10 Rekomendasi Key Holder (Gantungan Kunci) Terbaik yang Cocok untuk Pria (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Key Holder (Gantungan Kunci) Terbaik yang Cocok untuk Pria (Terbaru Tahun 2018)

Gantungan kunci biasanya banyak digunakan untuk kunci rumah atau kunci mobil. Namun, bukankah banyak juga di antara Anda yang sering membawa gantungan kunci (dompet kunci) yang dilengkapi dengan tempat untuk kartu, dan lain sebagainya?

Karena ada banyak pilihan gantungan kunci, terutama untuk Anda para pria, pasti bingung bagaimana cara memilihnya, bukan? Oleh karena itu, pada artikel kali ini, kami akan mencoba memberikan beberapa tips cara memilih gantungan kunci, dan merekomendasikan produk yang dapat Anda jadikan referensi ketika ingin membeli gantungan kunci.

Daftar isi

Perbedaan gantungan kunci dan dompet kunci

Sebelum menjelaskan bagaimana cara memilih gantungan kunci, kami ingin menjelaskan perbedaan antara gantungan kunci dan dompet kunci. Jenis gantungan kunci yang berbeda akan mempengaruhi seberapa banyak kunci yang bisa digantung. Oleh sebab itu, simak penjelasan berikut ini ya.

Gantungan kunci

Gantungan kunci

Seperti yang terlihat pada gambar, gantungan kunci adalah seperangkat alat untuk meletakkan beberapa kunci, dan terdapat pengait pada sisi lainnya untuk dikaitkan pada tas atau tempat sabuk. Selain itu, ada juga jenis gantungan kunci dengan bentuk sederhana, yang hanya menggunakan ring lingkaran untuk meletakkan kunci, tanpa menggunakan aksesori apapun.

Gantungan kunci, banyak diciptakan dengan berbagai macam aksesoris, seperti yang mudah dibawa, atau yang menggunakan lampu LED. Namun, kelemahan dari gantungan kunci ini adalah tidak bisa memuat banyak kunci, karena hanya cukup untuk memuat maksimal 3 kunci.

Dompet kunci

Dompet kunci

Dompet kunci adalah tempat untuk meletakkan kunci yang bisa dilipat, seperti yang terlihat pada gambar. Dompet kunci biasanya banyak diproduksi dengan bahan kulit sehingga dapat memberi kesan elegan.

Selain dapat memuat banyak kunci, dompet kunci juga dapat memuat beberapa kartu seperti yang terlihat pada gambar. Sangat praktis, bukan? Namun, di sisi lain dompet kunci ukurannya lebih besar dibanding gantungan kunci sehingga tidak cocok untuk Anda yang kurang nyaman jika memasukkannya ke dalam saku celana.

Cara memilih key holder (gantungan kunci)

Selain perbedaan yang sudah kami jelaskan di atas, berikut akan kami jelaskan cara memilih gantungan kunci atau dompet kunci. Khususnya untuk Anda yang sering menggunakan gantungan kunci, sangat penting untuk memperhatikan bahan apa yang digunakan, karena berbeda bahannya maka akan berbeda juga daya tahannya.

Meskipun desain dan bentuk gantungan kunci juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, namun karena gantungan kunci adalah benda yang dipakai setiap hari, maka sebelum membeli akan lebih baik untuk mengetahui terlebih dahulu diproduksi untuk situasi  bagaimana sebuah gantungan kunci tersebut.

Pilihlah bahan yang tidak mudah rusak

Pilihlah bahan yang tidak mudah rusak

Bahan adalah hal yang paling utama dan paling penting untuk diperhatikan pada saat ingin membeli gantungan kunci. Pilihlah bahan yang tidak mudah rusak dan tidak mudah berkarat, atau jika Anda memilih yang berbahan kulit, pilihlah yang terbuat dari kulit asli. Berikut akan kami jelaskan, bahan-bahan yang biasa digunakan untuk gantungan kunci:

  • Aluminium (ringan tapi mudah rusak)
  • Seng (tidak terlalu kuat dan mudah berkarat)
  • Stainless steel (tidak mudah berkarat dan lebih kuat dari aluminium)
  • Besi (mudah rusak dan mudah berkarat)
  • Nikel (tahan karat dan tidak mudah rusak)

Pada umumnya, bahan untuk pembuatan gantungan kunci adalah seperti tersebut di atas. Namun, berdasarkan rasio pencampuran elemennya, ada juga variasi bahan-bahan lainnya. Oleh sebab itu, sebaiknya bacalah terlebih dahulu ulasan bendanya sebelum membeli. Karena terkadang, ada yang hanya luarnya saja terbuat dari bahan stainless steel, tetapi dalamnya terbuat dari bahan yang rapuh. Jadi hati-hati, ya.

Pilihlah yang mudah digunakan dan tidak mudah terbelit

Pilihlah yang mudah digunakan dan tidak mudah terbelit

Karena gantungan kunci adalah benda yang akan Anda gunakan setiap hari, sangat penting untuk memperhatikan apakah gantungan kunci tersebut mudah digunakan atau tidak. Seperti misalnya, mudah dilepas pakai atau tidak, apakah mudah dicari ketika dimasukkan ke dalam tas, atau apakah aksesorisnya tidak mudah terbelit dengan kunci, dan lain sebagainya.

Jadi coba Anda bayangkan dulu, seperti apa Anda akan memakai gantungan kunci tersebut dalam kehidupan sehari-hari (seperti pergi berbelanja, bekerja, dan lain-lain). Khususnya untuk Anda yang membawa banyak kunci, pastikan Anda memilih gantungan kunci yang tidak mudah terbelit satu sama lain.

Pilihlah gantungan kunci dengan fitur yang Anda inginkan

Pilihlah gantungan kunci dengan fitur yang Anda inginkan

Baik gantungan kunci maupun dompet kunci, ada yang memiliki beragam fitur untuk memudahkan Anda saat menggunakannya. Seperti misalnya, gantungan kunci yang dilengkapi dengan lampu LED untuk memudahkan Anda meletakkan kunci ketika gelap, atau yang dilengkapi dengan shoehorn untuk memudahkan Anda saat memakai sepatu, lalu ada juga yang dilengkapi dengan fitur untuk mencegah listrik statis, dan ada pula yang dilengkapi dengan tempat untuk menyimpan kartu.

Untuk Anda yang bingung bagaimana cara memilih gantungan kunci dengan desain dan harga yang sama, pertimbangkanlah fitur-fitur tersebut untuk mempersempit pilihan Anda.

Tidak hanya itu saja, ada juga gantungan kunci yang jadi satu dengan dompet. Untuk Anda yang menginginkan produk yang lebih praktis, pertimbangan ini dapat Anda gunakan ketika akan membeli gantungan kunci.

Pilihlah berdasarkan fashion atau gaya Anda

Pilihlah berdasarkan fashion atau gaya Anda

Pilihlah gantungan kunci berdasarkan dengan dandanan yang biasa Anda pakai sehari-hari. Misalnya Anda menyukai style jeans atau dandanan biasa, maka desain casual cocok untuk Anda. Namun,  sebaliknya apabila Anda suka menggunakan jas formal, akan sangat aneh apabila Anda memilih gantungan kunci dengan desain casual. Oleh sebab itu, Anda perlu lebih berhati-hati dalam memilih desain gantungan kunci dengan fashion yang Anda kenakan.

Selain itu, pilihlah warna yang kontras dengan tas yang Anda gunakan, seperti pada contoh gambar di atas. Warna merah yang dipadu dengan tas warna vivid akan memudahkan Anda ketika mencari kunci di dalam tas.

10 Rekomendasi key holder (gantungan kunci) terbaik yang cocok untuk pria

Di atas tadi sudah kami jelaskan cara memilih gantungan kunci. Berikutnya akan kami berikan 10 rekomendasi gantungan kunci terbaik, yang dapat Anda jadikan referensi ketika akan membeli gantungan kunci.

10. Bally Dompet STNK

10. Bally Dompet STNK

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 72.000

Terbuat dari bahan kulit asli

Dompet kulit merk Bally ini terbuat dari bahan kulit asli sehingga dapat lebih tahan lama dibandingkan dengan bahan lainnya. Karena desainnya yang tampak elegan, dompet ini akan cocok untuk Anda yang suka berpenampilan formal dengan jas atau suit.

Pada dompet ini, terdapat 7 gantungan kunci (1 besar dan 6 Kecil) dan tempat untuk meletakkan kartu di dalamnya. Sangat praktis untuk Anda yang memiliki berbagai macam kunci dan ingin meletakkannya di dalam satu wadah agar lebih aman dan tidak mudah hilang.

9. Sohoku Gantungan Kunci Obeng Mini

9. Sohoku Gantungan Kunci Obeng Mini

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 13.600

Gantungan kunci multifungsi

Gantungan kunci berbahan dasar metal ini memiliki keunikan yaitu terdapat obeng sebagai aksesori gantungan kuncinya. Ada tiga jenis model obeng yang bisa Anda gunakan untuk keperluan emergency seperti saat berada di luar rumah.

Namun, karena bentuknya yang kecil, Anda harus berhati-hati ketika menyimpannya agar tidak mudah terselip di tempat yang sulit dicari. Dijual dengan harga yang cukup terjangkau, produk ini pantas untuk Anda miliki sebagai gantungan kunci mobil atau rumah Anda.

8. Key Finder Gantungan Kunci Siul

8. Key Finder Gantungan Kunci Siul

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 10.800

Dilengkapi dengan LED

Untuk Anda yang sering lupa meletakkan kunci, produk satu ini bisa jadi solusi yang baik untuk Anda. Hanya dengan satu siulan dari Anda, gantungan ini akan mengeluarkan cahaya sehingga Anda bisa dengan mudah menemukannya.

Selain itu, gantungan kunci ini juga dilengkapi dengan lampu LED yang akan memudahkan Anda untuk mencarinya saat berada di ruangan gelap. Dengan adanya gantungan kunci ini, kini Anda tak perlu bingung lagi mencari kunci Anda ada dimana.

7. Toyota Dompet Gantungan Kunci

7. Toyota Gantungan Kunci

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 65.000

Terbuat dari kulit imitasi dengan warna elegan

Gantungan kunci ini terbuat dari bahan kulit imitasi dengan tambahan logo Toyota pada bagian depan yang menambah nilai estetika dari produk ini. Tidak hanya itu saja, dompet yang terdapat pada gantungan kunci ini bisa digunakan untuk meletakkan STNK, karcis parkir, maupun uang receh.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan pengait di bagian atasnya yang akan memudahkan Anda untuk melepas dan memasang gantungan kunci ini pada tas atau sabuk Anda. Dengan dua pilihan warna hitam dan cokelat, produk ini akan matching dengan setelan jas Anda.

6. Bailianfang Gantungan Kunci

6. Bailianfang Gantungan Kunci

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 56.800

Gantungan kunci yang multifungsi

Gantungan kunci berbahan stainless steel ini merupakan gantungan kunci yang dilengkapi dengan 7 fungsi praktis. Selain sebagai gantungan kunci, produk ini juga dapat dipakai sebagai gergaji kecil, pembuka botol, pembuka kaleng, penggaris dengan millimeter, obeng, pemotong buah, dan kunci inggris 3 posisi.

Karena kegunaannya yang sangat multifungsi, gantungan kunci ini bisa Anda bawa saat melakukan kegiatan outdoor seperti camping atau naik gunung, maupun untuk kegiatan sehari-hari. Praktis dan menarik, bukan?

5. Ironman Gantungan Kunci

5. Ironman Gantungan Kunci

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 60.000

Gantungan kunci standar bentuk Ironman

Gantungan kunci yang satu ini merupakan gantungan kunci dengan ring standar seperti yang biasa kita gunakan. Karena terbuat dari bahan stainless steel, gantungan kunci ini jadi tahan terhadap karat sehingga membuatnya lebih awet.

Aksesoris Ironman pada gantungannya membuat gantungan kunci sederhana ini jadi tampak lebih keren. Gantungan kunci ini bisa Anda jadikan kado untuk teman atau kolega Anda yang menyukai karakter Marvel.

4. Carabiner Military Tactical Nylon Belt

4. Carabiner Military Tactical Nylon Belt

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.800

Gantungan kunci dari bahan aluminium dan nilon

Meskipun produk ini memiliki fungsi utama sebagai carabiner, namun Anda juga dapat menggunakan benda ini untuk keperluan lainnya. Di bagian ujung carabiner ini terdapat ring dari bahan besi yang dapat Anda gunakan untuk menggantung kunci.

Gantungan kunci bentuk belt ini cocok digunakan untuk Anda yang suka backpacker-an atau bertualang. Terbuat dari bahan aluminium dan nilon, produk ini begitu ringan dan tahan terhadap karat sehingga bisa awet Anda gunakan dalam jangka waktu lama.

3. Gantungan kunci cokelat

3. Gantungan kunci cokelat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 42.000

Gantungan kunci bahan kulit berkualitas

Gantungan kunci yang satu ini terbuat dari bahan kulit sapi berkualitas sehingga bahannya lentur dan ringan. Dengan bentuk seperti kantong kecil, Anda dapat menyatukan kunci-kunci Anda dalam satu wadah agar lebih rapi dan tidak mudah terbelit.

Selain itu, gantungan kunci ini juga dilengkapi dengan pin rekatan yang dapat dibuka dari sisi kiri maupun sisi kanan, yang akan memudahkan Anda saat ingin mengeluarkan kunci saat membutuhkannya. Dibuat dengan bentuk yang kecil, produk ini bisa dengan mudah Anda masukan ke saku celana Anda. 

2. NatureHike DShape Flat Carabiner

2. Carabiner Gantungan Kunci

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 17.000

Carabiner serbaguna untuk Anda yang hobi camping

Untuk Anda yang hobi camping maupun melakukan kegiatan outdoor lainnya, tentu Anda membutuhkan benda yang bisa multifungsi. Produk dari NatureHike ini merupakan carabiner yang tidak hanya bisa digunakan sebagai gantungan kunci, namun juga untuk fungsi lainnya.

Terbuat dari bahan aluminium yang kuat, produk ini bisa Anda gunakan untuk menggantung botol minuman, mengaitkan tali, maupun untuk menggantung benda-benda keperluan lainnya saat camping. Bentuknya yang simpel dan praktis, membuat benda ini dapat Anda gantung dimana saja.

1.Kesymart Gantungan Kunci Lipat

1.Kesymart Gantungan Kunci Lipat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 82.650

Gantungan kunci lipat yang praktis

Gantungan kunci yang satu ini didesain dengan model yang sangat unik. Berbeda dengan gantungan kunci pada umumnya yang menggunakan ring, gantungan kunci ini dapat menyimpan banyak kunci dengan cara disisipkan pada loop ring yang terdapat di dalamnya.

Terbuat dari bahan aluminium, gantungan kunci ini sangat ringan dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Tidak hanya itu, karena kunci diletakkan dengan cara disisipkan satu-persatu, membuat kunci jadi lebih tertata rapi dan tidak mudah terbelit satu sama lain. Produk ini adalah pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan gantungan kunci yang simpel dan praktis.

Kesimpulan

Pada artikel kali ini kami telah menjelaskan cara memilih gantungan kunci dan merekomendasikan beberapa produk pilihan untuk Anda. Bagaimana, apakah ada yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda? Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Selamat memilih!