10 Rekomendasi Gaming Mouse Terbaik (Terbaru 2018)

10 Rekomendasi Mouse Gaming Terbaik (Terbaru 2018)

Tidak seperti mouse biasa, gaming mouse membutuhkan performa yang tinggi seperti kecepatan reaksi, pengaturan makro, dan tombol khusus. Terdapat berbagai macam produk gaming mouse yang dijual, seperti produsen terkenal Logitech yang menawarkan berbagai macam mouse dan kegunaannya.

Kali ini, kami akan mengenalkan jenis-jenis gaming mouse yang bagus, dengan harga dan fitur yang beragam, termasuk untuk Anda yang bermain FPS. Temukanlah gaming mouse yang sesuai dengan cara bermain dan ukuran tangan Anda sehingga performa Anda dalam bermain game pun akan lebih maksimal!

Daftar isi

Performa dari gaming mouse

Jika Anda ingin membeli gaming mouse secara online, tentunya Anda akan membandingkan dan mengecek mouse yang akan Anda beli karena tidak ada penjual yang akan menjelaskan secara detil. Untuk itu, sangatlah penting untuk mengetahui istilah-istilah yang terdapat pada mouse terlebih dahulu.

Untuk mengetahui dan mengevaluasi performa dari gaming mouse secara tepat, mari kita bahas istilah-istilah tersebut terlebih dahulu.

Lift-off distance

Lift-off distance

Pada saat Anda melihat sisi bawah dari mouse, akan ada cahaya yang keluar dari bagian sensor. Pada jenis mouse optik dan mouse laser, terdapat mekanisme yang menyalurkan jumlah pergerakan mouse menjadi pergerakan kursor di komputer dengan laser dan image sensor.

Lift-off distance merupakan jarak antara sensor mouse dengan alas, baik itu mouse pad atau alas lainnya. Semakin dekat jarak lift-off distance, maka semakin baik performa mouse-nya. Alasannya adalah, jika jarak lift-off distance terlalu jauh, maka akan menyebabkan lambatnya respons dari pergerakan kursor sehingga permainan Anda dapat terhambat.

Pada umumnya, mouse tipe optik lebih dekat jarak lift-off distance-nya daripada mouse tipe laser, jadi mouse tipe optik lebih direkomendasikan untuk bermain game. Sebagai tambahan, Anda dapat mengatur jarak lift-off distance dengan memasang selotip pada bagian sensor.

Tracking speed (IPS)

Tracking speed (IPS)

Tracking speed (IPS) merupakan nilai angka yang menunjukkan seberapa cepat respons pergerakan mouse dengan kursor. Kursor tidak akan merespon bila digerakan secara cepat bila menggunakan mouse dengan IPS yang rendah, tetapi mouse dengan IPS yang tinggi digerakkan dengan cepat, pergerakan kursor pada komputer akan lebih lancar bahkan bergerak lebih cepat. Hal ini sangat penting bagi game FPS dimana refleks sangat dibutuhkan.

Tentunya sebuah barang pasti terdapat batasan penggunaannya, jadi gunakanlah sewajarnya tanpa melebihi kemampuan mouse tersebut.

Tracking resolution (DPI)

Tracking resolution (DPI)

Tracking resolution (DPI) ini sedikit sulit dipahami, tetapi ini adalah salah satu poin yang penting dalam mouse gaming. Pengertian mudahnya adalah, tracking resolution (DPI) merupakan kecepatan perpindahan mouse dengan akurasi kursor. Akurasi pada mouse dengan DPI yang rendah dapat diubah dan kecepatan pada mouse dengan DPI yang tinggi dapat ditingkatkan.

Pada gaming mouse, tracking resolution dapat diubah. Sebagai tambahan, karena nilai angkanya dapat diubah, ada baiknya memilih mouse yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Report rate

Report rate

Report rate merupakan jumlah informasi yang dikirim dari mouse pada komputer. Semakin tinggi jumlahnya informasinya, semakin cepat mengoperasikan dan input tombol dapat dikirim dengan cepat ke dalam komputer sehingga refleksnya lebih cepat.

Dalam permainan FPS, musuh akan terus bergerak sehingga pemilihan waktu untuk menembak dan bersembunyi sangatlah penting. Mouse dengan angka report rate yang tinggi sangat berguna dalam permainan ini karena Anda dapat menembak dan bersembunyi pada waktu yang hampir bersamaan. Namun, ketika Anda menggunakan mouse dengan angka report rate yang rendah, maka peluang Anda untuk kalah lebih besar karena refleksnya yang lebih lambat.

Cara memilih gaming mouse

Untuk menunjukkan performa maksimal dalam bermain game, gunakanlah gaming mouse yang paling sesuai dengan Anda. Di bawah ini kami akan menjelaskan hal-hal yang diperlukan untuk memilih gaming mouse.

Pilihlah mouse yang sesuai dengan cara memegangnya

Pilihlah mouse yang sesuai dengan cara memegangnya

Sangatlah penting untuk memilih mouse dengan ukuran dan bentuk yang sesuai dengan cara Anda memegang mouse.

Palm grip adalah cara memegang mouse dengan seluruh telapak tangan yang digerakan dengan pergelangan tangan Anda. Jika cara Anda memegang mouse seperti ini, lebih baik Anda memilih ukuran mouse yang sesuai dengan tangan Anda.

Claw grip merupakan cara memegang mouse hanya dengan jari telunjuk dan jari tengah, kami merekomendasikan mouse yang kecil dan ringan untuk Anda yang memegang dengan cara seperti ini. Namun, bila menggunakan mouse yang berat atau lebih besar, Anda akan lebih cepat lelah dan lebih susah untuk digerakkan. Cara memegang seperti ini juga sulit dilakukan dengan mouse dengan banyak tombol.

Fingertip grip yaitu cara memegang mouse dengan ujung jari pada sisi samping dan atas mouse. Merupakan hal yang penting untuk mencocokkan bentuk mouse dengan cara memegang seperti ini.

Pilihlah posisi dan angka side button yang tepat untuk Anda

Pilihlah posisi dan angka side button yang tepat untuk Anda

Terdapat bermacam-macam jenis game, salah satunya adalah game MMO yang memerlukan side button pada gaming mouse. Untuk menggunakan side button, Anda harus mendaftarkan setiap tombolnya terlebih dahulu ke dalam game dan setelah itu tinggal menekan tombol tersebut sebagai shortcut aksi-aksi yang telah didaftarkan.

Hal penting untuk dipertimbangkan ketika memilih mouse seperti ini adalah pilihan angka dan posisi dari side button. Tergantung dari game yang dimainkan, jika Anda ingin mendaftarkan berbagai macam shortcut dalam game, lebih baik Anda memilih mouse dengan 12 atau lebih side button. Namun, semakin banyak tombol yang ada pada mouse maka Anda akan semakin lama beradaptasi dengan mouse tersebut.

Kebanyakan posisi side button pada mouse ditujukan untuk pengguna tangan kanan sehingga jika Anda terbiasa menggunakan tangan kiri atau kidal, tentunya side button akan lebih susah digunakan. Selain itu, karena di sisi mouse terdapat banyak tombol dengan penempatan yang tidak biasa, ada baiknya memilih gaming mouse yang sesuai dan mudah dioperasikan bagi Anda.

Pilihlah berat yang sesuai agar mudah digerakan

Pilihlah berat yang sesuai agar mudah digerakan

Berat mouse juga salah satu poin penting untuk diperhatikan. Jika Anda bermain game online dalam waktu yang sangat lama, tentunya Anda akan terus menerus mengendalikan mouse. Mouse yang berat dapat membuat Anda lebih cepat lelah setelah menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

Pada dasarnya, mouse yang lebih ringan lebih nyaman digunakan dan mudah dioperasikan, tetapi tergantung pada game yang dimainkan. Mouse yang lebih berat dapat digunakan pada permainan yang tidak membutuhkan banyak pergerakan mouse. Untuk menjaga keseimbangan mouse dan game yang dimainkan, pilihlah mouse yang mudah digunakan.

10 Rekomendasi gaming mouse terbaik

Dari sini kami akan mengenalkan gaming mouse yang direkomendasikan berdasarkan ranking, performa, dan efesiensi harga dari gaming mouse. Performa mouse memang dapat dengan mudah diukur dan dijelaskan dengan angka, tetapi preferensi dan kenyamanan pada saat menggunakan mouse merupakan hal lain. Pilihlah mouse yang sesuai dengan tangan Anda!

10. Rexus Xierra G3

10. Rexus Xierra G3

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 79.000

Desain universal untuk pengguna tangan kanan dan kiri

Jika Anda mempunyai usaha game net center, Anda pasti memerlukan mouse yang universal untuk seluruh pelanggan Anda. Didesain dengan bentuk yang simetris, Rexus Xierra G3 ini dapat digunakan oleh siapapun, baik untuk pengguna tangan kanan maupun pengguna tangan kiri.

Salah satu fitur dari mouse optikal 3D ini adalah mempunyai 1000 DPI dan terdapat tambahan berat 30 gram di dalam mouse sehingga dapat memudahkan Anda untuk mengontrol mouse pada saat bermain. Selain itu, mouse ini juga antislip sehingga cocok untuk Anda yang bermain dalam jangka waktu yang lama.

9. Rexus Xierra S5 Aviator

9. Rexus Xierra S5 Aviator

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 90.000

Mouse wireless hemat daya

Mouse wireless biasanya memerlukan banyak energi berupa baterai untuk mengoperasikannya. Pada mouse ini mempunyai fitur unik yaitu auto power saving sehingga Anda dapat lebih menghemat daya. Dengan 2 buah baterai AAA sebagai sumber dayanya, mouse ini cocok untuk Anda dengan jam terbang bermain game yang tinggi.

Selain itu, mouse ini juga menggunakan sistem plug and play sehingga Anda dapat langsung mengatur DPI tanpa harus menginstall driver tertentu. Mouse ini juga memiliki 6 tombol yang pada tombolnya mempunyai struktur unik pada ujung depan untuk mengurangi hambatan ketika tombol ditekan. Mudah digunakan, Anda pun dapat bermain game dengan lebih nyaman.

8. Logitech G600 MMO Gaming Mouse

8. Logitech G600 MMO Gaming Mouse

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 999.000

Mouse dengan 20 tombol

Apakah Anda pemain game MMO? Bila iya, tentunya Anda memerlukan mouse ini! Terdapat 20 tombol pada mouse Logitech G600 yang akan lebih memudahkan Anda dalam bermain game MMO.  Posisi 12 tombol yang terdapat pada sisi kiri mouse juga akan memudahkan Anda untuk menggunakan shortcut dengan ibu jari Anda.

Fitur-fitur pada mouse ini seluruhnya dapat diprogram sesuai dengan keinginan Anda. Bentuk mouse ini didesain khusus untuk kenyamanan tangan Anda ketika bermain dalam jangka waktu yang lama. Mouse ini cocok digunakan untuk Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8.

7. Logitech G403 Prodigy

7. Logitech G403 Prodigy

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 699.000

Lebih cepat dan akurat

Anda percaya tidak bila mouse ini 8 kali lebih cepat daripada mouse biasa? Mouse Logitech G403 Prodigy ini mempunyai report rate 1 ms yang artinya bila Anda mengklik dan menggerakkan mouse ini responnya sangatlah cepat! Hal ini karena G403 Prodigy telah dilengkapi dengan sensor gaming mutakhir yang banyak digunakan oleh profesional eSport sehingga menjadikan respon dan bidikan lebih akurat.

Mouse ini mempunyai enam tombol dan pengaturan DPI yang dapat diprogram. Selain itu, mouse ini juga dilengkapi dengan on board memory sehingga pengaturan mouse tidak berubah bila Anda berpindah PC. Dengan bentuknya yang simpel, produk ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang sering bepergian melakukan demo game.

6. Razer Mouse Mamba Tournament Edition

6. Razer Mouse Mamba Tournament Edition

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.160.000

Lebih akurat dengan lift-off distance yang pendek

Jika Anda mencari mouse yang cocok untuk game FPS, mouse ini sangat cocok untuk Anda. Ini karena Razer Mouse Mamba Chroma ini dilengkapi dengan sensor 16.000 DPI dan lift-off distance dengan jarak hanya 0.1 mm. Selain itu, gaming mouse ini hanya membutuhkan waktu respons secepat 1 ms! Sangat cepat, bukan?

Mouse ini juga memiliki desain ergonomis untuk tangan kidal. Desain ergonomis ini juga dirancang agar tangan Anda tidak mudah lelah saat bermain game. Razer Mouse Mamba Chroma ini juga dilengkapi chroma LED yang indah sehingga menawarkan Anda sensasi bermain game yang berbeda!

5. SteelSeries Rival 700 Gaming Mouse

5. SteelSeries Rival 700 Gaming Mouse

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.250.000

Mouse dengan layar OLED

Sekarang ini, mouse tidak hanya terdiri dari tombol-tombol saja. Mouse produksi SteelSeries ini menambahkan layar OLED yang dapat diprogram untuk memudahkan pemain. Tidak hanya layar OLED yang dapat diprogram, ternyata SteelSeries Rival 700 ini full customizable mulai dari fitur hingga body mouse.

Fitur unik lainnya pada mouse ini adalah tactile alerts. Tactile alerts dapat membantu menotifikasi pemain ketika status pemain telah mencapai batas-batas tertentu. Tentunya tactile alerts ini dapat diprogram untuk informasi dan notifikasi apa yang Anda perlukan. Mouse ini sangat cocok untuk meningkatkan performa permainan Anda yang bermain game FPS.

4. SteelSeries Rival 500 MOBA/MMO Gaming Mouse

4. SteelSeries Rival 500 MOBA/MMO Gaming Mouse

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.021.000

Mouse dengan side button yang unik

Bila mouse game MOBA/MMO pada umumnya memiliki 12 side button yang berjejer pada sisi kiri, side button pada SteelSeries Rival 500 ini mempunyai desain yang memudahkan ibu jari untuk menekan tombol lebih cepat. Ini karena desain side button yang dirancang untuk menyesuaikan pergerakan alami dari ibu jari.

Selain untuk tombol, dua side button pada sisi bawah dapat dinonaktifkan dan berfungsi sebagai tempat istirahat ibu jari. Sangat multifungsi! Mouse ini juga dilengkapi fitur tactile alerts yang akan dengan mudah memberitahukan Anda notifikasi-notifikasi game yang Anda perlukan. Mouse ini sangat sesuai bagi Anda pemain game MOBA/MMO.

3. Redragon M601 Centrophorus

3. Redragon M601 Centrophorus

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 189.000

Mouse murah dengan performa profesional

Mungkin mouse Redragon M601 Centrophorus ini dijual dengan harga yang terjangkau. Namun, performa dari mouse Redragon M601 Centrophorus ini dapat dikatakan bisa bersaing dengan mouse yang harganya lebih mahal. Kenyamanan saat menggunakan mouse ini juga tidak kalah dengan mouse yang harganya lebih mahal.

Mouse yang dibekali dengan fitur optikal sensor dengan 2.000 DPI ini mempunyai 6 buah tombol yang dapat diprogram melalui software Redragon. Selain itu, mouse ini mempunyai 8 buah pemberat yang dapat Anda modifikasi sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda mempunyai budget yang terbatas namun menginginkan performa yang profesional, mouse ini sangat cocok untuk Anda.

2. Logitech G502 Proteus Spectrum RGB Tunable Gaming Mouse

2. Logitech G502 Proteus Spectrum RGB Tunable Gaming Mouse

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 759.000

Seakan masuk ke dalam dunia game

Logitech G502 Proteus Spectrum ini mempunyai sensor optik yang paling responsif serta akurat dengan report rate 1 ms yang dapat membawa Anda seakan-akan masuk ke dalam dunia game. Mouse ini juga dapat Anda gunakan pada bermacam-macam permukaan dengan mengatur keakuratan sensor optik sesuai dengan permukaan yang Anda gunakan.

Memiliki 11 tombol yang dapat Anda program melalui software gaming Logitech, tentunya memudahkan Anda dalam bermain game. Uniknya lagi, dengan mouse ini Anda dapat mengganti DPI selama permainan berlangsung. Memiliki desain menarik dan akurasi yang tajam tentunya sangat cocok bagi Anda yang mengutamakan kecepatan dalam bermain game.

1. Logitech G300s Gaming Mouse

1. Logitech G300s Gaming Mouse

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 209.000

Harga terjangkau dengan performa yang baik

Mouse Logitech G300s ini adalah mouse dengan efesiensi harga dan performa yang terbaik. Dengan harga yang terjangkau, Anda mendapatkan performa, desain, dan kualitas bahan yang baik pada mouse ini. Selain itu, mouse ini memiliki desain yang simetris yang artinya sangat cocok dan nyaman digunakan untuk tangan kanan dan tangan kiri.

Mouse ini memiliki 9 tombol simestris yang dapat diprogram sesuai keinginan Anda. Dengan memory on board, Anda hanya butuh mengatur satu kali saja dan pengaturan tersebut akan tersimpan di dalam mouse. Bagi Anda yang mengutamakan harga murah dengan kualitas terbaik, mouse ini tentunya sangat cocok bagi Anda.

Kesimpulan

Jadi bagaimana? Walaupun ada beberapa gaming mouse yang mahal, namun kualitas dari mouse tersebut sebanding dengan harga serta performanya.

Setiap tangan manusia memiliki banyak perbedaan, jadi sangat penting untuk memperhatikan ukuran dan bentuk dari mouse supaya sesuai dengan tangan Anda. Kami harap artikel ini dapat berguna bagi Anda untuk menemukan mouse yang tepat!