mybest
Serum

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Sensitif Terbaik [Ditinjau oleh Dokter Estetik]
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Sensitif Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter Estetik] 1
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Sensitif Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter Estetik] 2
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Sensitif Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter Estetik] 3
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Sensitif Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter Estetik] 4
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Sensitif Terbaik  [Ditinjau oleh Dokter Estetik] 5

10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Sensitif Terbaik [Ditinjau oleh Dokter Estetik]

Memilih serum yang cocok untuk kulit sensitif memang cukup tricky. Beberapa kandungan iritan seperti alkohol dan fragrance, perlu dihindari oleh pemilik kulit sensitif. Anda juga perlu menyesuaikan serum pilihan Anda dengan permasalahan kulit, seperti kulit kering, kulit berminyak, ataupun kulit berjerawat. Namun, selain itu, kandungan apa saja yang boleh dan tidak boleh dipilih si pemilik kulit sensitif?


Untuk menjawab hal itu, kali ini kami akan membahas hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih serum untuk kulit sensitif. Karena itu, kami telah bekerja sama dengan dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami, M.Biomed (AAM) untuk menyusun cara memilihnya. Setelahnya, kami juga akan memberikan rekomendasi serum dari merek yang bagus, seperti Bioderma, La Roche Posay, dan NPURE. 

Diperbaharui 20/09/2023
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Pakar
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami, M.Biomed (AAM) adalah dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha, yang mempunyai ketertarikan di bidang estetik dan kecantikan. Dokter Mutia juga telah menyelesaikan pendidikan magister jurusan Anti Aging & Aesthetic Medicine, Universitas Udhayana dan sampai saat ini telah bekerja di klinik kecantikan sejak 2018.

Profil dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Lanjut membaca
Sonya Kovaleswani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Sonya Kovaleswani

Sonya Kovaleswani merupakan writer mybest yang sudah menulis konten dari berbagai bidang, seperti beauty & skincare, elektronik dapur, hingga peralatan kebersihan. Selama menulis di mybest, Sonya juga sudah banyak berdiskusi dengan pakar-pakar di bidangnya tentang bagaimana memilih produk yang bagus. Semasa kuliah, ia menuangkan kecintaannya pada dunia tulis-menulis dengan mengelola blog pribadi ber-niche fashion dan beauty & skincare. Selama menulis blog-nya, Sonya telah mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan brand-brand kecantikan terkemuka, baik lokal maupun internasional.

Profil Sonya Kovaleswani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah pemilik kulit sensitif boleh menggunakan serum?

Apakah pemilik kulit sensitif boleh menggunakan serum?

Kulit sensitif adalah kondisi permanen yang terjadi karena genetik. Secara umum, kulit sensitif akan menunjukan reaksi hipersensitivitas saat terpapar zat-zat yang biasanya tidak mengiritasi jenis kulit lainnya. Ciri-ciri kulit sensitif yang umum dialami adalah gatal, kering, perih, tingling sensation, serta munculnya ruam kemerahan.


Meski ciri-cirinya tidak muncul sepanjang hari, tetapi kondisi kulit sensitif akan muncul pada sebagian besar waktu. Kulit sensitif tidak bisa disembuhkan, tetapi bisa membaik kondisinya, sama seperti alergi. Penggunaan skincare, seperti serum, dapat memperbaiki kondisi kulit sensitif.

Serum adalah produk skincare yang tinggi kandungan bahan aktifnya. Meski begitu, serum bisa digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif karena manfaatnya. Pada kulit sensitif, serum akan memberikan berbagai manfaat, yaitu:

  • Menenangkan kulit yang kemerahan
  • Meredakan sensasi gatal atau peradangan
  • Memperkuat fungsi skin barrier

Kulit sensitif bisa membaik kondisinya bila telah menemukan produk skincare yang cocok. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk selalu melakukan patch test sebelum mengaplikasikan serum ke seluruh area wajah.
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Selain kulit sensitif, ada pula kondisi kulit sensitized. Sensitized skin ini merupakan perubahan kondisi kulit menjadi lebih sensitif yang terjadi karena faktor eksternal. Misalnya dari kulit normal berubah menjadi kulit sensitif. Faktor eksternal yang memengaruhi terjadinya sensitized skin:


  • Over-exfoliating
  • Ketidakcocokan pada produk skincare
  • Pemakaian skincare dengan dosis terlalu tinggi sehingga membuat kulit iritasi
  • Terlalu sering terkena paparan sinar matahari
  • Cuaca terlalu kering atau terlalu panas

Sensitized skin bisa membaik kondisinya dengan menghindari faktor pencetus terjadinya sensitized skin di atas. Selain menggunakan serum, pemilik kulit sensitif dan sensitized juga sebaiknya tidak melewatkan penggunaan pelembap. Penggunaan sunscreen pun sangat penting saat beraktivitas pada siang hari.

Cara memilih serum wajah untuk kulit sensitif

Kini ada banyak produk serum untuk wajah. Namun, serum mana yang sesuai untuk digunakan pemilik kulit sensitif? Bersama dengan dr. Mutia, kami akan berbagi tips untuk memilih serum wajah khusus untuk kulit sensitif.

1

Utamakan serum dengan label hypoallergenic serta mengandung soothing agent, misalnya Aloe vera, allantoin, dan Centella asiatica

Memilih produk untuk kulit sensitif memang tidak bisa dibilang mudah. Salah satu cara paling aman adalah dengan memeriksa label hypoallergenic. Selain itu, adanya soothing agent juga akan membantu Anda menentukan serum yang pas.

Label hypoallergenic, menandakan skincare minim bahan pencetus iritasi

Label hypoallergenic, menandakan skincare minim bahan pencetus iritasi
Salah satu cara memilih serum yang aman untuk kulit sensitif adalah dengan mencari produk berlabel hypoallergenic. Produk yang sudah memiliki label hypoallergenic artinya minim bahan-bahan yang mencetuskan alergi pada kulit. Skincare yang berlabel hypoallergenic biasanya minim bahan kimia, bebas alkohol, dan bebas pewangi.

Meski minim iritasi, Anda tetap harus melakukan patch test terlebih dahulu. Anda bisa saja mengalami iritasi akibat bahan aktif lainnya di dalam serum berlabel hypoallergenic.

dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Selain menghindari alkohol dan pewangi, pemilik kulit sensitif sebaiknya juga menghindari bahan antibakteri, sulfur, retinol, dan retinoid. Alasannya, bahan-bahan tersebut bisa memicu kulit sensitif menjadi lebih kering.

Soothing agent, meredakan peradangan dan rasa gatal pada kulit sensitif

Soothing agent, meredakan peradangan dan rasa gatal pada kulit sensitif
Kulit sensitif dapat terjadi akibat sel-sel kulit menghasilkan zat-zat pemicu peradangan secara berlebihan. Zat-zat ini memicu respons peradangan di kulit, yang dapat menyebabkan kemerahan, iritasi, gatal, dan sensasi terbakar. Oleh karena itu, hal yang perlu menjadi perhatian dalam merawat kulit sensitif adalah menenangkan kulit. 

Di dalam skincare, termasuk serum, ada bahan-bahan yang menenangkan kulit atau soothing agent. Beberapa soothing agent yang biasa digunakan dalam serum adalah:


  • Aloe vera
  • Allantoin
  • Centella asiatica
  • Mugwort
  • Green tea
  • Shea butter

Terkadang, ada bahan aktif lainnya di dalam serum yang bisa mencetus reaksi peradangan pada kulit. Reaksi peradangan bisa membuat kulit terasa gatal, perih, atau kering. Adanya soothing agent dalam serum bermanfaat untuk meredam reaksi tersebut dan mencegah kerusakan kulit.

2

Untuk memastikan kelembapan kulit terjaga, cari serum yang mengandung hydrating agent ringan seperti hyaluronic acid dan ceramide

Untuk memastikan kelembapan kulit terjaga, cari serum yang mengandung hydrating agent ringan seperti hyaluronic acid dan ceramide

Poin kedua yang perlu diperhatikan saat memilih serum untuk kulit sensitif adalah memastikan keberadaan bahan pelembap. Kulit sensitif bisa juga terjadi karena fungsi skin barrier yang rusak. Akibatnya, kulit menjadi dehidrasi dan mudah iritasi. 


  • Hidrasi menjadi poin penting bagi pemilik kulit sensitif, apalagi untuk kulit sensitif yang cenderung kering. Kulit yang terhidrasi dengan baik bisa meminimalkan reaksi iritasi yang mungkin muncul dari bahan aktif bawaan serum.

  • Kulit sensitif yang cenderung berminyak juga tetap perlu diperhatikan hidrasinya. Kulit yang berminyak tidak berarti cukup terhidrasi. Kondisi kulit berminyak artinya kelebihan minyak pada kulit, bukan kelebihan hidrasi. Respons kulit saat kekurangan hidrasi adalah dengan memproduksi minyak berlebih sehingga kulit jadi berminyak. Untuk mengatasi produksi minyak berlebih, Anda tetap membutuhkan hidrasi yang tepat.

Bahan pelembap yang bersifat humektan atau emolien bisa digunakan oleh kulit sensitif, misalnya hyaluronic acid dan ceramide. Keduanya cenderung netral dan tidak menyumbat pori-pori. Selain itu, Anda juga bisa memilih niacinamide dengan dosis kurang dari 5%. Niacinamide kurang dari 5% dapat membantu melembapkan kulit dan meredakan gejala iritasi akibat bahan aktif lainnya.

dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Hyaluronic acid dan ceramide termasuk bahan pelembap yang netral sehingga nyaman untuk berbagai jenis kulit. Hal ini juga termasuk untuk kulit berminyak dan kulit yang cenderung sensitif. 


Pemilik kulit sensitif perlu melakukan test patch di lengan sebelum mengaplikasikan suatu produk baru ke wajah. Patch test bermanfaat untuk mengecek ada atau tidaknya reaksi alergi pada kulit.

3

Penting, jangan salah pilih tekstur serum; Pilih yang thick untuk pemilik kulit kering, cari yang watery untuk kulit berminyak

Penting, jangan salah pilih tekstur serum; Pilih yang thick untuk pemilik kulit kering, cari yang watery untuk kulit berminyak
Ada dua kondisi kulit sensitif, yaitu kulit yang cenderung kering atau cenderung berminyak. Kondisi kulit tersebut akan menentukan pemilihan tekstur serum yang tepat.

  • Kulit sensitif cenderung kering, pilih tekstur thick

Anda bisa menggunakan tekstur serum apa saja. Namun, utamakan serum dengan tekstur yang thick. Tekstur serum yang thick mampu memberikan sensasi hidrasi maksimal untuk kulit Anda.


  • Kulit sensitif cenderung berminyak, pilih tekstur watery
Serum yang watery atau water based serum lebih cepat menyerap dan tidak berpotensi menyumbat pori-pori. Serum dengan tekstur oily atau creamy berpotensi menyumbat pori-pori pada kulit yang cenderung berminyak.
4

Anda juga punya masalah jerawat? Pilih exfoliating serum yang mengandung bahan eksfoliator ringan seperti PHA

Anda juga punya masalah jerawat? Pilih exfoliating serum yang mengandung bahan eksfoliator ringan seperti PHA
Kulit sensitif ada pula yang cenderung berminyak dan berjerawat. Bagi pemilik kulit seperti ini, pasti kadang kala ingin melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit yang berminyak untuk mencegah munculnya jerawat.

Berbeda dengan jenis kulit lainnya, berikut ini poin yang perlu diperhatikan pemilik kulit sensiif: 

  • Tidak mengeksfoliasi kulit saat kulit sedang meradang atau kemerahan. 
  • Penggunaan exfoliating serum juga tidak disarankan setiap hari, hanya 1 x seminggu. 
  • Akan lebih baik lagi bila pemilik kulit sensitif memakai exfoliating serum saat merasa butuh saja. Pemakaian serum dengan bahan exfoliator ini juga lebih baik saat kondisi kulit tenang.

Bahan exfoliating serum yang bisa dipilih kulit sensitif adalah PHA (polyhydroxy acid). PHA adalah turunan AHA yang memiliki ukuran molekul lebih besar. Alhasil, molekul tersebut tidak bisa masuk ke dalam sel-sel dengan cepat. Jadi, efek iritasi dari PHA sangat minim. Beberapa contoh PHA ada gluconolactone, galactose, dan lactobionic acid.
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami
Dokter Estetik
dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami

Pemilik kulit sensitif sebaiknya tidak mencoba menggunakan serum dengan kandungan bahan exfoliator, seperti AHA dan BHA. Hal ini disebabkan karena exfoliating agent dapat mengikis kulit sampai ke lapisan dalam. Kulit yang terkikis bisa memicu reaksi iritasi pada kulit sensitif.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi serum wajah untuk kulit sensitif terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Sensitif terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 04 September 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
BPOM
Nomor BPOM
Isi/varian isi
Bahan aktif
Bentuk kemasan
Rekomendasi jenis kulit
Fungsi/manfaat
Kandungan pencerah
Kandungan pelembap
Kandungan anti-inflamasi
Kandungan antiaging
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaian
Alkohol
Pewangi
1

NPURE

Noni Probiotics Calm Me Down Ampoule

NPURE Noni Probiotics Calm Me Down Ampoule 1

Rp89.000

Agak Murah

Serum hypoallergenic yang bisa mengurangi gatal dan kemerahan hanya dalam dua minggu!

NA18210108013

30 ml

80% Natural Noni Extract, 9X Probiotics Complex, 3X Ultra Soothing Complex, Ceramide NP, dan Avenanthramide

Botol pump

Semua jenis kulit, termasuk sensitif

Mengurangi gatal dan kemerahan, menyeimbangkan mikrobioma kulit, menghidrasi, dan menguatkan skin barrier

Tidak ada

Ceramide

3X Ultra Soothing Complex dan avenanthramide

Ceramide

Tidak diketahui

2

Bioderma

Hydrabio Sérum

Bioderma Hydrabio Sérum 1

Rp415.000

Agak Mahal

Serum yang mampu memperbaiki mekanisme hidrasi kulit dalam jangka panjang

NC14170105564

40 ml

Apple seed extract, vitamin PP, dan Aquagenium™ (hyaluronis acid, xylitol, dan glycerin)

Botol pump

Kulit kering, termasuk kulit dehidrasi dan sensitif

Melembabkan kulit secara instan, menghaluskan, dan mencerahkan kulit

Niacinamide

Apple seed extract, vitamin PP, dan Aquagenium™

Niacinamide

Niacinamide

Tidak diketahui

3

La Roche-Posay

Hyalu B5 Serum

La Roche-Posay Hyalu B5 Serum 1

Rp630.000

Lebih Mahal

Solusi masalah kulit sensitif, kering, dan tanda penuaan dalam satu serum

NC14212000001

30 ml, 50 ml

Hyaluronic acid, vitamin B5, thermal water

Botol pipet

Semua jenis kulit

Menyamarkan kerutan halus, melembapkan, dan mempercepat regenerasi kulit

Tidak ada

Glycerin, hyaluronic acid

Thermal water, panthenol

Tocopherol

Pagi, malam

4

LABORÉ

BiomeRepair™ Barrier Repair Serum

LABORÉ BiomeRepair™ Barrier Repair Serum 1

Rp75.000

Agak Murah

Serum yang mampu memperbaiki kulit sensitif, dermatitis, dan psoriasis

NA18210112056

7 ml dan 20 ml

Triple Ceramide Complex dan Microbiome Technology™

Botol pump

Kulit sensitif, termasuk dermatitis dan psoriasis (severe sensitive)

Meningkatkan kemampuan toleransi kulit, memperbaiki tekstu, dan meningkatkan kelembaban kulit

Tidak ada

Triple Ceramide Complex

Ceramide

Ceramide

Tidak diketahui

5

SKIN TIME

Probiotic Brightening Serum

SKIN TIME Probiotic Brightening Serum 1

Rp262.900

Agak Mahal

Mencerahkan wajah dalam 21 hari tanpa merusak skin barrier!

NA18231900826

30 ml

Genobiotics™ Advanced Formula, tranexamic acid, tranexamoyl dipeptide-22, 3% niacinamide, Korean mugwort, panthenol, dan allantoin

Botol pipet

Kulit sensitif, termasuk kulit kering dan berjerawat

Mengatasi masalah kulit kusam, hiperpigmentasi, kering, iritasi, dan penuaan dini

Genobiotics™ Advanced Formula, tranexamic acid dan 3% niacinamide

Korean mugwort, panthenol, dan allantoin

Korean mugwort, panthenol, dan allantoin

Mugwort, niacinamide

Tidak diketahui

6

SECA

Ceramide Solution 3% Serum

SECA Ceramide Solution 3% Serum 1

Rp64.500

Agak Murah

Satu serum untuk mengatasi kulit sensitif dan berjerawat

NA18210103110

10 ml dan 20 ml

Actosome ceramide, Aloe vera, dan glycerin

Botol pump

Semua jenis kulit, termasuk kulit sangat kering, sensitif dan berjerawat

Memperkuat skin barrier, merawat kulit berjerawat, meningkatkan kelembapan jangka panjang, engatasi kemerahan dan iritasi

Tidak ada

Actosome ceramide, Aloe vera, dan glycerin

Aloe vera dan glycerin

Actosome ceramide

Tidak diketahui

7

KOErx

Gorjes Magnificent Ace Serum

KOErx Gorjes Magnificent Ace Serum 1

Rp149.000

Menengah

All skin solution serum yang bisa mencerahkan, menghidrasi, dan menenangkan kulit

NA18210111081

30 ml

Niacinamide, alpha bisabolol, allantoin, hyaluronic acid, ceramide, dan jicama extract

Botol pump

Semua jenis kulit, termasuk kering, sensitif, berjerawat

Melembapkan, mencerahkan, mengurangi iritasi dan kemerahan, mengatasi jerawat, mengontrol sebum, dan memperkuat skin barrier

Niacinamide

Allantoin, hyaluronic acid, ceramide

Allatoin

Niacinamide, hyaluronic acid, ceramide

Tidak diketahui

8

Joylab

Skin'O'tic Serum with Probiotic

Joylab Skin'O'tic Serum with Probiotic 1

Rp155.000

Menengah

Serum dengan probiotic untuk pertolongan pertama pada iritasi kulit

NA49210100135

30 ml

Lactobacillus ferment lysate, Centella asiatica, witch hazel, Aloe vera, birch bark extract, hyaluronic acid

Botol pump

Semua jenis kulit

Menyejukkan kulit yang sedang iritasi, melembapkan, menghaluskan, dan memberikan ekstra antioksidan

Tidak ada

Centella asiatica, witch hazel, Aloe vera, hyaluronic acid

Lactobacillus ferment lysate

Centella asiatica

Tidak diketahui

9

ERHA

Skinsitive Df Ultracalm Face Serum

ERHA Skinsitive Df Ultracalm Face Serum 1

Rp219.240

Agak Mahal

Menenangkan kulit iritasi hanya dalam 5 menit!

NA18220100081

30 ml

1% Oat extract, shea butter, argan oil, panthenol, hyaluronic acid, vitamin E, natto gum, dan neem leaf extract

Botol pump

Kulit kering, termasuk sensitif

Melembapkan dan meredakan iritasi

Tidak ada

Panthenol, hyaluronic acid, vitamin E, natto gum, dan neem leaf extract

1% Oat extract, shea butter, argan oil

Hyaluronic acid, vitamin E

Tidak diketahui

10

Azarine®

PHA 10% + Astaxanthin Hilarious Serum

Azarine® PHA 10% + Astaxanthin Hilarious Serum 1

Rp99.000

Agak Murah

Mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi kulit yang aman untuk kulit sensitif

NA18220110806

20 ml

10% lactobionic acid (PHA) dan astaxanthin

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mengangkat sel kulit mati, meregenerasi kulit, dan Menyamarkan permasalahan kulit

Tidak ada

Glycerin dan sodium hyaluronate

Tidak ada

Tidak ada

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

NPURENoni Probiotics Calm Me Down Ampoule

Noni Probiotics Calm Me Down Ampoule 1
Sumber: npureofficial.id
Noni Probiotics Calm Me Down Ampoule 2
Sumber: shopee.co.id
Noni Probiotics Calm Me Down Ampoule 3
Sumber: shopee.co.id
Noni Probiotics Calm Me Down Ampoule 4
Sumber: shopee.co.id
Noni Probiotics Calm Me Down Ampoule 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp89.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp89.000
Agak Murah

Serum hypoallergenic yang bisa mengurangi gatal dan kemerahan hanya dalam dua minggu!

Serum NPURE berikut dirancang khusus untuk kulit sensitif dengan formula hypoallergenic. Formulanya sudah teruji efektif mengurangi gatal dan kemerahan hanya dalam dua minggu. Serum ini juga mengandung minimal ingredients yang hanya fokus untuk memperbaiki kulit sensitif. 


Formulanya diperkaya 80% natural noni extract, 9X probiotics complex, 3X ultra soothing complex, ceramide NP, dan avenanthramide. Hasilnya, keseimbangan microbiome lebih terjaga, kulit menjadi kenyal, terhidrasi, dan skin barrier pun lebih kuat. Serum kulit sensitif ini aman untuk ibu hamil dan menyusui, serta sudah bebas dari alkohol, pewangi, paraben, dan silikon. Tertarik untuk mencobanya?

BPOM
Nomor BPOMNA18210108013
Isi/varian isi30 ml
Bahan aktif80% Natural Noni Extract, 9X Probiotics Complex, 3X Ultra Soothing Complex, Ceramide NP, dan Avenanthramide
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit, termasuk sensitif
Fungsi/manfaatMengurangi gatal dan kemerahan, menyeimbangkan mikrobioma kulit, menghidrasi, dan menguatkan skin barrier
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan pelembapCeramide
Kandungan anti-inflamasi3X Ultra Soothing Complex dan avenanthramide
Kandungan antiagingCeramide
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

BiodermaHydrabio Sérum

Harga referensi
Rp415.000
Agak Mahal

Serum yang mampu memperbaiki mekanisme hidrasi kulit dalam jangka panjang

Kulit yang kering jika dibiarkan bisa menghadirkan masalah kulit lain, seperti jerawat, penuaan dini, dan kusam. Untuk itu, cobalah serum Bioderma yang mampu mengembalikan kemampuan kulit dalam menghidrasi. Dalam sekali pemakaian saja kulit akan terasa lembap hingga 24 jam!


Serum ini memadukan apple seed extract, vitamin PP, dan teknologi Aquagenium™. Kombinasi itu mampu melancarkan sirkulasi air di dalam kulit, memperkuat lapisan kulit, dan merangsang kelembapan alaminya. Formulanya cocok untuk kulit kering dan dehidrasi. Formulanya bebas dari alergen, pewangi, sudah noncomedogenic, dan teruji hypoallergenic sehingga aman untuk kulit sensitif. Meski cukup pricey, manfaatnya worth it, ya.

BPOM
Nomor BPOMNC14170105564
Isi/varian isi40 ml
Bahan aktifApple seed extract, vitamin PP, dan Aquagenium™ (hyaluronis acid, xylitol, dan glycerin)
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitKulit kering, termasuk kulit dehidrasi dan sensitif
Fungsi/manfaatMelembabkan kulit secara instan, menghaluskan, dan mencerahkan kulit
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan pelembapApple seed extract, vitamin PP, dan Aquagenium™
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide
Kandungan antiagingNiacinamide
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
View all
No.3

La Roche-PosayHyalu B5 Serum

Harga referensi
Rp630.000
Lebih Mahal

Solusi masalah kulit sensitif, kering, dan tanda penuaan dalam satu serum

Jika Anda mencari serum untuk kulit kering yang sekaligus bisa melawan tanda penuaan, kami merekomendasikan La Roche-Posay. Serum ini menggabungkan hyaluronic acid, panthenol, dan vitamin B5 yang bisa menyamarkan kerutan, mengencangkan kulit, dan membuatnya lebih kenyal. Serum ini juga memperbaiki kelembapan, membantu regenerasi kulit, dan memperkuat lapisan pelindung kulit.


Saat dipakai, serum kulit kering ini akan memberikan sensasi menyegarkan secara instan. Hyalu B5 Serum ini cocok untuk kulit sangat kering, dehidrasi, dan sensitif. Namun, karena kandungan pelembapnya yang tinggi, serum ini cenderung terlalu lembap untuk kulit kombinasi dan berminyak.

BPOM
Nomor BPOMNC14212000001
Isi/varian isi30 ml, 50 ml
Bahan aktifHyaluronic acid, vitamin B5, thermal water
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMenyamarkan kerutan halus, melembapkan, dan mempercepat regenerasi kulit
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan pelembapGlycerin, hyaluronic acid
Kandungan anti-inflamasiThermal water, panthenol
Kandungan antiagingTocopherol
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi, malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.4

LABORÉBiomeRepair™ Barrier Repair Serum

Harga referensi
Rp75.000
Agak Murah

Serum yang mampu memperbaiki kulit sensitif, dermatitis, dan psoriasis

Diformulasikan khusus untuk kulit sensitif, serum LABORÉ teruji klinis bisa memperbaiki tekstur kulit, skin barrier, dan meningkatkan kemampuan toleransinya. Serum ini mengandung Triple Ceramide Complex dan Microbiome Technology™ yang mengisi kekosongan struktur skin barrier dan menyeimbangkan microbiome. Hasilnya, kulit tampak lebih sehat dan kuat.


Serum ini dirancang untuk iklim tropis Indonesia dan tekstur serumnya bisa berubah dari krim ke air! Serum ini juga cocok untuk kulit dengan dermatitis dan psoriasis (severe sensitive). Karena lembut dan aman, serum ini boleh dipakai oleh ibu hamil dan anak-anak di atas usia tiga tahun.

BPOM
Nomor BPOMNA18210112056
Isi/varian isi7 ml dan 20 ml
Bahan aktifTriple Ceramide Complex dan Microbiome Technology™
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitKulit sensitif, termasuk dermatitis dan psoriasis (severe sensitive)
Fungsi/manfaatMeningkatkan kemampuan toleransi kulit, memperbaiki tekstu, dan meningkatkan kelembaban kulit
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan pelembapTriple Ceramide Complex
Kandungan anti-inflamasiCeramide
Kandungan antiagingCeramide
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
View all
No.5

SKIN TIMEProbiotic Brightening Serum

Harga referensi
Rp262.900
Agak Mahal

Mencerahkan wajah dalam 21 hari tanpa merusak skin barrier!

Punya masalah wajah kusam, tetapi kulit Anda sensitif? SKIN TIME Probiotic Brightening Serum solusinya. Serum berikut ini dibuat dengan powerful active ingredients yang mampu membuat kulit lebih cerah tanpa membuatnya iritasi. Formulanya membantu mengatasi masalah kulit kusam, hiperpigmentasi, kering, iritasi, dan penuaan dini.


Serum ini mengandung Genobiotics™ Advanced Formula, tranexamic acid, tranexamoyl dipeptide-22, 3% niacinamide, Korean mugwort, panthenol, dan allantoin. Perpaduan tersebut akan mencerahkan, melembapkan, menenangkan, dan menguatkan perlindungan kulit. Diklaim, Anda bisa melihat hasilnya dalam 21 hari, lho. Produk ini cocok untuk kulit sensitif, kering, berjerawat, dan boleh dipakai oleh ibu hamil dan menyusui.

BPOM
Nomor BPOMNA18231900826
Isi/varian isi30 ml
Bahan aktifGenobiotics™ Advanced Formula, tranexamic acid, tranexamoyl dipeptide-22, 3% niacinamide, Korean mugwort, panthenol, dan allantoin
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitKulit sensitif, termasuk kulit kering dan berjerawat
Fungsi/manfaatMengatasi masalah kulit kusam, hiperpigmentasi, kering, iritasi, dan penuaan dini
Kandungan pencerahGenobiotics™ Advanced Formula, tranexamic acid dan 3% niacinamide
Kandungan pelembapKorean mugwort, panthenol, dan allantoin
Kandungan anti-inflamasiKorean mugwort, panthenol, dan allantoin
Kandungan antiagingMugwort, niacinamide
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
View all
No.6

SECACeramide Solution 3% Serum

Harga referensi
Rp64.500
Agak Murah

Satu serum untuk mengatasi kulit sensitif dan berjerawat

Jika Anda bermasalah jerawat dan sensitif, kami merekomendasikan serum dari SECA. Serum ini menggabungkan ceramide, Aloe vera, dan glycerin yang melembapkan sekaligus membantu memperkuat skin barrier sehingga kulit lebih terlindungi. Dengan teknologi nano-liposom yang meningkatkan efisiensi formulanya, serum ini akan memberikan efek lembap jangka panjang.


Serum ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit, khususnya kulit sensitif, berjerawat, kusam, dan bertekstur. Jerawat diklaim bisa teratasi dalam tujuh hari, lho. Masalah garis halus dan kerutan juga bisa diatasi serum ini. Dengan harga kurang dari 100 ribu, serum ini bisa jadi pilihan hemat untuk kulit Anda.

BPOM
Nomor BPOMNA18210103110
Isi/varian isi10 ml dan 20 ml
Bahan aktifActosome ceramide, Aloe vera, dan glycerin
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit, termasuk kulit sangat kering, sensitif dan berjerawat
Fungsi/manfaatMemperkuat skin barrier, merawat kulit berjerawat, meningkatkan kelembapan jangka panjang, engatasi kemerahan dan iritasi
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan pelembapActosome ceramide, Aloe vera, dan glycerin
Kandungan anti-inflamasiAloe vera dan glycerin
Kandungan antiagingActosome ceramide
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
View all
No.7

KOErxGorjes Magnificent Ace Serum

Harga referensi
Rp149.000
Menengah

All skin solution serum yang bisa mencerahkan, menghidrasi, dan menenangkan kulit

Jika Anda menyukai skincare yang ingredients-nya minimalis, Anda pasti suka dengan serum yang satu ini. Serum Gorjes merupakan all skin solution untuk masalah kulit kusam, kering, kasar, dan iritasi. Serum ini diformulasikan dengan niacinamide, alpha bisabolol, allantoin, hyaluronic acid, ceramide, dan masih banyak hero ingredients lainnya.


Ingredients tersebut mampu mengatasi iritasi dan kemerahan pada kulit, mengunci kelembapan, serta mencerahkan wajah. Bila Anda sedang berjerawat, serum ini bisa mengatasinya sekaligus memudarkan bekasnya. Lebih lagi, serum ini juga membantu memperkuat perlindungan kulit sekaligus menyeimbangkan produksi sebum pada wajah. Lengkap sekali, bukan?

BPOM
Nomor BPOMNA18210111081
Isi/varian isi30 ml
Bahan aktifNiacinamide, alpha bisabolol, allantoin, hyaluronic acid, ceramide, dan jicama extract
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit, termasuk kering, sensitif, berjerawat
Fungsi/manfaatMelembapkan, mencerahkan, mengurangi iritasi dan kemerahan, mengatasi jerawat, mengontrol sebum, dan memperkuat skin barrier
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan pelembapAllantoin, hyaluronic acid, ceramide
Kandungan anti-inflamasiAllatoin
Kandungan antiagingNiacinamide, hyaluronic acid, ceramide
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
View all
No.8

JoylabSkin'O'tic Serum with Probiotic

Harga referensi
Rp155.000
Menengah

Serum dengan probiotic untuk pertolongan pertama pada iritasi kulit

Selain untuk pencernaan, probiotik juga punya manfaat. Serum Skin'O'tic dari Joylab merupakan serum dengan probiotik yang bisa jadi pertolongan pertama untuk banyak masalah kulit. Kulit kusam, beruntusan, berjerawat, dan kemerahan bisa Anda atasi dengan serum ini.

Serum ini cocok untuk semua jenis kulit. Kandungan probiotik-nya membantu menyejukkan kulit yang sedang iritasi dan memperkuat lapisan kulit. Sementara cica, witch hazel, Aloe vera-nya akan merawat kulit Anda agar tetap halus dan lembap. Dengan pemakaian teratur, kulit Anda akan terasa kencang dan kenyal. Dengan perlindungan kulit yang kuat, Anda pun bisa mencegah masalah kulit lainnya di masa mendatang.

BPOM
Nomor BPOMNA49210100135
Isi/varian isi30 ml
Bahan aktifLactobacillus ferment lysate, Centella asiatica, witch hazel, Aloe vera, birch bark extract, hyaluronic acid
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMenyejukkan kulit yang sedang iritasi, melembapkan, menghaluskan, dan memberikan ekstra antioksidan
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan pelembapCentella asiatica, witch hazel, Aloe vera, hyaluronic acid
Kandungan anti-inflamasiLactobacillus ferment lysate
Kandungan antiagingCentella asiatica
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
View all
No.9

ERHASkinsitive Df Ultracalm Face Serum

Harga referensi
Rp219.240
Agak Mahal

Menenangkan kulit iritasi hanya dalam 5 menit!

Kulit kering dan sensitif biasanya gampang merah dan gatal. Untuk masalah tersebut, Anda butuh Skinsitive Df Ultracalm Face Serum dari ERHA. Serum ini mengandung oat, shea butter, dan argan oil yang bekerja aktif untuk menenangkan kulit gatal dan kemerahan. Ada juga moisturizing agent yang memberikan perlindungan menyeluruh pada lapisan kulit.


Anda akan mendapatkan manfaat kelembapan yang optimal dari panthenol, hyaluronic acid, vitamin E, dan masih banyak lagi. Dengan kandungan tersebut, tak heran kalau serum ini bisa menenangkan kulit iritasi hanya dalam lima menit saja.

BPOM
Nomor BPOMNA18220100081
Isi/varian isi30 ml
Bahan aktif1% Oat extract, shea butter, argan oil, panthenol, hyaluronic acid, vitamin E, natto gum, dan neem leaf extract
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitKulit kering, termasuk sensitif
Fungsi/manfaatMelembapkan dan meredakan iritasi
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan pelembapPanthenol, hyaluronic acid, vitamin E, natto gum, dan neem leaf extract
Kandungan anti-inflamasi1% Oat extract, shea butter, argan oil
Kandungan antiagingHyaluronic acid, vitamin E
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
View all
No.10

Azarine®PHA 10% + Astaxanthin Hilarious Serum

Harga referensi
Rp99.000
Agak Murah

Mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi kulit yang aman untuk kulit sensitif

Jika Anda mencari serum untuk kulit sensitif yang bisa meregenerasi kulit, cobalah serum ini. Serum dengan kandungan 10% Lactobionic Acid (PHA) ini aman untuk kulit sensitif karena ukuran partikel besar.


Serum ini berperan mengangkat sel kulit mati, meregenerasi kulit, menyamarkan bekas jerawat, dan kulit kusam. Selain itu, ada kandungan Dermasooth™ dan astaxanthin yang  membantu menenangkan kulit iritasi dan sebagai antioksidan serta membantu memperlambat penuaan dini.

BPOM
Nomor BPOMNA18220110806
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktif10% lactobionic acid (PHA) dan astaxanthin
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMengangkat sel kulit mati, meregenerasi kulit, dan Menyamarkan permasalahan kulit
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan pelembapGlycerin dan sodium hyaluronate
Kandungan anti-inflamasiTidak ada
Kandungan antiagingTidak ada
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaian
Alkohol
Pewangi
View all

5 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Sensitif terbaik

No. 1: NPURENoni Probiotics Calm Me Down Ampoule

No. 2: BiodermaHydrabio Sérum

No. 3: La Roche-PosayHyalu B5 Serum

No. 4: LABORÉBiomeRepair™ Barrier Repair Serum

No. 5: SKIN TIMEProbiotic Brightening Serum

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum Wajah untuk Kulit Sensitif Terbaik [Ditinjau oleh Dokter Estetik]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.