10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2019)

Serum memiliki kandungan yang lebih kuat dibandingkan essence untuk merawat kulit, seperti untuk melembapkan, mencerahkan, dan menghaluskan. Akan tetapi, penggunaan serum terkadang memberikan rangsangan yang cukup kuat dan bisa mengakibatkan dampak yang tidak diinginkan bagi kulit sensitif.

Pada artikel ini, kami akan membahas hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih serum untuk kulit sensitif. Kami juga akan merekomendasikan produk serum terbaik yang bisa dijadikan referensi sebelum Anda membeli, seperti dari brand Innisfree, Laneige, dan Klairs. Yuk, simak ulasannya!

Daftar isi

Apakah perlu pemilik kulit sensitif menggunakan serum?

Sebelum menjelaskan cara memilih serum untuk kulit sensitif, terlebih dahulu kami akan membahas ciri-ciri dari kulit sensitif itu sendiri serta efek yang ditimbulkan dari penggunaan serum.

Mengapa serum kecantikan baik untuk kulit sensitif?

Mengapa serum kecantikan baik untuk kulit sensitif?

Kulit sensitif adalah kondisi ketika fungsi perlindungan kulit tidak berjalan sebagaimana mestinya. Dengan demikian, kulit mudah memerah atau gatal karena rangsangan dari luar. Apabila fungsi pelindung kulit memburuk, kulit akan kehilangan kelembapan dan menjadikannya mudah kering. Hal ini menyebabkan timbulnya berbagai permasalahan kulit lainnya. Oleh karena itu, hal paling penting untuk dilakukan pemilik kulit sensitif adalah mengembalikan kelembapan kulit.

Beberapa serum memiliki stimulan yang kuat sehingga kurang cocok bagi pemilik kulit sensitif. Namun di samping itu, serum juga memiliki kandungan pelembap yang diperlukan bagi kulit sensitif.

Ceramide adalah bahan pelembap yang direkomendasikan

Ceramide adalah bahan pelembap yang direkomendasikan

Di antara bahan pelembap yang terkandung dalam serum, ceramide memiliki kapasitas retensi air yang sangat tinggi. Ceramide adalah lipid antarsel yang bersifat menahan kelembapan, menjaga kelembapan, dan mencegah kulit dari kekeringan.

Namun, salah satu kelemahan dari ceramide adalah jumlahnya yang cepat berkurang akibat rangsangan luar, seperti faktor penuaan, paparan sinar UV, atau cuaca. Untuk itu, Anda disarankan memilih serum yang mengandung ceramide guna mengembalikan fungsi perlindungan kulit. Selain itu, ceramide dikatakan sebagai bahan pelembap yang paling cocok untuk kulit sensitif dengan sedikit efek iritasi dan ramah bagi kulit.

Cara memilih serum wajah untuk kulit sensitif

Setelah mengetahui mengapa pemilik kulit sensitif tetap membutuhkan serum, berikut adalah poin-poin yang harus diperhatikan sebelum memilih serum yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih serum berdasarkan kandungan bahannya

Hal yang harus diperhatikan sebelum memilih serum adalah memastikan bahwa bahan bahan-bahan di dalamnya aman untuk pemilik kulit sensitif.

Jika mengharapkan yang ramah di kulit, pilih serum dengan kandungan human-identical ceramide

Jika mengharapkan yang ramah di kulit, pilih serum dengan kandungan human-identical ceramide
Ceramide dibagi menjadi empat jenis, yaitu human-identical ceramide, ceramide alami yang diekstraksi dari hewan, ceramide yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, dan pseudo ceramide. Jenis yang paling direkomendasikan untuk kulit sensitif adalah human-identical ceramide karena strukturnya menyerupai ceramide alami yang terdapat pada sel kulit manusia. Jenis ceramide ini lebih mudah menyerap dan dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapannya.

Biasanya jenis ini memiliki kandungan yang dituliskan dengan kode angka, misalnya ceramide 1. Jadi, selain memperhatikan apakah terdapat kandungan ceramide dalam produk yang Anda pilih, periksa juga apakah ada angka di belakangnya untuk mengetahui tipe ceramide tersebut. Selain cara penulisan dengan angka, ada juga yang dituliskan dalam istilah bioceramide atau cerebrosides.

Serum yang memiliki lebih dari satu kandungan pelembap juga direkomendasikan

Serum yang memiliki lebih dari satu kandungan pelembap juga direkomendasikan

Ceramide merupakan bahan yang memiliki kemampuan untuk menjaga kelembapan pada kulit. Akan tetapi, satu pelembap saja tidaklah cukup untuk mencegah kulit dari kekeringan. Penting bagi Anda untuk memilih produk dengan kandungan pelembap selain ceramide supaya kulit mendapat kelembapan yang diperlukan.

Bahan pelembap lain yang dapat Anda perhitungkan adalah hyaluronic acid, kolagen, glycerine, dan lainnya. Sphingolipids dan cholesterol stearate juga merupakan bahan pelembap yang sangat efektif.

Selain itu, kandungan asam amino yang dianggap sebagai NMF (natural moisturizing factor) juga diperlukan untuk menormalkan pergantian kulit. Kandungan asam amino yang biasanya digunakan dalam serum di antaranya arginine, glutamic acid, glycine, dan sarcosine.

Pilih serum yang tidak mengandung zat aditif atau alkohol

Pilih serum yang tidak mengandung zat aditif atau alkohol

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, penting sekali untuk memastikan bahwa serum memiliki sesedikit mungkin stimulan. Kandungan pewarna atau pewangi mungkin tidak menimbulkan efek langsung, tetapi sebaiknya Anda tetap memilih yang proporsinya kecil. Walaupun alkohol dapat memberikan kesegaran, kandungan alkohol yang terlalu banyak akan membuat kulit wajah kering. Jadi, sebaiknya Anda memilih serum yang bebas alkohol.

Namun, paraben atau bahan pengawet merupakan kandungan yang harus dihindari. Pengawet sendiri ada pada sebuah produk kecantikan atau perawatan kulit bertujuan agar produk tersebut tidak cepat rusak. Meskipun bahan pengawet alami tidak mengganggu keseimbangan hormon dan menyebabkan alergi, pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari bahan pengawet. Lebih baik Anda memilih produk dengan kandungan antiseptik.

Polimer sintetis dan surfaktan juga serupa. Tidak semuanya buruk. Namun, Anda juga harus memastikan manakah kandungan yang aman dan dapat diterima oleh kulit sensitif Anda.

Untuk melawan tanda-tanda penuaan, pilih yang dilengkapi kandungan anti-aging

Untuk melawan tanda-tanda penuaan, pilih yang dilengkapi kandungan anti-aging

Mungkin Anda menghindari bahan lain selain pelembap karena takut menimbulkan iritasi pada kulit sensitif. Sebenarnya, perawatan untuk melawan tanda-tanda penuaan tetap dibutuhkan bagi pemilik kulit sensitif. Anda hanya perlu menyesuaikan bahannya. Faktanya, berkurangnya kelembapan, menipisnya lapisan ceramide alamiatau kulit yang cepat mengering adalah sebagian dari tanda-tanda penuaan.

Dengan kata lain, semakin bertambahnya usia, kulit akan menjadi lebih sensitif. Sebaliknya, produk perawatan kulit untuk melawan tanda-tanda penuaan dapat membantu memperbaiki masalah kulit sensitif. Dengan demikian, pastikan bahan anti-aging dan pelembap terkandung pada serum yang akan Anda gunakan.

Utamakan serum yang mudah meresap ke dalam kulit

Utamakan serum yang mudah meresap ke dalam kulit

Percuma saja jika serum sudah dilengkapi dengan berbagai bahan pelembap, tetapi tidak dapat meresap ke dalam kulit. Fungsi penyerapan yang tinggi juga harus diperhatikan dalam memilih serum. Daya serap ini memang tidak bisa dilihat dari bahan-bahan yang terkandung di dalam sebuah produk, tetapi harus dicoba secara langsung. Selain itu, review dari orang-orang yang sudah mencoba produk tersebut bisa dijadikan acuan Anda untuk mengetahui keunggulan, kelemahan, dan daya serapnya.

Bagi Anda yang mengharapkan kenyamanan, tekstur lotion dan emulsi dapat dipilih

Bagi Anda yang mengharapkan kenyamanan, tekstur lotion dan emulsi dapat dipilih

Ada beberapa tekstur serum yang dapat Anda temukan, seperti lotion, air, gel, emulsi, krim, dan lainnya. Jika tujuan Anda hanya untuk mencegah kulit kering, serum dengan tekstur krim dapat menjadi pilihan. Namun, karena tekstur krim mengandung lebih banyak minyak, penyerapannya tidak begitu cepat.

Bagi pemilik kulit sensitif, kami sarankan untuk memilih serum dengan tekstur lotion atau cair karena jenis ini mudah diterima oleh kulit sehingga menekan kemungkinan iritasi. Hal ini berlaku tidak hanya untuk serum, tetapi juga produk perawatan lainnya. Anda dapat mulai memilih produk sesuai teksturnya.

Perhitungkan budget berdasarkan masa pemakaian

Perhitungkan budget berdasarkan masa pemakaian

Pada dasarnya, perawatan kulit perlu dilakukan terus-menerus untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Oleh karena itu, Anda perlu memperhitungkan budget yang sesuai dengan masa pemakaian serum beserta produk perawatan kulit lainnya.

Untuk serum, biasanya dicantumkan berapa banyak pemakaian yang dapat Anda aplikasikan dalam satu kemasan. Anda dapat menjadikan hal tersebut acuan dalam menghitung budget. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan diskon yang berlangsung untuk menekan biaya.

Disarankan untuk mencoba terlebih dahulu sebelum membeli

Disarankan untuk mencoba terlebih dahulu sebelum membeli

Poin-poin yang sudah kami jelaskan di atas adalah teori umum. Bagi pemilik kulit sensitif, Anda mungkin akan menemukan bahan-bahan yang tidak cocok di kulit Anda. Untuk itu, kami sarankan Anda untuk melakukan tes uji coba sebelum memilih serum atau setidaknya membeli dalam ukuran kecil terlebih dahulu. Ada beberapa brand yang menjual trial kit atau sample secara gratis. Anda dapat memperhitungkan hal tersebut.

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk kulit sensitif

Setelah Anda mengetahui cara memilih serum untuk kulit sensitif, kami akan merekomendasikan produk-produk yang dapat menjadi pilihan yang aman bagi kulit sensitif.

10. Wardah Witch Hazel Purifying Facial Serum

10. Wardah Witch Hazel Purifying Facial Serum

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 35.900

Direkomendasikan untuk kulit kombinasi sensitif cenderung berminyak

Wardah menawarkan serum yang dilengkapi kandungan witch hazel extract yang berfungsi mengecilkan pori-pori di wajah. Oleh sebab itu, produk ini juga cocok dipakai untuk pemilik kulit sensitif yang juga berminyak.

Konsentrasi tinggi hyaluronic acid yang ada di dalamnya akan menjaga kelembapan kulit agar selalu terasa kenyal. Untuk menutrisi kulit Anda, Wardah juga menambahkan vitamin E ke dalam formula serum ini.

Isi 5 botol x 5 ml
Bahan utama Witch hazel extract, hyaluronic acid, dan vitamin E
Keamanan Tidak disebutkan
Tekstur Cair
Kemasan percobaan Tidak ada

9. Bioaqua 24K Gold Skin Care

9. Bioaqua 24K Gold Skin Care

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 350.000

Dilengkapi emas 24K untuk peremajaan kulit

Dengan kandungan emas 24K, serum ini ditujukan untuk perawatan peremajaan kulit karena kemampuan revitalisasi yang kuat. Selain mencerahkan kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan, produk ini juga diklaim mampu meningkatkan metabolisme kulit.

Walau mudah menyerap, serum ini meninggalkan sedikit kesan lengket di kulit yang justru akan membuat makeup di atasnya lebih flawless dan tahan lama. Kulit Anda akan terlihat kenyal dan lebih halus saat menggunakan serum ini.

Isi 30 ml
Bahan utama 24K gold essence
Keamanan Tidak disebutkan
Tekstur Cair
Kemasan percobaan Tidak ada

8. Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Facial C-Serum

8. Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Facial C-Serum

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 180.000

Mengandung sumber vitamin C tertinggi di dunia!

Ingin kulit lebih cerah? Produk ini diperkaya vitamin C dari kakadu plum yang menjaga kelembapan kulit sensitif Anda, sekaligus membuat kulit terlihat lebih cerah. Di dalam formulanya, terdapat pula ekstrak lidah buaya yang cocok untuk meredakan kulit sensitif Anda yang meradang karena alergi atau terkena terik matahari.

Isi 60 ml
Bahan utama Kakadu plum organik, ekstrak lidah buaya, dan ekstrak teh hijau
Keamanan Bebas paraben, bebas phthalate, bebas sulfat, dan bebas silikon
Tekstur Lotion
Kemasan percobaan Tidak ada

7. Innisfree Green Tea Seed Serum

7. Innisfree Green Tea Seed Serum

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 350.000

Rasakan manfaat baik ekstrak green tea dari Jeju Korea!

Sesuai namanya, serum ini kaya dengan kandungan green tea, tetapi tidak sembarang green tea. Produk ini mendapat ekstraksi green tea dari Jeju Korea yang tinggi kandungan asam amino. Kandungan tersebut dikenal sangat baik sebagai pelembap.

Dalam formulanya juga terdapat kandungan fresh green tea water 2.0 sebagai bahan pelembap yang 3,5 kali lebih banyak dibandingkan green tea pada umumnya. Seluruh kandungannya diperoleh dari bahan alami yang aman untuk kulit sensitif.

Isi 80 ml
Bahan utama Ekstrak green tea dari Jeju Korea
Keamanan Tidak disebutkan
Tekstur Lotion
Kemasan percobaan Sachet isi 1 ml

6. Wishcompany Klairs Rich Moist Soothing Serum

6. Wishcompany Klairs Rich Moist Soothing Serum

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 340.000

Memberikan sensasi dingin yang menenangkan kulit

Rich Moist Soothing Serum membantu perawatan kulit wajah sensitif dengan kandungan bahan organik yang aman bagi kulit. Bahan-bahan alami tersebut antara lain adalah ekstrak seledri, brokoli, tomat, dan minyak lavender yang menjaga kelembapan agar kulit mendapat keseimbangan optimal.

Serum ini juga diklaim mampu menurunkan suhu kulit dengan sensasi dingin yang akan Anda rasakan saat mengaplikasikannya. Dengan demikian, kulit sensitif Anda akan terasa tenang dan terhindar dari ruam kering kemerahan.

Isi 80 ml
Bahan utama Ekstrak centella asiatica dan ekstrak tumbuhan lain
Keamanan Vegan
Tekstur Cair
Kemasan percobaan Tidak ada

5. Amorepacific Laneige Fresh Calming Serum

5. Amorepacific Laneige Fresh Calming Serum

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 440.000

Sudah lulus uji dermatologi dan hypoallergenic

Laneige mengeluarkan serum yang berfungsi untuk menyejukkan kulit. Serum ini dilengkapi kandungan deep sea water dan ekstrak lici yang menguatkan lapisan pertahanan kulit sehingga selalu terhidrasi. Produk ini kami rekomendasikan bagi Anda yang sering bermasalah dengan iritasi kulit akibat faktor internal ataupun eksternal.

Isi 80 ml
Bahan utama Deep sea water dan ekstrak lici
Keamanan Dermatologist tested, hypo-allergy tested, bebas mineral oil, bebas kandungan hewani, bebas pewarna buatan, dan triethanolamine.
Tekstur Gel
Kemasan percobaan Tidak ada

4. Skin Inc Ceramide Serum

4. Skin Inc Ceramide Serum

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 646.000

Tidak hanya satu, tetapi empat jenis ceramide untuk atasi masalah kulit sensitif secara intens!

Jika kulit Anda sering mengalami kemerahan atau pengelupasan akibat terlalu sensitif, produk ini cocok untuk Anda. Kulit sensitif yang sering mengalami iritasi atau kekeringan akan mendapat nutrisi yang cukup dari empat jenis ceramide di dalamnya!

Serum ini diklaim dapat mengatasi banyak masalah kulit sensitif seperti eksem dengan memperkuat jaringan pelindung dan menghidrasi dari dalam. Ditambah dengan kandungan rumput laut Jepang, kulit Anda akan mendapatkan kelembapan yang lebih tahan lama. Formulanya juga akan membantu menenangkan kulit Anda.

Isi 10 ml
Bahan utama Rumput laut Jepang, ceramide EOP, ceramide NG, ceramide NP, dan ceramide AP
Keamanan Bebas phthalates, bebas paraben, bebas sulfat, dan bebas wewangian
Tekstur Cair
Kemasan percobaan Tidak ada

3. Lancome Advanced Genifique Sensitive Serum

3. Lancome Advanced Genifique Sensitive Serum

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 1.012.500

Dapatkan kulit lebih sehat dan terbebas dari tanda-tanda penuaan

Serum dari Lancome dilengkapi dengan kandungan ferulic acid murni dan vitamin E di dalamnya. Kandungan tersebut dicampur dengan centella asiatica yang berfungsi untuk menenangkan dan melindungi kulit dari berbagai faktor lingkungan yang dapat memicu iritasi.

Produk ini akan memberi kelembapan yang dibutuhkan kulit sekaligus memperkuat kulit dari efek buruk radikal bebas, seperti polusi, paparan sinar matahari, dan pergantian cuaca. Pemakaian rutin akan memberikan hasil kulit yang tampak sehat. Tanda-tanda penuaan pun semakin tersamarkan!

Isi 20 ml
Bahan utama Ferulic acid murni, centella asiatica, dan vitamin E
Keamanan Clinically tested 
Tekstur Lotion
Kemasan percobaan Tidak ada

2. Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution

2. Kiehl's Clearly Corrective Dark Spot Solution

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 750.000

Membantu mengurangi bintik-bintik hitam dan meratakan warna kulit wajah Anda

Brand dari Amerika ini mengeluarkan serum yang akan membantu Anda memperbaiki keadaan kulit dari bintik-bintik hitam dan discolorations. Setelah pemakaian rutin, Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution akan membuat kulit Anda lebih cerah dan terlihat lebih bersinar.

Khasiat tersebut didapat dari kandungan activated C, white birch, dan peony extracts. Formulasi bahan-bahan tersebut juga akan mengurangi bintik-bintik hitam, menutrisi, mengembalikan kelembapan, dan berperan sebagai antioksidan bagi kulit sensitif Anda.

Isi 30 ml, 50 ml, dan 100 ml
Bahan utama Activated C, white birch, dan peony extracts
Keamanan Dermatologist tested
Tekstur Cair
Kemasan percobaan Tidak ada

1. Farsali Hybrid Make-Skin Serum Liquid Glass

1. Farsali Hybrid Make-Skin Serum Liquid Glass

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga: Rp 830.000

Serum yang membantu Anda mewujudkan glassy skin look!

Jika Anda berharap memiliki glassy skin look ala wanita Korea, Farsali Hybrid Make-Skin Serum Liquid Glass akan membantu Anda memperoleh hasil dewy skin yang tahan lama. Produk ini menggabungkan sepuluh langkah skincare yang biasa Anda lakukan ke dalam satu botol serum.

Sebagaimana namanya, serum ini akan menghidrasi kulit dan membuat kulit tampak bercahaya. Kandungan hyaluronic acid di dalamnya ampuh melembapkan dan meningkatkan elastisitas kulit. Di samping itu, kandungan acqua cell yang diperoleh dari ekstrak buah-buahan juga membuat kulit lebih kenyal. Kombinasi yang pas!

Isi 30 ml
Bahan utama Hyaluronic acid dan acqua cell
Keamanan Tidak disebutkan
Tekstur Cair
Kemasan percobaan Tidak ada

Baca juga rekomendasi produk skincare terbaik lainnya untuk kulit sensitif di sini!

Setelah memperkenalkan produk serum terbaik untuk kulit sensitif, kami juga telah menyiapkan artikel lain yang membahas produk-produk perawatan kulit lainnya. Tentunya produk-produk tersebut ditujukan bagi Anda yang memiliki tipe kulit sensitif. Cek pada link di bawah ini!

Kesimpulan

Nah, apakah ulasan di atas dapat membantu Anda membuat pilihan? Kini, kulit sensitif Anda bisa mendapatkan produk perawatan yang tepat tanpa khawatir terjadi iritasi atau munculnya masalah kulit lainnya. Pastikan Anda memeriksa setiap poin yang sudah kami jelaskan di atas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jangan lupa juga untuk menyesuaikan pilihan Anda dengan budget yang Anda miliki. Dapatkan kulit sehat, cantik, dan bersinar dengan produk terbaik pilihan Anda!