• 10 Rekomendasi Gaming Mouse Terbaik (Terbaru 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Gaming Mouse Terbaik (Terbaru 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Gaming Mouse Terbaik (Terbaru 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Gaming Mouse Terbaik (Terbaru 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Gaming Mouse Terbaik (Terbaru 2020) 5

10 Rekomendasi Gaming Mouse Terbaik (Terbaru 2020)

Gaming mouse merupakan alat yang penting ketika bermain game PC. Anda dapat bermain berbagai game seperti PUBG atau Counter-Strike dengan mudah dan nyaman menggunakan gaming mouse. Namun, terdapat beberapa istilah asing yang mungkin sulit dipahami oleh gamer pemula, seperti DPI, IPS, polling rates, dan sebagainya.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih gaming mouse dengan mudah. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk terbaik keluaran Logitech, SteelSeries, Razer, dan lainnya. Temukanlah gaming mouse yang sesuai dan dapat menunjang performa Anda dalam bermain game!
  • Pembaharuan terakhir: 20 Mei 2020
  • 20.235 Views
Daftar isi

Ciptakan suasana bermain yang nyaman memakai gaming mouse!

Ciptakan suasana bermain yang nyaman memakai gaming mouse!
Penggunaan gaming mouse saat bermain game PC tidak dapat dipisahkan. Berbeda dengan mouse biasa, gaming mouse memiliki tombol makro, bobot, dan sensitivitas khusus agar lebih optimal untuk bermain game.
Pada saat bermain game FPS (first person shooter), diperlukan kontrol mouse yang tepat. Dengan memakai gaming mouse yang mudah diklik dan memiliki sensitivitas tinggi, Anda bisa bermain dengan lebih nyaman. Pada game MMO (massively multiplayer online) yang memerlukan banyak action skill, memilih gaming mouse dengan berbagai tombol makro akan mempermudah permainan.
Sebenarnya, Anda bisa saja bermain game PC menggunakan mouse biasa. Namun, jika Anda ingin meningkatkan performa bermain, tentu gaming mouse menjadi sangat penting. Gaming mouse juga lebih kuat untuk pemakaian ekstrem sehingga Anda bisa memakainya dalam waktu cukup lama. Pilihlah gaming mouse yang cocok dengan jenis game dan cara bermain Anda. Buat suasana bermain Anda menjadi lebih nyaman!

Cara memilih gaming mouse

Secara garis besar, gaming mouse dibedakan menjadi dua jenis, yaitu untuk FPS dan untuk MMO. Berhubung setiap jenis mouse memiliki karakteristik berbeda, pilihlah berdasarkan tipe game yang Anda mainkan.

Untuk game FPS: Perhatikan DPI, polling rate, dan IPS

Dalam game FPS, penting untuk bisa membidik target dengan cepat agar tembakan Anda semakin akurat. Mari perhatikan karakteristik mouse yang tepat untuk game tipe ini.

Pilih yang DPI-nya bisa diatur sesuai sensitivitas dan akurasi yang dibutuhkan

Pilih yang DPI-nya bisa diatur sesuai sensitivitas dan akurasi yang dibutuhkan
DPI (dots per inch) merupakan angka yang menunjukkan jumlah titik yang dicapai ketika mouse digerakkan sejauh satu inci. Semakin tinggi DPI-nya, semakin cepat pula pergerakan kursor. Jadi, Anda dapat menjalankan karakter lebih cepat dengan sedikit gerakan tangan saja. Dengan begitu, tangan Anda pun jadi tidak mudah lelah.
Di sisi lain, bila menggunakan mouse dengan DPI rendah, Anda dapat membidik lebih tepat dan mudah. Jika Anda memainkan beberapa jenis game berbeda, pilihlah mouse yang dapat diubah DPI-nya. Dengan memakai mouse semacam ini, Anda dapat menikmati bermain game FPS maupun MMO dengan nyaman.
Selain DPI, terdapat pula istilah CPI (counts per inch). Namun, secara garis besar istilah ini menunjukkan keterangan yang sama dengan DPI.

Makin tinggi polling rate, makin cepat PC membaca informasi dari mouse

Makin tinggi polling rate, makin cepat PC membaca informasi dari mouse
Polling rate merupakan jumlah informasi yang dikirim dari mouse pada PC per detik. Makin tinggi angkanya, makin cepat juga informasi yang ditangkap PC saat tombol ditekan. Tentunya dengan polling rate yang tinggi dapat meningkatkan keunggulan Anda saat bermain.
Pada permainan FPS seperti PUBG atau Counter-Strike, musuh akan terus bergerak. Jadi, pemilihan waktu menembak dan bersembunyi sangatlah penting. Tentu akan sangat mengesalkan jika Anda kalah akibat respons yang lambat dari mouse.
Secara umum, mouse dengan polling rate yang tinggi akan sangat berguna. Namun, mouse berkecepatan tinggi yang menerima terlalu banyak pergerakan tangan dapat membuat kursor bergerak dengan sendirinya. Seperti halnya DPI, mouse dengan fitur pengaturan polling rate pastinya akan lebih fungsional untuk berbagai permainan.

IPS yang tinggi dapat merespons gerakan tangan yang cepat

IPS yang tinggi dapat merespons gerakan tangan yang cepat
IPS (inches per second) atau tracking speed merupakan nilai angka yang menunjukkan seberapa cepat mouse merespons gerakan Anda. Jika IPS-nya tinggi, tentu menggerakkan kursor menjadi lebih lancar bahkan pada saat kecepatan tinggi. Sebaliknya, mouse dengan IPS rendah akan lambat merespons meski Anda gerakkan dengan cepat.
Pada game FPS yang membutuhkan refleks, angka IPS merupakan hal yang penting. Gaming mouse standar umumnya memiliki sekitar 50 IPS. Sedangkan pada gaming mouse berperforma tinggi, terdapat produk dengan nilai IPS lebih dari 400. Jika Anda membeli mouse dengan IPS tinggi, tentunya akan sangat menguntungkan dalam permainan.

Untuk game MMO: Makin banyak side button, makin praktis pemakaiannya

Untuk game MMO: Makin  banyak side button, makin praktis pemakaiannya
Dalam bermain game MMO, biasanya Anda menggunakan keyboard untuk mengoperasikannya. Gaming mouse yang cocok untuk game MMO adalah produk yang memiliki side button atau tombol makro. Jika mouse dilengkapi dengan side button yang banyak, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan skill yang telah diinput. Tentunya jumlah shortcut yang diinput tergantung pada masing-masing game. Namun, jika terdapat banyak shortcut yang ingin Anda input, lebih baik gunakan mouse dengan dua belas side button.
Makin banyak tombol memang akan membuat Anda butuh waktu lebih banyak untuk beradaptasi. Namun, jika sudah terbiasa, bermain akan menjadi lebih mudah karena hanya menggunakan satu tangan. Perlu dicatat bahwa side button tidak hanya terletak pada sisi mouse saja. Jadi, jangan lupa pastikan mouse dengan posisi side button yang nyaman bagi Anda.

Pilih berdasarkan ada tidaknya kabel

Pilih berdasarkan ada tidaknya kabel
Untuk gaming mouse, kami lebih merekomendasikan penggunaan wired mouse karena tidak terdapat jeda pengiriman informasi. Selain itu, banyak gamer yang suka menggunakan wired mouse karena tidak perlu memikirkan akan kehabisan baterai.
Meski demikian, akhir-akhir ini terdapat banyak wireless mouse yang hampir tidak memiliki jeda. Baik menggunakan baterai kering maupun baterai isi ulang, kualitasnya sudah makin ditingkatkan. Jika Anda merasa terganggu dengan adanya kabel, pilihlah wireless mouse dengan spesifikasi yang bisa menyamai wired mouse.

Pilih mouse yang mudah digunakan

Anda dapat menambah kenyamanan saat menggunakan gaming mouse dengan mempertimbangkan bobot, grip feeling, dan ukuran tangan Anda. Mari simak penjelasannya lebih jauh.

Pilihlah ukuran berdasarkan cara Anda memegang mouse

Pilihlah ukuran berdasarkan cara Anda memegang mouse
Menggunakan mouse akan jadi lebih mudah jika Anda memilih produk yang sesuai dengan cara grip Anda saat bermain. Jika tipe grip Anda adalah fingertip grip, yakni ujung jari berada pada mouse, pilihlah mouse yang kecil dan ringan. Namun, jika Anda tipe claw grip, yaitu telapak tangan dan ujung jari menyentuh mouse, pilihlah yang agak besar. Mouse yang sedikit lebih besar akan lebih stabil dan mudah digunakan pada posisi ini.
Untuk tipe palm grip atau seluruh telapak tangan menyentuh mouse, pilihlah yang besarnya sesuai dengan telapak tangan Anda. Jika memungkinkan, ceklah terlebih dahulu di toko sebelum menentukan pilihan.

Pilihlah bobot mouse berdasarkan jenis game dan gaya Anda bermain

Pilihlah bobot mouse berdasarkan jenis game dan gaya Anda bermain
Bobot mouse juga merupakan salah satu poin penting untuk dapat bermain dengan nyaman. Berat mouse yang kurang dari 150 gr dapat bergerak lebih cepat dan tidak membuat tangan Anda cepat lelah. Dengan begitu, beban pada tangan dan pundak Anda juga akan berkurang. Sebaliknya, mouse dengan bobot di atas 160 gram berguna untuk menentukan posisi menembak yang akurat jadi lebih mudah. Jika Anda ingin menyesuaikan bobot mouse berdasarkan game dan gaya bermain Anda, pilihlah produk yang beratnya dapat disesuaikan.

Pilih mouse dengan fitur on-board memory jika Anda sering berganti PC

Pilih mouse dengan fitur on-board memory jika Anda sering berganti PC
On-board memory berfungsi agar mouse dapat menyimpan pengaturan atau makro yang sudah Anda simpan terlebih dahulu melalui PC. Jika Anda sering berganti antara PC, laptop, dan sebagainya, fitur ini tentu akan sangat membantu. Anda pun jadi tidak perlu repot untuk mengatur ulang tombol mouse.

Pilih mouse dari produsen yang populer untuk performa lebih stabil

Pilih mouse dari produsen yang populer untuk performa lebih stabil
Jika Anda ingin menekankan pada desain dan performa yang stabil, pilihlah mouse dari produsen yang populer. Kami menyarankan Logitech sebagai produsen standar gaming mouse. Logitech telah banyak dipercaya oleh gamer newbie maupun profesional. Produsen ini menawarkan banyak pilihan produk, mulai dari harga yang terjangkau hingga yang high-end.
Namun, jika Anda suka dengan desain dan hiasan cahaya yang indah, pilihlah merek Razer sebagai gear Anda. Produk dari Razer juga populer di kalangan gamer karena mempunyai performa yang stabil. Sementara itu, jika Anda menginginkan mouse dengan model yang mewah, pilihlah produk dari SteelSeries. Gunakanlah penjelasan kami sebagai referensi dalam memilih gaming mouse sesuai preferensi Anda.

10 Rekomendasi gaming mouse terbaik

Sekarang, kami akan memperkenalkan sepuluh gaming mouse terbaik. Simak terus dan temukan produk yang paling tepat untuk menemani Anda bermain!
10
DPI100-12.000 (dapat disesuaikan)
IPS350 IPS
JenisWireless
Berat121 gr (dapat disesuaikan)
Polling rate1.000/s
Jumlah tombol7
Cara memegangFingertip grip, claw grip, dan palm grip
On-board memory
9
DPI200-12.000 (dapat disesuaikan)
IPS400 IPS
JenisWireless
Berat107 gr (dapat disesuaikan)
Polling rate1.000/s
Jumlah tombol6
Cara memegangClaw grip dan palm grip
On-board memory
8
DPI200-8.200 (dapat disesuaikan)
IPS160 IPS
JenisWired
Berat133 gr
Polling rate1.000/s
Jumlah tombol20
Cara memegangFingertip grip dan claw grip
On-board memory
7
DPI200-12.000 (dapat disesuaikan)
IPS>400 IPS
JenisWired
Berat87,3 gr (dapat disesuaikan)
Polling rate1.000/s
Jumlah tombol6
Cara memegangClaw grip dan palm grip
On-board memory
6
DPI400-3.200 (dapat disesuaikan)
IPSTidak disebutkan
JenisWired
Berat90 gr
Polling rate125-1.000/s (dapat disesuaikan)
Jumlah tombol5
Cara memegangClaw grip dan palm grip
On-board memory×
5
DPI16.000 (dapat disesuaikan)
IPS450 IPS
JenisWired
Berat105 gr
Polling rate1.000/s
Jumlah tombol7
Cara memegangFingertip grip, claw grip, dan palm grip
On-board memory×
4
DPI16.000
IPS450 IPS
JenisWired
Berat120 gr
Polling rate1.000/s
Jumlah tombol19 (dapat disesuaikan)
Cara memegangFingertip grip
On-board memory
3
DPI200-2.500 (dapat disesuaikan)
IPS>150 IPS
JenisWired
Berat82 gr
Polling rate1.000/s
Jumlah tombol9
Cara memegangFingertip grip dan claw grip
On-board memory
2
DPI400-3.200 (dapat disesuaikan)
IPS130 IPS
JenisWired
Berat94 gr
Polling rate125-1.000/s (dapat disesuaikan)
Jumlah tombol6
Cara memegangFingertip grip dan claw grip
On-board memory×
1
DPI100-16.000 (dapat disesuaikan)
IPS>400 IPS
JenisWireless
Berat80 gr
Polling rate1.000/s
Jumlah tombol4-8 (dapat disesuaikan)
Cara memegangFingertip grip, claw grip, dan palm grip
On-board memory

Tabel perbandingan produk gaming mouse terbaik

Gambar produk
1
Logitech G PRO Wireless Mouse 1

Logitech

2
Cougar Minos X3 1

Cougar

3
Logitech Optical Gaming Mouse G300s 1

Logitech

4
Razer Naga Trinity 1

Razer

5
Razer DeathAdder Elite 1

Razer

6
ZOWIE BenQ Medium e-Sports Mouse Gaming EC2-B 1

ZOWIE

7
Logitech Gaming Mouse G403 1

Logitech

8
Logitech MMO Gaming Mouse G600 1

Logitech

9
Logitech Lightspeed Wireless Gaming Mouse G703  1

Logitech

10
SteelSeries Rival 650 Wireless 1

SteelSeries

Nama produk

G PRO Wireless Mouse

Minos X3

Optical Gaming Mouse G300s

Naga Trinity

DeathAdder Elite

BenQ Medium e-Sports Mouse Gaming EC2-B

Gaming Mouse G403

MMO Gaming Mouse G600

Lightspeed Wireless Gaming Mouse G703

Rival 650 Wireless

KeunggulanDari profesional player unt...Fitur berlimpah dengan harg...Performa bagus dengan harga...Sesuaikan jumlah side butto...Tombol bekerja lebih optima...Mudah dalam mobilitas, favo...Mouse dengan performa tingg...Dilengkapi 12 side button y...Wireless mouse dengan kemam...Kustomisasi sendiri pengatu...
HargaRp 2.090.000,00Rp 315.000,00Rp 209.000,00Rp 1.285.000,00Rp 830.000,00Rp 1.416.000,00Rp 776.777,00Rp 835.900,00Rp 1.369.000,00Rp 1.689.000,00
DPI100-16.000 (dapat disesuaikan)400-3.200 (dapat disesuaikan)200-2.500 (dapat disesuaikan)16.00016.000 (dapat disesuaikan)400-3.200 (dapat disesuaikan)200-12.000 (dapat disesuaikan)200-8.200 (dapat disesuaikan)200-12.000 (dapat disesuaikan)100-12.000 (dapat disesuaikan)
IPS>400 IPS130 IPS>150 IPS450 IPS450 IPSTidak disebutkan>400 IPS160 IPS400 IPS350 IPS
JenisWirelessWiredWiredWiredWiredWiredWiredWiredWirelessWireless
Berat80 gr94 gr82 gr120 gr105 gr90 gr87,3 gr (dapat disesuaikan)133 gr107 gr (dapat disesuaikan)121 gr (dapat disesuaikan)
Polling rate1.000/s125-1.000/s (dapat disesuaikan)1.000/s1.000/s1.000/s125-1.000/s (dapat disesuaikan)1.000/s1.000/s1.000/s1.000/s
Jumlah tombol4-8 (dapat disesuaikan)6919 (dapat disesuaikan)7562067
Cara memegangFingertip grip, claw grip, dan palm gripFingertip grip dan claw gripFingertip grip dan claw gripFingertip gripFingertip grip, claw grip, dan palm gripClaw grip dan palm gripClaw grip dan palm gripFingertip grip dan claw gripClaw grip dan palm gripFingertip grip, claw grip, dan palm grip
On-board memory×××
Tautan produk

Gunakan mouse bungee untuk mencegah kabel rusak

Gunakan mouse bungee untuk mencegah kabel rusak
Mungkin banyak orang yang memilih menggunakan gaming mouse berkabel untuk kestabilan koneksi. Namun, masalah yang sering dihadapi adalah kabel menjadi terlilit. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memakai mouse bungee yang sekaligus dapat membuat kabel di meja Anda menjadi lebih rapi. Adanya mouse bungee akan mengangkat kabel mouse sehingga tidak menghalangi. Koneksi lancar, mouse pun bisa digunakan secara optimal tanpa khawatir kabel rusak!

Baca juga rekomendasi perlengkapan gaming lainnya di sini

Jika memiliki monitor dan keyboard khusus gaming, Anda akan dapat menciptakan suasana bermain yang makin nyaman. Dengan menggunakan gaming monitor, Anda dapat mengurangi jeda-jeda yang tidak diinginkan. Sementara itu, keyboard gaming dapat mempermudah Anda dalam memainkan game MMO. Cek artikel berikut untuk mengetahui rekomendasi dari kami!

Kesimpulan

Gaming mouse tidak dapat dipisahkan dari permainan PC. Sangatlah penting untuk memilih mouse yang sesuai dengan gaya bermain karena akan memengaruhi performa Anda saat mengoperasikannya.
Ukuran tangan, grip, dan fungsi dari mouse merupakan pilihan masing-masing orang. Jadi, pilihlah produk yang cocok dengan gaya bermain Anda. Kejar terus level permainan yang lebih tinggi dengan gaming mouse yang nyaman digunakan. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda menemukan mouse yang tepat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    101.730 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak semua orang membutuhkan laptop dengan specs yang tinggi. Bisa jadi Anda hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi standar seharga di bawah 5 juta saja. Tentunya, laptop dengan harga di bawah 5 juta ini sudah cukup untuk melakukan browsing, berbalas e-mail, mengetik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Kali ini, kami akan merekomendasikan merek laptop populer di Indonesia, seperti HP, Lenovo, ASUS, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari cek artikel ini bersama-sama dan semoga Anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan!
    Komputer & kamera
    80.300 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan laptop 2-in-1 yang lebih fleksibel dibandingkan laptop konvensional membuat laptop jenis ini cukup populer. Namun, laptop 2-in-1 dibuat dengan model, prosesor, dan tentunya harga yang berbeda. Hal ini tentunya dapat membingungkan sebagian pengguna.Ikutilah artikel berikut ini apabila Anda masih kebingungan saat memilih laptop 2-in-1 yang sesuai. Kami akan memberikan informasi cara memilih laptop 2-in-1. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop 2-in-1 dari Microsoft, Lenovo, Asus, Acer, HP, dan Dell. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    73.789 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS adalah merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS sendiri memiliki bermacam varian untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.Simak artikel berikut agar tidak salah memilih laptop ASUS. Kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, TransBook, ZenBook, dan seri gaming. Selamat menyimak!
    Komputer & kamera
    64.411 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lenovo terkenal sebagai produsen yang menghasilkan laptop-laptop berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Laptop Lenovo memiliki berbagai macam tipe, mulai dari untuk penggunaan kantor, pemakaian pribadi, sampai laptop khusus untuk gaming. Saking banyaknya, sering kali konsumen dibuat bingung saat memilih laptop yang tepat sesuai kebutuhan.Di sini kami akan menjelaskan ciri khas dari masing-masing tipe laptop Lenovo yang dapat Anda pertimbangkan saat hendak membelinya. Kami juga akan merekomendasi sepuluh laptop Lenovo terbaik untuk referensi Anda dalam memilih. Temukanlah laptop favorit sesuai kebutuhan Anda di sini!
    Komputer & kamera
    44.803 Views
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika ingin mencetak foto atau dokumen di rumah, printer sangat diperlukan. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga semakin mudah, karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan ulasan untuk memilih printer berdasarkan fungsinya, mulai dari printer dengan fungsi tunggal hingga yang multifungsi. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan HP. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    55.417 Views
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Cooling pad menjadi perlengkapan yang berfungsi menurunkan suhu saat laptop panas. Biasanya, laptop sudah mempunyai sistem pendinginnya sendiri. Meskipun demikian, terkadang laptop tidak mampu membuat mesinnya dingin sehingga harus diatasi dengan menggunakan cooling pad.Ada banyak jenis cooling pad yang bisa ditemukan dengan beragam spesifikasi. Agar Anda tidak bingung, kami akan memperkenalkan cara memilih cooling pad yang tepat. Setelah itu, kami juga akan mengulas beberapa produk yang bisa jadi referensi pilihan, seperti Cooler Master, Havit, dan lainnya. Silakan baca dengan teliti dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Komputer & kamera
    19.423 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori