10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2018)

Kulit kombinasi adalah jenis kulit yang umum dijumpai pada kulit orang Indonesia. Kulit ini adalah perpaduan antara kulit kering dan kulit berminyak. Jika tidak berhati-hati merawatnya, kulit kombinasi bisa mengalami minyak berlebih di daerah T, pori-pori besar, garis halus, kulit kusam, dan lain-lain.

Salah satu produk perawatan kulit wajah adalah serum wajah, baik bagi perempuan atau laki-laki. Sebut saja serum wajah SK-II, Laneige, Innisfree, Garnier, Wardah, dan lain-lain. Pada artikel ini kami akan memaparkan cara memilih serum wajah untuk kulit kombinasi beserta 10 rekomendasinya.

Daftar isi

Cara memilih serum wajah untuk kulit kombinasi

Seringkali orang-orang dengan kulit kombinasi bingung memilih produk perawatan yang paling cocok dengan jenis kulitnya ini. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan hal-hal yang harus dimiliki dalam serum wajah untuk kulit kombinasi Anda.

Kandungan pelembap sangat penting untuk perawatan kulit kombinasi

Syarat utama yang harus dimiliki serum wajah untuk kulit kombinasi adalah kandungan pelembap yang tinggi. Kulit wajah kombinasi biasanya berminyak pada daerah T, yakni mencakup daerah dahi, hidung, dan dagu, serta kering di bagian lainnya. Oleh karena itu, saat hendak memilih serum wajah, carilah serum wajah memiliki sifat intensive care, karena produk ini akan bekerja secara intensif dalam melembapkan wajah Anda. Pelembap apa saja yang diperlukan? Silakan simak di bawah ini.

Kolagen, berguna untuk menjaga kadar air dalam kulit

Kolagen, berguna untuk menjaga kadar air dalam kulit

Sebesar 70% dari kolagen ini banyak ditemukan pada lapisan kulit pada bagian dermis di bawah epidermis. Kolagen merupakan protein esensial yang berfungsi untuk menjaga lapisan dermis tetap sehat dengan cara menyintesis kolagen, yakni menggantikan kolagen lama dengan yang baru. Akan tetapi, proses ini akan menurun seiring dengan pertambahan usia. Jika kita kekurangan kolagen, kulit kita akan melemah dan berkeriput.

Selain itu, kolagen juga membantu menjaga kadar air dalam kulit kita. Saat kolagen berkurang, kulit kita akan menjadi kering. Kulit kombinasi sering mengalami kulit wajah yang kering sebagian, bahkan hingga mengelupas, tetapi sangat berminyak di bagian lainnya. Salah satu usaha untuk menghindari hal ini adalah dengan menggunakan serum wajah yang mengandung kolagen sehingga kulit kombinasi Anda akan lembap kembali.

Ceramide, berguna untuk memperbaiki fungsi pelindung kulit

Ceramide, berguna untuk memperbaiki fungsi pelindung kulit 

Ceramide adalah merupakan salah satu intercellular lipid yang memiliki fungsi penting sebagai pengisi dan pelekat antar sel. Jika kolagen terdapat pada lapisan dermis, ceramide justru terdapat di lapisan epidermis, tepatnya pada stratum corneum. Fungsi ceramide bagi kulit adalah menjaga kulit dari pengaruh buruk lingkungan luar dan juga mencegah hilangnya air dari lapisan kulit.

Intercellular lipid mengandung ceramide sebanyak kurang lebih 50%. Dikarenakan ceramide memiliki banyak jenis, ketika Anda hendak memilih essence yang mengandung ceramide, carilah yang berukuran nano dan memiliki struktur yang menyerupai struktur alami ceramide manusia.

Hyaluronic acid, meningkatkan kemampuan menjaga kadar air pada kulit

Hyaluronic acid, meningkatkan kemampuan menjaga kadar air pada kulit

Hyaluronic acid secara alami terdapat dalam tubuh kita dalam bentuk polisakarida. Zat ini merupakan komponen kulit pada lapisan dermis, bersama dengan kolagen berfungsi sebagai penjaga kandungan air dalam sel-sel kulit kita. Hyaluronic acid memiliki kemampuan menahan air pada kulit dengan sangat baik, apalagi bila dikombinasikan dengan kandungan kolagen.

Selain fungsi menahan air, hyaluronic acid juga berfungsi untuk menjaga ketahanan kulit terhadap pengaruh lingkungan luar. Produk perawatan kecantikan dengan hyaluronic acid sesuai untuk berbagai jenis kulit, seperti kulit sensitif, kering, berminyak, maupun kombinasi. Produk dengan zat ini akan membuat kulit Anda sehat, halus, lembut, dan kencang.

Vitamin C derivatif, mengembalikan kulit yang rusak akibat sinar UV (ultraviolet)

Vitamin C derivatif, mengembalikan kulit yang rusak akibat sinar UV (ultraviolet)

Salah satu usaha untuk merawat kulit kombinasi adalah dengan menjaga dan menambah kelembapan kulit. Namun, tidak cukup hanya itu saja. Saat terpapar sinar UV, kulit tidak hanya menjadi kering, tetapi juga mengalami perubahan warna. Sinar UV membuat kulit memproduksi pigmen melanin yang berguna untuk melindungi kulit kita, tetapi membuat kulit kita menjadi gelap. Oleh karena itu, penting bagi Anda memilih serum wajah yang tidak hanya mampu menjaga kadar air pada kulit, tetapi juga mampu memulihkan kondisi kulit yang rusak akibat terpapar sinar UV. Salah satu bahan yang ampuh untuk mengatasi hal ini adalah vitamin C derivatif.

Vitamin C derivatif dapat menekan aksi pigmen melanin setelah kulit kita terpapar sinar UV, tanpa mengurangi fungsi pigmen tersebut. Vitamin C derivatif yang terkandung dalam produk perawatan kecantikan juga memiliki fungsi sebagai pencerah kulit. Dengan serum wajah yang mengandung vitamin C derivatif, Anda tidak perlu khawatir akan warna kulit wajah yang menjadi gelap karena terpapar sinar matahari.

Pengaruh perbedaan tekstur serum pada wajah

Scara garis besar, serum wajah dibagi menjadi tiga tekstur, yaitu berbentuk cair, emulsi, dan krim. Untuk setiap orang, ketiga tekstur itu akan memberikan hasil yang berbeda. Agar Anda tidak bingung saat memilih tekstur serum yang tepat, silakan simak penjelasan berikut ini.

Serum berbentuk cair, lebih cepat meresap

Serum berbentuk cair, lebih cepat meresap

Tekstur cair adalah tekstur yang paling banyak ditemukan dalam produk perawatan kecantikan, terutama dalam produk serum wajah. Kebanyakan serum wajah dalam bentuk cair memiliki fungsi untuk melembapkan dan mencerahkan wajah. Serum wajah cair mudah terserap ke dalam kulit dan jenisnya bervariasi, mulai dari sangat cair hingga agak kental. Belilah serum cair dalam kemasan sampel jika Anda belum pernah mencoba sebelumnya.

Serum berbentuk emulsi, kemampuan melembapkan yang luar biasa

Serum berbentuk emulsi, kemampuan melembapkan yang luar biasa

Jika Anda mencari serum wajah yang memiliki kemampuan melembapkan dengan sangat baik, kami merekomendasikan serum bertekstur emulsi untuk Anda. Pada dasarnya, tekstur emulsi cocok untuk semua jenis kulit dan akan meningkatkan kelembapan kulit Anda dengan sangat baik.

Serum wajah bertekstur emulsi cukup mudah diserap oleh kulit, tersedia dalam bentuk emulsi yang tidak terlalu lengket hingga yang terasa agak lengket. Jika Anda menggunakan produk perawatan kecantikan lain setelah serum wajah atau hendak menggunakan kosmetik lagi, kami menyarankan Anda memilih serum wajah bertekstur emulsi yang tidak lengket.

Serum berbentuk krim, untuk mengatasi masalah pada kulit

Serum berbentuk krim, untuk mengatasi masalah pada kulit

Serum bertekstur krim biasanya digunakan untuk mengatasi masalah-masalah pada kulit, seperti bintik hitam pada wajah, keriput dan garis halus sekitar mata dan mulut, serta untuk mencerahkan warna kulit. Biasanya serum krim ini hadir dalam varian khusus untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Kulit wajah kombinasi biasanya memiliki masalah yang berbeda-beda pada setiap orangnya. Kami sarankan, jika Anda ingin memakai serum berbentuk krim, pilihlah yang sesuai dengan masalah yang dimiliki kulit Anda. Serum bertekstur krim cukup lama meresap ke dalam kulit, sehingga pengaplikasiannya pada kulit membutuhkan waktu. Anda bisa menggunakannya di malam hari sehingga tidak perlu terburu-buru memakainya.

Ketahui cara pemakaian serum wajah yang benar

Ketahui cara pemakaian serum wajah yang benar

Untuk melakukan perawatan kecantikan wajah, Anda harus mengetahui tata cara pemakaiannya yang baik dan benar. Umumnya, urutan pemakaian produk perawatan wajah adalah sebagai berikut: pembersih wajah – lotion/pelembap – serum wajah – krim wajah. Serum biasanya diaplikasikan setelah lotion dan sebelum krim wajah. Namun, tidak selamanya seperti itu karena ada juga serum yang berfungsi sebagai booster dan diaplikasikan sebelum lotion.

Kesalahan urutan memakai serum wajah bisa menyebabkan tidak optimalnya perawatan kecantikan wajah. Saat memilih dan membeli serum wajah, pastikan Anda mempelajari tentang cara penggunaannya.

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk kulit kombinasi

Di bawah ini kami memberikan 10 rekomendasi serum wajah terbaik untuk kulit kombinasi. Pastikan kondisi awal kulit kombinasi Anda sebelum mulai memakai serum dan kenali masalah kulit yang Anda alami.

10. Wardah Purifying Facial Serum

10. Wardah Purifying Facial Serum

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 42.000

Serum wajah berharga minimal dengan hasil maksimal

Wardah adalah salah satu merek produk perawatan kulit dan makeup lokal yang terkenal di Indonesia. Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda bisa mendapatkan 5 tube serum wajah yang masing-masingnya berisi 5 ml. Serum ini cocok untuk kulit normal hingga berminyak, kulit kombinasi, dan juga tipe kulit wajah orang Asia pada umumnya.

Kandungan aktifnya berasal dari witch hazel, seaweed, dan Aloe vera yang bisa membantu mengecilkan pori-pori, mengurangi jerawat, dan mengontrol minyak pada wajah. Teksturnya sangat ringan berbentuk gel, tidak terasa lengket dan cepat terserap ke dalam kulit. Jika Anda mencari serum wajah dengan harga minimal, tetapi memberikan hasil maksimal, serum ini patut dicoba.

9. Garnier Light Complete White Speed Serum Cream

9. Garnier Light Complete White Speed Serum Cream

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 55.900

Aman terlindungi dari sinar UV meski beraktivitas di luar ruangan!

Serum wajah ini merupakan serum untuk kulit berminyak dan kombinasi yang dibuat untuk perempuan Indonesia. Pemakaian serum wajah ini sejak awal sudah menunjukkan perubahan tingkat cerahnya wajah. Selain itu, serum ini juga memiliki fungsi untuk menyamarkan noda, mengendalikan minyak, dan meratakan warna kulit pada wajah.

Selain tiga fungsi di atas, kandungan SPF 19 pada serum ini akan melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang bisa berbahaya bagi kulit. Oleh karena itu, serum ini kami rekomendasikan untuk Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan.

8. Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop Serum

8. Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop Serum

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 355.000

Serum vitamin C untuk revitalisasi kulit kombinasi yang sensitif

Satu botol serum berbentuk cair ini berisi 35 ml konsentrat vitamin C 5% yang sangat lembut, bahkan untuk kulit sensitif. Dengan tingkat keasaman pH 3,81 serum vitamin C ini melindungi kotoran dari polusi, bakteri, dan racun yang bisa merusak kulit.  Jika kulit kombinasi Anda sensitif dan membutuhkan perlindungan dari radikal bebas yang dapat mengganggu, gunakan serum wajah ini untuk merevitalisasi kulit wajah Anda.

Selain itu, pemakaian serum ini secara rutin akan memberikan hasil memuaskan. Mulai dari mengecilkan pori-pori wajah, menghilangkan noda hitam, mencerahkan warna kulit, dan mengurangi pigmentasi. Gunakan setelah memakai toner sebelum pelembap, sementara untuk kulit sensitif gunakanlah sedikit pelembap terlebih dahulu kemudian aplikasikan serum pada wajah.

7. The Body Shop Oils of Life Intensely Revitalising Cream

7. The Body Shop Oils of Life Intensely Revitalising Cream

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 469.000

Miliki kulit wajah bercahaya berkat kandungan micro pearls

Sesuai namanya, serum wajah ini bertekstur krim. Krim serum wajah ini mampu melembapkan, menyegarkan kembali, menyamarkan tanda penuaan dini, dan mencerahkan kulit wajah sekaligus. Krim ini juga mengandung micro pearls, sesuai untuk Anda yang menginginkan kulit bercahaya, tetapi tidak tampak berminyak.

Meskipun berbentuk krim, serum ini cepat meresap ke dalam kulit dan tidak meninggalkan rasa berminyak. Krim ini mengandung minyak biji jintan hitam dari Mesir yang berguna sebagai antioksidan, minyak biji rosehip dari Chili sebagai anti-aging, dan minyak biji camelia dari Cina yang berfungsi untuk memperbarui sel kulit.

6. L’oreal Paris Revitalift Laser X3 Anti-Ageing Power Serum

6. L’oreal Paris Revitalift Laser X3 Anti-Ageing Power Serum

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 235.400

Rasakan hasil perawatan laser seperti di klinik kecantikan!

Kulit kombinasi Anda memiliki masalah pori-pori besar dan kering di bagian tertentu? Serum wajah dari L’oreal Paris ini dapat membantu Anda. Serum wajah dari L’oreal Paris ini dapat mengecilkan pori wajah, melembapkan dan mengenyalkan wajah, serta menghilangkan kerutan pada wajah.

Memiliki bahan aktif Pro-xylane, Hyaluronic acid, dan Ceramide Pro, serum ini memberikan hasil yang intensif untuk peremajaan kulit. Cocok untuk Anda yang menginginkan hasil seperti perawatan laser di klinik kecantikan. Jangan menunggu hingga efek penuaan muncul pada wajah Anda, gunakan serum ini sejak awal untuk mencegah masalah tak diinginkan pada kulit wajah Anda!

5. Novexpert Booster Serum with Hyaluronic Acid

5. Novexpert Booster Serum with Hyaluronic Acid

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 700.000

Lebih suka produk alami? Cobalah serum tanpa pengawet ini

Produk serum wajah dari Novexpert ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kombinasi. Novexpert adalah produsen perawatan kulit yang membuat produk 100% alami dan tanpa bahan pengawet. Setelah kemasan dibuka serum ini hanya bertahan 6 bulan saja, cocok untuk Anda yang menyukai produk alami.

Serum wajah ini membuat kulit wajah menjadi kenyal dan terhidrasi, tetapi tidak terasa lengket dan terlihat berminyak. Serum ini mengklaim memiliki kandungan hyaluronic acid terbanyak di dunia. Selain hyaluronic acid, serum ini juga mengandung probiotik yang berfungsi melindungi kulit dan menahan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

4. Shiseido Ultimune Power Infusing Concentrate

4. Shiseido Ultimune Power Infusing Concentrate

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 999.000

Usir tanda penuaan dengan serum anti-aging yang menyehatkan kulit wajah Anda

Produk perawatan kecantikan ini adalah serum wajah yang menitikberatkan fungsinya untuk melawan tanda-tanda penuaan. Bahan utamanya adalah Ultimune Complex yang terdiri dari air mawar Bulgaria dan ekstrak ragi, serta campuran ekstrak daun Ginko, Shiso, dan thyme. Teksturnya cair dan agak kental, tetapi tidak terasa lengket di kulit.

Jika Anda memiliki masalah penuaan pada kulit, serum ini akan membantu melindungi kulit dari penuaan, mengurangi keriput, dan garis-garis halus. Serum ini juga melembutkan kulit, membuatnya terlihat bercahaya, serta melembapkannya. Selain itu, kandungan ragi pada serum ini melindungi kulit dari polusi udara, debu, dan sinar matahari.

3. Laneige Fresh Calming Serum

3. Laneige Fresh Calming Serum

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 360.000

Wajah semakin cerah dan segar dengan ekstrak buah leci

Serum menyegarkan ini dibuat untuk merawat dan mengatasi masalah kulit kombinasi para perempuan berusia 20 hingga 25 tahun. Serum wajah ini berbahan dasar air dan bertekstur cair, merupakan salah satu komponen dalam rangkaian wajah Fresh Calming dari Laneige. Jika Anda mencari serum yang membuat kulit wajah terasa segar, Anda bisa mencoba serum ini.

Bahan aktif serum wajah ini adalah sea water dan ekstrak buah leci yang mengandung antioksidan dan vitamin C. Sea water berfungsi untuk memperkuat lapisan kulit sehingga tetap lembap dan sehat. Ekstrak buah leci membantu produksi kolagen dalam kulit dan membantu mencerahkan kulit wajah. Kulit kombinasi Anda akan terasa lembap, kenyal, dan cerah dengan serum ini.

2. SK-II Genoptics Aura Essence

2. SK-II Genoptics Aura Essence

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 2.149.000

Perawatan lengkap all-in-one dengan bahan aktif Pitera™

Serum wajah ini memiliki tekstur emulsi berwarna putih susu, ringan, dan mudah diserap kulit. Satu tetes penuh serum ini akan membantu mengurangi bintik-bintik hitam pada wajah, mencerahkan kulit wajah, dan membuat wajah terlihat bersinar. Sangat sesuai untuk Anda yang mencari serum wajah all-in-one.

Satu botol serum ini berisi 50 ml, mengandung bahan aktif PiteraTM, Aura Complex, dan ekstrak ginseng Siberia. Kandungan ekstrak prune dan inositol bekerja sebagai pelembap. Semua bahan aktif ini berfungsi untuk memperbarui sel-sel kulit wajah, mengurangi dampak sinar matahari dan melanin yang membuat kulit tampak gelap, serta mengencangkan kulit wajah.

1. Lancome Advanced Genifique Youth Activating Concentrate

1. Lancome Advanced Genifique Youth Activating Concentrate

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 1.275.000

Pipet otomatis dan praktis: memberi dosis tepat tanpa bingung lagi!

Serum dari Lancome ini merupakan serum wajah bestseller dari Lancome. Serum ini memiliki tekstur cair yang ringan bebas minyak dan tanpa residu sehingga cepat meresap ke kulit. Jika Anda sering bingung dengan dosis serum wajah yang tepat, serum ini bisa jadi pilihan. Botol serum ini dilengkapi dengan pipet otomatis sehingga dosis yang digunakan tidak akan salah.

Serum ini menggunakan adenosine dan ekstrak Bifidobacterium sehingga kandungan pelembapnya tinggi. Formula yang terkandung di dalamnya ampuh mengatasi berbagai masalah pada tekstur kulit. Serum ini dirancang untuk seluruh jenis kulit, termasuk kulit kombinasi, serta sesuai untuk semua etnis dan usia.

Kesimpulan

Dalam rangkaian perawatan kulit wajah, serum adalah salah satu yang terpenting. Sekarang Anda sudah mengetahui cara memilih serum wajah untuk kulit kombinasi Anda. Apakah dari rekomendasi di atas ada yang sesuai dengan Anda? Saran kami, sebelum membeli kemasan besar minta atau belilah ukuran sampel serum wajah yang Anda inginkan. Dengan cara ini Anda akan tahu persis bagaimana serum yang ingin Anda gunakan dalam perawatan kulit Anda.