10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2018)


Mendaki gunung adalah kegiatan outdoor yang membutuhkan peralatan lengkap serta fisik yang kuat. Salah satu peralatan penting  dalam mendaki gunung adalah sleeping bag atau kantung tidur. Untuk kegiatan ini, sleeping bag yang diperlukan adalah yang sangat ringan, tetapi tetap kuat dan nyaman.

Berbagai merek sleeping bag seperti Eiger, Consina, Deuter, Quechua, Karrimor, dan banyak lagi menawarkan berbagai kenyamanan, baik saat Anda tidur di dalamnya maupun saat dibawa di dalam tas carrier. Kami akan memberikan informasi tentang cara memilih sleeping bag untuk mendaki gunung beserta 10 rekomendasinya. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih sleeping bag untuk mendaki gunung

Saat mendaki gunung, Anda memerlukan sleeping bag dengan kriteria tertentu agar bisa melakukan kegiatan tersebut dengan aman dan nyaman. Berikut akan kami jabarkan cara memilih sleeping bag yang tepat.

Tipe mumi atau persegi panjang? Pilihlah bentuk yang Anda suka!

Anda bisa memilih sleeping bag yang bertipe mumi atau bertipe persegi panjang. Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mari simak penjelasan kami berikut ini.

Tipe mumi: ringan, hangat, serta membungkus tubuh dengan nyaman

Tipe mumi: ringan, hangat, serta membungkus tubuh dengan nyamanSleeping bag bertipe mumi memiliki bentuk yang menyesuaikan dengan tubuh manusia. Disebut mumi karena membungkus pemakainya dengan rapat seperti mumi. Selain itu, sleeping bag ini juga terlihat seperti kepompong. Dengan bentuk seperti itu, alat ini akan merangkap panas di dalamnya sehingga tetap hangat saat digunakan.

Hanya sedikit bagian yang terbuka dari kantung tidur ini, yaitu bagian wajah pemakai. Bentuknya yang menyempit di bagian kaki membuat sleeping bag ringkas dan tidak membutuhkan banyak tempat saat digunakan. Oleh karena itu, alat ini tetap nyaman jika digunakan di dalam tenda yang sempit. Namun, Anda tentu tidak dapat banyak bergerak saat menggunakan sleeping bag tipe ini.

Tipe persegi panjang: dapat digunakan juga sebagai selimut

Tipe persegi panjang: dapat digunakan juga sebagai selimut

Sleeping bag bertipe persegi panjang sering juga disebut dengan tipe amplop, memiliki bukaan ritsleting pada kedua sisinya. Selain bisa digunakan sebagai kantong tidur, sleeping bag ini juga bisa berfungsi sebagai selimut atau alas tidur jika kedua sisi ritsletingnya dibuka.

Selain itu, ada sleeping bag tipe persegi panjang yang berukuran besar sehingga bisa digunakan untuk dua hingga tiga orang. Sleeping bag seperti itu sangat berguna untuk digunakan saat mendaki gunung dan berkemah bersama keluarga.

Pilihlah desain yang ergonomis dan berukuran compact

Pilihlah desain yang ergonomis dan berukuran compact

Sleeping bag untuk mendaki gunung harus memiliki desain yang ergonomis, baik saat digunakan atau saat masih dilipat/digulung. Salah satu desain yang perlu diperhatikan, selain tipe bentuk sleeping bag adalah bukaan ritsleting sleeping bag saat Anda berbaring di dalamnya. Tipe ritsleting sebelah kanan atau RZ (Right Zipper) untuk tangan dominan kiri dan tipe ritsleting sebelah kiri atau LZ (Left Zipper) untuk tangan dominan kanan. Pilihlah yang Anda rasa akan lebih mudah digunakan.

Sebagai salah satu peralatan mendaki gunung, sleeping bag seharusnya memiliki bentuk yang ringkas dan padat agar mudah dibawa. Salah satu fitur yang sangat berguna adalah sifat ultralight atau sangat ringan. Agar tidak membebani perjalanan mendaki Anda, sebaiknya berat maksimum sleeping bag tidak lebih dari satu kilogram.

Pilihlah bahan isian yang mampu merangkap panas dan berbobot ringan

Bahan isian sleeping bag mempengaruhi fungsi kehangatan, berat, dan volumenya. Anda bisa memilih sleeping bag berdasarkan bahan isian dan fungsinya sesuai kebutuhan Anda.

Bahan down, mampu menangkap panas dengan baik dan sangat ringan

Bahan down, mampu menangkap panas dengan baik dan sangat ringanDown adalah bulu halus yang berasal dari angsa atau bebek, yang berasal dari sayap. Ciri dari bulu halus ini adalah ringan dan mampu merangkap panas dengan baik. Kemampuan down untuk merangkap hangat dinilai dengan satuan FP (Fill Power), semakin besar nilai FP-nya maka akan semakin hangat down tersebut. Rata-rata down dengan nilai 600-700 FP sudah termasuk kualitas yang baik.

Kelemahan dari sleeping bag berbahan isian down ini adalah jika terkena air, kemampuan merangkap panasnya akan hilang. Jika Anda memilih sleeping bag berbahan isian down, pastikan alat ini dilengkapi dengan kantung pelindung terhadap air sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kebasahan saat hujan. Selain itu, semakin tinggi FP, akan semakin mahal pula harganya sehingga Anda perlu menyesuaikannya dengan budget Anda.

Serat buatan, kuat menahan air dan cepat kering saat basah

Serat buatan, kuat menahan air dan cepat kering saat basahSleeping bag dengan bahan isian serat buatan biasanya dijual dengan harga yang lebih murah daripada sleeping bag berbahan isian down. Serat buatan merupakan bahan yang cepat kering jika terkena air. Anda juga dapat dengan mudah mencuci sleeping bag ini di rumah jika kotor dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk penggunaan berikutnya.

Kekurangan bahan ini adalah bobotnya jauh lebih berat daripada bahan down sehingga akan kurang nyaman saat digunakan untuk mendaki gunung. Selain itu, sleeping bag dengan bahan isian serat buatan juga biasanya lebih memakan tempat karena dimensinya saat tidak digunakan lebih besar daripada sleeping bag berisi down.

Tipe hybrid, menggabungkan bahan down dan serat buatan

Tipe hybrid, menggabungkan bahan down dan serat buatan

Jika Anda memiliki budget terbatas, tetapi ingin mendapatkan sleeping bag dengan kualitas yang cukup baik, Anda dapat memilih untuk membeli sleeping bag dengan bahan isian campuran antara down dan serat buatan. Sleeping bag semacam ini disebut dengan tipe hybrid.

Penggabungan kedua bahan ini membuat sleeping bag tipe hybrid memiliki karakter kedua bahan: bagian luar isian tahan air karena berisi bahan serat buatan, dan bagian dalam isian yang hangat karena berisi down. Sleeping bag ini juga memiliki bobot yang tidak begitu berat, tetapi masih lebih berat daripada sleeping bag yang hanya berisi down.

Periksa suhu dan cuaca saat pendakian

Pada sleeping bag biasanya dicantumkan rentang suhu yang nyaman untuk penggunaannya, mulai dari suhu minimum penggunaannya hingga suhu ekstrim (sangat dingin) untuk penggunaan sleeping bag. Batas suhu pada penggunaan sleeping bag ini juga menentukan cuaca yang sesuai untuk penggunaan sleeping bag.

Menentukan kesesuaian sleeping bag dengan suhu penggunaannya

Menentukan kesesuaian sleeping bag dengan suhu penggunaannya

Suhu yang paling tepat dan nyaman atau optimum untuk penggunaan sleeping bag ditentukan produsen menurut kondisi pemakainya. Berdasarkan kondisi fisiologisnya, pengguna perempuan akan lebih cepat merasa kedinginan daripada laki-laki, . Maka, suhu optimum penggunaan sleeping bag adalah rentang suhu di mana pengguna perempuan bisa tidur dengan nyaman tanpa kedinginan dengan posisi tidur normal.

Sementara, suhu minimum penggunaan sleeping bag adalah rentang suhu di mana pengguna laki-laki bisa tidur meringkuk dalam sleeping bag selama 8 jam atau lebih. Kemudian, batas suhu ekstrim penggunaan sleeping bag adalah rentang suhu di mana pengguna perempuan bisa tidur meringkuk dalam sleeping bag selama kurang lebih 6 jam.

Pada batas suhu ekstrim penggunaan sleeping bag, kita harus ingat bahwa ada risiko hipotermia yang sangat berbahaya. Jangan jadikan batas yang tertera sebagai acuan. Tetap perhatikan kondisi tubuh Anda saat menggunakan sleeping bag pada lokasi dengan suhu yang ekstrim atau sangat dingin.

Suhu optimum untuk penggunaan sleeping bag yang nyaman

Suhu optimum untuk penggunaan sleeping bag yang nyaman

Jika suhu minimum dan suhu ekstrim penggunaan sleeping bag agak sulit ditentukan, suhu optimum untuk kenyamanan penggunaan sleeping bag mudah ditentukan. Kami sarankan untuk mengasumsikan bahwa suhu optimum penggunaan adalah menambahkan sekitar 5-10oC di atas batas minimum suhu penggunaan yang tercantum pada sleeping bag.

Misalkan pada sleeping bag tercantum batas minimum penggunaannya -10oC, maka Anda akan bisa menggunakan alat ini dengan nyaman pada suhu lingkungan -5º hingga 0oC. Perhatikan suhu minimum pada lokasi berkemah Anda agar Anda bisa memilih sleeping bag yang sesuai. Jika Anda pendaki pemula, pilihlah sleeping bag dengan menambahkan antara 3-5oC lebih hangat pada suhu penggunaan optimumnya.

Namun, pengaruh suhu akan terasa berbeda pada setiap individu. Pendaki berpengalaman tentu akan lebih terlatih dengan suhu udara yang dingin. Jika Anda tidak yakin dengan ketahanan sleeping bag pada suhu dingin, bawalah jaket atau selimut ekstra untuk menghangatkan tubuh saat tidur.

Pengaruh musim pada penggunaan sleeping bag

Pengaruh musim pada penggunaan sleeping bag

Di Indonesia, hanya ada 2 musim, yakni musim kemarau dan musim hujan. Oleh karena itu, penggunaan sleeping bag juga dipengaruhi kedua musim tadi. Kemudian, pada sleeping bag biasanya dicantumkan indikator suhu penggunaan. Bila suhu penggunaannya tertulis 5-10oC, artinya sleeping bag tersebut tetap bisa menghangatkan tubuh Anda selama suhu di sekitar Anda tidak lebih rendah dari 5-10oC.

Mempertimbangkan musim ini penting jika Anda akan menggunakan sleeping bag saat mendaki gunung. Biasanya pada musim kemarau, suhu di atas puncak gunung akan turun cukup drastis di malam hari dan menjadi sangat dingin. Meski pada musim hujan suhu di malam hari tidak sedingin saat di musim kemarau, Anda tetap harus memberi perhatian khusus karena terpaan hujan dan angin tetap akan membuat tubuh Anda mudah kedinginan. Oleh karena itu, tetap lakukan survei terlebih dahulu dan cari info mengenai suhu rata-rata gunung yang Anda tuju saat di malam harinya agar Anda merasa nyaman menggunakan sleeping bag Anda tanpa merasa kedinginan.

Pilih ukuran sleeping bag yang sesuai

Pilih ukuran sleeping bag yang sesuai

Untuk kenyamanan, sesuaikan ukuran sleeping bag pilihan Anda. Biasanya ukuran sleeping bag dipilih sesuai dengan ukuran tinggi dan lebar tubuh kita. Namun, biasanya kita bergerak-gerak saat tidur sehingga membutuhkan banyak ruang agar tetap nyaman. Kehangatan juga berhubungan dengan ukuran sleeping bag.

Bandingkan harga sleeping bag dengan frekuensi pemakaian

Bandingkan harga sleeping bag dengan frekuensi pemakaian

Harga sleeping bag tergantung dari bahan pembuatnya dan juga merek. Sleeping bag dengan harga tinggi, misalnya, memiliki FP yang tinggi, ultralight, dan kualitas yang bagus. Merek terkenal juga akan meningkatkan harga sleeping bag tersebut, karena sleeping bag termasuk peralatan mendaki gunung yang tahan lama.

Sleeping bag dengan harga murah akan lebih cocok bagi Anda yang tidak banyak melakukan aktivitas mendaki gunung dan berkemah. Namun, jika Anda sering melakukannya, kami sarankan untuk memilih sleeping bag berkualitas baik yang biasanya berharga lebih mahal daripada sleeping bag biasa berkualitas standar.

10 Rekomendasi sleeping bag terbaik untuk mendaki gunung

Di bawah ini kami memberikan 10 rekomendasi untuk sleeping bag terbaik untuk mendaki gunung. Berdasarkan cara memilih di atas, silakan pilih sleeping bag yang paling tepat dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

10. Eiger Sleep Sack 1000

10. Eiger Sleep Sack 1000

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 535.000

Lebih hangat dan nyaman berkat Tropic Insulation

Sleeping bag ini memiliki isian berbahan serat buatan yang bisa menghangatkan Anda saat berkemah di lapangan terbuka. Di bagian dalamnya terdapat saku untuk Anda menyimpan barang berharga Anda. Suhu ekstrim dapat digunakannya sleeping bag ini adalah -5oC, sementara akan nyaman digunakan pada suhu 5oC.

Bertipe mumi, sleeping bag ini mampu merangkap panas dan menahan angin dengan baik, serta dapat digunakan oleh orang dengan tinggi maksimal 180 cm. Jika Anda sering melakukan pendakian gunung di daerah tropis, sleeping bag yang memiliki ritsleting dua arah ini akan menjadi pilihan yang baik.

9. Consina Extreme Comfort Lite

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 950.000

Tidur sendiri oke, tidur bersama teman pun tak masalah

Sleeping bag ini memiliki bentuk persegi panjang tanpa hoodie. Bahan isian sleeping bag ini terbuat dari 90% down dengan suhu ternyaman penggunaannya ada pada suhu 5oC. Dalam keadaan tergulung dalam kantungnya, ukuran sleeping bag cukup besar, yaitu 25 x 15 cm sehingga mungkin akan sedikit memakan tempat di tas carrier Anda.

Saat digunakan, sleeping bag ini akan menjadi berukuran 210 x 72 cm. Sleeping bag ini bisa dimanfaatkan sebagai selimut atau alas tidur dalam tenda jika Anda membawa selimut/sleeping bag tambahan. Oleh karena itu, sleeping bag ini cocok untuk Anda gunakan sendiri atau saat Anda ingin menggunakannya bersama teman-teman Anda.

8. Naturehike Envelope Style NH15A150-D

8. Naturehike Envelope Style NH15A150-D

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 495.000

Tidur lebih leluasa dan bebas bergerak dengan sleeping bag ini!

Sleeping bag dari Naturehike ini berbentuk seperti amplop dan sangat leluasa untuk digunakan untuk Anda yang suka tidur dalam berbagai pose. Ukuran sleeping bag ini cukup besar yaitu 190 x 75 cm. Sleeping bag ini berisi serat buatan yang mampu merangkap panas dan cukup tahan air, begitu pula dengan bagian luarnya.

Suhu penggunaan ternyaman sleeping bag ini adalah pada 15oC dan dapat digunakan pada suhu paling rendah mencapai 10ºC. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak membawa sleeping bag ini jika gunung yang hendak Anda daki memiliki suhu rata-rata di bawah 10ºC saat malam hari.

7. Karrimor Superlight 2 Sleeping Bag

7. Karrimor Superlight 2 Sleeping Bag

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.350.000

Sleeping bag ultralight yang ringan untuk dibawa ke mana pun

Seri sleeping bag dari Karrimor ini didesain dengan bentuk mumi yang sesuai untuk digunakan baik pada musim kemarau maupun saat musim penghujan. Bahan isiannya terbuat dari serat buatan yang berongga sehingga bobotnya cukup ringan. Jika Anda mencari sleeping bag yang bobotnya tidak memberatkan saat mendaki gunung, produk ini bisa menjadi pilihan Anda.

Anda dapat dengan nyaman menggunakannya pada suhu 7oC, tetapi kami sarankan jangan menggunakannya di bawah suhu 2oC untuk mencegah risiko hipotermia. Bukaan ritsleting gandanya terdapat di sebelah kiri, tidak sulit membukanya dari dalam karena sudah didesain sedemikian rupa agar ritsleting tidak mudah macet.

6. Highrock Leopard Sleeping Bag

6. Highrock Leopard Sleeping Bag

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.100.000

Siap dibawa bertualang ke mana saja berkat rentang suhunya yang luas!

Sleeping bag dari Highrock ini memiliki bentuk di antara tipe persegi panjang dan tipe mumi yang disebut bentuk tapered. Isiannya terbuat dari 75% down sehingga akan ringan saat dibawa meski kemampuannya menjaga Anda tetap hangat tidak bisa diragukan.

Bagian luar sleeping bag ini terbuat dari bahan anti air dengan ritsleting ganda pada sisi luar dan dalam. Sleeping bag ini dapat digunakan mulai dari suhu 2º-25ºC dan menjadikannya cocok untuk Anda bawa ke mana pun, mulai dari gunung di daerah tropis hingga ke gunung di negara bermusim dingin sekalipun!

5. Quechua Forclaz Ultralight 15/20º

5. Quechua Forclaz Ultralight 15/20º

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 520.000

Dapat dicuci dengan mesin cuci, lebih mudah dibersihkan!

Anda yang memiliki tubuh tinggi tidak perlu khawatir harus tidur meringkuk dengan sleeping bag ini, karena panjangnya mencapai 185 cm. Bahan isiannya terbuat dari serat buatan polyester. Beratnya pun termasuk sangat ringan, yakni hanya 680 gram sehingga tidak akan berpengaruh signifikan pada barang bawaan Anda.

Desain sleeping bag ini berbentuk mumi dengan dua ritsleting sepanjang 3/4 panjang total sleeping bag untuk mencegah udara dingin masuk ke dalam. Sleeping bag ini mudah dirawat dengan mencucinya di mesin cuci, cocok untuk Anda yang selalu menginginkan kebersihan pada peralatan Anda.

4. Aegismax Ultralight D1

4. Aegismax Ultralight D1

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.299.000

Anda kidal? Tak masalah, sleeping bag dengan right zipper ini akan nyaman untuk Anda

Kali ini Aegismax membuat sleeping bag  yang memiliki bobot yang sangat ringan, yaitu hanya sekitar 700 gram. Bahan isiannya terbuat dari down yang memiliki 650 FP sehingga sleeping bag ini dapat menyimpan panas dengan sangat baik. Sleeping bag ini memiliki bentuk yang ramping sehingga saat digunakan akan pas di badan dan tidak banyak tempat untuk udara dingin.

Kemudian, untuk Anda yang memiliki tinggi badan melebihi 175 cm, sebaiknya Anda memilih ukuran L saat membelinya karena ukuran L dapat dipakai untuk orang dengan tinggi badan hingga 196 cm. Selain itu, produk ini juga sangat cocok untuk Anda yang kidal karena sleeping bag ini memiliki bukaan ritsleting di sebelah kanan.

3. Coleman Biker Sleeping Bag

3. Coleman Biker Sleeping Bag

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 940.000

Dilengkapi kantung dry bag yang menjaga sleeping bag tetap kering

Meskipun namanya Biker Sleeping Bag, kantung tidur dari Coleman ini juga nyaman digunakan untuk kegiatan mendaki gunung dan berkemah. Sleeping bag ini mempunyai area kaki 3D yang memberi ruang lebih luas untuk kaki Anda. Selain dilengkapi kantung dry bag untuk penyimpanannya, produk ini juga memiliki inner pocket untuk menyimpan barang berharga Anda.

Bahan isiannya terbuat dari serat buatan, Coletherm Micro. Bahan ini akan membuat sleeping bag terasa sangat ringan dan dapat dikompres menjadi berukuran sangat compact. Kemudian, produk ini juga joinable, yang artinya dapat disambungkan dengan Biker Sleeping Bag lainnya agar penggunanya bisa tetap berkumpul saat tidur.

2. Deuter Dream Lite 500 Sleeping Bag

2. Deuter Dream Lite 500 Sleeping Bag

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 858.000

Malas bawa yang berat? Tenang, sleeping bag satu ini sangat ringan, lho!

Sleeping bag ini dirancang untuk bisa digunakan pada cuaca panas. Isiannya terbuat dari polyester yang dibuat menyerupai bulu angsa, mampu menyimpan panas, tetapi cepat kering jika terkena air. Terbuat dari kain nilon yang dijahit langsung dengan furingnya, sleeping bag ini terasa adem digunakan saat cuaca terasa panas.

Ini adalah sleeping bag tertipis dalam koleksi Deuter dan memiliki berat sangat ringan, yakni hanya sekitar 500 gram. Jika Anda mencari sleeping bag yang sangat ringan, produk ini adalah pilihan tepat. Selain itu, sleeping bag ini juga bisa dipakai sebagai pelapis sleeping bag lainnya sebagai liner.

1. Snugpak Jungle Bag

1. Snugpak Jungle Bag

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 850.000

Aman dari serbuan serangga saat tidur!

Sleeping bag ini memiliki berat 900 gram, dilengkapi dengan kantung kompresi membuat sleeping bag ini bisa dipak menjadi sangat kecil. Anda bisa mendapatkan ruang yang luas dalam tas dengan membawa benda ini. Dengan suhu penggunaan ternyaman 7oC, sleeping bag ini sesuai digunakan di hutan hujan tropis, dataran tinggi terbuka, atau daerah rawa yang lembap.

Bagi Anda yang ingin aman dari serangga saat tidur, sleeping bag ini dilengkapi dengan kelambu beritsleting pada bagian hoodie-nya. Kelambu ini bisa dilepas dan disimpan dalam kantung depan sleeping bag agar tidak hilang. Sleeping bag ini dibuat antibakteri sehingga Anda tak perlu khawatir munculnya aroma tidak sedap pada sleeping bag Anda.

Cara melipat sleeping bag

Cara melipat sleeping bag

Cara melipat sleeping bag yang salah akan menyebabkan bentuk sleeping bag menjadi aneh, tidak ringkas saat dibungkus, dan sulit dikeluarkan. Kami akan memberitahu Anda tentang bagaimana melipat sleeping bag yang benar.

Untuk sleeping bag berbahan isian down, tahan gulungan dengan kaki untuk mengeluarkan udara lalu masukkan ke dalam kantungnya. Hati-hati untuk tidak terlalu menekannya, jika digulung terlalu padat down akan rusak. Untuk sleeping bag berisi  bahan serat buatan, lipat menjadi dua kemudian lipat di tengah, lalu gulung sambil menarik udara keluar, masukkan ke kantungnya.

Kuncinya adalah dengan memadatkannya sambil mengeluarkan udara sehingga bentuknya ringkas saat dimasukkan ke kantungnya dan nyaman dibawa dalam tas carrier Anda.

Coba dahulu dengan menyewa sleeping bag

Coba dahulu dengan menyewa sleeping bag

Sulit untuk meyakinkan bahwa pilihan sleeping bag Anda sudah tepat jika Anda tidak mencobanya. Jika memungkinkan, kami sarankan untuk menyewa sleeping bag untuk satu malam dan mencobanya.

Anda bisa mencari tempat persewaan peralatan mendaki gunung dan menyewa sleeping bag yang ingin Anda coba. Tidak perlu berkemah untuk mencobanya, Anda bisa mencobanya dalam mobil atau di rumah. Dengan begini, Anda bisa langsung mengetahui tingkat kehangatan, kenyamanan, ukuran, dan beratnya.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah dapat menentukan pilihan sleeping bag Anda? Begitu banyak pilihan sleeping bag untuk mendaki gunung. Pilih sleeping bag dengan saksama karena peralatan yang tepat tidak hanya akan memastikan perjalanan mendaki gunung Anda nyaman, tetapi juga aman. Selain itu, jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi gunung tujuan Anda supaya Anda tetap aman. Selamat bertualang!