10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2019)

Kulit kombinasi merupakan perpaduan antara kulit kering dengan kulit berminyak, atau kulit normal dengan kulit kering. Tipe seperti ini membutuhkan perawatan lebih cermat, terutama dalam hal pengaplikasian serum wajah. Namun, kebanyakan serum yang beredar di pasaran lebih ditujukan spesifik untuk kulit sensitif atau kulit berminyak, dan tidak banyak yang khusus untuk kulit kombinasi.

Untuk itu, kali ini kami akan memaparkan cara memilih serum wajah untuk kulit kombinasi beserta sepuluh produk rekomendasi dari berbagai merek, seperti SK-II, Kiehl’s, Lancome, Skinfood, dan lainnya. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit Anda dan dapatkan wajah yang lebih bercahaya!

Daftar isi

Cara memilih serum wajah untuk kulit kombinasi

Orang-orang yang memiliki kulit kombinasi seringkali bingung dalam memilih produk perawatan yang paling cocok dengan jenis kulitnya ini. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan serum seperti apa yang sebaiknya dipilih untuk perawatan kulit kombinasi Anda.

Kandungan pelembap sangat penting untuk perawatan kulit kombinasi

Syarat utama yang harus dimiliki serum wajah untuk kulit kombinasi adalah kandungan pelembap yang tinggi. Kulit wajah kombinasi biasanya berminyak pada daerah T, yakni mencakup daerah dahi, hidung, serta dagu, dan kering di bagian lainnya. Oleh karena itu, saat hendak memilih serum wajah, carilah serum wajah memiliki sifat intensive care yang mampu bekerja intensif melembapkan wajah. Bahan pelembap seperti apa saja yang diperlukan? Silakan simak penjelasan berikut ini!

Kolagen, menjaga kadar air dalam kulit

Kolagen, menjaga kadar air dalam kulit

Sebesar 70% dari kolagen banyak ditemukan pada lapisan kulit bagian dermis di bawah epidermis. Kolagen merupakan protein esensial yang berfungsi menjaga lapisan dermis tetap sehat dengan cara menyintesis kolagen, yakni menggantikan kolagen lama dengan yang baru. Jika kita kekurangan kolagen, lapisan dermis akan melemah dan mengakibatkan kesehatan kulit menurun.

Kolagen juga sangat berpengaruh dalam menjaga kadar air dalam kulit. Oleh karena itu, kulit cenderung menjadi kering jika kekurangan kolagen. Pada kulit kombinasi, biasanya ada bagian tertentu dari wajah yang kering dan sebagian lainnya berminyak. Untuk mengatasi hal tersebut, gunakanlah serum wajah yang mengandung kolagen untuk meningkatkan kapasitas retensi air pada bagian wajah secara keseluruhan.

Ceramide, memperbaiki fungsi pelindung kulit

Ceramide, memperbaiki fungsi pelindung kulit

Ceramide merupakan salah satu intercellular lipid yang memiliki fungsi penting sebagai pengisi celah dan pelekat antarsel. Selain itu, ceramide memiliki peran untuk menjaga kulit dari pengaruh buruk lingkungan luar dan juga mencegah hilangnya air dari lapisan kulit. Jika kolagen terdapat pada lapisan dermis, ceramide justru terdapat di lapisan epidermis atau stratum corneum.

Intercellular lipid mengandung ceramide sebanyak kurang lebih 50%. Karena ceramide terdiri dari banyak jenis, saat Anda hendak memilih essence yang mengandung ceramide, carilah yang jenisnya menyerupai struktur alami ceramide manusia agar lebih mudah diserap.

Hyaluronic acid, meningkatkan kemampuan menjaga kadar air pada kulit

Hyaluronic acid, meningkatkan kemampuan menjaga kadar air pada kulit

Seperti halnya kolagen, hyaluronic acid yang berada pada lapisan dermis berfungsi untuk meningkatkan retensi air. Oleh karena itu, hyaluronic acid sering digunakan pada produk perawatan kulit untuk mencegah terjadinya kekeringan pada kulit. Meski mirip, hyaluronic acid termasuk dalam jenis mucopolysaccharide, sedangkan kolagen adalah jenis protein.

Hyaluronic acid juga berfungsi untuk mengisi celah kosong dalam struktur retikuler kolagen dan mampu mempertahankan kandungan air dengan sangat baik, yaitu sekitar 6 liter per gramnya. Pemilihan serum yang mengandung campuran kolagen dan hyaluronic acid tentu akan sangat baik bagi kulit Anda.

Vitamin C derivatif, memulihkan kulit yang rusak akibat sinar ultraviolet

Vitamin C derivatif, memulihkan kulit yang rusak akibat sinar ultraviolet

Salah satu kunci bagi perawatan kulit kombinasi adalah dengan menjaga dan meningkatkan kelembapan kulit. Namun, kulit kering pada kulit kombinasi terkadang juga disebabkan oleh sinar UV (ultraviolet). Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih serum wajah yang tidak hanya mampu menjaga kadar air pada kulit, tetapi juga mampu memulihkan kondisi kulit yang rusak akibat terpapar sinar UV. Salah satu bahan yang ampuh untuk mengatasi hal ini adalah vitamin C derivatif.

Vitamin C derivatif diyakini dapat menekan aksi pigmen melanin akibat paparan sinar UV. Mengingat cukup banyak serum yang diformulasikan untuk memberikan manfaat mencerahkan kulit, tidak sulit menemukan produk yang mengandung vitamin C derivatif untuk mengatasi efek paparan sinar UV.

Pengaruh perbedaan tekstur serum pada wajah

Secara garis besar, serum wajah dibagi menjadi tiga tekstur, yaitu bentuk cair, emulsi, dan krim. Bagi masing-masing orang, ketiga tekstur itu akan memberikan hasil yang berbeda. Agar Anda tidak bingung saat memilih tekstur serum yang tepat, silakan simak penjelasan berikut ini!

Serum berbentuk cair lebih cepat meresap

Serum berbentuk cair, lebih cepat meresap

Serum berbentuk cair adalah yang paling banyak ditemukan dalam produk perawatan kecantikan, terutama untuk serum wajah. Kebanyakan serum wajah dalam bentuk cair memiliki fungsi untuk melembapkan dan mencerahkan wajah.

Serum wajah cair memiliki ciri khas mudah terserap ke dalam kulit dan tingkat keencerannya pun bervariasi, mulai dari sangat cair hingga agak kental. Jika Anda belum pernah mencoba serum bertekstur cair, sebaiknya belilah ukuran sampel terlebih dahulu untuk mengetahui kecocokannya dengan kulit Anda.

Serum berbentuk emulsi untuk mempertahankan kelembapan kulit

Serum berbentuk emulsi untuk mempertahankan kelembapan kulit

Serum dengan tekstur emulsi kebanyakan adalah serum yang digunakan setelah Anda mengondisikan kulit menggunakan essence. Jenis ini mampu mempertahankan kelembapan wajah dengan baik, misalnya setelah essence meresap ke dalam kulit. Karena kemampuan retensi kelembapan sangat penting bagi perawatan kulit kombinasi, banyak di antara produk dengan tekstur emulsi yang lebih mudah dirasakan efeknya.

Jika Anda akan menggunakan krim perawatan kecantikan tambahan setelah pengaplikasian serum wajah, atau menggunakan kosmetik lainnya untuk sentuhan akhir, kami sarankan untuk memilih serum wajah bertekstur emulsi yang tidak lengket.

Serum berbentuk krim yang spesifik mengatasi masalah tertentu pada kulit

Serum berbentuk krim yang spesifik mengatasi masalah tertentu pada kulit

Serum bertekstur krim biasanya dikhususkan untuk mengatasi masalah-masalah tertentu pada kulit, seperti bintik hitam pada wajah, keriput dan garis halus sekitar mata dan mulut, serta untuk mencerahkan warna kulit. Orang yang memiliki jenis kulit kombinasi biasanya menghadapi masalah kulit yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda bisa memilih serum bertekstur krim yang sesuai dengan masalah kulit yang dihadapi.

Namun, perlu diperhatikan bahwa ada di antara produk serum bertekstur krim yang membutuhkan waktu cukup lama untuk meresap ke dalam kulit. Oleh karena itu, serum semacam ini lebih disarankan untuk Anda yang ingin menggunakannya di malam hari, atau Anda yang bisa meluangkan banyak waktu untuk perawatan kulit.

Ketahui cara pemakaian serum wajah yang benar

Ketahui cara pemakaian serum wajah yang benar

Untuk melakukan perawatan kecantikan wajah, Anda harus mengetahui tata cara pemakaiannya yang baik dan benar. Umumnya, urutan pemakaian produk perawatan wajah adalah sebagai berikut: pembersih wajah – essence – serum – lotion/krim wajah. Serum biasanya diaplikasikan setelah essence dan sebelum lotion atau krim wajah. Namun, urutannya tidak selamanya seperti itu karena ada juga serum yang berfungsi sebagai booster dan diaplikasikan sebelum essence.

Kesalahan urutan dalam memakai serum wajah bisa menyebabkan tidak optimalnya efek perawatan kecantikan yang dihasilkan. Oleh karena itu, saat memilih dan membeli serum wajah, pastikan Anda mempelajari cara penggunaan dan urutan pemakaiannya.

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk kulit kombinasi

Di bawah ini kami memberikan sepuluh rekomendasi serum wajah terbaik untuk kulit kombinasi. Pastikan kondisi awal kulit kombinasi Anda sebelum mulai memakai serum dan kenali masalah kulit yang Anda alami.

10. Wardah Purifying Facial Serum 2

10. Wardah Purifying Facial Serum 2

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 36.000

Harga bersahabat dengan hasil maksimal!

Untuk Anda yang sering traveling, Purifying Facial Serum 2 dari Wardah yang satu ini merupakan pilihan yang tepat agar kulit tetap terawat selama perjalanan! Dikemas dalam botol berukuran kecil membuatnya sangat praktis dan tidak memakan banyak tempat di tas atau kantong makeup Anda.

Serum ini memiliki tekstur yang ringan sehingga cepat menyerap dan efektif untuk mengurangi produksi minyak pada wajah. Produk ini juga diperkaya dengan witch hazel extract yang dapat melembapkan sekaligus berfungsi sebagai antibakteri untuk mengurangi iritasi, peradangan, dan melawan jerawat.

Manfaat perawatan kulit Mengurangi produksi minyak
Kandungan bahan pelembap Aloe vera extract, seaweed extract, witch hazel extract
Tekstur Cair
Urutan pemakaian Tidak disebutkan

9. Garnier Light Complete Whitening Serum Cream

9. Garnier Light Complete Whitening Serum Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 18.000

Aman terlindungi dari sinar UV meski aktif di luar ruangan

Garnier Light Complete Whitening Serum Cream merupakan serum yang mampu melembapkan sekaligus menjaga wajah agar bebas kilap hingga 12 jam. Produk ini juga mampu memberikan perlindungan dari sinar UV A dan UV B sehingga sangat tepat digunakan oleh Anda yang sering melakukan kegiatan di luar ruangan.

Perpaduan antara sari lemon, salicylic acid, dan ekstrak moringa membuat serum ini ampuh untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda, bintik hitam, dan bekas jerawat. Dapatkan kulit wajah yang lebih cerah hingga 3 tingkat!

Manfaat perawatan kulit Mencerahkan
Kandungan bahan pelembap Vitamin C
Tekstur Krim
Urutan pemakaian Tidak disebutkan

8. Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop

8. Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 290.000

Kandungan vitamin C yang tinggi agar warna kulit lebih cerah dan merata

Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop mengandung 5% vitamin C yang cukup memadai untuk memberikan manfaat perawatan kulit yang diinginkan, tetapi cukup lembut dan tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit sensitif. Sangat aman untuk digunakan secara rutin sebagai bagian dari rangkaian skincare sehari-hari.

Selain efektif melindungi kulit dari efek sinar UV, penggunaan bahan-bahan aktif dari alam pada serum ini menjadikannya mampu merevitalisasi dan meremajakan kulit. Solusi tepat untuk Anda yang ingin mencerahkan warna kulit dan menjadikannya lebih merata sekaligus menjaga kesehatan kulit.

Manfaat perawatan kulit Mencerahkan, meremajakan
Kandungan bahan pelembap Vitamin C
Tekstur Cair
Urutan pemakaian Setelah pembersih wajah

7. Kiehl’s Hydro-Plumping Re-Texturizing Serum Concentrate

7. Kiehl's Hydro-Plumping Re-Texturizing Serum Concentrate

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 585.000

Menghidrasi kulit kusam Anda secara intensif

Bila kulit Anda terasa kering dan mengalami dehidrasi, pilih serum dari Kiehl’s yang satu ini untuk perawatan kulit lebih mendalam! Produk ini diperkaya dengan 15% glycerin dan ekstrak daun shiso yang ampuh menghidupkan kembali tampilan kulit kusam Anda agar tampak lebih sehat dan segar.

Serum ini diformulasikan untuk menghidrasi kulit secara intensif sehingga terasa lebih lembap dan kenyal. Selain itu, penggunaan produk ini dapat menyamarkan garis-garis halus yang muncul pada kulit serta meratakan tekstur kulit. Dapatkan kulit halus dan mulus yang terlihat awet muda!

Manfaat perawatan kulit Menyamarkan garis halus
Kandungan bahan pelembap Glycerin
Tekstur Cair
Urutan pemakaian Sebelum moisturizer

6. Skinfood Gold Caviar Collagen Plus Serum

6. Skinfood Gold Caviar Collagen Plus Serum

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 824.820

Kandungan bahan mewah, emas 24 karat, untuk kulit lebih bercahaya!

Ekstrak kolagen yang terkandung dalam Skinfood Gold Caviar Collagen Plus Serum merupakan bahan aktif yang efektif untuk melembapkan dan menyehatkan kulit. Produk ini sangat cocok digunakan sebagai perawatan intensif untuk mendapatkan kulit yang lembut, lebih kencang, dan bercahaya.

Selain kolagen, serum ini juga mengandung kaviar dan serpihan emas 24 karat yang mewah untuk menghasilkan kulit yang tampak lebih muda. Jadi, bagi Anda yang ingin menutrisi dan menghilangkan kerutan pada kulit dengan bahan-bahan premium, produk ini adalah jawabannya!

Manfaat perawatan kulit Anti-aging
Kandungan bahan pelembap Kolagen
Tekstur Cair
Urutan pemakaian Setelah toner

5. Novexpert Booster Serum with Hyaluronic Acid

5. Novexpert Booster Serum with Hyaluronic Acid

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 775.000

Memberikan kelembapan pada seluruh lapisan kulit

Serum wajah dari Novexpert yang satu ini diformulasikan dengan empat hyaluronic acid berbeda sehingga mampu memperbaiki kondisi kulit di seluruh lapisan, baik pada epidermis maupun dermis. Kandungan pelembapnya yang sangat tinggi membuat serum ini efektif mengatasi masalah kulit yang rapuh akibat penuaan.

Produk yang ditujukan untuk semua jenis kulit pria maupun wanita ini dapat digunakan mulai dari usia 25 tahun sehingga Anda bisa memberikan perawatan sejak dini pada kulit yang tampak lelah. Selain itu, produk ini juga mengandung 100% vegetable glycerin, aloe vera, dan amino acid yang dapat melembapkan sekaligus meningkatkan produksi kolagen agar kelembutan kulit lebih terjaga.

Manfaat perawatan kulit Menghaluskan
Kandungan bahan pelembap Hyaluronic acid
Tekstur Cair
Urutan pemakaian Sebelum krim wajah

4. Sensatia Botanicals Sandalwood Dream Facial C-Serum

4. Sensatia Botanicals Sandalwood Dream Facial C-Serum

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 180.000

Untuk Anda pencinta produk skincare alami!

Serum wajah yang satu ini diperkaya dengan vitamin C yang bermanfaat menyeimbangkan kelembapan kulit kombinasi Anda sekaligus meremajakannya. Produk ini juga diperkaya minyak argan untuk memberikan nutrisi pada kulit, serta minyak rosehip yang tinggi vitamin A untuk memperbaiki tekstur kulit.

Serum produksi Sensatia Botanicals ini telah mengantongi sertifikasi USDA Organic sehingga sangat pas untuk Anda pencinta produk skincare alami. Selain menyegarkan, penggunaan produk ini secara teratur juga ampuh untuk memperbaiki dampak pigmentasi dan meratakan warna kulit.

Manfaat perawatan kulit Menekan pigmentasi, menyegarkan
Kandungan bahan pelembap Vitamin C
Tekstur Cair
Urutan pemakaian Setelah toner

3. Laneige Fresh Calming Serum

3. Laneige Fresh Calming Serum

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 306.000

Wajah semakin sehat dan segar dengan ekstrak buah leci

Laneige Fresh Calming Serum merupakan produk yang ditujukan bagi Anda yang berusia 20 hingga 25 tahun. Diperkaya dengan ekstrak buah leci dan deep sea water, produk ini mampu memulihkan kembali kondisi kulit yang sehat dengan cara melembapkan dan menguatkan lapisan pelindungnya.

Serum berwarna bening ini bebas dari tambahan mineral oil maupun pewarna buatan sehingga sangat pas untuk perawatan kulit yang mudah teriritasi. Produk ini juga telah lolos uji dermatologi dan hypoallergic sehingga tidak akan menimbulkan alergi bagi kulit Anda.

Manfaat perawatan kulit Menyegarkan
Kandungan bahan pelembap Ekstrak buah leci, deep sea water
Tekstur Cair
Urutan pemakaian Setelah toner

2. SK-II GenOptics Aura Essence

2. SK-II GenOptics Aura Essence

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.425.000

Perawatan lengkap all-in-one dengan bahan aktif Pitera

Perpaduan antara inositol dan bahan pencerah khusus dari SK-II dipercaya efektif untuk menyamarkan noda dan bintik hitam pada kulit wajah. Jadi, bagi Anda yang sedang melawan kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet, SK-II Genoptics Aura Essence merupakan pilihan yang tepat!

Kandungan bahan aktif Pitera yang kaya akan mineral, vitamin, amino acid, dan asam organik akan membuat kulit Anda terlihat cerah alami. Formula serum yang ringan dengan tekstur seperti susu menjadikan produk ini cepat terserap oleh kulit hingga ke lapisan epidermis, merata dengan mudah, dan tidak lengket.

Manfaat perawatan kulit Mencerahkan, mengatasi kerutan halus
Kandungan bahan pelembap Pitera
Tekstur Emulsi
Urutan pemakaian Setelah essence sebelum moisturizer

1. Lancome Advanced Genifique Youth Activating Serum

1. Lancome Advanced Genifique Youth Activating Serum

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 865.000

Lawan tanda penuaan kulit dalam 7 hari!

Serum dari Lancome yang satu ini diperkaya dengan ekstrak bifidus yang berfungsi memperkuat lapisan pelindung kulit agar tetap terjaga kelembapannya. Produk ini juga bekerja dengan cepat untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dengan meningkatkan elastisitas, kekencangan, kelembutan, kilau, dan menjadikan kulit lebih mulus hanya dalam 7 hari!

Selain itu, teksturnya juga ringan dan menyegarkan, serta dilengkapi dengan pipet yang telah dirancang untuk memastikan takaran yang pas pada setiap pengaplikasian. Sangat cocok juga untuk Anda yang memperhatikan kehigienisan!

Manfaat perawatan kulit Anti-aging
Kandungan bahan pelembap Ekstrak bifidus
Tekstur Cair
Urutan pemakaian Sebelum moisturizer

Baca juga rekomendasi perawatan wajah lainnya untuk kulit kombinasi di sini!

Selain serum, terdapat pula essence dan face emulsion yang ditujukan untuk para pemilik kulit kombinasi. Jika Anda tertarik, silakan cek artikel kami di bawah ini untuk penjelasan lebih lengkap. Mari mulai memperhatikan produk perawatan kulit yang Anda gunakan agar kulit senantiasa cantik dan sehat!

Kesimpulan

Dalam rangkaian perawatan kulit wajah, serum adalah salah satu yang terpenting. Sekarang Anda sudah mengetahui cara memilih serum wajah untuk kulit kombinasi Anda. Apakah dari rekomendasi di atas ada yang sesuai dengan Anda?

Sebelum membeli kemasan besar, ada baiknya untuk terlebih dahulu mencoba ukuran sampel dari serum wajah yang Anda inginkan. Dengan cara ini Anda akan tahu persis bagaimana efek serum yang ingin Anda gunakan dalam perawatan kulit.