10 Rekomendasi Tripod Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Tripod Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kehadiran tripod mini sangat membantu para pecinta fotografi karena portabilitas dan kenyamanannya untuk traveling atau kegiatan outdoor. Tripod mini juga populer bagi mereka yang aktif di social media karena bisa membantu saat memotret aneka barang atau hidangan di atas meja. Dengan banyaknya merek tripod mini, tentu sangat membingungkan bagi yang ingin membelinya untuk pertama kali.

Kali ini, kami akan menjelaskan beberapa poin dalam memilih tripod mini dan merekomendasikan beberapa produk yang layak dipertimbangkan seperti Joby, Manfrotto, RetiCAM, dan lainnya. Temukan tripod mini yang mudah digunakan dan cocok untuk Anda sehingga perjalanan akan lebih nyaman dan fotografi terasa lebih menyenangkan!

Cara memilih tripod mini

Kami akan memperkenalkan empat poin dasar bagi Anda yang berencana membeli tripod mini untuk pertama kali. Empat poin tersebut adalah kapasitas beban, bobot tripod, kaki-kaki, dan pan head. Mari temukan tripod mini yang paling sesuai untuk kamera Anda!

Periksa kapasitas beban dan stabilitasnya

Periksa kapasitas beban dan stabilitasnya

Pertama-tama, mari periksa kapasitas beban dari suatu tripod mini dan sesuaikan dengan jenis serta bobot kamera Anda. Jika Anda memasang kamera DSLR yang memiliki beban lebih besar dari kapasitas beban tripod mini, ada kemungkinan kamera dan tripod mini akan terjatuh dan rusak.

Selain itu, Anda yang berencana menggunakan lensa telefoto pada kamera yang dipasangkan pada tripod mini juga harus memperhatikan hal ini. Pemasangan lensa telefoto akan mengakibatkan pusat gravitasi lebih condong ke arah lensa sehingga risiko kamera terjatuh akan meningkat akibat berkurangnya keseimbangan. Untuk itu, pilihlah tripod mini dengan kapasitas beban yang mampu menopang bobot kamera Anda beserta lensanya dengan baik.

Bahan aluminium: ringan dan harganya murah

Bahan aluminium: ringan dan harganya murah

Ketika akan melakukan perjalanan, Anda pasti ingin mengurangi berat barang bawaan seminimal mungkin dan membuatnya lebih ringan, bukan? Karena portabilitasnya, material yang direkomendasikan ketika memilih tripod mini adalah bahan aluminium yang ringan dan relatif tidak mahal. Jadi, silakan memilih tripod mini berbahan aluminium agar Anda bisa lebih menikmati perjalanan, lebih mudah mengubah gaya subjek pemotretan, dan tetap bisa melakukan petualangan seperti mendaki, memanjat, dan lainnya dengan nyaman.

Perhatikan tinggi minimum dan maksimum kaki-kaki tripod

Perhatikan tinggi minimum dan maksimum kaki-kaki tripod

Foto seperti apa yang ingin Anda ambil dengan tripod mini? Meskipun tripod mini menggunakan kata mini, setiap produk memiliki tinggi minimum dan maksimum yang berbeda. Hal tersebut akan membantu Anda menikmati berbagai gaya pengambilan gambar seperti pemotretan benda-benda di atas meja, pemotretan sudut rendah, fotografi landscape, dan lainnya.

Saat kaki-kakinya dilipat, Anda dapat menggunakan tripod mini seperti selfie stick untuk membantu pemotretan bunga atau hewan. Sedangkan untuk pemotretan makanan dan hasil kerajinan di atas meja, serta pemotretan pemandangan sebagai latar foto diri selama dalam perjalanan, Anda membutuhkan kaki tripod yang bisa dipanjangkan hingga ketinggian tertentu. Jadi, pilihlah tripod mini dengan tinggi kaki yang dapat digunakan untuk mengimbangi berbagai kebutuhan pengambilan gambar.

Pilih yang memiliki quick release shoe untuk memudahkan pemasangan kamera

Pilih yang memiliki quick release shoe untuk memudahkan pemasangan kamera

Jika produk tripod mini Anda dilengkapi dengan quick release shoe, Anda bisa terlebih dahulu memasangkan shoe-nya pada kamera dan tinggal mengaturnya pada tripod tiap kali ingin melakukan pemotretan. Hal ini akan membantu Anda memudahkan dan menghemat waktu pemasangan kamera pada tripod.

Tentu sangat tidak nyaman jika Anda membiarkan tripod terpasang pada kamera saat menyimpannya, dan cukup merepotkan jika harus meluangkan waktu tertentu untuk memasang kamera pada tripod saat berada di tempat wisata yang ramai. Untuk Anda yang sering membawa tripod saat bepergian, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan fitur quick release shoe ini.

Pilih kepala tripod yang mudah diatur

Ada berbagai jenis kepala pada tripod mini, seperti pan head yang harus diatur secara manual, atau ball head yang bisa digunakan dengan lebih fleksibel, geared head, dan sebagainya. Anda akan kesulitan untuk memilih yang terbaik untuk tripod mini karena poin ini tergantung pada preferensi individu. Namun, untuk penggunaan di luar ruangan, kami merekomendasikan ball head dan pan head.

Ball head, portabel dan ringan

Ball head, portabel dan ringan

Ball head adalah jenis kepala universal serbaguna di mana kamera tetap dapat disesuaikan dengan mudah dan mulus, ke atas-bawah, kanan-kiri sehingga dapat digunakan untuk pemotretan subjek bergerak hingga pemotretan makro. Ada banyak produk ball head dengan spesifikasi ringan dan nyaman dibawa. Jika Anda sering berkegiatan seperti mendaki gunung atau bepergian dengan membawa banyak koper, Anda dapat memilih jenis kepala ini untuk memaksimalkan keunggulan dari segi bobotnya yang ringan.

Akan tetapi, saat menggunakan tripod mini dengan ball head, kemungkinan hasil foto yang blur dapat terjadi bergantung pada berat dan keseimbangan kamera, posisi pemasangan, serta faktor lingkungan pemotretan. Jadi, untuk Anda yang ingin mendapatkan hasil foto yang maksimal, Anda bisa memilih tripod mini yang menggunakan pan head.

Pan head, untuk pengaturan sudut horizontal dan vertikal yang mendetail

Pan head, untuk pengaturan sudut horizontal dan vertikal yang mendetail

Tripod yang menggunakan pan head menjadi pilihan karena Anda bisa menyesuaikan sudut secara horizontal dan vertikal secara mendetail. Tripod dengan jenis kepala ini direkomendasikan bagi fotografi landscape atau pemandangan di mana dibutuhkan pengaturan komposisi untuk mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Kepala tripod jenis ini tersedia dalam tipe yang memiliki dua tuas untuk penyesuaian horizontal dan vertikal (3-way head), serta tipe dengan satu tuas untuk penyesuaian atas-bawah dan kiri-kanan (2-way head). Bagi Anda yang mengambil gambar menggunakan lensa telefoto, disarankan untuk menggunakan tipe 3-way head. Sedangkan untuk Anda yang mementingkan portabilitas, direkomendasikan untuk memilih tipe 2-way head.

Tripod dengan jenis pand head memungkinkan penyesuaian sudut dengan tepat dan mendetail. Akan tetapi, hal ini mengakibatkan penyesuaian rentang pergerakan yang terbatas atau mengharuskan Anda mengubah arah kamera. Jika Anda kurang menyukai pengaturan seperti ini, silakan pertimbangkan jenis kepala tripod lainnya.

10 Rekomendasi tripod mini terbaik

Sekarang, kami akan merekomendasikan 10 tripod mini terbaik yang telah kami pertimbangkan berdasarkan cost & performance-nya. Silakan mencari produk yang mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan fotografi Anda!

10. Neewer Portable Compact Desktop Macro Mini Tripod

10. Neewer Portable Compact Desktop Macro Mini Tripod

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.131.000

Untuk kemudahan pengambilan gambar dari berbagai sudut!

Kaki-kaki yang dapat diatur dari Neewer 50 Portable Mini Tripod ini memiliki tinggi mulai dari 23 cm hingga 50 cm, memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dari berbagai sudut berbeda. Anda juga dapat menjadikannya sebagai pegangan stabilizer saat kaki-kakinya dilipat sehingga Anda dapat mengambil gambar dengan guncangan yang lebih minim.

Tripod mini ini memiliki bodi yang terbuat dari aluminium yang kuat dan stabil, serta dilengkapi bantalan antiselip pada kakinya untuk memastikan tripod berdiri dengan kokoh. Selain itu, dengan jenis kepala yang dapat berputar 360°, produk ini mampu memberikan sudut pandang panorama, cocok untuk Anda yang suka mengambil foto landscape atau pemandangan alam.

9. Beaspire Portable Camera Tripod

9. Beaspire Portable Camera Tripod

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.316.000

Pengamanan ganda pada ball head mengurangi risiko kamera jatuh

Beaspire Portable Camera Tripod merupakan salah satu tripod mini yang terbuat dari bahan magnesium alloy dan plastik ABS yang ringan, ramah lingkungan, dengan kualitas terpercaya. Dengan bantuan tripod mini berbobot kurang dari 1 kg yang praktis dan ringkas ini, Anda bisa segera memulai petualangan fotografi Anda!

Selain itu, tripod mini dari Beaspire ini didesain dengan tinggi minimum sekitar 24 cm sehingga cocok untuk membantu pemotretan makro profesional dan pengambilan gambar di atas meja. Tripod mini ini juga memiliki ball head yang dilengkapi klip pengaman sehingga memberikan pengamanan ganda pada kamera, bahkan untuk DSLR sekalipun!

8. Sony Shooting Grip VCT-STG1

8. Sony Shooting Grip VCT-STG1

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 999.000

Anda pemilik action camera? Wajib memiliki tripod yang satu ini!

Dengan dimensi yang cukup kecil, yaitu hanya berkisar 70 x 192 x 55 mm, Sony Shooting Grip VCT-STG1 sangat cocok digunakan untuk action camera! Kaki-kaki mungil dari tripod mini ini dapat Anda pegang secara manual atau dilebarkan sehingga bisa diletakkan di atas permukaan suatu bidang untuk menghasilkan gambar yang lebih stabil.

Tripod mini dari Sony ini juga dilengkapi dengan penampang untuk meletakkan live-view remote yang dijual secara terpisah sehingga Anda dapat melakukan kontrol kamera dengan satu tangan. Hanya dengan berat 155 gram, tripod mini ini ringkas, ringan, dan mudah dibawa-bawa. Benar-benar pilihan yang tepat untuk melengkapi gear Anda dalam mengabadikan berbagai momen seru!

7. MeFOTO Roadtrip Classic Aluminium

7. MeFOTO Roadtrip Classic Aluminium

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.293.200

Tripod mini yang dapat diubah menjadi monopod!

Keunikan dari MeFOTO Roadtrip Classic ini adalah kaki-kakinya dapat dilepas dan dipasang di bagian kolom tengah untuk membentuk monopod. Selain itu, kaki-kaki tripod mini ini juga dapat dilipat 180° ke atas sehingga menjadikannya lebih ringkas dan praktis untuk dibawa menemani perjalanan Anda.

Meskipun ukurannya cukup mini dengan berat kurang dari 2 kilogram, tripod dari MeFOTO ini bisa dipasangkan pada kamera mirrorless maupun DSLR dengan lensa zoom hingga bobot maksimal 8 kg! Desain kaki antirotasi yang dikombinasikan dengan grip pengunci karet, membuat kaki tripod mini ini dapat diatur dengan cepat dan stabil untuk memastikan hasil foto yang tidak goyang.

6. Fugetek Premium Mini Tripod

6. Fugetek Premium Mini Tripod

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 555.000

Maksimalkan hasil foto smartphone Anda dengan tripod mini ini!

Fugetek Prmium Mini Tripod merupakan tripod mini dengan berat 113 gram yang sangat portable sehingga cocok untuk traveling dan kegiatan outdoor lain. Tripod mini ini dapat dipasangkan pada GoPro, compact camera, dan kamera DSLR yang tidak terlalu berat. Desain antiselip pada kaki-kaki tripod mini ini mampu menyeimbangkan dan menjaga keamanan kamera Anda.

Produk ini juga memiliki smartphone mount adapter khusus sehingga smartphone Anda bisa terpasang dengan sempurna dan tidak goyang untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal! Kepala tripod tipe ball head-nya yang dapat berputar bebas juga akan memudahkan Anda menyesuaikan posisi kamera saat mengambil gambar dari berbagai sudut yang diinginkan, terutama untuk pemotretan sudut rendah.

5. RetiCAM Tabletop Tripod MT-01

5. RetiCAM Tabletop Tripod MT-01

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.070.000

Tinggalkan tripod profesional Anda dan gunakan produk ini sebagai gantinya!

Meski termasuk dalam kategori tripod mini, RetiCAM Tabletop Tripod MT-01 ini dirancang seperti tripod profesional dengan berbagai fitur lengkap! Produk ini menggunakan kepala tripod tipe 3-way pan head yang memungkinkan pengaturan sudut presisi sesuai yang diinginkan, dilengkapi quick release shoe, dan built-in bubble level untuk memastikan kamera terpasang pada posisi horizontal yang pas.

Dengan tinggi minimum 25 cm dan maksimal 48 cm, tripod ini lebih cocok digunakan untuk pengaturan kamera di atas meja untuk pemotretan barang atau hidangan. Kapasitas bebannya adalah hingga sekitar 2,2 kg sehingga tripod ini dapat dipasangkan pada kamera digital, DSLR, camcoder, smartphone, dan berbagai perangkat lainnya.

4. Selens SE Tmini

4. Selens SE Tmini

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 712.000

Ringan, mini, dan kokoh di berbagai medan!

Dengan berat sekitar 800 gram dan tinggi 18 cm saat dilipat tripod mini ini 25% lebih kecil dibanding tripod mini biasa sehingga akan lebih ringkas untuk disimpan di dalam tas dan tidak banyak menambah beban ketika dibawa dalam perjalanan. Bentuknya yang fleksibel, permukaannya yang tahan air, serta kaki karetnya yang antiselip, menjadikan tripod ini stabil dan kuat digunakan di berbagai medan.

Quick release shoe pada tripod ini juga dilengkapi dengan protective pad untuk memastikan posisi kamera tidak bergeser selama proses pemotretan sehingga mampu mencegah agar foto tidak blur. Dengan ball head yang bisa berputar hingga 360°, produk ini sangat cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan hasil foto dengan efek lensa ultra-wide angle.

3. Manfrotto PIXI Mini Tripod Red

3. Manfrotto PIXI Mini Tripod Red

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 499.000

Tombol push untuk pengaturan head dengan cepat!

Dengan kepala ulir sekrup yang universal dan kapasitas beban maksimal 1 kg, Manfrotto PIXI Mini Tripod Red ini dirancang untuk digunakan pada compact system camera. Produk ini sangat cocok dibawa berpergian karena ringan dan portabel, tetapi juga kokoh. Kaki karet pada tripod mini ini menjamin pondasi yang kuat dan antiselip pada permukaan apa pun!

Tripod mini dari Manfrotto ini dilengkapi dengan tombol push yang mudah digunakan dan memungkinkan Anda untuk mengatur dan mengunci pengaturan ball head dengan cepat. Anda juga dapat mengatur sudut pemotretan dengan presisi yang tinggi sesuai yang diinginkan sehingga gambar atau video yang Anda ambil pun akan terlihat lebih profesional.

2. Pedco Ultrapod II Lightweight Camera Tripod

2. Pedco Ultrapod II Lightweight Camera Tripod

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 842.000

Super ringan dengan berbagai fitur pendukung yang lengkap!

Pedco Ultrapod II Lightweight Camera Tripod memiliki fitur unik dengan tali cengkeraman yang kuat dari velcro untuk mengamankan tripod mini saat diikatkan pada dahan pohon, pagar, bingkai, atau lainnya. Meskipun bentuknya sangat mini, Anda dapat memasangkan kamera DSLR, teropong, dan camcoder dengan berat maksimal 2,7 kg pada tripod ini!

Dengan berat hanya 119 gram dan panjang sekitar 18 cm saat dilipat, tripod ini sangat cocok untuk mengabadikan berbagai momen penting dalam perjalanan Anda! Produk ini memiliki kepala tipe ball head yang fleksibel dan kaki tripod yang terbuat dari bahan vinil antiselip, memungkinkan Anda memasang kamera dengan berbagai sudut arah yang diinginkan.

1. Joby GorillaPod 3K

1. Joby GorillaPod 3K

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.275.000

Fleksibel dan kuat menopang kamera di hampir semua jenis permukaan!

Joby GorillaPod 3K didesain dengan bodi yang kuat dan kaki-kaki yang fleksibel dengan ring karet yang memberikan genggaman kuat dan stabilitas tinggi sehingga mampu menopang kamera di medan yang sulit sekalipun. Untuk Anda yang suka bertualang ke alam bebas, produk yang satu ini adalah pilihan yang paling tepat!

Tripod mini ini dirancang mampu menahan bobot hingga 3 kg sehingga bisa dipasangkan untuk kamera DSLR, camcorder, mirrorless, pro DSLR, bahkan untuk berbagai perangkat fotografi lainnya, seperti flash, LED, atau microphone. GorillaPod ini memiliki ball head yang presisi dan juga dilengkapi quick release shoe yang memudahkan pengaturan kamera, sangat cocok digunakan untuk mengeksplorasi berbagai gaya fotografi yang diinginkan.

Kesimpulan

Di era digital saat ini, kehadiran tripod mini tentu sangat membantu dalam mengabadikan setiap momen berharga Anda. Dengan memilih tripod mini yang sesuai dengan gaya dan subjek pemotretan, Anda bisa mendapatkan hasil foto yang lebih maksimal layaknya fotografer profesional!

Nah, bagaimana artikel dan rekomendasi produk tripod mini kami kali ini? Semoga Anda segera menemukan tripod mini yang paling sesuai dengan Anda, ya!