1. TOP
  2. >
  3. Kamera
  4. >
  5. Aksesori kamera
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tripod Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tripod Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tripod Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tripod Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tripod Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tripod Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tripod Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Tripod mini memudahkan Anda membuat konten vlog di rumah atau dokumentasi saat traveling. Tidak hanya untuk kamera DSLR, produknya juga digunakan untuk HP. Tripod kecil yang murah dan berkualitas bahkan sudah banyak beredar di pasaran, lho.


Kali ini kami akan membagikan rekomendasi tripod mini terbaik. Anda bisa menemukan banyak merek tripod mini yang bagus, seperti Yunteng, Xiaomi, dan Fotopro. Jenis yang ditawarkan pun bervariasi, seperti tripod mini spider dan gorilla pod (octopus). Kami akan membagikan cara memilih tripod mini lebih dahulu di bawah ini. Selamat membaca!

Diperbaharui 12-13-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa kegunaan tripod mini?

Apa kegunaan tripod mini?

Tripod mini memiliki fungsi yang sama dengan tripod konvensional, yakni sebagai penyangga kamera. Namun, tripod mini memiliki bentuk yang lebih kecil dan bobotnya lebih ringan. Tinggi maksimal tripod mini juga lebih pendek dari tripod konvensional.


Tripod mini pun berbeda dengan monopod. Anda bisa menaruh kamera di tripod mini kemudian melepasnya untuk merekam diri Anda di depan kamera. Sementara itu, monopod hanya berfungsi sebagai penyangga kamera agar stabil. Monopod masih perlu dipegang dengan tangan agar tidak jatuh.


Ukuran yang kecil dan tinggi yang terbatas membuat penggunaan tripod mini sedikit berbeda. Tripod mini biasanya ditaruh di atas meja untuk membuat konten home vlog. Tripod mini juga dapat digunakan untuk perekaman atau pemotretan dengan angle makro serta kebutuhan traveling.

Cara memilih tripod mini

Sebelum memilih, Anda harus memperhatikan kapasitas beban, bahan, ketinggian kaki-kaki, serta kepala dari tripod mini. Mari temukan tripod mini yang paling sesuai untuk kamera Anda dengan memahami tips memilihnya lebih dahulu.

① Tentukan jenis tripod yang sesuai dengan kebutuhan

Pilihlah tipe tripod mini yang sesuai dengan kebutuhan perekaman Anda. Ada tipe table top dan tipe travel yang punya karakteristik masing-masing. Berikut pembahasannya.

Table top, makin mudah membuat home vlog

Table top, makin mudah membuat home vlog

Sesuai dengan namanya, table top adalah tipe tripod mini yang penggunaannya diletakkan di atas meja. Karena diletakkan di atas meja, tipe tripod ini memiliki tinggi yang lebih terbatas dan ukuran yang lebih kecil.


Tipe tripod ini biasa digunakan untuk Anda yang membuat vlog di depan meja. Ukurannya yang kecil dan pendek juga memungkinkan Anda merekam objek dalam mode makro.

Travel, lebih tinggi untuk dokumentasi saat traveling

Travel, lebih tinggi untuk dokumentasi saat traveling

Jika Anda ingin mendokumentasikan momen-momen saat traveling, pertimbangkan tripod mini tipe travel. Jenis tripod ini mengutamakan kemudahannya untuk dibawa. Tak heran jika tripod ini memiliki ukuran yang lebih compact dan bobot yang ringan. Anda tidak akan kerepotan meski harus membawanya dalam perjalanan jauh.


Tripod travel memiliki penyesuaian tinggi yang lebih panjang sehingga memudahkan Anda merekam dengan posisi eye level. Jadi, hasil tangkapan kamera bisa mewakili penglihatan mata Anda saat menikmati perjalanan. Tripod travel juga memiliki kaki yang kukuh sehingga lebih stabil meski terkena angin.

② Pilih tripod yang kompatibel dengan perangkat Anda

Pilih tripod yang kompatibel dengan perangkat Anda
Sumber: leofoto.com

Mengingat ada banyak jenis alat merekam, pastikan tripod mini kompatibel dengan perangkat Anda. Beberapa alat merekam yang sering digunakan adalah smartphone, kamera mirrorless, kamera DSLR, dan action cam. Ada tripod yang kompatibel untuk action cam saja dan ada juga yang kompatibel dengan semua perangkat.


Anda pun bisa memeriksa kompatibilitas tripod dari beban maksimalnya. Makin besar beban maksimal tripod, makin besar dan berat juga jenis kamera yang dapat digunakan. Hal ini perlu diperiksa jika Anda menggunakan kamera DSLR. Pilihlah tripod dengan beban maksimal dua kali lebih berat dari kamera Anda. Dengan begitu, tripod akan tetap stabil dan risiko jatuh bisa diminimalkan.

③ Ketahui tinggi maksimal dari tripod mini

Ketahui tinggi maksimal dari tripod mini
Meskipun tripod mini menggunakan kata "mini", setiap produk memiliki tinggi minimum dan maksimum yang berbeda-beda. Hal tersebut akan membantu Anda menikmati berbagai gaya pengambilan gambar. Pemotretan benda-benda di atas meja, pemotretan sudut rendah, hingga fotografi landscape butuh spesifikasi yang berbeda.

Saat bepergian dan kaki-kakinya dilipat, Anda dapat memakai tripod mini layaknya selfie stick untuk membantu pemotretan bunga atau hewan. Panjangkan saja kaki tripod hingga ketinggian tertentu untuk pemotretan makanan, hasil kerajinan, serta potret pemandangan sebagai latar foto diri. Jadi, pilihlah tripod mini dengan tinggi kaki yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan pengambilan gambar.

④ Pertimbangkan tripod dengan tipe head yang mudah Anda gunakan

Tipe head memengaruhi apakah posisi kepala tripod mudah diarahkan atau tidak. Hal ini menyebabkan hasil jepretan Anda bisa berbeda. Maka dari itu, pilihlah tripod dengan tipe head yang cocok dengan kebutuhan, ya!

Ball head, mengatur sudut jadi lebih smooth

Ball head, mengatur sudut jadi lebih smooth

Tripod dengan ball head memiliki keunggulan lebih luwes sehingga pemosisian angle kamera jadi lebih mudah. Pengaturan posisi kamera akan lebih fleksibel karena bisa ke atas-bawah dan kanan-kiri.


Penggunaan tripod tipe ini juga lebih simpel. Produknya cocok digunakan untuk para pemula yang pertama kali memiliki tripod. Tripod dengan ball head umumnya berbentuk simpel dan tidak terlalu besar sehingga praktis dikemas dan dibawa.

Pan head, mudah merekam dengan kamera bergerak

Pan head, mudah merekam dengan kamera bergerak

Tripod dengan pan head bisa menyesuaikan sudut horizontal dan vertikal secara mendetail. Tipe tripod ini cocok untuk fotografi yang membutuhkan pengaturan komposisi, seperti fotografi landscape, still life, dan arsitektur.


Karena digunakan agar dapat mengatur posisi kamera yang presisi, Anda perlu mengetahui komposisi tangkapan kamera dengan baik. Tipe tripod ini lebih cocok digunakan untuk fotografer dengan kemampuan tingkat menengah ke atas.

⑤ Cek kualitas material dari tripod mini

Ada dua jenis material yang digunakan pada tripod, yakni ABS dan aluminium. Tiap-tiap jenis material ini memiliki karakteristik dan kekukuhannya masing-masing. Mari cari tahu lebih lanjut!

ABS, bobotnya lebih ringan sehingga praktis dibawa

ABS, bobotnya lebih ringan sehingga praktis dibawa
Sumber: ulanzi.com

ABS (acrylonitrile butadiene styrene) sering dikenal juga dengan plastik ABS. Material ini ringan sehingga tidak berat saat dibawa. Di sisi lain, material ini cukup kaku dan memiliki risiko pecah saat terkena benturan yang keras. Saat Anda menggunakan tripod untuk kegiatan outdoor, pastikan Anda ekstra hati-hati membawanya.

Aluminium, konstruksinya lebih kukuh dan tahan lama

Aluminium, konstruksinya lebih kukuh dan tahan lama
Sumber: leofoto.com

Aluminium memiliki tingkat ketahanan yang baik sehingga bisa dibilang lebih aman saat jatuh atau terkena benturan. Harga tripod yang terbuat dari aluminium pun masih terjangkau. Di sisi lain, tipe tripod ini memiliki bobot yang lebih berat sehingga cukup menyulitkan saat dibawa. Produknya kurang cocok dibawa bepergian untuk melakukan aktivitas outdoor ekstrem, seperti mendaki atau trekking.

⑥ Periksa fitur lain untuk kemudahan pemakaian

Periksa fitur lain untuk kemudahan pemakaian
Sumber: store.mi.com
Beberapa tripod mini dilengkapi fitur khusus untuk kenyamanan penggunaannya, seperti selfie stick, shutter remote, dan quick release shoeKarena memiliki kegunaan yang berbeda, Anda bisa memanfaatkan fiturnya untuk kebutuhan pemotretan Anda. Mari cek satu per satu!


  • Selfie stick

Tripod tipe ini biasanya memiliki bentuk yang ramping dengan bagian badan yang bisa dipanjangkan. Berkat adanya fitur selfie stick, area yang dapat masuk di lensa kamera saat melakukan swafoto jadi lebih luas. Sayangnya produk dengan tipe ini biasanya tidak kompatibel dengan kamera besar.


  • Shutter remote 

Shutter remote berfungsi sebagai kendali jarak jauh. Anda bisa memotret tanpa harus menekan tombol shutter di kamera atau smartphone. Fitur ini memudahkan Anda memotret dengan jarak yang cukup jauh dari posisi kamera. Shutter remote juga dapat digunakan saat melakukan foto selfie sehingga tidak harus mengandalkan timer.


  • Quick release shoe 

Shoe merupakan alat untuk menyambungkan tripod dengan kamera. Tripod dengan quick release shoe memungkinkan Anda meletakkan kamera ke tripod lebih cepat. Anda bisa memasangkan shoe terlebih dahulu ke kamera, kemudian langsung mengaturnya saat akan dipakai. Waktu pemasangan kamera ke tripod jadi lebih cepat.

10 Rekomendasi tripod mini terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tripod mini terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Yunteng

Tripod

Yunteng Tripod 1枚目

Tripod mini yang budget-friendly untuk berlatih fotografi

2

Xiaomi

Mi Selfie Stick Tripod

Xiaomi Mi Selfie Stick Tripod  1枚目

Ringan dan praktis untuk membuat vlog seorang diri

3

Takara

Rover 50 Light Weight Traveller Tripod

Takara Rover 50 Light Weight Traveller Tripod 1枚目

Kualitas mid-end yang masih affordable

4

Ulanzi

Extendable Vlog Tripod

Ulanzi  Extendable Vlog Tripod 1枚目

Tripod yang multifungsi untuk berbagai kebutuhan!

5

KingMa

Multi-functional Tripod

KingMa  Multi-functional Tripod  1枚目

Mampu menopang kamera besar meski berukuran mini

6

INBEX

T4 Gorilla Octopus Tripod

INBEX T4 Gorilla Octopus Tripod 1枚目

Octopus tripod yang dapat diletakkan di mana saja

7

SIRUI

Mini Tripod

SIRUI  Mini Tripod 1枚目

Tripod premium yang menghadirkan banyak fitur menarik

8

Insta360

Mini 2-in-1 Tripod

Insta360 Mini 2-in-1 Tripod 1枚目

Didesain khusus untuk merekam dengan kamera 360

9

Manfrotto

Element Traveller Tripod Small with Ball Head

Manfrotto Element Traveller Tripod Small with Ball Head 1枚目

Simpel, compact, dan fungsional untuk traveler

10

Leofoto

MT-03

Leofoto MT-03 1枚目

Ada lubang khusus untuk tempat aksesori kamera lain

Perincian produk
Close
No.1

Tripod mini yang budget-friendly untuk berlatih fotografi

Kelebihan:

  • Kompatibilitas tinggi, dapat dipasangkan dengan kamera DSLR
  • Mudah dibawa dengan bentuk yang ramping dan bobot yang ringan

Kekurangan:

  • Pengait tripod rentan patah, Anda harus ekstra hati-hati menggunakannya

Apakah Anda seorang pemula yang sedang belajar fotografi dan mencari tripod mini dengan harga terjangkau? Kalau begitu, kami merekomendasikan produk ini. Tripod mini Yunteng ini memiliki harga yang ekonomis sehingga Anda tidak perlu menyiapkan bujet besar untuk memilikinya.


Tripod ini kompatibel dengan banyak perangkat untuk memotret, termasuk kamera DSLR. Tinggi maksimumnya juga mumpuni untuk belajar dunia fotografi. Tidak lupa juga dengan fitur anti-slip rubber pada kakinya yang membuat produk ini tetap stabil di berbagai jenis permukaan.

No.2

XiaomiMi Selfie Stick Tripod

Mulai dari Rp299.000,00

Ringan dan praktis untuk membuat vlog seorang diri

Kelebihan:

  • Desainnya mewah dan elegan
  • Sudah termasuk remote shutter


Kekurangan:

  • Kompatibilitasnya terbatas untuk perangkat yang kecil dan ringan

Xiaomi Mi Selfie Stick Tripod menjadi jawaban bagi Anda yang mencari rekomendasi tripod HP untuk membuat vlog sendiri. Tripod mini Xiaomi ini memiliki bobot yang ringan dengan gagang ergonomis.


Meletakkan produk ini di atas meja atau membawanya dengan satu tangan masih terasa ringan dan tidak merepotkan. Tripod mini HP ini juga sudah dilengkapi remote shutter sehingga Anda bisa memotret dan merekam sendiri dari jarak jauh.

No.3

TakaraRover 50 Light Weight Traveller Tripod

Mulai dari Rp292.000,00

Kualitas mid-end yang masih affordable

Kelebihan:

  • Head tripod bisa dibalik untuk memotret mode flat lay
  • Compact dan ringan, tidak makan banyak tempat

Kekurangan:

  • Proses pemasangan kameranya cukup rumit, perlu waktu agar terbiasa

Jika Anda mencari rekomendasi tripod mini kelas menengah dengan harga yang terjangkau, kami menyarankan produk ini. Takara Rover 50 termasuk tripod jenis lightweight dan compact dengan harga yang ramah di kantong.


Ukuran produk ini kecil sehingga tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Di sisi lain, tinggi maksimalnya bisa mencapai 1 meter! Bagian head pada tripod ini bahkan dapat dibalik sehingga memungkinkan Anda mengambil foto jenis flat lay.

No.4

Ulanzi Extendable Vlog TripodMT-44

Mulai dari Rp370.000,00

Tripod yang multifungsi untuk berbagai kebutuhan!

Kelebihan:

  • Ringan dan compact, praktis dibawa
  • Kompatibel dengan kamera mirrorless dan yang lebih kecil

Kekurangan:

  • Harganya cukup tinggi untuk tripod ABS

Ulanzi menghadirkan tripod mini multiguna untuk Anda yang ingin memenuhi berbagai kebutuhan. Tripod table top ini bisa dipanjangkan mencapai 1 meter. Kompatibilitasnya juga luas, bahkan dapat dipasangkan dengan kamera mirrorless.


Karena fitur yang ditawarkan tersebut, tripod mini kamera mirrorless ini bisa digunakan untuk berbagai aktivitas. Membuat vlog di kamar, live streaming sambil berkeliling, hingga selfie dengan rombongan Anda akan dimudahkan produk ini. Bentuknya juga simpel sehingga tidak merepotkan saat dibawa bepergian.

No.5

KingMa Multi-functional Tripod BMU006

Mulai dari Rp135.000,00

Mampu menopang kamera besar meski berukuran mini

Kelebihan:

  • Bisa dipasangkan dengan kamera berlensa besar
  • Kakinya kukuh sehingga lebih stabil saat merekam di alam

Kekurangan:

  • Tinggi tripod terbatas hingga 20,5 cm

Pada umumnya, tipe table top memiliki kompatibilitas dan penggunaan yang terbatas. Namun, tidak demikian halnya dengan Kingma Multi-functional Tripod. Produk ini adalah salah satu tripod mini terbaik untuk memotret foto makro dan low angle.


Kakinya yang stabil memungkinkan Anda memotret menggunakan kamera DSLR dengan lensa yang besar, lho! Tidak sampai di sana, ball head-nya bisa diputar 360 derajat sehingga Anda dapat memiringkan kamera. Menggunakan kamera di mode lanskap dan potret jadi lebih mudah.

No.6

INBEXT4 Gorilla Octopus Tripod

Mulai dari Rp64.000,00

Octopus tripod yang dapat diletakkan di mana saja

Kelebihan:

  • Kaki stabil sehingga bisa berdiri kukuh
  • Daya cengkeram tripod kuat untuk diletakkan di tiang

Kekurangan:

  • Tripod tidak dapat ditinggikan atau dipendekkan


Jika Anda mencari octopus tripod yang bisa diletakkan di mana saja, produk INBEX ini adalah pilihannya. Tidak hanya di atas meja, tripod mini kamera DSLR ini dapat Anda letakkan di luar ruangan. Anda bisa mengikatkannya di pagar, tiang, batang kayu, hingga setang sepeda, lho! Tidak heran jika produk ini juga merupakan salah satu mini tripod HP terbaik.


Bagian kepala produk ini pun fleksibel dengan pemutaran hingga 360 derajat. Hal ini memungkinkan Anda untuk memotret dengan mode lanskap ataupun potret. Selain itu, kualitas tripod yang bisa berputar ini mumpuni karena terbuat dari material yang berkualitas. Jadi, penggunannya dapat lebih awet.

No.7

SIRUI Mini TripodAM-223

Mulai dari Rp1.500.000,00

Tripod premium yang menghadirkan banyak fitur menarik

Kelebihan:

  • Terbuat dari carbon fiber yang kukuh dan sangat awet
  • Kaki tripod stabil meski berada di permukaan apa pun

Kekurangan:

  • Banyak fitur untuk penggunaan profesional, kurang cocok untuk pemula

Produk ini menjadi salah satu tripod mini terbaik untuk fotografer profesional. SIRUI Mini Tripod AM-223 diberi banyak fitur premium untuk kemudahan pemakaiannya. 


Beberapa fiturnya adalah quick release plate, rubber feet, semi-automatic leg, reversible cap screw, twist leg lock, dan metal spikes. Berkat fitur-fitur tersebut, mengambil gambar dari sudut mana pun dan di ketinggian apa pun jadi makin mudah.

No.8

Insta360Mini 2-in-1 Tripod

Mulai dari Rp535.000,00

Didesain khusus untuk merekam dengan kamera 360

Kelebihan:

  • Kecil dan ringan, mudah dioperasikan dengan satu tangan

Kekurangan:

  • Kompatibilitas tripod terbatas pada kamera 360, action cam, dan kamera kecil

Jika Anda merekam menggunakan kamera 360, pastikan Anda menggunakan tripod mini yang khusus. Produk ini menjadi salah satu pilihan yang tepat. Insta 360 Mini 2-in-1 Tripod didesain khusus untuk kamera 360. Dengan menggunakan tripod ini, jahitan antara kamera tidak terlihat sehingga footage video yang didapatkan seakan-akan berasal dari drone.

No.9

ManfrottoElement Traveller Tripod Small with Ball HeadMKELES5BK-BH

Mulai dari Rp1.565.000,00

Simpel, compact, dan fungsional untuk traveler

Kelebihan:

  • Tripod punya tinggi maksimal 143 cm sehingga lebih leluasa menangkap objek
  • Terbuat dari material yang kukuh sehingga tahan menghadapi kondisi ekstrem

Kekurangan:

  • Fiturnya tidak terlalu beragam untuk kelas harganya

Apakah Anda seorang traveler? Jika iya, tentu Anda butuh rekomendasi tripod untuk traveling yang fungsional demi mendokumentasikan perjalanan Anda. Produk Manfrotto ini bisa menjadi pilihan yang tepat.


Lightweight tripod yang compact ini dapat dibawa dan digunakan dengan mudah. Anda bisa menangkap objek dan merekam diri Anda sesuai dengan eye level manusia karena tinggi maksimumnya mencapai 143 cm.

No.10

Ada lubang khusus untuk tempat aksesori kamera lain

Kelebihan:

  • Ada mode spider untuk merekam di tempat tertentu
  • Bisa merekam menggunakan dua perangkat sekaligus


Kekurangan:

  • Harganya cukup tinggi untuk penggunaan sesekali

Salah satu keunikan dari Leofoto MT-03 adalah terdapat beberapa lubang pada kakinya. Lubang tersebut digunakan untuk memasang aksesori kamera, seperti lighting dan mikrofon. Dengan begitu, kualitas rekaman video jadi lebih baik.


Lubang pada produk ini juga dapat digunakan untuk memasang smartphone. Jadi, Anda bisa merekam objek yang sama dengan dua posisi. Kamera untuk merekam lanskap dan smartphone untuk mode potretnya. Tripod mini spider ini merupakan pilihan pas untuk Anda yang menginginkan kepraktisan.

Baca juga rekomendasi aksesori kamera lainnya di sini

Untuk kenyamanan penggunaan dan menjaga kamera tetap berfungsi dengan baik, ada beberapa aksesori yang bisa Anda miliki. Dust blower, dry box, dan stabilizer adalah beberapa contohnya. Silakan baca ulasan lengkapnya pada artikel-artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Penggunaan tripod mini memang dibutuhkan untuk Anda yang punya hobi fotografi dan videografi. Ada angle yang lebih baik direkam dengan menggunakan tripod mini. Bobotnya yang ringan juga membuat tripod mini praktis dibawa.


Kami telah mengulas tips memilih serta rekomendasi tripod mini terbaik yang ada di pasaran. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan? Semoga ulasan kami membantu Anda menentukan produk yang pas. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer