• 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)

Sama seperti wanita, pria pun memiliki masalah pada kulit. Untuk itu, pria juga disarankan menggunakan essence. Memilih essence yang cocok pada kulit akan mencegah munculnya jerawat atau iritasi kulit. Namun, banyaknya jenis essence yang memiliki manfaat berbeda mungkin membuat Anda bingung memilih produk sesuai permasalahan kulit yang dihadapi.

Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan tentang cara pemilihan essence yang tepat untuk kulit pria. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk terbaik dari berbagai merek, seperti SK-II, Innisfree, Shiseido, dan lainnya. Selamat membaca penjelasan berikut hingga akhir!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 3.501 Views
Daftar isi

Cara memilih essence untuk pria

Berikut beberapa tips yang dapat digunakan dalam memilih essence yang cocok untuk kulit pria. Kami telah membaginya berdasarkan karakteristik masing-masing jenis kulit. Yuk, simak selengkapnya!

Pilihlah sesuai dengan tipe kulit

Untuk menemukan essence yang tepat, Anda harus mengenali tipe kulit Anda terlebih dahulu. Secara umum, terdapat tiga tipe kulit pada pria. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan tipe kulit Anda.

Tipe kulit berminyak, pilih essence yang menyegarkan

Tipe kulit berminyak, pilih essence yang menyegarkan
Kulit berminyak disebabkan oleh tingginya sebum dan kelembapan pada kulit. Jenis kulit seperti ini biasanya memiliki banyak permasalahan, seperti wajah mengilap, terasa lengket, dan berjerawat.
Bagi pria dengan kulit berminyak, disarankan untuk menggunakan essence yang menyegarkan. Kandungan vitamin C derivatif juga dapat menekan sekresi sebum berlebih. Namun, asalkan essence yang Anda pilih bebas minyak dan menyegarkan, hal tersebut sudah cukup.
Meski terlihat berminyak, terkadang jenis kulit ini tidak memiliki kelembapan yang cukup. Untuk itu, essence yang menyegarkan dapat digunakan untuk meningkatkan kelembapan dan mengatasi masalah kulit berminyak.

Tipe kulit kombinasi, pilih essence yang mengandung pelembap

Tipe kulit kombinasi, pilih essence yang mengandung pelembap
Pada tipe kulit kombinasi, bagian dahi, hidung, dan dagu, atau yang lazim disebut daerah T, akan terasa berminyak. Namun, kulit di area wajah lainnya, seperti pipi, terasa kering.
Karakteristik tersebut dikarenakan jumlah sebum yang tinggi dengan tingkat kelembapan rendah. Untuk tipe kulit seperti ini, kami sarankan untuk menggunakan essence dengan kandungan pelembap. Ada orang yang lebih memilih essence dengan kandungan penyegar untuk mengurangi minyak pada daerah T. Akan tetapi, apabila tidak dilengkapi dengan pelembap, kulit akan jadi semakin kering.

Tipe kulit kering, pilih essence yang melembapkan

Tipe kulit kering, pilih essence yang melembapkan
Jumlah sebum dan tingkat kelembapan pada kulit kering sangat rendah sehingga lapisan keratin berkurang. Hal ini menyebabkan kulit mudah terkelupas, pecah-pecah, dan muncul keriput. Bila Anda memiliki kulit kering, pilihlah essence dengan kandungan pelembap dan minyak yang tinggi.
Pada dasarnya, Anda dapat memilih essence dengan pelembap seperti pada kulit kombinasi. Namun, jika Anda khawatir tidak cocok, Anda bisa menggunakan produk essence all-in-one.

Pilihlah sesuai dengan kondisi kulit

Dalam memilih essence, penting juga untuk mengetahui kondisi kulit Anda, misalnya kulit sensitif atau mudah berjerawat. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menemukan essence yang tepat.

Bila kulit terasa kasar setelah bercukur, pilih essence tanpa ethanol

Bila kulit terasa kasar setelah bercukur, pilih essence tanpa ethanol
Mungkin banyak pria yang merasa kulitnya menjadi kasar setelah bercukur dan mengeluh kulitnya mengalami iritasi jika menggunakan essence. Bagi orang-orang dengan kulit sensitif seperti ini, disarankan untuk menggunakan essence tanpa kandungan ethanol yang tidak mengakibatkan rangsangan kuat pada kulit.

Bila kulit rentan berjerawat, pilih essence yang non-comedogenic

Bila kulit rentan berjerawat, pilih essence yang non-comedogenic
Bagaimana dengan pria yang kulitnya mudah berjerawat atau menjadi kasar setelah bercukur? Kami sarankan untuk memilih essence yang dapat mencegah dan menyembuhkan jerawat. Jika memungkinkan, pilihlah essence dengan label non-comedogenic agar Anda lebih yakin akan efeknya terhadap jerawat.
Kandungan vitamin C derivatif mampu menekan sebum berlebih untuk mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, ada pula glycyrrhizic acid yang berfungsi untuk mengurangi iritasi atau peradangan pada kulit karena adanya jerawat. Pilihlah essence dengan kandungan tersebut untuk mengatasi jerawat Anda.

Bila kulit berbintik atau keriput, pilih essence yang mengandung kolagen

Bila kulit berbintik atau keriput, pilih essence yang mengandung kolagen
Seiring bertambahnya usia, jumlah bintik hitam dan keriput akan bertambah. Hal ini akan tentu akan membuat tampilan Anda tampak lebih kusam dan tua. Ada berbagai penyebab munculnya bintik hitam dan keriput, seperti bertambahnya umur, kekeringan, dan oksidasi kulit. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih essence yang mampu memperbaiki kondisi kulit.
Essence yang mengandung hyaluronic acid dan ceramide ampuh untuk mencegah kekeringan pada kulit dan efektif dalam melembapkan. Selain itu, Anda juga bisa memilih produk dengan kandungan kolagen yang bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit.

All-in-one essence mudah digunakan, tetapi hati-hati untuk kulit berminyak

All-in-one essence mudah digunakan, tetapi hati-hati untuk kulit berminyak
Jika Anda memilih produk all-in-one yang berisi essence, face emulsion, krim, dan lainnya, tentu rutinitas perawatan kulit menjadi lebih mudah. Produk dengan jenis seperti ini sangat populer di kalangan wanita. Namun, para pria harus berhati-hati dalam memilih produk all-in-one.
Essence jenis all-in-one mengandung tambahan emulsion sehingga komponen pelembapnya sangat tinggi. Hal ini sangat baik bila Anda memiliki kulit kering. Namun, jika Anda pemilik kulit berminyak, essence yang mampu melembapkan dengan baik bisa jadi akan menyebabkan kulit semakin mengilap.

10 Rekomendasi essence terbaik untuk pria

Bila Anda tidak memilih produk yang tepat, kulit bisa mengalami iritasi atau efek negatif lainnya. Kini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi essence terbaik untuk pria. Pilihlah yang paling sesuai, ya!
ManfaatMelembapkan, menyegarkan, mencerahkan, anti-aging, dan sebagainya
Jenis kulitKulit berjerawat, kusam
Kandungan utamaGalactomyces, vitamin B3, Aloe vera, niacinamide
Isi100 ml
ManfaatMencerahkan, mengurangi keriput, mengatasi sebum berlebih, dan sebagainya
Jenis kulitKulit kering, kulit berbintik dan keriput
Kandungan utamaAdenosine, niacinamide, kolagen, sodium hyaluronate
Isi45 ml
ManfaatMengurangi bekas jerawat, melembapkan, mencegah penuaan dini, dan sebagainya
Jenis kulitKulit berjerawat
Kandungan utamaCentella asiatica
Isi8 ml
ManfaatMencerahkan, melembapkan, mengatasi kerutan, dan sebagainya
Jenis kulitKulit berminyak, kusam, kasar
Kandungan utamaNiacinamide, adenosine, Witch hazel, Centella asiatica, beta-glucan
Isi125 ml
ManfaatMencerahkan, melembapkan, memperlambat penuaan dini, dan sebagainya
Jenis kulitKulit kering
Kandungan utamaVitamin C
Isi45 ml
ManfaatMelembapkan, mencerahkan, meningkatkan vitalitas kulit, dan sebagainya
Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan utamaSnail secretion filtrate, ekstrak daun lidah buaya, bee venom, hollyhock roots, niacinamide
Isi60 ml

4. Missha Time Revolution The First Treatment Essence – Intensive Moist

Rp 300.700,00

ManfaatMengencangkan, melembapkan, melembutkan, dan sebagainya
Jenis kulitKulit kering, kusam
Kandungan utamaSaccharomyces ferment filtrate, niacinamide, sodium hyaluronate
Isi150 ml

3. Innisfree Forest For Men Perfect All-in-one Essence

Rp 280.000,00

ManfaatMelembapkan, mencerahkan, menyamarkan kerutan, dan sebagainya
Jenis kulitTidak disebutkan
Kandungan utamaJeju phytoncide complex, citrus herbal, niacinamide
Isi100 ml
ManfaatMelembapkan, membantu mengurangi sebum berlebih, dan sebagainya
Jenis kulitKulit kering, kulit yang mudah berjerawat
Kandungan utamaDamage defense complex, thiotaurine, vitamin E
Isi150 ml
ManfaatMenyegarkan, melembapkan, mengencangkan kulit, dan sebagainya
Jenis kulitSemua jenis kulit
Kandungan utamaPitera (galactomyces ferment filtrate)
Isi75 ml, 160 ml, 230 ml

Tips penggunaan essence yang optimal

Nah, setelah mendapatkan produk yang diinginkan, tentu Anda ingin memaksimalkan penggunaannya, bukan? Untuk itu, mari perhatikan cara penggunaan essence yang benar dan hindari kesalahan dalam menggunakannya.

Cara penggunaan essence yang benar

Cara penggunaan essence yang benar
Saat hendak memakai essence, Anda perlu memperhatikan cara penggunaan yang tepat. Tentu Anda tidak mau essence yang sudah digunakan tidak bekerja optimal akibat kesalahan saat memakai, bukan? Mari simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Membersihkan wajah: Pastikan Anda mencuci muka dengan busa pembersih wajah. Jika Anda tidak mencuci muka terlebih dahulu, efek essence pada kulit akan berkurang.

  2. Keringkan wajah: Setelah Anda mencuci muka hingga bersih, keringkan sisa air pada wajah dengan handuk yang lembut.

  3. Tuangkan essence ke tangan: Sebagian orang menggunakan kapas untuk mengoleskan essence, tetapi penggunaan tangan secara langsung lebih direkomendasikan. Hal ini dapat mengurangi risiko iritasi dan Anda pun lebih mudah mengatur banyaknya essence pada kulit.

  4. Oleskan essence pada kulit: Pengaplikasian essence pada wajah yang benar adalah dimulai dari bagian dalam wajah dan mengarah ke luar. Dengan begitu, cairan essence dapat meresap dengan baik ke dalam kulit. Setelah itu, Anda bisa menekan perlahan wajah Anda agar essence dapat terserap lebih baik.

Hindari tiga kesalahan umum dalam penggunaan essence

Hindari tiga kesalahan umum dalam penggunaan essence
Umumnya, ada tiga kesalahan yang biasa dilakukan dalam menggunakan essence. Mari simak selengkapnya.

  1. Hindari mengelap wajah terlalu keras. Setelah mencuci muka, sekalah air yang menempel pada wajah selembut mungkin menggunakan handuk. Cukup tekan handuk pada wajah agar air terserap sempurna.

  2. Jangan menggunakan essence terlalu banyak. Jangan mengira bahwa semakin banyak essence yang diaplikasikan, manfaatnya akan lebih baik. Aplikasikanlah essence sedikit demi sedikit, dan tambahkan kembali jika terasa kurang.

  3. Menepuk wajah terlalu keras akan menambah rangsangan pada kulit. Harap diingat bahwa jika Anda mengaplikasikan essence terlalu kasar pada wajah, hal ini justru akan melukai kulit. Cukup tekan-tekan dengan lembut agar essence meresap dengan baik.

Baca juga rekomendasi produk perawatan untuk pria lainnya di sini

Selain memperhatikan pemilihan essence, sebaiknya Anda mulai memperdulikan perawatan kulit lainnya. Kami telah membahas secara lengkap mengenai berbagai produk, mulai dari pembersih wajah hingga shaving foam. Silakan kunjungi artikel kami melalui link di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang penjelasan kami pada artikel kali ini? Semoga informasi kami dapat membantu Anda dalam menentukan produk perawatan kulit yang tepat.
Setiap produk memiliki kandungan bahan yang berbeda. Ada yang cocok untuk kulit kering, kulit berminyak, maupun kulit sensitif. Ada juga essence yang dapat membantu mencegah kulit berbintik dan keriput. Oleh karena itu, pilihlah sesuai dengan kebutuhan serta kandungan bahan yang paling cocok dengan kulit Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vapor atau rokok elektronik, sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan masih banyak lagi.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Hal ini juga termasuk merek-merek yang tersedia di pasaran. Maka, pilihlah sesuai selera Anda.
    Kosmetik & kesehatan
    63.009 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang sehingga pemilihan sabun muka pun tak boleh sembarangan.Kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih sabun muka, serta merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih ada banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit Anda. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    75.333 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    60.533 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit untuk disembuhkan, hal ini bisa jadi disebabkan oleh pemakaian produk perawatan wajah, terutama pelembap, yang tidak sesuai dengan kulit Anda. Saat ini tersedia banyak merek pelembap seperti The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya yang memiliki kandungan untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat dan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Mari gunakan produk yang cocok dengan kondisi kulit untuk mengatasi jerawat di wajah secara maksimal!
    Kosmetik & kesehatan
    61.782 Views
  • 10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Multivitamin dan mineral yang terkandung dalam suplemen merupakan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Dari banyaknya produk, seperti CDR, Enervon-C, Zevit Grow, dan sebagainya yang dijual bebas di pasaran, dapatkah Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih multivitamin dan mineral yang baik berdasarkan harga, kandungan bahan, serta jenis produk yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Karena produk ini akan Anda konsumsi setiap hari, pilihlah produk yang paling sesuai, baik dari segi manfaat maupun anggaran!
    Kosmetik & kesehatan
    41.662 Views
  • 10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    Sekarang ini, parfum menjadi hal penting yang dapat menunjang penampilan pria. Banyak merek yang menjual parfum khusus untuk pria, sebut saja Chanel, Givenchy, Bvlgari, Calvin Klein, dan berbagai merek lainnya. Dengan hadirnya berbagai aroma, desain, dan harga, tentu membuat Anda jadi bingung menentukan pilihan, bukan?Anda tidak perlu khawatir! Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih parfum beserta tips cara pemakaian yang benar. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaik untuk Anda. Jadi, untuk Anda yang ingin membeli parfum khusus untuk pria, baca artikel ini sampai selesai!
    Kosmetik & kesehatan
    50.376 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen BCAA Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Suplemen BCAA Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bila Anda ingin membentuk otot, BCAA (branched chain amino acid) adalah nutrisi penting yang tidak boleh dilewatkan, terutama saat berolahraga atau latihan fisik. Saat ini, telah banyak produsen yang menelurkan produk suplemen ini, seperti Doctor’s Best, BPI Sports, dan sebagainya. Anda tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan.Apabila Anda bingung dalam memilih, simaklah dulu informasi dari kami berikut ini. Kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi suplemen BCAA terbaik. Pilihlah dengan bijak dan konsumsi secara rutin agar otot dan tubuh semakin kuat!
    Kosmetik & kesehatan
    3.343 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori