• 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)

Salah satu perlengkapan penting agar Anda bisa tidur lebih nyaman saat mendaki gunung adalah sleeping bag. Untuk itu, banyak produsen peralatan outdoor yang memproduksi sleeping bag dengan berbagai keunggulan. Ada sleeping bag yang mudah dicuci, harganya terjangkau, atau bisa dikemas dengan compact.

Jika Anda sedang mencari sleeping bag untuk pendakian gunung, ini artikel yang tepat untuk disimak! Kami akan memberikan tips cara memilihnya dan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari merek-merek ternama, seperti Eiger, Consina, dan Naturehike. Jadikan artikel ini sebagai referensi saat Anda mencari sleeping bag untuk mendaki gunung, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

lla Rizky Nidiana
  • Pembaharuan terakhir: 10 Februari 2021
  • 10.044 Views
Daftar isi

Sleeping bag seperti apa yang cocok untuk mendaki gunung?

Sleeping bag seperti apa yang cocok untuk mendaki gunung?

Sleeping bag lumrah digunakan untuk alas tidur selama camping. Namun, jenis yang digunakan untuk mendaki gunung sedikit berbeda. Saat mendaki gunung, Anda pastinya membawa peralatan yang banyak dan cukup berat. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah sleeping bag yang ringan dan bisa dikemas dengan compact.


Sebagai gambaran, sleeping bag untuk mendaki gunung idealnya berukuran sebesar botol plastik ukuran 2 liter ketika dilipat, dengan tinggi sekitar 30 cm dan lebar 15 cm. Sementara itu, bobot yang ideal adalah sekitar 1 kg hingga 2 kg. Jika ada produk dengan kualitas yang sama, pilihlah yang paling ringan, ya!

Cara memilih sleeping bag untuk mendaki gunung

Ketika mencari sleeping bag untuk mendaki gunung, pilihlah yang paling nyaman dan aman. Simak penjelasannya berikut ini!

Pilih berdasarkan bentuknya

Sleeping bag umumnya tersedia dalam dua bentuk, yaitu tipe mumi dan tipe persegi panjang. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah yang paling mudah digunakan dan sesuai kebutuhan perjalanan.

Tipe mumi: Ringan, menghangatkan lebih maksimal, serta membungkus sesuai bentuk tubuh

Tipe mumi: Ringan, menghangatkan lebih maksimal, serta membungkus sesuai bentuk tubuh

Sleeping bag tipe mumi dapat menghangatkan tubuh dengan lebih efisien. Hal ini berkat desainnya yang mengikuti bentuk tubuh sehingga tidak banyak ruang kosong. Minimnya celah antara badan dan sleeping bag menjadikannya mampu menghangatkan tubuh dengan lebih cepat.


Saat menggunakan sleeping bag tipe ini, semua bagian tubuh Anda tertutup dengan baik, kecuali bagian wajah. Bisa dibilang, sleeping bag tipe mumi dapat melindungi dari udara dingin dengan maksimal. Karena tidak memakan banyak ruang, sleeping bag tipe ini dapat digunakan di tenda berukuran kecil.

Tipe persegi panjang: Bisa digunakan juga sebagai selimut

Tipe persegi panjang: Bisa digunakan juga sebagai selimut

Sesuai dengan namanya, sleeping bag tipe ini memiliki bentuk persegi panjang seperti amplop. Sleeping bag ini memungkinkan Anda tidur dengan postur tubuh normal dan lebih leluasa berguling ke kiri atau kanan. Bahannya juga tidak membuat Anda gerah. 


Sebagian besar sleeping bag tipe ini memiliki ritsleting yang dapat dibuka sepenuhnya sehingga Anda juga dapat menggunakannya sebagai selimut. Fungsinya jadi lebih beragam, yakni sebagai alas tidur atau untuk menghangatkan bahu saat mengobrol di dalam tenda.


Beberapa produk bahkan bisa digabung dengan cara menyambungkan ritsletingnya dan dijadikan selimut berukuran besar. Sleeping bag tipe ini cocok digunakan saat bepergian dengan keluarga atau orang banyak dan praktis juga untuk menjaga suhu tubuh.

Periksa posisi ritsletingnya

Periksa posisi ritsletingnya
Untuk bisa membuka sleeping bag dengan cepat, posisi bukaan ritsleting sebaiknya berada di sisi tangan dominan Anda. Produk yang ristletingnya berada di sebelah kiri biasanya memiliki label LZ (Left Zipper) dan yang di kanan berlabel RZ (Right Zipper). Ada juga sleeping bag dengan ritsleting di bagian tengah yang bisa dibuka dengan mudah menggunakan tangan mana pun. Pilihlah yang paling cocok untuk Anda.

Pilih bahan isian yang efektif menahan panas dan berbobot ringan

Bahan isian sleeping bag akan memengaruhi berat, volume, serta kemampuannya dalam menahan panas. Berikut ini kami bahas keuntungan dari tiap jenis isian sleeping bag.

Bahan down, sangat ringan dan mampu menahan panas dengan baik

Bahan down, sangat ringan dan mampu menahan panas dengan baik
Bahan down memiliki karakter yang hangat, ringan, dan compact sehingga sangat cocok untuk pendakian gunung. Kemampuan bahan down untuk menghangatkan badan dinilai dengan satuan FP (fill power). Makin besar nilainya, makin hangat dan compact bahan tersebut. Down dengan nilai 600-700 FP sudah tergolong memiliki kualitas bagus, sedangkan down di atas 700 FP menandakan kualitas tinggi.

Kelemahan sleeping bag dengan isian down adalah kemampuan menahan panasnya akan hilang jika terkena air. Ketika memilih sleeping bag berbahan down, pastikan terdapat lapisan tahan air pada permukaannya, atau kemungkinan untuk menggunakan cover tambahan. Selain itu, makin tinggi nilai FP, harganya juga makin mahal. Jadi, sesuaikan juga dengan budget Anda, ya.

Bahan serat buatan, kuat menahan air dan cepat kering

Bahan serat buatan, kuat menahan air dan cepat kering
Bahan serat buatan memiliki kelebihan lebih kuat menahan air sehingga tidak mudah basah. Harganya juga lebih murah dibandingkan bahan down. Selain itu, bahan serat buatan lebih cepat kering dan Anda pun bisa dengan mudah mencucinya di rumah.

Kekurangan sleeping bag berbahan serat buatan adalah bobotnya lebih berat sekitar dua kali lipat bahan down. Bentuknya pun tidak terlalu compact. Jadi, pertimbangkanlah bobot dan tempat penyimpanannya terlebih dahulu.

Bahan hybrid, terbuat dari campuran down dan serat buatan

Bahan hybrid, terbuat dari campuran down dan serat buatan
Selain kedua bahan sebelumnya, ada sleeping bag jenis ketiga yang merupakan gabungan keduanya, yakni tipe hybrid. Sleeping bag tipe ini terbuat dari serat buatan di bagian luarnya sehingga lebih tahan air. Namun, bagian dalamnya menggunakan bahan down yang lebih lembut saat bersentuhan dengan kulit. Kemampuan menahan panas tubuh dan bobot sleeping bag tipe ini lebih seimbang dibandingkan dua bahan lainnya.

Pertimbangkan faktor suhu dan cuaca saat pendakian

Sesuai standar internasional, sleeping bag memiliki tiga level suhu operasional, yakni suhu penggunaan yang nyaman, suhu batas bawah, dan suhu ekstrem. Dengan begitu, Anda bisa menentukan sleeping bag yang pas saat mendaki gunung.

Pilih sesuai suhu penggunaannya

Pilih sesuai suhu penggunaannya

Wanita cenderung lebih mudah kedinginan dibandingkan laki-laki sehingga suhu penggunaan sleeping bag ditentukan berdasarkan kondisi tersebut. Suhu batas bawah penggunaan sleeping bag adalah rentang suhu ketika laki-laki tidur meringkuk di dalam sleeping bag selama 8 jam atau lebih. Sementara itu, suhu pemakaian ekstrem adalah rentang suhu ketika wanita bisa tahan meringkuk di dalam sleeping bag hingga 6 jam.


Jika sudah sampai kondisi suhu pemakaian ekstrem, ada kemungkinan terjadi hipotermia yang bisa membahayakan. Sebaiknya hindari memilih sleeping bag berdasarkan pemakaian pada suhu ekstrem ini.

Pilih berdasarkan suhu penggunaan sleeping bag yang nyaman

Pilih berdasarkan suhu penggunaan sleeping bag yang nyaman
Suhu penggunaan yang nyaman sebaiknya dijadikan standar dalam memilih sleeping bag. Kami sarankan agar Anda menambahkan sekitar 5-10 ℃ di atas batas minimum suhu penggunaan yang tercantum pada sleeping bag. Untuk sleeping bag dengan suhu minimum penggunaan -10 ℃, berarti suhu penggunaan yang nyaman adalah antara -5 ℃ hingga 0 ℃. Jika Anda pendaki pemula, tambahkan lagi sekitar 3-5 ℃.

Namun, pengaruh suhu akan terasa berbeda pada setiap individu. Sebelum mendaki gunung, sebaiknya Anda berlatih beradaptasi di lingkungan yang mirip dengan kondisi gunung tujuan Anda. Jika setelah mencobanya Anda merasa belum cukup hangat, sebaiknya bawalah baju hangat ekstra agar lebih nyaman.

