• 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi (Terbaru Tahun 2020)

Kulit kombinasi merupakan perpaduan antara kulit kering dengan kulit berminyak, atau kulit normal dengan kulit kering. Tipe seperti ini membutuhkan perawatan lebih cermat, terutama dalam hal pengaplikasian serum wajah. Namun, kebanyakan serum yang beredar di pasaran lebih ditujukan spesifik untuk kulit sensitif atau kulit berminyak, dan tidak banyak yang khusus untuk kulit kombinasi.

Untuk itu, kali ini kami akan memaparkan cara memilih serum wajah untuk kulit kombinasi beserta sepuluh produk rekomendasi dari berbagai merek, seperti SK-II, Kiehl’s, Lancome, Skinfood, dan lainnya. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit Anda dan dapatkan wajah yang lebih bercahaya!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 7.380 Views
Daftar isi

Cara memilih serum wajah untuk kulit kombinasi

Orang-orang yang memiliki kulit kombinasi seringkali bingung dalam memilih produk perawatan yang paling cocok dengan jenis kulitnya ini. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan serum seperti apa yang sebaiknya dipilih untuk perawatan kulit kombinasi Anda.

Kandungan pelembap sangat penting untuk perawatan kulit kombinasi

Syarat utama yang harus dimiliki serum wajah untuk kulit kombinasi adalah kandungan pelembap yang tinggi. Kulit wajah kombinasi biasanya berminyak pada daerah T, yakni mencakup daerah dahi, hidung, serta dagu, dan kering di bagian lainnya. Oleh karena itu, saat hendak memilih serum wajah, carilah serum wajah memiliki sifat intensive care yang mampu bekerja intensif melembapkan wajah. Bahan pelembap seperti apa saja yang diperlukan? Silakan simak penjelasan berikut ini!

Kolagen, menjaga kadar air dalam kulit

Kolagen, menjaga kadar air dalam kulit
Sebesar 70% dari kolagen banyak ditemukan pada lapisan kulit bagian dermis di bawah epidermis. Kolagen merupakan protein esensial yang berfungsi menjaga lapisan dermis tetap sehat dengan cara menyintesis kolagen, yakni menggantikan kolagen lama dengan yang baru. Jika kita kekurangan kolagen, lapisan dermis akan melemah dan mengakibatkan kesehatan kulit menurun.
Kolagen juga sangat berpengaruh dalam menjaga kadar air dalam kulit. Oleh karena itu, kulit cenderung menjadi kering jika kekurangan kolagen. Pada kulit kombinasi, biasanya ada bagian tertentu dari wajah yang kering dan sebagian lainnya berminyak. Untuk mengatasi hal tersebut, gunakanlah serum wajah yang mengandung kolagen untuk meningkatkan kapasitas retensi air pada bagian wajah secara keseluruhan.

Ceramide, memperbaiki fungsi pelindung kulit

Ceramide, memperbaiki fungsi pelindung kulit
Ceramide merupakan salah satu intercellular lipid yang memiliki fungsi penting sebagai pengisi celah dan pelekat antarsel. Selain itu, ceramide memiliki peran untuk menjaga kulit dari pengaruh buruk lingkungan luar dan juga mencegah hilangnya air dari lapisan kulit. Jika kolagen terdapat pada lapisan dermis, ceramide justru terdapat di lapisan epidermis atau stratum corneum.
Intercellular lipid mengandung ceramide sebanyak kurang lebih 50%. Karena ceramide terdiri dari banyak jenis, saat Anda hendak memilih essence yang mengandung ceramide, carilah yang jenisnya menyerupai struktur alami ceramide manusia agar lebih mudah diserap.

Hyaluronic acid, meningkatkan kemampuan menjaga kadar air pada kulit

Hyaluronic acid, meningkatkan kemampuan menjaga kadar air pada kulit
Seperti halnya kolagen, hyaluronic acid yang berada pada lapisan dermis berfungsi untuk meningkatkan retensi air. Oleh karena itu, hyaluronic acid sering digunakan pada produk perawatan kulit untuk mencegah terjadinya kekeringan pada kulit. Meski mirip, hyaluronic acid termasuk dalam jenis mucopolysaccharide, sedangkan kolagen adalah jenis protein.
Hyaluronic acid juga berfungsi untuk mengisi celah kosong dalam struktur retikuler kolagen dan mampu mempertahankan kandungan air dengan sangat baik, yaitu sekitar 6 liter per gramnya. Pemilihan serum yang mengandung campuran kolagen dan hyaluronic acid tentu akan sangat baik bagi kulit Anda.

Vitamin C derivatif, memulihkan kulit yang rusak akibat sinar ultraviolet

Vitamin C derivatif, memulihkan kulit yang rusak akibat sinar ultraviolet
Salah satu kunci bagi perawatan kulit kombinasi adalah dengan menjaga dan meningkatkan kelembapan kulit. Namun, kulit kering pada kulit kombinasi terkadang juga disebabkan oleh sinar UV (ultraviolet). Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih serum wajah yang tidak hanya mampu menjaga kadar air pada kulit, tetapi juga mampu memulihkan kondisi kulit yang rusak akibat terpapar sinar UV. Salah satu bahan yang ampuh untuk mengatasi hal ini adalah vitamin C derivatif.
Vitamin C derivatif diyakini dapat menekan aksi pigmen melanin akibat paparan sinar UV. Mengingat cukup banyak serum yang diformulasikan untuk memberikan manfaat mencerahkan kulit, tidak sulit menemukan produk yang mengandung vitamin C derivatif untuk mengatasi efek paparan sinar UV.

Pengaruh perbedaan tekstur serum pada wajah

Secara garis besar, serum wajah dibagi menjadi tiga tekstur, yaitu bentuk cair, emulsi, dan krim. Bagi masing-masing orang, ketiga tekstur itu akan memberikan hasil yang berbeda. Agar Anda tidak bingung saat memilih tekstur serum yang tepat, silakan simak penjelasan berikut ini!

Serum berbentuk cair lebih cepat meresap

Serum berbentuk cair lebih cepat meresap
Serum berbentuk cair adalah yang paling banyak ditemukan dalam produk perawatan kecantikan, terutama untuk serum wajah. Kebanyakan serum wajah dalam bentuk cair memiliki fungsi untuk melembapkan dan mencerahkan wajah.
Serum wajah cair memiliki ciri khas mudah terserap ke dalam kulit dan tingkat keencerannya pun bervariasi, mulai dari sangat cair hingga agak kental. Jika Anda belum pernah mencoba serum bertekstur cair, sebaiknya belilah ukuran sampel terlebih dahulu untuk mengetahui kecocokannya dengan kulit Anda.

Serum berbentuk emulsi untuk mempertahankan kelembapan kulit

Serum berbentuk emulsi untuk mempertahankan kelembapan kulit
Serum dengan tekstur emulsi kebanyakan adalah serum yang digunakan setelah Anda mengondisikan kulit menggunakan essence. Jenis ini mampu mempertahankan kelembapan wajah dengan baik, misalnya setelah essence meresap ke dalam kulit. Karena kemampuan retensi kelembapan sangat penting bagi perawatan kulit kombinasi, banyak di antara produk dengan tekstur emulsi yang lebih mudah dirasakan efeknya.
Jika Anda akan menggunakan krim perawatan kecantikan tambahan setelah pengaplikasian serum wajah, atau menggunakan kosmetik lainnya untuk sentuhan akhir, kami sarankan untuk memilih serum wajah bertekstur emulsi yang tidak lengket.

Serum berbentuk krim yang spesifik mengatasi masalah tertentu pada kulit

Serum berbentuk krim yang spesifik mengatasi masalah tertentu pada kulit
Serum bertekstur krim biasanya dikhususkan untuk mengatasi masalah-masalah tertentu pada kulit, seperti bintik hitam pada wajah, keriput dan garis halus sekitar mata dan mulut, serta untuk mencerahkan warna kulit. Orang yang memiliki jenis kulit kombinasi biasanya menghadapi masalah kulit yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda bisa memilih serum bertekstur krim yang sesuai dengan masalah kulit yang dihadapi.
Namun, perlu diperhatikan bahwa ada di antara produk serum bertekstur krim yang membutuhkan waktu cukup lama untuk meresap ke dalam kulit. Oleh karena itu, serum semacam ini lebih disarankan untuk Anda yang ingin menggunakannya di malam hari, atau Anda yang bisa meluangkan banyak waktu untuk perawatan kulit.

Ketahui cara pemakaian serum wajah yang benar

Ketahui cara pemakaian serum wajah yang benar
Untuk melakukan perawatan kecantikan wajah, Anda harus mengetahui tata cara pemakaiannya yang baik dan benar. Umumnya, urutan pemakaian produk perawatan wajah adalah sebagai berikut: pembersih wajah – essence – serum – lotion/krim wajah. Serum biasanya diaplikasikan setelah essence dan sebelum lotion atau krim wajah. Namun, urutannya tidak selamanya seperti itu karena ada juga serum yang berfungsi sebagai booster dan diaplikasikan sebelum essence.
Kesalahan urutan dalam memakai serum wajah bisa menyebabkan tidak optimalnya efek perawatan kecantikan yang dihasilkan. Oleh karena itu, saat memilih dan membeli serum wajah, pastikan Anda mempelajari cara penggunaan dan urutan pemakaiannya.

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk kulit kombinasi

Di bawah ini kami memberikan sepuluh rekomendasi serum wajah terbaik untuk kulit kombinasi. Pastikan kondisi awal kulit kombinasi Anda sebelum mulai memakai serum dan kenali masalah kulit yang Anda alami.
Manfaat perawatan kulitMengurangi produksi minyak
Kandungan bahan pelembapAloe vera extract, seaweed extract, witch hazel extract
TeksturCair
Urutan pemakaianTidak disebutkan
Manfaat perawatan kulitMencerahkan
Kandungan bahan pelembapVitamin C
TeksturKrim
Urutan pemakaianTidak disebutkan
Manfaat perawatan kulitMencerahkan, meremajakan
Kandungan bahan pelembapVitamin C
TeksturCair
Urutan pemakaianSetelah pembersih wajah

7. Kiehl’s Hydro-Plumping Re-Texturizing Serum Concentrate

Rp 585.000,00

Manfaat perawatan kulitMenyamarkan garis halus
Kandungan bahan pelembapGlycerin
TeksturCair
Urutan pemakaianSebelum moisturizer

6. Skinfood Gold Caviar Collagen Plus Serum

Rp 824.820,00

Manfaat perawatan kulitAnti-aging
Kandungan bahan pelembapKolagen
TeksturCair
Urutan pemakaianSetelah toner
Manfaat perawatan kulitMenghaluskan
Kandungan bahan pelembapHyaluronic acid
TeksturCair
Urutan pemakaianSebelum krim wajah

4. Sensatia Botanicals Sandalwood Dream Facial C-Serum

Rp 180.000,00

Manfaat perawatan kulitMenekan pigmentasi, menyegarkan
Kandungan bahan pelembapVitamin C
TeksturCair
Urutan pemakaianSetelah toner
Manfaat perawatan kulitMenyegarkan
Kandungan bahan pelembapEkstrak buah leci, deep sea water
TeksturCair
Urutan pemakaianSetelah toner
Manfaat perawatan kulitMencerahkan, mengatasi kerutan halus
Kandungan bahan pelembapPitera
TeksturEmulsi
Urutan pemakaianSetelah essence sebelum moisturizer
Manfaat perawatan kulitAnti-aging
Kandungan bahan pelembapEkstrak bifidus
TeksturCair
Urutan pemakaianSebelum moisturizer

Baca juga rekomendasi perawatan wajah lainnya untuk kulit kombinasi di sini!

Selain serum, terdapat pula essence dan face emulsion yang ditujukan untuk para pemilik kulit kombinasi. Jika Anda tertarik, silakan cek artikel kami di bawah ini untuk penjelasan lebih lengkap. Mari mulai memperhatikan produk perawatan kulit yang Anda gunakan agar kulit senantiasa cantik dan sehat!

Kesimpulan

Dalam rangkaian perawatan kulit wajah, serum adalah salah satu yang terpenting. Sekarang Anda sudah mengetahui cara memilih serum wajah untuk kulit kombinasi Anda. Apakah dari rekomendasi di atas ada yang sesuai dengan Anda?
Sebelum membeli kemasan besar, ada baiknya untuk terlebih dahulu mencoba ukuran sampel dari serum wajah yang Anda inginkan. Dengan cara ini Anda akan tahu persis bagaimana efek serum yang ingin Anda gunakan dalam perawatan kulit.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vapor atau rokok elektronik, sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan masih banyak lagi.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Hal ini juga termasuk merek-merek yang tersedia di pasaran. Maka, pilihlah sesuai selera Anda.
    Kosmetik & kesehatan
    58.083 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang sehingga pemilihan sabun muka pun tak boleh sembarangan.Kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih sabun muka, serta merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih ada banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit Anda. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    70.714 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    56.453 Views
  • 10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Multivitamin dan mineral yang terkandung dalam suplemen merupakan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Dari banyaknya produk, seperti CDR, Enervon-C, Zevit Grow, dan sebagainya yang dijual bebas di pasaran, dapatkah Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih multivitamin dan mineral yang baik berdasarkan harga, kandungan bahan, serta jenis produk yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Karena produk ini akan Anda konsumsi setiap hari, pilihlah produk yang paling sesuai, baik dari segi manfaat maupun anggaran!
    Kosmetik & kesehatan
    37.903 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit untuk disembuhkan, hal ini bisa jadi disebabkan oleh pemakaian produk perawatan wajah, terutama pelembap, yang tidak sesuai dengan kulit Anda. Saat ini tersedia banyak merek pelembap seperti The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya yang memiliki kandungan untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat dan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Mari gunakan produk yang cocok dengan kondisi kulit untuk mengatasi jerawat di wajah secara maksimal!
    Kosmetik & kesehatan
    58.141 Views
  • 10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    Sekarang ini, parfum menjadi hal penting yang dapat menunjang penampilan pria. Banyak merek yang menjual parfum khusus untuk pria, sebut saja Chanel, Givenchy, Bvlgari, Calvin Klein, dan berbagai merek lainnya. Dengan hadirnya berbagai aroma, desain, dan harga, tentu membuat Anda jadi bingung menentukan pilihan, bukan?Anda tidak perlu khawatir! Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih parfum beserta tips cara pemakaian yang benar. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaik untuk Anda. Jadi, untuk Anda yang ingin membeli parfum khusus untuk pria, baca artikel ini sampai selesai!
    Kosmetik & kesehatan
    47.030 Views
  • 10 Rekomendasi BB Cream Dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi BB Cream Dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    BB cream sering dijadikan pilihan karena dianggap lebih ringan. Banyak pelajar juga lebih memilih menggunakan BB cream karena harganya lebih murah dibandingkan foundation. Wardah, Pixy, dan Maybelline adalah beberapa brand yang memproduksi BB cream dengan harga terjangkau.Namun, apa saja poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih BB cream dengan harga terjangkau? Jawabannya ada pada artikel ini. Tidak ketinggalan, sepuluh rekomendasi BB cream terbaik dengan harga terjangkau juga sudah kami siapkan. Jadi, baca artikel ini sampai selesai ya!
    Kosmetik & kesehatan
    2.048 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori