1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sleeping Bag Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sleeping Bag Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Sleeping bag bayi bermanfaat untuk menghangatkan badan bayi saat tidur. Penggunaan kantong tidur bayi ini sangatlah praktis dan mudah. Karena itu, banyak orang tua yang memilihnya sebagai pengganti selimut bayi biasa. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merek sleeping bag bayi yang bagus, mulai dari Omiland, Baby Joy, dan Dr. Bebe.


Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan mengajak Anda menyimak tips memilih sleeping bag atau sleep sack untuk bayi. Di artikel ini, terdapat berbagai rekomendasi produk yang dapat Anda jadikan referensi. Yuk, temukan yang terbaik untuk si buah hati!

Diperbaharui 10-10-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Fungsi sleeping bag untuk bayi

Fungsi sleeping bag untuk bayi
Sleeping bag untuk bayi adalah kantong tidur yang dapat menutupi badan bayi. Memang, sleeping bag untuk bayi bukanlah barang yang wajib dan harus ada. Namun, adanya sleeping bag untuk bayi dapat mempermudah pekerjaan Anda sebagai orang tua. Berikut ini beberapa manfaat dari sleeping bag bayi.

  • Sleeping bag mampu menjaga bayi Anda dari udara dingin sehingga si kecil tidur bisa lebih nyenyak. Jika Anda memiliki sleeping bag yang menutupi hingga bagian kaki bayi, hal itu dapat menghindarkannya dari kedinginan. Dengan begitu, Anda tidak perlu berulang kali membenarkan selimutnya setiap kali posisi si kecil berpindah. Anda pun dapat tidur dengan lebih tenang, bukan?

  • Dengan adanya sleeping bag, anak dapat terhindar dari sudden infant death syndrome (SIDS) yang banyak ditakutkan oleh orang tua. SIDS bisa disebabkan karena selimut bayi bergeser dan tak sengaja menutupi wajah bayi. Hal ini tentu saja berbahaya. Dengan menggunakan sleeping bag, Anda dapat mencegah hal tersebut.

Cara memilih sleeping bag bayi

Setelah mengetahui manfaatnya, mari beralih ke poin memilih sleeping bag untuk bayi. Mari simak di bawah ini!

① Pilih model yang sesuai dengan tujuan penggunaan

Pilihan sleeping bag untuk bayi sangatlah beragam. Dilihat dari tujuan penggunaannya, Anda dapat menemukan berbagai macam model yang ditawarkan. Agar tidak salah pilih, bacalah informasi berikut ini!

Produk dengan ritsleting yang dapat dibuka lebar: Dapat menidurkan bayi dengan mudah

Untuk menidurkan bayi Anda pada malam hari, model kantong tidur bayi yang dapat dibuka dengan lebar lebih dianjurkan. Model ini memudahkan Anda untuk membuka dan menutup sleeping bag


Dengan sleeping bag yang memiliki ritsleting ini, bayi yang sudah tertidur dapat direbahkan dengan mudah ke dalamnya. Bayi pun dapat ditaruh dan diangkat hanya dengan membuka dan menutup sleep sack. Selain itu, jika ritsletingnya dapat dibuka sampai bawah, Anda pun mudah mengganti popoknya.

Produk model rok atau celana: Nyaman untuk anak yang sudah aktif bergerak

Produk model rok atau celana: Nyaman untuk anak yang sudah aktif bergerak

Di pasaran, ada beberapa sleeping bag berbentuk rok atau celana sehingga kaki si kecil bisa bergerak dengan leluasa. Sleeping bag tipe ini juga sangatlah praktis karena dapat dipakaikan sebelum anak tidur dan tetap membuatnya bebas bergerak. Hal ini sangat berguna terutama ketika anak Anda sudah mencapai usia yang membuatnya banyak bergerak. 


Hanya saja, ukuran yang terlalu panjang bisa menjadi berbahaya bagi bayi. Jadi, tugas Anda adalah memastikan apakah ukurannya tepat atau tidak. Karena ukuran tubuh bayi mudah berubah seiring pertumbuhannya, sering-seringlah menggantinya secara berkala.

② Sesuaikan ukurannya dengan usia bayi agar lebih aman

Untuk membuat bayi nyaman dan aman, pilihlah ukuran kantong tidur bayi yang tepat. Ukuran yang sedikit lebih besar memang baik, tetapi jika terlalu besar malah akan membahayakan. Ukuran yang terlalu besar akan berisiko menenggelamkan badannya dan tidak sengaja menutupi mulut dan hidungnya. Namun, ukuran yang terlalu kecil juga tidak bagus karena si kecil tidak dapat bergerak bebas.


Kebanyakan sleeping bag dirancang dengan acuan 6 bulan, seperti untuk usia 0–6 bulan atau usia 6–18 bulan. Namun, ada juga yang dirancang untuk penggunaan lama seperti 2 bulan hingga 2 tahun. Sleeping bag seperti ini biasanya memiliki bagian leher yang dapat di-adjust. Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikannya dengan tinggi badan bayi agar dapat digunakan dalam waktu lama.

③ Pertimbangkan produk yang dapat digunakan di stroller bayi agar lebih praktis

Pertimbangkan produk yang dapat digunakan di stroller bayi agar lebih praktis

Jika Anda menginginkan sleep sack yang dapat digunakan selama bepergian, pilihlah yang dapat dipasangkan ke stroller. Jika sleeping bag memiliki lubang untuk sabuk pengaman, Anda dapat memasangnya di stroller atau car seat mobil. Dengan begitu, angin dari luar tidak akan membuat buah hati Anda kedinginan.


Saat bepergian ke tempat yang bersuhu dingin, banyak orang tua yang menggunakan footmuff pada stroller. Jika Anda hanya menggunakan selimut untuk menutupi badan si kecil, kemungkinan besar selimutnya akan tertendang oleh bayi dan terjatuh. 


Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi apabila menggunakan sleeping bag tipe footmuff pada stroller. Bayi Anda akan tetap merasa nyaman karena mendapatkan kehangatan yang sama selama berada di luar dan di dalam rumah. Sayangnya, produk ini cukup sulit ditemukan di online shop Indonesia.

④ Perhatikan bahan yang digunakan

Selain hal-hal yang telah kami sampaikan di atas, bahan sleeping bag juga menjadi pertimbangan penting yang perlu Anda perhatikan. Agar lebih jelas, mari simak pemaparannya!

Bahan yang halus dan breathable: Dapat disesuaikan dengan berbagai kondisi

Bahan yang halus dan breathable: Dapat disesuaikan dengan berbagai kondisi

Sleeping bag yang praktis adalah yang dapat digunakan sepanjang tahun dengan bahan halus dan breathable. Kebanyakan dari produk sleeping bag terbuat dari bahan katun. Apabila kain bagian dalamnya dapat disesuaikan, Anda dapat menggunakan sleeping bag saat cuaca panas ataupun dingin.


Namun, mungkin ada dari Anda yang berencana ke luar negeri dan tidak cukup dengan kantong tidur bayi berbahan katun. Jika demikian, pilihlah produk yang memiliki lapisan lebih tebal atau bahan berbulu sehingga lebih menghangatkan tubuh bayi. Jika Anda bingung memilih yang mana, bawalah kedua bahan sleeping bag tadi sebagai persiapan.

Bahan yang lembut dan aman untuk kulit bayi: Meminimalkan risiko iritasi

Bahan yang lembut dan aman untuk kulit bayi: Meminimalkan risiko iritasi

Pilihlah sleeping bag yang lembut untuk kulit bayi sehingga ia dapat tidur dengan nyaman. Karena langsung bersentuhan dengan kulit bayi, bahan katun sangat dianjurkan karena dapat menyerap keringat. Untuk kulit bayi yang sensitif, pertimbangkan juga katun organik yang tidak mudah membuat iritasi.


Selain itu, akan lebih baik lagi jika produknya memiliki OEKO-TEX Standard, yaitu standar produk internasional untuk kain. Untuk katun organik, Anda dapat mencari yang sudah berlabel Global Organic Textile Standards (GOTS). Itu adalah standar internasional untuk pembuatan produk tekstil.

Bahan yang bisa dicuci dengan mesin: Lebih praktis untuk Anda yang sibuk

Bahan yang bisa dicuci dengan mesin: Lebih praktis untuk Anda yang sibuk

Sleeping bag digunakan sebagai alas tidur bayi sehingga mudah terkena kotoran saat Anda menyusui atau saat mengganti popok. Karena itu, sleeping bag yang dapat dicuci dengan mesin cuci sangatlah praktis karena dapat dicuci langsung apabila terkena kotoran.


Jadi, pilihlah bahan sleeping bag yang tidak hanya dapat dicuci dengan tangan, tetapi juga mesin cuci. Lebih baik lagi jika sleeping bag dapat dimasukkan ke pengering karena Anda tidak perlu membilasnya berulang kali. Hal ini sangatlah bermanfaat, apalagi untuk Anda yang sibuk. 


10 Rekomendasi sleeping bag bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sleeping bag bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Dialogue Group

Omiland Baby Blanket Panda Series Abu Saku Print

Dialogue Group Omiland Baby Blanket Panda Series Abu Saku Print 1枚目

Bahan lembut dengan tambahan karakter panda yang supergemas

2

Dialogue Group

Omiland Baby Blanket Print Mono Chevron

Dialogue Group Omiland Baby Blanket Print Mono Chevron  1枚目

Penggunaan lebih mudah tanpa menggunakan pengait

3

Baby Joy

Selimut Bayi Kokoa Series

Baby Joy Selimut Bayi Kokoa Series 1枚目

Perekat velcro-nya mudahkan Anda untuk membuka dan menutup sleeping bag

4

Mere et Moi

Sleeping Bag Rajut

Mere et Moi Sleeping Bag Rajut 1枚目

Kain rajutnya lembut, bisa digunakan untuk newborn baby

5

Bumbee Collection

Sleeping Bag Minky

Bumbee Collection Sleeping Bag Minky 1枚目

Isi silikonnya tebal, bisa dijadikan alas bermain

6

Dialogue Baby

Baby Blanket Bayi Birdie Series

Dialogue Baby Baby Blanket Bayi Birdie Series 1枚目

Topinya bisa dilepas dan dipasang, mudah disesuaikan dengan kebutuhan bayi

7

Dr. Bebe

Sleeping Bag Basic

Dr. Bebe Sleeping Bag Basic 1枚目

Menggunakan katun khusus untuk penggunaan di daerah tropis

8

Sumimo

Cotton Sleeping Bag Set

Sumimo Cotton Sleeping Bag Set 1枚目

Dikemas dalam paket eksklusif, pas untuk kado!

9

Dialogue Group

Snobby Sleeping Bag Seri Squirrel

Dialogue Group Snobby Sleeping Bag Seri Squirrel 1枚目

Desainnya bikin si kecil merasa hangat dan bisa bebas bergerak

10

Bebe au Lait

Bedtime Sleeper

Bebe au Lait Bedtime Sleeper 1枚目

Pure cotton muslin yang makin dicuci makin lembut

Perincian produk
Close
No.1

Dialogue GroupOmiland Baby Blanket Panda Series Abu Saku PrintOBB1311

Mulai dari Rp160.000,00

Bahan lembut dengan tambahan karakter panda yang supergemas

Kelebihan

  • Desainnya bikin bayi terlihat lebih cute

Kekurangan:

  • Bahan cenderung tipis menurut beberapa ulasan


Sleeping bag berbahan dasar katun ini tentunya nyaman digunakan. Dirancang dengan kancing di bagian depan, Anda pun mudah melepas dan memakaikan produk ini pada bayi Anda. Ditambah dengan karakter panda, tampilannya menjadi lebih menggemaskan.


Bukan hanya itu, ada tambahan saku di bagian depan sebagai tempat menyelipkan mainan atau theeter bayi. Jika Anda mencari sleeping bag yang fungsional, jangan sampai melewatkan produk ini, ya.

No.2

Dialogue GroupOmiland Baby Blanket Print Mono Chevron

Mulai dari Rp88.500,00

Penggunaan lebih mudah tanpa menggunakan pengait

Kelebihan:

  • Praktis, memudahkan Anda saat mengganti popok atau menyusui

Kekurangan:

  • Beberapa pembeli mengatakan bahan tergolong tipis

Jika Anda mencari sleeping bag yang tidak memiliki pengait, coba pertimbangkan produk yang satu ini. Dengan desain tanpa pengait, produk ini cocok digunakan saat bepergian sehingga tidak repot saat harus mengganti popok atau menyusui.


Produk ini didesain seperti selimut yang bisa dilipat secara menyeluruh mulai dari kaki hingga kepala. Bahan bagian luar dan bagian dalamnya terbuat dari katun sehingga akan memberikan kenyamanan bagi anak, termasuk Anda yang menggendongnya. 

No.3

Baby JoySelimut Bayi Kokoa Series

Mulai dari Rp282.800,00

Perekat velcro-nya mudahkan Anda untuk membuka dan menutup sleeping bag

Kelebihan:

  • Mudah dibuka dan ditutup dengan perekat velcro

Kekurangan:

  • Hanya tersedia warna pink dan hijau

Apakah Anda menginginkan sleeping bag yang tetap memberi kehangatan tanpa membuat bayi Anda terbatasi gerakannya? Jika iya, produk berdesain koala ini dijamin akan membuat Anda puas! 


Tidak seperti sleeping bag lainnya yang berbentuk kotak, produk ini memberikan keleluasaan gerak bayi dengan model celananya. Alhasil, si kecil dapat bebas menendang-nendang tanpa merasa kedinginan karena kakinya tetap tertutup rapat. 

No.4

Mere et MoiSleeping Bag Rajut

Mulai dari Rp100.000,00

Kain rajutnya lembut, bisa digunakan untuk newborn baby

Kelebihan:

  • Kain rajutnya lembut, aman untuk kulit newborn baby

Kekurangan:

  • Hanya bisa digunakan sampai bayi usia 3 bulan

Nah, inilah salah satu produk yang layak dipertimbangkan oleh Anda yang mencari sleeping bag untuk newborn baby. Kulit bayi yang baru lahir tentu masih sangat sensitif. Karena itu, Anda perlu memilih sleeping bag yang lembut dan aman untuk kulit bayi, seperti produk ini.


Dirancang dengan bahan kain rajut yang lembut, produk ini akan menjaga bayi Anda tetap hangat dan nyaman. Selain itu, bahan ini juga elastis sehingga bisa melar mengikuti bentuk tubuh bayi.  

No.5

Bumbee CollectionSleeping Bag Minky

Mulai dari Rp273.000,00

Isi silikonnya tebal, bisa dijadikan alas bermain

Kelebihan:

  • Bahan empuk dan hangat
  • Terdapat tiga pilihan bahan

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk bayi yang mulai aktif bergerak

Produk dari Bumbee Collection layak dipertimbangkan karena beberapa kelebihan yang ditawarkan. Salah satunya adalah produk ini dapat difungsikan menjadi alas bermain karena isian yang lumayan tebal sehingga terasa empuk. Ditambah lagi, karena sudah mendapatkan sertifikasi dari K3L, tentu sleeping bag ini nyaman dipakai oleh bayi Anda. 

No.6

Dialogue BabyBaby Blanket Bayi Birdie SeriesDGB3112

Mulai dari Rp224.500,00

Topinya bisa dilepas dan dipasang, mudah disesuaikan dengan kebutuhan bayi

Kelebihan:

  • Fleksibel, topinya bisa dilepas dan dipasang

Kekurangan:

  • Pilihan warna hanya ada dua

Untuk Anda yang sering bepergian ke berbagai tempat, sleeping bag dari Dialogue Baby ini perlu Anda miliki. Sleeping bag dengan desain burung ini sangatlah menarik. Selain memiliki dua pilihan warna, topinya pun dapat dilepas pasang. 


Jika cuaca panas, Anda dapat melepas topinya supaya si kecil tidak berkeringat. Jika berada di tempat yang dingin, topinya dapat Anda pasang dan kencangkan supaya anak tidak kedinginan. Produk ini begitu fleksibel dan bisa disesuaikan dengan berbagai kondisi!

No.7

Dr. BebeSleeping Bag Basic

Mulai dari Rp369.000,00

Menggunakan katun khusus untuk penggunaan di daerah tropis

Kelebihan:

  • Bahan katun khusus yang cocok untuk negara tropis, bayi pun merasa nyaman

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan ukuran produk tidak sesuai dengan deskripsi 

Hidup di negara tropis seperti Indonesia memang membuat Anda harus memutar otak agar anak tidak kepanasan. Salah satunya adalah memilih sleeping bag yang nyaman dan adem ketika dipakai. Dengan katun seersucker, produk ini dapat memenuhi kebutuhan tersebut. 


Katun ini memang dirancang untuk penggunaan di daerah yang bersuhu panas. Ditambah dengan ritsleting di bagian pinggir yang dapat dibuka lebar, penggunaannya jadi lebih praktis. Pilihlah sleeping bag ini jika Anda tinggal di daerah perkotaan yang panas.

No.8

SumimoCotton Sleeping Bag Set

Mulai dari Rp475.000,00

Dikemas dalam paket eksklusif, pas untuk kado!

Kelebihan:

  • Bayi tidur lebih nyaman berkat adanya bantal peang

Kekurangan:

  • Desain warnanya dominan putih, mudah terlihat kotor

Jika Anda sedang mencari sleeping bag untuk dijadikan kado untuk teman atau kerabat yang melahirkan, pilih saja produk ini. Pasalnya, produk ini dikemas dalam bentuk paket yang eksklusif. Terlebih lagi, di dalam paketnya juga sudah dilengkapi dengan bantal peang yang pas untuk bayi. Yuk, jadikan produk ini sebagai kado spesial untuk relasi Anda! 

No.9

Dialogue GroupSnobby Sleeping Bag Seri SquirrelTPB5631

Mulai dari Rp156.000,00

Desainnya bikin si kecil merasa hangat dan bisa bebas bergerak

Kelebihan:

  • Bayi bisa bebas bergerak dan tetap merasa hangat 

Kekurangan:

  • Tidak ada informasi mengenai usia pemakaian sleeping bag

Kami merekomendasikan produk dari Snobby untuk buah hati Anda yang mulai aktif bergerak. Hal ini karena desainnya membuat bayi Anda leluasa bergerak meski berada di dalam sleeping bag. Selain bebas bergerak, bayi pun akan merasa hangat karena kaki dan tangannya tertutup. Ditambah lagi, Anda juga akan mudah memakaikannya pada si kecil berkat adanya ritsleting di bagian depan.

No.10

Bebe au LaitBedtime Sleeper

Mulai dari Rp450.000,00

Pure cotton muslin yang makin dicuci makin lembut

Kelebihan:

  • Makin dicuci makin terasa lembut

Kekurangan:

  • Pemakaian hanya sampai bayi usia 1,5 tahun

Apabila Anda khawatir bahan selimut menyebabkan kulit si kecil tidak nyaman, cobalah produk ini. Produk ini khusus dirancang untuk memberi kenyamanan meski udara terasa panas pada malam hari. Menariknya lagi, bahannya yang berasal dari katun muslin akan makin lembut tiap kali dicuci. Alhasil, kulit si kecil akan tetap merasa nyaman sekalipun berkeringat saat tidur.

Gunakanlah sleeping bag sejak usia dini

Gunakanlah sleeping bag sejak usia dini

Banyak orang bertanya-tanya kapan saat yang tepat untuk menggunakan sleeping bag bayi. Anda sebaiknya memakaikan sleeping bag untuk bayi sejak usia sedini mungkin. Sudden infant death syndrome (SIDS) dikatakan rentan terjadi pada usia bayi 2 minggu sampai 1 tahun. 


Namun, SIDS paling banyak ditemukan saat bayi menginjak usia 2 bulan sampai 4 bulan. Untuk menghindari hal tersebut, sleeping bag dapat dipakaikan ke bayi Anda pada usia sedini mungkin. Untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan tidur anak, pertimbangkanlah hal ini, ya.

Baca juga rekomendasi perlengkapan bayi lainnya di sini

Sleeping bag untuk bayi adalah salah satu dari perlengkapan bayi yang harus Anda persiapkan untuk menyambut kelahiran buah hati. Selain itu, masih banyak lagi produk yang tidak boleh Anda lewatkan seperti stroller hingga tempat tidur bayi. Simak informasinya pada artikel di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan sepuluh sleeping bag untuk bayi yang dapat Anda pilih sebagai referensi. Produknya pun beragam mulai dari model selimut dengan ritsleting hingga model baju. 


Selanjutnya, pilihlah yang sesuai dengan kondisi anak Anda. Namun, ingatlah untuk selalu mengutamakan bahan yang nyaman dan ukuran yang pas. Dengan begitu, buah hati Anda akan tidur lebih lelap dan nyaman. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mencari sleeping bag terbaik!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer