1. TOP
  2. >
  3. Kamera
  4. >
  5. Lensa & aksesori
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.


Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
Diperbaharui 05-11-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih fisheye lens

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat hendak memilih fisheye lens. Untuk selengkapnya, simaklah penjelasan di bawah ini.

① Pilih lensa berdasarkan efek yang dihasilkannya

Pilih lensa berdasarkan efek yang dihasilkannya
Berdasarkan efeknya, terdapat dua tipe fisheye lens, yakni diagonal fisheye dan circular fisheye. Fisheye lens yang beredar umumnya adalah tipe diagonal fisheye. Tipe ini memberikan efek makin jauh dari titik pusat foto, distorsinya akan meningkat dan terlihat seperti cembung. Memang benar sesungguhnya Anda bisa menggunakan lensa biasa untuk mengambil foto pemandangan. Namun, untuk hasil foto yang lebih dinamis, sebaiknya gunakan fisheye lens.


Sementara itu, circular fisheye memberikan hasil foto di mana seluruh objek foto seolah-olah dipadatkan ke titik tengah foto. Oleh karena itu, hasil fotonya akan berbentuk bulat seperti lingkaran dengan keempat sudutnya berubah menjadi berwarna hitam. Ada juga yang menyebut hasil foto fisheye lens tipe ini sebagai little planet karena hasilnya terlihat seperti foto planet kecil.


Trik kecil yang cukup bermanfaat, cobalah memasangkan lensa tipe diagonal fisheye kamera APS-C ke lensa kamera SLR. Efeknya akan berubah seperti efek yang dihasilkan oleh tipe circular fisheye. Dengan cara seperti ini, Anda dapat menghemat biaya karena satu fisheye lens dapat menghasilkan dua jenis efek.

② Pilih lensa berdasarkan cara pemasangannya

Pilih lensa berdasarkan cara pemasangannya
Banyak yang berpikir bahwa foto berdistorsi hanya dapat dihasilkan bila fisheye lens dipasangkan ke kamera. Nyatanya, fisheye lens tidak hanya dapat dipasangkan ke kamera saja.

Belakangan ini banyak beredar aksesori dengan fungsi seperti fisheye lens yang dapat dipasangkan ke smartphone. Bila Anda memiliki dana terbatas, tetapi ingin menghasilkan foto dengan efek ala fisheye lens, aksesori seperti ini solusinya.


Akan tetapi, bisa jadi Anda mementingkan kualitas gambar dan resolusi yang tingi. Jika demikian, Anda tetap harus menggunakan fisheye lens yang memang dirancang khusus untuk dipasang ke kamera. Sebanding dengan hasil fotonya yang sangat tajam, tentu harga fisheye lens untuk kamera juga jauh lebih mahal.

③ Pilih lensa yang terang untuk mengambil foto langit berbintang

Pilih lensa yang terang untuk mengambil foto langit berbintang
Tidak sedikit orang yang menggunakan fisheye lens untuk mengambil foto langit berbintang. Banyak yang menggunakan tripod dengan pengaturan ISO rendah dan long exposure agar dapat mengambil foto di malam hari. Namun, cara tersebut kurang tepat Anda lakukan bila ingin mengambil foto bintang di langit.

Meski terlihat tidak bergerak, sebenarnya bintang bergerak dengan sangat cepat. Bila Anda mengatur shutter speed-nya terlalu rendah, hasil foto bintang akan menjadi blur. Oleh karena itu, aturlah shutter speed-nya sedemikian rupa plus atur juga ISO-nya serendah mungkin agar noise berkurang. Selain melakukan seluruh hal tersebut, kami juga merekomendasikan Anda untuk menggunakan lensa yang terang dengan ukuran aperture < f/2.8.

10 Rekomendasi fisheye lens terbaik

Tentu Anda telah memahami kegunaan dan cara memilih fisheye lens, bukan? Berikutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi fisheye lens terbaik.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Canon

EF 8-15mm f/4L Fisheye USM

Canon EF 8-15mm f/4L Fisheye USM 1枚目

Wujudkan efek sirkular atau diagonal hanya dengan satu lensa!

2

Olympus

M.Zuiko Digital ED 8mm f/1.8 Fisheye PRO /16mm (35mm equivalent)

Olympus M.Zuiko Digital ED 8mm f/1.8 Fisheye PRO /16mm (35mm equivalent) 1枚目

Outstanding sharpness bahkan di medan berat

3

Nikon

AF Fisheye-Nikkor 16mm f/2.8D

Nikon AF Fisheye-Nikkor 16mm f/2.8D 1枚目

SIC-nya ampuh mengurangi flare dan ghosting

4

Sigma

15mm F2.8 EX DG Diagonal Fisheye

Sigma 15mm F2.8 EX DG Diagonal Fisheye 1枚目

Jadikan momen memotret malam hari makin seru!

5

Panasonic

LUMIX G Fisheye Lens 8mm F3.5 Micro Four Thirds

Panasonic LUMIX G Fisheye Lens 8mm F3.5 Micro Four Thirds 1枚目

ED lens plus f/3.5, gambar makin tajam dan cerah!

6

Samsung

10 mm F3.5 Fisheye Lens – White

Samsung 10 mm F3.5 Fisheye Lens – White 1枚目

Fisheye lens paling compact dan ringan!

7

Ricoh

Pentax DA 10-17mm Fish-Eye F3.5-4.5 ED (IF)

Ricoh Pentax DA 10-17mm Fish-Eye F3.5-4.5 ED (IF) 1枚目

Makin mudah dibersihkan dengan SP coating

8

Meike

MK-6.5mm F2.0 Fisheye Lens

Meike MK-6.5mm F2.0 Fisheye Lens 1枚目

Ciptakan circular distortion dengan harga terjangkau

9

APEXEL

Fisheye Lens For Smartphone (8 mm/HD 4K)

APEXEL Fisheye Lens For Smartphone (8 mm/HD 4K) 1枚目

Hasilkan foto diagonal fisheye HD dengan smartphone

10

AUKEY

Professional 238 FOV Super Wide Angle FOV High Clarity Optic PRO Lens

AUKEY Professional 238 FOV Super Wide Angle FOV High Clarity Optic PRO Lens 1枚目

Sudut lebar untuk segala jenis kamera gadget

Perincian produk
Close
No.1

CanonEF 8-15mm f/4L Fisheye USM

Mulai dari Rp19.210.000,00

Wujudkan efek sirkular atau diagonal hanya dengan satu lensa!

Bila Anda mencari lensa fisheye yang dapat memberikan efek diagonal dan circular fisheye sekaligus, produk ini adalah pilihan terbaik. Dirancang secara khusus, lensa ini mampu memberi Anda kedua efek tersebut dengan mudah, sangat versatile dan praktis!


Tidak hanya itu, USM (Ultrasonic Autofocus Motor)-nya memungkinkan Anda melakukan zoom-in atau zoom-out dengan cepat. Adanya tiga aspherical element juga membuat produk ini mampu memberi Anda foto berkualitas tinggi dengan clarity yang menawan.
No.2

OlympusM.Zuiko Digital ED 8mm f/1.8 Fisheye PRO /16mm (35mm equivalent)

Mulai dari Rp12.500.000,00

Outstanding sharpness bahkan di medan berat

Termasuk dalam seri Olympus PRO, lensa ini sangat durable, antidebu, dan bahkan freezeproof. Anda tetap bisa menggunakannya dalam cuaca terburuk sekalipun. Ukurannya pun compact plus memiliki fast f/1.8 maximum aperture. Produk ini wajib dimiliki bila Anda harus mengambil foto fast-action pemandangan alam di medan berat.

Dikombinasikan dengan sudut lebar 180° serta maksimum zoom hingga 0.20x, Anda juga dapat menggunakannya untuk astrography. Selain itu, perpaduan lensa HR (High Refractive Index), Super HR, dan aspherical membuat produk ini mampu menghasilkan foto beresolusi tinggi. Keren!
No.3

NikonAF Fisheye-Nikkor 16mm f/2.8D

Mulai dari Rp11.199.000,00

SIC-nya ampuh mengurangi flare dan ghosting

Adanya fitur CRC (Close-Range Correction) memungkinkan produk ini untuk memberi Anda performa mumpuni saat mengambil gambar dalam beragam jarak. Baik saat memotret dari jauh maupun saat difokuskan sedekat mungkin, hasil fotonya selalu jempolan. Dilapis SIC (Super Integrated Coating), foto yang dihasilkan produk ini pun menjadi sangat minim flare dan ghosting.

Tidak hanya itu, adanya lapisan tersebut juga membuat produk ini mampu menghasilkan foto dengan warna yang terkesan balance. Bila Anda tak ingin flare dan ghosting merusak keindahan objek foto yang sedang Anda potret, produk ini tidak boleh Anda lewatkan.
No.4

Sigma15mm F2.8 EX DG Diagonal Fisheye

Mulai dari Rp10.150.000,00

Jadikan momen memotret malam hari makin seru!

Untuk Anda yang senang memotret berbagai objek foto outdoor di malam hari, produk ini adalah partner yang pas. Memiliki aperture f/2.8, Anda bisa dengan mudah memotret berbagai objek foto bahkan saat gelap di malam hari. Bintang, kota di malam hari, taman, dan sebagainya sangat gampang Anda abadikan.

Dipadukan dengan jarak fokus minimum mencapai 15 cm, Anda bisa memperoleh berbagai perspektif unik di malam hari. Memiliki diameter sebesar 7,3 cm, produk ini juga terasa makin pas di tangan dan mudah digenggam.
No.5

PanasonicLUMIX G Fisheye Lens 8mm F3.5 Micro Four ThirdsH-F008

Mulai dari Rp9.900.000,00

ED lens plus f/3.5, gambar makin tajam dan cerah!

Produk ini memiliki bobot hanya 165 gram dan diameter 6,07 cm. Hal tersebut membuatnya tergolong ringan sekaligus compact untuk Anda bawa dan tidak membuat tangan cepat pegal saat digunakan. Dengan jarak fokus minimum 10 cm, produk ini juga cocok Anda gunakan untuk mengambil foto close-up.

Dengan ukuran aperture f/3.5, Anda tidak perlu meragukan ketajaman foto dari lensa ini. Apalagi, lensa ini juga menggunakan ED (extra-low dispersion) lens sehingga hasil fotonya akan makin jernih dan minim aberasi. Bila Anda mencari fisheye lens dengan hasil foto yang terang dan tetap tajam, produk ini patut diperhitungkan.
No.6

Samsung10 mm F3.5 Fisheye Lens – WhiteEX-F10ANW

Mulai dari Rp3.950.000,00

Fisheye lens paling compact dan ringan!

Anda mencari fisheye lens yang tidak membutuhkan banyak space penyimpanan dan mudah untuk dibawa ke mana pun? Produk ini adalah solusi terbaiknya. Dengan diameter maksimum hanya 5,8 cm, Anda bahkan bisa menyimpannya di kantong baju, lho!

Bobotnya juga sangat ringan, yakni hanya 72 gram. Ketika digunakan, Anda pun akan memperoleh efek diagonal fisheye dengan sudut 180°. Kombinasi focal length 10 mm dan aperture f/3.5 membuat produk ini mampu menghasilkan foto yang ciamik.
No.7

RicohPentax DA 10-17mm Fish-Eye F3.5-4.5 ED (IF)

Mulai dari Rp4.750.000,00

Makin mudah dibersihkan dengan SP coating

Anda bisa memotret objek foto hingga sedekat 2,5 cm saat menggunakan produk ini. Dengan bobot sebesar 320 gram, tangan Anda pastinya tidak akan cepat lelah atau pegal ketika menggunakan produk ini. Sudut yang mampu difoto pun cukup besar, mencapai 180°.


Lensa ini juga dilapisi super protective (SP) coating yang membuatnya makin tahan air dan minyak. Hasilnya, sisa minyak dari jari, kosmetik, atau noda lainnya pun mudah dibersihkan dari lensa ini. Bila Anda mencari lensa fisheye yang tetap terlihat bebas berbagai noda meski digunakan secara rutin, produk ini jawabannya!
No.8

MeikeMK-6.5mm F2.0 Fisheye Lens

Mulai dari Rp1.799.000,00

Ciptakan circular distortion dengan harga terjangkau

Anda yang memiliki dana terbatas, tetapi ingin memperoleh foto berefek circular menggunakan kamera sebaiknya membeli produk. Lensa ini kompatibel dengan kamera Canon, Sony, Olympus, Panasonic, dan Fujifilm. Gambar yang dihasilkan pun cukup tajam dan minim flare sehingga produk ini cocok Anda gunakan di luar ruangan.

Lensa ini sendiri memungkinkan Anda menghasilkan efek circular fisheye. Ditambah dengan kombinasi aperture f/2.0 dan sudut lebar mencapai 190°, sangat banyak obyek foto yang dapat masuk ke dalam frame foto Anda. Ukuran produk ini juga cukup compact, tentunya mudah untuk Anda bawa dan simpan dalam tas.
No.9

APEXELFisheye Lens For Smartphone (8 mm/HD 4K)APL-PR8-U

Mulai dari Rp324.000,00

Hasilkan foto diagonal fisheye HD dengan smartphone

Bila Anda sering menjelajah sambil membawa smartphone dan menginginkan hasil foto berkualitas tinggi, produk ini tak boleh dilewatkan. Saat dipasangkan ke smartphone Anda, lensa ini akan memberikan hasil foto kualitas HD yang sangat premium. 

Dengan efek diagonal fisheye yang dimiliki, Anda bisa mengambil foto pemandangan lebih luas hingga mencapai sudut 185 derajat. Kombinasi keduanya membuat setiap perjalanan terdokumentasi sempurna dalam foto berkualitas tinggi.
No.10

AUKEYProfessional 238 FOV Super Wide Angle FOV High Clarity Optic PRO LensPL-WD02

Mulai dari Rp450.000,00

Sudut lebar untuk segala jenis kamera gadget

Dilapisi dengan aluminium, produk lensa ini menjadi cukup tahan benturan. Anda pun tidak akan menemukan kesulitan berarti untuk memasangkan produk ini ke smartphone atau tablet karena berdesain clip-on. Tambahan lagi, produk ini diklaim dapat dengan mudah dipasangkan ke lensa berbagai gadget.


Sudut lensa produk ini sangat lebar, Anda dapat memperoleh panorama dengan sudut hingga 238°, lho! Anda juga akan memperoleh hasil foto yang cukup clean dan tajam saat menggunakan produk ini. Wajib dipertimbangkan jika Anda mencari fisheye lens bersudut super lebar yang kompatibel dengan segala gadget.

Baca juga rekomendasi filter lensa dan lensa lainnya di sini

Kesimpulan

Terdapat berbagai fisheye lens yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan foto-foto keren dan unik dari sudut pandang berbeda. Anda bisa memilih produk dengan efek diagonal fisheye atau circular fisheye sesuai preferensi Anda.

Selain itu, cek juga cara pemasangan dan aperture yang dimiliki oleh lensa tersebut. Dengan memilih produk yang tepat, tentu hasil foto Anda akan makin ciamik. Selamat memotret pemandangan dan beragam objek yang Anda suka!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer