10 Rekomendasi Cetakan Muffin Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Cetakan Muffin Terbaik (Terbaik Tahun 2018)

Jika ingin membuat muffin, Anda memerlukan cetakan muffin. Dilihat dari bahannya dan bentuknya, ada banyak jenis cetakan muffin yang dijual di pasaran. Mulai dari cetakan berbahan logam yang awet, bahan silikon yang lembut, serta bahan keramik yang mudah digunakan.

Bila Anda masih bingung untuk memutuskan cetakan muffin yang harus dibeli, kami akan menjelaskan cara memilih dan memperkenalkan cetakan muffin rekomendasi yang telah disusun dalam bentuk peringkat. Ayo, buat muffin lezat dengan bentuk yang cantik untuk mengisi waktu luang Anda!

Cara memilih cetakan muffin

Apakah Anda berpikir kalau semua cetakan muffin itu sama? Jika iya, maka Anda harus membaca artikel ini sebelum membelinya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli cetakan muffin agar Anda tidak kecewa dengan kualitas dan fungsinya.

Mari simak poin-poin dalam memilih cetakan muffin berikut penjelasannya di bawah ini. Pastikan Anda mempertimbangkan poin-poin penting di bawah ini saat akan membeli cetakan muffin.

Pilih ukuran yang pas dengan oven Anda

Pilih ukuran yang pas dengan oven Anda

Menentukan ukuran cetakan muffin sangatlah penting. Bila ukuran cetakan muffin yang Anda beli terlalu besar, akan sulit untuk memasukkannya ke dalam oven. Namun, ukuran cetakan muffin yang terlalu kecil pun kurang efisien.

Sebelum membeli cetakan muffin, akan lebih baik jika Anda mengetahui ukuran oven yang digunakan. Selama memanggang, adonan muffin memerlukan ruang kosong dalam oven agar dapat mengembang dengan baik. Bila Anda membeli cetakan muffin tanpa memperhatikan ukuran ruang oven Anda, bisa jadi cetakan muffin tidak akan memberikan fungsi yang optimal.

Pilih sesuai ukuran muffin yang ingin dibuat

Pilih sesuai ukuran muffin yang ingin dibuat

Cetakan muffin umumnya memiliki bentuk seperti persegi panjang dengan ceruk-ceruk untuk mengisi adonan, tidak jauh berbeda seperti cetakan kue bolu kukus. Umumnya, cetakan muffin memiliki 6 ceruk, tetapi ada juga yang berjumlah 12, 24, dan masih banyak lagi variasinya.

Mungkin Anda berpikir akan lebih baik jika membeli cetakan muffin dengan jumlah ceruk banyak, tetapi hal itu tidak selamanya tepat. Semakin banyak ceruk pada cetakan muffin, maka semakin kecil ukuran muffin yang dihasilkan. Itu karena ukuran loyang pada cetakan muffin terbatas, jadi tidak heran bila semakin banyak jumlah ceruknya, ukuran masing-masing ceruk pun akan semakin kecil. Jadi, tentukan ukuran muffin yang ingin Anda buat sebelum membeli cetakannya, ya.

Pilih bahan cetakan sesuai dengan level memasak Anda

Bahan cetakan muffin berperan penting dalam performanya, seperti mudah panas dan mudah untuk melepaskan muffin dari cetakan. Jika Anda tidak jeli dalam melihat bahan cetakan muffin, bisa saja timbul masalah, seperti gosong, muffin lengket di cetakan, dan cetakan yang berkarat. Berikut ini kami perkenalkan bahan pembuat cetakan muffin yang cocok untuk pengguna pemula hingga profesional.

Bahan cetakan yang mudah digunakan oleh pengguna tingkat pemula/menengah

Bahan cetakan yang mudah digunakan oleh pengguna tingkat pemula/menengah

Bagi pengguna pemula/menengah, cetakan muffin yang cocok untuk Anda adalah yang berbahan karet silikon atau teflon yang mudah dirawat dan tidak lengket. Dengan karakteristik karet silikon yang lunak dan mudah ditekuk, Anda akan mendapatkan hasil panggangan muffin yang bagus. Hal itu karena muffin yang sudah matang akan mudah dikeluarkan dengan cara mendorongnya dari dasar cetakan. Ditambah lagi, karet silikon tidak dapat berkarat sehingga dapat digunakan untuk jangka panjang. Selain itu, umumnya karet silikon yang digunakan juga dapat bertahan dalam panas lebih dari 200 derajat.

Sedangkan cetakan muffin berbahan teflon populer karena tidak lengket, tidak mudah berkarat, serta mudah dibersihkan hanya dengan kain basah.

Bahan cetakan dengan konduktivitas panas yang tinggi untuk profesional

Bahan cetakan dengan konduktivitas panas yang tinggi untuk profesional

Bagi Anda pengguna tingkat lanjut/profesional, kami rekomendasikan untuk menggunakan cetakan muffin berbahan tinplate dan bahan campuran baja tahan karat dengan besi dan aluminum, yang mudah dalam menghantarkan panas sehingga sangat cocok untuk memanggang kue. Hasil bentuk muffin dari cetakan tipe ini pun lebih cantik.

Semakin sering digunakan, cetakan berbahan tinplate akan memiliki lapisan minyak sehingga tidak akan mudah berkarat dan adonan menjadi lebih mudah untuk dilepas. Hal ini menjadikannya sangat cocok bagi Anda yang sering membuat muffin. Sedangkan, cetakan yang terbuat dari besi yang dilapisi aluminium sehingga tidak mudah berkarat, bila dirawat semestinya, akan awet dan baik dalam menghantarkan panas.

Perlu Anda perhatikan, kedua bahan cetakan muffin ini akan mudah berkarat jika tidak sering digunakan. Hal tersebut disebabkan oleh paparan udara dan kelembapan dalam waktu lama, yaitu saat cetakan tidak digunakan. Oleh karena itu, kami merekomendasikan cetakan muffin berbahan tinplate dan paduan logam lainnya bagi Anda para profesional yang sering membuat muffin dan sudah terbiasa dalam merawat cetakan berbahan ini.

Apakah ada bahan yang tidak cocok untuk dijadikan cetakan muffin?

Apakah ada bahan yang tidak cocok untuk dijadikan cetakan muffin?

Di toko-toko, banyak dijual alat-alat dapur berbentuk mangkuk atau gelas kecil berbahan aluminium yang dapat dijadikan cetakan muffin. Dengan bahan aluminiumnya, cetakan tersebut tahan karat dan mudah dibersihkan. Namun, kami tidak merekomendasikannya karena konduktivitas panas yang rendah sehingga tidak cocok untuk digunakan memanggang. Cetakan tersebut lebih cocok digunakan untuk mencetak jelly dan sejenisnya.

10 Rekomendasi cetakan muffin terbaik 

Berikutnya, kami akan memperkenalkan produk rekomendasi cetakan muffin terbaik yang telah disusun dalam urutan peringkat. Semoga dengan rekomendasi ini, Anda menjadi lebih mudah dalam memilih cetakan muffin yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan!

10. CybrTrayd Small Muffin Pan – 24 Cups

10. CybrTrayd Small Muffin Pan - 24 Cups

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 661.238

Hasilkan banyak mini muffin dalam sekali panggang

Apakah Anda sering mengadakan acara minum teh atau arisan di rumah? Bila iya, cetakan muffin ini cocok untuk Anda. Dengan jumlah ceruk mencapai 24 cups pada setiap loyangnya, Anda akan mendapatkan mini muffin yang cukup untuk menyuguh tamu Anda tanpa perlu bolak-balik memanggang! Karena antilengket, mini muffin buatan Anda pun dijamin mulus.

Dilapisi dengan material tahan karat, produk ini pasti akan tahan lama bila Anda merawatnya dengan benar. Meski tidak mendukung pembersihan menggunakan dishwasher, produk ini mudah dirawat dan dibersihkan, kok! Namun, perlu diperhatikan, ukurannya ternyata cukup besar sehingga Anda juga harus memeriksa ukuran oven Anda sebelum membelinya.

9. Cook’s Habit Muffin Donut

9. Cook's Habit Muffin Donut

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 152.000

Muffin atau donat? Buat mereka tertipu dengan tampilan muffin Anda!

Cetakan yang satu ini mungkin akan membuat keluarga, kerabat, dan teman Anda tertipu dengan tampilan muffin yang Anda buat. Mengapa begitu? Bentuknya yang tidak biasa akan membuat banyak orang mengira muffin yang Anda buat adalah donat. Bagi Anda yang sudah bosan dengan bentuk muffin yang biasa saja, produk ini akan menghilangkan kebosanan Anda.

Berbahan heavy gauge steel cetakan ini aman, tahan lama, serta mampu menghantarkan panas dengan baik. Muffin Anda pun dapat mengembang dan matang dengan sempurna. Memiliki lapisan antilengket, Anda pun tidak akan kesulitan melepas muffin dari cetakannya. Kalau sudah bosan dengan muffin, bagaimana kalau membuat donat betulan dengan cetakan ini?

8. KitchenAid Nonstick 12-Cavity Mini Muffin Pans Set of 2

8. KitchenAid Nonstick 12-Cavity Mini Muffin Pans Set of 2

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 470.000

Dapatkan sepasang pan berkualitas sekaligus dalam satu produk

Beli 1 dapat 2 mungkin ungkapan yang pas untuk cetakan ini. Bila oven Anda cukup besar, Anda dapat menggunakannya sekaligus. Boleh juga gunakan salah satu saja bila memang dirasa sudah cukup. Cetakan muffin yang dapat dipakai sesuai kebutuhan, merupakan salah satu keunggulan produk ini. Cocok untuk Anda yang ingin lebih efisien saat memanggang muffin.

Dibuat dengan baja berkualitas dan lapisan logam antikarat, cetakan ini lebih tahan lama dan mudah dirawat. Cetakan ini juga memiliki lapisan antilengket yang memudahkan Anda untuk mengeluarkan muffin dan membersihkan setelahnya. Berkat desain antikorosifnya, Anda pun tidak perlu khawatir cetakan menjadi tergores-gores karena sering digunakan.

7. IKEA VARDAGEN Muffin Tin

7. IKEA VARDAGEN Muffin Tin

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 304.200

Bahan ringan yang menghantarkan panas dengan baik

Tampak luar, cetakan muffin ini terlihat tipis dan rapuh. Namun, jangan salah! Cetakan berbahan aluminium tahan karat ini dijamin awet bertahun-tahun. Aluminium dikenal sebagai penghantar panas yang baik dan tahan karat, begitu pula dengan produk ini. Dengan panas yang cepat menyebar ke seluruh cetakan, muffin Anda pun bisa matang dengan sempurna dan merata.

Bobot cetakan yang ringan membuat beban tangan saat mengangkatnya dari dalam oven juga berkurang. Hal ini tentu mengurangi resiko kecelakaan sehingga cocok untuk Anda yang sering membuat muffin untuk camilan sehari-hari. Sayangnya, untuk mencegah lengketnya muffin di cetakan, Anda harus mengolesi cetakan dengan minyak atau butter terlebih dahulu.

6. Facklemann Zenker 12 Cup Muffin Pan

6. Facklemann Zenker 12 Cup Muffin Pan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Cetakan muffin buatan Jerman yang tahan suhu tinggi

Dalam memilih cetakan muffin, memperhatikan daya tahan dan kemampuannya menghantarkan panas adalah keharusan. Salah satu produk yang memenuhi dua persyaratan di atas adalah cetakan muffin dari Facklemann Zenker ini. Cetakan muffin berbahan food grade carbon steel dan berlapis bahan teflon klasik ini bahkan aman digunakan hingga suhu 230 derajat celcius.

Peralatan masak buatan Jerman memang terkenal bandel. Untuk menjaminnya, produk ini bahkan dilengkapi dengan garansi 5 tahun! Bila Anda menginginkan segala ketangguhan pada cetakan muffin, produk inilah jawabannya. Biarpun hanya berisi 12 cup, panjangnya nyaris mencapai 40 cm. Jadi, pastikan oven Anda cukup untuk menampungnya, ya!

5. Master Pastry Non-Stick 12 Cup Muffin Pan

5. Master Pastry Non-Stick 12 Cup Muffin Pan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 58.600

Karena cetakan muffin berkualitas tidak harus mahal

Anda mulai menekuni hobi membuat kue dan sedang mencari muffin pan yang murah? Jika begitu, kami merekomendasikan cetakan ini kepada Anda. Walaupun harganya murah, jangan remehkan kualitasnya. Anda masih dapat membuat muffin mulus sempurna berkat lapisan antilengketnya. Karena logam pembuatnya berkualitas, produk ini juga tidak mudah penyok!

Tidak perlu takut karat akan menggerogoti cetakan muffin Anda karena permukaan produk ini sudah dilapisi dengan antikarat. 12 buah ceruk yang tersedia pasti sudah cukup untuk praktek membuat muffin. Fitur-fitur standar yang lengkap ini hadir dengan harga terjangkau. Anda pun dapat memulai hobi membuat muffin tanpa perlu banyak biaya.

4. OIKEA Silicone Tea Cup Muffin Mold

4. OIKEA Silicone Tea Cup Muffin Mold

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 39.000

Bentuk cup yang indah untuk menghiasi acara Anda

Bila Anda ingin membuat kerabat, keluarga, atau teman-teman Anda terkesan dengan muffin buatan Anda, produk ini bisa membantu. Mereka pasti akan terpukau dengan cetakan muffin yang satu ini karena bentuk tea cup-nya yang unik. Penyajian muffin yang tadinya biasa saja, pasti jadi terlihat luar biasa dengan produk ini. Anak-anak pun pasti menyukainya.

Cetakan ini dibuat dengan bahan silikon berkualitas, tidak berbahaya, dan tidak menimbulkan bau sehingga aman serta tidak merusak rasa muffin Anda. Anda juga tidak perlu khawatir karena cetakan muffin ini tahan pada suhu tinggi. Teksturnya yang fleksibel memudahkan Anda dalam melepas muffin dari cetakan dan membersihkannya. Tertarik?

3. HL Top Jeans Silicone Muffin Mold

3. HL Top Jeans Silicone Muffin Mold

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 148.000

Cetakan muffin berbahan silikon dengan tampilan menggemaskan

Apa kesan Anda ketika melihat bentuk cetakan muffin diatas? Lucu dan menggemaskan, bukan? Dengan cetakan berbentuk menarik ini, buah hati Anda pasti akan semakin lahap menyantap muffin yang Anda buat. Selain itu, tea time Anda bersama si buah hati akan menjadi lebih menyenangkan dengan cetakan yang tampak seperti mainan ini.

Bukan hanya tampilannya saja yang menjadi unggulan, cetakan berbahan silikon yang mudah dibersihkan dan antilengket ini pun tahan lama. Karena tidak menimbulkan bau, produk yang aman ini tidak akan merusak rasa muffin Anda. Bagi Anda yang ingin menikmati waktu yang menyenangkan bersama si buah hati, cetakan ini dapat menjadi pilihan Anda.

2. OvenArt 12 Cup Silicone Muffin Pan

2. OvenArt 12 Cup Silicone Muffin Pan

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 615.735

Bahan silikon yang fleksibel dengan tingkat keamanan tinggi

Tampilannya tampak biasa? Jangan salah! Cetakan berbahan silikon ini memiliki keunggulan selayaknya cetakan berbahan silikon lainnya, yaitu fleksibel. Muffin yang telah matang pun dapat Anda keluarkan dengan mudah dari cetakannya. Tidak hanya itu, ternyata cetakan ini terbuat dari silikon premium yang 100% BPA-free sehingga jelas aman untuk digunakan pada makanan.

Dengan bahan pembuat berstandar Eropa, Anda pun tidak perlu takut muffin jadi beraroma seperti plastik bila dipanggang menggunakan cetakan ini. Setelah selesai digunakan, produk ini dapat langsung dicuci tanpa harus direndam terlebih dahulu. Tanpa ribet, produk ini cocok untuk Anda yang cenderung enggan membuang waktu untuk merawat cetakan muffin.

1. Cetakan Silikon Warna-warni

1. Cetakan Silikon Warna-warni

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 87.523

Berbagai warna yang indah agar tampilan muffin lebih menggoda

Anda pasti sudah tidak asing dengan cetakan berbentuk mangkuk klasik seperti ini. Cetakan seperti ini umumnya terbuat dari bahan kertas yang langsung dibuang setelah digunakan. Nah, produk ini mempertahankan bentuk klasik, tetapi dengan bahan pembuat yang inovatif, yaitu silikon. Lebih ramah lingkungan, produk ini tentu saja dapat digunakan kembali setelah dicuci bersih.

Cetakan muffin ini hadir dalam berbagai pilihan warna dan harga yang ekonomis. Saat Anda sedang bosan membuat muffin, cetakan ini cocok juga digunakan untuk mencetak jelly atau agar-agar. Digunakan sebagai tempat lauk-pauk pada bekal juga oke. Anda yang menginginkan cetakan muffin dengan warna menarik, serbaguna, dan ekonomis, ini dia jawabannya.

Kesimpulan

Demikian beberapa poin yang perlu Anda perhatikan dalam memilih dan rekomendasi cetakan muffin untuk Anda jadikan referensi. Dalam memilih cetakan muffin, sebaiknya Anda memperhatikan ukuran oven, ukuran muffin yang ingin Anda buat, dan bahan dari cetakan muffin.

Nah, Apakah Anda sudah menemukan cetakan muffin favorit Anda? Dengan berinvestasi pada cetakan muffin yang sesuai dengan selera dan level memasak Anda, membuat muffin pasti akan lebih mudah dan menyenangkan, bukan?