10 Rekomendasi Base Makeup Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Base Makeup Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2019)

Base makeup atau primer adalah salah satu item penting dalam makeup. Base makeup ini akan membantu meratakan warna wajah dan menyamarkan ketidaksempurnaan agar hasil makeup lebih sempurna. Berbagai merek terkenal, seperti Benefit, NYX, dan Rimmel ikut mengeluarkan produk base makeup berkualitas.

Namun, pada usia 50-an, ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih base makeup. Oleh sebab itu, dalam artikel ini kami akan membahas tips cara memilih base makeup untuk usia 50-an. Setelah itu, Anda dapat menentukan base makeup terbaik berdasarkan rekomendasi produk yang telah kami siapkan.

Daftar isi

Cara memilih base makeup untuk usia 50-an

Berikut ini kami akan menjelaskan cara memilih base makeup berdasarkan permasalahan kulit yang timbul pada usia 50-an. Pada usia tersebut, berbagai permasalahan kulit, seperti kerutan, kulit kering, dan kulit kusam sering terjadi. Oleh sebab itu, pemilihan base makeup yang tepat dapat menjaga kulit Anda agar tetap terawat.

Pilih base makeup berdasarkan permasalahan kulit Anda

Permasalahan kulit di usia 50-an sangat bervariasi dan setiap individu memiliki masalah yang berbeda-beda. Jadi, pilihlah base makeup dengan sesuai masalah kulit yang Anda alami agar hasil makeup semakin sempurna.

Untuk kulit kusam dan flek hitam, pilih yang berdaya cover kuat

Untuk kulit kusam dan flek hitam, pilih yang berdaya cover kuat

Di usia 50-an, kulit wajah akan tampak lebih kusam dan timbul flek hitam. Karena regenerasi kulit melambat, biasanya timbul masalah lain seperti kulit kering. Namun, jika Anda mencoba untuk menutupinya dengan foundation, riasan akan terlihat tebal dan tidak natural karena tekstur kulit yang tidak rata.

Kami menyarankan Anda untuk memilih base makeup yang memiliki daya cover kuat untuk menutupi flek hitam dan menyamarkan kulit kusam. Khusus untuk kulit kusam, pilihlah base makeup yang berwarna oranye terang karena mampu mencerahkan bagian kulit yang lebih gelap. Selain itu, Anda juga dapat memilih produk yang mengandung whitening atau menambahkan highlighter untuk kesan kulit yang bercahaya dan satu tingkat lebih cerah.

Untuk kulit kering, pilih yang mengandung pelembap dan zat aktif lainnya

Untuk kulit kering, pilih base makeup yang mengandung pelembap dan zat aktif lainnya

Seiring bertambahnya usia, kulit cenderung kehilangan kelembapan dan menjadi kering. Hal ini juga yang sering dialami orang di usia 50-an. Bagi Anda yang mengalami masalah tersebut, disarankan untuk menggunakan base makeup yang mengandung pelembap. Anda dapat memilih base makeup yang mengandung glycerin, ceramide atau hyaluronic acid karena bahan tersebut sangat baik untuk menghidrasi kulit yang kering.

Bila memungkinkan, Anda juga bisa memilih base makeup yang mengandung protein aktif bernama EGF (epidermal growth factor) untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru sehingga wajah Anda akan tampak lebih muda. Beberapa produsen telah memformulasikan bahan pelembap mereka sendiri atau telah mencampur bahan-bahan yang berasal dari tumbuhan. Jadi, jangan lupa untuk memeriksa tabel komposisi untuk melihat bahan apa saja yang terkandung dalam suatu produk base makeup.

Untuk kulit berminyak, pilih yang dapat menyerap sebum dan menghidrasi kulit

Untuk kulit berminyak, pilih yang dapat menyerap sebum dan menghidrasi kulit

Mungkin Anda tidak menyadari bahwa permasalahan kulit berminyak di usia 50-an juga disebabkan oleh kulit yang kering dan kurangnya kelembapan. Mengapa demikian? Pada dasarnya, kelenjar minyak pada kulit secara otomatis akan memproduksi minyak atau sering disebut sebum, saat kulit terasa kering. Oleh karena itu, jika kondisi kulit terlalu kering, kelenjar minyak akan memproduksi sebum secara berlebihan dan membuat wajah semakin berminyak.

Untuk menghindari masalah tersebut, pilihlah base makeup yang mengandung pelembap dan dapat menyerap sebum agar produksi minyak di wajah tetap seimbang. Selain itu, disarankan untuk menggunakan makeup yang berbahan powder karena dapat menyerap minyak berlebih di wajah dan membuat makeup Anda tidak cepat luntur.

Untuk kulit berpori besar dan terdapat kerutan, pilih yang meratakan tekstur kulit wajah

Untuk kulit berpori besar dan terdapat kerutan, pilih yang meratakan tekstur kulit wajah

Seiring bertambahnya usia, elastisitas dan kekencangan kulit akan memudar sehingga menginjak usia 50-an kulit akan tampak berkerut dan pori-pori terlihat membesar. Jika Anda mengalami hal tersebut, kami menyarankan Anda untuk memilih base makeup yang mengandung bahan-bahan alami dan dapat menjaga elastisitas kulit. Bahan alami yang terkandung pada base makeup dapat merawat kekencangan kulit dari dalam supaya pori-pori dan kerutan tersamarkan.

Selain itu, perhatikan juga tekstur base makeup yang Anda gunakan. Base makeup dengan partikel halus dapat menutupi pori-pori yang besar dan meratakan tekstur kulit wajah. Anda juga dapat menggunakan powder karena dapat menyerap minyak dan mengurangi kilap di wajah. Dengan demikian, kulit Anda akan terlihat lebih cerah dan pori-pori serta kerutan pun tersamarkan.

Pilih yang mengandung SPF 20-30 untuk perlindungan terhadap sinar UV

Pilih yang mengandung SPF 20-30 untuk perlindungan terhadap sinar UV

Paparan sinar UV dapat mempercepat penuaan pada kulit wajah sehingga penting bagi Anda untuk memilih base makeup yang mengandung UV protection. Semakin tinggi SPF-nya, semakin kuat pula perlindungan yang diberikan untuk kulit wajah Anda. Sayangnya, semakin tinggi SPF pada base makeup, beban kulit juga semakin terasa berat. Oleh karena itu, base makeup dengan SPF 20-30 dan PA++ sudah cukup untuk melindungi kulit Anda yang menginjak usia 50-an.

Ada beberapa produk yang memiliki kandungan UV protection mereka sendiri yang biasanya didapat dari turunan tanaman. Tentu hal itu bukan masalah, tetapi jika pada kemasan base makeup tidak terdapat keterangan tingkat SPF, sebaiknya Anda mencari tahu pada situs resmi produk.

Pilih base makeup tanpa kandungan zat aditif yang dapat membebani kulit

Pilih base makeup tanpa kandungan zat aditif yang dapat membebani kulit

Kulit yang menjadi sensitif juga menjadi keluhan lain yang sering dirasakan pada usia 50-an. Ada baiknya Anda memilih base makeup dengan bahan nonaditif dan nonsintetis agar tidak memberi beban yang besar pada kulit sensitif Anda.

Anda dapat menghindari base makeup yang mengandung pewangi atau pewarna buatan. Bukan berarti Anda harus mencari produk yang berbahan alami, tetapi lebih baik untuk menghindari produk yang mengandung bahan-bahan sintetis seperti zat pewarna sintetis dan pewangi sintetis.

10 Rekomendasi base makeup terbaik untuk usia 50-an

Berikut ini kami akan merekomendasikan sepuluh produk base makeup terbaik untuk usia 50-an. Kenali permasalahan kulit yang Anda hadapi dan temukanlah produk yang cocok untuk Anda!

10. Benefit The POREfessional Face Primer

10. Benefit The POREfessional Face Primer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 230.000

Tak perlu repot saat bepergian, ukurannya yang mini praktis dibawa ke mana pun!

Untuk Anda yang sering bepergian, base makeup ini pas buat Anda karena ukurannya mini sehingga tidak memakan banyak tempat. Formulanya yang ringan dan bebas minyak juga akan mempersingkat waktu berdandan karena cepat menyerap.

Selain mampu menyamarkan pori-pori dan garis halus di wajah, base makeup ini mengandung vitamin E yang ampuh menangkal radikal bebas. Uniknya lagi, produk ini dapat Anda gunakan sebelum atau sesudah makeup tanpa mempengaruhi warna kulit Anda. Jadi, bisa digunakan oleh semua warna kulit.

Isi 7,5 ml, 22 ml, dan 44 ml
Warna Satu jenis
Bahan utama Cyclopentasiloxane, dimethicone, dan vitamin E
UV protection Titanium dioxide (tidak diketahui besar SPF)
Keunggulan lain Tidak disebutkan

9. The Face Shop Air Cotton Makeup Base

9. The Face Shop Air Cotton Makeup Base

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 46.500

Aman terlindung dari sinar UV meski terpapar sinar matahari

Bahaya sinar UV memang tidak melihat usia. Terlebih lagi apabila Anda sudah menginjak usia 50-an, base makeup dengan tabir surya menjadi hal wajib yang harus Anda miliki. Oleh karena itu, bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruanganbase makeup satu ini direkomendasikan untuk Anda.

Terdapat dua varian, Mint untuk menyamarkan kulit yang kemerahan, dan Lavender untuk membuat kulit tampak lebih cerah. Selain membuat makeup menjadi tahan lama, produk ini juga mampu menjaga kelembapan kulit dan membuat makeup Anda terlihat natural.

Isi 40 ml
Warna Mint dan Lavender
Bahan utama Cyclopentasiloxane, dimethicone, niacinamide dan glycerin
UV protection SPF 30, PA++
Keunggulan lain Tidak disebutkan

8. Rimmel Stay Matte Primer

8. Rimmel Stay Matte Primer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 97.500

Dapatkan hasil riasan matte tanpa khawatir kilap akibat minyak!

Base makeup dari Rimmel ini cocok untuk Anda yang mengalami masalah kulit berminyak. Produk ini mampu mengontrol sebum dan membuat hasil makeup Anda bebas kilap. Shine control yang terkandung dalam base makeup ini mampu menjaga makeup hingga delapan jam sehingga Anda tidak perlu sering touch up. 

Tekstur gelnya membuat produk ini super ringan sehingga tidak akan terasa berat di kulit. Anda juga tidak perlu khawatir kulit akan menjadi kering setelah seharian menggunakan makeup. Hal ini karena dalam formula produk ini telah dilengkapi bahan pelembap.

Isi 30 ml
Warna Satu jenis
Bahan utama Cyclopentasiloxane, talc, dimethicone, dan glycerin
UV protection Titanium dioxide (tidak diketahui besar SPF)
Keunggulan lain Tidak disebutkan

7. City Color Primer Setting Spray

7. City Color Primer Setting Spray

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 117.000

Base makeup bertekstur krim atau gel? Ah, itu sudah biasa!

Jika kebanyakan base makeup berupa krim atau gel, base makeup dari City Color ini bertekstur cair yang ditempatkan dalam botol spray. Anda dapat mengaplikasikan base makeup ini dengan mudah hanya dengan menyemprotkannya ke wajah sebelum menggunakan makeup. 

Dalam formulanya terdapat kandungan Aloe vera yang dikenal mampu menghambat penuaan karena kadar antioksidannya yang tinggi. Jika Anda menggunakan produk ini, makeup di atasnya diklaim akan lebih mudah diaplikasikan. Oleh karena itu, base makeup ini pas untuk Anda yang memiliki masalah dengan tekstur.

Isi 75 ml
Warna Satu jenis
Bahan utama Propylene glycol, Aloe vera extract, glycerin, dan niacinamide
UV protection Camellia sinensis leaf extract (tidak diketahui besar SPF)
Keunggulan lain Cruelty free, paraben free

6. Make Over Powerstay Color Correcting Primer Peach

6. Make Over Powerstay Color Correcting Primer Peach

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 85.000

Atasi ketidaksempurnaan kulit wajah dengan daya cover kuatnya!

Sebagian wanita di usia 50-an pasti bermasalah dengan noda kehitaman. Namun sayangnya, noda kehitaman tersebut tidak akan tertutup sempurna jika Anda hanya menggunakan foundation. Oleh karena itu, kami perkenalkan Anda pada shade Peach dari Make Over Powerstay Color Correcting Primer.

Produk ini memiliki daya cover tinggi sehingga saat digunakan sedikit saja, noda kehitaman akan tertutupi. Dengan Prime-Lock Technology, base makeup ini akan menjaga makeup di atasnya agar tahan lama. Selain itu, finish look Anda akan terlihat lebih halus karena terdapat soft focus effect pada produk ini.

Isi 75 ml
Warna Peach (menutupi noda kehitaman), Yellow (mencerahkan), Lilac (mengatasi kulit kusam), dan Green (mengatasi kulit kemerahan)
Bahan utama Allantoin agent dan antioxidant agent
UV protection Tidak ada
Keunggulan lain Tidak disebutkan

5. Wet n Wild Photo Focus Matte Face Primer

5. Wet n Wild Photo Focus Matte Face Primer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 80.000

Makeup mulus tanpa edit!

Wet n Wild Photo Focus Matte Face Primer dapat membuat hasil makeup Anda mulus tanpa pori-pori seperti hasil edit dengan beauty application. Tidak hanya pori-pori, garis halus dan kerutan pun ikut tersamarkan berkat kandungan white sapphire yang ada dalam produk ini.

Bagi Anda yang sering tampil di depan kamera, base makeup ini adalah pilihan yang tepat. Selain itu, dengan hasil matte yang diberikan, kulit Anda akan tampak lebih halus, bebas kilap, dan makeup pun lebih tahan lama.

Isi 25 ml
Warna Satu jenis
Bahan utama Isododecane, dimethicone, ethylhexylglycerin, dan white sapphire
UV protection Tidak ada
Keunggulan lain Vegan, cruelty free, fragrance free, dan paraben free

4. City Color Primer Oil

4. City Color Primer Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 100.000

Ucapkan selamat tinggal pada kulit kering Anda

Base makeup yang satu ini berbahan dasar minyak. Jika Anda memiliki jenis kulit kering, mungkin Anda akan menyukai produk ini. Walau berbahan dasar minyak, base makeup ini tidak akan membuat kulit Anda lengket, justru dapat menghidrasi kulit sehingga produksi sebum tetap seimbang.

Kandungan vitaminnya juga akan membuat kulit tetap halus dan lembut. Dengan tutup botol berupa pipet, hal ini akan memudahkan Anda meneteskan produk sesuai kebutuhan. Base makeup ini akan membantu Anda mendapatkan finish makeup yang dewy dan kulit yang terlihat lebih terhidrasi.

Isi 25 ml
Warna Satu jenis
Bahan utama Octyldodecanol, limnanthes alba seed oil, dan peanut oil
UV protection Tidak ada
Keunggulan lain Tidak disebutkan

3. Innisfree No Sebum Primer

3. Innisfree No Sebum Primer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 165.000

Sensasi dinginnya tidak akan Anda temukan pada base makeup lain

Masalah kulit berminyak dan pori-pori besar memang sering dialami saat memasuki usia 50-an. Bagi Anda yang mengalami masalah tersebut, base makeup ini akan cocok karena memiliki formula bebas minyak dan tekstur yang ringan.

Kandungan mint dalam formulanya tidak hanya memberikan sensasi dingin saat diaplikasikan, tetapi juga berperan sebagai oil control. Produk ini juga akan menjaga kelembapan wajah Anda sehingga produksi sebum tidak berlebihan. Hasilnya, kulit akan terasa lembap di dalam dan terlihat segar di luar.

Isi 25 ml
Warna Satu jenis
Bahan utama Cyclopentasiloxane, dimethicone, dan mint extract
UV protection Camellia sinensis leaf extract (tidak diketahui besar SPF)
Keunggulan lain Tidak disebutkan

2. E.l.f Tinted Moisturizer SPF 20

2. E.l.f Tinted Moisturizer SPF 20

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 67.500

Terasa ringan di wajah, tetapi menawarkan daya coverage yang cukup untuk sehari-hari

E.l.f Tinted Moisturizer adalah pilihan saat Anda tidak ingin menggunakan foundation, tetapi ingin makeup yang cepat dan memiliki daya cover yang cukup. Base makeup ini juga sudah dilengkapi dengan UV protection sehingga cocok digunakan sehari-hari.

Tentunya dengan begitu, Anda tidak perlu menggunakan sunblock lagi sehingga beban di kulit wajah menjadi lebih ringan. Coverage-nya memang tidak terlalu tinggi, tetapi cukup untuk meratakan warna kulit, menyamarkan garis halus, dan noda kehitaman. Radiant look yang ditawarkan produk ini membuat kulit Anda akan tampak lebih sehat dan muda.

Isi 25 ml
Warna Porcelain, Nude, Ivory, dan Beige
Bahan utama Aloe vera extract, cucumber extract, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E
UV protection SPF 20
Keunggulan lain Vegan dan cruelty free

1. NYX Pore Filler

1. NYX Pore Filler Primer

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 350.000

Sebelum, sesudah, atau tanpa foundation? Anda bebas menentukan!

Base makeup multifungsi dari NYX ini dapat digunakan dengan tiga cara. Pertama sebagai base makeup yang digunakan sebelum foundation, kedua di atas makeup untuk touch up, dan ketiga digunakan sebagai pelembap. Karena memiliki warna, Anda dapat menggunakan produk ini saja tanpa harus menggunakan foundation lagi.

Formula di dalam base makeup ini akan menutupi tekstur dan ketidaksempurnaan lain di kulit wajah agar complexion makeup lebih halus. Selain itu, produk ini dibuat tanpa kandungan minyak sehingga makeup di wajah tidak mudah luntur. Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi cenderung berminyak, produk ini pas untuk Anda!

Isi 20 ml
Warna Satu jenis
Bahan utama Cyclopentasiloxane, caprylyl glycol dan dimethicone
UV protection Titanium dioxide (tidak diketahui besar SPF)
Keunggulan lain Tidak disebutkan

Tips memakai base makeup dengan benar untuk usia 50-an

Tips memakai base makeup dengan benar untuk usia 50-an

Cara pengaplikasian juga penting untuk mendapatkan riasan wajah yang cantik. Sangat penting untuk menggunakan pelembap sebelum Anda mengaplikasikan base makeup. Selain itu, ada tiga poin lain yang harus Anda perhatikan. Pertama, hangatkan base makeup sebelum Anda menggunakannya. Anda dapat menuangkan produk ke tangan terlebih dahulu untuk mendapatkan suhu yang sama dengan kulit wajah Anda. Hal ini akan menghindari makeup terlihat tidak rata dan memaksimalkan daya cover untuk menutupi pori-pori dan kerutan.

Kedua, gunakanlah base makeup tipis-tipis pada bagian yang banyak kerutan. Dengan jumlah produk yang lebih sedikit, keriput menjadi tidak terlalu terlihat. Anda cukup menggunakan jari saat mengaplikasikannya, terutama pada area dekat mata dan mulut.

Ketiga, Anda bisa menggunakan spons makeup untuk semakin merekatkan base makeup ke kulit wajah. Daerah dekat garis rambut dan hidung dapat Anda blend menggunakan ujung spons yang meruncing. Hal ini bertujuan untuk menyerap kelebihan sebum dan kelebihan produk supaya mencegah makeup luntur. Metode ini akan menghasilkan makeup natural dan menutupi pori-pori serta garis halus secara maksimal.

Baca juga rekomendasi produk makeup terbaik lainnya untuk usia 50-an di sini!

Untuk semakin menyempurnakan riasan wajah, Anda dapat menggunakan foundation atau BB cream sebagai base makeup. Untuk itu, kami telah menyiapkan beberapa artikel terbaik lainnya untuk membantu Anda menentukan pilihan. Cek link di bawah ini!

Kesimpulan

Permasalahan kulit di usia 50-an memang beragam dan sulit dihindari. Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak bisa terlihat cantik pada usia emas ini. Oleh karena itu, pemilihan base makeup yang tepat menjadi poin penting agar penampilan Anda di usia 50-an tak kalah oleh orang yang berusia lebih muda. Kenalilah permasalahan kulit Anda dan temukan base makeup yang dapat mengatasi permasalahan tersebut.