10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Ketika semakin besar, bayi Anda akan membutuhkan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). Bubur bayi merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan serta memiliki berbagai rasa, kandungan vitamin dan mineral, tekstur, dan lain sebagainya. Namun, banyaknya produk yang beredar, seperti Milna, Promina, atau SUN mungkin membuat Anda bingung untuk memilihnya.

Dengan adanya bubur bayi, tentu akan memudahkan Anda dalam menyiapkan makanan bagi si kecil. Oleh karena itu, kali ini kami akan mengulas mengenai cara memilih bubur bayi yang enak dan sehat, serta memberikan sepuluh rekomendasi bubur bayi terbaik untuk bayi Anda. Yuk, simak ulasan kami!

Daftar isi

Cara memilih bubur bayi

Dalam memilih makanan bayi, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan, seperti bentuk, tekstur, rasa, serta keamanannya. Di bawah ini kami akan menjelaskan cara memilih bubur bayi yang tepat untuk anak Anda.

Pilih berdasarkan kemasan atau bentuknya

Produk bubur bayi tersedia dalam berbagai bentuk dan kemasan. Masing-masing memiliki keunggulan dan rekomendasi penyajiannya tersendiri. Mari kenali satu-persatu.

Bubur bayi dalam kemasan jar, cocok dibawa bepergian

Bubur bayi dalam kemasan jar, cocok dibawa bepergian

Membawa wadah makanan ketika bepergian tentu terasa merepotkan, apalagi Anda juga akan kesulitan mencuci wadah makanan tersebut. Jika Anda hendak bepergian bersama bayi Anda, pilihlah makanan bayi dengan wadah plastik atau jar sekali pakai karena akan lebih memudahkan Anda.

Beberapa kemasan tersebut juga telah menyediakan sendok sekali pakai sehingga Anda tidak perlu membawa sendok lagi. Tentunya kemasan seperti ini sangat praktis untuk digunakan tidak hanya di rumah, tetapi juga di perjalanan Anda bersama si buah hati.

Bubur bayi berbentuk bubuk, mudah untuk disiapkan

Bubur bayi berbentuk bubuk, mudah untuk disiapkan

Selanjutnya adalah bubur bayi berbentuk bubuk. Untuk membuatnya Anda hanya perlu mencampurnya dengan air panas saja. Sebenarnya bubur bayi tipe ini kurang cocok dibawa saat bepergian karena Anda harus selalu menyediakan air panas. Akan tetapi, bila Anda bisa membawa termos atau menggunakannya di tempat Anda bisa mendapatkan air panas dengan mudah, tipe ini sangat pas karena ringan dan mudah dibawa.

Dalam penyajiannya, Anda juga dapat menambahkan sayuran atau makanan berprotein lain sebagai pelengkap. Lalu, perlu Anda ketahui produk tipe ini biasanya mempunyai tenggang kedaluwarsa yang lama sehingga cocok untuk dijadikan stok makanan si kecil.

Bubur bayi dalam kemasan pouch, praktis dan siap makan

Bubur bayi dalam kemasan pouch, praktis dan siap makan

Terakhir adalah produk siap saji yang sudah dikemas dalam kemasan plastik siap makan. Kemasan ini dinilai praktis karena anak Anda bisa langsung memakannya setelah dibuka. Bagi para ibu yang sangat sibuk, produk ini adalah alternatif yang tepat.

Anda hanya perlu menuangkannya ke dalam mangkuk favorit anak Anda atau dikonsumsi secara langsung dari bungkusnya. Karena kemasannya, bubur bayi ini mudah pula dibawa-bawa saat bepergian. Bila sudah habis, Anda pun akan lebih mudah membuang bungkusnya ketimbang bubur bayi dalam kemasan jar. Di mana pun Anda hendak memberikannya untuk bayi Anda, jelas produk seperti ini tetap sangat mudah digunakan.

Apakah bisa dicampur dengan bahan makanan lain?

Apakah bisa dicampur dengan bahan makanan lain?

Ketika masih bayi, Anda masih bisa memberikan bubur bayi pada anak Anda tanpa memberikan tambahan rasa apa pun. Namun, semakin anak membesar, anak akan semakin sulit makan bila makanan yang ia makan terasa hambar. Jika sudah begitu, Anda harus mulai menambahkan bahan makanan lain pada buburnya. Ini adalah kesempatan Anda untuk memperkenalkan berbagai makanan bergizi.

Anda bisa menambahkan berbagai sayuran dan makanan lain ke dalam bubur bayi Anda. Dengan melakukan hal tersebut, Anda bisa memberikan gizi lebih sekaligus memperkenalkan beragam rasa pada anak Anda.

Periksa dan sesuaikan kekentalan bubur bayi dengan usia bayi Anda

Periksa dan sesuaikan kekentalan bubur bayi dengan usia bayi Anda

Pada kebanyakan produk bubur bayi, Anda bisa mengatur tingkat kekentalan yang Anda inginkan. Saat bayi Anda semakin besar dan semakin terbiasa makan bubur bayi, Anda bisa meningkatkan kekentalan buburnya menjadi seperti pasta.

Kecepatan setiap bayi agar terbiasa terhadap tekstur makanannya tentu berbeda-beda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyesuaikan produk dengan usia bayi Anda. Pada setiap kemasan bubur bayi biasanya sudah tertera usia yang tepat untuk memakannya sehingga Anda tidak perlu bingung lagi menentukan tingkat kekentalan yang pas.

Sebaiknya pilihlah produk-produk lokal

Sebaiknya pilihlah produk-produk lokal

Jika Anda amati, di pasaran beredar dua jenis produk makanan bayi. Anda akan menemui produk lokal dan produk yang diimpor dari luar negeri. Pada produk lokal, pengawasan makanan lebih terjamin dibandingkan dengan produk impor. Hal itu disebabkan standar pengawasan makanan masing-masing negara berbeda. Terkadang produk impor tidak selalu melewati pemeriksaan yang cukup. Silakan pilih yang Anda suka, tetapi kami sarankan sebaiknya Anda menjatuhkan pilihan pada produk lokal. 

Selain itu, produk lokal tentu mencantumkan bahan-bahan yang digunakan dengan jelas. Dengan begitu, Anda akan merasa semakin tenang saat memilih bubur bayi karena kandungan bahan-bahannya familier dan sudah Anda kenali dengan pasti.

10 Rekomendasi bubur bayi terbaik

Kini tiba saatnya kami memberikan 10 rekomendasi bubur bayi terbaik. Masing-masing produk memiliki keistimewaan sendiri-sendiri. Pilih sesuai kebutuhan Anda dan penuhilah kebutuhan si kecil dengan makanan favoritnya.

10. Gasol Organik Tepung Jagung

10. Gasol Organik Tepung Jagung

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 22.500

Rasakan khasiat jagung dari produk lokal organik ini

Jagung merupakan makanan pokok yang tidak hanya mengandung karbohidrat, tetapi juga fosfor yang berguna untuk perkembangan otak dan sistem saraf. Selain itu, jagung juga membantu membangun otot dan tulang bayi Anda. Gasol Tepung Jagung ini adalah makanan pendamping ASI yang diperuntukkan bagi bayi usia 6-9 bulan.

Dalam penyajiannya Anda bisa menambahkan susu, yoghurt tawar, buah, ikan, atau sayuran lainnya sebagai varian rasa dan nutrisi tambahan bagi buah hati Anda. Bila Anda menginginkan bayi Anda mendapat manfaat dari jagung dan mencari produk lokal organik yang aman, produk ini adalah pilihan tepat untuk Anda.

9. Bionic Farm Tepung Beras Merah Organik

9. Bionic Farm Tepung Beras Merah Organik

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 22.500

Tepung beras merah organik bebas gluten yang serbaguna

Untuk Anda yang mencari produk organik dan bebas gluten, tepung beras merah dari Bionic Farm ini adalah jawaban tepat. Tepung beras ini dibuat dari beras murni yang ditanam secara organik tanpa tambahan zat aditif lainnya. Sangat aman untuk pencernaan si kecil dan cocok sebagai makanan pendamping ASI.

Produk ini memiliki tekstur bubuk yang sangat halus sehingga dapat digunakan juga sebagai bahan roti, pasta, bubur, dan pengental hidangan cair. Selain bisa dikonsumsi oleh bayi di atas 6 bulan, tepung ini juga bisa dikonsumsi oleh orang dewasa yang ingin mengontrol tekanan darah tinggi atau intoleran terhadap gluten, lho!

8. Promina Bubur Tim Daging & Brokoli

8. Promina Bubur Tim Daging & Brokoli

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 12.900

Teksturnya akan menstimulasi kemampuan mengunyah buah hati Anda

Anda pasti mengenal Promina yang telah lama berdiri sebagai merek bubur bayi kenamaan. Produk ini dirancang memiliki tekstur sedikit kasar untuk menstimulasi kemampuan bayi Anda mengunyah dan menggigit, serta membantu menstimulasi pertumbuhan giginya. Karena itulah produk ini cocok untuk Anda yang ingin mengasah kemampuan mengunyah si kecil.

Produk yang ditujukan untuk bayi berusia 8 bulan ke atas ini juga memiliki banyak varian rasa yang bisa Anda pilih untuk menghindari bayi Anda menjadi pemilih makanan di kemudian hari. Penyajiannya pun cukup praktis, Anda hanya perlu menambahkan air panas dan mengaduknya hingga rata, lalu bubur pun siap disajikan!

7. Indofood SUN Baby Milk Cereal Ubi Ungu

7. SUN Bubur Sereal Susu Ubi Ungu

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 8.500

Tingkatkan daya tahan tubuh si kecil dengan kandungan gizinya

Selanjutnya adalah produk lokal keluaran SUN yang hadir dengan harga sangat terjangkau. Produk ini dibuat dari ubi ungu yang merupakan sumber vitamin A, C, E, dan beta-karoten yang sangat baik untuk kesehatan serta kaya akan berbagai zat mineral lainnya. Produk ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan produk bergizi lengkap bagi bayi Anda.

Teksturnya yang lembut sangat baik bagi pencernaan bayi kecil Anda yang baru belajar mengenal makanan. Kemasannya pun ekonomis, pas untuk porsi sekali makan bayi Anda dan mudah dibawa ke mana saja. Anda cukup membawa air panas dalam termos saja bila Anda ingin memberikan bubur ini saat bepergian.

6. Yummy Bites Cereal Cheesy Vegetable with Pasta

6. Yummy Bites Cereal Cheesy Vegetable with Pasta

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 35.460

Perpaduan lezat keju plus pasta bikin si kecil makin lahap!

Bila Anda ingin memberikan bubur bayi dengan rasa pasta yang lezat pada anak Anda, produk inilah jawabannya. Bubur bayi ini mengandung pasta dan keju sehingga akan terasa gurih di lidah anak Anda. Adanya kandungan wortel, tomat, dan tepung jagung tidak hanya membuat produk ini semakin bergizi, tetapi juga mudah dicerna.

Produk ini juga kaya akan kandungan zat besi yang sangat berkhasiat untuk menyehatkan anak Anda. Ditambah dengan kandungan vitamin, mineral, serta kalsium, produk ini semakin ampuh dalam mendukung pertumbuhan si kecil. Untuk penyajiannya, Anda cukup menambahkan air hangat dan mendiamkannya selama 2 menit saja.

5. Bitzy Organic Baby Puree

5. Bitzy Organic Baby Puree

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 30.000

Produk homemade dengan 9 varian rasa!

Produk satu ini cocok untuk Anda yang mencari bubur bayi homemade dan terbuat dari bahan-bahan organik. Tersedia dalam 9 varian rasa, Anda dapat memilih sesuai selera Anda dan memperkenalkan seluruhnya kepada anak Anda. Kemasan jar-nya juga akan memudahkan Anda memberikan produk ini pada anak Anda setiap saat.

Semua pilihan rasa yang ada terbuat dari 100% buah dan sayur asli. Dengan demikian, anak Anda akan mendapat manfaat maksimal dari buah dan sayur tadi beserta seratnya sekaligus. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang mencari produk homemade organik berkualitas dalam kemasan jar yang praktis untuk anak Anda.

4. Nayz Elhappy Tummy

4. Nayz Elhappy Tummy

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 24.000

Bantu atasi masalah sembelit si kecil

Di usia yang masih sangat kecil, bayi sering kali mengalami masalah pencernaan akibat sistem pencernaannya yang masih belum berkembang sempurna. Perut si kecil masih belajar menerima makanan padat yang terkadang dapat menyebabkan sembelit sehingga membutuhkan serat lebih agar pencernaannya tak terganggu.

Untuk mengatasi hal itu, Anda perlu mencoba Nayz Elhappy Tummy yang terbuat dari bahan-bahan organik berserat tinggi untuk membantu melancarkan pencernaan anak Anda. Anda bisa memasak bubur beras ini dalam slow cooker selama beberapa jam dan bubur beras antisembelit ini pun siap dinikmati si kecil.

3. Nestlé CERELAC Bubur SUSU serealia Sayur-sayuran

3. Nestlé CERELAC Bubur SUSU serealia Sayur-sayuran

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 32.600

Melengkapi kebutuhan gizi harian anak Anda

Setiap harinya, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup banyak, apalagi untuk anak dalam masa emas perkembangannya. Dengan produk ini, anak Anda akan mendapat manfaat dari minyak ikan, berbagai vitamin dan mineral yang terkandung dari buah dan sayuran, serta tinggi akan kandungan zat besi.

Kombinasi antara bubur bertekstur dan rasa pada bubur ini akan membuat anak Anda menyukainya. Selain akan membuat anak belajar mengunyah, produk ini juga membantu Anda memenuhi asupan nutrisi harian anak Anda. Bubur ini dapat dikonsumsi oleh anak usia 1-2 tahun dan berbentuk bubuk yang praktis disimpan dalam waktu lama.

2. Heinz Baby Beef and Sweet Potato Mash

2. Heinz Baby Beef and Sweet Potato Mash

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 37.000

Bebas bahan aditif, makin aman dimakan si kecil

Bila Anda mencari bubur bayi yang cocok untuk bayi usia 4 bulan ke atas dan tidak mengandung berbagai bahan tambahan buatan, ini dia solusinya! Produk keluaran Heinz Baby ini dibuat secara khusus tanpa mengandung bahan aditif berupa perasa, pewarna, atau pengawet buatan sehingga semakin aman dikonsumsi anak Anda.

Selain itu, kombinasi daging dan ubi dari bubur ini merupakan sumber energi yang baik untuk anak Anda. Produk ini juga akan menyehatkan dan membantu perkembangan kognitif si kecil dengan adanya zat besi plus kalsium. Ditambah kandungan berbagai vitamin di dalamnya, Anda semakin jatuh hati pada produk ini, bukan?

1. Milna Nature Delight Apple and Peach

1. Milna Nature Delight Apple and Peach

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 15.000

Harganya ekonomis dan sangat praktis, lho!

Ini dia bubur bayi peringkat satu pilihan kami. Bubur dari Milna ini dikemas dengan kemasan kantung sekali pakai yang tidak akan memakan banyak tempat di tas Anda. Setelah Anda selesai memberikan bubur ini pada anak Anda, Anda tinggal membuang bungkusnya. Sangat praktis, bukan?

Kemudian, kandungan apelnya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan berkat seratnya yang tinggi, selain dari vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. Di sisi lain, peach berguna untuk meningkatkan kesehatan mata dan kulit bayi. Bila Anda mencari bubur bayi kaya nutrisi dengan kemasan praktis dan harga yang bersahabat, pilihlah produk ini.

Kesimpulan

Dalam memberi nutrisi anak, tentu ibu ingin memberikan makanan buatan sendiri. Namun, dengan kesibukan yang berbeda-beda pada setiap ibu, bubur bayi kemasan menjadi alternatif pilihan.

Jangan lupa pula untuk mempertimbangkan hal-hal penting lain seperti kualitas dan kandungan nutrisi tepat yang sedang dibutuhkan anak Anda. Maka dari itu, pilihlah dengan cermat dan semoga terbantu dengan artikel kami kali ini!