• 10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Serum Wajah Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Pemilik kulit sensitif tentunya mengetahui betapa susahnya menemukan serum yang tepat. Salah memilih, kulit bisa menjadi iritasi atau alergi. Hal ini pastinya akan merepotkan pemilik kulit sensitif, apalagi jika kulit menjadi berminyak dan berjerawat. Apakah Anda pernah mengalami masalah ini?

Kali ini kami akan membahas hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih serum yang cocok untuk kulit sensitif. Tentu saja, kami akan memberikan rekomendasi produk dari merk yang bagus, seperti Innisfree, Laneige, dan Klairs. Anda juga bisa membaca tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Andina Bulan Sari. 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Andina Bulan
  • Pembaharuan terakhir: 06 Desember 2021
  • 206.906 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Andina Bulan Sari, SpKK

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Andina Bulan Sari, SpKK

Dokter Andina Bulan Sari merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang lulus pada 2008. Pada 2009, Dokter Andina memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya pada program spesialis Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin di FKUI-RSCM.

Setelah lulus pada 2014, ibu dari dua orang anak ini aktif praktik di Klinik Sakti Medika Tebet, RS Omni Pekayon, dan Zap Premiere Sumarecon Mall Bekasi. Wanita yang tertarik pada bidang kosmetik, infeksi menular seksual, dan alergi imunologi ini bisa ditemui melalui akun Instagram-nya.

Apakah pemilik kulit sensitif perlu menggunakan serum?

Sebelum menjelaskan cara memilih serum untuk kulit sensitif, terlebih dahulu kami akan membahas ciri-ciri dari kulit sensitif itu sendiri serta efek yang ditimbulkan dari penggunaan serum.

Mengapa serum kecantikan baik untuk kulit sensitif?

Mengapa serum kecantikan baik untuk kulit sensitif?
Kulit sensitif adalah kondisi ketika fungsi perlindungan kulit tidak berjalan sebagaimana mestinya. Dengan demikian, kulit mudah memerah atau gatal karena rangsangan dari luar. 

Apabila fungsi pelindung kulit memburuk, kulit akan kehilangan kelembapan dan menjadikannya mudah kering. Hal ini menyebabkan timbulnya berbagai permasalahan kulit lainnya. Oleh karena itu, hal paling penting untuk dilakukan pemilik kulit sensitif adalah mengembalikan kelembapan kulit.

Beberapa serum memiliki stimulan yang kuat sehingga kurang cocok bagi pemilik kulit sensitif. Namun di samping itu, serum juga memiliki kandungan pelembap yang diperlukan bagi kulit sensitif.
dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Untuk kulit sensitif, perbaikan lapisan pelindung kulit adalah hal yang paling penting. Hal ini karena kulit sensitif terjadi akibat disfungsi lapisan pelindung kulit sehingga kulit menjadi rentan terhadap gangguan.


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih moisturizer, pelembap, ataupun serum untuk kulit sensitif. Pertama, pilihlah produk dengan kandungan bahan aktif paling sedikit untuk menghindari terjadinya risiko iritasi. 


Sebaiknya, Anda menghindari kandungan yang memiliki pengharum atau pewangi. Hal ini karena kandungan ini cenderung berisiko menyebabkan iritasi dan mempunyai komponen alergenik. Selain itu, usahakanlah untuk memilih kandungan non-alkohol, baik etanol maupun propilenglikol. 


Moisturizer dengan sifat barrier-repairing seperti ceramide dan niacinamide dapat dipilih karena bisa mengatasi iritasi dan mengurangi sensitivitas. Anda juga bisa menggunakan bentuk emulsi oil-in-water yang mengandung bahan oklusif. Bahan ini bisa memperbaiki lapisan pelindung kulit dengan menghidrasi stratum corneum.

Ceramide adalah bahan pelembap yang direkomendasikan

Ceramide adalah bahan pelembap yang direkomendasikan
Di antara bahan pelembap yang terkandung dalam serum, ceramide memiliki kapasitas retensi air yang sangat tinggi. Ceramide adalah lipid antarsel yang bersifat menahan kelembapan, menjaga kelembapan, dan mencegah kulit dari kekeringan.
Namun, salah satu kelemahan dari ceramide adalah jumlahnya yang cepat berkurang akibat rangsangan luar, seperti faktor penuaan, pajanan sinar UV, atau cuaca. Untuk itu, Anda disarankan memilih serum yang mengandung ceramide guna mengembalikan fungsi perlindungan kulit. Selain itu, ceramide dikatakan sebagai bahan pelembap yang paling cocok untuk kulit sensitif dengan sedikit efek iritasi dan ramah bagi kulit.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum wajah untuk kulit sensitif

Setelah mengetahui mengapa pemilik kulit sensitif tetap membutuhkan serum, berikut adalah poin-poin yang harus diperhatikan sebelum memilih serum yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih serum berdasarkan kandungan bahannya

Hal yang harus diperhatikan sebelum memilih serum adalah memastikan bahwa bahan bahan-bahan di dalamnya aman untuk pemilik kulit sensitif.

Jika mengharapkan yang ramah di kulit, pilih serum dengan kandungan human-identical ceramide

Jika mengharapkan yang ramah di kulit, pilih serum dengan kandungan human-identical ceramide
Biasanya jenis ini memiliki kandungan yang dituliskan dengan kode angka, misalnya ceramide 1. Jadi, selain memperhatikan apakah terdapat kandungan ceramide dalam produk yang Anda pilih, periksa juga apakah ada angka di belakangnya untuk mengetahui tipe ceramide tersebut. Selain cara penulisan dengan angka, ada juga yang dituliskan dalam istilah bioceramide atau cerebrosides.

Serum yang memiliki lebih dari satu kandungan pelembap juga direkomendasikan

Serum yang memiliki lebih dari satu kandungan pelembap juga direkomendasikan
Ceramide merupakan bahan yang memiliki kemampuan untuk menjaga kelembapan pada kulit. Akan tetapi, satu pelembap saja tidaklah cukup untuk mencegah kulit dari kekeringan. Penting bagi Anda untuk memilih produk dengan kandungan pelembap selain ceramide supaya kulit mendapat kelembapan yang diperlukan.
Bahan pelembap lain yang dapat Anda perhitungkan adalah hyaluronic acid, kolagen, glycerine, dan lainnya. Sphingolipids dan cholesterol stearate juga merupakan bahan pelembap yang sangat efektif.
Selain itu, kandungan asam amino yang dianggap sebagai NMF (natural moisturizing factor) juga diperlukan untuk menormalkan pergantian kulit. Kandungan asam amino yang biasanya digunakan dalam serum di antaranya arginine, glutamic acid, glycine, dan sarcosine.

Pilih serum yang tidak mengandung zat aditif atau alkohol

Pilih serum yang tidak mengandung zat aditif atau alkohol
Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, penting sekali untuk memastikan bahwa serum memiliki sesedikit mungkin stimulan. Kandungan pewarna atau pewangi mungkin tidak menimbulkan efek langsung, tetapi sebaiknya Anda tetap memilih yang proporsinya kecil. 

Walaupun alkohol dapat memberikan kesegaran, kandungan alkohol yang terlalu banyak akan membuat kulit wajah kering. Jadi, sebaiknya Anda memilih serum yang bebas alkohol.

Namun, paraben atau bahan pengawet merupakan kandungan yang harus dihindari. Pengawet sendiri ada pada sebuah produk kecantikan atau perawatan kulit bertujuan agar produk tersebut tidak cepat rusak. 

Meskipun bahan pengawet alami tidak mengganggu keseimbangan hormon dan menyebabkan alergi, pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari bahan pengawet. Lebih baik Anda memilih produk dengan kandungan antiseptik.

Polimer sintetis dan surfaktan juga serupa. Tidak semuanya buruk. Namun, Anda juga harus memastikan manakah kandungan yang aman dan dapat diterima oleh kulit sensitif Anda.

Untuk melawan tanda-tanda penuaan, pilih yang dilengkapi kandungan anti-aging

Untuk melawan tanda-tanda penuaan, pilih yang dilengkapi kandungan anti-aging
Mungkin Anda menghindari bahan lain selain pelembap karena takut menimbulkan iritasi pada kulit sensitif. Sebenarnya, perawatan untuk melawan tanda-tanda penuaan tetap dibutuhkan bagi pemilik kulit sensitif. Anda hanya perlu menyesuaikan bahannya. Faktanya, berkurangnya kelembapan, menipisnya lapisan ceramide alami, atau kulit yang cepat mengering adalah sebagian dari tanda-tanda penuaan.
Dengan kata lain, semakin bertambahnya usia, kulit akan menjadi lebih sensitif. Sebaliknya, produk perawatan kulit untuk melawan tanda-tanda penuaan dapat membantu memperbaiki masalah kulit sensitif. Dengan demikian, pastikan bahan anti-aging dan pelembap terkandung pada serum yang akan Anda gunakan.
dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Untuk mencegah terjadinya aging skin, hal utama yang harus dilakukan tentunya adalah penggunaan sunscreen. Selain itu, gunakan juga skincare dengan bahan aktif yang berfungsi mengatasi aging skin. Contohnya, Anda dapat menggunakan kandungan retinoid (tretinoin dan retinol), antioksidan, dan vitamin C.

 
Namun, pemilik tipe kulit sensitif harus sangat berhati-hati dalam menggunakan produk tersebut. Hal ini karena bahan aktif seperti retinoid dapat mengiritasi kulit pada saat awal pemakaian. Hal ini tentunya akan lebih terasa pada pemilik kulit sensitif. Karena itu, pemilik kulit sensitif yang ingin mencoba skincare dengan bahan aktif sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

Utamakan serum yang mudah meresap ke dalam kulit

Utamakan serum yang mudah meresap ke dalam kulit
Percuma saja jika serum sudah dilengkapi dengan berbagai bahan pelembap, tetapi tidak dapat meresap ke dalam kulit. Fungsi penyerapan yang tinggi juga harus diperhatikan dalam memilih serum. 

Daya serap ini memang tidak bisa dilihat dari bahan-bahan yang terkandung di dalam sebuah produk, tetapi harus dicoba secara langsung. Selain itu, review dari orang-orang yang sudah mencoba produk tersebut bisa dijadikan acuan Anda untuk mengetahui keunggulan, kelemahan, dan daya serapnya.

Bagi Anda yang mengharapkan kenyamanan, tekstur lotion dan emulsi dapat dipilih

Bagi Anda yang mengharapkan kenyamanan, tekstur lotion dan emulsi dapat dipilih
Ada beberapa tekstur serum yang dapat Anda temukan, seperti lotion, air, gel, emulsi, krim, dan lainnya. Jika tujuan Anda hanya untuk mencegah kulit kering, serum dengan tekstur krim dapat menjadi pilihan. Namun, karena tekstur krim mengandung lebih banyak minyak, penyerapannya tidak begitu cepat.
Bagi pemilik kulit sensitif, kami sarankan untuk memilih serum dengan tekstur lotion atau cair karena jenis ini mudah diterima oleh kulit sehingga menekan kemungkinan iritasi. Hal ini berlaku tidak hanya untuk serum, tetapi juga produk perawatan lainnya. Anda dapat mulai memilih produk sesuai teksturnya.
dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Tekstur pelembap tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu. Pemilik kulit kering biasanya akan lebih nyaman dengan tekstur cream. Hal ini karena cream cenderung bertekstur lebih tebal dan mengandung pelembap oklusif serta emolien lebih banyak. Namun, jika kondisi kulit tidak terlalu kering, cobalah tekstur seperti lotions dan emulsi yang lebih ringan. 

Perhitungkan budget berdasarkan masa pemakaian

Perhitungkan budget berdasarkan masa pemakaian
Pada dasarnya, perawatan kulit perlu dilakukan terus-menerus untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Oleh karena itu, Anda perlu memperhitungkan budget yang sesuai dengan masa pemakaian serum beserta produk perawatan kulit lainnya.
Untuk serum, biasanya dicantumkan berapa banyak pemakaian yang dapat Anda aplikasikan dalam satu kemasan. Anda dapat menjadikan hal tersebut acuan dalam menghitung budget. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan diskon yang berlangsung untuk menekan biaya.

Disarankan untuk mencoba terlebih dahulu sebelum membeli

Disarankan untuk mencoba terlebih dahulu sebelum membeli
Poin-poin yang sudah kami jelaskan di atas adalah teori umum. Bagi pemilik kulit sensitif, Anda mungkin akan menemukan bahan-bahan yang tidak cocok di kulit Anda. Untuk itu, kami sarankan Anda untuk melakukan tes uji coba sebelum memilih serum atau setidaknya membeli dalam ukuran kecil terlebih dahulu. Ada beberapa brand yang menjual trial kit atau sample secara gratis. Anda dapat memperhitungkan hal tersebut.

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk kulit sensitif

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum wajah terbaik untuk kulit sensitif yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Andina Bulan Sari.

10

Wardah Witch Hazel Purifying Facial Serum

Mulai dari Rp 35.000,00

Isi5 botol x 5 ml
Bahan utamaWitch hazel extract, hyaluronic acid, dan vitamin E
KeamananTidak disebutkan
TeksturCair
Kemasan percobaanTidak ada
9
Isi30 ml
Bahan utama24K gold essence
KeamananTidak disebutkan
TeksturCair
Kemasan percobaanTidak ada
8

Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Facial C-Serum

Mulai dari Rp 24.900,00

Isi60 ml
Bahan utamaKakadu plum organik, ekstrak lidah buaya, dan ekstrak teh hijau
KeamananBebas paraben, bebas phthalate, bebas sulfat, dan bebas silikon
TeksturLotion
Kemasan percobaanTidak ada
7
Isi80 ml
Bahan utamaEkstrak green tea dari Jeju Korea
KeamananTidak disebutkan
TeksturLotion
Kemasan percobaanSachet isi 1 ml
6

Klairs Rich Moist Soothing Serum

Mulai dari Rp 24.900,00

Isi80 ml
Bahan utamaEkstrak centella asiatica dan ekstrak tumbuhan lain
KeamananVegan
TeksturCair
Kemasan percobaanTidak ada
5
Isi10 ml, 80 ml
Bahan utamaDeep sea water dan ekstrak lici
KeamananDermatologist tested, hypo-allergy tested, bebas mineral oil, bebas kandungan hewani, bebas pewarna buatan, dan triethanolamine.
TeksturGel
Kemasan percobaanTidak ada
4

Skin Inc Ceramide Serum

Mulai dari Rp 600.000,00

Isi10 ml
Bahan utamaRumput laut Jepang, ceramide EOP, ceramide NG, ceramide NP, dan ceramide AP
KeamananBebas phthalates, bebas paraben, bebas sulfat, dan bebas wewangian
TeksturCair
Kemasan percobaanTidak ada
3

Lancome Advanced Genifique Sensitive Serum

Mulai dari Rp 835.000,00

Isi20 ml
Bahan utamaFerulic acid murni, centella asiatica, dan vitamin E
KeamananClinically tested
TeksturLotion
Kemasan percobaanTidak ada
2

Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution

Mulai dari Rp 38.000,00

Isi4 ml, 30 ml, 50 ml, dan 100 ml
Bahan utamaActivated C, white birch, dan peony extracts
KeamananDermatologist tested
TeksturCair
Kemasan percobaanTidak ada
1

Farsali Hybrid Make-Skin Serum Liquid Glass

Mulai dari Rp 396.000,00

Isi30 ml
Bahan utamaHyaluronic acid dan acqua cell
KeamananTidak disebutkan
TeksturCair
Kemasan percobaanTidak ada

Tabel perbandingan produk serum wajah terbaik untuk kulit sensitif

Gambar produk
1
Farsali  Hybrid Make-Skin Serum Liquid Glass 1

Farsali

2
Kiehl’s  Clearly Corrective Dark Spot Solution 1

Kiehl’s

3
Lancome  Advanced Genifique Sensitive Serum 1

Lancome

4
Skin Inc  Ceramide Serum 1

Skin Inc

5
Laneige  Fresh Calming Serum 1

Laneige

6
Klairs  Rich Moist Soothing Serum 1

Klairs

7
Innisfree  Green Tea Seed Serum 1

Innisfree

8
Sensatia Botanicals  Unscented Sensitive Facial C-Serum 1

Sensatia Botanicals

9
Bioaqua  24K Gold Skin Care 1

Bioaqua

10
Wardah  Witch Hazel Purifying Facial Serum 1

Wardah

Nama produk

Hybrid Make-Skin Serum Liquid Glass

Clearly Corrective Dark Spot Solution

Advanced Genifique Sensitive Serum

Ceramide Serum

Fresh Calming Serum

Rich Moist Soothing Serum

Green Tea Seed Serum

Unscented Sensitive Facial C-Serum

24K Gold Skin Care

Witch Hazel Purifying Facial Serum

Keunggulan

Serum yang membantu Anda mewujudkan glassy skin look!

Membantu mengurangi bintik-bintik hitam dan meratakan warna kulit wajah Anda

Dapatkan kulit lebih sehat dan terbebas dari tanda-tanda penuaan

Tidak hanya satu, tetapi empat jenis ceramide untuk atasi masalah kulit sensitif secara intens!

Sudah lulus uji dermatologi dan hypoallergenic

Memberikan sensasi dingin yang menenangkan kulit

Rasakan manfaat baik ekstrak green tea dari Jeju Korea!

Mengandung sumber vitamin C tertinggi di dunia!

Dilengkapi emas 24K untuk peremajaan kulit

Direkomendasikan untuk kulit kombinasi sensitif cenderung berminyak

Harga mulai dariRp 396.000,00Rp 38.000,00Rp 835.000,00Rp 600.000,00Rp 30.000,00Rp 24.900,00Rp 205.000,00Rp 24.900,00Rp 19.300,00Rp 35.000,00
Isi30 ml4 ml, 30 ml, 50 ml, dan 100 ml20 ml10 ml10 ml, 80 ml80 ml80 ml60 ml30 ml5 botol x 5 ml
Bahan utamaHyaluronic acid dan acqua cellActivated C, white birch, dan peony extractsFerulic acid murni, centella asiatica, dan vitamin ERumput laut Jepang, ceramide EOP, ceramide NG, ceramide NP, dan ceramide APDeep sea water dan ekstrak liciEkstrak centella asiatica dan ekstrak tumbuhan lainEkstrak green tea dari Jeju KoreaKakadu plum organik, ekstrak lidah buaya, dan ekstrak teh hijau24K gold essenceWitch hazel extract, hyaluronic acid, dan vitamin E
KeamananTidak disebutkanDermatologist testedClinically tested Bebas phthalates, bebas paraben, bebas sulfat, dan bebas wewangianDermatologist tested, hypo-allergy tested, bebas mineral oil, bebas kandungan hewani, bebas pewarna buatan, dan triethanolamine.VeganTidak disebutkanBebas paraben, bebas phthalate, bebas sulfat, dan bebas silikonTidak disebutkanTidak disebutkan
TeksturCairCairLotionCairGelCairLotionLotionCairCair
Kemasan percobaanTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaSachet isi 1 mlTidak adaTidak adaTidak ada
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Andina Bulan Sari

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Andina Bulan Sari

Menurut International Forum for the Study of Itch, kulit sensitif adalah kondisi kulit di mana ada sensasi tidak nyaman. Hal ini bisa dinilai dari adanya sensasi menyengat, terbakar, nyeri, gatal, dan kesemutan yang terkadang dapat disertai eritema (kemerahan). 


Menurut Baumann, kulit sensitif memiliki empat subtipe, yaitu tipe stinging, alergi, acne, dan rosacea. Semuanya memiliki satu persamaan yaitu adanya inflamasi. Subtipe stinging ditandai dengan sensasi terbakar, menyengat, atau gatal. Kondisi ini bisa muncul akibat pengaplikasian bahan kosmetik atau obat topikal tanpa perubahan klinis yang kasat mata.


Berikutnya, subtipe alergi sangat mudah menyebabkan dermatitis kontak akibat pajanan berbagai bahan alergen. Hal ini ditandai dengan gejala klinis kemerahan disertai gatal dan kulit mengelupas. 


Selanjutnya, tipe acne yang paling sering dijumpai. Faktor yang berpengaruh terhadap patogenesis acne adalah peningkatan produksi sebum, akumulasi keratinosit terdeskuamasi di dalam folikel rambut. Hal ini dapat menyebabkan inflamasi.


Subtipe rosacea sendiri sering kali mirip dengan acne. Pemilik kulit dengan subtipe ini harus menghindari faktor pencetus untuk menghindari kemerahan di kulit. Faktor pencetus yang dimaksud adalah makanan pedas atau panas, produk eksfoliasi kulit, dan cuaca ekstrem.

Baca juga rekomendasi produk skincare terbaik lainnya untuk kulit sensitif di sini

Setelah memperkenalkan produk serum terbaik untuk kulit sensitif, kami juga telah menyiapkan artikel lain yang membahas produk-produk perawatan kulit lainnya. Tentunya produk-produk tersebut ditujukan bagi Anda yang memiliki tipe kulit sensitif. Cek pada link di bawah ini!

Kesimpulan

Nah, apakah ulasan di atas dapat membantu Anda membuat pilihan? Kini, kulit sensitif Anda bisa mendapatkan produk perawatan yang tepat tanpa khawatir terjadi iritasi atau munculnya masalah kulit lainnya. 

Pastikan Anda memeriksa setiap poin yang sudah kami jelaskan di atas untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan pilihan Anda dengan budget yang Anda miliki. Dapatkan kulit sehat, cantik, dan bersinar dengan produk terbaik pilihan Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
    992.865 Views
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    567.691 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
    753.771 Views
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
    190.114 Views
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
    294.493 Views
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
    108.219 Views
  • 10 Eye Mask Terbaik untuk Hilangkan Mata Panda - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Mask Terbaik untuk Hilangkan Mata Panda - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Mata panda atau lingkaran di bawah mata sering kali muncul karena berbagai faktor, mulai dari kurang tidur sampai penuaan kulit. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan eye mask. Di pasaran, terdapat berbagai produk eye mask yang bagus untuk menghilangkan mata panda.Agar Anda tidak bingung, kami akan membagikan tips memilih masker mata yang tepat untuk Anda. Temukan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti LANEIGE, Etude House, L'Occitane, dan Estee Lauder. Anda juga bisa membaca tips dari certified aesthetic doctor dan cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Selamat menyimak!
    Perawatan wajah
    84.470 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori