• 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020)

Kulit kombinasi merupakan perpaduan antara dua jenis kulit, misalnya berminyak - kering dan normal - kering. Kulit seperti itu membutuhkan produk perawatan kulit yang tepat, termasuk serum. Jika tidak sesuai, serum wajah Anda tidak akan memberi hasil yang optimal. Sayangnya, tidak banyak serum yang ditujukan untuk kulit kombinasi.

Di artikel ini, kami akan memaparkan cara memilih serum wajah untuk kulit kombinasi. Tak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya, seperti Skinfood, Kiehl’s, hingga Garnier. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan dapatkan wajah yang lebih bercahaya!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Dewie Aprillia
  • Pembaharuan terakhir: 14 November 2020
  • 77.959 Views
Daftar isi

Cara memilih serum wajah untuk kulit kombinasi

Setiap orang yang memiliki kulit kombinasi sering kali bingung dalam memilih produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulitnya. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serum untuk merawat kulit Anda yang jenisnya kombinasi.

Pilih yang memiliki kandungan pelembap tinggi

Syarat utama yang harus dimiliki serum wajah untuk kulit kombinasi adalah kandungan pelembap yang tinggi. Karena itu, saat hendak memilih serum wajah, carilah serum yang memiliki sifat intensive care. Dengan begitu, serum mampu bekerja secara intensif dalam melembapkan wajah. Bahan pelembap apa saja yang diperlukan? Silakan simak penjelasan berikut ini.

Kolagen : Menjaga kadar air dalam kulit

Kolagen : Menjaga kadar air dalam kulit

Kolagen merupakan protein esensial yang berfungsi menjaga kadar air dalam kulit. Karena itu, kulit cenderung menjadi kering bila kekurangan kolagen. Pada wajah dengan kulit kombinasi, biasanya ada bagian tertentu yang menjadi sangat kering. Untuk itu, gunakanlah serum wajah yang mengandung kolagen agar kondisi kulit Anda tetap terjaga. Sayangnya, di Indonesia masih jarang dijual serum yang mengandung kolagen.

Ceramide : Mengembalikan fungsi pelindung kulit

Ceramide : Mengembalikan fungsi pelindung kulit
Ceramide merupakan salah satu intercellular lipid yang memiliki fungsi penting sebagai pengisi celah antarsel. Ceramide tedapat di lapisan epidermis teratas atau stratum corneum. Selain mengisi ruang antarsel, ceramide memiliki peran untuk menjaga kulit dari pengaruh buruk lingkungan luar.


Intercellular lipid mengandung ceramide sebanyak kurang lebih 50%. Ceramide sendiri terdiri dari berbagai jenis. Untuk itu, Anda disarankan memilih serum yang mengandung ceramide yang jenisnya menyerupai struktur alami ceramide manusia. Dengan begitu, serum akan lebih mudah diserap oleh kulit. Di pasaran Indonesia, serum yang diperkaya ceramide sulit ditemukan. Kandungan ini lebih banyak ditambahkan pada krim wajah atau toner.

Hyaluronic acid : Memiliki kemampuan melembapkan yang sangat baik

Hyaluronic acid : Memiliki kemampuan melembapkan yang sangat baik
Hyaluronic acid berfungsi untuk melembapkan. Karena itu, hyaluronic acid sering digunakan pada produk perawatan kulit dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kulit kering. Meski mempunyai fungsi yang mirip, hyaluronic acid tidak sama dengan kolagen. Hyaluronic acid termasuk dalam jenis mucopolysaccharide, sedangkan kolagen adalah jenis protein.


Hyaluronic acid berfungsi untuk mengisi celah kosong dalam struktur retikuler kolagen. Selain itu, hyaluronic acid mampu mempertahankan kandungan air dengan sangat baik yaitu sekitar enam liter per gramnya. Memilih serum yang mengandung campuran kolagen dan hyaluronic acid tentu akan sangat baik bagi kulit Anda.

Vitamin C derivatif : Memperbaiki tekstur kulit

Vitamin C derivatif : Memperbaiki tekstur kulit

Salah satu kunci untuk merawat kulit kombinasi adalah dengan menjaga dan meningkatkan kelembapan kulit. Namun, kulit kering pada kulit kombinasi terkadang juga disebabkan oleh sinar UV. Oleh karena itu, penting untuk memilih serum wajah yang tidak hanya mampu menjaga kadar air pada kulit. Anda juga butuh serum dengan kemampuan untuk memulihkan kondisi kulit yang rusak akibat paparan sinar UV. Salah satu bahan yang ampuh untuk mengatasi hal ini adalah vitamin C derivatif.


Vitamin C derivatif diyakini dapat menekan pembentukan pigmen melanin akibat paparan sinar UV. Saat ini, cukup banyak serum yang diformulasikan untuk memberi manfaat mencerahkan kulit. Jadi, tidak sulit untuk menemukan produk yang mengandung vitamin C derivatif.

Pilih berdasarkan tekstur serum

Secara garis besar, serum wajah dibagi menjadi tiga tekstur, yaitu cair, emulsi, dan krim. Ketiga tekstur tersebut akan memberikan hasil yang berbeda. Agar Anda tidak bingung saat memilih tekstur serum yang tepat, silakan simak penjelasan berikut ini!

Serum bertekstur cair lebih cepat meresap

Serum bertekstur cair lebih cepat meresap

Serum bertekstur cair adalah jenis yang paling banyak ditemukan pada serum wajah. Kebanyakan serum wajah dalam bentuk cair memiliki fungsi untuk melembapkan dan mencerahkan. Serum wajah berbentuk cair juga memiliki ciri khas mudah terserap ke dalam kulit. Tingkat keencerannya pun bervariasi, mulai dari sangat cair hingga agak kental. Jika Anda belum pernah mencoba serum bertekstur cair, sebaiknya belilah ukuran sampel terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kecocokannya dengan kulit Anda.

Serum bertekstur emulsi untuk mempertahankan kelembapan kulit

Serum bertekstur emulsi untuk mempertahankan kelembapan kulit
Serum dengan tekstur emulsi biasanya digunakan setelah Anda melembapkan kulit dengan menggunakan essence. Jenis ini mampu mempertahankan kelembapan wajah dengan baik. Bagi kulit kombinasi, produk dengan tekstur emulsi umumnya lebih mudah dirasakan efeknya. Jika Anda akan menggunakan krim setelah pengaplikasian serum bertekstur emulsi, kami sarankan untuk memilih produk yang tidak terasa lengket.

Serum bertekstur krim umumnya untuk mengatasi masalah tertentu pada kulit

Serum bertekstur krim umumnya untuk mengatasi masalah tertentu pada kulit

Serum yang bertekstur krim biasanya dikhususkan untuk mengatasi masalah tertentu pada kulit wajah. Orang yang memiliki jenis kulit kombinasi biasanya menghadapi masalah kulit yang berbeda-beda. Ada yang memiliki bintik hitam, keriput dan garis halus sekitar mata, serta warna kulit kusam.  Untuk itu, Anda bisa memilih serum bertekstur krim yang sesuai dengan masalah kulit yang dihadapi.


Namun, perlu diperhatikan bahwa ada serum bertekstur krim yang butuh waktu lama untuk meresap ke dalam kulit. Serum semacam ini lebih disarankan untuk Anda yang ingin menggunakannya saat malam hari. Jenis ini juga cocok bagi Anda yang bisa meluangkan banyak waktu untuk perawatan kulit.

Perhatikan cara pemakaian serum wajah yang benar

Perhatikan cara pemakaian serum wajah yang benar
Umumnya, urutan pemakaian produk perawatan wajah adalah sebagai berikut: pembersih wajah – essence – serum – lotion atau krim wajah. Serum biasanya diaplikasikan setelah essence dan sebelum lotion atau krim wajah. Namun, urutannya tidak selamanya seperti itu. Ada serum yang berfungsi sebagai booster sehingga harus diaplikasikan sebelum essence.

Kesalahan urutan dalam pemakaian serum wajah bisa menyebabkan tidak optimalnya efek yang dihasilkan. Oleh karena itu, saat memilih dan membeli serum wajah, pastikan Anda mempelajari cara penggunaan dan urutan pemakaiannya.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Nacific (Natural Pacific)Fresh Herb Origin Serum

Rp 151.000,00

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk kulit kombinasi

Di bawah ini, kami memberikan sepuluh rekomendasi serum wajah terbaik untuk kulit kombinasi. Pilihlah produk yang paling sesuai untuk kebutuhan kulit Anda!

10
Kandungan bahan pelembapAloe vera extract, seaweed extract, witch hazel extract
TeksturCair
Urutan pemakaianSebelum pelembap
9

GarnierLight Complete White Speed Yuzu Whitening Serum Cream

Rp 65.000,00

Kandungan bahan pelembapVitamin C
TeksturKrim
Urutan pemakaianSetelah essence
8
Kandungan bahan pelembapVitamin C
TeksturCair
Urutan pemakaianSetelah pembersih wajah
7

Kiehl’sHydro-Plumping Re-Texturizing Serum Concentrate

Rp 645.000,00

Kandungan bahan pelembapGlycerin, ekstrak daun shiso
TeksturCair
Urutan pemakaianSebelum moisturizer
6
Kandungan bahan pelembapBorage Flower Extract, hyaluronic acid
TeksturCair
Urutan pemakaianSetelah toner
5
Kandungan bahan pelembapHyaluronic acid, vegetable glycerin, ekstrak lidah buaya
TeksturCair
Urutan pemakaianSebelum krim wajah
4

SkinfoodBlack Sugar Perfect First Serum The Essential

Rp 236.000,00

Kandungan bahan pelembapBlack sugar extract, aloe vera extract, glycerin, witch hazel extract
TeksturCair
Urutan pemakaianSetelah pembersihan wajah
3
Kandungan bahan pelembapEkstrak buah leci, deep sea water
TeksturCair
Urutan pemakaianSetelah toner
2
Kandungan bahan pelembapVitamin C
TeksturKrim
Urutan pemakaianSetelah toner
1
Kandungan bahan pelembapEkstrak bifidus, vitamin C, ceramide, hyaluronic acid
TeksturCair
Urutan pemakaianSetelah pembersih wajah

Tabel perbandingan produk serum wajah terbaik untuk kulit kombinasi

Gambar produk
1
Lancome Advanced Genifique Face Serum 1

Lancome

2
Sensatia Botanicals Sandalwood Dream Facial C-Serum 1

Sensatia Botanicals

3
Laneige Fresh Calming Serum 1

Laneige

4
Skinfood Black Sugar Perfect First Serum The Essential 1

Skinfood

5
Novexpert Hyaluronic Acid Booster Serum 1

Novexpert

6
Dr. Jart+ Peptidin Serum Blue Energy Effect 1

Dr. Jart+

7
Kiehl’s Hydro-Plumping Re-Texturizing Serum Concentrate 1

Kiehl’s

8
Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop 1

Klairs

9
Garnier Light Complete White Speed Yuzu Whitening Serum Cream 1

Garnier

10
Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Serum 1

Wardah

Nama produk

Advanced Genifique Face Serum

Sandalwood Dream Facial C-Serum

Fresh Calming Serum

Black Sugar Perfect First Serum The Essential

Hyaluronic Acid Booster Serum

Peptidin Serum Blue Energy Effect

Hydro-Plumping Re-Texturizing Serum Concentrate

Freshly Juiced Vitamin Drop

Light Complete White Speed Yuzu Whitening Serum Cream

Nature Daily Witch Hazel Purifying Serum

Keunggulan

Lawan tanda penuaan kulit dalam tujuh hari!

Produk bersertifikat organik yang hanya mengandung bahan alami

Wajah makin sehat dan segar dengan ekstrak buah leci

Melembapkan sekaligus mengangkat sel kulit mati

Berikan kelembapan pada seluruh lapisan kulit

Mengembalikan kekuatan kulit yang kelelahan

Menghidrasi kulit secara intensif

Kulit sensitif Anda kusam? Tak perlu khawatir!

Aman terlindungi dari sinar matahari meski aktif di luar ruangan

Harga bersahabat dengan hasil maksimal!

HargaRp 860.000,00Rp 180.000,00Rp 460.000,00Rp 236.000,00Rp 825.000,00Rp 350.000,00Rp 645.000,00Rp 350.000,00Rp 65.000,00Rp 47.500,00
Kandungan bahan pelembapEkstrak bifidus, vitamin C, ceramide, hyaluronic acidVitamin CEkstrak buah leci, deep sea waterBlack sugar extract, aloe vera extract, glycerin, witch hazel extractHyaluronic acid, vegetable glycerin, ekstrak lidah buayaBorage Flower Extract, hyaluronic acidGlycerin, ekstrak daun shisoVitamin CVitamin CAloe vera extract, seaweed extract, witch hazel extract
TeksturCairKrimCairCairCairCairCairCairKrimCair
Urutan pemakaianSetelah pembersih wajahSetelah tonerSetelah tonerSetelah pembersihan wajahSebelum krim wajahSetelah tonerSebelum moisturizerSetelah pembersih wajahSetelah essenceSebelum pelembap
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perawatan wajah lainnya untuk kulit kombinasi di sini

Selain serum, terdapat pula essence, face emulsion, facial wash, dan lainnya yang ditujukan untuk kulit kombinasi. Jika Anda tertarik, silakan cek artikel kami di bawah ini untuk penjelasan lebih lengkap. Mari mulai memperhatikan produk perawatan kulit yang Anda gunakan agar kulit senantiasa cantik dan sehat!

Kesimpulan

Dalam rangkaian perawatan kulit wajah, serum wajah adalah salah satu produk yang penting. Sebelum membeli kemasan besar, ada baiknya untuk mencoba ukuran sampel dari serum wajah yang Anda inginkan. Dengan cara ini, Anda akan tahu persis efek serum pilihan Anda dalam perawatan kulit.


Setelah membaca artikel ini, apakah Anda telah dapat memilih produk yang cocok? Semoga Anda merasa terbantu dengan artikel ini. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Perawatan wajah
    628.795 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Perawatan wajah
    483.002 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Masker organik adalah masker wajah yang menggunakan 100% bahan alami. Berbeda dengan masker biasa, masker organik tidak menggunakan tambahan bahan kimia. Semua bahannya berasal dari alam sehingga tidak menjadi racun pada tubuh dan tidak merusak lingkungan bila digunakan dalam jangka waktu lama.Ada banyak produk masker organik yang dijual di pasaran, seperti dari The Bath Shop, Sensatia Botanicals, dan Skin Dewi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih masker organik yang tepat serta beberapa rekomendasi produknya. Dengan masker organik, Anda bisa cantik tanpa efek samping!
    Perawatan wajah
    173.378 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
    403.200 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Wajah yang berjerawat bisa jadi menyebabkan Anda kurang percaya diri. Berbagai produk dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, salah satunya adalah masker. Ada berbagai merek masker untuk kulit berjerawat, seperti Innisfree, Aztec, Himalaya Herbal, dan Lush.Jika Anda sedang mencari masker untuk kulit berjerawat, artikel kali ini tidak boleh Anda lewatkan. Kami akan membahas tentang memilih masker untuk kulit berjerawat serta memberikan rekomendasinya untuk Anda. Jangan kelewatan juga tips cara membuat masker di rumah, ya!
    Perawatan wajah
    244.692 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Perawatan wajah
    467.289 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Batangan Terbaik untuk Kulit Kering (Terbaru Tahun 2020)
    Pernahkah Anda merasa kulit terasa kencang dan kesat setelah mencuci muka? Mencuci muka adalah hal terpenting dalam perawatan kulit kering. Namun, sabun dengan daya pembersih yang terlalu kuat tidak disarankan untuk kulit kering karena justru memperburuk kondisi. Oleh karena itu, gunakanlah sabun muka batangan yang lebih lembut.Ada begitu banyak produk sabun muka batangan yang mungkin membuat Anda bingung ketika memilih. Ada Cetaphil, The Body Shop, maupun Sensatia Botanicals dengan kelebihannya masing-masing. Di artikel ini, kami akan membantu Anda dengan memberikan rekomendasi produk terbaik beserta cara memilihnya. Selamat membaca, ya!
    Perawatan wajah
    8.255 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori