10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2018)

Sleeping bag adalah perlengkapan penting dalam mendaki gunung untuk membuat tidur Anda terasa lebih nyaman. Beberapa merek sleeping bag yang terkenal antara lain Naturehike, Eiger, Consina, dan Coleman. Jenisnya bermacam-macam, ada yang harganya terjangkau, mudah dicuci, atau berukuran compact. Apakah Anda kesulitan mencari sleeping bag yang cocok untuk mendaki gunung?

Kali ini, kami akan membahas dengan detail cara memilih sleeping bag untuk mendaki gunung dan kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Oleh karena itu, sebelum Anda membeli sleeping bag, sebaiknya baca artikel ini sampai selesai. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih sleeping bag untuk mendaki gunung

Sebaiknya Anda memilih sleeping bag yang nyaman dan aman untuk Anda tidur selama mendaki gunung. Kami akan menjelaskan beberapa poin penting dalam memilih sleeping bag untuk mendaki gunung.

Pilih bentuk sleeping bag yang Anda sukai

Ada dua bentuk sleeping bag yang terkenal, yaitu tipe mumi yang berbentuk seperti kepompong, dan tipe persegi panjang. Tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mari simak penjelasan berikut ini.

Tipe mumi : Membungkus tubuh dengan nyaman, ringan, dan hangat

Tipe mumi : Membungkus tubuh dengan nyaman, ringan, dan hangat

Sleeping bag tipe mumi dibuat berdasarkan bentuk tubuh manusia sehingga tidak ada banyak ruang kosong tersisa. Dengan begitu, sleeping bag tipe ini mampu merangkap panas dengan efisien. Beberapa produk sleeping bag tipe mumi juga terdapat penutup yang menyisakan sedikit ventilasi serta bisa dikencangkan atau longgarkan. Hal ini sangat berguna untuk menghangatkan badan Anda dalam waktu singkat saat kedinginan.

Tipe mumi ini juga memungkinkan Anda untuk menutup dan menjaga tubuh Anda sepenuhnya dari udara dingin dengan hanya menyisakan bagian wajah saja. Berhubung tipe ini tidak membutuhkan banyak ruang, Anda bisa menggunakannya dengan nyaman bahkan di dalam tenda yang sempit.

Tipe persegi panjang : Bisa digunakan juga sebagai selimut

Tipe persegi panjang : Bisa digunakan juga sebagai selimut

Sleeping bag tipe persegi panjang memiliki bentuk seperti amplop. Dengan sleeping bag ini, Anda bisa tidur dengan postur tubuh seperti biasanya.  Selain itu, breathability-nya baik dan Anda bisa bergerak di dalam sleeping bag dengan lebih leluasa. Kebanyakan produk ini bisa digunakan sebagai selimut dengan cara membuka seluruh ritsletingnya. Dengan begitu, sleeping bag tipe ini jadi lebih fleksibel untuk digunakan pada berbagai kondisi.

Ada juga beberapa produk yang bisa digabungkan dengan sleeping bag tipe persegi panjang lain saat Anda menyambungkan ritsletingnya dan menjadikannya selimut berukuran besar. Karena itu, sleeping bag tipe ini cocok digunakan saat bepergian dengan keluarga atau orang dewasa. Tidak hanya berfungsi sebagai sleeping bag, produk ini juga sangat berguna untuk mengontrol temperatur tubuh.

Periksa posisi ritsleting dan ukuran sleeping bag

Periksa posisi ritsleting dan ukuran sleeping bag

Untuk bisa membuka sleeping bag dengan cepat, posisi bukaan ritsleting sleeping bag sebaiknya berada di sisi tangan dominan Anda. Produk yang ristletingnya berada di sebelah kiri memiliki label LZ (Left Zipper) dan yang berada di sebelah kanan memiliki label RZ (Right Zipper). Ada juga sleeping bag dengan ritsleting di bagian tengah yang bisa dibuka dengan mudah menggunakan tangan mana pun. Jadi, pilihlah yang paling cocok untuk Anda.

Supaya tidak membebani perjalanan mendaki Anda, sebaiknya berat maksimum sleeping bag tidak lebih dari 1 kg. Sleeping bag yang sudah di-packing di dalam backpack idealnya memiliki ukuran seperti botol plastik berukuran 2 liter. Jadi, periksa dengan teliti saat melakukan packing!

Pilih bahan isian yang mampu merangkap panas dan berbobot ringan

Bahan isian sleeping bag akan mempengaruhi kemampuan produk dalam merangkap panas, berat, dan volumenya. Mari lihat keuntungan dari masing-masing jenis isian sleeping bag.

Bahan down, mampu menahan panas dengan baik dan sangat ringan

Bahan down, mampu menahan panas dengan baik dan sangat ringan

Down adalah bulu halus yang berasal dari unggas seperti angsa, biasanya berasal dari bulu bagian leher. Ciri dari bulu halus ini adalah ringan dan mampu merangkap panas dengan baik sehingga cocok untuk dipakai saat mendaki gunung. Kemampuan down untuk merangkap hangat dinilai dengan satuan FP (Fill Power), semakin besar nilai FP-nya, semakin hangat pula down tersebut. Rata-rata down dengan nilai 600-700 FP sudah tergolong produk berkualitas baik. Down dengan kualitas 700 FP atau lebih akan semakin baik dalam menjaga panas.

Kelemahan dari sleeping bag berbahan isian down ini adalah jika terkena air, kemampuan menahan panasnya akan hilang. Jika Anda memilih sleeping bag berbahan down, pastikan sudah ditambahi dengan lapisan tahan air pada permukaannya atau Anda bisa menggunakan cover sleeping bag tambahan. Selain itu, semakin tinggi FP, harganya juga akan semakin tinggi. Anda perlu menyesuaikannya dengan budget Anda sambil mempertimbangkan alat yang bisa menahan hujan masuk ke dalam tenda.

Bahan serat buatan, kuat menahan air dan cepat kering saat basah

Bahan serat buatan, kuat menahan air dan cepat kering saat basah

Kelebihan dari isian berbahan serat buatan adalah lebih kuat menahan air sehingga tidak mudah basah dan harganya cenderung lebih murah ketimbang bahan down. Anda juga bisa menggantinya dengan mudah saat rusak karena harganya yang ekonomis. Selain itu, isian dari bahan ini pun lebih cepat kering saat basah terkena hujan, tumpahan air, dan sebagainya. Berhubung cepat kering, Anda pun bisa dengan mudah mencucinya di rumah.

Namun, salah satu kekurangannya adalah bobotnya lebih berat dua kali dibanding bahan down. Hal ini membuat sleeping bag dari bahan ini tidak terlalu compact. Jadi, sebaiknya Anda mempertimbangkan bobot dan tempat penyimpanannya terlebih dahulu.

Bahan hybrid, terbuat dari campuran down dan serat kimia

Tipe hybrid, terbuat dari campuran down dan serat kimia

Tipe hybrid merupakan penggabungan antara bahan down dan bahan serat buatan sehingga memiliki baik kelebihan maupun kekurangan dari masing-masing bahan. Dari sisi kelebihan, Anda akan memiliki sleeping bag yang lebih tahan air karena menggunakan serat buatan di bagian luar, sedangkan bagian dalamnya hangat karena menggunakan down. Tentunya kemampuan merangkap panas dan bobotnya akan terasa seimbang.

Anda dapat mempertimbangkan bahan ini sebagai opsi bila Anda belum menemukan produk sleeping bag dari bahan serat buatan atau down dengan bobot dan budget yang pas dengan keinginan Anda.

Periksa suhu dan cuaca pada saat pendakian

Pada sleeping bag biasanya dicantumkan rentang suhu yang nyaman untuk penggunaannya, mulai dari suhu minimum penggunaannya hingga suhu ekstrem (sangat dingin) untuk penggunaan sleeping bag. Batas suhu penggunaan ini juga menentukan sleeping bag tersebut cocok digunakan di musim seperti apa. Dengan begitu Anda bisa menentukan sleeping bag yang pas saat Anda mendaki gunung!

Menentukan jenis sleeping bag sesuai suhu penggunaannya

Menentukan jenis sleeping bag sesuai suhu penggunaannya

Wanita cenderung lebih mudah kedinginan dibanding laki-laki sehingga suhu penggunaan sleeping bag ditentukan berdasarkan hal tersebut. Suhu optimum pemakaian sleeping bag adalah rentang suhu di mana wanita bisa tidur tanpa merasa kedinginan dengan posisi tubuh yang normal. Lalu, suhu minimum penggunaan sleeping bag adalah rentang suhu di mana laki-laki tidur meringkuk di dalam sleeping bag selama 8 jam atau lebih. Terakhir, suhu pemakaian ekstrem adalah rentang suhu di mana wanita tidur meringkuk dalam sleeping bag dan bisa tidur hingga 6 jam.

Jika sudah sampai kondisi suhu pemakaian ekstrem, ada kemungkinan terjadi hipotermia dan hal ini sangat berbahaya. Jadi, hindari memilih sleeping bag berdasarkan pemakaian pada suhu ekstrem tersebut. Tergantung modelnya, ada beberapa produk yang diberikan label seperti “suhu pemakaian minimal” atau “suhu pemakaian optimal”, jadikanlah angka tersebut sebagai patokan batas bawah suhu penggunaan sleeping bag.

Pilih berdasarkan suhu optimum pemakaian sleeping bag

Pilih berdasarkan suhu optimum pemakaian sleeping bag

Di antara suhu penggunaan yang tertera pada sleeping bag, jadikanlah suhu optimum penggunaan sebagai standar Anda dalam memilih sleeping bag. Kami sarankan untuk mengasumsikan bahwa suhu optimum penggunaan adalah menambahkan sekitar 5-10°C di atas batas minimum suhu penggunaan yang tercantum pada sleeping bag. Untuk sleeping bag dengan suhu minimum penggunaannya -10℃, berarti suhu optimum penggunaannya adalah antara -5℃ hingga 0℃. Saat memilih sleeping bag, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan suhu di gunung yang ingin Anda kunjungi.

Jika Anda pendaki pemula, pilihlah sleeping bag dengan menambahkan antara 3-5oC lebih hangat pada suhu penggunaan optimumnya. Namun, pengaruh suhu akan terasa berbeda pada setiap individu. Sebaiknya sebelum naik gunung, Anda berlatih beradaptasi di lingkungan yang mirip dengan kondisi gunung tujuan Anda. Jika Anda sudah mencobanya dan tetap merasa belum cukup hangat, sebaiknya Anda membawa baju hangat ekstra agar Anda merasa lebih nyaman.

Pengaruh musim pada jenis sleeping bag

Pengaruh musim pada jenis sleeping bag

Di Indonesia, hanya ada 2 musim, yakni musim kemarau dan musim hujan. Karena itu, penggunaan sleeping bag juga dipengaruhi kedua musim tadi. Kemudian, pada sleeping bag biasanya dicantumkan indikator suhu penggunaan. Bila suhu penggunaannya tertulis 5-10°C, artinya sleeping bag tersebut tetap bisa menghangatkan tubuh Anda selama suhu di sekitar Anda tidak lebih rendah dari 5-10°C.

Mempertimbangkan musim ini penting jika Anda akan menggunakan sleeping bag saat mendaki gunung. Biasanya pada musim kemarau, suhu di atas puncak gunung akan turun cukup drastis di malam hari dan menjadi sangat dingin. Meski pada musim hujan suhu di malam hari tidak sedingin saat di musim kemarau, Anda tetap harus memberi perhatian khusus karena terpaan hujan dan angin tetap akan membuat tubuh Anda mudah kedinginan. Oleh karena itu, tetap lakukan survei terlebih dahulu dan cari info mengenai suhu rata-rata gunung yang Anda tuju saat di malam harinya agar Anda merasa nyaman menggunakan sleeping bag Anda tanpa merasa kedinginan.

Pilih ukuran sleeping bag yang memudahkan Anda bergerak

Pilih ukuran sleeping bag yang memudahkan Anda bergerak

Umumnya Anda memilih sleeping bag yang pas dengan tinggi dan lebar tubuh Anda. Namun, perhatikan juga kenyamanannya saat dipakai dan kemampuannya dalam merangkap panas. Sleeping bag yang lebar dan fleksibel akan memudahkan Anda untuk bergerak di dalam sleeping bag sehingga Anda akan merasa lebih nyaman. Berhubung kebiasaan tidur dan postur tubuh setiap orang berbeda, pilihlah yang paling sesuai dengan postur tubuh Anda saat tidur.

Pilih berdasarkan harga dan intensitas pemakaian Anda

Pilih berdasarkan harga dan intensitas pemakaian Anda

Harga sleeping bag tidak hanya ditentukan berdasarkan material dan mereknya, tetapi juga berdasarkan kelebihan lain yang dimilikinya. Misalnya, sleeping bag yang berharga cukup mahal memiliki FP tinggi dan bobotnya pun ringan sehingga saat cocok untuk digunakan oleh Anda yang sering mendaki gunung.

Di sisi lain, sleeping bag berharga terjangkau yang mudah digunakan bisa menjadi pertimbangan Anda bila Anda tidak sering mendaki gunung. Suatu keputusan bijaksana bila Anda menentukan budget berdasarkan intesitas Anda dalam mendaki gunung dan memilih produk sesuai budget tersebut.

10 Rekomendasi sleeping bag terbaik untuk mendaki gunung

Di bawah ini kami memberikan sepuluh rekomendasi untuk sleeping bag terbaik untuk mendaki gunung. Berdasarkan cara memilih di atas, silakan pilih sleeping bag yang paling sesuai untuk Anda.

10. Eiger Sleep Sack 1000

10. Eiger Sleep Sack 1000

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 517.500

Lebih hangat dan nyaman berkat Tropic Insulation

Sleeping bag Eiger yang terbuat dari material poliester ini memiliki teknologi Tropic Insulation yang mampu menahan panas dengan baik meskipun suhu di luar sedang dingin. Produk ini sangat cocok digunakan di gunung-gunung yang beriklim tropis, seperti di Indonesia dengan suhu optimum penggunaan di 5℃.

Dengan menggunakan sleeping bag bertipe mumi ini, Anda dijamin bisa tidur dengan nyaman saat berkemah di gunung. Fitur lainnya yang membuat produk ini semakin bagus adalah di bagian dalamnya ada kantong untuk menyimpan barang-barang kecil dan memiliki ritsleting dua arah sehingga pergerakan Anda lebih cepat.

9. Consina Extreme Comfort Lite Sleeping Bag

9. Consina Extreme Comfort Lite Sleeping Bag

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 950.000

Tidur sendiri oke, tidur bersama teman pun tak masalah

Sleeping bag ini memiliki bentuk persegi panjang tanpa hoodie. Lalu, bahan isiannya terbuat dari 90% down dengan suhu ternyaman penggunaannya ada pada suhu 5°C. Dalam keadaan tergulung dalam kantungnya, ukuran sleeping bag cukup besar, yaitu 25 x 15 cm sehingga mungkin akan sedikit memakan tempat di backpack Anda.

Meski demikian, saat digunakan sleeping bag ini akan menjadi berukuran 210 x 72 cm, cukup besar untuk dimanfaatkan sebagai selimut atau alas tidur dalam tenda jika Anda sudah membawa selimut/sleeping bag tambahan. Tentunya produk ini cocok untuk Anda gunakan sendiri atau saat Anda ingin menggunakannya bersama teman-teman Anda.

8. Naturehike Envelope Style Sleeping Bag with Hood F400

8. Naturehike Envelope Style With Hood F400

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 625.000

Tidur lebih leluasa dan bebas bergerak dengan sleeping bag ini!

Sleeping bag dari Naturehike ini berbentuk seperti amplop dengan ukuran yang cukup besar, yakni 210 x 75 cm. Dengan begitu, pergerakan Anda di dalam sleeping bag bisa lebih leluasa dan nyaman. Sleeping bag ini berisi serat buatan yang mampu merangkap panas dan tahan air, begitu pula dengan bagian luarnya.

Untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan saat tidur, produk ini bisa Anda coba saat mendaki gunung. Selain Anda bisa bergerak bebas, bahannya juga memiliki breahtability yang baik dan terasa nyaman untuk Anda gunakan pada suhu 8℃. Produk ini juga tersedia dalam beberapa pilihan warna, seperti biru, hijau muda, dan jingga.

7. Karrimor Superlight 2 Sleeping Bag

7. Karrimor Superlight 2 Sleeping Bag

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.350.000

Sleeping bag dari bahan hollow fibre berdesain single layer

Karrimor Superlight 2 ini merupakan sleeping bag jenis mumi dengan bahan yang sesuai untuk musim kemarau. Material dalamnya terbuat dari hollow fibre sehingga sirkulasi udara di dalam cukup terjaga. Desain single layer membuat sleeping bag ini lebih simpel dan kemampuan insulasi panasnya tetap terjaga dengan baik.

Selain lebih simpel, sleeping bag tipe single layer terkenal ringan dan bisa digulung hingga compact. Anda pun bisa menggunakannya dengan nyaman pada suhu 7℃ yang merupakan suhu optimal dari sleeping bag ini. Dengan ukuran 215 x 78 cm, sleeping bag ini pun termasuk cukup besar sehingga cocok untuk Anda yang memiliki tubuh tinggi besar.

6. Highrock Leopard Sleeping Bag

6. Highrock Leopard Sleeping Bag

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.100.000

Siap dibawa bertualang ke mana saja berkat rentang suhunya yang luas!

Produk ini memiliki 2 kelebihan yang cukup menarik, yakni tahan air sekaligus berbobot ringan. Terbuat dari 75% bulu angsa, produk ini cukup hangat untuk dipakai tidur di alam. Hangat di bagian dalam dan tahan air di bagian luar, tentu sleeping bag ini bisa melindungi Anda dengan baik.

Bukan itu saja, bila biasanya produk dengan lapisan tahan air berbobot cukup berat, produk ini hanya berbobot sekitar 700 gram. Selain itu, sleeping bag ini dapat digunakan mulai dari suhu 2º-25ºC dan menjadikannya cocok untuk Anda bawa ke mana pun, mulai dari gunung di daerah tropis hingga ke gunung di negara bermusim dingin sekalipun!

5. Quechua Forclaz Trek 500 10° Trekking Sleeping Bag

5. Quechua Forclaz Trek 500 10° Trekking Sleeping Bag

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 545.000

Bisa digabungkan dengan seri sleeping bag Quechua lainnya!

Sleeping bag berbahan 100% polyester ini memiliki suhu nyaman yang sedikit lebih tinggi dibanding sleeping bag lainnya, yakni sekitar 10℃. Adanya ritsleting ganda membuat sleeping bag ini bisa dibuka dari dua arah sehingga lebih memudahkan pergerakan Anda. Lalu, keunikan lain dari produk ini adalah Anda bisa menggabungkannya dengan sleeping bag Quechua seri lain.

Produk ini bisa digabungkan dengan Quechua Ultralight 2017 dan Light 2018 sehingga bisa dijadikan sleeping bag berkapasitas besar, cocok untuk dipakai bersama keluarga. Selain itu, sleeping bag ini mudah dibersihkannya karena bisa dicuci dengan mesin cuci. Tersedia dalam berbagai pilihan warna yang menarik juga, lho!

4. Aegismax Aegis D1

4. Aegismax Aegis D1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.818.600

Desain hoodie sangat nyaman untuk Anda yang tidak kuat dingin

Sleeping bag tipe mumi dari Aegismax ini memang didesain untuk bisa menghangatkan tubuh dengan baik, terutama di bagian hoodie. Penutup kepala ini bisa menutup muka Anda dengan cukup baik, tetapi Anda tetap merasa nyaman, tidak merasa sesak atau mengalami claustrophobia.

Selain itu, tali pengatur hoodie-nya tidak akan mengganjal di kepala Anda seperti kebanyakan sleeping bag lainnya. Untuk kehangatan tidak perlu diragukan lagi, sleeping bag hybrid ini terbuat dari down di bagian dalamnya dan nylon di bagian luarnya. Cocok untuk Anda yang sensitif terhadap udara dingin dan ingin kenyamanan maksimal!

3. Coleman Brazos Cold Weather Sleeping Bag

3. Coleman Brazos Cold Weather

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.906.000

Dengan fitur Roll Control System, melipat sleeping bag jadi lebih mudah!

Coleman Brazos Cold Weather merupakan salah satu produk terbaik dari Coleman. Produk ini dilengkapi beberapa fitur untuk membuat Anda nyaman tidur dalam sleeping bag, seperti Roll Control™ System dan Thermolock. Fitur ini akan membuat sleeping bag lebih mudah digulung karena Anda hanya perlu mengikuti alur yang ada.

Adanya teknologi ini tentu juga menghemat waktu Anda dalam melakukan packing. Produk ini cocok untuk Anda yang jarang naik gunung dan kurang bisa melipat sleeping bag dengan compact. Di sisi lain, Thermolock mampu menjaga panas tidak keluar melalui celah-celah ritsleting sehingga Anda tetap bisa tidur dengan nyaman.

2. Deuter Dream Lite 500 Regular

2. Deuter Dream Lite 500 Regular

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 740.000

Malas bawa yang berat? Tenang, sleeping bag satu ini sangat ringan, lho!

Sleeping bag ini dirancang untuk bisa digunakan pada cuaca panas. Isiannya terbuat dari polyester yang dibuat menyerupai bulu angsa, mampu menyimpan panas, tetapi cepat kering jika terkena air. Kemudian, bagian luar dari sleeping bag ini terbuat dari bahan Dura Hexlite RS yang tahan air dan sangat ringan.

Ini adalah sleeping bag tertipis dalam koleksi Deuter dan memiliki berat sangat ringan, yakni hanya sekitar 500 gram. Jika Anda mencari sleeping bag yang sangat ringan, produk ini adalah pilihan tepat. Selain itu, sleeping bag ini juga bisa dipakai sebagai pelapis sleeping bag lainnya sebagai liner.

1. Snugpak Jungle Bag

1. Snugpak Jungle Bag

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 850.000

Adanya kelambu di bagian hoodie membuat Anda lebih aman dari serangga

Memiliki berat 900 gram dan dilengkapi dengan kantung kompresi, sleeping bag ini bisa di-packing menjadi sangat kecil sehingga lebih hemat tempat. Selain itu, sleeping bag ini memiliki suhu optimum 7℃, sleeping bag ini sesuai digunakan di hutan hujan tropis, dataran tinggi terbuka, atau daerah rawa yang lembap.

Bagi Anda yang ingin aman dari serangga saat tidur, sleeping bag ini dilengkapi dengan kelambu beritsleting pada bagian hoodie-nya. Kelambu ini bisa dilepas dan disimpan dalam kantung depan sleeping bag agar tidak hilang. Sleeping bag juga antibakteri sehingga Anda tak perlu khawatir muncul aroma tidak sedap.

Cara melipat sleeping bag

Cara melipat sleeping bag

Cara melipat sleeping bag yang salah akan menyebabkan bentuk sleeping bag menjadi compact sehingga sulit dikeluarkan dari backpack nantinya. Kami akan memberitahu Anda cara melipat sleeping bag yang benar.

Untuk sleeping bag yang terbuat dari bahan down, gulung sleeping bag perlahan mulai dari bagian kaki sambil mengeluarkan angin di dalamnya, setelah itu masukkan ke dalam kantong sleeping bag. Hati-hati untuk tidak terlalu menekannya, jika digulung terlalu padat down akan rusak. Untuk sleeping bag berisi bahan serat kimia, lipat menjadi dua kemudian lipat lagi di bagian tengah, lalu gulung sambil mengeluarkan udara di dalamnya. Teruskan menggulung hingga udara di dalamnya habis dan sleeping bag tergulung dengan baik, lalu masukkan ke dalam kantongnya.

Kuncinya adalah dengan memadatkannya sambil mengeluarkan udara sehingga akan menjadi ringkas saat dimasukkan ke kantungnya. Dengan begitu, akan lebih nyaman saat dibawa di dalam tas carrier Anda.

Pertimbangkan untuk menyewa sleeping bag

Pertimbangkan untuk menyewa sleeping bag

Pertimbangkan untuk menyewa sleeping bag

Sulit untuk meyakinkan bahwa pilihan sleeping bag Anda sudah tepat jika Anda tidak mencobanya. Karena itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk menyewa sleeping bag dan mencobanya terlebih dahulu.

Anda bisa mencari tempat persewaan peralatan mendaki gunung dan menyewa sleeping bag yang ingin Anda coba. Tidak perlu berkemah untuk mencobanya, Anda bisa mencobanya dalam mobil atau di rumah. Dengan menyewa, Anda bisa lebih mudah memeriksa tingkat kehangatan, kenyamanan, ukuran, dan bobotnya.

Baca juga rekomendasi matras camping terbaik di sini

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, biasanya sleeping bag akan dikombinasikan dengan perlengkapan lainnya, seperti matras camping. Terutama saat Anda mendaki gunung di musim hujan, air akan meresap dari bawah tenda dan mengenai sleeping bag Anda. Karena itu, sebaiknya Anda melapisi sleeping bag Anda dengan matras camping di bagian bawahnya. Artikel matras camping bisa Anda baca di sini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah dapat menentukan pilihan sleeping bag Anda? Begitu banyak pilihan sleeping bag untuk mendaki gunung.

Pilih sleeping bag dengan saksama karena peralatan yang tepat tidak hanya akan memastikan perjalanan mendaki gunung Anda nyaman, tetapi juga aman. Selain itu, jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi gunung tujuan Anda supaya Anda tetap aman. Selamat bertualang!