10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2018)


Sleeping bag untuk bayi biasa digunakan untuk membuat badan bayi menjadi hangat dan dapat mencegah sindrom kematian bayi mendadak, yang lebih dikenal dengan sebutan SIDS (Sudden Infant Death Syndrome). Penggunaan sleeping bag bayi ini sangat praktis dan instan.

Dalam hal bentuk, sleeping bag untuk bayi ada yang memiliki lengan, tanpa lengan dan menyerupai baju. Sedangkan dari segi bahan dasar, ada yang terbuat dari serat katun atau serat khusus lainnya. Sleeping bag untuk bayi yang bagaimana yang perlu Anda pilih untuk sang buah hati? Pada artikel berikut, kami akan menguraikan cara memilih beserta 10 rekomendasi sleeping bag untuk bayi Anda.

Daftar isi

Digunakan sewaktu tidur, dapat mencegah SIDS

Digunakan sewaktu tidur, dapat mencegah SIDS

Sleeping bag untuk bayi adalah kantong tidur yang dapat menutupi badan bayi secara keseluruhan, dari pundak hingga ke ujung kaki. Bahkan ketika kaki bayi Anda sering menendang-nendang, kaki bayi Anda tidak akan keluar dari sleeping bag ini. Sleeping bag untuk bayi akan melindungi bayi Anda dari dinginnya angin malam.

Penggunaan selimut atau bedong tradisional dapat menutupi muka bayi Anda secara tidak sengaja sewaktu bayi Anda tidur dengan lelap. Hal ini tentunya sangat berbahaya dan dapat menyebabkan terjadinya SIDS, yang tidak diinginkan. Pakailah sleeping bag untuk bayi agar dapat mencegah terjadinya hal ini.

Cara memilih sleeping bag untuk bayi

Setelah mengetahui fungsinya, mari kita pilih sleeping bag untuk bayi yang terbaik untuk buah hati Anda. Bagaimana cara memilihnya?

Pilihlah desain yang mudah dipakai

Variasi sleeping bag untuk bayi sangat beragam. Lihatlah desain sleeping bag untuk bayi, dan tentukanlah mana yang mudah dipakai.

Bukaan depan atau samping yang memiliki resleting, adalah yang terbaik

Bukaan depan atau samping yang memiliki resleting, adalah yang terbaik

Model ini adalah desain sleeping bag untuk bayi yang paling umum dan paling direkomendasikan. Anda dapat menggantinya dengan mudah sewaktu bayi Anda tidur dengan lelap. Sleeping bag ini dapat dibuka dengan lebar sehingga tidak sulit untuk mengenakannya pada bayi Anda.

Untuk bayi yang baru lahir, pilihlah sleeping bag tanpa penutup kepala, karena Anda akan kesulitan menopang leher bayi Anda ketika ada penutup kepala yang menghalangi pegangan Anda. Sleeping bag untuk bayi dengan penutup kepala lebih baik digunakan oleh bayi yang sudah dapat menegakkan lehernya dengan kuat.

Pilihlah desain yang tidak menghalangi pergerakan kaki bayi Anda

Pilihlah desain yang tidak menghalangi pergerakan kaki bayi Anda

Pada umumnya, sleeping bag untuk bayi didesain untuk menutupi bagian kaki bayi, tetapi ada beberapa model yang dapat membatasi pergerakan kaki bayi Anda. Untuk  bayi yang bergerak dengan aktif, pilihlah sleeping bag dengan desain yang tidak membatasi pergerakan kaki. Bayi Anda dapat bergerak dengan bebas dan nyaman sewaktu menggunakannya sebelum tidur.

Untuk desain yang seperti itu, Anda perlu memilih ukuran yang tepat sesuai dengan panjang badan bayi Anda. Mungkin saja Anda jadi perlu sering menggantinya, seiring dengan pertumbuhan badan bayi Anda.

Pilihlah desain yang dapat digunakan pada kereta dorong bayi

Pilihlah desain yang dapat digunakan pada kereta dorong bayi

Sleeping bag untuk bayi dengan lubang sabuk pengikat, dapat digunakan dengan mudah pada kereta dorong bayi atau car seat di mobil Anda. Penggunaan ini tentunya lebih praktis dibandingkan dengan selimut biasa yang dapat terjatuh dari kereta dorong atau car seat pada saat digunakan.

Pilihlah ukuran yang pas, sesuai badan bayi

Pilihlah ukuran yang pas, sesuai badan bayi

Ukuran sleeping bag yang terlalu besar dapat membahayakan bayi Anda. Ia dapat tergelincir, masuk ke dalamnya, dan hidung serta mulutnya dapat tertutup oleh bagian atas sleeping bag. Sebaliknya, jika ukuran sleeping bag terlalu kecil, bayi Anda akan merasa tidak nyaman karena gerakan yang dapat dilakukannya menjadi sangat terbatas. Setiap sleeping bag untuk bayi memiliki ukuran yang biasanya berjarak setiap 6 bulan, seperti ukuran 0 sampai 6 bulan, 6 sampai 12 bulan, dan seterusnya. Pilihlah yang sesuai dengan ukuran bayi Anda.

Dengan sering mengganti sleeping bag untuk bayi secara berkala, mungkin pengeluaran Anda akan membengkak. Untuk menghemat, Anda dapat memilih sleeping bag yang didesain untuk dapat digunakan dari usia 2 bulan hingga 2 tahun. Model ini biasanya memiliki bagian yang dapat disesuaikan dengan ukuran badan bayi, seperti adanya kancing jepret pada bagian leher bayi, yang dapat digunakan untuk menyesuaikan ukuran leher bayi.

Pilihlah bahan yang nyaman untuk bayi

Untuk bayi yang memiliki kulit sensitif, Anda perlu lebih ekstra hati-hati dalam memilih bahan dasar sleeping bag untuk  bayi.

Katun organik sangatlah disarankan

Katun organik sangatlah disarankan

Bahan dasar katun sangat disarankan sebagai bahan sleeping bag untuk bayi. Katun memiliki sifat adem dan tidak panas ketika digunakan. Bahan ini juga dapat menyerap keringat dengan baik, karena pada umumnya bayi mengeluarkan keringat dalam jumlah yang banyak.

Jenis katun yang disarankan adalah katun organik, yang terbuat dari serat alami dengan cara yang ramah lingkungan, dan tidak menggunakan bahan kimia berbahaya. Bahan ini tentunya aman dikenakan pada kulit bayi Anda yang lembut dan sensitif.

Dapat dicuci dengan mudah

Dapat dicuci dengan mudahSleeping bag untuk bayi dapat dengan mudah terkena kotor pada saat dikenakan, seperti dari tumpahan susu, gumoh, atau terkena ompol pada saat sedang tidur. Ganti dan cucilah segera sleeping bag tersebut. Pilihlah sleeping bag yang dapat dicuci dengan mudah, yang dapat masuk ke mesin cuci serta pengeringnya sehingga sleeping bag tersebut dapat segera digunakan kembali.

10 Rekomendasi sleeping bag terbaik untuk bayi

Di bawah ini kami akan memperkenalkan 10 sleeping bag terbaik untuk bayi. Pilihlah yang mudah dan nyaman untuk digunakan oleh bayi Anda.

10. Footmuff Stroller Sleeping Bag

10. Footmuff Stroller Sleeping Bag

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 270.000

Tidak takut lagi dengan angin sewaktu menggunakan kereta dorong bayi

Pilihan tepat untuk Anda yang ingin mengajak si kecil berjalan-jalan menggunakan kereta dorong bayi ke tempat yang dingin dan berangin. Sleeping bag ini dapat dengan praktis Anda gunakan pada kereta dorong bayi Anda. Selipkan tali pengikat pada lubang yang tersedia, dan sleeping bag siap untuk digunakan oleh si kecil.

Resleting pada sisi kanan dan kiri sleeping bag akan memudahkan Anda untuk menaruh si kecil di keretanya, serta dapat dengan mudah Anda buka ketika cuaca sedang tidak dingin. Hanya saja, sleeping bag ini menempel pada kereta dorong bayi Anda sehingga sewaktu Anda mengangkat bayi Anda dari kereta ini, Anda masih perlu mengenakan baju hangat ke badannya.

9. Sleeping Bag Mermaid

9. Sleeping Bag Mermaid

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 362.000

Sleeping bag yang menyatu dengan baju

Sleeping bag berbahan dasar katun tentunya akan nyaman digunakan oleh bayi Anda. Apalagi ditambah dengan model atasan yang menyerupai baju sehari-hari, tentunya akan menambah kenyamanan sleeping bag ini pada saat digunakan. Lengan panjangnya akan menghangatkan bayi Anda, terutama pada saat tidur malam.

Sleeping bag ini juga cocok dipakai untuk sesi foto bayi karena desainnya yang unik, dan yang paling menarik adalah motif putri duyung. Untuk menutup sleeping bag ini, Anda hanya perlu mengikat bagian bawahnya saja. Dengan diikat, bentuk yang menyerupai putri duyung akan semakin terlihat. Hanya saja, jangan mengikatnya terlalu kencang, agar kaki bayi Anda masih bisa bergerak dengan leluasa.

8. Hanaroo Bedong Bayi Instan

8. Hanaroo Bedong Bayi Instan

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 68.500

Dengan bukaan tali pada bagian depan, cocok untuk bayi yang baru lahir

Bayi baru lahir pada umumnya menginginkan kehangatan seperti berada di dalam kandungan ibunya. Dengan menggunakan sleeping bag berupa bedong bayi instan berbahan flanel, ia bisa mendapatkan kehangatan di seluruh tubuhnya. Apalagi sleeping bag ini memiliki desain yang dapat membungkus bayi dari bagian bahu hingga kaki, termasuk bagian tangannya.

Dengan adanya tali pada bagian depan, penggunaan sleeping bag ini sangat praktis. Penggunaan tali ini mungkin akan sedikit merepotkan apabila bayi sudah dapat bergerak dengan aktif sehingga sleeping bag ini cocok untuk digunakan oleh bayi yang baru lahir hingga usia 1 bulan.

7. Baby Joy Sleeping Bag Jolly Series

7. Baby Joy Sleeping Bag Jolly Series

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 122.000

Selipkan sapu tangan atau aksesoris bayi Anda pada kantung kangurunya

Sleeping bag dengan desain seperti kanguru ini sangat menarik untuk Anda miliki. Selain warnanya yang cerah, dua kuping di bagian topinya akan menambah keimutan bayi Anda yang menggunakannya, terutama pada saat bepergian. Kantung kanguru pun tidak terlupakan, dapat Anda gunakan untuk menyelipkan sapu tangan atau aksesoris bayi, seperti dot di dalamnya.

Resleting pada bagian kanan dan kiri badan dapat membuka sleeping bag dengan lebar sehingga mudah untuk dikenakan oleh bayi Anda. Kaki bayi Anda pun dapat bergerak dengan leluasa karena bagian kakinya menyerupai bentuk celana.

6. Sleeping Bag Bintang Laut

6. Sleeping Bag Bintang Laut

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 301.600

Keluarkan tangan sebelum waktunya tidur dan masukkan tangan sewaktu tidur

Bayi Anda yang mengenakan sleeping bag berbentuk bintang ini akan terlihat sangat menggemaskan. Selain menggemaskan, bayi Anda akan terlindung dari udara dingin, dari ujung kepala sampai dengan ujung kakinya. Bahan katun yang digunakan pada sleeping bag ini akan memberikan sentuhan lembut pada kulit bayi Anda.

Terdapat lubang pada bagian lengannya, yang berfungsi untuk mengeluarkan tangan anak Anda saat ia masih ingin beraktivitas. Kenyamanan lainnya juga terdapat pada bagian kakinya yang berbentuk celana dengan ukuran yang lebar, yang membuatnya dapat berjalan dan menendang-nendang kakinya hingga puas.

5. IKEA Pyttelilla Sleeping Bag

5. IKEA Pyttelilla Sleeping Bag

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 526.400

Warna-warni dan motif garis yang menarik

Dengan desain yang menarik dan menyegarkan mata, sleeping bag untuk bayi keluaran IKEA ini dapat menjadi pilihan Anda. Warna-warni yang segar dilihat mata, dipadukan dengan motif garis-garis yang minimalis, dapat dipakai oleh bayi laki-laki atau perempuan. Tanpa adanya bagian untuk tangan maka tangan bayi Anda dapat bergerak dengan bebas.

Bukaan depan yang dilengkapi dengan resleting menambah kepraktisan penggunaan sleeping bag ini karena sleeping bag dapat dibuka dengan lebar sehingga mudah dikenakan dan dilepas dari tubuh bayi Anda. Produk ini memiliki panjang 84 cm, cocok digunakan oleh bayi Anda yang berusia 6 sampai 18 bulan.

4. Orange Bedong Instan

4. Orange Bedong Instan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 58.000

Pilih karakter favorit Anda untuk dikenakan oleh sang buah hati

Memiliki karakter favorit, seperti karakter heroes, tetapi malu untuk mengenakannya karena faktor umur? Pilihlah sleeping bag yang memiliki gambar karakter tersebut untuk dikenakan oleh si kecil yang baru lahir. Tampilan bayi Anda akan terlihat lebih kece dan keren dengan adanya sentuhan karakter favorit Anda ini.

Dengan menggunakan sleeping bag yang dapat berfungsi sebagai bedong, Anda tidak lagi repot untuk melilit-lilit kain bedong tradisional. Bahannya yang terbuat dari katun dan bersifat stretch akan memberikan kenyamanan pada bayi Anda yang mengenakannya.

3. Shubeiyi Sleeping Bag

3. Shubeiyi Sleeping Bag

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 324.400

Sejuk dengan menggunakan bahan katun kasa

Mengenakan sleeping bag melalui kepala bayi bisa jadi merepotkan Anda. Dengan sleeping bag ini, Anda tidak perlu repot lagi karena terdapat kancing jepret pada bagian bahu sehingga sleeping bag dapat benar-benar terbuka ketika Anda memakaikannya pada bayi. Bagian bawah sleeping bag ini juga memiliki kancing yang dapat dibuka ketika anak Anda ingin mengeluarkan kakinya.

Untuk Anda yang tinggal negara tropis, seperti Indonesia, pilihlah sleeping bag yang memiliki bahan tidak terlalu tebal. Pilihan sleeping bag dengan bahan katun kasa ini tentu akan memberi rasa sejuk dan nyaman untuk bayi Anda, baik pada siang maupun malam hari. Tekstur katun kasa yang memiliki rongga-rongga akan memberikan sirkulasi udara pada bayi Anda ketika menggunakannya.

2. Crochet Swaddle Wrap

2. Crochet Swaddle Wrap

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 143.000

Tampil beda dengan sleeping bag rajut yang berkesan klasik

Ingin tampilan klasik dan elegan sewaktu bepergian dengan bayi Anda? Sleeping bag rajut untuk bayi ini dapat memberikan kesan tersebut. Rajutan ini terbuat dari bahan wol yang berkualitas tinggi, nyaman dan hangat pada saat dikenakan. Kulit bayi Anda akan terlindung di dalam rajutan ini.

Warna wol yang putih bersih dan kancing berwarna coklat natural yang digunakan untuk membuka dan menutup sleeping bag ini juga menambahkan kesan klasik, berbeda dengan sleeping bag pada umumnya yang menggunakan resleting. Tidak ada salahnya untuk sekali-kali terlihat klasik, bukan?

1. Wellber Sleeping Bag

1. Wellber Sleeping Bag

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 625.900

Dapat digunakan untuk berjalan sebelum waktunya tidur

Tersedia dalam dua ukuran, 70 cm-90 cm dan 90 cm-120 cm, sleeping bag ini dapat digunakan oleh bayi Anda hingga berusia 18 bulan. Untuk memberikan kenyamanan selagi bayi Anda lagi senang berjalan, sleeping bag ini didesain untuk dapat digunakan untuk berjalan. Bagian bawahnya memiliki kancing yang dapat dibuka untuk mengeluarkan kaki bayi Anda.

Sleeping bag ini juga memiliki keunikan pada bagian lengan panjangnya yang dapat dilepas dan dipasang, sesuai dengan kebutuhan bayi Anda. Lepaskanlah bagian lengannya ini jika bayi Anda terasa gerah atau saat dikenakan pada siang hari. Kenyamanan dan keamanan bahannya pun tidak perlu diragukan lagi, karena terbuat dari bahan alami yang ramah lingkungan.

Gunakanlah dari sedini mungkin

Gunakanlah dari sedini mungkin

Biasakanlah menggunakan sleeping bag untuk bayi sejak bayi Anda baru lahir. Jika anda menggunakannya setelah bayi Anda berumur satu tahun, ada kemungkinan ia tidak akan menyukainya.

Sleeping bag untuk bayi adalah salah satu peralatan tidur yang dapat mencegah terjadinya SIDS. Pertimbangkanlah untuk menggunakannya agar anak Anda dapat tidur dengan nyenyak dan aman. Agar lebih nyaman, pilihlah sleeping bag untuk bayi dengan desain yang dapat membuat pergerakan kaki bayi Anda menjadi lebih bebas.

Kesimpulan

10 Sleeping bag terbaik untuk bayi telah kami perkenalkan kepada Anda. Penggunaannya sangatlah baik karena dapat mencegah SIDS serta menjaga kenyamanan bayi Anda pada saat tidur.

Di toko perlengkapan bayi, Anda dapat menemui beragam sleeping bag untuk bayi. Ingatlah untuk memilih yang terbaik untuk bayi Anda, berdasarkan beberapa pertimbangan yang sudah kami bahas pada artikel di atas. Ciptakanlah tidur yang nyaman dan aman dengan menggunakan sleeping bag untuk bayi!