• 10 Bedak Terbaik yang Mengandung SPF - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Bedak Terbaik yang Mengandung SPF - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Bedak Terbaik yang Mengandung SPF - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Bedak Terbaik yang Mengandung SPF - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Bedak Terbaik yang Mengandung SPF - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Bedak Terbaik yang Mengandung SPF - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)

Indonesia adalah negara tropis dengan intensitas sinar matahari tinggi. Karena itu, bedak dengan kandungan SPF sangatlah penting. Dengan mengaplikasikan produk ini setelah merias wajah, Anda bisa mengurangi efek negatif dari sinar ultraviolet.


Saat ini, sudah banyak ber-SPF yang ada di pasaran, seperti merek Madame Gie, PIXY, dan SILKYGIRL. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih bedak yang mengandung SPF terbaik dan mengulas bedak yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti. Jadi, simak sampai habis, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Renata Aprianti
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 12 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Makeup artist, Renata Aprianti

Profil pakar: Makeup artist, Renata Aprianti
Renata Aprianti
Makeup artist
Renata Aprianti

Renata Aprianti merupakan seorang makeup artist dan beauty enthusiast yang aktif membagikan video review produk beauty. Selain itu, Renata senang membagikan tutorial makeup dan skincare di YouTube dan Instagram miliknya.


Wanita yang suka menulis ini pernah menerbitkan tiga novel remaja dan telah berkecimpung di dunia blogger selama 10 tahun. Penulis dan penggemar dunia beauty ini fokus menjadi makeup artist (MUA) dan vlogger sejak 2017.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih bedak yang mengandung SPF

Tentunya Anda ingin mendapatkan bedak yang efektif melindungi kulit dari dampak buruk sinar ultraviolet, bukan? Jadi, mari pahami karakteristik bedak wajah dan cara memilihnya berikut ini.

Sesuaikan besar SPF dan PA dengan durasi kegiatan

Pertama, periksalah kandungan SPF dan PA pada bedak. Jangan lupa juga untuk memeriksa seberapa banyak sinar ultraviolet yang dapat diblok oleh produk tersebut. Kami akan menjelaskannya secara lebih rinci di bawah ini.

SPF minimal 30 untuk menghalau 97% UVB

SPF minimal 30 untuk menghalau 97% UVB
SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor. SPF biasanya ditulis dalam bentuk angka yang menunjukkan seberapa lama gelombang sinar UVB penyebab flek hitam dapat dicegah. Sebagai contoh, SPF 30 menunjukkan bahwa ketahanan kulit Anda akan ditingkatkan 30 kali lebih lama sebelum mengalami sunburn.


Produk dengan SPF minimal 30 memang sangat disarankan untuk dipakai di daerah tropis, seperti di Indonesia ini. Hal ini karena SPF 30 mampu menghalau 97% UVB sehingga Anda bisa bepergian keluar dengan aman. Namun, SPF tipe powder lebih mudah luntur daripada tipe cair. Itulah sebabnya Anda perlu mengaplikasikan ulang bedak wajah sesering mungkin, terutama di area T.

Pilihlah PA++ hingga PA ++++ untuk perlindungan lebih optimal

Pilihlah PA++ hingga PA ++++ untuk perlindungan lebih optimal

Protection grade of UVA (PA) berfungsi untuk menangkal gelombang sinar UVA yang dapat menyebabkan kulit mengendur dan keriput. PA dinyatakan dalam empat tingkat sesuai dengan jumlah ‘+’. Makin banyak jumlah ‘+’, makin tinggi pula kemampuannya dalam memblokir sinar UVA.


Apabila aktivitas Anda di luar rumah kurang dari 5 jam, produk dengan SPF 30 dengan PA++ sudah mencukupi. Namun, jika Anda berada di luar rumah lebih dari 5 jam, gunakan SPF lebih dari 30 dengan PA+++/++++.

Kenali jenis kulit Anda

Tak hanya pemilihan SPF dan PA saja yang perlu Anda perhatikan. Untuk hasil yang optimal, Anda perlu menyesuaikan bedak dengan jenis kulit. Karena itu, sebelum menjatuhkan pilihan, Anda perlu mengenali jenis kulit terlebih dahulu.


  • Kulit kering

Anda bisa memilih bedak wajah yang halus dan memiliki kandungan seperti hyaluronic acid atau ceramide. Kedua bahan aktif tersebut akan membuat kulit Anda tetap terhidrasi sehingga terasa lembap.


  • Kulit berminyak dan berjerawat

Bedak tipe bubuk memang lebih disarankan jika jenis kulit Anda berminyak atau berjerawat. Selain itu, produk yang bebas minyak juga dapat Anda pilih sehingga tidak membuat pori-pori tersumbat.

Pertimbangkan hasil akhir dan kemudahannya saat dibawa

Bedak yang mengandung SPF dibagi menjadi dua tipe, yaitu loose powder dan pressed powder. Tentu saja, kedua tipe tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


  • Loose powder 

Tipe ini akan memberikan hasil akhir yang natural. Namun sayangnya, loose powder lebih mudah luntur sehingga Anda harus melakukan touch-up berkali-kali. Selain itu, bentuk bubuk seperti ini rentan tumpah sehingga disarankan hanya untuk penggunaan di rumah.


  • Pressed powder 

Berbeda dengan tipe loose, tipe ini memiliki tekstur yang padat dan keras sehingga tidak mudah luntur ketika dipakai. Selain cocok untuk daily makeup, tipe ini pun lebih mudah dibawa karena tidak mudah tumpah. Apabila Anda mengaplikasikan foundation sebelum memakainya, gunakan produk dengan coverage yang sheer supaya makeup tidak terkesan berat.

Pilih yang mudah dibersihkan dan ramah di kulit

Pada dasarnya, tabir surya tipe powder lebih ramah di kulit daripada tipe cair. Namun, Anda tetap perlu memastikan ada tidaknya bahan yang berpotensi menimbulkan iritasi dalam produk yang akan dibeli. Dengan begitu, Anda bisa merasa lebih aman saat menggunakannya.

Produk tanpa cleanser khusus lebih disarankan

Produk tanpa cleanser khusus lebih disarankan

Banyak produk bedak ber-SPF yang tidak membutuhkan cleanser khusus untuk membersihkannya. Jika Anda termasuk orang yang malas menghabiskan waktu, produk seperti ini sangat cocok untuk dipilih. Produk tersebut biasanya terbuat dari bahan-bahan alami sehingga Anda cukup membersihkannya dengan sabun pencuci muka biasa.

Physical agent lebih tidak mengiritasi

Physical agent lebih tidak mengiritasi

Bedak wajah mengandung bahan aktif yang mampu melindungi Anda dari UVA dan UVB. Pada umumnya, ada dua kategori bahan aktif yang digunakan, yakni chemical agent dan physical agent.


  • Chemical agent

Chemical agent adalah bahan aktif yang melindungi kulit dari radiasi ultraviolet dengan menyerap sinar tersebut. Oxybenzone, avobenzone, homosalate, dan octinoxate merupakan contoh senyawa yang termasuk dalam kategori chemical agent. Selain mampu menyerap sinar UV, chemical agent juga mampu menyerap visible rays yang dipancarkan matahari. Alhasil, kulit Anda akan terlindungi dari dampak buruk sinar-sinar tersebut.


  • Physical agent

Physical agent melindungi kulit dengan cara menghalangi, menyebarkan, atau memantulkan sinar UV layaknya cermin. Senyawa-senyawa yang memiliki peran sebagai physical agent dalam bedak ber-SPF, yaitu zinc oxide dan titanium dioxide. Kedua senyawa ini cenderung ramah di kulit atau tidak mengiritasi sehingga lebih disukai.

Untuk kulit sensitif, hindari kandungan paraben dan fragrance

Untuk kulit sensitif, hindari kandungan paraben dan fragrance

Mungkin Anda sudah memilih bedak wajah yang efektif melindungi kulit dari paparan sinar UV. Namun, akan percuma saja kalau ternyata produk tersebut mengandung bahan yang mudah mengiritasi wajah, seperti paraben dan fragrance. Poin ini penting untuk diperhatikan, terutama bagi Anda yang berkulit sensitif.


Fragrance merupakan pewangi yang mampu memberikan aroma pada bedak. Sementara itu, paraben adalah bahan pengawet yang berfungsi melindungi bedak dari jamur dan bakteri. Kedua bahan tersebut sebaiknya dihindari karena berpotensi menimbulkan iritasi jika diaplikasikan pada jenis kulit sensitif.

10 Rekomendasi bedak terbaik yang mengandung SPF

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bedak terbaik yang mengandung SPF yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Renata Aprianti.

10

THE FACE SHOPNatural Sun Eco No Shine Sun Powder SPF30 PA++

Mulai dari Rp 299.000,00

SPF30
PA++
Jenis bahan aktifPhysical agent
TeksturLoose powder
Jenis kulitTidak disebutkan
9

Physicians FormulaMineral Wear® Talc-Free Mineral Airbrushing Pressed Powder SPF 30

C07587

Mulai dari Rp 306.000,00

SPF30
PATidak disebutkan
Jenis bahan aktifPhysical agent
TeksturPressed powder
Jenis kulitTidak disebutkan
8

Supergoop! (Re)setting 100% Mineral Powder SPF 35

Mulai dari Rp 499.000,00

SPF35
PA+++
Jenis bahan aktifPhysical agent
TeksturLoose powder
Jenis kulitSemua jenis kulit
7

ColorescienceSunforgettable® Total Protection™ Brush-On Shield SPF 50

Mulai dari Rp 811.000,00

SPF50
PA++++
Jenis bahan aktifPhysical agent
TeksturLoose powder
Jenis kulitTidak disebutkan
6

SILKYGIRLSilky White Brightening 2-Way Powder Foundation

Mulai dari Rp 65.000,00

SPF30
PA+++
Jenis bahan aktifTidak disebutkan
TeksturPressed powder
Jenis kulitTidak disebutkan
5

Chupa Chups Perfect Powder Multi Protection SPF 35 PA++

Mulai dari Rp 99.000,00

SPF35
PA++
Jenis bahan aktifPhysical agent
TeksturPressed powder
Jenis kulitTidak disebutkan
4

ETUDE HOUSESecret Beam Powder Pact SPF36/PA+++

Mulai dari Rp 119.000,00

SPF36
PA+++
Jenis bahan aktifPhysical agent
TeksturPressed powder
Jenis kulitTidak disebutkan
3

PIXYMake It Glow Silky Powdery Cake

Mulai dari Rp 70.000,00

SPF35
PA+++
Jenis bahan aktifPhysical agent
TeksturPressed powder
Jenis kulitTidak disebutkan
2

N'PURECICA Beat The Sun Powder

Mulai dari Rp 119.000,00

SPF30
PATidak disebutkan
Jenis bahan aktifPhysical agent
TeksturLoose powder
Jenis kulitSemua jenis kulit
1

Madame GiePerfect Velvet SPF 30 Two Way Cake - Makeup Bedak Padat

Mulai dari Rp 40.000,00

SPF30
PA++
Jenis bahan aktifTidak disebutkan
TeksturPressed powder
Jenis kulitTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk bedak terbaik yang mengandung SPF

Gambar produk
1
Madame Gie Perfect Velvet SPF 30 Two Way Cake - Makeup Bedak Padat 1

Madame Gie

2
N'PURE CICA Beat The Sun Powder 1

N'PURE

3
PIXY Make It Glow Silky Powdery Cake 1

PIXY

4
ETUDE HOUSE Secret Beam Powder Pact SPF36/PA+++ 1

ETUDE HOUSE

5
Chupa Chups  Perfect Powder Multi Protection SPF 35 PA++ 1

Chupa Chups

6
SILKYGIRL Silky White Brightening 2-Way Powder Foundation 1

SILKYGIRL

7
Colorescience Sunforgettable® Total Protection™ Brush-On Shield SPF 50 1

Colorescience

8
Supergoop!  (Re)setting 100% Mineral Powder SPF 35 1

Supergoop!

9
Physicians Formula Mineral Wear® Talc-Free Mineral Airbrushing Pressed Powder SPF 30 1

Physicians Formula

10
THE FACE SHOP Natural Sun Eco No Shine Sun Powder SPF30 PA++ 1

THE FACE SHOP

Nama produk

Perfect Velvet SPF 30 Two Way Cake - Makeup Bedak Padat

CICA Beat The Sun Powder

Make It Glow Silky Powdery Cake

Secret Beam Powder Pact SPF36/PA+++

Perfect Powder Multi Protection SPF 35 PA++

Silky White Brightening 2-Way Powder Foundation

Sunforgettable® Total Protection™ Brush-On Shield SPF 50

(Re)setting 100% Mineral Powder SPF 35

Mineral Wear® Talc-Free Mineral Airbrushing Pressed Powder SPF 30

Natural Sun Eco No Shine Sun Powder SPF30 PA++

Keunggulan

Tawarkan harga ekonomis dengan hasil akhir velvety-matte

Bisa dipakai oleh remaja mulai usia 14 tahun

Berikan high coverage tanpa terlihat cakey

Tampil glowing natural berkat secret pearl powder

Bentuknya compact, sangat handy!

Diperkaya vitamin C, buat kulit makin cerah

Tak perlu takut kulit gosong dengan SPF 50

Kandungan 100% mineral yang perfect for on-the-go

Kandungan bahan alami yang ramah bagi kulit sensitif

Kulit cerah dengan shade pink universal

Harga mulai dariRp 40.000,00Rp 119.000,00Rp 70.000,00Rp 119.000,00Rp 99.000,00Rp 65.000,00Rp 811.000,00Rp 499.000,00Rp 306.000,00Rp 299.000,00
SPF30303536353050353030
PA++Tidak disebutkan++++++++++++++++++Tidak disebutkan++
Jenis bahan aktifTidak disebutkanPhysical agentPhysical agentPhysical agentPhysical agentTidak disebutkanPhysical agentPhysical agentPhysical agentPhysical agent
TeksturPressed powderLoose powderPressed powderPressed powderPressed powderPressed powderLoose powderLoose powderPressed powderLoose powder
Jenis kulitTidak disebutkanSemua jenis kulitTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanSemua jenis kulitTidak disebutkanTidak disebutkan
Tautan produk

Tips efektif dalam menggunakan bedak wajah

Tips efektif dalam menggunakan bedak wajah

Gunakanlah toner dan moisturizer sebelum menyapukan bedak agar produk lebih menempel dan tahan lama. Selanjutnya, aplikasikan tipis saja karena menggunakan bedak secara berlebihan pun tidak akan memberikan efek lebih. Alih-alih makin terlindungi, makeup wajah Anda malah akan terkesan berat dan tidak natural. Jadi, gunakan bedak wajah secukupnya saja, ya!

Gunakan juga sunblock cream dan spray

Gunakan juga sunblock cream dan spray

Pada dasarnya, cara menggunakan bedak yang mengandung SPF mirip dengan penggunaan foundation. Anda bisa menyapukannya di atas riasan atau digunakan sebagai pengganti foundation yang diaplikasikan setelah base makeup. Nah, jika berencana menghabiskan waktu cukup lama di luar ruangan, tambahkan sunblock cream atau spray dalam daftar makeup Anda.


Kedua sunblock tersebut dapat melindungi kulit dari sinar matahari secara maksimal dibanding hanya menggunakan bedak ber-SPF. Namun, bedak adalah pilihan praktis ketika Anda perlu mengaplikasikan ulang tabir surya pada kulit wajah. Hanya saja, pastikan Anda mengaplikasikannya setiap dua jam sekali agar kulit selalu terlindungi.

Hindari penggunaan bedak ber-SPF untuk foto

Face powder ataupun foundation yang mengandung SPF sebaiknya tidak digunakan untuk makeup photoshoot. Hal ini dikarenakan kandungan SPF akan merefleksikan lampu sehingga wajah akan terlihat lebih putih.

Baca juga rekomendasi sunscreen lainnya di sini!

Selain bedak yang mengandung SPF, kami juga memiliki rekomendasi sunscreen yang bisa digunakan bersamaan dengan bedak wajah. Anda bisa menemukan produk terbaik dengan membaca artikel yang sudah kami siapkan di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana dengan rekomendasi bedak yang mengandung SPF kali ini? Setiap orang pasti memiliki kebutuhan bedak dengan SPF yang berbeda. Oleh karena itu, sesuaikan pemilihan produk dengan kebutuhan masing-masing, ya.


Sengatan matahari memang menjadi musuh terbesar semua orang. Namun, Anda tak perlu khawatir! Gunakanlah bedak ber-SPF bersamaan dengan produk skincare lainnya untuk hasil lebih maksimal. Tak perlu takut kulit gosong karena matahari lagi, deh!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, popularitas cushion makin menanjak di kalangan pengguna makeup. Merek lokal pun tak ingin ketinggalan tren dengan turut memproduksi cushion yang bagus. Selain berkualitas internasional, cushion lokal juga disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit orang Indonesia. Ada cushion untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.Kami akan memberikan tips untuk memilih cushion lokal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan produk dari Pixy Cosmetics, Somethinc, dan Make Over. Tentu semua produk rekomendasi sudah mengantongi izin BPOM sehingga pasti aman digunakan. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk menyempurnakan riasan Anda. Wajah akan tampak glowing dan makeup pun lebih tahan lama. Bedak tabur juga bisa mengontrol sebum pada kulit berminyak. Namun, banyaknya produk bedak tabur yang beredar mungkin akan membingungkan Anda. Di artikel ini, Anda akan menemukan tips memilih beserta rekomendasi produk bedak tabur yang bagus. Di dalamnya terdapat sepuluh merek bedak tabur terbaik, seperti Wardah, Emina, Make Over, dan Marcks. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, temukan bedak tabur yang tepat untuk tampil flawless!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda memiliki tipe kulit berminyak? Jika iya, Anda harus jeli dalam memilih produk makeup, termasuk bedak. Bedak yang salah akan membuat wajah makin berminyak sehingga rentan menimbulkan beruntusan, komedo, dan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak yang tepat untuk kulit berminyak?Anda akan menemukan jawabannya dalam artikel ini. Di artikel ini, kami memaparkan cara memilih bedak yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek bedak terbaik untuk kulit berminyak yang bisa digunakan usia remaja hingga dewasa. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola.
    Makeup wajah
  • 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki kulit wajah yang tampak segar sepanjang hari akan sulit dicapai jika kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasinya, Anda perlu berhati-hati memilih kosmetik, termasuk dalam memilih cushion. Pastikan Anda memilih cushion yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak.Di artikel ini, Anda akan menemukan rekomendasi produk cushion yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga akan mengulas cushion dari berbagai merek, seperti Make Over, Maybelline, Laneige, atau Wardah. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan cushion terbaik untuk Anda dan nikmati tampilan flawless setiap harinya! 
    Makeup wajah
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Pixy, Maybelline, Heimish, dan lainnya. Langsung saja, ya!
    Makeup wajah
  • 10 BB Cream Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 BB Cream Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    BB cream adalah salah satu produk kecantikan asal Korea yang booming di seluruh dunia. Coverage BB cream yang apik sekaligus tidak berlebihan membuatnya dapat menghasilkan riasan natural. Karena itu, banyak orang menggunakan BB cream sebagai pengganti foundation.Ada beragam merek BB cream yang bagus, seperti Wardah, Emina, hingga Y.O.U. Kami akan membagikan tips memilih BB cream terbaik serta merekomendasi beberapa produknya. Ada yang produksi lokal hingga asli dari Korea. BB cream untuk remaja dan untuk kulit berminyak pun ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti.
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi Produk Kosmetik SASC Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Kosmetik SASC Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Merek lokal kian menunjukkan eksistensinya di industri kosmetik tanah air. Salah satu merek kosmetik lokal berkualitas yang bisa Anda coba adalah SASC. Uniknya, SASC menyisihkan sebagian profitnya untuk didonasikan ke sejumlah yayasan sosial. Hingga kini, SASC terus berinovasi sehingga mungkin membuat Anda bingung dalam memilih produk yang tepat.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih produk kosmetik SASC. Anda juga bisa membaca ulasan sepuluh produk terbaik, antara lain Ultimatte Lip Liquid, Flawless Miracle Powder, dan Perfect Eye & Face Palette. Bersiaplah untuk tampil cantik dengan produk kosmetik SASC!
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori