• 10 Rekomendasi Kertas Kado (Wrapping Paper) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Kertas Kado (Wrapping Paper) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Kertas Kado (Wrapping Paper) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Kertas Kado (Wrapping Paper) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Kertas Kado (Wrapping Paper) Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Kertas Kado (Wrapping Paper) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Tampilan kado yang unik dan menarik tentunya akan lebih berkesan bagi penerimanya. Tidak hanya dari segi isi, menariknya sebuah kado juga dapat dilihat dari kertas pembungkus yang digunakan. Jadi, bagaimanakah cara memilih kertas pembungkus kado yang unik dan menarik?

Kali ini, kami akan membagikan tips memilih kertas kado untuk membuat tampilan hadiah atau buket Anda lebih menawan. Tak hanya itu, kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik dari merek-merek ternama, seperti HarvestCapricorn Design, dan Hallmark. Temukan kertas kado yang bagus favorit Anda di sini!
  • Pembaharuan terakhir: 28 Desember 2021
Daftar isi

Cara memilih kertas kado (wrapping paper)

Jika dilihat secara sepintas, kertas kado memang terlihat sederhana dan sepertinya nyaris sama. Kenyataannya, ada beragam jenis dan tipe kertas kado yang dapat Anda pilih. Berikut ini adalah penjelasannya.

Perhatikan bahannya

Pertama-tama, Anda perlu memperhatikan bahan dari kertas kado yang akan dibeli. Ada berbagai bahan yang dipakai untuk membuat kertas kado, seperti matt paper, art paper, HVS, dan lainnya. Simak karakteristik bahan-bahan tersebut secara singkat di bawah ini.


  • HVS

Bahan ini cukup banyak ditemui di pasaran dan harganya pun relatif terjangkau. Namun, kertas kado berbahan HVS cenderung mudah kusut atau sobek.


  • Matt paper

Meskipun umumnya dipakai sebagai kertas cetak, kado dengan bahan matt paper cukup banyak beredar di pasaran saat ini. Adanya laminasi doff yang meredam cahaya membuat matt paper memiliki tampilan tidak mengilap dan permukaannya cukup halus.


  • Art paper

Sama seperti matt paper, bahan ini juga sering dipakai untuk mencetak brosur. Perbedaannya terletak pada tampilan. Art paper memiliki tampilan glossy dan mencolok dengan tekstur yang licin.


  • Kertas fancy

Produk berbahan kertas fancy umumnya mempunyai warna yang polos. Meski begitu, detail emboss yang ditawarkan membuat tampilannya tampak elegan. Menariknya, beberapa orang memaknai kertas fancy dengan kesan beauty dan simplicity.


  • Kertas craft

Dibandingkan bahan lainnya, kertas craft memiliki karakteristik yang lebih kuat dan tebal. Tak heran jika banyak yang menyebutnya dengan istilah kertas Samson. Menariknya, bahan ini dibuat dari proses daur ulang sehingga ramah lingkungan.


  • Kertas tisu

Umumnya, kertas tisu sering dipakai untuk membuat buket. Karakteristiknya cukup lentur dan kuat sehingga Anda tidak perlu khawatir bahan ini mudah sobek. Kertas tisu yang dijual di pasaran rata-rata bermotif polos dengan banyak pilihan warna.

Sesuaikan motif dan warnanya dengan tujuan penggunaan

Selanjutnya, Anda perlu menyesuaikan motif dan warna kertas kado dengan tujuan penggunaan. Dengan pemilihan motif dan warna yang tepat, hadiah yang Anda bungkus pun akan terasa lebih spesial.

Motif batik atau warna netral, untuk acara formal

Jika akan menghadiri acara formal, bungkuslah hadiah Anda dengan kertas yang memiliki tampilan tidak mencolok. Anda bisa memilih kertas kado berwarna netral, seperti navy, cokelat, abu-abu, dan lainnya. Jika dirasa terlalu simpel, tambahkan saja pita atau aksesori yang senada dengan warna kertas kado.


Di sisi lain, jika Anda ingin membungkus hadiah dengan kertas bermotif, pilihlah kertas kado dengan motif batik. Hadiah yang dibungkus dengan kertas bermotif batik akan memberikan kesan lebih formal.

Motif snowman atau warna ceria, untuk momen hari raya

Momen hari raya memang tak lepas dari bertukar hadiah atau hamper dengan orang-orang terkasih. Apabila Anda ingin membungkus hadiah tersebut dengan kertas kado, pilihlah yang memiliki motif bertema hari raya.


Misalnya saja, kertas kado bermotif snowman, Santa Claus, ataupun pohon Natal cocok untuk membungkus kado saat Christmas. Sementara itu, hadiah untuk Imlek bisa Anda bungkus dengan kertas kombinasi warna merah dan gold. Nah, untuk hamper Idulfitri, bungkuslah dengan kertas kado bernuansa hijau dan emas atau bermotif ketupat.

Motif garis atau polkadot, untuk hadiah ulang tahun

Jika motif bertema hari raya hanya digunakan pada momen hari raya, lain halnya dengan motif garis atau polkadot. Kedua motif tersebut bersifat universal sehingga cocok digunakan untuk berbagai momen, seperti acara ulang tahun. Ada banyak pilihan warna yang tersedia. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan menemukan warna yang Anda inginkan.

Anda juga dapat membaca rekomendasi kami tentang hadiah ulang tahun untuk sahabat wanita melalui link di bawah ini.

Pilih desain yang sesuai dengan usia penerima kado

Pilih desain yang sesuai dengan usia penerima kado

Pemilihan warna dan motif kertas kado harus Anda sesuaikan dengan usia calon penerima kado. Berikut ini adalah informasi tentang pemilihan kertas yang bisa Anda jadikan referensi.


  • Untuk anak-anak hingga usia sekolah dasar, pilihlah motif binatang, kendaraan, buah-buahan, atau tokoh kartun dengan warna-warna colorful.


  • Untuk remaja, gunakan warna pastel dengan kesan pop yang ceria.


  • Untuk usia dua puluhan, pilihlah kertas kado berwarna lembut dan fashionable, apa pun jenis kelamin mereka.


  • Untuk usia dewasa, gunakan warna-warna yang bersifat menenangkan dengan motif-motif sederhana.


Apabila Anda masih ragu, cobalah melihat desain majalah, poster, buku, atau produk yang sesuai dengan target usia tertentu. Desain-desain yang ada di sana akan memberikan Anda inspirasi tentang warna dan motif yang tepat untuk usia tersebut.

Selain itu, Anda juga dapat membaca rekomendasi kado melahirkan yang mungkin sedang dicari. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Pilih kertas kado yang mencerminkan kepribadian penerima

Kado yang isinya merupakan barang favorit Anda mungkin akan membuat Anda berkata, "You know me so well!". Nah, penampilan kertas kado pun tidak berbeda dengan barang di dalamnya. Jadi, selain memilih kertas kado sesuai dengan suasana, pertimbangkan juga motif yang sesuai dengan selera si penerima. Hal tersebut tentu akan meninggalkan kesan yang mendalam di hati.


Sebagai contoh, jika sahabat Anda adalah pencinta kucing, pilihlah kertas kado bermotif kucing yang imut. Anda juga bisa melengkapinya dengan memberikan aksesori pemanis berupa lonceng kecil yang biasa dikenakan di leher kucing. Sahabat Anda pasti senang dan makin menyayangi Anda!

Cek ukuran dan ketebalan kertas kado

Ukuran dan ketebalan kertas kado adalah poin yang juga perlu diperhatikan. Umumnya, ketebalan kertas kado ditulis dengan ukuran gram per square meter (gsm), contohnya 85 gsm atau 90 gsm.


Makin tebal, makin kuat pula ketahanan kertas untuk menahan beban dari barang yang akan dibungkus. Namun, kertas yang terlalu tebal pun akan sulit dilipat. Sayangnya, ketebalan kertas kado jarang disebutkan secara detail oleh seller.


Sementara itu, rata-rata ukuran kertas kado yang banyak dijumpai di pasaran, yakni ±60 cm x 50 cm. Ukuran tersebut cocok untuk membungkus barang atau hadiah berukuran sekitar 17 cm x 15 cm x 8 cm. Nah, karena ukuran kertas kado setiap produsen berbeda-beda, pastikan Anda mengeceknya terlebih dahulu agar tidak salah pilih.

10 Rekomendasi kertas kado (wrapping paper) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kertas kado (wrapping paper) terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
10

Hallmark Cards Wrapping Paper Flowers Pattern

WP4964-HAL025

Mulai dari Rp 8.000,00

Ukuran64 cm x 49 cm
BahanMatt paper 100 gram (double sided)
Jumlah1 lembar
9

Capricorn Design Kertas Kado Natal

GWC 382

Mulai dari Rp 8.000,00

Ukuran76 cm x 53 cm
BahanArt paper 85 gram
Jumlah1 lembar
8

HarvestPaket isi 4 Kertas Kado Harvest Baby Land

Mulai dari Rp 40.000,00

Ukuran78 cm x 53 cm
BahanHVS 70 gram
Jumlah4 lembar
7

ScoopWrapping Paper Gold (1pc) Kids

60410901

Mulai dari Rp 9.900,00

Ukuran70 cm x 50 cm
BahanTidak ada keterangan
Jumlah1 lembar
6
Ukuran120 cm x 90 cm
BahanKertas kraft 125 gram
Jumlah10 lembar
5

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar MasKertas Kado Batik

Mulai dari Rp 38.825,00

Ukuran62 cm x 48 cm
BahanTidak ada keterangan
Jumlah50 lembar
4

Wrapping Paper Metallic

WP7952m

Mulai dari Rp 18.000,00

Ukuran78,5 cm x 52,5 cm
BahanKertas fancy 120 gram
Jumlah1 lembar
3

HarvestWrapping Paper isi 4 - Brown Craft

Mulai dari Rp 40.000,00

Ukuran78 cm x 53 cm
BahanBrown craft 70 gram
Jumlah4 lembar
2

MYSTYLEKertas Bunga Cotton Paper Tissue

Mulai dari Rp 29.800,00

Ukuran48 cm x 48 cm
BahanKertas tisu
Jumlah±30 lembar
1

Sansan WawaKertas Kado Doff Garis Lurus

Mulai dari Rp 1.399,00

Ukuran±63,5 cm × 49,5 cm
BahanTidak ada keterangan
Jumlah1 lembar

Tabel perbandingan produk kertas kado (wrapping paper) terbaik

Gambar produk
1
Sansan Wawa Kertas Kado Doff Garis Lurus 1

Sansan Wawa

2
MYSTYLE Kertas Bunga Cotton Paper Tissue 1

MYSTYLE

3
Harvest Wrapping Paper isi 4 - Brown Craft 1

Harvest

4
Wrapping Paper Metallic  1

5
Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas Kertas Kado Batik 1

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas

6
Kertas Kraft Samson  1

7
Scoop Wrapping Paper Gold (1pc) Kids  1

Scoop

8
Harvest Paket isi 4 Kertas Kado Harvest Baby Land 1

Harvest

9
Capricorn Design  Kertas Kado Natal  1

Capricorn Design

10
Hallmark Cards  Wrapping Paper Flowers Pattern 1

Hallmark Cards

Nama produk

Kertas Kado Doff Garis Lurus

Kertas Bunga Cotton Paper Tissue

Wrapping Paper isi 4 - Brown Craft

Wrapping Paper Metallic

Kertas Kado Batik

Kertas Kraft Samson

Wrapping Paper Gold (1pc) Kids

Paket isi 4 Kertas Kado Harvest Baby Land

Kertas Kado Natal

Wrapping Paper Flowers Pattern

Keunggulan

Motif garisnya mempermudah pemula membungkus kado

Kertas spesial untuk pembungkus buket bunga

Nuansa warna cokelat yang memberikan kesan vintage

Minimalis dan elegan berkat tekstur embossed-nya

Motif batik untuk hadiah bernuansa etnik

Kuat dan tidak mudah robek, bungkus kado berbobot berat bukan lagi masalah

Motifnya playful, cocok untuk membungkus kado anak

Dapatkan empat motif sekaligus dengan tema newborn!

Nuansa Christmas-nya membuat kado Natal makin spesial

Motif floral yang bikin hati ikut berbunga-bunga

Harga mulai dariRp 1.399,00Rp 29.800,00Rp 40.000,00Rp 18.000,00Rp 38.825,00Rp 27.500,00Rp 9.900,00Rp 40.000,00Rp 8.000,00Rp 8.000,00
Ukuran±63,5 cm × 49,5 cm48 cm x 48 cm78 cm x 53 cm78,5 cm x 52,5 cm 62 cm x 48 cm120 cm x 90 cm70 cm x 50 cm78 cm x 53 cm76 cm x 53 cm64 cm x 49 cm
BahanTidak ada keteranganKertas tisuBrown craft 70 gramKertas fancy 120 gramTidak ada keteranganKertas kraft 125 gramTidak ada keteranganHVS 70 gramArt paper 85 gramMatt paper 100 gram (double sided)
Jumlah1 lembar±30 lembar4 lembar1 lembar50 lembar10 lembar1 lembar4 lembar1 lembar1 lembar
Tautan produk

Tips membuat buket dengan kertas kado

Tips membuat buket dengan kertas kado

Selain untuk membungkus hadiah, kertas kado juga bisa dipakai untuk membuat buket, lho. Namun, pastikan bahan kertas yang digunakan tidak mudah sobek. Selain itu, sebaiknya gunakan kertas kado berwarna polos agar tampilan buket tidak terlalu ramai dan terlihat elegan. Yuk, simak langkah-langkah membuat buket menggunakan kertas kado berikut ini.


  • Pertama, siapkan barang yang akan Anda jadikan sebagai buket, misalnya snack. Peralatan, seperti gunting, perekat, tusuk sate, pita serut, dan kardus bekas juga perlu Anda siapkan.


  • Langkah awal, potonglah kardus sesuai dengan selera dan besarnya buket. Agar lebih kokoh, tempelkan beberapa tusuk sate di kardus tersebut. Jangan lupa sejajarkan tusuk sate untuk membuat kardus lebih kuat.


  • Kemudian, susunlah satu per satu snack di atas kardus yang sudah ditempeli tusuk sate. Anda bisa menyusunnya sesuai dengan selera dan pastikan snack tersebut menempel kuat agar tidak mudah terlepas.


  • Selanjutnya, lipat bagian kanan dan kiri kertas kado hingga menutupi sebagian tepi snack yang sudah ditata. Tempelkan kertas kado menggunakan perekat di bagian bawah buket. Agar makin kuat, lilitkan perekat di kardus yang terbungkus kertas kado. Lalu, rapikan kembali snack agar terlihat imbang pada sisi kiri dan kanan buket.


  • Ambil kertas kado kedua dan letakkan di bagian bawah buket. Aturlah agar kertas menutupi bagian bawah buket. Sebelum direkatkan, pakailah karet gelang untuk menahan kertas kado di bagian pegangan buket.


  • Setelah rapi, gunakan perekat untuk menempelkan kertas kado di bagian pegangan. Lilitkan perekat secara melingkar pada kertas kado dan kardus. Untuk mempermanis tampilan, tambahkan pita serut di bagian pegangan buket.

Baca juga rekomendasi pelengkap kado lainnya di sini

Di dalam artikel ini, Anda sudah membaca rekomendasi kertas kado untuk membungkus hadiah spesial. Nah, hadiah Anda belum lengkap jika tidak dibarengi dengan kartu ucapan serta amplop untuk meletakkannya, bukan? Kami telah menyiapkan artikel yang membahas rekomendasi produk-produk terbaiknya di bawah ini! Selamat memilih!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda mengenai tips yang kami berikan? Kertas kado memiliki banyak tipe, warna, dan motif. Agar kado Anda lebih berkesan, pilihlah kertas kado yang sesuai dengan suasana dan selera si penerima, ya.


Semoga rekomendasi kertas kado yang kami berikan dalam artikel ini dapat membantu Anda menemukan produk yang tepat. Selamat memilih dan berikan kado spesial dengan kertas kado yang unik dan menarik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Angpao Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Angpao Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Angpao adalah amplop merah yang biasanya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah. Kata angpao sendiri berasal dari bahasa Mandarin hongbao yang artinya bungkusan merah. Memberikan angpao merupakan tradisi yang sering Anda temui saat Imlek. Namun, menurut tradisi Tionghoa, angpao juga dapat diberikan saat hari pernikahan sampai melayat, lho! Model angpao yang diberikan dalam berbagai perayaan pun berbeda-beda. Jika ingin melihat rekomendasi angpao yang bagus untuk Imlek 2022, simaklah artikel ini. Angpao pernikahan dan angpao ulang tahun merek Harvest dan Scoop Ideas juga ada di daftar rekomendasi kami.
    Bungkus & kemasan
  • 10 Rekomendasi Paper Bag Terbaik untuk Kado (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Paper Bag Terbaik untuk Kado (Terbaru Tahun 2021)
    Anda sedang mencari paper bag untuk membungkus kado atau bingkisan? Jika ya, sebaiknya artikel ini tidak Anda lewatkan. Paper bag kado memiliki berbagai macam motif. Mulai dari yang motif polos, lucu, hingga transparan, semua dapat Anda temukan dalam artikel ini. Tidak hanya paper bag bermotif cantik, paper bag dari beragam ukuran juga akan kami ulas untuk Anda. Agar memudahkan Anda menemukan paper bag kado yang bagus, kami akan memberikan panduan cara memilihnya terlebih dahulu. Lalu, kami akan memberikan rekomendasi produk paper bag untuk kado dari berbagai merek misalnya Harvest Goods.
    Bungkus & kemasan
  • 10 Rekomendasi Kotak Hampers Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kotak Hampers Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Akhir-akhir ini, kegiatan berbagi hampers kepada kerabat menjadi tren di masyarakat. Di pasaran, sudah ada set hampers yang dijual. Set ini membuat Anda tidak perlu repot mengemas dan menghias isian hampers. Namun, set hampers ini tentu harganya relatif mahal.Solusinya, Anda bisa membuat hampers sendiri. Selain lebih terjangkau, menghias hampers sendiri juga memiliki sentuhan yang lebih personal. Sebelum menghias, tentu Anda perlu memilih kotak hampers yang pas sesuai momen spesial, seperti lebaran, imlek, maupun tahun baru. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih kotak hampers untuk Anda. Selamat membaca!
    Bungkus & kemasan
  • 10 Rekomendasi Kotak Kue Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kotak Kue Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda berencana untuk mengirimkan kue kepada orang-orang tercinta, bungkuslah dengan menggunakan kotak kue agar lebih aman. Ada berbagai macam desain hingga corak kotak kue yang bisa Anda pilih di pasaran. Bahkan, ada kotak kue dengan corak bertema perayaan tertentu, lho. Alhasil, kue yang akan diberikan pun jadi lebih berkesan, bukan?Kali ini, kami akan membagikan tips memilih produk yang bagus. Kemudian, rekomendasi produk dari berbagai merk pun akan kami ulas. Ingin memilih kotak kue jenis mika atau produk dengan bentuk yang unik dari Hi Luxury Box? Semuanya ada, dong!
    Bungkus & kemasan
  • 10 Rekomendasi Kardus Packing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kardus Packing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda yang sedang mencari produk kardus packing, wajib membaca artikel ini hingga selesai. Kami memiliki tips memilih kardus packing yang cocok untuk Anda. Anda butuh kardus packing untuk makanan, hampers, atau barang lainnya? Kami punya banyak rekomendasi merek kardus packing yang bagus.Anda bisa pilih produk dari ORIGINALIDN, Miniso, Snapy, atau yang lainnya. Mau kardus packing kecil atau kardus packing ukuran besar, Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran barang. Jadi, silakan disimak dan pilihlah kardus packing yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Bungkus & kemasan
  • 10 Rekomendasi Kotak Kado Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kotak Kado Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mau hadiah yang telah Anda siapkan terbungkus dengan apik dan cantik? Kalau ya, bungkus saja hadiahnya dengan menggunakan kotak kado. Selain tampilannya terlihat lebih memikat, banyak kotak kado yang reusable sehingga bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk aksesori. Berbagai motif dan desain dari kotak kado yang unik pun akan Anda jumpai di pasaran. Jadi, wajar saja bila Anda bingung untuk memilihnya. Namun, jangan khawatir karena kami akan memberikan tips memilih kotak kado yang bagus. Pelbagai produk dari merk kenamaan, seperti Hallmark dan Scoop pun akan kami ulas juga. Selamat membaca!
    Bungkus & kemasan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori