10 Rekomendasi Kertas Kado (Wrapping Paper) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kertas Kado (Wrapping Paper) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kado yang cantik dan unik tentunya akan lebih menarik dan berkesan bagi penerimanya. Tidak hanya dari segi isi, menariknya sebuah kado juga dapat dilihat dari cara membungkus dan kertas pembungkus yang digunakan. Namun, tahukah Anda cara memilih kertas pembungkus kado yang unik dan menarik?

Dalam artikel kali ini, kami akan membantu Anda menjadikan tampilan hadiah untuk orang-orang spesial menjadi lebih menarik dengan memilih kertas pembungkus yang sempurna. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan 10 rekomendasi kertas kado dengan berbagai motif seperti motif batik, bunga, motif polos, hingga motif Disney yang lucu. Temukan kertas kado favorit Anda disini!

Daftar isi

Cara memilih kertas kado (wrapping paper)

Secara sepintas, kertas kado memang terlihat sederhana dan sepertinya nyaris sama. Nyatanya ada beragam jenis dan tipe kertas kado yang dapat Anda pilih. Berikut adalah poin-poin yang dapat Anda gunakan sebagai patokan dalam memilih kertas kado.

Kertas kado bermotif akan memerlukan usaha ekstra saat membungkusnya

Kertas kado bermotif akan memerlukan usaha ekstra saat membungkusnya

Ada beragam kertas kado yang beredar di pasaran, baik kertas kado polos, bergambar, maupun bermotif. Jika Anda memilih untuk menggunakan kertas kado bermotif, Anda akan memerlukan usaha ekstra saat membungkusnya. Kertas kado dengan motif yang berulang seperti garis, kotak-kotak, atau bunga-bunga harus dilipat dengan seksama, terutama di bagian bawah dan samping supaya polanya tetap terlihat cantik.

Motif garis yang tidak bertemu di lipatan akan menjadikan kado Anda terlihat tidak rapi dan kurang menarik. Jika Anda adalah pemula dalam urusan membungkus kado, kami sarankan untuk memilih kertas kado dengan motif lain atau polos.

Poin-poin dalam memilih kertas kado

Ada tiga poin yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih kertas kado, yaitu:

Sesuaikan motif kertas kado dengan jenis acara yang dihadiri

Sesuaikan motif kertas kado dengan jenis acara yang dihadiri

Ketahui jenis acara yang akan Anda hadiri. Jika Anda akan menghadiri pesta yang ramai seperti pesta ulang tahun atau resepsi pernikahan, sebaiknya Anda menghindari memilih kertas kado dengan motif yang norak dan tidak sesuai dengan suasana. Sebagai contoh, hindari kertas kado bergambar tokoh kartun atau pohon natal untuk kado pernikahan.

Hindari pula kertas kado dengan warna yang terlalu mencolok, seperti warna-warna yang terlalu terang atau gelap. Pilihlah warna-warna pastel yang netral atau motif floral yang manis. Jangan lupa untuk menyelaraskan warna kertas kertas yang Anda pilih dengan pita atau aksesori lainnya.

Sesuaikan motif kertas kado dengan usia calon penerima kado

Sesuaikan motif kertas kado dengan usia calon penerima kado

Poin ini sangat penting untuk diperhatikan. Pemilihan warna dan motif kertas kado harus Anda sesuaikan dengan usia calon penerima kado. Jika Anda hendak memberikan kado untuk anak-anak hingga usia sekolah dasar, pilihlah kertas wrap dengan motif binatang, kendaraan, buah-buahan, atau tokoh kartun dengan warna-warna yang berkesan segar dan ceria.

Sedangkan untuk remaja, kertas kado yang disukai umumnya yang berwarna pastel dengan kesan pop. Untuk usia dua puluhan, tema kertas kado yang dapat Anda pilih adalah yang berkesan fashionable dan dinamis. Semakin dewasa usia, umumnya seseorang akan cenderung lebih menyukai warna-warna yang bersifat menenangkan dengan motif-motif sederhana.

Sesuaikan motif kertas kado dengan suasana dan musim

Sesuaikan motif kertas kado dengan suasana dan musim

Menyesuaikan motif dan warna kertas kado dengan suasana sangatlah penting agar Anda tidak salah momen. Bukan hanya untuk acara-acara tertentu saja seperti lebaran, natal, atau valentine, Anda bahkan dapat menyesuaikan kertas kado dengan musim juga, lho. Misalnya di musim kemarau, Anda dapat memilih motif buah-buahan dan bunga, atau warna-warna cerah seperti warna biru langit dan hijau. Sedangkan di musim penghujan dengan suasana yang cenderung sendu, Anda dapat memilih warna-warna pastel atau merah tua yang terkesan hangat.

Jika Anda membeli kertas kado dalam gulungan yang besar, sebisa mungkin hindari memilih kertas dengan motif khusus. Kertas kado dengan motif yang menunjukkan suasana tertentu seperti natal, idul fitri, atau imlek, hanya bisa digunakan pada momen-momen khusus dan tidak bisa digunakan setiap waktu.

Pilih kertas kado yang mencerminkan kepribadian penerima

Pilih kertas kado yang mencerminkan kepribadian penerima

Kado yang dibungkus dengan unik dan menggambarkan selera si penerima tentunya akan meninggalkan kesan yang mendalam. Misalnya, jika calon penerima kado adalah pencinta kucing, Anda dapat memilih kertas kado dengan motif kucing yang imut. Sebagai tambahan, Anda bisa melengkapinya dengan memberikan aksesori berupa lonceng kecil yang biasa dikenakan di leher kucing sebagai pemanis.

Perhatikan ketebalan kertas kado yang Anda pilih

Perhatikan ketebalan kertas kado yang Anda pilih

Motif yang lucu dan warna yang menarik belum cukup menggambarkan kualitas sebuah kertas pembungkus kado. Bisa jadi Anda kecewa ketika membeli kertas kado bermotif lucu, karena ternyata kertas tersebut sangat tipis sehingga mudah sobek saat dilipat. Untuk itu, setelah memilih motif dan warna yang Anda inginkan, jangan lupa juga untuk mengecek ketebalan kertas tersebut.

Biasanya, ketebalan kertas kado dinyatakan dalam satuan berat dan metrik gram/m2. Kertas tipis yang biasa kita temui sebagai pembungkus sepatu biasanya berbobot antara 25.8-40 g/m2. Kertas untuk brosur berbagai produk umumnya berbobot sekitar 50 g/m2 dan kertas HVS biasanya berbobot 60 g/m2. Jika Anda sudah mendapatkan gambaran ketebalan masing-masing jenis kertas, Anda dapat menentukan kira-kira berapa ketebalan kertas kado yang Anda butuhkan. Sebagai info, kertas yang tipis biasanya lebih cocok untuk membungkus benda yang bulat.

10 Rekomendasi kertas kado (wrapping paper) terbaik

Berikut ini kami tampilkan 10 rekomendasi kertas kado terbaik untuk Anda. Sebelum membeli, pastikan Anda sudah membaca cara memilih kertas kado dengan seksama.

10. Kertas Kado Sidu Tebal

10. Kertas Kado Sidu Tebal

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 600

Kaya motif, cocok untuk suasana ceria

Sidu merupakan merek andalan dari produsen kertas terbesar di Indonesia. Karena itu soal kualitas tidak perlu diragukan lagi. Bahan kertas kado ini tebal dan memiliki permukaan doff (tidak mengkilap), membuat kertas mudah dilipat dan dibentuk sesuka hati. Kertas kado Sidu memiliki beraneka motif yang cocok untuk berbagai suasana. Warnanya pun tidak melulu cerah ceria, melainkan ada juga warna-warna pastel yang lembut.

Jika Anda menginginkan kertas kado yang mampu memancarkan rasa ceria dan penuh sukacita, Sidu adalah jawabannya. Kertas kado ini bisa digunakan untuk membungkus kado ulang tahun, kado kelahiran, hingga kado pernikahan.

9. Tissue Paper Basic

9. Tissue Paper Basic

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 25.000

Spesialis pembungkus buket bunga

Selain benda-benda yang dibungkus dengan manis, buket bunga bisa menjadi kado romantis untuk orang terkasih. Meskipun bisa membeli buket bunga di toko florist, tak ada salahnya untuk mencoba membuat buket sendiri. Untuk itu, Anda memerlukan kertas pembungkus yang tepat seperti Tissue Paper Basic ini.

Wrapping paper ini memiliki banyak pilihan warna yang dapat Anda gunakan untuk membungkus karangan bunga yang sudah Anda susun. Meskipun buket Anda terdiri dari bunga mawar yang berduri, Anda tak usah khawatir. Bahan kertas ini cukup lentur dan kuat sehingga tidak mudah robek. Dalam balutan kertas dan pita, buket bunga akan terlihat semakin cantik.

8. Kertas Kado Batik Sidu

8. Kertas Kado Batik Sinar Dunia

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 650

Motif klasik, cocok untuk hadiah bernuansa etnik

Tidak hanya cantik sebagai kain, motif batik pun terlihat menarik saat diaplikasikan pada wrapping paper. Kertas kado ini cocok untuk Anda yang sedang mencari kertas pembungkus suvenir acara kantor atau suvenir pernikahan dengan adat Jawa. Bahkan untuk dihadiahkan kepada orang tua maupun sosok senior yang dihormati pun kertas kado ini adalah pilihan yang bijak.

Mengusung warna dominan coklat, kertas kado ini terlihat sangat klasik. Berhubung motifnya sudah ramai, Anda tidak perlu menambahkan aksesori apa pun untuk hadiah yang dibungkus dengan kertas kado ini. Kertas ini sangat cocok untuk membungkus hadiah yang bernuansa etnik.

7. Wax Paper

7. Wax Paper

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 999

Tahan minyak dan air, cocok untuk membungkus makanan

Saat ini hadiah untuk orang terdekat tidak hanya berhenti pada benda berharga dan bunga, namun bisa juga berupa makanan. Jika Anda berencana mengirimkan potongan sandwich, hotdog, atau kebab untuk makan siang orang terkasih, Anda memerlukan wrapping paper yang mampu membungkus makanan dengan baik. Karena itu Wax Paper hadir untuk Anda.

Wax Paper ini merupakan kertas pembungkus yang masuk kategori food grade. Kertas ini tahan panas, tahan minyak, dan tidak mudah basah. Makanan yang dibungkus menggunakan kertas ini akan tetap garing dan renyah. Motif kertas ini pun beragam. Anda tak usah khawatir soal keamananannya. Tinta kertas pembungkus ini juga dijamin aman untuk makanan.

6. Sansan Wawa Kertas Kado Shabby

6. Sansan Wawa Kertas Kado Shabby

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 1.200

Motif floral yang cantik, pilihan tepat untuk perempuan terkasih

Anda ingin memberikan kado untuk perempuan yang Anda kasihi? Kertas kado bunga produksi Sansan Wawa yang bernuansa shabby ini sangat cocok dijadikan pembungkus. Perpaduan warna dasar yang lembut dan motif floral yang cantik akan membuat kado Anda jauh lebih manis. Meskipun penuh bunga-bunga, kertas kado ini masih memancarkan kesan kalem dan tidak terlalu riuh.

Kertas kado ini cukup tebal sehingga tidak mudah robek saat digunakan untuk membungkus. Berhubung motifnya floral dan terkesan sangat girly, sebaiknya jangan memberikan hadiah yang dibungkus kertas kado ini kepada lelaki. Cukup kado untuk perempuan saja, ya!

5. Kertas Samsom Kraft 90 gsm

5. Kertas Samsom Kraft 90 gsm

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 26.000

Kertas tebal dan kuat, cocok untuk membungkus benda berbobot berat

Berwarna coklat polos dan berukuran tebal menjadikan kertas Samson lebih dikenal sebagai bahan dasar pembuatan paper bag maupun kertas cetak dan printing. Sejatinya, kertas ini juga cocok dijadikan pembungkus kado. Seratnya yang rapat dan bahannya yang kuat membuat kertas Samson tidak mudah robek meski harus membungkus barang yang berat.

Jika Anda adalah pedagang online yang harus mengirimkan produk ke berbagai kota, kertas ini cocok dijadikan kertas pembungkus dagangan Anda. Meski menempuh perjalanan berhari-hari, kertas ini tidak akan mudah robek. Supaya hadiah terlihat manis, Anda tinggal menambahkan tali rami atau pita dengan warna merah atau coklat tua.

4. Sansan Wawa Kertas Kado Disney

4. Sansan Wawa Kertas Kado Disney 

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 1.150

Pembungkus kado terbaik untuk Disney lovers

Anda menggemari tokoh kartun Disney? Atau orang yang ingin Anda beri kado adalah fans berat Mikey Mouse? Kalau begitu, kertas kado serial Disney keluaran Sansan Wawa ini adalah produk yang tepat untuk membungkus kado Anda. Dipenuhi dengan gambar tokoh animasi Mikey Mouse di permukannya, para pecinta Disney pasti akan suka.

Memiliki ketebalan 80 mg, kertas kado dengan permukaan doff (tidak mengkilap) ini akan membungkus kado Anda secara sempurna. Warna monokrom akan memberikan kesan klasik. Bahkan jika Anda ingin mencari yang berwarna, Sansan Wawa sudah melengkapi koleksi kertas kado Disney dengan beragam warna.

3. Kertas Jeruk Keriput

3. Kertas Jeruk Keriput

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 2.500

Bisa digunakan sebagai bahan kerajinan tangan

Kertas kado ini memiliki tekstur permukaan yang tidak halus dan unik, yakni berkeriput layaknya kulit jerut purut. Dengan teksturnya yang berbeda dari kertas lainnya, menjadikan kertas ini tidak hanya digunakan untuk membungkus hadiah, melainkan juga digunakan sebagai bahan dasar aneka kerajinan tangan.

Kertas jeruk keriput memiliki beragam warna yang soft dan meneduhkan. Ketebalan kertasnya sedang, tidak setipis tissue paper basic, juga tidak setebal fancy paper. Jika Anda ingin mencari pembungkus kado yang kalem dan bisa digunakan untuk segala suasana, kertas kado dengan tekstur kulit jeruk ini adalah pilihan yang tepat.

2. English Retro Newspaper Wrapping Paper

2. English Retro Newspaper Wrapping Paper

Lihat produk ini Lazada 

Harga : Rp 133.000

Wrapping paper retro, bisa dijadikan wallpaper

Pada kondisi terpaksa, koran bekas sering dijadikan sebagai pembungkus sesuatu, dan hasilnya tidak terlalu baik. Namun beda dengan “koran bekas” yang satu ini. Dengan menggunakan English Retro Newspaper Wrapping Paper, tampilan hadiah Anda akan terlihat unik. Mengusung konsep replika koran di masa lalu dengan kertas coklat yang menyerupai perkamen, kesan retro terasa sangat kuat.

Bagi Anda yang menggemari segala sesuatu yang berbau retro dan old school, wrapping paper ini juga bisa Anda gunakan sebagai poster. Bahkan jika mau, melapisi seluruh dinding kamar maupun ruangan dengan kertas ini adalah ide yang sangat ciamik. Tertarik mencoba?

1. Fancy Paper Classic

1. Fancy Paper Classic

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.500

Beauty in simplicity

Kertas kado ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang mencari kertas kado polos namun tidak meninggalkan kesan elegan. Dengan ketebalan 120 GSM, fancy paper ini bisa menjadi lapisan luar kotak kado Anda dan menjadikannya sempurna sebagai hadiah mapun srah-srahan pengantin.

Keberadaan motif berupa cetakan emboss menjadikan kertas ini terlihat mewah dan berkelas. Selain pita berwarna senada atau lebih gelap, Anda tak perlu menambahkan aksesori lain bagi kado yang dibungkus dengan fancy paper ini. Inilah makna sesungguhnya dari “beauty in simplicity”.

Kesimpulan

Kertas kado memiliki banyak tipe, warna, dan motif. Agar kado Anda lebih berkesan, pilihlah kertas kado yang sesuai dengan suasana dan selera si penerima kado. Semoga rekomendasi kertas kado yang kami berikan dapat membantu Anda memilih kertas kado yang unik dan menarik.