• 10 Cetakan Muffin Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Cetakan Muffin Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Cetakan Muffin Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Cetakan Muffin Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Cetakan Muffin Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Cetakan Muffin Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)

Saat ingin membuat muffin, Anda memerlukan cetakan muffin. Jika dilihat dari bahannya, cetakan muffin yang dijual di pasaran ternyata beragam. Ada cetakan yang terbuat dari stainless, kertas, dan silikon yang berwarna-warni. Selain itu, bentuknya juga bervariasi, seperti bulat, persegi, hingga bintang.


Kami akan membagikan tips memilih cetakan muffin terbaik. Setelah itu, kami akan merekomendasikan cetakan muffin yang bagus dari merek Royal Ami hingga Maspion Logam Jawa. Jadi, simak pembahasannya sampai tuntas dan pilihlah cetakan yang cantik agar muffin terlihat menarik. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Stella Permata
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Pastry instructor, Stella Permata

Profil pakar: Pastry instructor, Stella Permata
Stella Permata
Pastry instructor
Stella Permata

Stella Permata aktif sebagai ahli dalam bidang pastry. Ia memiliki pengalaman bekerja di beberapa hotel, cake shop, dan restoran di Jakarta selama 7 tahun. Stella juga mengajar pastry di Podomoro University selama kurang lebih 2 tahun. Selain mengajar di universitas, ia juga mengajar di MODENA dan mengisi beberapa konten brand alat masak lainnya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih cetakan muffin

Apakah Anda berpikir kalau semua cetakan muffin itu sama? Jika demikian, Anda sebaiknya membaca artikel ini terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum membeli cetakan muffin agar Anda tidak kecewa dengan kualitas dan fungsinya.

Pilih cetakan berdasarkan bahan yang digunakan

Terdapat empat bahan yang umum digunakan untuk membuat cetakan muffin, yaitu silikon, baja, aluminium, dan kertas. Tiap-tiap bahan tersebut memiliki kelebihan yang berbeda. Dalam hal ini, Anda sebaiknya memilih bahan cetakan yang memudahkan proses memanggang atau mengukus muffin. Untuk lebih jelasnya silakan Anda simak penjelasan di bawah ini.

Silikon, melepas kue dan membersihkan cetakan jadi lebih mudah

Silikon, melepas kue dan membersihkan cetakan jadi lebih mudah

Apabila Anda ingin mendapatkan kemudahan saat memanggang muffin, pilih cetakan dari bahan silikon. Bahan silikon umumnya membuat muffin tidak menempel sehingga memudahkan Anda saat melepasnya. Selain itu, bentuknya lebih variatif dan proses membersihkan cetakan pun lebih mudah dilakukan.


Bahan silikon terbuat dari karet yang bersifat isolatif sehingga tidak menghantarkan arus listrik. Di samping itu, bahan silikon juga tidak berbau, tidak berasa, serta tidak menyebabkan perubahan warna.


Keunggulan tersebut membuat silikon masuk dalam kategori produk food grade atau aman bagi manusia. Meski terbuat dari karet, silikon mampu menahan suhu tinggi (100–250 °C), kelembapan tinggi, zat kimia, dan minyak.

Baja, penghantar panas yang baik sekaligus penghasil warna panggangan cantik

Baja, penghantar panas yang baik sekaligus penghasil warna panggangan cantik

Logam baja cukup sering digunakan dalam pembuatan cookware. Ada dua macam logam baja yang populer, yaitu baja stainless dan baja karbon.


Baja stainless merupakan paduan besi dengan kromium, mangan, nikel, dan molibden. Kombinasi logam-logam tersebut menjadikannya tahan karat. Cetakan yang terbuat dari baja stainless juga mudah dibersihkan dan tidak mengubah rasa makanan. Di pihak lain, kemampuan menghantarkan panasnya juga bagus sehingga pemanggangan jadi lebih maksimal.


Baja karbon adalah baja dengan kandungan karbon yang relatif tinggi. Baja karbon biasanya dilapisi teflon. Bahan ini merupakan lapisan yang bisa menahan panas hingga 260 °C. Karena memiliki sifat antilengket, Anda dapat memanggang muffin tanpa harus mengoleskan mentega terlebih dahulu pada cetakan.

Aluminium, cetakan yang ringan dan tahan panas

Aluminium, cetakan yang ringan dan tahan panas

Cetakan berbahan aluminium banyak ditemukan di toko alat memasak di Indonesia. Logam aluminium berbobot ringan dan tahan karat. Logam yang relatif tahan garam ini juga merupakan penghantar panas yang baik. Namun, logam aluminium umumnya tidak dilengkapi lapisan antilengket


Supaya muffin mudah dilepaskan, Anda bisa mengoleskan mentega ke bagian dalam cetakan dan menaburinya dengan tepung tipis-tipis. Selain itu, Anda bisa menggunakan kertas roti. Anda cukup memasukkan kertas roti ke dalam cetakan muffin sebelum menuangkan adonan. Alhasil, muffin jadi lebih mudah diambil dari cetakan saat matang.

Kertas, tak perlu repot melepas setelah memanggang

Kertas, tak perlu repot melepas setelah memanggang

Selanjutnya, ada cetakan kertas. Cetakan jenis ini termasuk praktis karena Anda dapat menghidangkan muffin tanpa harus melepaskan cetakannya. Namun, Anda perlu memperhatikan ketebalannya. Cetakan kertas yang tebal akan menahan adonan muffin dengan kokoh selama proses pemanggangan.


Sekarang ini tersedia cetakan muffin dengan hiasan cantik dan menarik. Muffin dengan cetakan kertas ini bisa dikemas dan dijadikan bingkisan. Dengan begitu, Anda tak perlu susah-susah lagi memikirkan bentuk kemasannya. Gunakan cetakan berbahan dasar kertas yang kokoh bila tidak menggunakan loyang karena berisiko adonan muffin tumpah.

Sesuaikan tipe cetakan dengan kebutuhan

Cetakan muffin terdiri dalam beberapa tipe, yakni loyang, cup, dan kukus. Kami akan memberi tahu kelebihan dari ketiga tipe cetakan tersebut.

Tipe loyang, bisa memanggang dalam jumlah banyak sekaligus

Tipe loyang, bisa memanggang dalam jumlah banyak sekaligus

Anda yang ingin memanggang muffin dalam jumlah banyak pada sekali waktu dapat mempertimbangkan cetakan tipe loyang. Kelebihan cetakan tipe loyang adalah muffin yang Anda dapatkan dalam sekali panggangan berukuran sama. Anda pun tidak perlu menata cup berisi adonan satu per satu di atas loyang sehingga bisa menghemat waktu.


Umumnya cetakan jenis loyang berisi enam hingga dua belas ceruk. Ada juga cetakan yang memiliki lebih dari dua belas ceruk. Namun, perlu Anda ingat bahwa makin banyak jumlah ceruk dalam loyang, makin kecil ukuran muffin yang dipanggang. 


Diameter cerukan pada setiap loyang biasanya berbeda. Loyang dengan enam ceruk biasanya berdiameter 6 cm. Sementara itu, loyang berjumlah dua belas ceruk biasanya memiliki diameter sekitar 5 cm. Nah, Anda sebaiknya menentukan terlebih dahulu ukuran muffin yang ingin dibuat sebelum memilih loyang.

Tipe cup, bisa digunakan untuk oven dalam berbagai ukuran

Tipe cup, bisa digunakan untuk oven dalam berbagai ukuran

Cetakan tipe cup umumnya terbuat dari kertas, silikon, aluminium, hingga baja. Cetakan berupa cup dapat digunakan pada oven berukuran apa saja. Jadi, Anda tidak perlu khawatir salah memilih ukuran. Apabila Anda menggunakan oven ukuran kecil dan ingin membuat muffin yang besar, Anda bisa mempertimbangkan cetakan tipe ini.


Diameter cetakan muffin tipe cup bervariasi. Ada yang berdiameter 7 cm atau lebih dan ada pula cetakan cup berdiameter lebih kecil. Dalam hal ini, Anda tinggal menyesuaikan dengan ukuran muffin yang ingin dibuat.

Tipe kukus, untuk cita rasa nan lembut dan legit

Tipe kukus, untuk cita rasa nan lembut dan legit

Sejak muffin muncul di Eropa pada sekitar abad ke-10, muffin biasa dimasak langsung di atas pemanggangan. Namun, muffin mulai muncul dalam beragam bentuk sajian maupun cara memasak, contohnya kukus. Bagi Anda yang tidak memiliki oven atau ingin menjajal muffin yang berbeda, muffin kukus layak dipertimbangkan.


Cetakan muffin kukus biasanya memiliki lubang di sisinya. Lubang-lubang tersebut memastikan panas dari uap air akan mematangkan muffin seutuhnya. Ada pula cetakan muffin kukus yang tidak dilengkapi lubang. Tambahan lagi, cetakan muffin kukus biasanya berdiameter lebih lebar dan tak setinggi cetakan bolu kukus

Pilih cetakan yang sesuai dengan ukuran oven Anda

Pilih cetakan yang sesuai dengan ukuran oven Anda

Hal selanjutnya yang sebaiknya diperhatikan ketika memilih cetakan muffin adalah menyesuaikan ukuran cetakan dengan ukuran oven. Pilihlah ukuran cetakan yang mudah dimasukkan ke dalam oven. Oven berkapasitas kecil, kira-kira 15 L, memiliki ukuran cukup sempit. Jadi, pastikan Anda mengecek ukurannya sebelum membeli karena terkadang cetakan tipe loyang lebih besar dari kelihatannya.


Loyang dengan enam buah ceruk biasanya memiliki ukuran 26 cm x 18 cm. Sementara itu, loyang dengan dua belas ceruk berukuran 1 cm hingga 2 cm lebih besar. Untuk mengecek ukuran oven, Anda bisa menyejajarkan dua buah cetakan tipe enam ceruk. Tips ini perlu Anda coba.

10 Rekomendasi cetakan muffin terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cetakan muffin terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Stella Permata.

10
TipeLoyang
BahanBaja stainless
Ukuran (P x L x T)26,7 cm x 18,6 cm x 3,2 cm
Jumlah ceruk6
DiameterTidak disebutkan
9

Maspion Logam Jawa12 Cup Muffin Pan Champagne Gold

Mulai dari Rp 128.200,00

TipeLoyang
BahanAluminium anodisa
Ukuran (P x L x T)42 cm x 30 cm x 4 cm
Jumlah ceruk12
DiameterAtas: 5 cm・Bawah: 4,5 cm
8
TipeLoyang
BahanBaja karbon berlapis keramik
Ukuran (P x L x T)35 cm x 26,5 cm x 3 cm
Jumlah ceruk12
DiameterAtas: 7 cm・Bawah: 5 cm
7
TipeLoyang
BahanBaja karbon antilengket
Ukuran (P x L x T)25,5 cm x 19,5 cm x 2,5 cm
Jumlah ceruk12
DiameterAtas: 5 cm・Bawah: 3 cm
6

Cook's HabitMuffin Donut 12 Cups

ACS-00114

Mulai dari Rp 199.900,00

TipeLoyang
BahanBaja karbon dengan lapisan antilengket Xylan
Ukuran (P x L x T)35,5 cm x 27 cm x 2 cm
Jumlah ceruk12
Diameter7,5 cm
5

Sunday AlleyLoyang Muffin Anti Lengket

Mulai dari Rp 39.000,00

TipeLoyang
BahanBaja karbon antilengket
Ukuran (P x L x T)6 ceruk: 26,5 cm x 18,5 cm・12 ceruk: 35,3 cm x 26,5 cm
Jumlah ceruk6 dan 12
DiameterAtas: 6,5 cm・Bawah: 5 cm
4
TipeCup
BahanSilikon
Ukuran (P x L x T)6,5 cm x 6,5 cm x 3 cm
Jumlah ceruk1
DiameterAtas: 7 cm・Bawah: 4,5 cm
3

HomeMasterMuffin Pan Non Stick

MBPH6

Mulai dari Rp 40.000,00

TipeLoyang
BahanLogam lapis teflon
Ukuran (P x L x T)26,5 cm x 18 cm x 3 cm
Jumlah ceruk6
DiameterAtas: 6 cm・Bawah: 5 cm
2

OppoliaSilicone Muffin Cup

Mulai dari Rp 1.970,00

TipeCup
BahanSilikon
Ukuran (P x L x T)3,5 cm (tinggi)
Jumlah ceruk1
Diameter7 cm (atas)
1
TipeCup
BahanKertas
Ukuran (P x L x T)4,5 cm (tinggi)
Jumlah ceruk1
DiameterAtas: 6 cm・Bawah: 5 cm

Tabel perbandingan produk cetakan muffin terbaik

Gambar produk
1
Cup Kertas Muffin Small 1

2
Oppolia Silicone Muffin Cup 1

Oppolia

3
HomeMaster Muffin Pan Non Stick 1

HomeMaster

4
CaTalina Silicone Muffin Cups 1

CaTalina

5
Sunday Alley Loyang Muffin Anti Lengket 1

Sunday Alley

6
Cook's Habit Muffin Donut 12 Cups 1

Cook's Habit

7
Royal Ami Mini Muffin Pan 1

Royal Ami

8
Monna Bakeware Muffin Pan 12 Cups 1

Monna Bakeware

9
Maspion Logam Jawa 12 Cup Muffin Pan Champagne Gold 1

Maspion Logam Jawa

10
Wiltshire Rose Gold Muffin Pan 1

Wiltshire

Nama produk

Cup Kertas Muffin Small

Silicone Muffin Cup

Muffin Pan Non Stick

Silicone Muffin Cups

Loyang Muffin Anti Lengket

Muffin Donut 12 Cups

Mini Muffin Pan

Muffin Pan 12 Cups

12 Cup Muffin Pan Champagne Gold

Rose Gold Muffin Pan

Keunggulan

Cetakan kertas yang tebal dan bisa dibeli dalam jumlah custom

Buat muffin beraneka bentuk, anak-anak pasti suka!

Lapisan teflonnya memudahkan Anda mengeluarkan muffin

Multifungsi! Bisa untuk membuat muffin panggang dan kukus!

Pinggirannya halus sehingga tidak menggores kulit

Muffin atau donat? Buat orang tertarik mencicipinya

Buat muffin mini sekali gigit dengan cetakan ini

Muffin bebas lengket berkat ceramic coating

Panasnya menyebar, muffin pun matang merata

Cetakan stainless bebas PFOA dengan warna elegan

Harga mulai dariRp 265,00Rp 1.970,00Rp 40.000,00Rp 129.168,00Rp 39.000,00Rp 199.900,00Rp 99.000,00Rp 188.000,00Rp 128.200,00Rp 109.000,00
TipeCupCupLoyangCupLoyangLoyangLoyang LoyangLoyang Loyang
BahanKertasSilikonLogam lapis teflonSilikonBaja karbon antilengketBaja karbon dengan lapisan antilengket XylanBaja karbon antilengket Baja karbon berlapis keramikAluminium anodisaBaja stainless
Ukuran (P x L x T)4,5 cm (tinggi)3,5 cm (tinggi)26,5 cm x 18 cm x 3 cm6,5 cm x 6,5 cm x 3 cm6 ceruk: 26,5 cm x 18,5 cm・12 ceruk: 35,3 cm x 26,5 cm35,5 cm x 27 cm x 2 cm25,5 cm x 19,5 cm x 2,5 cm35 cm x 26,5 cm x 3 cm42 cm x 30 cm x 4 cm26,7 cm x 18,6 cm x 3,2 cm
Jumlah ceruk11616 dan 12121212126
DiameterAtas: 6 cm・Bawah: 5 cm7 cm (atas)Atas: 6 cm・Bawah: 5 cmAtas: 7 cm・Bawah: 4,5 cm Atas: 6,5 cm・Bawah: 5 cm7,5 cmAtas: 5 cm・Bawah: 3 cmAtas: 7 cm・Bawah: 5 cmAtas: 5 cm・Bawah: 4,5 cmTidak disebutkan
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar cetakan muffin

Pertanyaan umum seputar cetakan muffin

Sukses membuat muffin tidak hanya bergantung pada resep yang tepat, tetapi juga alat yang memadai. Setelah menyimak cara memilih serta rekomendasi produk, tidak ada salahnya mengetahui pertanyaan umum tentang cetakan muffin. Informasi ini akan memperkaya wawasan. Dengan demikian, peluang keberhasilan pembuatan muffin pun makin tinggi.

Sebetulnya, apa saja jenis-jenis muffin?

Meninjau bentuknya, muffin terbagi dalam dua jenis, yakni American muffin dan English muffin. American muffin dikembangkan dengan ragi, memiliki rasa manis dengan permukaan agak merekah, dan dipenuhi beragam topping.


Sementara itu, English muffin berbentuk bulat agak pipih, gurih, dan dikembangkan dengan baking powder. English muffin lebih menyerupai roti dan rasanya tidak manis. English muffin sering disajikan dengan poached egg dan hollandaise sauce (egg benedict).

Berapa ukuran standar cetakan muffin cup?

Muffin muncul sebagai penganan yang habis dalam sekali lahap. Ukuran standarnya termasuk kecil, yakni 5 cm (diameter) x 3–3,5 cm (tinggi). Selain itu, ada muffin mini berdiameter 2,5 cm dan muffin jumbo berdiameter 8 cm. 

Tips membuat muffin tanpa cetakan

Tips membuat muffin tanpa cetakan

Muffin merupakan roti yang dikembangkan dengan baking soda dan dicetak dalam wadah bulat kecil. Muffin enak disantap sebagai teman minum teh. Namun, bagaimana jika Anda tak kunjung menemukan cetakan muffin yang tepat? Tenang! Masih ada cara untuk membuat muffin tanpa cetakan. 


Setidaknya ada dua cara yang patut dicoba. Namun, perlu diingat bahwa cetakan pengganti ini hanya bisa digunakan untuk jenis panggang. Jangan sampai keliru, ya, agar muffin Anda bisa matang sempurna tanpa bantat. 


  • Menggunakan paper cup: Mangkuk kertas banyak dipakai untuk mewadahi kue mungil, seperti pai susu dan egg tart. Jika Anda memiliki banyak stok, paper cup bisa digunakan sebagai cetakan muffin. Namun, mangkuk kertas ini sangat tipis sehingga Anda perlu menggunakan 3–5 lembar untuk satu adonan.


  • Menggunakan cangkirAnda bisa memanfaatkan cangkir di rumah. Oleskan mentega tipis-tipis dan masukkan adonan muffin ke dalamnya. Gunakanlah cangkir tahan panas. Jadi, cangkir Anda tidak akan pecah saat dimasukkan ke dalam oven.

Fungsi lain cetakan muffin

Fungsi lain cetakan muffin

Beberapa dari Anda mungkin mengira cetakan muffin hanya dapat digunakan untuk memanggang muffin. Sebenarnya, cetakan muffin adalah alat yang dapat digunakan untuk membuat berbagai menu. Misalnya, Anda bisa memasukkan adonan roti atau pai ke dalam cetakan muffin. Simsalabim, jadilah kue mini. 


Anda juga bisa membuat lauk atau makanan tambahan untuk bekal, seperti cup omelet atau puding. Cetakan tipe cup dari bahan kertas bisa menjadi wadah cup cake dengan frosting yang lucu. Jadi, sebaiknya Anda memiliki satu cetakan muffin.

Tips dari pastry instructor kami, Stella Permata

Tips dari pastry instructor kami, Stella Permata

Semua cetakan muffin yang direkomendasikan pada artikel ini bisa digunakan sebagai cetakan cake jenis panggang lainnya. Anda bisa menggunakannya untuk membuat cupcakes, pound cake, dan butter cake. Dengan begitu, penyajiannya langsung terporsi tanpa harus memotong-motongnya lagi.


Apa pun bahannya, cetakan muffin harus dibersihkan secara sempurna dan dikeringkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari aroma yang tidak enak dari cetakan tersebut terutama cetakan silikon.

Baca juga rekomendasi loyang dan cetakan makanan lainnya di sini

Sebelumnya, kami juga pernah membuat artikel tentang cetakan makanan lain, seperti donat, kue kering, hingga takoyaki. Jika Anda ingin membaca artikel tersebut, silakan buka tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah menjabarkan poin-poin yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih cetakan muffin. Di samping itu, kami pun telah merekomendasikan cetakan muffin terbaik dari berbagai merek. Nah, sekarang adalah giliran Anda untuk memilih dan menentukan pilihan.

Saat Anda memilih cetakan muffin, jangan lupa untuk memperhatikan bahan dan jenis cetakan. Selain itu, pastikan Anda memperhatikan ukuran oven dan menentukan ukuran muffin yang ingin dibuat, ya! Selamat memilih dan berbelanja.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Convection Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Convection Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Microwave oven convection adalah alat yang dapat memanaskan makanan serta memasak bahan makanan dengan cepat. Hasilnya pun akan matang secara merata. Anda dapat menemukan beragam merek microwave oven convection di pasaran, seperti Electrolux, Modena, Sharp, hingga Panasonic. Banyaknya merek yang beredar mungkin membuat Anda bingung dalam memilih produk yang bagus dan sesuai kebutuhan. Untuk menjawab kebingungan Anda, kali ini kami akan memberikan tips memilih produk microwave oven convection. Selain itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda pilih. Simak artikel ini hingga akhir, ya!
    Perlengkapan baking
  • 10 Loyang Kue Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Loyang Kue Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Loyang sangat diperlukan untuk membuat kue. Ada beragam loyang dengan fungsinya masing-masing, seperti loyang kue kering atau loyang kue bolu. Bahan pembuatnya pun bermacam-macam, seperti aluminium, silikon, atau kaca. Pada kesempatan ini, kami akan memperkenalkan produk-produk loyang kue yang bagus dari beragam merek. Anda akan menemukan loyang kue antara lain dari Cookshabit, Maxim Bakeware, dan Chefmade. Kami juga akan membagikan cara memilih loyang kue terbaik. Tak ketinggalan kami tampilkan pula rekomendasi dengan kisaran harganya. Mari baca artikel ini untuk mengetahuinya! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Perlengkapan baking
  • 10 Saringan Tepung Terbaik - Ditinjau oleh Cake Designer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saringan Tepung Terbaik - Ditinjau oleh Cake Designer (Terbaru Tahun 2022)
    Saringan tepung atau flour sieve adalah perkakas penting bagi para baker untuk membuat roti berkualitas. Proses pengayakan akan membuat tepung tidak menggumpal sehingga adonan dapat mengembang sempurna. Di sini, Anda akan mendapati saringan tepung terigu dan tepung lainnya dari bahan stainless, aluminium, atau plastik.Saringan tepung halus hingga paling halus, mulai dari ukuran kecil sampai besar pun akan Anda temui. Selain merek IKEA dan Maspion, adakah merek lain yang bagus dan menarik untuk dipilih? Artikel ini sudah ditinjau oleh cake designer kami, Adela Andriana. Mari ikuti informasi selengkapnya!
    Perlengkapan baking
  • 10 Cetakan Donat Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cetakan Donat Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    Cetakan donat atau doughnut mold adalah alat untuk membantu Anda membuat donat dengan mudah. Meskipun fungsinya sederhana, sebetulnya alat pembuat donat ini tersedia dalam berbagai varian. Sebut saja cetakan donat plastik, cetakan donat panggang, ring cutter donat, dan sebagainya.Pada artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Kami juga akan memberikan tips memilih cetakan donat yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta. Gunakan cetakan yang tepat agar donat buatan Anda tampak cantik!
    Perlengkapan baking
  • 10 Cetakan Cokelat Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cetakan Cokelat Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Dengan cetakan cokelat, Anda dapat membuat cokelat dengan bentuk yang indah. Peluang bisnis menjual cokelat juga bisa Anda mulai, terutama pada hari Valentine. Anda juga mungkin ingin menantang diri untuk membuat cokelat praline yang sedang hits itu.Dilihat dari materialnya, terdapat cetakan coklat silikon, mika, plastik, dan lainnya. Sementara itu, cetakan coklat karakter, buah, huruf, love, dan lainnya pun bisa ditemukan di pasaran. Di artikel ini, kami akan memaparkan cara memilih dan merekomendasikan cetakan cokelat yang bagus. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Perlengkapan baking
  • 10 Loyang Roti Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Loyang Roti Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    Loyang mempunyai peran penting dalam membuat roti. Selain untuk memanggang adonan, loyang juga menentukan terciptanya aneka bentuk roti. Ada banyak bentuk loyang yang dijual di pasaran, mulai dari loyang kotak, persegi panjang, hingga oval. Jika Anda ingin membuat roti yang sempurna tanpa lengket, perhatikanlah kualitas dan bahan loyang yang digunakan. Untuk itu, kami akan memaparkan cara memilih loyang roti yang bagus. Kami juga akan mengulas loyang roti terbaik dari merek CHEF MADE, Cook's Habit, hingga Suncity. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta. Mari simak selengkapnya!
    Perlengkapan baking
  • 9 Gelas Ukur Terbaik untuk di Dapur - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    9 Gelas Ukur Terbaik untuk di Dapur - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Gelas ukur sering dikaitkan dengan peralatan laboratorium yang dipakai untuk mengukur volume zat kimia. Sebenarnya, hal tersebut tidaklah salah. Namun, di artikel ini kami akan membahas gelas ukur yang bagus untuk di dapur.Gelas ukur biasanya terbuat dari stainless steel atau plastik. Kapasitasnya beragam, dari 10 ml, 50 ml, 100 ml, hingga 200 ml. Beberapa merek juga memiliki produk berkapasitas 400 ml dan 1000 ml, seperti IKEA serta OXO. Simak pembahasan berikut agar Anda menemukan gelas ukur terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Perlengkapan baking
  • 10 Rekomendasi Oven Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Oven Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Oven merupakan peralatan dapur yang sering digunakan untuk membuat kue. Salah satu jenis oven dengan kapasitas besar yang dapat Anda temui di pasaran adalah oven gas. Sesuai namanya, oven gas menggunakan sumber energi panas yang berasal dari gas elpiji. Pada artikel ini, kami akan mengulas tips memilih oven gas terbaik yang dapat Anda beli secara online. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi merk oven gas single dan tanam terbaik untuk dapur pribadi dan usaha rumahan. Oven gas merek Bima Mega, Modena, dan Hock akan kami ulas keunggulannya. Selamat membaca!
    Perlengkapan baking
  • 10 Rekomendasi Cetakan Kue Pukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cetakan Kue Pukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kue pukis merupakan salah satu penganan yang digemari oleh semua kalangan masyarakat. Selain lezat, kue ini juga gampang dibuat sendiri di rumah. Namun, Anda membutuhkan cetakan kue pukis untuk mendapatkan bentuk yang sempurna. Di pasaran, Anda bisa dengan mudah menemukan cetakan kue pukis berbahan teflon, aluminium, hingga kuningan.Dengan banyaknya pilihan, mana yang tepat untuk dipilih? Tak usah khawatir! Kali ini kami akan membagi tips memilih cetakan kue pukis yang bagus. Rekomendasi produk-produk terbaik dari berbagai merek, seperti Suggo dan Signora, juga telah kami siapkan. Harganya pun bervariasi. Yuk, disimak!
    Perlengkapan baking
  • 10 Tatakan Kue Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tatakan Kue Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang berprofesi sebagai pastry chef pasti sudah tidak asing dengan tatakan kue. Cake base atau lebih dikenal dengan tatakan kue biasa Anda temukan dalam setiap pembelian kue tart dan  beragam kue.Pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai cara memilih tatakan kue yang bagus. Kami akan merekomendasikan sepuluh produk tatakan kue dari beragam merek terbaik. Selain itu, kami pun akan menjabarkan beragam kegunaan tatakan kue. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, baca artikel ini sampai habis dan segera checkout produk favorit Anda!
    Perlengkapan baking
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Oven Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Oven Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Oven merupakan peralatan dapur yang sering digunakan untuk membuat kue. Salah satu jenis oven dengan kapasitas besar yang dapat Anda temui di pasaran adalah oven gas. Sesuai namanya, oven gas menggunakan sumber energi panas yang berasal dari gas elpiji. Pada artikel ini, kami akan mengulas tips memilih oven gas terbaik yang dapat Anda beli secara online. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi merk oven gas single dan tanam terbaik untuk dapur pribadi dan usaha rumahan. Oven gas merek Bima Mega, Modena, dan Hock akan kami ulas keunggulannya. Selamat membaca!
    Perlengkapan baking
  • 10 Loyang Kue Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Loyang Kue Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Loyang sangat diperlukan untuk membuat kue. Ada beragam loyang dengan fungsinya masing-masing, seperti loyang kue kering atau loyang kue bolu. Bahan pembuatnya pun bermacam-macam, seperti aluminium, silikon, atau kaca. Pada kesempatan ini, kami akan memperkenalkan produk-produk loyang kue yang bagus dari beragam merek. Anda akan menemukan loyang kue antara lain dari Cookshabit, Maxim Bakeware, dan Chefmade. Kami juga akan membagikan cara memilih loyang kue terbaik. Tak ketinggalan kami tampilkan pula rekomendasi dengan kisaran harganya. Mari baca artikel ini untuk mengetahuinya! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Perlengkapan baking
  • 10 Rekomendasi Timbangan Kue yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Timbangan Kue yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk membuat roti dan kue yang sempurna, bahan-bahan harus ditakar dengan tepat. Karena itulah, timbangan adalah perlengkapan wajib yang ada di dapur Anda. Timbangan kue terbagi menjadi dua tipe, digital dan manual. Keakuratan dan jumlah bahan yang bisa ditimbang setiap produk tentunya berbeda.Nah, kali ini kami akan memberikan tips memilih sekaligus memberi rekomendasi produk yang bagus dengan harga terjangkau. Merek timbangan kue, seperti Camry, Tanita, Krisbow, Kenmaster, Oxone, dan Lion Star ada dalam rekomendasi kami. Tidak ketinggalan, komentar dari cooking influencer, Inov Pelawi, juga akan melengkapi informasi kami.
    Perlengkapan baking
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Convection Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Convection Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Microwave oven convection adalah alat yang dapat memanaskan makanan serta memasak bahan makanan dengan cepat. Hasilnya pun akan matang secara merata. Anda dapat menemukan beragam merek microwave oven convection di pasaran, seperti Electrolux, Modena, Sharp, hingga Panasonic. Banyaknya merek yang beredar mungkin membuat Anda bingung dalam memilih produk yang bagus dan sesuai kebutuhan. Untuk menjawab kebingungan Anda, kali ini kami akan memberikan tips memilih produk microwave oven convection. Selain itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda pilih. Simak artikel ini hingga akhir, ya!
    Perlengkapan baking
  • 10 Cetakan Donat Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cetakan Donat Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)
    Cetakan donat atau doughnut mold adalah alat untuk membantu Anda membuat donat dengan mudah. Meskipun fungsinya sederhana, sebetulnya alat pembuat donat ini tersedia dalam berbagai varian. Sebut saja cetakan donat plastik, cetakan donat panggang, ring cutter donat, dan sebagainya.Pada artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Kami juga akan memberikan tips memilih cetakan donat yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta. Gunakan cetakan yang tepat agar donat buatan Anda tampak cantik!
    Perlengkapan baking
  • 10 Rekomendasi Cetakan Kue Pukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cetakan Kue Pukis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kue pukis merupakan salah satu penganan yang digemari oleh semua kalangan masyarakat. Selain lezat, kue ini juga gampang dibuat sendiri di rumah. Namun, Anda membutuhkan cetakan kue pukis untuk mendapatkan bentuk yang sempurna. Di pasaran, Anda bisa dengan mudah menemukan cetakan kue pukis berbahan teflon, aluminium, hingga kuningan.Dengan banyaknya pilihan, mana yang tepat untuk dipilih? Tak usah khawatir! Kali ini kami akan membagi tips memilih cetakan kue pukis yang bagus. Rekomendasi produk-produk terbaik dari berbagai merek, seperti Suggo dan Signora, juga telah kami siapkan. Harganya pun bervariasi. Yuk, disimak!
    Perlengkapan baking
  • 10 Cetakan Cokelat Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cetakan Cokelat Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Dengan cetakan cokelat, Anda dapat membuat cokelat dengan bentuk yang indah. Peluang bisnis menjual cokelat juga bisa Anda mulai, terutama pada hari Valentine. Anda juga mungkin ingin menantang diri untuk membuat cokelat praline yang sedang hits itu.Dilihat dari materialnya, terdapat cetakan coklat silikon, mika, plastik, dan lainnya. Sementara itu, cetakan coklat karakter, buah, huruf, love, dan lainnya pun bisa ditemukan di pasaran. Di artikel ini, kami akan memaparkan cara memilih dan merekomendasikan cetakan cokelat yang bagus. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Perlengkapan baking
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori