• 10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Kombinasi - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Orang yang memiliki wajah dengan tipe kulit kombinasi sering kali kesulitan memilih produk skincare yang tepat. Jika salah memilih, sebagian area kulit wajah dapat menjadi bermasalah. Hal ini tentunya sangat merepotkan, baik orang dewasa maupun remaja yang mencari serum yang cocok untuk kulit kombinasi.

Kali ini kami akan memaparkan cara memilih serum wajah untuk kulit kombinasi serta memberikan rekomendasi merk yang bagus. Anda bisa menemukan produk dari harga terjangkau sampai high-end, seperti Skinfood, Kiehl’s, dan Garnier. Temukan juga tips memilihnya dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Andina Bulan Sari. 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Andina Bulan
  • Pembaharuan terakhir: 09 November 2021
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Andina Bulan Sari, SpKK

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Andina Bulan Sari, SpKK

Dokter Andina Bulan Sari merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang lulus pada 2008. Pada 2009, Dokter Andina memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya pada program spesialis Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin di FKUI-RSCM.

Setelah lulus pada 2014, ibu dari dua orang anak ini aktif praktik di Klinik Sakti Medika Tebet, RS Omni Pekayon, dan Zap Premiere Sumarecon Mall Bekasi. Wanita yang tertarik pada bidang kosmetik, infeksi menular seksual, dan alergi imunologi ini bisa ditemui melalui akun Instagram-nya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum wajah untuk kulit kombinasi

Setiap orang yang memiliki kulit kombinasi sering kali bingung dalam memilih produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulitnya. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serum untuk merawat kulit Anda yang jenisnya kombinasi.

Pilih yang memiliki kandungan pelembap tinggi

Syarat utama yang harus dimiliki serum wajah untuk kulit kombinasi adalah kandungan pelembap yang tinggi. Karena itu, saat hendak memilih serum wajah, carilah serum yang memiliki sifat intensive care. Dengan begitu, serum mampu bekerja secara intensif dalam melembapkan wajah. Bahan pelembap apa saja yang diperlukan? Silakan simak penjelasan berikut ini.

Kolagen: Menjaga kadar air dalam kulit

Kolagen: Menjaga kadar air dalam kulit

Kolagen merupakan protein esensial yang berfungsi menjaga kadar air dalam kulit. Karena itu, kulit cenderung menjadi kering bila kekurangan kolagen. Pada wajah dengan kulit kombinasi, biasanya ada bagian tertentu yang menjadi sangat kering. Untuk itu, gunakanlah serum wajah yang mengandung kolagen agar kondisi kulit Anda tetap terjaga. Sayangnya, di Indonesia masih jarang dijual serum yang mengandung kolagen.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Pelembap atau moisturizer digunakan untuk mengatasi kondisi kulit kering. Kulit kering terjadi karena adanya kekurangan oil atau minyak serta kulit dehidrasi akibat kekurangan air. 


Berdasarkan cara kerjanya, pelembap terbagi menjadi oklusif, emolien, dan humektan. Serum yang mengandung kolagen merupakan salah satu bentuk pelembap yang bersifat hidrofilik (menarik air). Karena itu, produk ini termasuk ke dalam golongan pelembap humektan.

Ceramide: Mengembalikan fungsi pelindung kulit

Ceramide: Mengembalikan fungsi pelindung kulit
Ceramide merupakan salah satu intercellular lipid yang memiliki fungsi penting sebagai pengisi celah antarsel. Ceramide tedapat di lapisan epidermis teratas atau stratum corneum. Selain mengisi ruang antarsel, ceramide memiliki peran untuk menjaga kulit dari pengaruh buruk lingkungan luar.


Intercellular lipid mengandung ceramide sebanyak kurang lebih 50%. Ceramide sendiri terdiri dari berbagai jenis. Untuk itu, Anda disarankan memilih serum yang mengandung ceramide yang jenisnya menyerupai struktur alami ceramide manusia. 


Dengan begitu, serum akan lebih mudah diserap oleh kulit. Di pasaran Indonesia, serum yang diperkaya ceramide sulit ditemukan. Kandungan ini lebih banyak ditambahkan pada krim wajah atau toner.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Pelembap emolien bekerja dengan cara mengisi celah kosong pada kulit. Berkat hal ini, permukaan kulit menjadi lebih halus. Salah satu contoh pelembap emolien ini adalah ceramide. Selain itu, ada juga bahan lainnya, seperti kolesterol, fatty esters, dan squalene.

Hyaluronic acid: Memiliki kemampuan melembapkan yang sangat baik

Hyaluronic acid: Memiliki kemampuan melembapkan yang sangat baik
Hyaluronic acid berfungsi untuk melembapkan. Karena itu, hyaluronic acid sering digunakan pada produk perawatan kulit dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kulit kering. Meski mempunyai fungsi yang mirip, hyaluronic acid tidak sama dengan kolagen. Hyaluronic acid termasuk dalam jenis mucopolysaccharide, sedangkan kolagen adalah jenis protein.


Hyaluronic acid berfungsi untuk mengisi celah kosong dalam struktur retikuler kolagen. Selain itu, hyaluronic acid mampu mempertahankan kandungan air dengan sangat baik yaitu sekitar enam liter per gramnya. Memilih serum yang mengandung campuran kolagen dan hyaluronic acid tentu akan sangat baik bagi kulit Anda.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Asam hialuronat merupakan salah satu pelembap yang bekerja sebagai humektan, yaitu menarik air dari permukaan (lingkungan). Selain itu, kandungan ini juga bekerja untuk menarik air dari permukaan di bawahnya. Biasanya, tekstur pelembap humektan ini lebih ringan dan watery.

Vitamin C derivatif: Memperbaiki tekstur kulit

Vitamin C derivatif: Memperbaiki tekstur kulit

Salah satu kunci untuk merawat kulit kombinasi adalah dengan menjaga dan meningkatkan kelembapan kulit. Namun, kulit kering pada kulit kombinasi terkadang juga disebabkan oleh sinar UV. 


Oleh karena itu, penting untuk memilih serum wajah yang tidak hanya mampu menjaga kadar air pada kulit. Anda juga butuh serum dengan kemampuan untuk memulihkan kondisi kulit yang rusak akibat pajanan sinar UV. Salah satu bahan yang ampuh untuk mengatasi hal ini adalah vitamin C derivatif.


Vitamin C derivatif diyakini dapat menekan pembentukan pigmen melanin akibat pajanan sinar UV. Saat ini, cukup banyak serum yang diformulasikan untuk memberi manfaat mencerahkan kulit. Jadi, tidak sulit untuk menemukan produk yang mengandung vitamin C derivatif.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Vitamin C atau asam askorbat mempunyai beberapa fungsi. Kandungan ini berperan dalam pembentukan kolagen yang juga penting untuk proses penyembuhan luka. Selain itu, kandungan ini juga memproteksi kerusakan oksidatif jaringan dan bisa menghambat enzim tirosinase. Vitamin C juga bisa menurunkan produksi melanin (whitening agent).

Pilih berdasarkan tekstur serum

Secara garis besar, serum wajah dibagi menjadi tiga tekstur, yaitu cair, emulsi, dan krim. Ketiga tekstur tersebut akan memberikan hasil yang berbeda. Agar Anda tidak bingung saat memilih tekstur serum yang tepat, silakan simak penjelasan berikut ini!

Serum bertekstur cair lebih cepat meresap

Serum bertekstur cair lebih cepat meresap

Serum bertekstur cair adalah jenis yang paling banyak ditemukan pada serum wajah. Kebanyakan serum wajah dalam bentuk cair memiliki fungsi untuk melembapkan dan mencerahkan. Serum wajah berbentuk cair juga memiliki ciri khas mudah terserap ke dalam kulit. 


Tingkat keencerannya pun bervariasi, mulai dari sangat cair hingga agak kental. Jika Anda belum pernah mencoba serum bertekstur cair, sebaiknya belilah ukuran sampel terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kecocokannya dengan kulit Anda.

Serum bertekstur emulsi untuk mempertahankan kelembapan kulit

Serum bertekstur emulsi untuk mempertahankan kelembapan kulit
Serum dengan tekstur emulsi biasanya digunakan setelah Anda melembapkan kulit dengan menggunakan essence. Jenis ini mampu mempertahankan kelembapan wajah dengan baik. Bagi kulit kombinasi, produk dengan tekstur emulsi umumnya lebih mudah dirasakan efeknya. Jika Anda akan menggunakan krim setelah pengaplikasian serum bertekstur emulsi, kami sarankan untuk memilih produk yang tidak terasa lengket.

Serum bertekstur krim umumnya untuk mengatasi masalah tertentu pada kulit

Serum bertekstur krim umumnya untuk mengatasi masalah tertentu pada kulit

Serum yang bertekstur krim biasanya dikhususkan untuk mengatasi masalah tertentu pada kulit wajah. Orang yang memiliki jenis kulit kombinasi biasanya menghadapi masalah kulit yang berbeda-beda. Ada yang memiliki bintik hitam, keriput dan garis halus sekitar mata, serta warna kulit kusam.  Untuk itu, Anda bisa memilih serum bertekstur krim yang sesuai dengan masalah kulit yang dihadapi.


Namun, perlu diperhatikan bahwa ada serum bertekstur krim yang butuh waktu lama untuk meresap ke dalam kulit. Serum semacam ini lebih disarankan untuk Anda yang ingin menggunakannya saat malam hari. Jenis ini juga cocok bagi Anda yang bisa meluangkan banyak waktu untuk perawatan kulit.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Moisturizer atau pelembap sebenarnya mempunyai berbagai istilah. Sering kali, istilah yang digunakan juga berkaitan dengan tekstur pelembap tersebut. Misalnya saja, ada istilah cream, lotions, emulsi, serum, essence, dan ampoule


Cream merupakan istilah yang digunakan untuk pelembap yang teksturnya lebih berat karena mengandung pelembap yang bersifat emolien dan eksklusif. Biasanya, tekstur ini cocok untuk kondisi kulit yang sangat kering. 


Lotions merupakan pelembap dengan tekstur lebih ringan yang mengandung pelembap oklusif lebih sedikit dan lebih banyak mengandung humektan. Sebenarnya, secara teknis semua moisturizer adalah emulsi, yaitu campuran minyak dan air. Namun, istilah ini biasanya digunakan apabila tekstur produknya lebih ringan dan encer. 


Istilah serum atau essence dan ampoule biasanya lebih tergolong advanced. Hal ini karena kandungan ini mengandung bahan aktif yang bisa diaplikasikan ke kulit. Biasanya, produk-produk dengan istilah ini sudah cukup melembapkan tanpa memerlukan tambahan moisturizer lain.

Perhatikan cara pemakaian serum wajah yang benar

Perhatikan cara pemakaian serum wajah yang benar
Umumnya, urutan pemakaian produk perawatan wajah adalah sebagai berikut: pembersih wajah – essence – serum – lotion atau krim wajah. Serum biasanya diaplikasikan setelah essence dan sebelum lotion atau krim wajah. Namun, urutannya tidak selamanya seperti itu. Ada serum yang berfungsi sebagai booster sehingga harus diaplikasikan sebelum essence.

Kesalahan urutan dalam pemakaian serum wajah bisa menyebabkan tidak optimalnya efek yang dihasilkan. Oleh karena itu, saat memilih dan membeli serum wajah, pastikan Anda mempelajari cara penggunaan dan urutan pemakaiannya.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Penggunaan skincare biasanya dilakukan dari produk dengan tekstur yang lebih ringan ke berat. Untuk awal, biasanya Anda disarankan untuk membersihkan muka terlebih dahulu menggunakan cleanser


Setelah itu, Anda bisa mengaplikasikan toner, essence, atau ampoule dengan tekstur yang lebih ringan terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa melanjutkannya dengan serum dan moisturizer dengan tekstur yang lebih berat. Untuk menyelesaikan rangkaian skincare, jangan lupa juga untuk menggunakan sunscreen. 

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk kulit kombinasi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum wajah terbaik untuk kulit kombinasi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Andina Bulan Sari.

10

WardahNature Daily Witch Hazel Purifying Serum

Mulai dari Rp 47.500,00

Kandungan bahan pelembapAloe vera extract, seaweed extract, witch hazel extract
TeksturCair
Urutan pemakaianSebelum pelembap
9

GarnierLight Complete White Speed Yuzu Whitening Serum Cream

Mulai dari Rp 65.000,00

Kandungan bahan pelembapVitamin C
TeksturKrim
Urutan pemakaianSetelah essence
8
Kandungan bahan pelembapVitamin C
TeksturCair
Urutan pemakaianSetelah pembersih wajah
7

Kiehl’sHydro-Plumping Re-Texturizing Serum Concentrate

Mulai dari Rp 645.000,00

Kandungan bahan pelembapGlycerin, ekstrak daun shiso
TeksturCair
Urutan pemakaianSebelum moisturizer
6

Dr. Jart+Peptidin Serum Blue Energy Effect

Mulai dari Rp 350.000,00

Kandungan bahan pelembapBorage Flower Extract, hyaluronic acid
TeksturCair
Urutan pemakaianSetelah toner
5
Kandungan bahan pelembapHyaluronic acid, vegetable glycerin, ekstrak lidah buaya
TeksturCair
Urutan pemakaianSebelum krim wajah
4

SkinfoodBlack Sugar Perfect First Serum The Essential

Mulai dari Rp 236.000,00

Kandungan bahan pelembapBlack sugar extract, aloe vera extract, glycerin, witch hazel extract
TeksturCair
Urutan pemakaianSetelah pembersihan wajah
3
Kandungan bahan pelembapEkstrak buah leci, deep sea water
TeksturCair
Urutan pemakaianSetelah toner
2

Sensatia BotanicalsSandalwood Dream Facial C-Serum

Mulai dari Rp 180.000,00

Kandungan bahan pelembapVitamin C
TeksturKrim
Urutan pemakaianSetelah toner
1
Kandungan bahan pelembapEkstrak bifidus, vitamin C, ceramide, hyaluronic acid
TeksturCair
Urutan pemakaianSetelah pembersih wajah

Tabel perbandingan produk serum wajah terbaik untuk kulit kombinasi

Gambar produk
1
Lancome Advanced Genifique Face Serum 1

Lancome

2
Sensatia Botanicals Sandalwood Dream Facial C-Serum 1

Sensatia Botanicals

3
Laneige Fresh Calming Serum 1

Laneige

4
Skinfood Black Sugar Perfect First Serum The Essential 1

Skinfood

5
Novexpert Hyaluronic Acid Booster Serum 1

Novexpert

6
Dr. Jart+ Peptidin Serum Blue Energy Effect 1

Dr. Jart+

7
Kiehl’s Hydro-Plumping Re-Texturizing Serum Concentrate 1

Kiehl’s

8
Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop 1

Klairs

9
Garnier Light Complete White Speed Yuzu Whitening Serum Cream 1

Garnier

10
Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Serum 1

Wardah

Nama produk

Advanced Genifique Face Serum

Sandalwood Dream Facial C-Serum

Fresh Calming Serum

Black Sugar Perfect First Serum The Essential

Hyaluronic Acid Booster Serum

Peptidin Serum Blue Energy Effect

Hydro-Plumping Re-Texturizing Serum Concentrate

Freshly Juiced Vitamin Drop

Light Complete White Speed Yuzu Whitening Serum Cream

Nature Daily Witch Hazel Purifying Serum

Keunggulan

Lawan tanda penuaan kulit dalam tujuh hari!

Produk bersertifikat organik yang hanya mengandung bahan alami

Wajah makin sehat dan segar dengan ekstrak buah leci

Melembapkan sekaligus mengangkat sel kulit mati

Berikan kelembapan pada seluruh lapisan kulit

Mengembalikan kekuatan kulit yang kelelahan

Menghidrasi kulit secara intensif

Kulit sensitif Anda kusam? Tak perlu khawatir!

Aman terlindungi dari sinar matahari meski aktif di luar ruangan

Harga bersahabat dengan hasil maksimal!

Harga mulai dariRp 860.000,00Rp 180.000,00Rp 460.000,00Rp 236.000,00Rp 825.000,00Rp 350.000,00Rp 645.000,00Rp 350.000,00Rp 65.000,00Rp 47.500,00
Kandungan bahan pelembapEkstrak bifidus, vitamin C, ceramide, hyaluronic acidVitamin CEkstrak buah leci, deep sea waterBlack sugar extract, aloe vera extract, glycerin, witch hazel extractHyaluronic acid, vegetable glycerin, ekstrak lidah buayaBorage Flower Extract, hyaluronic acidGlycerin, ekstrak daun shisoVitamin CVitamin CAloe vera extract, seaweed extract, witch hazel extract
TeksturCairKrimCairCairCairCairCairCairKrimCair
Urutan pemakaianSetelah pembersih wajahSetelah tonerSetelah tonerSetelah pembersihan wajahSebelum krim wajahSetelah tonerSebelum moisturizerSetelah pembersih wajahSetelah essenceSebelum pelembap
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Andina Bulan Sari

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Andina Bulan Sari

Tipe kulit kombinasi adalah tipe kulit campuran antara tipe kulit kering dan berminyak. Hal ini sering terjadi karena perbedaan area di wajah yang juga memiliki perbedaan tipe kulit. 


Area kulit berminyak biasanya ditandai dengan pori-pori yang besar, banyak komedo, berminyak, dan cenderung mudah berjerawat. Biasanya, area ini terdapat di area T-zone, yaitu dahi, hidung, dan dagu. Sebaliknya, tipe kulit kering ditandai dengan kulit yang terasa lebih kasar, pecah-pecah, dan terkadang bersisik. Kondisi ini sering ditemukan pada area selain T-zone


Karena kondisi ini, pemilihan moisturizer dan serum tentunya menjadi lebih tricky. Hal ini karena Anda memerlukan produk yang terpisah untuk area wajah dengan tipe kulit yang berbeda. Pada area yang berminyak, gunakanlah moisturizer yang lebih ringan. Sebaliknya, untuk area yang kering, cobalah menggunakan moisturizer dengan tekstur yang lebih berat.

Baca juga rekomendasi perawatan wajah lainnya untuk kulit kombinasi di sini

Selain serum, terdapat pula essence, face emulsion, facial wash, dan lainnya yang ditujukan untuk kulit kombinasi. Jika Anda tertarik, silakan cek artikel kami di bawah ini untuk penjelasan lebih lengkap. Mari mulai memperhatikan produk perawatan kulit yang Anda gunakan agar kulit senantiasa cantik dan sehat!

Kesimpulan

Dalam rangkaian perawatan kulit wajah, serum wajah adalah salah satu produk yang penting. Sebelum membeli kemasan besar, ada baiknya untuk mencoba ukuran sampel dari serum wajah yang Anda inginkan. Dengan cara ini, Anda akan tahu persis efek serum pilihan Anda dalam perawatan kulit.


Setelah membaca artikel ini, apakah Anda telah dapat memilih produk yang cocok? Semoga Anda merasa terbantu dengan artikel ini. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Skincare Terbaik untuk Memperbaiki Skin Barrier - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kerusakan skin barrier dapat dialami oleh semua orang, baik remaja maupun orang dewasa. Skin barrier yang rusak dapat memicu timbulnya beragam masalah kulit. Kali ini kami akan membahas tentang tips memilih skincare untuk memperbaiki skin barrier yang rusak.Sepuluh rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Wardah, Avoskin, dan Somethinc, juga telah disiapkan. Ada produk yang bahan kandungannya ditujukan untuk kulit berminyak, kering, hingga normal. Produk lokal yang bagus serta harganya murah juga ada, lho. Baca juga komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika. Yuk, disimak!
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask ada dalam rekomendasi. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Pembersih Wajah Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pembersih Wajah Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Masalah kulit bisa terjadi pada siapa saja, termasuk para pria yang dikenal memiliki kulit lebih kuat. Langkah awal dalam merawat wajah adalah menggunakan pembersih wajah pria yang tepat. Wajah yang bersih akan tampak lebih sehat dan siap menerima skincare selanjutnya.Saat ini, banyak sabun dibuat untuk mengatasi kulit berminyak, kering, berjerawat, dan sensitif. Berbagai merk face wash pria yang bagus, seperti Whitelab, HAUM, The Bath Box, dan Senka bisa Anda gunakan. Kali ini, kami akan menyajikan tips memilih sabun wajah pria terbaik untuk Anda. Penasaran? Mari simak ulasan kami berikut!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori