1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Produk dewasa & kewanitaan
  6. >
  7. 10 Pantyliner Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Pantyliner Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Pantyliner Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Pantyliner Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Pantyliner Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Pantyliner Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Pantyliner Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023)

Cairan yang dihasilkan oleh miss V merupakan elemen penting dalam kesehatan organ intim wanita. Namun, kenyamanan Anda akan terganggu apabila cairan yang dihasilkan banyak, bahkan berbau tak sedap. Karena itu, kami merekomendasikan pantyliner untuk melindungi daerah kewanitaan dan menjaga pakaian dalam tetap bersih.

Terdapat pantyliner tipe sekali pakai atau kain yang dapat dicuci ulang. Anda dapat memilih berbagai macam merek yang bagus, seperti Laurier, Unicharm, dan lainnya. Sebaiknya pelajari dahulu cara memilih pantyliner dan menyimak rekomendasi produknya dari kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter OBGYN kami, dr. Andri Welly.
Diperbaharui 07-12-2022
Pakar
Dokter spesialis obstetri dan ginekologi
dr. Andri Welly

dr. Andri Welly, SpOG adalah dokter spesialis obstetri dan ginekologi lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Beliau berpengalaman selama 8 tahun menangani permasalahan organ reproduksi wanita, penanganan kehamilan, serta persalinan. dr. Andri juga menempuh pendidikan tambahan di luar negeri sebagai fellowship. Beberapa di antaranya yaitu di Clinica Universidad de Navarra, Spanyol dan Clinical Research Institute of Fetal Medicine (CRIFM) Pooh Maternity Clinic, Jepang. dr. Andri berpraktik di RSIA Tambak Menteng Jakarta dan RSUD Kebayoran Lama. Anda bisa menyapanya di Instagram untuk mengetahui lebih banyak tentang kesehatan reproduksi, kehamilan, dan persalinan.

Profil dr. Andri Welly
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa perbedaan pembalut dan pantyliner?

Apa perbedaan pembalut dan pantyliner?

Pembalut dan pantyliner sama-sama merupakan produk kewanitaan yang berfungsi menyerap cairan. Mungkin masih banyak dari Anda yang belum mengetahui perbedaan kedua produk ini. Pembalut umumnya berbentuk lebih lebar dan tebal dibandingkan pantyliner. Fungsinya untuk menyerap darah menstruasi saat sedang banyak keluar. Daya serap pembalut jauh lebih baik dibandingkan pantyliner

 
Di sisi lain, pantyliner memiliki ukuran yang lebih kecil dan tipis. Pantyliner biasa digunakan pada hari-hari terakhir menstruasi ketika darah yang keluar hanya tinggal sedikit. Selain itu, pantyliner juga biasa dipakai untuk mencegah noda keputihan mengotori pakaian dalam.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pantyliner

Pertama-tama, kami akan menjelaskan poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih pantyliner. Setiap produk memiliki karakteristik yang berbeda tergantung pada kebutuhan pemakainya. Jadi, simak ulasan berikut dengan cermat sebelum memilih pantyliner favorit Anda.

① Pilih berdasarkan tipe pantyliner

Pantyliner memiliki jenis yang bervariasi. Mari pelajari perbedaan tiap-tiap jenisnya berikut ini!

Tipe sekali pakai, isinya banyak dan praktis digunakan

Tipe sekali pakai, isinya banyak dan praktis digunakan
Pantyliner tipe sekali pakai adalah jenis yang paling umum. Ada banyak produsen yang memproduksi pantyliner tipe ini dengan berbagai macam pilihan. Jadi, Anda dapat dengan mudah menemukan pantyliner yang sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Meski berbeda tergantung mereknya, sebagian besar pantyliner sekali pakai memiliki isi yang banyak dengan harga cukup terjangkau. Pantyliner ini juga sangat praktis pemakaiannya. Setelah dipakai Anda tak perlu repot mencucinya, hanya tinggal dibuang setelah digunakan.

Tipe kain, bisa digunakan berulang kali, nyaman, dan lembut

Tipe kain, bisa digunakan berulang kali, nyaman, dan lembut
Pantyliner tipe ini umumnya memiliki bahan yang breathable sehingga gangguan atau masalah bau dapat berkurang. Selain itu, pantyliner kain juga aman dipakai setiap hari. Produk ini memiliki resiko iritasi atau ruam jauh lebih kecil dibandingkan dengan pantyliner sekali pakai

Tidak seperti pantyliner tipe sekali pakai yang berbentuk lembaran, tipe kain memiliki kancing sehingga tidak mudah bergeser. Pantyliner ini juga ramah lingkungan karena bisa dicuci ulang. Anda pun bisa lebih hemat karena tidak perlu membeli untuk persediaan setiap hari. 


Meski terkesan repot karena harus dicuci setiap kali habis dipakai, sebenarnya pantyliner jenis ini mudah dibersihkan. Anda bisa mencucinya bersama cucian lainnya di dalam mesin atau menguceknya dengan tangan.

② Cari berdasarkan keunggulannya

Saat ini, pantyliner tak hanya berfungsi untuk menahan darah menstruasi atau keputihan saja. Namun, ada beberapa produk yang memiliki keunggulan tersendiri sehingga membuat pengguna merasakan kenyamanan yang lebih maksimal. Anda bisa memilih keunggulan pantyliner sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 

Double layer: Makin praktis digunakan berkat dua lapisan pantyliner

Double layer: Makin praktis digunakan berkat dua lapisan pantyliner

Bagi Anda yang malas membawa-bawa pengganti pantyliner, produk dengan keunggulan double layer pasti sangat membantu. Double layer adalah pantyliner dua lapis yang cukup dilepas bagian atasnya jika ingin menggantinya dengan yang baru. 


Anda juga dapat menghemat waktu untuk mengganti pantyliner tanpa harus membawa kantong khusus ke toilet. Tipe ini juga sangat berguna saat Anda bepergian atau pada hari-hari sibuk. Meski double, pantyliner ini tidak terlalu tebal dan tidak akan mengganggu aktivitas Anda. 

Sesuai bentuk tubuh: Lebih bebas bergerak dan nyaman digunakan

Sesuai bentuk tubuh: Lebih bebas bergerak dan nyaman digunakan

Ada beberapa produk pantyliner yang didesain tipis, tetapi masih berbentuk tebal. Ada juga yang pendek dan tipis, tetapi mudah bergeser. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan desain pantyliner seperti itu, carilah produk yang mengikuti bentuk tubuh. Dengan begitu, Anda akan terasa seperti tidak memakai pantyliner sama sekali.

Sensasi dingin: Memberi kesegaran dan kesejukan sepanjang hari

Sensasi dingin: Memberi kesegaran dan kesejukan sepanjang hari

Sering kali, saat memakai pantyliner, area miss V akan terasa lembap karena keringat. Maka dari itu, diciptakan pantyliner dengan sensasi dingin untuk menyegarkan area tersebut. 


Jika Anda berencana melakukan kegiatan fisik atau kegiatan di luar ruangan, pantyliner ini pasti cocok untuk Anda. Selain menyegarkan, sensasi dinginnya akan memberi kesejukan dan membuat Anda tetap merasa nyaman saat beraktivitas

③ Pastikan untuk memilih bahan yang ramah di kulit

Pastikan untuk memilih bahan yang ramah di kulit
Permasalahan yang sering terjadi saat menggunakan pantyliner adalah timbulnya masalah kulit. Tidak sedikit orang yang menggunakan pantyliner mudah mengalami ruam. Hal ini disebabkan adanya stimulasi gesekan antara pantyliner dengan kulit. Selain itu, bahan pantyliner sekali pakai umumnya juga mengandung bahan kimia tertentu yang bisa menimbulkan iritasi. 

Sebenarnya, jika Anda sering mengalami ruam, pantyliner kain adalah pilihan yang paling ideal. Namun, beberapa orang merasa kurang nyaman memakai pantyliner tipe ini. Untuk pantyliner tipe sekali pakai, carilah yang terbuat dari 100% kapas alami. Bahan ini dapat meminimalkan risiko masalah kulit, seperti ruam

④ Pertimbangkan pantyliner yang tidak mengandung pewangi

Pertimbangkan pantyliner yang tidak mengandung pewangi
Selain bahan, terkadang pantyliner yang mengandung pewangi juga bisa menimbulkan alergi dan ruam. Meski pantyliner beraroma dapat mengurangi bau tidak sedap, pewanginya dapat menyebabkan iritasi. Bila Anda memiliki kulit yang sensitif, kami menyarankan untuk memilih pantyliner tanpa pewangi. 


Meskipun begitu, semua kembali lagi pada pilihan masing-masing. Jika tambahan pewangi tak menjadi masalah, Anda bisa memilih pantyliner beraroma untuk menyegarkan dan menjaga keharuman area intim Anda. 

10 Rekomendasi pantyliner terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pantyliner terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Softex

Pantyliner Daun Sirih

Softex Pantyliner Daun Sirih  1枚目

Mengandung antiseptik alami yang bikin bebas bau, bebas bakteri

2

KAO

Laurier Pantyliner Cleanfresh Non Perfume

KAO Laurier Pantyliner Cleanfresh Non Perfume 1枚目

Jaga selalu kebersihan daerah kewanitaan dengan bahan ekstra kering

3

Johnson&Johnson

Carefree Breathable Unscented Pantyliner

Johnson&Johnson Carefree Breathable Unscented Pantyliner 1枚目

Bebas ruam dan gatal berkat bahannya yang breathable

4

Unicharm

Charm Pantyliner Cooling Fresh Long & Wide

Unicharm Charm Pantyliner Cooling Fresh Long & Wide 1枚目

Rasakan sensasi dingin yang menyegarkan saat dipakai

5

Bagus

Nina Anion Pantyliner Floral Scent

Bagus Nina Anion Pantyliner Floral Scent  1枚目

Nikmati aroma melati yang lembut dan feminin

6

Sustaination

Pantyliner Kain Pakai Ulang – Reusable Pantyliner

Sustaination  Pantyliner Kain Pakai Ulang – Reusable Pantyliner 1枚目

Praktis digunakan dan mudah dilipat

7

Anytime

Pantyliner Non Parfum

Anytime Pantyliner Non Parfum 1枚目

Pantyliner yang bagus untuk keputihan

8

Unicharm

Charm Pantyliner Double Fresh Non-Perfumed

Unicharm Charm Pantyliner Double Fresh Non-Perfumed 1枚目

Tidak perlu lagi kerepotan membawa pantyliner cadangan

9

Natracare

Normal Panty Liners

Natracare Normal Panty Liners 1枚目

Terbuat dari bahan-bahan organik yang aman dipakai sehari-hari

10

Kindkain

Reusable Pantyliner

Kindkain Reusable Pantyliner 1枚目

Antigeser karena sudah dilengkapi dengan kancing snap

Perincian produk
Close
No.1

SoftexPantyliner Daun Sirih

Mulai dari Rp15.700,00

Mengandung antiseptik alami yang bikin bebas bau, bebas bakteri

Tahukah Anda? Keputihan yang berbau tidak sedap diakibatkan oleh bakteri dan jamur. Keputihan yang tidak normal tak hanya menyebabkan bau, tetapi juga rasa gatal dan panas. Apabila Anda pernah mengalaminya, mungkin saja salah satu penyebabnya karena kesalahan memilih produk pembalut atau pantyliner


Kami merekomendasikan pantyliner dari Softex yang mengandung ekstrak daun sirih. Produk ini memiliki antiseptik alami dari daun sirih untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah bau tak sedap. Area miss V pun bisa lebih sehat, bebas bau, dan terhindar dari bakteri penyebab penyakit. 

No.2

KAOLaurier Pantyliner Cleanfresh Non Perfume

Mulai dari Rp11.200,00

Jaga selalu kebersihan daerah kewanitaan dengan bahan ekstra kering

Produk Laurier hadir dengan pantyliner yang ekstra tipis untuk kenyamanan Anda. Selain itu, pantyliner keluaran KAO ini memiliki daya serap yang tinggi. Jadi, dengan memakai produk ini, daerah kewanitaan Anda akan tetap terjaga kesehatannya.

Anda dapat menggunakan pantyliner ini di luar periode menstruasi demi kenyamanan beraktivitas sepanjang hari. Produk ini juga tidak mengandung wewangian sehingga Anda dapat memeriksa aroma dari cairan miss V dengan mudah. Pantyliner ini ideal untuk Anda yang ingin selalu memantau kesehatan organ intim.
No.3

Johnson&JohnsonCarefree Breathable Unscented Pantyliner

Mulai dari Rp11.800,00

Bebas ruam dan gatal berkat bahannya yang breathable

Permasalahan utama saat memakai pantyliner atau pembalut adalah rasa pengap jika dipakai. Namun, Anda tak akan merasakan hal itu jika memakai produk ini. Didesain dengan bahan yang breathable, area miss V Anda akan bebas bernafas meski sering dipakai. Dengan begitu, area miss V akan terhindar dari ruam dan gatal, Anda pun akan merasa nyaman beraktivitas. 

No.4

UnicharmCharm Pantyliner Cooling Fresh Long & Wide

Mulai dari Rp18.000,00

Rasakan sensasi dingin yang menyegarkan saat dipakai

Anda sering merasa gerah dengan keringat di area kewanitaan pada saat memakai pantyliner? Jika ya, produk ini adalah pilihan tepat untuk Anda! Ekstrak mint di dalamnya mampu memberikan sensasi dingin dan segar pada kulit Anda. 


Bentuknya pun lebih panjang dan lebar sehingga dapat menyerap cairan lebih banyak. Jika Anda sedang berada dalam masa pra menstruasi dan mengalami keputihan yang cukup banyak, pilihlah produk ini. 

No.5

BagusNina Anion Pantyliner Floral Scent

Mulai dari Rp22.600,00

Nikmati aroma melati yang lembut dan feminin

Pantyliner ini dilengkapi dengan aroma melati sehingga Anda akan terbebas dari masalah bau tidak sedap. Permukaannya juga mampu menyerap cairan seketika. Dengan demikian, area organ intim akan terasa nyaman dan tidak lembap. Bentuk lengkungnya juga mampu menyesuaikan kontur tubuh Anda.


Produk milik Bagus ini cocok digunakan saat hari-hari terakhir menstruasi Anda. Produk ini menjaga agar area kewanitaan Anda tetap kering selama menjalani aktivitas. Ditambah lagi, perekatnya juga dipastikan dapat menjaga posisi pantyliner agar tidak mudah bergeser, lho!

No.6

Sustaination Pantyliner Kain Pakai Ulang – Reusable Pantyliner

Mulai dari Rp69.900,00

Praktis digunakan dan mudah dilipat

Bagian outer dari produk ini terbuat dari bahan katun yang ramah di kulit. Sementara itu, bagian dalamnya yang lembut akan menjaga daerah kewanitaan Anda agar tidak mudah lembap. Lapisan penyerap pada produk ini juga memiliki daya serap yang tinggi.


Sebagai tambahan, produk ini juga ringkas dan mudah dilipat. Jadi, Anda tidak perlu menyiapkan banyak tempat untuk menyimpannya di dalam tas sebagai cadangan. Jika Anda menginginkan pantyliner kain yang simpel dan mudah dibawa ke mana-mana, produk ini adalah solusinya!

No.7

AnytimePantyliner Non Parfum

Mulai dari Rp3.850,00

Pantyliner yang bagus untuk keputihan

Keputihan memang normal terjadi pada setiap wanita. Sayangnya, cairan ini terkadang cukup menganggu aktivitas dan bisa membuat area miss V menjadi lembap. Selain itu, cairan keputihan juga sering meninggalkan noda yang membuat celana dalam menjadi kuning. 


Pembalut Anytime ini merupakan produk yang bebas dari bahan berbahaya, seperti dioksin. Kandungan herbal di dalamnya memiliki beragam manfaat, seperti mencegah keputihan atau jamur pada area miss V. Alhasil, kesehatan area kewanitaan Anda akan tetap terjaga.

No.8

UnicharmCharm Pantyliner Double Fresh Non-Perfumed

Mulai dari Rp9.000,00

Tidak perlu lagi kerepotan membawa pantyliner cadangan

Anda senang bepergian atau beraktivitas di luar rumah dan butuh pantyliner yang praktis? Produk ini dapat menjadi solusi untuk Anda! Produk dari Unicharm ini mengusung teknologi double layer atau terdiri atas dua lapisan bertumpuk.


Apabila lapisan pertama sudah penuh, Anda dapat langsung melepaskannya saja. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan aktivitas dengan pantyliner yang baru. Jadi, Anda akan berhemat waktu dan tidak perlu kerepotan menyiapkan pantyliner cadangan di tengah aktivitas sibuk Anda.

No.9

NatracareNormal Panty Liners

Mulai dari Rp85.500,00

Terbuat dari bahan-bahan organik yang aman dipakai sehari-hari

Produk dari Natracare ini merupakan pantyliner yang menggunakan bahan-bahan alami. Artinya, jika memiliki kulit alergi, Anda tidak perlu ragu menggunakan produk ini! 


Pantyliner ini juga tidak mengandung klorin ataupun bahan kimia lainnya sehingga aman untuk kulit sensitif Anda. Di sisi lain, seluruh produk beserta kemasannya dapat terurai. Jadi, meski tergolong sekali pakai, produk ini ramah lingkungan, lho!

No.10

KindkainReusable Pantyliner

Mulai dari Rp38.000,00

Antigeser karena sudah dilengkapi dengan kancing snap

Saat memakai pantyliner kain, kecemasan utama adalah produk mudah bergeser sehingga membuat pemakai tidak nyaman. Namun, produk ini tidak akan mengecewakan Anda. Produk ini dilengkapi kancing snap yang bisa mengunci pantyliner saat digunakan. 


Meski Anda aktif bergerak sekalipun, pantyliner ini tak akan mudah bergeser. Bahannya terbuat dari microfleece yang sangat lembut dan halus, aman untuk kulit yang sensitif sekalipun. Untuk Anda yang baru pertama ingin mencoba pantyliner berbahan kain, cobalah produk dari Kindkain ini!

Tips menggunakan pantyliner

Tips menggunakan pantyliner

Banyak wanita yang merasa lebih bersih saat memakai pantyliner. Padahal, kenyataannya pantyliner tidak boleh sering-sering digunakan, lho! Ada beberapa tips memakai pantyliner supaya area kewanitaan Anda tetap sehat dan tidak timbul iritasi.

 
  1. Ganti setiap 3-4 jam sekali
Waktu yang paling ideal menggunakan pantyliner adalah sekitar 3-4 jam. Setelah itu, pantyliner wajib diganti agar tidak membuat area kewanitaan jadi lembap. Selain itu, bahan yang terkandung dalam pantyliner juga bisa menyebabkan ruam dan iritasi, maka dari itu tidak disarankan untuk memakai pantyliner seharian penuh. 


  2. Jangan gunakan pantyliner setiap hari


Sebaiknya pantyliner tidak digunakan setiap hari. Hal ini bisa membuat area miss V jadi sulit bernafas dan membuatnya jadi lembap. Bila Anda tidak memiliki banyak aktivitas atau berada di rumah, jangan gunakan pantyliner. Sebagai gantinya, Anda bisa membawa celana dalam ganti untuk menjaga kebersihan miss V


  3. Keringkan area miss V sebelum memakai pantyliner


Setelah membersihkan area miss V setelah buang air kecil, pastikan Anda mengeringkannya terlebih dahulu sebelum memakai pantyliner kembali. Area kewanitaan yang lembap akan rentan menimbulkan bakteri sehingga bisa menimbulkan keputihan. Selain itu, jika lembap, area sekitar miss V juga bisa menjadi ruam dan gatal-gatal. 

Baca juga rekomendasi pembalut lainnya di sini

Pantyliner dapat dipakai pada masa awal, akhir menstruasi, maupun saat beraktivitas sehari-hari. Selain pantyliner, tentu Anda juga akan membutuhkan produk pembalut lain selama periode menstruasi Anda. Untuk itu, kami telah mengulas tentang cara memilih pembalut, mulai dari pembalut siang, malam, hingga pembalut nifas. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahuinya lebih lanjut!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda mengenai artikel kami kali ini? Sudah banyak pantyliner yang dirancang ramah di kulit dengan berbagai macam tipe, bukan?


Pantyliner memiliki banyak manfaat bagi wanita. Selain untuk memberikan kenyamanan, pantyliner juga dapat menjaga kebersihan area kewanitaan dan pakaian dalam Anda. Dengan membaca artikel ini, semoga Anda dapat memilih pantyliner yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer