• 10 Gaming Mouse Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Gaming Mouse Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Gaming Mouse Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Gaming Mouse Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Gaming Mouse Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Gaming Mouse Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)

Gaming mouse merupakan alat yang penting untuk bermain game PC. Anda dapat bermain berbagai game seperti PUBG atau Counter-Strike dengan mudah dan nyaman menggunakan gaming mouse. Namun, ada beberapa istilah asing yang mungkin sulit dipahami, seperti DPI, IPS, polling rate, dan sebagainya.

Kami akan menjelaskan cara memilih gaming mouse dengan mudah. Kami juga akan memberikan rekomendasi mouse gaming yang bagus, seperti merek Logitech, SteelSeries, Razer, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla. Temukanlah gaming mouse yang sesuai dan mampu menunjang performa Anda dalam bermain game!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Faynilla
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Gaming content creator, Faynilla

Profil pakar: Gaming content creator, Faynilla
Faynilla
Gaming content creator
Faynilla

Fay adalah seorang content creator di bidang gaming gear. Ia gemar me-review produk gaming gear kemudian mengunggahnya pada TikTok “Faynillaa” dan YouTube channel “Low Tech”. Ia mulai terjun menjadi content creator di YouTube tahun 2019 dan TikTok tahun 2020.


Fay pernah memenangkan lomba review yang diadakan oleh brand “Digital Alliance” sebanyak dua kali. Selain itu, Fay juga menjuarai lomba modding keyboard yang diadakan oleh brand “Fantech” dan lomba pamer setup oleh “Enter Computer”.

Apa perbedaan gaming mouse dengan mouse biasa?

Apa perbedaan gaming mouse dengan mouse biasa?
Perbedaan antara gaming mouse dan mouse biasa adalah sensornya dengan akurasi yang tinggi dan tingkat dots per inch (DPI). Gaming mouse biasanya memiliki resolusi di atas 2.000 DPI, sedangkan tingkat resolusi mouse biasa hanya 800–1.200 DPIGaming mouse juga dirancang untuk mengikuti lekuk tangan sehingga nyaman digunakan dalam waktu yang lama.

Umumnya, gaming mouse dilengkapi dengan on-board memory, sedangkan mouse biasa tidak memiliki fitur tersebut. Tak hanya itu, gaming mouse juga memiliki sensor LED yang berfungsi membantu meningkatkan kecepatan gerakan mouse. Sementara itu, mouse biasa tidak dilengkapi dengan fitur LED dan tombol tambahan pada mouse.


Sebenarnya, Anda bisa saja bermain game PC menggunakan mouse biasa. Namun, jika Anda ingin meningkatkan performa bermain, tentu gaming mouse menjadi sangat penting. Pilihlah gaming mouse yang cocok dengan jenis game dan cara bermain Anda.

Tabel perbandingan produk gaming mouse terbaik

Gambar produk
1
Logitech G102 LIGHTSYNC 1

Logitech

2
ZOWIE BenQ EC2 Medium e-Sports Mouse Gaming 1

ZOWIE

3
Logitech G PRO Wireless Gaming Mouse 1

Logitech

4
SteelSeries Rival 3 1

SteelSeries

5
Logitech G703 Lightspeed Wireless Gaming Mouse  1

Logitech

6
SteelSeries Rival 650 Wireless 1

SteelSeries

7
Razer DeathAdder V2 Pro 1

Razer

8
Cougar Minos X3 1

Cougar

9
Razer Naga Trinity 1

Razer

10
Logitech ERGO M575 Wireless Trackball 1

Logitech

Nama produk

G102 LIGHTSYNC

BenQ EC2 Medium e-Sports Mouse Gaming

G PRO Wireless Gaming Mouse

Rival 3

G703 Lightspeed Wireless Gaming Mouse

Rival 650 Wireless

DeathAdder V2 Pro

Minos X3

Naga Trinity

ERGO M575 Wireless Trackball

Keunggulan

Desainnya klasik dan tidak mencolok

Praktis dalam mobilitas, favorit para professional e-sport player

Dari profesional player untuk performa yang maksimal

Didesain dengan material yang kuat dan tahan lama

Wireless mouse dengan kemampuan melebihi wired mouse!

Kustomisasi sendiri pengaturan yang Anda inginkan

Mouse ergonomis dengan tiga tipe konektivitas

Fitur berlimpah dengan harga yang ramah di kantong

Sesuaikan jumlah side button dengan game yang dimainkan

Pergelangan tangan bebas lelah meski bermain game seharian

Harga mulai dariRp 379.000,00Rp 1.620.864,00Rp 2.390.000,00Rp 590.000,00Rp 1.549.000,00Rp 1.880.000,00Rp 1.899.000,00Rp 315.000,00Rp 1.449.000,00Rp 988.000,00
DPI200–8.000400–3.200100–25.600200–8.500200–12.000100–12.00020.000400–3.20016.000400–2.000
IPSTidak disebutkanTidak disebutkan>400 IPS300 IPS400 IPS350 IPS650 IPS130 IPS450 IPSTidak disebutkan
JenisWiredWiredWirelessWiredWirelessWirelessWireless, wired, bluetoothWiredWiredWireless, Bluetooth
Berat85 gram90 gram80 gram77 gram107 gram (dapat disesuaikan hingga 117 gram)121 gram (dapat disesuaikan hingga 153 gram)88 gram94 gram120 gram145 gram
Polling rate1.000/s125–1.000/s (dapat disesuaikan)1.000/s1.000/s1.000/s1.000/s1.000/s125–1.000/s (dapat disesuaikan)1.000/sTidak disebutkan
Jumlah tombol658 (dapat disesuaikan)6678619 (dapat disesuaikan)3
Cara memegangFingertip grip, claw gripClaw grip, palm gripFingertip grip, claw grip, palm gripFingertip grip, claw gripClaw grip, palm gripFingertip grip, claw grip, palm gripClaw grip, palm gripFingertip grip, palm grip, claw gripFingertip gripClaw grip, palm grip
On-board memory××××
Tautan produk

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gaming mouse

Setiap jenis mouse memiliki karakteristik berbeda. Karena itu, pilihlah berdasarkan tipe game yang Anda mainkan. Untuk menemukan mouse gaming terbaik berdasarkan kebutuhan Anda, simak beberapa poin di bawah ini!

Cek performa dan akurasinya

Performa dan akurasi sebuah gaming mouse sangat berpengaruh terhadap pengalaman bermain game. Beberapa game membutuhkan mouse yang memiliki tingkat akurasi dan performa yang berbeda. Simak penjelasan berikut ini untuk penjelasan lebih lengkap.

DPI yang bisa diatur sesuai sensitivitas dan akurasi yang dibutuhkan akan lebih menguntungkan

DPI yang bisa diatur sesuai sensitivitas dan akurasi yang dibutuhkan akan lebih menguntungkan

Dots per inch (DPI) merupakan angka yang menunjukkan jumlah titik yang dicapai ketika mouse digerakkan sejauh satu inci. Makin tinggi DPI-nya, makin cepat pula pergerakan kursor. Jadi, Anda dapat menjalankan karakter lebih cepat dengan sedikit gerakan tangan saja. Dengan begitu, tangan Anda jadi tidak mudah lelah.


Di sisi lain, bila menggunakan mouse dengan DPI rendah, Anda dapat membidik lebih tepat dan mudah. Jika Anda memainkan beberapa jenis game berbeda, pilihlah mouse yang dapat diubah DPI-nya. Dengan memakai mouse semacam ini, Anda dapat menikmati game FPS maupun MMO secara nyaman.


Selain DPI, terdapat pula istilah counts per inch (CPI). Namun, secara garis besar istilah ini menunjukkan keterangan yang sama dengan DPI.

Makin tinggi polling rate, makin cepat PC membaca informasi dari mouse

Makin tinggi polling rate, makin cepat PC membaca informasi dari mouse

Polling rate merupakan jumlah informasi yang dikirim dari mouse pada PC per detik. Makin tinggi angkanya, makin cepat pula informasi yang ditangkap PC saat tombol ditekan. Tentunya, polling rate yang tinggi dapat meningkatkan keunggulan Anda saat bermain.


Pada permainan FPS seperti PUBG atau Counter-Strike, musuh akan terus bergerak. Jadi, pemilihan waktu menembak dan bersembunyi sangat penting. Tentu akan sangat mengesalkan jika Anda kalah akibat respons yang lambat dari mouse.


Secara umum, mouse dengan polling rate yang tinggi akan sangat berguna. Namun, mouse berkecepatan tinggi yang menerima terlalu banyak pergerakan tangan dapat membuat kursor bergerak dengan sendirinya. Seperti halnya DPI, mouse dengan fitur pengaturan polling rate pastinya akan lebih fungsional untuk berbagai permainan.

IPS yang tinggi dapat merespons gerakan tangan yang cepat

IPS yang tinggi dapat merespons gerakan tangan yang cepat

Inches per second (IPS) atau tracking speed merupakan nilai angka yang menunjukkan seberapa cepat mouse merespons gerakan Anda. Jika IPS-nya tinggi, menggerakkan kursor menjadi lebih lancar bahkan pada saat kecepatan tinggi. Sebaliknya, mouse dengan IPS rendah akan lambat merespons meski Anda gerakkan dengan cepat.


Pada game FPS yang membutuhkan refleks, angka IPS merupakan hal yang penting. Gaming mouse standar umumnya memiliki sekitar 50 IPS. Sementara itu, pada gaming mouse berperforma tinggi, terdapat produk dengan nilai IPS lebih dari 400. Anda akan lebih diuntungkan dalam permainan jika membeli mouse yang memiliki IPS tinggi.

Lihat jumlah dan susunan button mouse

Untuk game MMO, biasanya Anda memakai keyboard untuk memainkannya. Gaming mouse yang cocok untuk game MMO adalah produk yang memiliki side button atau tombol makro. Jika mouse dilengkapi dengan side button yang banyak, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan skill yang telah diinput.


Jumlah shortcut yang diinput tentu tergantung pada masing-masing game. Namun, jika terdapat banyak shortcut yang ingin Anda input, sebaiknya gunakan mouse yang dilengkapi dua belas side button. Makin banyak tombol memang akan membuat Anda butuh waktu lebih banyak untuk beradaptasi. Namun, jika sudah terbiasa, bermain game MMO akan terasa lebih praktis dan lebih mudah.


Sementara itu, Anda cukup membutuhkan 2–4 side button saja untuk bermain game FPS. Perlu dicatat bahwa side button tidak hanya terletak di sisi mouse saja. Jadi, jangan lupa pastikan mouse memiliki posisi side button yang nyaman bagi Anda.

Pastikan gaming mouse mudah digunakan

Anda dapat menambah kenyamanan saat menggunakan gaming mouse dengan mempertimbangkan bobot, grip feeling, dan ukuran tangan Anda. Mari simak penjelasannya lebih jauh.

Ukuran bisa ditentukan berdasarkan cara Anda memegang mouse

Ukuran bisa ditentukan berdasarkan cara Anda memegang mouse

Menggunakan mouse terasa lebih mudah jika Anda memilih produk yang sesuai dengan cara grip Anda saat bermain. Kami akan menjelaskan beberapa tipe grip di bawah ini:


  • Fingertip gripujung jari berada pada mouse. Untuk tipe grip ini, pilihlah mouse yang kecil dan ringan.
  • Claw grip: telapak tangan dan ujung jari menyentuh mouse. Jika Anda termasuk tipe ini, pilihlah mouse yang agak besar. Mouse yang lebih besar akan lebih stabil dan mudah digunakan pada posisi grip ini.
  • Palm gripseluruh telapak tangan menyentuh mousePilihlah mouse yang besarnya sesuai dengan telapak tangan bagi Anda yang memiliki tipe grip ini.

Jenis game dan gaya bermain memengaruhi pemilihan bobot mouse

Jenis game dan gaya bermain memengaruhi pemilihan bobot mouse

Bobot mouse juga merupakan salah satu poin penting untuk bermain dengan nyaman. Berat mouse yang kurang dari 150 gram cocok digunakan untuk bermain game FPS. Dengan begitu, gerakan Anda akan lebih cepat dan tangan pun tidak cepat lelah. Beban di tangan dan pundak juga akan berkurang.


Apabila Anda suka memainkan berbagai jenis game berbeda, pilih yang beratnya dapat disesuaikan. Setiap game biasanya membutuhkan konfigurasi berat mouse yang berbeda. Dengan begitu, pengalaman bermain Anda jadi lebih menyenangkan.

Tentukan berdasarkan ada tidaknya kabel

Tentukan berdasarkan ada tidaknya kabel

Untuk gaming mouse, kami lebih merekomendasikan penggunaan wired mouse karena tidak terdapat jeda pengiriman informasi. Selain itu, banyak gamer yang suka menggunakan wired mouse karena tidak perlu memikirkan masalah kehabisan baterai.


Meski demikian, akhir-akhir ini terdapat banyak wireless mouse yang hampir tidak memiliki jeda. Baik menggunakan baterai kering maupun baterai isi ulang, kualitasnya sudah makin ditingkatkan. Jika Anda merasa terganggu dengan adanya kabel, pilihlah wireless mouse dengan spesifikasi yang bisa menyamai wired mouse.

Pertimbangkan trackball mouse untuk gaming sekaligus bekerja

Trackball mouse merupakan mouse yang dilengkapi dengan bola untuk menggerakkan kursor. Ketika memakai mouse konvensional, Anda harus menggerakkan seluruh badan mouse untuk memindahkan kursor. Namun, jika Anda menggunakan trackball mouse, Anda cukup menggerakkan ibu jari atau telunjuk tergantung posisi bola pada mouse. Hal ini tentu akan membuat pergelangan tangan Anda terbebas dari rasa lelah.


Anda bisa menggunakan trackball mouse untuk bekerja sekaligus bermain game yang membutuhkan sensitivitas rendahTrackball mouse juga dapat membuat gerakan lebih cepat pada beberapa jenis game. Desain yang unik membuatnya tidak memerlukan banyak ruang untuk pergerakan mouse. Dengan begitu, meja Anda akan terlihat lebih rapi.

Periksa ketersediaan fitur on-board memory jika Anda sering berganti PC

Periksa ketersediaan fitur on-board memory jika Anda sering berganti PC
On-board memory berfungsi agar mouse dapat menyimpan pengaturan atau makro yang sudah Anda simpan terlebih dahulu melalui PC. Jika Anda sering berganti antara PC, laptop, dan sebagainya, fitur ini tentu akan sangat membantu. Anda pun jadi tidak perlu repot untuk mengatur ulang tombol mouse.

Pilih gaming mouse dari produsen yang populer untuk performa lebih stabil

Jika Anda ingin menekankan pada desain dan performa yang stabil, pilihlah mouse dari produsen yang populer. Kami menyarankan Logitech sebagai produsen standar gaming mouse. Logitech telah banyak dipercaya oleh gamer newbie maupun profesional. Produsen ini menawarkan banyak pilihan produk, mulai dari yang harganya terjangkau hingga yang high-end.

Namun, jika Anda suka dengan desain dan hiasan cahaya yang indah, pilihlah merek Razer sebagai gear Anda. Produk dari Razer juga populer di kalangan gamer karena mempunyai performa yang stabil. Sementara itu, jika Anda menginginkan mouse dengan model yang mewah, pilihlah produk dari SteelSeries.

Produk rekomendasi pakar

Pulsar Gaming GearXlite Gaming Mouse (Wired)

Mulai dari Rp 719.000,00

DPI50–20.000
IPS400
JenisWired
Berat48,9 gram
Polling rate1000Hz/1 ms
Jumlah tombol5
Cara memegangFingertip grip, claw grip
On-board memory

10 Rekomendasi gaming mouse terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gaming mouse terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi dari mybest dan bukan dari Faynilla.

10

LogitechERGO M575 Wireless Trackball

Mulai dari Rp 988.000,00

DPI400–2.000
IPSTidak disebutkan
JenisWireless, Bluetooth
Berat145 gram
Polling rateTidak disebutkan
Jumlah tombol3
Cara memegangClaw grip, palm grip
On-board memory×
9
DPI16.000
IPS450 IPS
JenisWired
Berat120 gram
Polling rate1.000/s
Jumlah tombol19 (dapat disesuaikan)
Cara memegangFingertip grip
On-board memory
8
DPI400–3.200
IPS130 IPS
JenisWired
Berat94 gram
Polling rate125–1.000/s (dapat disesuaikan)
Jumlah tombol6
Cara memegangFingertip grip, palm grip, claw grip
On-board memory×
7
DPI20.000
IPS650 IPS
JenisWireless, wired, bluetooth
Berat88 gram
Polling rate1.000/s
Jumlah tombol8
Cara memegangClaw grip, palm grip
On-board memory
6

SteelSeriesRival 650 Wireless

Mulai dari Rp 1.880.000,00

DPI100–12.000
IPS350 IPS
JenisWireless
Berat121 gram (dapat disesuaikan hingga 153 gram)
Polling rate1.000/s
Jumlah tombol7
Cara memegangFingertip grip, claw grip, palm grip
On-board memory
5

LogitechG703 Lightspeed Wireless Gaming Mouse

Mulai dari Rp 1.549.000,00

DPI200–12.000
IPS400 IPS
JenisWireless
Berat107 gram (dapat disesuaikan hingga 117 gram)
Polling rate1.000/s
Jumlah tombol6
Cara memegangClaw grip, palm grip
On-board memory
4
DPI200–8.500
IPS300 IPS
JenisWired
Berat77 gram
Polling rate1.000/s
Jumlah tombol6
Cara memegangFingertip grip, claw grip
On-board memory
3

LogitechG PRO Wireless Gaming Mouse

Mulai dari Rp 2.390.000,00

DPI100–25.600
IPS>400 IPS
JenisWireless
Berat80 gram
Polling rate1.000/s
Jumlah tombol8 (dapat disesuaikan)
Cara memegangFingertip grip, claw grip, palm grip
On-board memory
2

ZOWIEBenQ EC2 Medium e-Sports Mouse Gaming

Mulai dari Rp 1.620.864,00

DPI400–3.200
IPSTidak disebutkan
JenisWired
Berat90 gram
Polling rate125–1.000/s (dapat disesuaikan)
Jumlah tombol5
Cara memegangClaw grip, palm grip
On-board memory×
1
DPI200–8.000
IPSTidak disebutkan
JenisWired
Berat85 gram
Polling rate1.000/s
Jumlah tombol6
Cara memegangFingertip grip, claw grip
On-board memory×

Gunakan mouse bungee untuk mencegah kabel rusak

Gunakan mouse bungee untuk mencegah kabel rusak
Mungkin banyak orang yang memilih menggunakan gaming mouse berkabel untuk kestabilan koneksi. Namun, masalah yang sering dihadapi adalah kabel menjadi terlilit. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memakai mouse bungee.

Fungsi dari mouse bungee adalah untuk mencegah kabel terlilit sekaligus membuatnya tampak lebih rapi. Mouse bungee akan mengangkat kabel mouse sehingga tidak menghalangi. Koneksi lancar, mouse pun bisa digunakan secara optimal tanpa khawatir kabel rusak!

Baca juga rekomendasi perlengkapan gaming lainnya di sini

Jika memiliki monitor dan keyboard khusus gaming, Anda bisa menciptakan suasana bermain yang makin nyaman. Dengan menggunakan gaming monitor, Anda dapat mengurangi jeda-jeda yang tidak diinginkan. Sementara itu, keyboard gaming dapat mempermudah Anda dalam memainkan game MMO. Cek artikel berikut untuk mengetahui rekomendasi perlengkapan gaming lainnya dari kami!

Kesimpulan

Gaming mouse tidak dapat dipisahkan dari permainan PC. Sangat penting untuk memilih mouse yang sesuai dengan gaya bermain karena akan memengaruhi performa Anda saat mengoperasikannya.

Ukuran tangan, grip, dan fungsi dari mouse merupakan pilihan masing-masing orang. Jadi, pilihlah produk yang cocok dengan gaya bermain Anda. Kejar terus level permainan yang lebih tinggi dengan gaming mouse yang nyaman digunakan. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda menemukan mouse gaming terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan nama kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain merek Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam. Beberapa di antaranya adalah Anker, Aukey, dan Energea.Di artikel ini kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih kabel data iPhone. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang bagus. Simak artikelnya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer sangat diperlukan ketika ingin mencetak dokumen atau foto di rumah. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga makin mudah karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih printer yang bagus, mulai dari mengulas berbagai jenis printer hingga berbagai fungsinya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan Brother. Perhatikan juga review printer sebelum membeli agar Anda lebih memahami keunggulan setiap printer, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain games di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Samsung, AOC, dan Xiaomi memiliki monitor dengan kualitas yang baik.Faktor apa yang mempengaruhi kualitas monitor? Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh merek gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Wireless mouse banyak dipilih karena praktis. Produknya adalah pilihan tepat bagi Anda yang sering terbatasi oleh kabel mouse. Namun, spesifikasi produknya beragam dari segi koneksi, fitur, hingga desain. Hal ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih produk yang bagus.Karena itu, kami akan mengulas cara memilih wireless mouse terbaik untuk Anda. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produk dari merek populer seperti Logitech, ROBOT, dan lainnya. Yang untuk bekerja ada, yang untuk gaming juga ada. Sudah tidak sabar memilihnya? Yuk, dimulai saja pembahasannya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sound card adalah perangkat terintegrasi yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi sinyal suara atau audio dan sebaliknya. Bila Anda suka menonton video, main games, atau menikmati musik, Anda mungkin tahu pentingnya sound card.  Sound card yang dimaksud termasuk sound card USB, sound card eksternal, sound card HP, dan sound card PC. Merek sound card seperti V8 dan Behringer mungkin terdengar familier bagi Anda. Nah, untuk mendapatkan produk yang bagus, mari simak rekomendasi sound card terbaik dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Menggunakan headphone dapat membuat Anda lebih nyaman saat mendengarkan musik, menonton film, ataupun bermain games. Namun, kualitas suara yang dihasilkan tiap produk headphone tentu berbeda-beda. Begitu pula dengan koneksinya, baik yang berkabel maupun nirkabel. Selain itu, desain yang beragam juga memengaruhi kebocoran suara. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih headphone dengan kualitas suara terbaik. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Anda akan menjumpai produk merek Sony, JBL, dan Logitech. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi 3D Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi 3D Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang bekerja di dunia otomotif, manufaktur, mainan, perhiasan, engineering, dan sektor kesehatan, Anda mungkin familier dengan 3D printer. Alat ini memungkinkan Anda mencetak desain benda tiga dimensi yang lebih kompleks dibandingkan dengan proses manufaktur tradisional. Merek printer 3D seperti Anycubic, Creality, dan Anet dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran. Untuk mendapatkan printer 3D yang bagus, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Kali ini, kami akan berbagi informasi mengenai cara memilih 3D printer beserta rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. 
    Aksesori komputer & laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori