mybest
Serum

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Kombinasi Terbaik [Ditinjau oleh Dokter Estetik]
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Kombinasi Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter Estetik] 1
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Kombinasi Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter Estetik] 2
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Kombinasi Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter Estetik] 3
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Kombinasi Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter Estetik] 4
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Kombinasi Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter Estetik] 5

10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Kombinasi Terbaik [Ditinjau oleh Dokter Estetik]

Orang dengan wajah bertipe kulit kombinasi sering kali kesulitan memilih produk skincare yang sesuai. Jika salah memilih, sebagian area kulit wajah dapat menjadi bermasalah. Hal ini tentunya merepotkan Anda yang mencari serum terbaik untuk kulit kombinasi. Ada berbagai merek serum yang bagus untuk kulit kombinasi, seperti Innisfree, SKINTIFIC, atau ElsheSkin


Namun, sebelum menemukan produk serum yang tepat, simak dahulu cara memilih yang kami susun bersama dokter estetik, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami, M.Biomed (AAM). Selain kandungan aktif, tekstur serum dan skin goals Anda bisa jadi pertimbangan untuk menentukan pilihan. Simak sampai selesai untuk tahu jawaban detailnya! 

Diperbaharui 04/09/2023
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Pakar
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami, M.Biomed (AAM) adalah dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha, yang mempunyai ketertarikan di bidang estetik dan kecantikan. Dokter Mutia juga telah menyelesaikan pendidikan magister jurusan Anti Aging & Aesthetic Medicine, Universitas Udhayana dan sampai saat ini telah bekerja di klinik kecantikan sejak 2018.

Profil dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Lanjut membaca
Sonya Kovaleswani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Sonya Kovaleswani

Sonya Kovaleswani merupakan writer mybest yang sudah menulis konten dari berbagai bidang, seperti beauty & skincare, elektronik dapur, hingga peralatan kebersihan. Selama menulis di mybest, Sonya juga sudah banyak berdiskusi dengan pakar-pakar di bidangnya tentang bagaimana memilih produk yang bagus. Semasa kuliah, ia menuangkan kecintaannya pada dunia tulis-menulis dengan mengelola blog pribadi ber-niche fashion dan beauty & skincare. Selama menulis blog-nya, Sonya telah mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan brand-brand kecantikan terkemuka, baik lokal maupun internasional.

Profil Sonya Kovaleswani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah kulit kombinasi boleh memakai serum?

Apakah kulit kombinasi boleh memakai serum?
Serum adalah produk skincare yang tinggi bahan aktifnya. Karena itu, serum wajah baik digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit kombinasi. Anda direkomendasikan untuk memasukkan serum ke dalam skincare routine untuk mendapatkan tampilan kulit yang diinginkan. Namun, kulit kombinasi itu seperti apa? Jika Anda masih bingung mengenalinya, berikut ini adalah ciri kulitnya:

  • Cenderung berminyak di area T (T-zone), yakni dahi, hidung, bahkan terkadang hingga dagu.
  • Cenderung kering di area U (U-zone), yakni pipi dan terkadang dagu.

Karena kombinasi kulit tersebut, pemilik kulit kombinasi memiliki keluhan di area wajah tertentu. Misalnya, wajah kusam di area pipi atau jerawat di area dahi. Ada dua faktor penyebab kulit kombinasi, yaitu faktor genetik dan faktor eksternal. Faktor eksternal bisa berupa pemakaian produk yang kurang cocok, cuaca panas, atau terlalu lama di ruang ber-AC.

dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Pemilik kulit kombinasi biasanya sering mencoba berbagai produk perawatan kulit karena kebingungan untuk treatment kulitnya. Meski begitu, harap berhati-hati dalam memilih skincare.Ketidakcocokan terhadap suatu produk bisa membuat area kering pada kulit kombinasi menjadi sensitif karena efek iritasi. Sebaiknya, selalu lakukan patch test di lengan sebelum mengaplikasikan suatu produk ke area kulit wajah.

Cara memilih serum wajah untuk kulit kombinasi

Mencari skincare untuk kulit kombinasi, termasuk serum, memang cukup membingungkan. Anda harus memilih serum yang cocok untuk area kulit berminyak dan kulit kering sekaligus. Agar tak makin bingung, bersama dengan dr. Mutia, kami sudah menyiapkan poin cara memilih di bawah ini.

1

Untuk cegah kekeringan di area U-zone dan kurangi minyak di area T-zone, pilih serum dengan pelembap seperti hyaluronic acid dan ceramide

Untuk cegah kekeringan di area U-zone dan kurangi minyak di area T-zone, pilih serum dengan pelembap seperti hyaluronic acid dan ceramide

Kulit kombinasi perlu dijaga kelembapannya. Di satu sisi Anda perlu menjaga kelembapan pada area kulit yang kering. Namun, overhydrating pada area kulit berminyak justru berpotensi memunculkan jerawat. Karena itu, Anda perlu mencari bahan pelembap yang menghidrasi tanpa merangsang produksi minyak berlebih. Anda disarankan untuk memilih bahan pelembap yang sifatnya netral sepertihyaluronic acid dan ceramide.


  • Hyaluronic acid

Hyaluronic acid termasuk dalam jenis mucopolysaccharide yang berfungsi mengisi celah kosong dalam struktur kolagen di kulit. Selain itu, ia mampu mempertahankan air sampai lima kali bobot hyaluronic acid itu sendiri. Sebagai pelembap, hyaluronic acid bersifat yang bisa menarik air dari lingkungan atau dari permukaan di bawahnya. Tekstur pelembap humektan biasanya cenderung ringan dan watery.


  • Ceramide

Ceramide merupakan salah satu intercellular lipid yang memiliki fungsi penting sebagai pengisi celah antarsel. Ceramide terdapat di lapisan epidermis teratas atau stratum corneum. Jadi, ceramide bisa menjaga elastisitas kulit. Selain mengisi ruang antarsel, ceramide memiliki peran untuk menjaga kulit dari pengaruh buruk lingkungan luar.

dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Dari pilihan kandungan pelembap tersebut, hyaluronic acid dan ceramide merupakan bahan pelembap yang netral. Keduanya nyaman untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit berminyak. kering, kombinasi, dan juga yang cenderung sensitif.

2

Cari produk dengan tekstur cair atau gel agar mudah menyerap di area kulit kering atau berminyak

Cari produk dengan tekstur cair atau gel agar mudah menyerap di area kulit kering atau berminyak

Selain kandungan pelembap, Anda juga perlu memperhatikan tekstur serumnya. Serum yang teksturnya watery atau gel bisa Anda pilih karena mudah terserap kulit. Tekstur serum yang watery lebih nyaman untuk area kulit yang cenderung berminyak. Di sisi lain, saat ini sudah banyak serum watery yang juga nyaman untuk area kulit kering. Dengan tekstur yang watery, risiko timbul jerawat pada area kulit berminyak akan lebih rendah. Intinya, pastikan kulit wajah Anda benar-benar terhidrasi dengan baik. 

dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Area kulit yang cenderung berminyak juga tetap perlu memperhatikan hidrasi. Alasannya karena minyak dan air itu berbeda. Ketika kulit kekurangan air (tidak lembap) kulit justru akan meresponnya dengan memproduksi minyak yang berlebih. Jadi, area kulit berminyak pun tetap perlu menggunakan pelembap (serum).
3

Untuk Anda yang juga memiliki masalah jerawat, pilih serum yang mengandung bahan antibakteri seperti green tea atau tea tree oil

Untuk Anda yang juga memiliki masalah jerawat, pilih serum yang mengandung bahan antibakteri seperti green tea atau tea tree oil

Perhatikan kandungan antibakteri dan anti-inflamasi bagi pemilik kulit kombinasi yang cenderung berjerawat. 


  • Adanya kandungan antibakteri akan membantu mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. 
  • Adanya bahan anti-inflamasi juga berguna untuk meredakan peradangan akibat jerawat. 


Green tea dan tea tree oil banyak digunakan dalam serum untuk mengatasi permasalahan jerawat. Selain itu, ada juga Centella asiatica yang diformulasikan untuk meredakan iritasi akibat jerawat.

4

Kulit kombinasi Anda tampak kusam? Pertimbangkan serum yang mengandung bahan pencerah, misalnya niacinamide, alpha arbutin, dan vitamin C

Kulit kombinasi bisa tampak kusam karena adanya penumpukan sel kulit mati atau terkena paparan sinar matahari. Kulit kombinasi yang tampak kusam bisa dirawat dengan penggunaan serum yang mengandung brightening agent atau exfoliating agent.

Untuk mencerahkan kulit: Pilih yang mengandung brightening agent seperti vitamin C, niacinamide, dan alpha arbutin

Untuk mencerahkan kulit: Pilih yang mengandung brightening agent seperti vitamin C, niacinamide, dan alpha arbutin
Salah satu cara untuk membuat kulit tampak lebih cerah adalah menggunakan brightening agent. Berikut ini adalah beberapa brightening agent yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Vitamin C: Anda bisa memakainya mulai dari dosis 5%
Perlu Anda ketahui, beberapa orang mungkin tidak cocok dengan serum yang mengandung vitamin C. Selalu lakukan patch test terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

  • Niacinamide: Pilih konsentrasi mulai dari konsentrasi 5-10%
Niacinamide memiliki berbagai manfaat baik untuk kulit, salah satunya adalah mencerahkan. Jika Anda baru pertama kali menggunakan niacinamide, mulailah dari konsentrasi paling rendah dahulu. 

  • Alpha arbutin: Gunakan mulai dari konsentrasi 3-4%
Alpha arbutin merupakan salah satu brightening agent yang ramah untuk kulit, bahkan kulit sensitif. 
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Jika kandungan bahan aktif pada serum yang digunakan terasa terlalu tinggi, biasanya kulit akan menunjukkan reaksi iritasi. Karena itu, sebelum hal itu terjadi, sebaiknya Anda meredam risiko iritasinya dengan menggunakanmoisturizer. Pilihlah moisturizer yang cukup hydrating, tetapi sifatnya netral, seperti hyaluronic acid atau ceramide.

Step tambahan, untuk mengangkat sel-sel kulit mati: Gunakan exfoliating serum

Step tambahan, untuk mengangkat sel-sel kulit mati: Gunakan exfoliating serum
Penumpukan sel-sel kulit mati bisa membuat tampilan kulit terlihat kusam. Untuk itu, Anda membutuhkan exfoliating serumExfoliating agent atau bahan exfoliator bisa membantu mengeksfoliasi sel kulit mati sehingga kulit bisa tampak lebih bersih dan cerah. Alpha hydroxy acid (AHA) dan beta hydroxy acid (BHA) adalah chemical exfoliator yang banyak digunakan dalam serum. 

  • AHA bisa bersifat melembapkan. Dosis maksimal untuk AHA adalah 10%. Contoh AHA yang ramah untuk kulit adalah glycolic acid

  • BHA dapat membantu mengurangi komedo. Dosis yang bisa digunakan adalah 2%. Contoh AHA yang ramah untuk kulit adalah adalah salicylic acid. 
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Sebagai catatan, exfoliating serum hanya boleh digunakan 1-2 kali saja per minggu. Sebab, exfoliator agent cenderung mengiritasi kulit sehingga kulit akan mudah terkelupas. Setelah menggunakan exfoliating serum, pastikan Anda menggunakan pelembap untuk meredam efek iritasinya.

5

Jika kulit kombinasi Anda cenderung sensitif, utamakan serum yang minim kandungan pewangi dan alkohol

Jika kulit kombinasi Anda cenderung sensitif, utamakan serum yang minim kandungan pewangi dan alkohol
Setelah memilih teksturnya, pastikan juga serum tersebut bebas bahan-bahan yang mengiritasi atau kimia tambahan. Hal ini sangat penting jika Anda memiliki jenis kulit kombinasi yang cenderung sensitif. Bahan-bahan yang bersifat iritatif bisa berupa alkohol dan pewangi (fragrance).

  • Alkohol

Alkohol sebetulnya bermanfaat untuk menjaga daya simpan skincare dan menghantarkan bahan aktif dengan baik untuk kulit. Hanya saja, alkohol dapat mengangkat minyak alami pada kulit sehingga membuat kulit rentan iritasi. Perlu Anda ketahui, tidak semua kandungan alkohol di dalam serum dinilai buruk, contoh fatty alcohol (lauryl, stearyl, dan oleyl alcohol). Kandungan alkohol yang perlu Anda hindari adalah ethanol dan methanol.


  • Pewangi/parfum

Tujuan penambahan pewangi pada produk adalah untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk penggunanya. Selain itu, parfum juga mengurangi aroma bahan-bahan aktif yang cenderung kurang enak. Meski begitu, tambahan parfum atau pewangi bisa menyebabkan iritasi bagi kulit sensitif. Anda sebaiknya menghindari adanya parfum di dalam serum jika memiliki riwayat kulit sensitif atau alergi.

dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Sebagai tambahan, Anda yang memiliki kulit kombinasi cenderung sensitif juga perlu menghindari kandungan essential oil. Essential oil adalah zat yang sangat terkonsentrasi sehingga memperbesar risiko iritasi pada kulit.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk kulit kombinasi

Berikut ini adalah rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Kombinasi terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 04 September 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
BPOM
Nomor BPOM
Isi/varian isi
Bahan aktif
Bentuk kemasan
Rekomendasi jenis kulit
Fungsi/manfaat
Kandungan pencerah
Kandungan pelembap
Kandungan anti-inflamasi
Kandungan antiaging
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaian
Alkohol
Pewangi
1

Innisfree

Green Tea Seed Hyaluronic Serum

Innisfree Green Tea Seed Hyaluronic Serum 1

Rp422.000

Lebih Mahal

Formulasi baru untuk kulit lebih glowing dan terhidrasi hingga 72 jam!

NA26230100105

80 ml

Beauty Green Tea™, Nano Capsule Hyaluronic Acid, 5 jenis hyaluronic acid, dan green tea probiotics

Botol pump

Semua jenis kulit, termasuk kulit dehidrasi, berjerawat, dan sensitif

Menghidrasi, melembapkan, dan mencerahkan

Niacinamide

Beauty Green Tea™ dan nano capsule hyaluronic acid

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

SKINTIFIC

10% Niacinamide Brightening Serum

SKINTIFIC 10% Niacinamide Brightening Serum 1

Rp169.000

Agak Mahal

Skin ingredients-nya akan melembapkan dan merawat skin barrier Anda

NA11211900011

20 ml

10% Royal DSM Niacinamide, alpha arbutin, ceramide, dan Centella asiatica

Botol pump

Semua jenis kulit

Merestorasi skin barrier, mencerahkan, dan meratakan warna kulit

Niacinamide dan alpha arbutin

Ceramide

Centella asiatica

Centella asiatica

Pagi dan malam hari

3

NAMA

C-Booster Brightening & Age Defying Face Serum

NAMA C-Booster Brightening & Age Defying Face Serum 1

Rp129.000

Menengah

Serum multiguna yang bisa melembapkan, mencerahkan, dan melawan tanda penuaan

NA18210107584

30 ml

Kakadu extract, calendula flowers extract, 3X hyaluronic acid, ceramide, dan vitamin E

Botol pipet

Semua jenis kulit

Menghidrasi, mencerahkan, menenangkan, dan melawan radikal bebas

Kakadu extract

Triple hyaluronic acid dan ceramide

Calendula extract

Viramin E

Tidak diketahui

4

EIEM BEAUTY

Hydration Booster Serum

EIEM BEAUTY Hydration Booster Serum 1

Rp75.000

Agak Murah

Serum fungal acne safe diperkaya hydrolyzed collagen, berikan nutrisi ekstra pada kulit

NA18210109598

20 ml

Hyaluronic acid, niacinamide 4%, lactobacillius ferment, hydrolzyed collagen, acetyl glucosamine, allantoin

Botol pipet

Semua jenis kulit

Menghidrasi kulit, menjaga kesehatan skin barrier, mengurangi kemerahan dan iritasi, mencerahkan kulit

Niacinamide

Sodium hyaluronate, honey, panthenol, allantoin

Niacinamide, allantoin

Honey

Pagi, malam

5

Glad2Glow

Centella 2% Salicylic Acid Acne Serum

Glad2Glow Centella 2% Salicylic Acid Acne Serum 1

Rp109.000

Menengah

Serum dengan formulasi khusus untuk masalah jerawat

NA11220100376

17 ml

Centella asiatica, 2% salicylic acid, dan niacinamide

Botol pump

Semua jenis kulit, khususnya kulit berjerawat

Mencegah munculnya jerawat, menenangkan jerawat meradang, dan mencerahkan kulit

Niacinamide

Ceramide, hyaluronic acid, dan allantoin

Centella asitica dan allantoin

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

6

True to Skin

Glo-C Booster Serum

True to Skin Glo-C Booster Serum  1

Rp149.000

Menengah

Serum customable dengan level vitamin C yang bisa disesuaikan

NA18211903163

15 ml

Vitamin C, 1% alpha arbutin, hyaluronic acid, calendula, daisy, Aloe vera

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan dan melembapkan kulit

Vitamin C dan 1% alpha arbutin

Hyaluronic acid dan Aloe vera

Calendula

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

7

Elshe Estetika Nusantara

ElsheSkin Hydracare Calming Serum

Elshe Estetika Nusantara ElsheSkin Hydracare Calming Serum 1

Rp185.000

Agak Mahal

Serum andalan si kulit kering, efek melembapkannya tidak main-main!

NA18210104820

15 ml, 30 ml

7 moisturizing agent, vitamin B complex, 2% niacinamide, dan 1% arbutin

Botol pipet

Semua jenis kulit

Melembapkan dan menjaga skin barrier

Niacinamide, arbutin

7 moisturizing agent

Vitamin B complex

Royal jelly protein

Pagi dan malam

8

Wardah

Acnederm Acne Care Serum

Wardah Acnederm Acne Care Serum 1

Rp72.500

Agak Murah

Produk serum ini diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat

NA18210110840

15 ml, 30 ml

5% Azeclair™, 0.5% salicylic acid, dan tea tree oil

Botol pipet

Kulit berminyak dan berjerawat

Mengurangi tampilan minyak berlebih, menenangkan jerawat meradang, mengatasi jerawat. dan mencerahkan kulit

Azeclair™

Hyaluronic acid dan allantoin

Allantoin

Tidak ada

Tidak diketahui

9

Safi

Hydrating Water Bank Serum

Safi Hydrating Water Bank Serum 1

Rp153.004

Menengah

Serum dengan tiga bahan pelembap untuk kulit ekstra lembap

NA32200100108

30 ml

Ekstrak fermentasi beras, vitamin B5, hyaluronic acid, niacinamide, dan ceramide 3

Botol pipet

Semua jenis kulit

Menghidrasi dan mencerahkan kulit

Ekstrak fermentasi beras dan niacinamide

Hyaluronic acid dan ceramide 3

Tidak ada

Tidak ada

Tidak diketahui

10

SECA

Hydroboost Hyaluronic Acid Solution 3%BLL34

SECA Hydroboost Hyaluronic Acid Solution 3% 1

Rp49.900

Lebih Murah

Membantu menghidrasi dan membuat kulit terasa lebih kenyal

NA18210105151

20 ml

Hyaluronic acid, argireline, dan mesembryanthemum extract

Botol pump

Semua jenis kulit

Menghidrasi, mengenyalkan, dan meningkatkan fungsi pelindung kulit

Tidak ada

Supermoist max dan mesembryanthemum crystallinum callus extract

Supermoist max

Mesembryanthemum crystallinum callus extract

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

InnisfreeGreen Tea Seed Hyaluronic Serum

Green Tea Seed Hyaluronic Serum 1
Sumber: shopee.co.id
Green Tea Seed Hyaluronic Serum 2
Sumber: shopee.co.id
Green Tea Seed Hyaluronic Serum 3
Sumber: shopee.co.id
Green Tea Seed Hyaluronic Serum 4
Sumber: shopee.co.id
Green Tea Seed Hyaluronic Serum 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp422.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp422.000
Lebih Mahal

Formulasi baru untuk kulit lebih glowing dan terhidrasi hingga 72 jam!

Kulit dehidrasi adalah penyebab berbagai masalah kulit. Untungnya serum ini diformulasikan khusus untuk meningkatkan kelembapan pada beragam jenis kulit, mulai dari kulit kering, dehidrasi, hingga berminyak. Istimewanya, serum ini mampu menyeimbangkan kelembapan kulit bagian dalam sehingga tetap terhidrasi hingga 72 jam.


Rahasianya ada pada Beauty Green Tea™ dan nano capsule hyaluronic acid yang bisa menembus kulit dengan cepat dan mendalam. Teksturnya pun ringan dan tidak lengket. Dalam 1 minggu, kulit akan terasa lebih sehat dan bercahaya. Serum ini cocok juga untuk kulit acne-prone dan sensitif, lho.

BPOM
Nomor BPOMNA26230100105
Isi/varian isi80 ml
Bahan aktifBeauty Green Tea™, Nano Capsule Hyaluronic Acid, 5 jenis hyaluronic acid, dan green tea probiotics
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit, termasuk kulit dehidrasi, berjerawat, dan sensitif
Fungsi/manfaatMenghidrasi, melembapkan, dan mencerahkan
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan pelembapBeauty Green Tea™ dan nano capsule hyaluronic acid
Kandungan anti-inflamasiTidak diketahui
Kandungan antiagingTidak diketahui
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SKINTIFIC10% Niacinamide Brightening Serum

Harga referensi
Rp169.000
Agak Mahal

Skin ingredients-nya akan melembapkan dan merawat skin barrier Anda

Kandungan niacinamide di dalam serum pencerah dari Skintific ini mencapai 10%. Meskipun begitu, serum ini diklaim tidak membuat kulit menjadi kering atau iritasi karena mengandung bahan-bahan pelembap yang mumpuni. Beberapa di antaranya adalah ceramide untuk menghidrasi kulit dan melindungi skin barrier, kemudian ada Centella asiatica untuk menenangkan kulit.


Selain itu, serum ini juga mengandung alpha arbutin yang efektif dalam mencerahkan kulit dari dalam. Jika Anda mencari niacinamide berkonsentrasi tinggi yang bisa mencerahkan dan merawat skin barrier, liriklah produk ini.

BPOM
Nomor BPOMNA11211900011
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktif 10% Royal DSM Niacinamide, alpha arbutin, ceramide, dan Centella asiatica
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMerestorasi skin barrier, mencerahkan, dan meratakan warna kulit
Kandungan pencerahNiacinamide dan alpha arbutin
Kandungan pelembapCeramide
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica
Kandungan antiagingCentella asiatica
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam hari
Alkohol
Pewangi
View all
No.3

NAMAC-Booster Brightening & Age Defying Face Serum

Harga referensi
Rp129.000
Menengah

Serum multiguna yang bisa melembapkan, mencerahkan, dan melawan tanda penuaan

Anda mencari serum multifungsi untuk kulit kusam dan tanda penuaan? Cobalah serum dari NAMA. Serum ini adalah serum multiguna yang dapat mencerahkan, melembapkan, dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Serum ini akan mencerahkan kulit Anda dengan kandungan kakadu yang vitamin C-nya 100X lebih banyak dari natural ingredients lainnya.

Sementara itu, untuk pelembap dan antioksidan, serum ini mengandalkan triple hyaluronic acid, ceramide, serta vitamin E. Kulit Anda tidak hanya lembap, tetapi akan tampak lebih sehat dan plumpy. Serum ini juga memiliki tekstur water-gel yang cepat diserap kulit dan menutrisi hingga ke dalam.

BPOM
Nomor BPOMNA18210107584
Isi/varian isi30 ml
Bahan aktifKakadu extract, calendula flowers extract, 3X hyaluronic acid, ceramide, dan vitamin E
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMenghidrasi, mencerahkan, menenangkan, dan melawan radikal bebas
Kandungan pencerahKakadu extract
Kandungan pelembapTriple hyaluronic acid dan ceramide
Kandungan anti-inflamasiCalendula extract
Kandungan antiagingViramin E
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
View all
No.4

EIEM BEAUTYHydration Booster Serum

Harga referensi
Rp75.000
Agak Murah

Serum fungal acne safe diperkaya hydrolyzed collagen, berikan nutrisi ekstra pada kulit

Berikan kulit Anda hidrasi dan nutrisi ekstra dengan Hydration Booster Serum dari EIEM BEAUTY ini. Kandungan hyaluronic acid, hydrolyzed collagen, honey, allantoin, dan lactobacillus ferment-nya mampu menjaga kelembapan dan kesehatan kulit Anda. Menariknya lagi, serum fungal acne safe dan noncomedogenic ini cocok untuk semua jenis kulit. 


Sembari menghidrasi kulit dan merawat skin barrier, serum ini bisa mengurangi kemerahan, iritasi, dan sebum berlebih. Memasukkan serum ini ke dalam skincare harian tentu tak akan membuat Anda menyesal. Efek kulit yang lebih cerah juga dapat Anda rasakan karena serum hyaluronic acid ini diformulasikan dengan kandungan niacinamide 4%.

BPOM
Nomor BPOMNA18210109598
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifHyaluronic acid, niacinamide 4%, lactobacillius ferment, hydrolzyed collagen, acetyl glucosamine, allantoin
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMenghidrasi kulit, menjaga kesehatan skin barrier, mengurangi kemerahan dan iritasi, mencerahkan kulit
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan pelembapSodium hyaluronate, honey, panthenol, allantoin
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide, allantoin
Kandungan antiagingHoney
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.5

Glad2GlowCentella 2% Salicylic Acid Acne Serum

Harga referensi
Rp109.000
Menengah

Serum dengan formulasi khusus untuk masalah jerawat

Gemas dengan masalah jerawat? Coba serum dari Glad2Glow yang diformulasikan khusus untuk mengatasi masalah jerawat ini. Gabungan Centella asiatica dan salicylic acid dapat menenangkan, meredakan jerawat, bahkan kemerahan. Teksturnya juga ringan, mudah menyerap, dan dapat memberikan kelembaban yang cukup.


Selain itu, serum ini mengandung niacinamide yang berfungsi untuk mencerahkan, mengurangi bekas jerawat, dan menyeimbangkan kadar minyak pada wajah. Berkat ukurannya yang cukup mini, harga jual serum ini termasuk murah. Cocok untuk Anda yang ingin mencari solusi masalah jerawat dengan harga terjangkau.

BPOM
Nomor BPOMNA11220100376
Isi/varian isi17 ml
Bahan aktifCentella asiatica, 2% salicylic acid, dan niacinamide
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit, khususnya kulit berjerawat
Fungsi/manfaatMencegah munculnya jerawat, menenangkan jerawat meradang, dan mencerahkan kulit
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan pelembapCeramide, hyaluronic acid, dan allantoin
Kandungan anti-inflamasiCentella asitica dan allantoin
Kandungan antiagingTidak diketahui
Kemasan percobaanTidak diketahui
Saran waktu pemakaianTidak diketahui
AlkoholTidak diketahui
PewangiTidak diketahui
View all
No.6

True to SkinGlo-C Booster Serum

Harga referensi
Rp149.000
Menengah

Serum customable dengan level vitamin C yang bisa disesuaikan

Perpaduan alpha arbutin dan vitamin C adalah formula mantap untuk mencerahkan kulit. Namun, beberapa orang terkadang sensitif terhadap vitamin C. Nah, serum lokal True to Skin bisa jadi solusi Anda.


Serum lokal ini mengandung activation vitamin C yang bisa Anda custom sesuai kebutuhan. Jika tidak diaktifkan, serum ini mengandung vitamin C 4%, tetapi jika diaktifkan kandungan vitamin C-nya menjadi 8%. Selain fleksibel, serum ini juga sangat nyaman dipakai karena tekstur watery-nya yang mudah diserap dan tidak lengket di kulit.

BPOM
Nomor BPOMNA18211903163
Isi/varian isi15 ml
Bahan aktifVitamin C, 1% alpha arbutin, hyaluronic acid, calendula, daisy, Aloe vera
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan dan melembapkan kulit
Kandungan pencerahVitamin C dan 1% alpha arbutin
Kandungan pelembapHyaluronic acid dan Aloe vera
Kandungan anti-inflamasiCalendula
Kandungan antiagingTidak diketahui
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianTidak diketahui
AlkoholTidak diketahui
PewangiTidak diketahui
View all
No.7

Elshe Estetika NusantaraElsheSkin Hydracare Calming Serum

Harga referensi
Rp185.000
Agak Mahal

Serum andalan si kulit kering, efek melembapkannya tidak main-main!

Apabila Anda menginginkan serum untuk kulit kering yang menghidrasi kulit sekaligus mengatasi berbagai masalah kulit, lirik saja produk ini! Serum ini dapat mengatasi mengatasi kulit kering, iritasi, sunburn, hingga mengurangi hiperpigmentasi.


Produk ini mengandung tujuh moisturizing agent, hyaluronic acid, dan ceramide yang berfungsi untuk melembapkan. Selain itu, terdapat kandungan black pearl, galactomyces, dan niacinamide untuk mencerahkan kulit sekaligus memperkuat skin barrier. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda disarankan menggunakan serum ini tiap pagi dan malam hari sebelum tidur.

BPOM
Nomor BPOMNA18210104820
Isi/varian isi15 ml, 30 ml
Bahan aktif7 moisturizing agent, vitamin B complex, 2% niacinamide, dan 1% arbutin
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMelembapkan dan menjaga skin barrier
Kandungan pencerahNiacinamide, arbutin
Kandungan pelembap7 moisturizing agent
Kandungan anti-inflamasiVitamin B complex
Kandungan antiagingRoyal jelly protein
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.8

WardahAcnederm Acne Care Serum

Harga referensi
Rp72.500
Agak Murah

Produk serum ini diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat

Apabila Anda sedang mencari serum yang diformulasi khusus untuk mengatasi masalah jerawat, produk ini jawabannya. Acnederm Acne Care Serum dari Wardah menggabungkan bahan aktif Azeclair, salicylic acid, dan tea tree oilDengan tiga kombinasi bahan tersebut, produk ini diklaim memiliki sejumlah manfaat untuk merawat wajah berjerawat. 


Selain melawan bakteri penyebab jerawat, produk ini juga dapat menenangkan jerawat yang meradang dan menyamarkan bekasnya. Selain itu, kemampuannya dalam mengurangi minyak berlebih di wajah menjadikan serum ini pas untuk pemilik kulit berminyak.

BPOM
Nomor BPOMNA18210110840
Isi/varian isi15 ml, 30 ml
Bahan aktif5% Azeclair™, 0.5% salicylic acid, dan tea tree oil
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitKulit berminyak dan berjerawat
Fungsi/manfaatMengurangi tampilan minyak berlebih, menenangkan jerawat meradang, mengatasi jerawat. dan mencerahkan kulit
Kandungan pencerahAzeclair™
Kandungan pelembapHyaluronic acid dan allantoin
Kandungan anti-inflamasiAllantoin
Kandungan antiagingTidak ada
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
View all
No.9

SafiHydrating Water Bank Serum

Harga referensi
Rp153.004
Menengah

Serum dengan tiga bahan pelembap untuk kulit ekstra lembap

Jika Anda mencari serum yang kaya akan pelembap, kami merekomendasikan serum Safi. Ini merupakan serum dengan formula hypoallergenic yang bertekstur ringan dan lembut yang mudah diserap kulit. Serum ini menggabungkan tiga bahan pelembap, seperti ekstrak fermentasi beras, vitamin B5, dan hyaluronic acid. Perpaduan tersebut dapat membantu menghidrasi, mengunci kelembapan, dan menjadikan kulit tampak bercahaya.

Ditambah dengan niacinamide dan ceramide 3, serum ini juga membantu struktur kulit jadi lebih lembut dan elastis. Serum ini dibuat tanpa alkohol, pewarna, dan pewangi sehingga cocok juga untuk Anda yang bermasalah dengan kulit sensitif.

BPOM
Nomor BPOMNA32200100108
Isi/varian isi30 ml
Bahan aktifEkstrak fermentasi beras, vitamin B5, hyaluronic acid, niacinamide, dan ceramide 3
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMenghidrasi dan mencerahkan kulit
Kandungan pencerahEkstrak fermentasi beras dan niacinamide
Kandungan pelembapHyaluronic acid dan ceramide 3
Kandungan anti-inflamasiTidak ada
Kandungan antiagingTidak ada
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
View all
No.10

SECAHydroboost Hyaluronic Acid Solution 3%BLL34

Harga referensi
Rp49.900
Lebih Murah

Membantu menghidrasi dan membuat kulit terasa lebih kenyal

Kulit yang lembap membuat wajah Anda jadi halus dan kenyal. Untuk Anda yang ingin menjaga kulit dari penuaan dini dan masalah kulit kering, serum SECA jawabannya. Serum ini mengandung empat jenis hyaluronic acid yang menghidrasi secara mendalam. Dengan tingkat kelembapan yang tinggi, kulit akan lebih sehat dan terlindungi.

Selain itu, perpaduan bahan-bahan lainnya juga akan membuat kulit terasa lebih halus sekaligus membantu mencegah tanda-tanda aging, seperti garis halus dan kulit yang bertekstur. Bila dipakai teratur, kulit lama-kelamaan akan lebih kenyal, elastik, dan jauh dari kusam.
BPOM
Nomor BPOMNA18210105151
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifHyaluronic acid, argireline, dan mesembryanthemum extract
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMenghidrasi, mengenyalkan, dan meningkatkan fungsi pelindung kulit
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan pelembapSupermoist max dan mesembryanthemum crystallinum callus extract
Kandungan anti-inflamasiSupermoist max
Kandungan antiagingMesembryanthemum crystallinum callus extract
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
View all

5 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Kombinasi terbaik

No. 1: InnisfreeGreen Tea Seed Hyaluronic Serum

No. 2: SKINTIFIC10% Niacinamide Brightening Serum

No. 3: NAMAC-Booster Brightening & Age Defying Face Serum

No. 4: EIEM BEAUTYHydration Booster Serum

No. 5: Glad2GlowCentella 2% Salicylic Acid Acne Serum

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Kombinasi Terbaik [Ditinjau oleh Dokter Estetik]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.