Pengaruh musim pada jenis sleeping bag

Pengaruh musim pada jenis sleeping bag
Di Indonesia, hanya ada musim kemarau dan hujan sehingga penggunaan sleeping bag tidak terlalu dipengaruhi musim. Namun, jika Anda ingin mendaki gunung di luar negeri yang memiliki 3 musim atau lebih, pertimbangkanlah indikator suhu pada sleeping bag. Misalnya, sleeping bag dengan keterangan 5-10 ℃ untuk musim panas dan -5 ℃ untuk musim dingin bisa digunakan pada negara dengan 3 musim atau lebih.

Akan tetapi, indikator suhu penggunaan ini hanyalah panduan. Anda bisa saja menggunakan sleeping bag musim dingin atau tiga musim saat mendaki di musim panas untuk mengantisipasi perubahan cuaca yang drastis.

Pilih ukuran yang memudahkan pergerakan

Pilih ukuran yang memudahkan pergerakan

Umumnya, Anda akan memilih sleeping bag yang pas dengan tinggi dan lebar tubuh Anda. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan kemudahan saat berguling ke kiri atau kanan. Jadi, pilihlah produk yang cukup lebar dan fleksibel agar tubuh Anda bisa bergerak lebih leluasa. Namun, postur dan gaya tidur seseorang tentunya berbeda-beda. Pertimbangkanlah sleeping bag yang sesuai dengan tubuh Anda.

Pilih berdasarkan harga dan intensitas pemakaian

Pilih berdasarkan harga dan intensitas pemakaian

Harga sleeping bag tentunya sangat dipengaruhi kualitas bahan dan mereknya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menentukan budget terlebih dahulu. Bagi Anda yang baru pertama kali atau jarang mendaki gunung, pilihlah produk yang harganya terjangkau. Jika Anda ragu untuk langsung membelinya, Anda bisa mencoba menyewa sleeping bag.


Hal lainnya yang bisa dijadikan pertimbangan adalah mereknya. Kualitas produk dari suatu merek biasanya tercermin dari ulasan para pengguna serta inovasi yang dilakukan. Makin terkenal atau bagus mereknya, harganya mungkin akan lebih mahal, tetapi kualitasnya dijamin worth it!

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Eiger Wander Rectangular Sleeping Bag

Mulai dari Rp 395.000,00

10 Rekomendasi sleeping bag terbaik untuk mendaki gunung

Di bawah ini kami memberikan sepuluh rekomendasi sleeping bag terbaik untuk mendaki gunung. Berdasarkan cara memilih di atas, temukanlah sleeping bag yang paling sesuai untuk Anda.
10
TipeMumi
BahanShell: Polyester・Filling: Hollow fiber
Ukuran(190+30) cm x 80 cm
Suhu penggunaan yang nyaman10–15 ℃
Posisi ritsletingSisi kanan dan kiri
Pilihan warnaMerah, hijau
Bobot1,2 kg
9
TipePersegi panjang
BahanShell: Tidak diketahui・Filling: Duck down 90%
Ukuran210 cm x 72 cm
Suhu penggunaan yang nyaman5 ℃
Posisi ritsletingSisi kanan
Pilihan warnaMerah, oranye
Bobot0,8 kg
8

NaturehikeEnvelope Style Sleeping Bag With Hood U Series

Mulai dari Rp 360.000,00

TipePersegi panjang
BahanShell: Polyester・Filling: Hollow fiber
Ukuran(190+30) cm x 75 cm
Suhu penggunaan yang nyaman10–15 ℃
Posisi ritsletingSatu buah di sisi kanan atau kiri
Pilihan warnaKuning, biru, hijau
Bobot1,1 kg
7
TipeMumi
BahanShell: 210T nylon ripstop・Filling: Polydown soft polyester fibre
Ukuran205 cm x 75 cm x 48 cm
Suhu penggunaan yang nyaman10–13 ℃
Posisi ritsletingSisi kiri
Pilihan warnaGrey Black
Bobot0,6 kg
6

Hike n RunHighrock Leopard Down 5 C Ultralight

Mulai dari Rp 1.550.000,00

TipeMumi
BahanShell: 50D polyester terylene・Filling: 75% bulu bebek, 25% Cashmere wool
Ukuran200 cm x 78 cm
Suhu penggunaan yang nyaman5–8 ℃
Posisi ritsletingSisi kiri
Pilihan warnaBiru / Abu-abu / Hijau
Bobot0,7 kg
5

DecathlonQuechua Camping Sleeping Bag Arpenaz 10 Cotton

Mulai dari Rp 770.000,00

TipePersegi panjang
BahanShell: 100% cotton・Filling: 100% polyester wadding
Ukuran200 x 80 cm
Suhu penggunaan yang nyaman5–10 ℃
Posisi ritsletingSisi kanan atau kiri
Pilihan warnaBiru, kuning
Bobot2,15 kg
4
TipeMumi
BahanShell: 185T Polyester Taffeta 40gm/m2 150g Polyester Fiber・ Filling: 180T Polyester Brushed Pongee
Ukuran215 cm x 85 cm
Suhu penggunaan yang nyaman25 ℃
Posisi ritsletingSisi kanan
Pilihan warnaHijau, biru
Bobot0,8 kg
3

Hike n RunHighrock Reindeer Down 0 C 2018 Ultralight

Mulai dari Rp 2.275.000,00

TipeMumi
BahanShell: 20D waterproof nylon・ Filling: 90% duck down
Ukuran203 cm x 80 cm
Suhu penggunaan yang nyaman0–3 ℃
Posisi ritsletingSisi kanan dan kiri
Pilihan warnaHitam
Bobot1,32 kg
2
TipeMumi
BahanShell: 20D Nylon 400T (WRC6) ・ Filling: 80% grey duck down, 20% synthetic fibre
Ukuran208 cm x 76 cm
Suhu penggunaan yang nyaman-17,2 hingga -10 ℃
Posisi ritsletingSisi kiri
Pilihan warnaAbu-abu
Bobot1,8 kg
1

DecathlonForclaz Trekking Sleeping Bag Trek 900 0°Feathers

Mulai dari Rp 2.000.000,00

TipeMumi
BahanShell: Polyamide, Filling: 85% young grey duck down, 15% grey duck down
UkuranTidak diketahui
Suhu penggunaan yang nyaman-5–0 ℃
Posisi ritsletingSisi kiri
Pilihan warnaKuning
Bobot0.9 kg

Tabel perbandingan produk sleeping bag terbaik untuk mendaki gunung

Gambar produk
1
Decathlon Forclaz Trekking Sleeping Bag Trek 900 0°Feathers 1

Decathlon

2
Klymit KSB 0 Sleeping Bag 1

Klymit

3
Hike n Run Highrock Reindeer Down 0 C 2018 Ultralight 1

Hike n Run

4
Coleman Compact C25 Sleeping Bag 1

Coleman

5
Decathlon Quechua Camping Sleeping Bag Arpenaz 10 Cotton 1

Decathlon

6
Hike n Run Highrock Leopard Down 5 C Ultralight 1

Hike n Run

7
Deuter Dreamlite 500 Regular 1

Deuter

8
Naturehike Envelope Style Sleeping Bag With Hood U Series 1

Naturehike

9
Consina Extreme Comfort Lite Sleeping Bag 1

Consina

10
Eiger  Lake Side Sleeping Bag 1

Eiger

Nama produk

Forclaz Trekking Sleeping Bag Trek 900 0°Feathers

KSB 0 Sleeping Bag

Highrock Reindeer Down 0 C 2018 Ultralight

Compact C25 Sleeping Bag

Quechua Camping Sleeping Bag Arpenaz 10 Cotton

Highrock Leopard Down 5 C Ultralight

Dreamlite 500 Regular

Envelope Style Sleeping Bag With Hood U Series

Extreme Comfort Lite Sleeping Bag

Lake Side Sleeping Bag

Keunggulan

Badan lebih hangat dengan desain menyesuaikan bentuk tubuh

Ampuh menahan dingin saat mendaki gunung es

Pendakian di musim hujan atau pada suhu dingin jadi lebih nyaman

Kaki lebih leluasa bergerak berkat desain persegi panjangnya

Bisa digabungkan dengan seri sleeping bag Quechua lainnya

Makin hangat berkat campuran bulu bebek dan Cashmere wool

Bobotnya ringan, tetapi dapat menghangatkan dengan maksimal

Tidur jadi lebih leluasa dan bebas bergerak

Untuk tidur sendiri bisa, jadi selimut bersama juga bisa

Andalan untuk menghangatkan di pegunungan tropis

Harga mulai dariRp 2.000.000,00Rp 4.400.000,00Rp 2.275.000,00Rp 640.000,00Rp 770.000,00Rp 1.550.000,00Rp 900.000,00Rp 360.000,00Rp 950.000,00Rp 469.000,00
TipeMumiMumiMumiMumiPersegi panjangMumiMumiPersegi panjangPersegi panjangMumi
BahanShell: Polyamide, Filling: 85% young grey duck down, 15% grey duck downShell: 20D Nylon 400T (WRC6) ・ Filling: 80% grey duck down, 20% synthetic fibreShell: 20D waterproof nylon・ Filling: 90% duck downShell: 185T Polyester Taffeta 40gm/m2 150g Polyester Fiber・ Filling: 180T Polyester Brushed PongeeShell: 100% cotton・Filling: 100% polyester waddingShell: 50D polyester terylene・Filling: 75% bulu bebek, 25% Cashmere woolShell: 210T nylon ripstop・Filling: Polydown soft polyester fibreShell: Polyester・Filling: Hollow fiberShell: Tidak diketahui・Filling: Duck down 90%Shell: Polyester・Filling: Hollow fiber
UkuranTidak diketahui208 cm x 76 cm203 cm x 80 cm215 cm x 85 cm200 x 80 cm200 cm x 78 cm205 cm x 75 cm x 48 cm(190+30) cm x 75 cm210 cm x 72 cm(190+30) cm x 80 cm
Suhu penggunaan yang nyaman-5–0 ℃ -17,2 hingga -10 ℃0–3 ℃25 ℃5–10 ℃ 5–8 ℃10–13 ℃ 10–15 ℃5 ℃10–15 ℃
Posisi ritsletingSisi kiriSisi kiri Sisi kanan dan kiriSisi kananSisi kanan atau kiriSisi kiriSisi kiriSatu buah di sisi kanan atau kiriSisi kananSisi kanan dan kiri
Pilihan warnaKuningAbu-abuHitamHijau, biruBiru, kuningBiru / Abu-abu / Hijau Grey Black Kuning, biru, hijauMerah, oranyeMerah, hijau
Bobot0.9 kg1,8 kg1,32 kg0,8 kg2,15 kg0,7 kg0,6 kg1,1 kg0,8 kg1,2 kg
Tautan produk

Pelajari cara melipat dan merawat sleeping bag Anda

Di bagian akhir ini, kami akan memberikan tips cara melipat sleeping bag dan cara membersihkannya. Jika Anda melipatnya dengan cara yang tepat, Anda bisa mengeluarkan sleeping bag dengan lebih mudah saat pendakian gunung.

Pelajari cara melipat sleeping bag berdasarkan bahan di dalamnya

Pelajari cara melipat sleeping bag berdasarkan bahan di dalamnya
Jika asal-asalan melipat sleeping bag, bentuknya jadi tidak compact dan Anda akan kesulitan saat mengeluarkannya. Untuk melipat sleeping bag dengan bahan down, keluarkan udara di dalam sleeping bag dengan cara menekannya hingga kempis. Baru kemudian Anda bisa melipatnya. Namun, jangan melipatnya terlalu kencang karena bisa merenggangkan bahan down di dalamnya.

Sementara untuk serat buatan, lipat sleeping bag di bagian tengah hingga menjadi dua bagian, lalu gabungkan keduanya. Terakhir, gulung sleeping bag tersebut se-compact mungkin. Anda harus mengeluarkan udara di dalamnya sembari menggulungnya.

Perhatikan keterangan pada label sebelum mencucinya

Perhatikan keterangan pada label sebelum mencucinya

Sleeping bag menyerap kelembapan dan keringat saat digunakan. Jika tidak dibersihkan setelah dipakai, akan tertinggal bau tidak sedap dan berpotensi tumbuh jamur. Namun, jika dicuci terlalu sering, bahan di dalamnya bisa cepat rusak. Sebenarnya, Anda cukup mengeringkannya atau mengangin-anginkannya. Anda bisa mencucinya setelah menggunakannya 30-50 malam.


Untuk sleeping bag berbahan down, cucilah menggunakan detergen khusus. Untuk serat buatan, Anda bisa mencucinya dengan detergen biasa. Beberapa sleeping bag bisa dicuci menggunakan mesin cuci biasa, tetapi tak jarang yang hanya bisa dicuci dengan tangan. Bacalah keterangan pada label sebelum mencucinya.


Jika Anda ingin mencuci sleeping bag dengan tangan, gunakan ember atau wadah berisi air hangat dengan campuran detergen. Cuci sleeping bag dengan perlahan dan hati-hati. Saat kotorannya terangkat, ganti air hangatnya dengan yang baru, lalu bilas hingga busanya hilang. Setelah dicuci, jangan peras sleeping bag Anda. Keringkan menggunakan handuk atau jemur hingga kering secara alami.

Baca juga rekomendasi peralatan mendaki gunung lainnya di sini

Selain sleeping bag, ada beberapa peralatan lainnya yang perlu Anda bawa saat mendaki gunung. Jika tertarik mengetahuinya lebih lanjut, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menentukan pilihan dari begitu banyak sleeping bag untuk mendaki gunung? Pilihlah sleeping bag dengan saksama karena peralatan yang tepat tidak hanya akan memastikan perjalanan mendaki gunung Anda nyaman, tetapi juga aman. Selain itu, jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi gunung tujuan Anda supaya pendakian berjalan dengan aman. Selamat bertualang!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Kegiatan Outdoor (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Down Jacket Terbaik untuk Kegiatan Outdoor (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda berencana untuk berkegiatan di dataran tinggi atau daerah bersalju? Jika ya, Anda akan membutuhkan baju hangat atau jaket yang sesuai. Namun, jaket ini sangat beragam jenisnya, mulai dari produk keluaran The North Face, Fjallraven, Kathmandu, dan sebagainya.Kali ini, kami akan memperkenalkan berbagai down jacket, baik yang ringan hingga yang bisa dilipat menjadi sangat ringkas. Anda pun tidak perlu bingung, kami akan memberitahu hal yang perlu diperhatikan dalam memilih down jacket. Selamat membaca!
    Perlengkapan outdoor
    26.211 Views
  • 10 Rekomendasi Headlamp Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Headlamp Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)
    Headlamp adalah salah satu peralatan yang paling penting untuk kegiatan outdoor seperti camping atau mendaki gunung. Ada banyak model dan jenis headlamp yang ringkas, tetapi memiliki banyak fungsi. Anda dapat menemukan banyak produk di pasaran, seperti Olight, Nitecore, dan Naturehike. Lalu, manakah yang cocok untuk Anda?Kali ini, kami akan menjelaskan poin penting cara memilih headlamp terbaik untuk mendaki gunung. Kami juga akan merekomendasikan beberapa headlamp terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, silakan disimak dan temukan headlamp untuk menerangi trek gelap Anda saat mendaki gunung!
    Perlengkapan outdoor
    18.123 Views
  • 10 Rekomendasi Nesting Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Nesting Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk Anda yang suka mendaki gunung, nesting menjadi perlengkapan yang tidak boleh terlewatkan. Nesting atau cooking set merupakan perlengkapan wajib untuk memenuhi asupan makanan saat berada di gunung. Ada berbagai bentuk dan merek nesting yang tersedia di pasaran, mulai dari Consina, Naturehike, dan lainnya. Tiap-tiap nesting memiliki keunggulannya masing-masing. Nesting tabung untuk merebus, ceper untuk menumis, tipe wajan untuk menggoreng, dan lainnya. Agar tidak keliru memilih nesting, kami akan mengulas hal-hal yang perlu Anda ketahui beserta rekomendasi produknya. Selamat membaca!
    Perlengkapan outdoor
    20.676 Views
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Terbaik untuk Kegiatan Outdoor (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sarung Tangan Terbaik untuk Kegiatan Outdoor (Terbaru Tahun 2021)
    Ada banyak kegiatan outdoor yang dapat Anda lakukan, seperti climbing, camping, dan hiking. Saat melakukan kegiatan tersebut, tentunya penggunaan sarung tangan adalah hal yang penting agar keamanan tangan terjaga. Sarung tangan tersedia di pasaran dengan desain dan performa yang berbeda-beda. Manakah produk yang tepat untuk dipilih?Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika hendak memilih sarung tangan. Bukan hanya itu, kami juga telah menyiapkan rekomendasi sarung tangan merek Eiger, Naturehike, dan lain-lain. Selamat membaca!
    Perlengkapan outdoor
    6.561 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Carrier Kapasitas Besar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tas Carrier Kapasitas Besar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi para pendaki gunung, backpack berukuran besar atau biasa disebut carrier pastinya sudah tidak asing lagi digunakan untuk membawa logistik pendakian. Jenis dan kapasitas carrier pun begitu beragam. Tentunya Anda harus menyesuaikan carrier Anda dengan lamanya perjalanan Anda.Kali ini, kami akan membantu Anda untuk memilih jenis dan kapasitas carrier yang cocok untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk terbaik berdasarkan kualitas dan jenis kebutuhan Anda. Berbagai merek seperti Eiger, Consina, Karrimor, Deuter, akan kami hadirkan di sini. Jadikan artikel ini sebagai referensi supaya Anda tidak salah pilih, ya!
    Perlengkapan outdoor
    63.213 Views
  • 10 Rekomendasi Kursi Sutradara Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kursi Sutradara Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kursi sutradara adalah kursi yang tepat untuk digunakan di luar ruangan, misalnya saat berkemah atau menghadiri festival yang santai. Kebanyakan kursi sutradara dapat dilipat sehingga memudahkan Anda saat memindah-mindahkan atau menyimpannya. Ada banyak model kursi sutradara lipat yang bisa dijumpai di pasaran, mulai dari yang berbahan kayu, besi, hingga alumunium.Banyaknya pilihan kursi sutradara mungkin membuat Anda bingung. Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda memilih kursi sutradara terbaik. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk terbaik, seperti dari ACE Hardware, Naturehike dan Speeds. Simak terus artikel ini! 
    Perlengkapan outdoor
    1.561 Views
  • 10 Rekomendasi Handuk Pantai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Handuk Pantai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tak hanya di pantai, Anda bisa memakai handuk pantai atau beach towel selama camping atau untuk menghias rumah. Handuk pantai yang tak lagi dipakai juga bisa dijadikan cover sofa atau hiasan dinding! Semuanya kembali lagi pada kreativitas masing-masing orang. Terlebih lagi, handuk pantai makin banyak jenis dan desainnya!Daripada galau, lebih baik Anda membaca cara memilih handuk pantai terbaik dari artikel kami berikut ini. Ada banyak merek keren seperti Naturehike dan Innisfree yang bisa dipilih. Motifnya juga keren-keren, lho! Silakan menjadi artikel ini sebagai referensi saat memilih handuk pantai.
    Perlengkapan outdoor
    832 Views
  • 10 Rekomendasi Jaket Decathlon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jaket Decathlon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jaket merupakan pakaian yang dapat melindungi tubuh Anda, baik dari dingin maupun sengatan sinar matahari selama beraktivitas. Untuk menemani dalam berbagai aktivitas, Anda dapat memilh jaket dari Decathlon. Decathlon merupakan retailer perlengkapan olahraga, termasuk jaket. Di Decathlon, Anda bisa menemukan beragam jaket dengan fungsi yang menarik untuk digunakan.Jika Anda tertarik dengan jaket dari Decathlon, Anda perlu menyimak artikel ini sampai habis. Kami akan menjelaskan cara memilih, juga memberikan rekomendasi produknya untuk Anda. Berbagai jaket terbaik dari Quechua, Forclaz, Domyos, Kalenji dan Van Rysel ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Perlengkapan outdoor
    595 Views
  • 10 Rekomendasi Jaket Windbreaker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jaket Windbreaker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jaket windbreaker makin populer di kalangan pegiat olahraga outdoor, baik wanita maupun pria. Bahannya yang ringan dan mudah disimpan menjadi daya tarik utamanya. Terbuat dari bahan nilon atau poliester, bahan jaket windbreaker sangat mirip dengan jaket parasut. Selain kemampuannya dalam menahan angin, beberapa jaket juga memiliki kemampuan waterproof yang baik. Di artikel ini kami akan memberikan rekomendasi merk jaket windbreaker yang bagus serta produk-produknya. Jaket windbreaker Eiger dan Consina yang affordable, Adidas dengan jaket camo-nya, hingga Uniqlo dengan desainnya yang versatile, semua ada. Simak selengkapnya di sini!
    Perlengkapan outdoor
    688 Views
  • 10 Rekomendasi Senter Jarak Jauh Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Senter Jarak Jauh Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda tipe orang yang suka menjelajahi alam bebas? Jika ya, senter jarak jauh adalah alat yang perlu disertakan dengan perlengkapan Anda. Selain untuk bernavigasi di malam hari, senter juga berfungsi sebagai sinyal darurat dan pengusir hewan liar.Agar acara Anda berjalan dengan mulus, simak tips kami dalam memilih senter jarak jauh yang bagus. Kami juga akan memperkenalkan sepuluh produk dari merk terkenal, seperti Olight, Nitecore, Eiger, Maglite, dan lainnya. Simak artikel ini sampai akhir untuk mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan Anda.
    Perlengkapan outdoor
    434 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Teleskop Ruang Angkasa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teleskop Ruang Angkasa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Konstelasi bintang dan benda-benda langit memiliki pesona tersendiri bagi para astronom maupun orang awam. Namun sayangnya, jangkauan mata manusia terbatas sehingga tidak bisa mengamati gugusan bintang di langit dengan jelas. Karena itu, dibutuhkan teleskop ruang angkasa agar Anda dapat menikmati keindahan langit.Ada banyak merek teleskop yang tersedia, seperti Baileshi, Celestron, dan Meade. Tiap-tiap merek memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih teleskop luar angkasa dan rekomendasi produk terbaik yang bisa jadi pertimbangan. Bacalah dengan saksama dan temukan teleskop yang tepat untuk Anda. 
    Perlengkapan outdoor
    37.817 Views
  • 10 Rekomendasi Pisau Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pisau Outdoor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat berada di alam bebas, pisau outdoor sangat Anda butuhkan, misalnya untuk mengolah bahan makanan dan membelah kayu. Ada beberapa nama lain untuk pisau outdoor, seperti pisau camping atau pisau tentara. Beberapa merek pisau outdoor yang terkenal dan memiliki reputasi baik adalah Victorinox, Opinel, Morakniv, dan Spyderco.Anda bingung memilih pisau outdoor yang tepat untuk Anda? Sebelum membeli, sebaiknya baca dulu artikel berikut karena kami akan membahas cara memilih pisau outdoor dan memberikan rekomendasi beberapa produk terbaik untuk Anda. Jadikan artikel ini referensi Anda dalam memilih pisau outdoor yang bagus!
    Perlengkapan outdoor
    38.653 Views
  • 10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kacamata Anti UV Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu cara melindungi mata dan area di sekitarnya saat beraktivitas di luar ruangan adalah dengan menggunakan kacamata anti-UV. Namun, banyak orang yang bingung dalam mencari kacamata yang paling efektif mengingat adanya berbagai standar dan perbedaan dalam spesifikasi lensa.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kacamata anti-UV agar Anda dapat menemukan produk yang ideal sesuai kebutuhan. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk dari berbagai brand yang sudah tidak asing lagi, seperti Ray-Ban, dan Oakley. Mari kenakan kacamata yang tepat dan lindungi kulit Anda dari radiasi UV penyebab bintik hitam!
    Perlengkapan outdoor
    50.442 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Carrier Kapasitas Besar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tas Carrier Kapasitas Besar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi para pendaki gunung, backpack berukuran besar atau biasa disebut carrier pastinya sudah tidak asing lagi digunakan untuk membawa logistik pendakian. Jenis dan kapasitas carrier pun begitu beragam. Tentunya Anda harus menyesuaikan carrier Anda dengan lamanya perjalanan Anda.Kali ini, kami akan membantu Anda untuk memilih jenis dan kapasitas carrier yang cocok untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk terbaik berdasarkan kualitas dan jenis kebutuhan Anda. Berbagai merek seperti Eiger, Consina, Karrimor, Deuter, akan kami hadirkan di sini. Jadikan artikel ini sebagai referensi supaya Anda tidak salah pilih, ya!
    Perlengkapan outdoor
    63.213 Views
  • 10 Rekomendasi Walkie Talkie Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Walkie Talkie Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Walkie-talkie adalah alat komunikasi yang dapat menghubungkan dua penerima atau lebih dalam waktu bersamaan melalui gelombang radio. Alat ini sangat berguna sebagai pengganti ponsel. Pada sejumlah kegiatan ketika sinyal ponsel tidak bisa menjangkau medan, walkie-talkie menjadi penyelamat.Walkie-talkie biasanya dipakai untuk berkoordinasi bersama tim saat melakukan pengawasan kerja lapangan, touring, berkemah, dan lain sebagainya. Beberapa merk ternama seperti Motorola dan Xiaomi juga membuat produk walkie-talkie terbaik versi mereka. Jika Anda penasaran mengenai tips memilih produk walkie-talkie yang bagus, silakan simak artikel berikut!
    Perlengkapan outdoor
    10.269 Views
  • 10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cooler Box Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Cooler box adalah perlengkapan yang wajib ada untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman saat piknik atau berkemah. Anda bisa menyimpan bahan makanan, minuman, buah-buahan, dan ikan agar tetap segar. Banyaknya pilihan cooler box yang ada di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung. Namun, Anda tidak perlu khawatir.Di artikel kali ini, kami akan memberikan tips memilih cooler box untuk beragam kebutuhan Anda. Tak lupa, kami juga akan mengulas cooler box terbaik dari berbagai merek, seperti Rubbermaid, LION STAR, Coleman, dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya, mari baca artikel ini sekarang juga!
    Perlengkapan outdoor
    23.157 Views
  • 10 Rekomendasi Handuk Pantai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Handuk Pantai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tak hanya di pantai, Anda bisa memakai handuk pantai atau beach towel selama camping atau untuk menghias rumah. Handuk pantai yang tak lagi dipakai juga bisa dijadikan cover sofa atau hiasan dinding! Semuanya kembali lagi pada kreativitas masing-masing orang. Terlebih lagi, handuk pantai makin banyak jenis dan desainnya!Daripada galau, lebih baik Anda membaca cara memilih handuk pantai terbaik dari artikel kami berikut ini. Ada banyak merek keren seperti Naturehike dan Innisfree yang bisa dipilih. Motifnya juga keren-keren, lho! Silakan menjadi artikel ini sebagai referensi saat memilih handuk pantai.
    Perlengkapan outdoor
    832 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori