1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Perlengkapan outdoor
  6. >
  7. 10 Sleeping Bag Terbaik untuk Naik Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Sleeping Bag Terbaik untuk Naik Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Sleeping Bag Terbaik untuk Naik Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Sleeping Bag Terbaik untuk Naik Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Sleeping Bag Terbaik untuk Naik Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Sleeping Bag Terbaik untuk Naik Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Sleeping Bag Terbaik untuk Naik Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)

Salah satu perlengkapan penting agar Anda bisa tidur nyaman saat mendaki gunung adalah sleeping bag. Banyak produsen peralatan outdoor yang memproduksi sleeping bag dengan berbagai keunggulan. Ada sleeping bag yang mudah dicuci, harganya terjangkau, ultralight, terbuat dari bulu angsa, atau bentuknya compact.

Jika Anda sedang mencari sleeping bag yang bagus untuk pendakian gunung, simaklah artikel ini! Kami akan memberikan tips cara memilihnya dan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari merek-merek ternama, seperti EIGER, Antarestar, dan Naturehike. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 08-29-2022
Pakar
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo). Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Profil Adlai Yulianus
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Sleeping bag seperti apa yang cocok untuk naik gunung?

Sleeping bag seperti apa yang cocok untuk naik gunung?

Sleeping bag lumrah digunakan untuk alas tidur selama camping. Namun, jenis yang digunakan untuk mendaki gunung sedikit berbeda. Saat mendaki gunung, Anda pastinya membawa peralatan yang banyak dan cukup berat. Karena itu, sebaiknya pilihlah sleeping bag yang ringan dan bisa dikemas dengan compact.


Sebagai gambaran, sleeping bag untuk mendaki gunung idealnya berukuran sebesar botol plastik ukuran 2 liter ketika dilipat. Selain itu, tingginya sekitar 30 cm dan lebar 15 cm. Bobot yang ideal adalah sekitar 1–2 kg. Jika ada produk dengan kualitas sama, pilihlah yang paling ringan, ya!


Untuk tujuan perjalanan yang bukan ke daerah dataran tinggi, misalnya daerah padang rumput (sabana), sleeping bag juga diperlukan. Sleeping bag diperlukan terutama untuk tidur pada malam hari dan menghindarkan Anda dari serangga. Tentunya, sleeping bag juga harus disesuaikan dengan cuaca atau suhu tempat tersebut.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sleeping bag untuk naik gunung

Naik gunung memang memerlukan banyak persiapan, terutama jika Anda berencana akan menginap. Salah satunya adalah dengan membawa alas yang nyaman untuk tidur. Sebagian besar para pendaki memanfaatkan sleeping bag untuk tidur di gunung karena dinilai praktis.

Ketika mencari sleeping bag untuk naik gunung, pilihlah yang paling nyaman dan aman. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat mencari sleeping bag untuk naik gunung. Simak penjelasannya berikut ini!

① Pilih berdasarkan bentuknya

Sleeping bag umumnya tersedia dalam dua bentuk, yaitu tipe mumi dan tipe persegi panjang. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah yang paling mudah digunakan dan sesuai kebutuhan perjalanan.

Tipe mumi: Ringan, menghangatkan lebih maksimal, serta membungkus sesuai bentuk tubuh

Tipe mumi: Ringan, menghangatkan lebih maksimal, serta membungkus sesuai bentuk tubuh

Sleeping bag tipe mumi dapat menghangatkan tubuh dengan lebih efisien. Hal ini berkat desainnya yang mengikuti bentuk tubuh sehingga tidak banyak ruang kosong. Minimnya celah antara badan dan sleeping bag menjadikannya mampu menghangatkan tubuh dengan lebih cepat.


Saat menggunakan sleeping bag tipe ini, semua bagian tubuh Anda tertutup dengan baik, kecuali bagian wajah. Bisa dibilang, sleeping bag tipe mumi dapat melindungi dari udara dingin dengan maksimal. Karena tidak memakan banyak ruang, sleeping bag tipe ini dapat digunakan di tenda berukuran kecil. Tipe ini direkomendasikan jika Anda melakukan perjalanan yang tidak terlalu lama atau berhari-hari.

Tipe persegi panjang: Bisa digunakan juga sebagai selimut

Tipe persegi panjang: Bisa digunakan juga sebagai selimut

Sesuai dengan namanya, sleeping bag tipe ini memiliki bentuk persegi panjang seperti amplop. Sleeping bag ini memungkinkan Anda tidur dengan postur tubuh normal dan lebih leluasa berguling ke kiri atau kanan. Bahannya juga tidak membuat Anda gerah.


Sebagian besar sleeping bag tipe ini memiliki ritsleting yang dapat dibuka sepenuhnya sehingga Anda dapat menggunakannya sebagai selimut. Fungsinya jadi lebih beragam, yakni sebagai alas tidur atau untuk menghangatkan bahu saat mengobrol di dalam tenda.


Beberapa produk bahkan bisa digabung dengan cara menyambungkan ritsletingnya dan dijadikan selimut berukuran besar. Tipe ini cocok digunakan saat bepergian dengan keluarga atau orang banyak dan praktis juga untuk menjaga suhu tubuh.

② Prioritaskan bahan isian yang efektif menahan panas dan berbobot ringan

Bahan isian sleeping bag akan memengaruhi berat, volume, serta kemampuannya dalam menahan panas. Berikut ini kami bahas keuntungan dari tiap jenis isian sleeping bag.

Bahan down: Ringan dan mampu menahan panas dengan baik

Bahan down: Ringan dan mampu menahan panas dengan baik
Bahan down memiliki karakter yang hangat, ringan, dan compact sehingga sangat cocok untuk pendakian gunung. Kemampuannya dalam menahan dingin membuat sleeping bag ini cocok digunakan di daerah dingin dan kering.

Kemampuan bahan down untuk menghangatkan badan dinilai dengan sebutan fill power (FP). Makin besar nilainya, makin hangat dan compact bahan tersebut. Down dengan nilai 600-700 FP sudah tergolong memiliki kualitas bagus, sedangkan down di atas 700 FP menandakan kualitas tinggi.


Kelemahan sleeping bag dengan isian down adalah kemampuan menahan panasnya akan hilang jika terkena air. Ketika memilih sleeping bag berbahan down, pastikan terdapat lapisan tahan air pada permukaannya atau tersedianya cover tambahan. Selain itu, makin besar nilai FP, maka harganya juga makin tinggi. Jadi, sesuaikan juga dengan budget Anda, ya.

Bahan serat buatan: Kuat menahan air dan cepat kering

Bahan serat buatan: Kuat menahan air dan cepat kering
Keunggulan bahan serat buatan adalah lebih kuat menahan air sehingga tidak mudah basah. Harganya juga lebih murah dibandingkan bahan down. Selain itu, bahan serat buatan lebih cepat kering dan Anda pun bisa dengan mudah mencucinya di rumah. Jika daerah tujuan perjalanan Anda cenderung basah atau sering turun hujan, tipe ini sangat direkomendasikan.

Kekurangan sleeping bag berbahan serat buatan adalah bobotnya lebih berat sekitar dua kali lipat bahan down. Bentuknya pun tidak terlalu compact. Jadi, pertimbangkanlah bobot dan tempat penyimpanannya terlebih dahulu.

Bahan hybrid: Terbuat dari campuran down dan serat buatan

Bahan hybrid: Terbuat dari campuran down dan serat buatan
Selain kedua bahan sebelumnya, ada sleeping bag jenis ketiga yang merupakan gabungan keduanya, yakni tipe hybridSleeping bag berbahan hybrid termasuk ke dalam sleeping bag untuk segala cuaca dan semua tujuan perjalanan.


Sleeping bag tipe ini terbuat dari serat buatan di bagian luarnya sehingga lebih tahan air.  Namun, bagian dalamnya menggunakan bahan down yang lebih lembut saat bersentuhan dengan kulit. Kemampuan menahan panas tubuh dan bobot sleeping bag tipe ini lebih seimbang dibandingkan dua bahan lainnya.

③ Periksa posisi ritsletingnya

Periksa posisi ritsletingnya
Untuk bisa membuka sleeping bag dengan cepat, posisi bukaan ritsleting sebaiknya berada di sisi tangan dominan Anda. Produk yang ritsletingnya berada di sebelah kiri biasanya memiliki label left zipper (LZ) dan yang di kanan berlabel right zipper (RZ).

Ada juga sleeping bag dengan ritsleting di bagian tengah yang bisa dibuka dengan mudah menggunakan tangan mana pun. Posisi ritsleting di tengah biasanya lebih fleksibel karena cenderung bulat memanjang seperti kepompong. Pilihlah yang paling cocok untuk Anda.

④ Pertimbangkan faktor suhu dan cuaca saat pendakian

Pertimbangkan faktor suhu dan cuaca saat pendakian

Sebelum melakukan pendakian, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai kondisi lingkungan di tempat yang akan dituju. Tentu saja, kondisi lingkungan bisa berbeda-beda di setiap daerah. Di Indonesia, daerah pegunungan di bagian barat lebih basah jika dibandingkan dengan timur. Rentang suhu di pegunungan Indonesia tidak terlalu ekstrem karena hanya memiliki dua musim, yaitu hujan dan kemarau.


Namun, jika Anda ingin mendaki gunung di luar negeri yang memiliki lebih dari dua musim, rentang suhu lebih ekstrem. Karena itu, Anda perlu memperhatikan indikator suhu operasional produk sleeping bag sebelum membelinya. Terkait dengan indikator suhu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.


  • Tambahkan sekitar 5–10 ℃ di atas batas minimum suhu penggunaan yang tercantum pada sleeping bag.

  • Jika Anda pendaki pemula, tambahkan lagi sekitar 3–5 ℃.

  • Selain suhu batas bawah dan suhu yang nyaman, setiap produk juga memiliki informasi penggunaan pada suhu ekstrem. Sebaiknya, hindari memilih sleeping bag berdasarkan pemakaian pada suhu ekstrem yang tertera. Hal ini disebabkan karena dapat meningkatkan peluang terkena hipotermia.

⑤ Utamakan ukuran yang memudahkan pergerakan

Utamakan ukuran yang memudahkan pergerakan

Umumnya, Anda akan memilih sleeping bag yang pas dengan tinggi dan lebar tubuh Anda. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan kemudahan saat berguling ke kiri atau kanan. Jadi, pilihlah produk yang cukup lebar dan fleksibel agar tubuh Anda bisa bergerak lebih leluasa. Namun, postur dan gaya tidur seseorang tentunya berbeda-beda. Pertimbangkanlah sleeping bag yang sesuai dengan tubuh Anda.

⑥ Cek harga dan ketahui intensitas pemakaian

Cek harga dan ketahui intensitas pemakaian

Harga sleeping bag tentunya dipengaruhi kualitas bahan dan mereknya. Karena itu, sebaiknya Anda menentukan budget terlebih dahulu. Jika Anda baru pertama kali atau jarang mendaki gunung, pilihlah produk yang harganya terjangkau. Jika Anda ragu untuk langsung membelinya, Anda bisa mencoba menyewa sleeping bag.


Hal lainnya yang bisa dijadikan pertimbangan adalah mereknya. Kualitas produk dari suatu merek biasanya tercermin dari ulasan para pengguna serta inovasi yang dilakukan. Makin terkenal atau bagus mereknya, maka harganya mungkin akan lebih tinggi. Namun, kualitasnya dijamin worth it!

10 Rekomendasi sleeping bag terbaik untuk naik gunung

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sleeping bag terbaik untuk naik gunung yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Watermount

Extreme Sleeping Bag

Watermount Extreme Sleeping Bag 1枚目

Ukurannya tidak terlalu panjang, pas untuk wanita

2

DS Adventure

Sleeping Bag

DS Adventure Sleeping Bag 1枚目

Ramah bagi kantong dan memiliki beragam fungsi penghangat

3

Watermount

Sleeping Bag Transition 200

Watermount Sleeping Bag Transition 200 1枚目

Dengan tambahan bantal angin, tidur Anda akan makin pulas

4

Antarestar

Cabin Polar Sleeping Bag

Antarestar Cabin Polar Sleeping Bag 1枚目

Menghangatkan tubuh Anda dengan sempurna pada suhu ekstrem

5

EIGER

Rect Pilot 250 US Sleeping Bag

EIGER Rect Pilot 250 US Sleeping Bag  1枚目

Andalan untuk menghangatkan di pegunungan tropis

6

Bigadventure

Sleeping Bag Bunaken

Bigadventure Sleeping Bag Bunaken 1枚目

Dilengkapi teknologi seamless, bulu angsa tidak akan keluar

7

Hikemore

Sleeping Bag Camp Warmer

Hikemore Sleeping Bag Camp Warmer 1枚目

Paket lengkap, bisa dijadikan tikar!

8

Antarestar

Sleeping Bag Mummy

Antarestar Sleeping Bag Mummy 1枚目

Desain cantik dan compact, produk lokal yang membanggakan!

9

Begonia

Sleeping Bag Dudinka

Begonia Sleeping Bag Dudinka 1枚目

Sleeping bag ultralight yang terbuat dari bulu angsa berkualitas tinggi

10

Naturehike

Goose Down Mummy Sleeping Bag CW400

Naturehike Goose Down Mummy Sleeping Bag CW400 1枚目

Ritsleting double sided mudahkan Anda membuka dari luar dan dalam

Perincian produk
Close
No.1

WatermountExtreme Sleeping Bag

Mulai dari Rp185.000,00

Ukurannya tidak terlalu panjang, pas untuk wanita

Kelebihan:

  • Bisa digunakan di tempat yang suhunya minus
  • Harga relatif terjangkau

Kekurangan:

  • Kurang cocok digunakan di tempat subtropis

Anda mencari sleeping bag yang akan digunakan oleh wanita atau orang dengan postur tidak terlalu tinggi? Jangan khawatir, Watermount punya produk untuk menjawab kebutuhan Anda. Ruang geraknya pun cukup longgar sehingga Anda akan nyaman beristirahat saat naik gunung. Lapisan dalamnya juga cocok dibawa ke pegunungan tropis.

No.2

DS AdventureSleeping Bag

Mulai dari Rp90.000,00

Ramah bagi kantong dan memiliki beragam fungsi penghangat

Kelebihan:

  • Harganya terjangkau dengan fungsi penghangat
  • Memiliki banyak pilihan warna

Kekurangan:

  • Kurang cocok jika digunakan di tempat yang suhunya terlalu dingin

Siapa bilang bahwa semua sleeping bag mahal? Produk ini berhasil mematahkan pemikiran tersebut. Dengan harga yang ramah di kantong, Anda sudah bisa mendapatkan sleeping bag ini.


Tidak sembarangan, produk sleeping bag dari DS Adventure ini dilengkapi beberapa fungsi yang akan membuat badan Anda lebih hangat. Beberapa contohnya meliputi perekat velcro dan tali serut di bagian kepala. Untuk Anda yang ingin mendaki di tempat tropis, sleeping bag ini bisa menjadi pilihan terbaik!

No.3

WatermountSleeping Bag Transition 200

Mulai dari Rp360.000,00

Dengan tambahan bantal angin, tidur Anda akan makin pulas

Kelebihan:

  • Sudah termasuk bantal angin, tidur makin nyaman
  • Pilihan warna yang variatif


Kekurangan:

  • Tidak bisa dibuka seluruhnya karena ritsletingnya hanya di satu sisi

Anda tidak bisa tidur tanpa bantal? Jangan khawatir, ada produk sleeping bag dari Watermount yang pembeliannya sudah termasuk bantal angin. Dengan begitu, tidur Anda akan makin nyaman walaupun di alam bebas.


Tidak ketinggalan, sleeping bag ini juga memiliki bobot yang relatif ringan. Jadi, Anda tidak perlu merasa repot saat membawanya. Selain itu, pilihan warna yang tersedia juga cukup variatif.

No.4

AntarestarCabin Polar Sleeping Bag

Mulai dari Rp198.000,00

Menghangatkan tubuh Anda dengan sempurna pada suhu ekstrem

Kelebihan:

  • Cocok dipakai saat suhu minus karena bahannya tebal
  • Dilengkapi pouch, tidak menyulitkan saat dibawa naik gunung

Kekurangan:

  • Kurang cocok digunakan di tempat beriklim tropis

Naik gunung di negara subtropis memang membutuhkan persiapan yang lebih matang. Hal ini disebabkan karena rentang suhunya bisa sangat ekstrem. Salah satunya adalah dengan membawa peralatan yang bisa menghangatkan tubuh.


Jika Anda ingin membeli sleeping bag untuk dibawa ke tempat yang suhunya mencapai minus, pilih produk berbahan polar. Salah satunya adalah produk sleeping bag dari Antarestar ini.

No.5

EIGERRect Pilot 250 US Sleeping Bag

Mulai dari Rp399.000,00

Andalan untuk menghangatkan di pegunungan tropis

Kelebihan:
  • Tidak terlalu tebal, cocok dibawa ke pegunungan tropis
  • Bentuknya compact dengan pouch, mudah dibawa saat naik gunung
  • Bagian luarnya waterproof

  • Kekurangan:

    • Tidak bisa digunakan di tempat yang suhunya terlalu rendah

Indonesia dan beberapa negara tropis lainnya memiliki banyak pilihan pegunungan untuk dikunjungi. Untuk Anda yang berencana hiking di pegunungan tropis, sleeping bag ini bisa menjadi pilihan terbaik.


Bahannya tidak terlalu tebal, tetapi cukup nyaman untuk melindungi tubuh Anda. Tidak ketinggalan, bagian luarnya juga tahan air sehingga cocok untuk digunakan di daerah tropis yang curah hujannya tinggi.

No.6

BigadventureSleeping Bag Bunaken

Mulai dari Rp785.000,00

Dilengkapi teknologi seamless, bulu angsa tidak akan keluar

Kelebihan:
  • Bisa digunakan di tempat yang suhunya ekstrem

Kekurangan:

  • Posisi ritsleting hanya ada di sisi kiri, kurang fleksibel


Apakah Anda percaya bahwa di dunia ini ada sleeping bag yang tidak memiliki jahitan? Jika ragu, sebaiknya buang jauh-jauh keraguan tersebut karena produk dari Bigadventure ini telah hadir. Isinya terbuat dari bulu angsa berkualitas tinggi.


Dengan teknologi seamless, Anda tidak perlu khawatir bulu angsa di dalamnya akan keluar. Teknologi seamless juga membuat tampilan produk sleeping bag ini jadi lebih rapi dan lembut.

No.7

HikemoreSleeping Bag Camp Warmer

Mulai dari Rp199.000,00

Paket lengkap, bisa dijadikan tikar!

Kelebihan:

  • Memiliki banyak fungsi yang bisa menghangatkan tubuh saat tidur di gunung
  • Bisa dijadikan sebagai alas duduk
  • Pouch dilengkapi cord-lock system, mempermudah untuk dibawa saat naik gunung

Kekurangan:

  • Kurang nyaman digunakan saat suhu di bawah 0 ℃

Anda mencari sleeping bag yang multifungsi? Produk dari Hikemore ini bisa menjadi solusi terbaik. Selain bisa digunakan untuk tidur, sleeping bag ini juga bisa berfungsi sebagai alas duduk.


Saat digunakan untuk tidur, Anda juga akan merasa nyaman karena ada beberapa fungsi penghangat. Tidak hanya ritsleting saja, tetapi juga ada perekat velcro dan tali serut pada bagian kepala. Dengan begitu, Anda pun akan merasa makin hangat!

No.8

AntarestarSleeping Bag Mummy

Mulai dari Rp300.000,00

Desain cantik dan compact, produk lokal yang membanggakan!

Kelebihan:

  • Tidak terlalu tebal, cocok dibawa saat jalan-jalan di pegunungan tropis
  • Bentuknya compact dengan pouch, mudah dibawa saat naik gunung
  • Bagian luarnya waterproof


Kekurangan:

  • Tidak bisa digunakan di tempat yang suhunya terlalu rendah

Tidak semua produk lokal memiliki kualitas yang buruk. Sleeping bag dari Antarestar ini sudah membuktikannya. Desainnya compact dan dilengkapi pouch yang memudahkan Anda saat naik gunung.


Sleeping bag ini juga tidak terlalu tebal dan waterproof sehingga sangat cocok untuk digunakan di iklim tropis. Selain itu, warnanya juga cantik dan cocok untuk Anda yang ingin tetap modis saat naik gunung!

No.9

BegoniaSleeping Bag Dudinka

Mulai dari Rp850.000,00

Sleeping bag ultralight yang terbuat dari bulu angsa berkualitas tinggi

Kelebihan:

  • Memiliki bobot yang ringan
  • Isinya bulu angsa 850 FP


Kekurangan:

  • Harga masih relatif tinggi


Jika Anda sedang mencari sleeping bag, jangan ragu mengeluarkan budget untuk barang berkualitas. Produk dari Begonia ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dibeli. Isinya adalah bulu angsa berkualitas tinggi, yakni 850 FP. Tidak ketinggalan, sleeping bag ini juga tergolong ultralight dan compact karena bobotnya yang ringan. Dengan demikian, Anda tidak repot saat harus membawanya.

No.10

NaturehikeGoose Down Mummy Sleeping Bag CW400

Mulai dari Rp1.949.900,00

Ritsleting double sided mudahkan Anda membuka dari luar dan dalam

Kelebihan:

  • Bentuknya kombinasi, berikan kenyamanan maksimal
  • Cocok digunakan di tempat yang suhunya ekstrem

Kekurangan:

  • Harganya relatif pricey

Saat tidur menggunakan sleeping bag, pasti Anda kerap merasa kesulitan membukanya. Tidak perlu khawatir, Naturehike memiliki solusi yang tepat untuk masalah ini. Sleeping bag CW400 dibekali dua ritsleting yang ada di sisi luar dan dalam sehingga memudahkan Anda saat membukanya. Jadi, Anda pun tidak akan kesulitan saat sedang terburu-buru membuka ritsleting.

Pelajari cara melipat dan merawat sleeping bag Anda

Di bagian akhir ini, kami akan memberikan tips cara melipat sleeping bag dan cara membersihkannya. Jika Anda melipatnya dengan cara yang tepat, Anda bisa mengeluarkan sleeping bag dengan lebih mudah saat pendakian gunung.

Pelajari cara melipat sleeping bag berdasarkan bahan di dalamnya

Pelajari cara melipat sleeping bag berdasarkan bahan di dalamnya
Jika asal-asalan melipat sleeping bag, bentuknya jadi tidak compact dan Anda akan kesulitan saat mengeluarkannya. Masing-masing produk sleeping bag memiliki cara melipat tersendiri. Pelajari dengan baik sebelum Anda menggunakannya saat perjalanan atau di alam bebas. Kesalahan melipat atau menggulung akan mengakibatkan sleeping bag menjadi besar atau bahkan rusak.

  • Untuk melipat sleeping bag dengan bahan down, keluarkan udara di dalam sleeping bag dengan cara menekannya hingga kempis. Baru kemudian Anda bisa melipatnya. Namun, jangan melipatnya terlalu kencang karena bisa merenggangkan bahan down di dalamnya.

  • Sementara untuk serat buatan, lipat sleeping bag di bagian tengah hingga menjadi dua bagian, lalu gabungkan keduanya. Terakhir, gulung sleeping bag tersebut se-compact mungkin. Anda harus mengeluarkan udara di dalamnya sembari menggulungnya.

Perhatikan keterangan pada label sebelum mencucinya

Perhatikan keterangan pada label sebelum mencucinya

Perawatan sleeping bag sangat diperlukan karena sifatnya bersentuhan langsung dengan tubuh Anda. Sleeping bag menyerap kelembapan dan keringat saat digunakan. Jika tidak dibersihkan setelah dipakai, bau tidak sedap akan tertinggal dan berpotensi tumbuh jamur.


Namun, jika dicuci terlalu sering, bahan di dalamnya bisa cepat rusak. Sebenarnya, Anda cukup mengeringkannya atau mengangin-anginkannya. Anda bisa mencucinya setelah menggunakannya 30–50 malam.


  • Untuk sleeping bag berbahan down, cucilah menggunakan detergen khusus. Untuk serat buatan, Anda bisa mencucinya dengan detergen biasa.

  • Beberapa sleeping bag bisa dicuci menggunakan mesin cuci, tetapi tak jarang ada yang hanya bisa dicuci dengan tangan. Bacalah keterangan pada label sebelum mencucinya.

  • Jika Anda ingin mencuci sleeping bag dengan tangan, gunakan ember atau wadah berisi air hangat dengan campuran detergen.

  • Cuci sleeping bag dengan perlahan dan hati-hati. Saat kotorannya terangkat, ganti air hangatnya dengan yang baru, lalu bilas hingga busanya hilang.

  • Setelah dicuci, jangan peras sleeping bag Anda. Keringkan menggunakan handuk atau jemur hingga kering secara alami.

Baca juga rekomendasi peralatan naik gunung lainnya di sini

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menentukan pilihan dari begitu banyak sleeping bag untuk naik gunung? Semoga Anda sudah menemukan sleeping bag sesuai kebutuhan. Peralatan yang tepat tidak hanya akan memastikan perjalanan mendaki gunung Anda nyaman, tetapi juga aman.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mencari informasi tentang kondisi gunung tujuan Anda. Hal ini bertujuan supaya pendakian berjalan dengan aman. Selamat bertualang!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer