• 10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)

Ketika mencapai usia 6 bulan, bayi Anda akan membutuhkan makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Bubur bayi instan merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan. Selain praktis, bubur bayi ini memiliki berbagai varian rasa, kandungan vitamin, mineral, dan lainnya.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang bagus, enak, sehat, dan baik untuk perkembangan bayi. Merk-merk bubur bayi untuk kecerdasan otak, seperti Milna, Promina, SUN, dan Cerelac tak ketinggalan untuk kami ulas. Kami juga berkolaborasi dengan ahli gizi kami, Leona Victoria. Yuk, simak terus artikel ini selengkapnya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Leona Victoria
  • Pembaharuan terakhir: 31 Agustus 2021
  • 243.166 Views
Daftar isi

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes, weight management, mindful eating, dan gizi anak.


Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent.

Bubur apa yang bagus untuk bayi?

Pada dasarnya, terdapat dua jenis bubur untuk bayi, yakni bubur fortifikasi dan bubur homemade. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini ulasan selengkapnya dari kami.

Bubur fortifikasi, praktis dan lengkap kandungan gizinya

Bubur fortifikasi atau biasa disebut bubur instan merupakan bubur buatan pabrik. Bubur ini sangat praktis dan bisa menjadi pilihan tepat bagi ibu-ibu yang sibuk. Bubur fortifikasi dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran dengan berbagai varian rasa. Sebagian ibu mungkin ragu memberikan bubur ini karena dianggap kurang bergizi atau mengandung zat aditif yang membahayakan kesehatan. 


Sebenarnya, Anda tidak perlu khawatir. Bubur fortifikasi merupakan bubur dari bahan alami yang sudah dikeringkan. Sayuran, buah-buahan, sumber protein hewani, atau bahan lainnya dihilangkan kadar airnya sampai menjadi berbentuk bubuk. 


Kemudian, ditambahkanlah berbagai zat gizi, vitamin, mineral, dan mikronutrien penting. Selain itu, setiap produk bubur fortifikasi harus memenuhi standar higienitas, nutrisi, dan keamanan sesuai standar WHO.


Di sisi lain, kekurangan bubur fortifikasi adalah rasanya yang mungkin terasa monoton bagi lidah bayi. Hal ini bisa saja menyulitkan bayi beradaptasi dengan masakan rumahan nantinya. Untuk itu, kami tetap menyarankan Anda untuk menggunakannya selang-seling dengan bubur bayi homemade.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Bubur fortifikasi dapat digunakan saat Anda sedang sibuk, terburu waktu, ataupun berpergian karena lebih mudah untuk disimpan, dibawa, dan disiapkan. Namun, perlu diperhatikan bahwa tekstur dan rasa bubur fortifikasi kurang dapat menstimulasi indera perasa dan taktil anak. 


Stimulasi ini penting agar indera perasa dan taktil dapat naik tekstur dan melebarkan variasi makanan bagi bayi. Selain itu, biasanya bubur fortifikasi juga memiliki rasa cenderung manis.

Bubur homemade, memudahkan bayi belajar beragam rasa dan tekstur

Bubur homemade, memudahkan bayi belajar beragam rasa dan tekstur

Bubur homemade atau bubur buatan sendiri memiliki banyak ragam rasa, aroma, dan tekstur. Banyak ibu yang memberikan bubur homemade sebagai menu MPASI karena alasan higienitas yang lebih terjamin. Ibu bisa menyeleksi bahan, menggunakan bumbu rumahan tanpa penyedap ataupun pengawet, serta menakar kandungan gula, garam, dan lainnya.


Dengan diberikan bubur homemade, bayi akan lebih mudah beradaptasi dengan menu rumahan jika sudah tidak makan bubur nantinya. Namun, lebih sulit untuk menakar makronutrien dan mikronutrien yang harus dipenuhi dalam satu penyajian. Hal ini berisiko bayi kekurangan gizi dan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya. 


Jika Anda bingung menu yang baik untuk bayi, kami menyarankan Anda memberikan bayi menu lengkap. Menu lengkap merupakan menu yang mengandung karbohidrat, protein, buah dan sayuran dalam porsi kecil, serta lemak. Untuk protein, utamakan pemberian protein hewani yang kandungan zat besinya lebih mudah diserap tubuh, ya.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Sebisa mungkin berikan bubur homemade yang dibuat secara aman dan higienis serta memenuhi rekomendasi menu lengkap. Gunakan protein hewani dan tambahkan lemak tambahan di setiap jam makan. Hal tersebut dilakukan agar dapat memenuhi kebutuhan zat besi, protein, dan jumlah kalori dari MPASI. Tekstur bubur homemade pun bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan anak Anda.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih bubur bayi

Dalam memilih makanan bayi, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan, seperti bentuk, tekstur, rasa, serta keamanannya. Kini, kami akan menjelaskan cara memilih bubur bayi yang tepat sesuai kondisi dan usia bayi Anda.

Pilih berdasarkan kemasan atau bentuknya

Produk bubur bayi tersedia dalam berbagai bentuk dan kemasan, seperti jar, bubuk, atau kemasan pouch. Masing-masing memiliki keunggulan dan rekomendasi penyajiannya tersendiri.

Bubur bayi dalam kemasan jar, cocok dibawa bepergian

Bubur bayi dalam kemasan jar, cocok dibawa bepergian
Membawa wadah makanan ketika bepergian tentu terasa merepotkan, apalagi Anda juga akan kesulitan mencuci wadah makanan tersebut. Jika Anda hendak bepergian bersama bayi Anda, pilihlah makanan bayi dengan wadah plastik atau jar sekali pakai karena akan lebih memudahkan Anda.

Beberapa kemasan tersebut juga telah menyediakan sendok sekali pakai sehingga Anda tidak perlu membawa sendok lagi. Tentunya, kemasan seperti ini sangat praktis untuk digunakan tidak hanya di rumah, tetapi juga di perjalanan Anda bersama si buah hati.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Yang saya suka dari packaging jar adalah bungkusnya bisa di-reuse dan recycle. Namun, kekurangannya adalah berat dan berisiko pecah jika menggunakan gelas kaca. Sekali dibuka, harus dipisahkan sesuai kebutuhan makan satu porsi lalu sisanya disimpan secara higienis di kulkas.

Bubur bayi berbentuk bubuk, mudah untuk disiapkan

Bubur bayi berbentuk bubuk, mudah untuk disiapkan
Selanjutnya adalah bubur bayi berbentuk bubuk. Untuk membuatnya, hanya perlu dicampurkan dengan air panas saja. Bubur bayi tipe ini kurang cocok dibawa saat bepergian karena Anda harus selalu menyediakan air panas. Namun, apabila Anda bisa membawa termos atau mudah mendapat air panas, tipe ini sangat pas karena ringan dan mudah dibawa.

Dalam penyajiannya, Anda juga dapat menambahkan sayuran atau makanan berprotein lain sebagai pelengkap. Tipe ini pun biasanya mempunyai tenggang kedaluwarsa yang cukup lama sehingga cocok untuk dijadikan stok makanan si kecil.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Bubur yang berbentuk bubuk biasanya mudah dibawa dan lebih murah. Namun, bubur jenis ini perlu proses penyiapan. Keuntungan dari proses penyiapan ini adalah Anda bisa memodifikasi kekentalan dan tekstur bubur.

Bubur bayi dalam kemasan pouch, praktis dan siap makan

Terakhir, bubur bayi dalam kemasan pouch. Bubur tipe ini merupakan produk siap saji yang sudah dikemas dalam kemasan plastik siap makan. Kemasan ini dinilai praktis karena anak Anda bisa langsung memakannya setelah dibuka. Bagi para ibu yang sangat sibuk, produk ini adalah alternatif yang tepat.

Pada umumnya, Anda hanya perlu menuangkannya ke dalam mangkuk favorit anak Anda. Namun, ada juga beberapa produk yang dapat dikonsumsi secara langsung dari bungkusnya. Bubur bayi ini pun mudah pula dibawa-bawa saat bepergian. 


Jika sudah habis, Anda akan lebih mudah membuang bungkusnya dibandingkan bubur bayi dalam kemasan jar. Karena itulah, bubur bayi ini cocok diberikan pada bayi Anda baik saat di rumah maupun ketika bepergian. 

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Pouch adalah jenis packaging terbaru untuk bubur fortifikasi dan memang sangat praktis. Keuntungan lain dari tipe ini adalah membantu anak untuk memulai proses oromotor untuk menghisap (seperti menghisap air dari sedotan). 


Oleh karena itu, bubur dalam kemasan pouch bisa menjadi jembatan sebelum anak mulai dilatih minum dengan sedotan. Kelemahannya, kembali pada tekstur yang monoton dan rasa yang cenderung manis.

Pilih bubur bayi berdasarkan merknya

Setiap produsen tentu memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Kami akan membahas karakteristik beberapa merek bubur bayi yang terkenal berikut ini. Anda bisa memilih merek bubur bayi mana pun untuk si kecil.

Promina, memiliki beragam tekstur menyesuaikan usia bayi

Beda usia bayi, beda pula tekstur bubur yang harus diberikan. Promina, produsen makanan bayi yang sudah bersertifikat nasional dan internasional ini memiliki bubur bayi dengan beragam tekstur. Anda bisa dengan mudah menyesuaikan tekstur tersebut dengan usia bayi Anda mulai dari usia 6–12 bulan ke atas.


Untuk bayi usia 6 bulan, pilih Promina Bubur Bayi dengan tekstur yang sangat halus. Untuk bayi usia 8 bulan ke atas, pilih Promina Bubur Tim yang bertekstur agak kasar mirip bubur saring. Terdapat juga Promina Sweet Cereal untuk usia 9 bulan ke atas. Sementara itu, untuk bayi usia 12 bulan ke atas, Promina Nasi Tim bisa menjadi pilihan.

SUN, pengenalan rasa lebih mudah dengan rasa tunggal

Beberapa ibu mungkin bertanya-tanya apakah bayi 4 bulan sudah boleh diberi makan? Bayi usia 4 bulan boleh diberikan bubur dengan alasan tertentu. Misalnya, kurang berat badan ideal dan bayi kurang tertarik menyusui lagi. 


Jika bayi Anda yang berusia 4 bulan memiliki gejala seperti ini, Anda bisa memberikannya bubur bayi. Bubur Sun untuk bayi 4 bulan yang kami rekomendasikan adalah rasa Pisang Susu. Rasanya yang enak pasti akan disukai si kecil.


Jika bayi kurang menyukai rasa ini, Anda bisa mencoba rasa lain dari Sun yang banyak memiliki varian rasa tunggal. Sun mempunyai varian bubur lain untuk 6 bulan ke atas, seperti rasa beras merah, kacang hijau, ubi ungu, dan lainnya. Namun, bagi bayi yang tidak memiliki kondisi di atas, usahakan untuk tetap memberikan bubur pada usia 6 bulan, ya.

Cerelac, bubur bayi kaya zat besi untuk kecerdasan otak bayi

Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan bayi untuk menunjang kesehatan dan tumbuh kembangnya. Nah, untuk memenuhi kebutuhan zat besi si kecil, Anda dapat memberinya bubur dari Cerelac. Cerelac bubur bayi mengandung zat besi tinggi, sekitar 65% per sajian yang penting untuk mendukung kecerdasan otak bayi. 


Kandungan zat besi ini juga dapat terserap dengan baik ke dalam tubuh berkat kandungan vitamin C di dalamnya. Selain zat besi, terkandung juga zink, vitamin A, Omega 6, Omega 3, dan lainnya. Bubur bayi Cerelac juga tersedia dalam rasa yang bervariasi agar bayi dapat mengenal banyak rasa.


Lalu, adakah Cerelac bubur bayi untuk usia 0-6 bulan? Sayangnya tidak, kami tetap merekomendasikan pemberian MPASI sejak usia bayi mencapai 6 bulan. Jika ingin diberikan mulai usia 4 bulan, harus sesuai advis dokter. Pemberian MPASI terlalu awal tanpa advis dokter dapat merisikokan kesehatan anak karena organ pencernaannya belum mampu menerima makanan padat.

Milna, memiliki varian WGain yang ditujukan untuk bayi yang memiliki masalah berat badan

Bubur Bayi Milna WGain dibuat khusus untuk bayi yang memiliki berat badan lahir rendah. Salah satu kelebihan bubur bayi Milna dibanding produk lain adalah komposisi proteinnya yang cukup tinggi. Protein ini dihasilkan dari minyak kelapa, whey, dan daging ayam. Kandungan protein dari Milna WGain ini sudah teruji efektif menaikkan berat badan bayi.


Selain varian WGain, Milna juga memiliki varian Reguler, Organic, dan Goodmil. Milna Bubur Bayi Reguler tersedia dalam enam rasa yang disukai bayi. Sementara itu, Milna Bubur Bayi Organik merupakan pilihan untuk Anda yang ingin memperkenalkan bayi akan makanan organik. Jika bayi Anda memiliki alergi susu sapi, pilihlah varian Goodmil yang dibuat tanpa kandungan susu sapi.

Agar mengetahui kekerasan tekstur, perhatikanlah rekomendasi usia

Agar mengetahui kekerasan tekstur, perhatikanlah rekomendasi usia

Pada awal bayi baru mulai memakan makanan padat, Anda perlu secara bertahap menyesuaikan tingkat kekerasan bubur bayi tersebut. Kemudian, Anda dapat mulai meningkatkan kekerasan teksturnya seiring pertambahan usia bayi.


Lamanya waktu agar bayi dapat terbiasa untuk makan dapat berbeda bagi tiap-tiap bayi. Ada baiknya Anda menyesuaikan dengan kondisi bayi Anda saat memilih bubur bayi. Saat ini, sudah banyak terdapat produk bubur bayi yang menuliskan rekomendasi usia sebagai panduan. Jadi, periksalah dengan saksama. 

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Saat memulai MPASI, mulailah dari tekstur bubur halus atau saring dulu. Perlu diingat bahwa selama 6 bulan di awal kehidupan, anak Anda mengkonsumsi satu jenis tekstur saja, yaitu cairan (encer). Jadi, jangan langsung memberikan makanan yang terlalu kasar. Setelah anak dapat menelan dengan baik di tekstur yang Anda berikan, Anda bisa menaikkan tekstur.

Sebaiknya, pilihlah produk-produk lokal

Sebaiknya, pilihlah produk-produk lokal
Jika Anda amati, di pasaran beredar dua jenis produk makanan bayi. Anda akan menemui produk lokal dan produk yang diimpor dari luar negeri. Untuk produk lokal, Anda akan menemukan label halal dari MUI dan label BPOM sebagai tanda makanan tersebut aman dikonsumsi. 

Selain itu, pengawasan makanan untuk bayi pun lebih ketat dibanding makanan untuk orang dewasa. Anda bebas memilih, tetapi kami sarankan untuk menjatuhkan pilihan pada produk lokal.


Produk lokal tentu mencantumkan bahan-bahan yang digunakan dengan jelas. Dengan begitu, Anda akan merasa makin tenang saat memilih bubur bayi karena kandungan bahan-bahannya sudah familier bagi Anda. 

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Produk lokal biasanya membuat perpaduan rasa yang familiar dengan kultur setempat. Dengan demikian, anak Anda dapat lebih mudah berintegrasi dengan cita rasa makanan rumahan saat sudah besar.

10 Rekomendasi bubur bayi terbaik

Sekarang, tiba saatnya kami memberikan sepuluh rekomendasi bubur bayi terbaik untuk Anda. Pilih dan penuhilah kebutuhan si kecil dengan makanan favoritnya! Produk-produk di bawah ini adalah pilihan mybest dan tidak ada hubungannya dengan pakar di artikel ini, Leona Victoria.

10

Bitzy Organic Baby Puree

Mulai dari Rp 120.000,00

Kemasan/bentukJar
Berat bersih100 ml/jar
Komposisi100% buah dan sayur asli
Target usia6m+
9
Kemasan/bentukBubuk
Berat bersih120 gram
KomposisiMinyak kelapa, whey, daging ayam, dan sebagainya
Target usia6m+
8

IndofoodPromina Bubur Tim Daging & Brokoli

Mulai dari Rp 15.450,00

Kemasan/bentukBubuk
Berat bersihBox: 100 gram ・Sachet: 25 gram
KomposisiBeras, susu skim bubuk, minyak bubuk, tepung tapioka, sayuran kering, tepung daging, brokoli, bumbu, gula, garam, mineral, premiks vitamin, dan minyak ikan
Target usia8m+
7
Kemasan/bentukBubuk
Berat bersih120 gram
KomposisiBeras, ubi ungu (34%), gula, susu bubuk skim, minyak nabati
Target usia6m+
6
Kemasan/bentukBubuk
Berat bersih100 gram
KomposisiTepung beras, tepung jagung, sayuran (tomat & wortel), bubuk susu skim, pasta, keju, minyak kelapa sawit, protein susu, zink sulfat, zat besi, asam folat, kalsium, vitamin
Target usia6m+
5

IndofoodPromina Homemade Salmon Kentang Keju

Mulai dari Rp 22.100,00

Kemasan/bentukBubuk
Berat bersih100 gram
KomposisiBeras, susu, daging, sayuran kering
Target usia8m+
4
Kemasan/bentukBubuk
Berat bersih300 gram
KomposisiBeras organik, ikan tuna, kacang merah organik, wortel organik, tomat organik, bawang putih organik, inulin
Target usia6m+
3

Nestlé CERELAC Ekonomis Ayam Bawang

Mulai dari Rp 15.900,00

Kemasan/bentukBubuk
Berat bersih120 gram
KomposisiBeras, kedelai, maltodekstrin, gula, minyak nabati, daging ayam bubuk, dan sebagainya
Target usia6m+
2
Kemasan/bentukJar
Berat bersih120 gram
KomposisiSayuran [54%, tomat (28%), ubi (12%), wortel (12%), bawang (2%)], nasi (25%), air, daging (10%)], extra virgin olive oil
Target usia4m+
1

KALBEMilna Nature Delight Fruit Puree Apple and Peach

Mulai dari Rp 10.500,00

Kemasan/bentukPouch
Berat bersih80 g
Komposisi100% buah asli
Target usia6m+

Tabel perbandingan produk bubur bayi terbaik

Gambar produk
1
KALBE Milna Nature Delight Fruit Puree Apple and Peach 1

KALBE

2
Heinz  Beef & Sweet Potato Mash 1

Heinz

3
Nestlé  CERELAC Ekonomis Ayam Bawang 1

Nestlé

4
Nayz  Bubur Tematik Elhappy Tummy 1

Nayz

5
Indofood Promina Homemade Salmon Kentang Keju 1

Indofood

6
Yummy Bites Cereal Cheesy Veg with Pasta 1

Yummy Bites

7
Indofood SUN Baby Milk Cereal Ubi Ungu 1

Indofood

8
Indofood Promina Bubur Tim Daging & Brokoli 1

Indofood

9
KALBE Milna Bubur Bayi Wgain Ayam Bayam 1

KALBE

10
Bitzy  Organic Baby Puree 1

Bitzy

Nama produk

Milna Nature Delight Fruit Puree Apple and Peach

Beef & Sweet Potato Mash

CERELAC Ekonomis Ayam Bawang

Bubur Tematik Elhappy Tummy

Promina Homemade Salmon Kentang Keju

Cereal Cheesy Veg with Pasta

SUN Baby Milk Cereal Ubi Ungu

Promina Bubur Tim Daging & Brokoli

Milna Bubur Bayi Wgain Ayam Bayam

Organic Baby Puree

Keunggulan

Bisa dikonsumsi langsung dari kemasannya, praktis dibawa bepergian

Bebas bahan aditif, makin aman dimakan si kecil

Melengkapi kebutuhan gizi harian anak Anda

Bantu atasi masalah sembelit si kecil

Bubur fortifikasi dimasak ala homemade? Bisa!

Perpaduan lezat keju plus pasta bikin si kecil makin lahap!

Bubur bayi ramah kantong dan bergizi lengkap

Teksturnya akan menstimulasi kemampuan mengunyah buah hati Anda

Tinggi protein ayam untuk membantu menaikkan berat badan bayi

Produk homemade dengan 20 varian rasa yang nikmat!

Harga mulai dariRp 10.500,00Rp 33.000,00Rp 15.900,00Rp 40.000,00Rp 22.100,00Rp 40.500,00Rp 7.250,00Rp 15.450,00Rp 30.000,00Rp 120.000,00
Kemasan/bentukPouchJarBubukBubukBubukBubukBubukBubukBubukJar
Berat bersih80 g120 gram120 gram300 gram100 gram100 gram120 gramBox: 100 gram ・Sachet: 25 gram120 gram100 ml/jar
Komposisi100% buah asliSayuran [54%, tomat (28%), ubi (12%), wortel (12%), bawang (2%)], nasi (25%), air, daging (10%)], extra virgin olive oilBeras, kedelai, maltodekstrin, gula, minyak nabati, daging ayam bubuk, dan sebagainyaBeras organik, ikan tuna, kacang merah organik, wortel organik, tomat organik, bawang putih organik, inulinBeras, susu, daging, sayuran keringTepung beras, tepung jagung, sayuran (tomat & wortel), bubuk susu skim, pasta, keju, minyak kelapa sawit, protein susu, zink sulfat, zat besi, asam folat, kalsium, vitaminBeras, ubi ungu (34%), gula, susu bubuk skim, minyak nabatiBeras, susu skim bubuk, minyak bubuk, tepung tapioka, sayuran kering, tepung daging, brokoli, bumbu, gula, garam, mineral, premiks vitamin, dan minyak ikanMinyak kelapa, whey, daging ayam, dan sebagainya100% buah dan sayur asli
Target usia6m+4m+6m+6m+8m+6m+6m+8m+6m+6m+
Tautan produk

Baca juga rekomendasi makanan bayi lainnya di sini

Mungkin Anda sedang mencari makanan lainnya untuk bayi Anda yang sudah mulai memakan makanan padat. Untuk itu, kami juga sudah menyiapkan artikel lainnya yang menarik untuk Anda baca. Simak informasi lengkapnya pada artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Dalam memberi nutrisi anak, tentu ibu ingin memberikan makanan buatan sendiri. Namun, dengan kesibukan yang berbeda-beda pada setiap ibu, bubur bayi kemasan bisa menjadi alternatif pilihan.

Jangan lupa pula untuk mempertimbangkan hal-hal penting lain seperti kualitas dan kandungan nutrisi tepat yang sedang dibutuhkan anak Anda. Maka dari itu, pilihlah bubur bayi dengan cermat dan semoga Anda terbantu dengan artikel kami kali ini!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula yang bagus untuk bayi, seperti Enfamil, SGM, dan Lactogen. Akan tetapi, bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Di artikel ini, kami akan membahas cara memilih susu formula untuk bayi. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik untuk bayi prematur, bayi usia 0–6 bulan, dan juga usia 6–12 bulan. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Makanan & susu bayi
    756.853 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Asupan terbaik untuk bayi di bawah usia 1 tahun adalah ASI. Namun, bayi pada kondisi tertentu membutuhkan tambahan nutrisi lain berupa susu formula. Susu formula untuk bayi di bawah 1 tahun tentu berbeda dengan anak usia di atas 1 tahun. Tahapan tumbuh kembang mereka berbeda sehingga kebutuhan nutrisinya juga berbeda.Artikel ini akan membantu Anda mencari susu formula untuk menambah berat badan bayi. Anda akan menemukan beberapa merek terbaik, seperti Morinaga BMT, Lactogen, atau Bebelove. Tidak perlu bingung memilih karena kami akan mengulasnya di sini. Jadi, tetaplah membaca, ya!
    Makanan & susu bayi
    53.982 Views
  • 10 Susu Bayi Terbaik yang Rendah Laktosa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaik Tahun 2021)
    10 Susu Bayi Terbaik yang Rendah Laktosa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaik Tahun 2021)
    Bayi Anda mengalami diare setelah minum susu formula? Bisa jadi, pencernaannya intoleran terhadap laktosa. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan susu formula bayi rendah laktosa atau bebas laktosa. Kedua varian tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai merk, seperti Neocate LCP, Nutren Junior, dan SGM.Jika Anda sedang mencari susu bayi yang bagus dan rendah atau bebas laktosa, Anda bisa membaca artikel ini. Kami akan mengulas tips memilih, serta memberi rekomendasi sufor bayi terbaik yang rendah atau tanpa laktosa. Kami juga berkolaborasi dengan ahli gizi, Leona Victoria, MND. Simak sampai akhir, ya!
    Makanan & susu bayi
    83.587 Views
  • 10 Biskuit Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Biskuit Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Selepas usia 6 bulan, bayi boleh diberi makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Selain bubur dan puree, ibu juga bisa memberikan camilan berupa biskuit khusus bayi. Fungsi biskuit ini adalah untuk menambah asupan gizi serta menjadi stimulan pertumbuhan gigi. Karena itu, Anda harus memperhatikan kandungan gizinya dengan saksama. Sekarang, kami akan menjelaskan cara memilih biskuit yang aman dan sehat untuk bayi. Bidan Ony juga turut menambah tips memilih biskuit yang bagus untuk bayi. Ada juga rekomendasi merek biskuit bayi yang bagus, seperti Milna, Yummy Bites, Promina, dan lain-lain. Selamat membaca!
    Makanan & susu bayi
    121.834 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun (Terbaru Tahun 2021)
    Dalam tiap fase tumbuh kembang, anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda sesuai tingkat usia dan aktivitasnya. Maka dari itu, pemilihan susu formula untuk anak dua tahun haruslah sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Namun, nutrisi dan gizi apa saja yang harus ada dalam susu formula untuk anak dua tahun?Jika Anda bingung menentukan susu formula yang bagus, simaklah artikel kami ini. Kami akan membagikan tips memilih susu formula untuk anak dua tahun. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik, seperti Pediasure, Enfagrow, dan Bebelac. Yuk, langsung dibaca! 
    Makanan & susu bayi
    1.946 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi yang Memiliki Alergi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi yang Memiliki Alergi (Terbaru Tahun 2021)
    Susu formula sangat membantu para orang tua untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayinya, baik sebagai tambahan maupun asupan nutrisi utama. Namun, tidak sedikit bayi yang alergi terhadap susu formula. Jika anak Anda termasuk di antaranya, Anda harus berhati-hati dalam memilih produk yang tepat.Kali ini, kami akan membahas mengenai susu formula untuk bayi yang memiliki alergi. Ada banyak produk yang juga akan kami rekomendasikan untuk Anda dari merek-merek terkenal, seperti Nutribaby Royal, NAN, dan Nutramigen. Jadikan artikel ini referensi Anda dalam memilih susu formula untuk bayi yang memiliki alergi, ya!
    Makanan & susu bayi
    27.404 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori