10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto dari fisheye lens akan terlihat berbeda karena adanya distorsi yang kentara. Fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan maupun traveling ke berbagai destinasi.

Karena fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih fisheye lens. Kami juga akan memberikan 10 rekomendasi fisheye lens terbaik dan tentunya seluruh produk tersebut dapat Anda peroleh dari toko maupun online shop.

Daftar isi

Cara memilih fisheye lens

Sebelum memaparkan 10 rekomendasi fisheye lens terbaik, ada baiknya bila kami menjelaskan terlebih dahulu mengenai cara memilih fisheye lens. Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat hendak memilih fisheye lens. Untuk selengkapnya, simaklah penjelasan di bawah ini.

Pilihlah berdasarkan efek yang dihasilkannya

Pilihlah berdasarkan efek yang dihasilkannya

Berdasarkan efeknya, terdapat dua tipe fisheye lens, yakni diagonal fisheye dan circular fisheye. Fisheye lens yang beredar umumnya adalah tipe diagonal fisheye, di mana semakin jauh dari titik pusat foto, distorsinya akan semakin meningkat dan terlihat seperti cembung. Meskipun sebenarnya Anda bisa menggunakan lensa biasa untuk mengambil foto pemandangan, untuk hasil foto yang lebih dinamis, lebih baik gunakan fisheye lens.

Sementara itu, circular fisheye memberikan hasil foto di mana seluruh objek foto seolah-olah dipadatkan ke titik tengah foto. Oleh karena itu, hasil fotonya akan berbentuk bulat seperti lingkaran dengan keempat sudut foto berubah menjadi berwarna hitam. Ada juga yang menyebut hasil foto dari fisheye lens tipe ini sebagai little planet karena hasilnya terlihat seperti foto planet kecil.

Trik kecil yang cukup bermanfaat, bila Anda memasangkan lensa tipe diagonal fisheye pada kamera APS-C (Advanced Photo System type-C) ke lensa kamera SLR (Single-Lens Reflects), efeknya akan berubah seperti efek yang dihasilkan oleh tipe circular fisheye. Dengan cara seperti ini, Anda dapat menghemat biaya karena 1  fisheye lens dapat menghasilkan 2 jenis efek.

Pilihlah berdasarkan cara pemasangannya

Pilihlah berdasarkan cara pemasangannya

Banyak yang berpikir bahwa foto berdistorsi hanya dapat dihasilkan bila fisheye dipasangkan ke kamera. Nyatanya, fisheye lens tidak hanya dapat dipasangkan ke kamera saja.

Belakangan ini banyak beredar aksesoris dengan fungsi seperti fisheye lens yang dapat dipasangkan ke smartphone. Bila Anda memiliki dana terbatas, tetapi ingin menghasilkan foto dengan efek ala fisheye lens, aksesoris seperti ini dapat dijadikan pilihan.

Akan tetapi, bila Anda mementingkan kualitas gambar dan resolusi yang tingi, Anda tetap harus menggunakan fisheye lens yang memang dirancang khusus untuk dipasangkan ke kamera. Sebanding dengan hasil foto yang sangat tajam, tentu harga fisheye lens untuk kamera juga jauh lebih mahal.

Pilih lensa yang terang untuk mengambil foto langit berbintang

Pilih lensa yang terang untuk mengambil foto langit berbintang

Tidak sedikit orang yang menggunakan fisheye lens untuk mengambil gambar langit berbintang. Umumnya orang-orang tersebut menggunakan tripod, ISO (International Organization for Standardization) speed rendah, dan long exposure agar dapat mengambil gambar di malam hari. Namun, cara tersebut kurang tepat Anda lakukan bila Anda ingin mengambil foto bintang di langit.

Meski terlihat tidak bergerak, sebenarnya bintang bergerak dengan cepat sehingga bila Anda terlalu lambat menekan shutter-nya, hasil foto bintang akan menjadi blur. Oleh karena itu, tekanlah shutter-nya secara konstan dengan sedikit demi sedikit mengurangi ISO-nya agar noise berkurang.

Selain melakukan seluruh hal tersebut, kami merekomendasikan untuk menggunakan lensa yang terang dengan ukuran aperture kurang dari f/2.8.

10 Rekomendasi fisheye lens terbaik

Setelah menyimak penjelasan kami, tentunya Anda telah memahami kegunaan dan cara memilih fisheye lens, bukan? Berikutnya, kami akan memberikan 10 rekomendasi fisheye lens terbaik. Pilihlah yang paling Anda sukai, ya!

10. Mobile Fisheye Lens 180°

10. Mobile Fisheye Lens 180°

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.000

Mudah menempel dengan magnet berkualitas

Ketika menggunakan produk ini, Anda dapat mengambil foto dengan sudut hingga 180°. Foto pemandangan maupun foto dengan rekan atau hewan peliharaan Anda dapat diambil dengan sudut lebih lebar dan luas. Dibuat menggunakan material aluminium, produk ini ringan dan cukup kuat untuk Anda gunakan.

Dilengkapi dengan magnet, Anda dapat menempelkan produk ini ke smartphone, iPhone, maupun kamera digital Anda dengan mudah. Apalagi, dengan bobot hanya 37 gram, produk ini tidak mudah lepas ketika sedang digunakan. Bila Anda ingin menghasilkan foto-foto dengan efek ala fisheye lens tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya, produk ini cocok untuk dimiliki.

9. Aukey Optic Pro Super Wide Angle Lens PL-WD02

9. Aukey Optic Pro Super Wide Angle Lens PL-WD02

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 342.000

Sudut lebar untuk segala jenis kamera smartphone

Dilapisi dengan alumunium, produk lensa ini cukup tahan benturan. Menggunakan model clip-on, Anda tidak akan menemukan kesulitan berarti untuk memasangkan produk ini ke smartphone Anda. Apalagi, produk ini bersifat universal sehingga Anda dapat memasangkannya dengan mudah ke hampir semua jenis kamera smartphone.

Bila Anda mencari fisheye lens untuk smartphone dengan sudut lebar dan hasil foto cukup tajam, produk ini adalah solusi yang pas. Sudut lensa produk ini sangat lebar, Anda dapat memperoleh panorama dengan sudut hingga 238°, lho! Tidak hanya itu, Anda juga akan memperoleh hasil foto yang cukup clean dan tajam saat menggunakan produk ini.

8. Meike MK-6.5mm F2.0 Fisheye Lens

8. Meike MK-6.5mm F2.0 Fisheye Lens

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.190.000

Hasilkan circular distortion dengan harga terjangkau

Untuk Anda yang memiliki dana terbatas tetapi ingin memperoleh efek circular fisheye pada foto Anda, produk ini dapat dijadikan pilihan. Lensa ini fit untuk kamera bermerek Canon, Sony, Olympus, Panasonic, dan Fujifilm. Gambar yang dihasilkan juga cukup tajam dan minim flare sehingga produk ini cocok untuk Anda gunakan di luar ruangan.

Dengan aperture f/2.0 dan sudut lebar hingga mencapai 190°, sangat banyak obyek foto yang dapat masuk ke dalam frame foto Anda. Ukuran produk dari produsen asal Hongkong ini juga cukup compact dan mudah Anda bawa. Metal lens barrel pada produk ini juga membuatnya semakin kuat dan tidak mudah rusak.

7. Pentax-DA 10-17mm F3.5-4.5 Fish-Eye ED

7. Pentax-DA 10-17mm F3.5-4.5 Fish-Eye ED

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.950.000

Build quality yang solid

Dengan focal length 15-27 mm dan sudut 180°, Anda tidak akan menemukan kesulitan berarti untuk memasukkan seluruh objek foto ke dalam frame Anda. Flare resistant produk ini juga cukup baik sehingga hasil foto tetap bagus meskipun matahari terpantul di dalam frame. Dengan ratio pembesaran 0.39 kali, Anda juga bisa menggunakan lensa ini untuk macro photography.

Bila Anda membutuhkan lensa yang awet dan durable, produk ini adalah solusi tepat. Lapisan eksternal lensanya sangat solid karena dibuat dari bahan metal. Tidak hanya itu, lens mounting-nya juga dibuat dari bahan metal sehingga produk ini menjadi semakin kuat dan tak mudah rusak.

6. Samsung EX-F10ANW 10 mm F3.5 Fisheye Lens – White

6. Samsung EX-F10ANW 10 mm F3.5 Fisheye Lens - White

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.500.000

Fisheye lens paling compact dan ringan!

Bila Anda mencari fisheye lens yang tidak membutuhkan banyak space penyimpanan dan mudah untuk Anda bawa ke mana pun, produk ini adalah solusi terbaik. Dengan diameter maksimum hanya 5,8 cm, Anda bahkan bisa menyimpannya di kantung Anda. Apalagi, bobotnya juga sangat ringan, yakni hanya 72 gram, lho!

Ketika digunakan, Anda akan memperoleh efek diagonal fisheye dengan sudut 180°. Kombinasi focal length 10 mm dan aperture f/3.5 membuat produk ini menghasilkan foto yang tajam dengan chromatic abberation yang minim. Apalagi, lensa ini juga sudah dilengkapi dengan autofocus sehingga Anda akan semakin mudah menggunakannya.

5. Panasonic LUMIX G Fisheye Lens 8mm F3.5 Micro Four Thirds – H-F008

5. Panasonic LUMIX G Fisheye Lens 8mm F3.5 Micro Four Thirds - H-F008

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.059.000

Foto maupun video semakin jernih dengan extra-low dispersion element

Lensa ini akan memberikan Anda efek diagonal fisheye. Dengan bobot hanya 165 gram dan diameter 6,07cm, produk ini cukup ringan dan compact untuk Anda bawa ke mana pun. Dengan jarak fokus minimum 10 cm, produk ini juga pas digunakan untuk mengambil foto close-up.

Dengan ukuran aperture f/3.5, Anda tidak perlu meragukan ketajaman foto dari lensa ini. Apalagi, terdapat extra-low dispersion element pada lensa sehingga hasil foto maupun video dari lensa ini akan semakin jernih dengan warna sangat akurat. Bila Anda suka mengabadikan keeksotisan objek wisata saat sedang traveling, produk compact ini adalah partner yang pas.

4. Sigma 15mm F2.8 EX DG Diagonal Fisheye

4. Sigma 15mm F2.8 EX DG Diagonal Fisheye

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 10.200.000

Untuk hasil low noise dan kaya warna

Memiliki maksimum aperture f/2.8 dan minimum aperture f/2.2, Anda bisa melakukan focusing hingga 15 cm. Ukuran focus ring-nya sangat pas, halus saat dioperasikan dan mudah Anda atur. Ketika dibutuhkan, autofocus-nya juga mampu merespon dan menangkap gambar tepat pada momen yang Anda inginkan dengan efek diagonal fisheye.

Ketika seluruh hal tersebut Anda padukan dengan komposisi cahaya yang tepat, hasil foto dari lensa ini tidak hanya tajam tetapi juga kaya warna. Apalagi, lensa ini juga low noise sehingga hasil gambarnya tentu akan semakin bagus. Bila Anda senang menangkap keindahan perpaduan warna pada fotografi landscape maupun cityscape, produk ini wajib dimasukkan dalam wishlist Anda.

3. Nikon AF Fisheye-Nikkor 16mm f/2.8D

3. Nikon AF Fisheye-Nikkor 16mm f/2.8D

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 11.095.000

Cocok untuk low light photography

Dengan sudut lebar mencapai 180°, Anda akan memperoleh efek diagonal fisheye tanpa sudut hitam saat menggunakan lensa ini. Dengan adanya lapisan pelindung berbahan metal, bagian lensa, aperture ring, dan focus ring-nya semakin terlindungi. Lensa ini juga diberi coating agar Anda memperoleh hasil foto dengan ghosting dan flare yang minim.

Dengan aperture maksimum f/2.8 plus focal length yang besar, produk ini mampu memberi Anda gambar yang tajam bahkan dalam kondisi kekurangan pencahayaan. Bila Anda membutuhkan lensa fisheye untuk low light photography, produk ini adalah salah satu pilihan. Mengabadikan keindahan interior bangunan klasik maupun suasana malam hari menjadi semakin mudah, bukan?

2. Canon EF 8-15mm f/4L USM Fisheye Lens

2. Canon EF 8-15mm f/4L USM Fisheye Lens

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 18.550.000

Wujudkan efek sirkular maupun diagonal dengan 1 lensa!

Bila Anda membutuhkan lensa fisheye yang dapat memberikan efek diagonal fisheye maupun circular fisheye, produk ini adalah jawaban pas. Lensa unik ini memiliki focal length dengan range 8-15 mm yang dapat Anda atur sesuka hati Anda. Dengan jarak focal length seperti itu, Anda dapat menghasilkan 2 macam efek hanya dengan menggunakan 1 lensa.

USM (Ultrasonic Autofocus Motor)-nya memungkinkan Anda melakukan zoom-in atau zoom-out dengan cepat. Dilengkapi Canon’s Super Spectra Coating, lensa ini meminimalisir munculnya ghosting maupun flare. Meski belum dilengkapi image stabilization, lensa ini tetap mampu memberikan Anda hasil foto yang tajam dengan resolusi tinggi.

1. Olympus M.Zuiko ED 8mm F1.8 Fisheye PRO

1. Olympus M.Zuiko ED 8mm F1.8 Fisheye PRO

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga ; Rp 18.835.700

Outstanding sharpness bahkan dalam medan berat sekalipun

Termasuk dalam seri Olympus PRO, lensa ini sangat durable, anti debu, dan splashproof. Lensa ini bahkan freezeproof sehingga Anda tetap bisa menggunakannya dalam cuaca terburuk sekalipun. Dengan ukuran compact plus fast f/1.8 maximum aperture, produk ini adalah pilihan terbaik bila Anda harus mengambil foto fast-action pemandangan alam di medan berat.

Selain itu, dengan aperture f/1.8, autofocus yang cepat dan akurat, sudut lebar hingga 180° serta maksimum perbesaran hingga 0.22 kali, Anda juga dapat menggunakannya untuk astrography. Dilengkapi dengan anti-reflective coating, produk ini juga flare resistant. Hasil foto akan memiliki ketajaman dan kontras yang sangat baik sekalipun ada cahaya menyilaukan dalam frame foto.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda mengenai artikel 10 rekomendasi fisheye lens ini? Terdapat berbagai jenis fisheye lens yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan foto-foto keren dan unik. Anda bisa memilih produk dengan efek diagonal fisheye maupun circular fisheye. Anda juga bisa menemukan produk yang compact, solid, atau ringan dalam daftar rekomendasi ini.

Awalnya, fisheye lens hanya digunakan untuk keperluan tertentu. Namun, pada perkembangannya lensa ini banyak digunakan untuk mengambil foto pemandangan maupun foto hewan kesayangan. Anda juga dapat menggunakannya untuk astrography. Oleh karena itu, pilihlah fisheye lens yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda, ya!