10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif (Terbaru Tahun 2018)

Serum adalah kosmetik dasar yang memiliki berbagai kandungan untuk memberikan perawatan kulit yang lebih baik, seperti melembapkan atau mencerahkan kulit. Akan tetapi, penggunaan serum terkadang memberikan rangsangan yang cukup kuat dan bisa mengakibatkan dampak yang tidak diinginkan pada kulit sensitif, misalnya timbulnya jerawat atau berbagai masalah lainnya.

Untuk itu, kali ini kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikaan saat memilih serum yang aman untuk kulit sensitif. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk terbaik yang bisa dijadikan referensi sebelum Anda membeli produk yang paling cocok dengan kebutuhan!

Daftar isi

Apa perlunya serum untuk kulit sensitif

Sebenarnya apakah serum itu sendiri diperlukan bagi kulit sensitif? Sebelum menjelaskan cara memilih serum untuk kulit sensitif, terlebih dahulu kami akan membahas ciri-ciri dari kulit sensitif itu sendiri serta efek yang ditimbulkan dari penggunaan serum.

Mengapa serum kecantikan baik untuk kulit sensitif

Mengapa serum kecantikan baik untuk kulit sensitif

Kulit sensitif adalah kondisi di mana fungsi perlindungan kulit tidak berjalan sebagaimana mestinya sehingga kulit mudah memerah atau gatal karena rangsangan dari luar. Bila fungsi pelindung kulit ini memburuk, kulit akan kehilangan kelembapan, menjadikannya mudah kering sehingga menyebabkan timbulnya berbagai permasalahan kulit lainnya. Oleh karena itu, hal yang paling penting untuk dilakukan bagi kulit sensitif adalah mengembalikan kelembapan pada kulit.

Ada beberapa serum bisa mengakibatkan rangsangan kuat bagi kulit dikarenakan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Akan tetapi, bukan berarti semua serum tidak cocok untuk kulit sensitif. Bahkan bisa dikatakan bahwa serum merupakan bagian dari rangkaian perawatan kencantikan yang dibutuhkan untuk kulit sensitif terutama karena kandungan pelembap di dalamnya.

Kandungan pelembap yang direkomendasikan: ceramide

Kandungan pelembap yang direkomendasikan: ceramide

Ceramide merupakan molekul lipid yang terdapat di lapisan dalam kulit dan berfungsi mempertahankan kelembapan serta mencegah terjadinya pengeringan. Dengan kata lain, serum yang mengandung ceramide dianjurkan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif karena dianggap mampu mempertahankan kandungan air dalam kulit.

Namun, salah satu kelemahan dari ceramide adalah jumlahnya akan semakin berkurang akibat rangsangan luar, seperti faktor penuaan, paparan sinar UV, atau udara kering. Untuk itu, dibutuhkan perawatan kecantikan menggunakan produk yang memiliki kandungan ceramide guna mengembalikan fungsi perlindungan kulit. Karena ceramide sendiri sejak awal merupakan lipid yang sejak awal sudah ada di dalam kulit, penggunakan serum yang mengandung ceramide tidak akan memberikan rangsangan yang kuat dan sangat tepat untuk memberikan kelembapan bagi kulit sensitif.

Cara memilih serum wajah untuk kulit sensitif

Berikut adalah poin-poin yang harus diperhatikan sebelum memilih serum wajah untuk kulit sensitif. Mari kita simak.

Pilih berdasarkan kandungan bahannya

Hal yang harus diperhatikan adalah kandungan bahan-bahan pada serum tersebut. Mari temukan serum terbaik untuk kulit sensitif Anda dengan memastikan bahan apa saja yang terkandung di dalamnya.

Pilih kandungan bahan yang mudah menyerap ke dalam kulit

Pilih kandungan bahan yang mudah menyerap ke dalam kulit
Secara umum, ceramide bisa dibagi menjadi empat jenis, yaitu human-type ceramide, ceramide alami yang diekstrak dari hewan, ceramide yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, dan pseudo-ceramide. Tipe yang paling direkomendasikan untuk kulit sensitif adalah human-type ceramide karena strukturnya menyerupai ceramide yang terdapat pada sel kulit manusia. Dibandingkan tiga jenis lainnya, human-type ceramide lebih mudah menyerap ke dalam kulit dan dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapannya.

Biasanya tipe ini memiliki kandungan yang dituliskan dengan kode angka setelah kata “ceramide“, misalnya “ceramide 1″. Jadi, selain memperhatikan apakah terdapat kandungan ceramide dalam produk yang Anda pilih, periksa juga apakah ada angka di belakangnya untuk mengetahui tipe ceramide tersebut. Selain cara penulisan dengan angka, ada juga yang dituliskan dalam istilah bioceramide atau cerebroside

Pilih juga kandungan pelembap lainnya selain ceramide

Pilih juga kandungan pelembap lainnya selain ceramide

Ceramide merupakan bahan yang memiliki kemampuan untuk menjaga kelembapan pada kulit. Akan tetapi, kandungan satu bahan pelembap saja tidaklah cukup untuk mencegah kulit agar tidak kering. Periksa juga pada produk yang akan Anda pilih apakah mengandung pelembap lainnya.

Bahan pelembap lain yang sebaiknya terkandung pada sebuah serum di antaranya adalah hyaluronic acid, kolagen, gliserin dan lainnya. Sphingoglycolipid dan cholesterol stearate juga merupakan bahan pelembap yang sangat efektif.

Selain itu, bahan baku yang harus terkandung di dalam sebuah serum adalah asam amino NMF (natural moisturizing factor) yang dapat membuat kondisi kulit menjadi normal. Pastikan Anda memeriksa kandungan ini juga.

Pilih yang tidak mengandung zat aditif atau alkohol

Pilih yang tidak mengandung zat aditif atau alkohol

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, penting sekali memastikan bahwa produk yang dipakai sangat kecil kemungkinannya menyebabkan kulit iritasi. Di antaranya memastikan bahwa produk tersebut bebas alkohol atau paling tidak kandungan alkoholnya sangat rendah. Walaupun alkohol bisa berguna untuk memberikan kesegaran, kandungan alkohol yang terlalu banyak bisa membuat kulit wajah kering.

Sedangkan paraben atau pengawet merupakan musuh atau kandungan yang harus dihindari terutama dari kulit sensitif. Walaupun zat ini tidak mengganggu keseimbangan hormonal atau penyebab mutlak alergi pada kulit, akan lebih baik jika zat pengawet semacam ini dihindari. Pengawet sendiri ada pada sebuah produk kecantikan atau perawatan kulit bertujuan agar produk tersebut tidak cepat rusak. Selain itu, polimer sintetik dan surfaktan juga cukup aman jika terkandung dalam sebuah produk. Hanya saja kembali lagi pada kecocokan pada kulit wajah masing-masing.

Pastikan ada kandungan bahan anti-aging

Pastikan ada kandungan bahan anti-aging

Berkurangnya kelembapan, ceramide, atau kulit yang cepat mengering, biasanya disebabkan karena terjadi penuaan pada kulit. Dengan kata lain, kulit akan menjadi lebih sensitif. Sebaiknya Anda memastikan pada serum yang akan digunakan memiliki fungsi anti-aging untuk menghindari kerutan-kerutan pada wajah.

Bisa dikatakan bahwa bertambahnya usia dapat mengakibatkan semakin besarnya kemungkinan seseorang memiliki kulit yang sensitif. Sebaliknya, perawatan untuk penuaan kulit berfokus langsung pada kulit sensitif. Dengan demikian, pastikan bahan anti-aging dan pelembap terkandung pada serum yang akan Anda gunakan.

Pastikan penyerapan yang baik ke dalam kulit

Pastikan penyerapan yang baik ke dalam kulit

Daya serap pada kulit merupakan salah satu kunci untuk memilih produk kecantikan. Oleh karena itu, selain memastikan pelembap yang terkandung, pastikan juga serum yang Anda pakai dengan mudah menyerap ke dalam kulit.

Daya serap ini memang tidak bisa dilihat dari bahan-bahan yang terkandung di dalam sebuah produk, namun harus dicoba diaplikasikan. Selain itu, info dari orang-orang yang sudah mencoba produk tersebut sebelumnya bisa dijadikan acuan untuk mengetahui keunggulan maupun kelemahan dari produk tersebut termasuk dalam hal daya serapnya.

Tekstur losion dan emulsi lebih direkomendasikan

Tekstur losion dan emulsi lebih direkomendasikan

Tekstur jenis losion dan emulsi merupakan jenis serum yang dianjurkan. Mengapa? Karena jenis ini tidak akan cepat mengering karena kandungan minyak baik-nya cukup banyak dan bentuknya yang seperti krim menjadikannya tidak mudah menggumpal juga. Dan bagi kulit sensitif, rangsangan yang diberikan pun akan menyebar dengan lebih rata ke seluruh permukaan kulit.

Perhitungkan budget berdasarkan masa pemakaian

Perhitungankan budget berdasarkan masa pemakaian

Pada dasarnya perawatan kulit perlu dilakukan terus-menerus untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Selain itu, rangkaian perawatan kulit yang ideal biasanya mencakup berbagai produk tambahan di luar serum, seperti essence, krim kulit, dan sebagainya. Oleh karena itu, Anda perlu memperhitungkan budget yang sesuai dengan masa pemakaian serum beserta produk perawatan kulit lainnya agar Anda bisa menggunakannya secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

Coba gunakan tester produk terlebih dahulu

Coba gunakan tester produk terlebih dahulu

Sebelum Anda membeli sebuah produk, alangkah baiknya untuk terlebih dahulu mencoba trial kit atau tester produk tersebut. Hal ini untuk menghindari jika terjadi ketidakcocokkan pada kulit. Ada beberapa brand yang menjual trial kit secara terpisah dalam jumlah terbatas atau memberikannya secara gratis.

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk kulit sensitif

Setelah mengetahui cara memilih serum untuk kulit sensitif, saat ini kami akan merekomendasikan produk-produk yang dapat menjadi pilihan Anda yang aman bagi kulit sensitif.

10. Bioaqua 24K Gold Essence Skin Care

10. Bioaqua 24K Gold Essence Skin Care

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 160.000

Dilapisi emas 24K untuk peremajaan kulit

Bioaqua serum memiliki kandungan emas 24K yang cocok untuk perawatan peremajaan kulit wajah Anda. Serum ini berfungsi untuk menghilangkan kantung mata, kerutan, mencegah penuaan dini dan mengembalikan kekenyalan kulit. Perlu diperhatikan bahwa teksturnya berupa minyak sehingga lebih sulit meresap di wajah.

Karena teksturnya yang seperti minyak, Bioaqua 24K Gold Essence Skin Care mampu membantu Anda mengembalikan kelembapan akibat dehidrasi atau kering. Selain itu, serum ini juga dapat melawan penuaan dini pada wajah sehingga mencegah kulit menjadi sensitif.

9. Votre Peau Skincare Vitamin C Serum

9. Votre Peau Skincare Vitamin C Serum

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 220.000

Tidak mengubah warna kulit

Serum dari Votre ini mengandung vitamin C yang aktif membentuk kolagen baru, mencegah kulit dehidrasi, dan menjaga kelembapan kulit, serta mencerahkannya. Serum ini juga menghilangkan komedo karena mampu mengecilkan pori-pori kulit sehingga kotoran tidak akan menumpuk pada wajah Anda.

Selain itu, serum ini tidak mengandung pengawet sehingga aman bagi semua jenis kulit terutama kulit sensitif. Votre serum ini juga menghambat melanogenesis (pembentukan melamin) yang tidak merata pada kulit sehingga mencegah berubahnya warna kulit.

8. Klairs Deep Hydration

8. Klairs Deep Hydration

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 309.000

Perawatan kulit sensitif dari bahan alami

Serum Klairs yang berasal dari Korea ini dapat membantu perawatan kulit wajah yang sensitif dengan kandungan bahan-bahan organik yang aman bagi kulit. Bahan-bahan alami tersebut antara lain adalah seledri, akar wortel, dan ekstrak wortel yang membantu menjaga kelembapan kulit dan membuatnya cerah sepanjang hari. 

Serum ini memiliki daya serap yang cukup baik sehingga tidak membutuhkan waktu lama masuk ke dalam kulit Anda dan bekerja sesuai fungsinya dengan aroma citrus yang menyegarkan. Kandungan air dalam serum ini juga mampu membantu mengembalikan kecerahan kulit yang kusam akibat kondisi yang kering.

7. Sensatia C-Serum Unscented Sensitive

7. Sensatia C-Serum Unscented Sensitive

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 153.000

Mengandung kakadu plum sebagai sumber vitamin C

Anda memiliki kulit sensitif? Sensatia serum bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk menjaga kesehatan kulit wajah Anda tanpa iritasi. Produk ini dilengkapi dengan vitamin C dari kakadu plum yang berfungsi untuk menjaga kelembapan dan membantu mengurangi keriput atau kerutan-kerutan halus pada wajah.

Teksturnya berbentuk losion yang cepat menyerap di kulit dan juga terasa ringan di wajah. Selain itu, setiap kandungan yang ada dalam serum ini diformulasikan untuk membantu mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit yang disebabkan alergi atau faktor lainnya.

6. Wardah Purifying Facial

6. Wardah Purifying Facial

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 157.000

Mengembalikan jadi cerah kembali

Dengan kandungan bahan-bahan seperti aloe vera, moisturizer, dan pembersih sekaligus, serum yang satu ini bisa membantu mengembalikan kelembapan kulit dan mengecilkan pori-pori sehingga kulit kembali bersinar. Konsentrasi tinggi hyaluronic acid yang ada di dalamnya berfungsi untuk mencegah agar kulit terhindar dari dehidrasi dan menjaga kelembapannya.

Tekstur dari serum ini adalah gel bening sedikit cair yang tidak berbau dan cepat merata saat dioleskan pada wajah Anda. Sedangkan kandungan vitamin E di dalamnya akan membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan menstabilkan kandungan minyak pada wajah.

5. Skinfood Miracle Food 10 Solution Serum

5. Skinfood Miracle Food 10 Solution Serum

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 465.000

Melindungi kulit dari stress

Anda pasti sudah tidak asing dengan produk dari Skinfood, bukan? Serum dari brand ini dikenal mempunyai fungsi untuk melembapkan kulit dan memberikan bahan makanan bagi kulit Anda agar terjaga kesehatannya. Sepuluh masalah yang biasa timbul pada kulit bisa teratasi dengan menggunakan serum ini secara rutin, salah satunya menyamarkan lingkaran hitam di sekitar mata Anda.

Serum ini juga kaya akan antioksidan yang melindungi kulit dari stres yang disebabkan faktor dari luar maupun dalam. Keuntungan lain yang diberikan produk ini adalah memastikan penetrasi atau daya tembus ke dalam kulit secara sempurna sehingga perawatan kulit bisa dirasakan secara menyeluruh.

4. Laneige Fresh Calming Serum

4. Laneige Fresh Calming Serum

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 340.000

Sudah teruji dermatology dan hypo-allergy

Laneige telah mengeluarkan beberapa jenis serum yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, salah satunya adalah Laneige fresh calming serum yang berfungsi menyejukkan dan mencegah terjadinya iritasi kulit. Serum ini terdiri dari bahan-bahan yang berfungsi untuk mengembalikan keseimbangan kulit Anda baik yang disebabkan karena dehidrasi atau iritasi karena jerawat.

Produk ini sudah teruji secara dermatologis dan uji hypo-allergy sehingga aman digunakan terutama bagi kulit sensitif. Salah satu kandungan dalam serum ini adalah ekstrak buah leci dan deep seawater yang menjaga keseimbangan kulit dan menguatkan lapisan pertahanan pada kulit wajah.

3. Lancome Advanced Genifique Sensitive Serum

3. Lancome Advanced Genifique Sensitive Serum

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 990.000

Dapatkan kulit lebih halus dan bercahaya dalam 7 hari!

Serum dari Lancome merupakan serum antioksidan yang diperkuat dengan kandungan ferulic acid murni dan vitamin E di dalamnya. Kandungan tersebut dicampur dengan centella asiatica yang berfungsi untuk menenangkan dan melindungi kulit dari polusi, radiasi inframerah maupun sinar UV.

Produk ini sudah teruji secara klinis mampu memberikan perlindungan yang signifikan dari partikel-partikel halus dari polusi atau faktor eksternal lainnya. Selain iut, serum ini juga dikatakan bisa membantu menghilangkan garis halus atau kerutan di wajah dan menjadikannya lebih bercahaya dalam waktu tujuh hari pemakaian!

2. Kiehls Clearly Corrective Dark Spot Solution

2. Kiehls Clearly Corrective Dark Spot Solution

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 750.000

Meningkatkan pancaran sinar wajah

Siapa yang tidak kenal dengan produk-produk perawatan kulit dari Kiehls? Produk dari USA ini juga mengeluarkan serum yang akan membantu Anda menghilangkan atau meminimalkan bintik-bintik hitam atau area gelap pada wajah akibat usia dan berbagai faktor lainnya. Setelah pemakaian secara rutin, produk dari Kiehls ini akan mengembalikan kulit cerah Anda dan membuat wajah lebih bersinar!

Produk ini terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak berbau sehingga Anda bisa menggunakannya dengan nyaman. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, tidak perlu khawatir pada saat menggunakannya karena produk ini telah teruji secara dermatologis untuk keamanan dan kelembutan pada kulit.

1. Farsali Volcanic Elixir

1. Farsali Volcanic Elixir

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 699.000

Meregenerasi kulit dengan cepat

Serum dari Farsali ini terbuat dari ekstrak biji kacang buah Tamanu yang berkembang di pulau-pulau Pasifik Polinesia karena di sana terdapat banyak gunung berapi yang kaya vulkanis. Abu vulkanis sendiri disebut-sebut kaya akan mineral dan gizi tinggi yang baik untuk kulit wajah.

Sifat minyak ini membantu meregenerasi serta memperbaiki jaringan kulit yang rusak, misalnya akibat jerawat atau paparan sinar matahari. Keunggulan lain dari serum ini adalah fungsi anti-inflamasi, antimikroba, antibiotik, dan antioksidan yang membuatnya ideal bagi Anda yang memiliki kulit yang mudah berjerawat atau terkena iritasi.

Kesimpulan

Nah, apakah ulasan di atas dapat membantu Anda membuat pilihan? Kini kulit sensitif Anda bisa mendapatkan produk perawatan yang tepat tanpa perlu khawatir terjadi iritasi atau munculnya masalah kulit lainnya akibat penggunaan serum yang tidak tepat.

Pastikan Anda memeriksa setiap poin-poinnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dapatkan kulit sehat, cantik, dan bersinar dengan produk terbaik pilihan Anda!