm
Bahan ABS (akrilonitril butadiena stiren), stainless steel, TPE (thermoplastic elastomers), aluminium
Berat 393 gr
Kapasitas beban 3 kg
Jenis kepala Ball head

Baca juga rekomendasi jenis tripod lainnya di sini

Jika merasa tripod mini dirasa belum cukup memenuhi kebutuhan fotografi Anda, silakan mengecek artikel kami di bawah ini. Karena selain tripod mini, ada juga jenis perangkat lain seperti tripod biasa dan camera stabilizer. Kedua benda ini akan membantu Anda dalam menghasilkan foto yang indah!

Kesimpulan

Di era digital saat ini, kehadiran tripod mini tentu sangat membantu dalam mengabadikan setiap momen berharga Anda. Dengan memilih tripod mini yang sesuai dengan gaya dan subjek pemotretan, Anda bisa mendapatkan hasil foto yang lebih maksimal layaknya fotografer profesional!

Nah, bagaimana artikel dan rekomendasi produk tripod mini kami kali ini? Semoga Anda segera menemukan tripod mini yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!