10 Rekomendasi Fin Diving Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Fin Diving Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Berbicara tentang menyelam, aktivitas seru yang dapat dilakukan adalah scuba diving, yaitu menyelam ke dasar laut dengan tabung oksigen atau menyelam hanya pada kedalaman beberapa meter saja di bawah permukaan laut. Salah satu peralatan yang Anda perlukan untuk menyelam adalah fin diving atau terkadang disebut flippers. Dengan menggunakannya, Anda dapat menyelam dengan lebih cepat dan mudah.

Tidak seperti menyelam di kolam renang, Anda tidak dapat menyelam dengan mudahnya pada kedalaman beberapa meter di laut dengan kaki telanjang. Oleh sebab itu, Anda memerlukan fin diving. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih fin diving, serta merekomendasikan produk-produk fin diving yang dapat Anda pilih sesusai selera. Selamat memilih!

Cara memilih fin diving

Berikut ini kami memberikan 4 cara yang benar dalam memilih fin diving. Jangan sembarangan dalam memilih fin diving, karena Anda perlu memilih yang cocok dengan kaki Anda serta sesuai dengan kemampuan berenang Anda.

Cek kemampuan daya dorongnya

Cek kemampuan daya dorongnya

Manfaat terbaik yang didapatkan dari diving fin adalah kemampuan daya dorongnya. Gaya dorong yang besar sangat diperlukan saat Anda tidak memakai sepatu atau memakai aqua shoes. Dengan menggunakan fin diving, Anda tidak memerlukan energi yang lebih saat menyelam sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan seperti kelelahan saat berenang. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah fin diving yang memiliki kemampuan daya dorong yang tinggi.

Hubungan antara gaya dorong fin diving berbanding lurus dengan panjangnya. Akan tetapi, jika terlalu panjang akan menyulitkan untuk dikontrol oleh orang-orang dan anak-anak yang kurang ahli berenang, serta akan terasa berat saat dipakai. Jika Anda adalah penyelam pemula yang bertujuan untuk menyelam sambil snorkeling, pilihlah fin diving yang ringan dan mudah dikendalikan.

Pilihlah yang cocok dengan kulit Anda

Pilihlah yang cocok dengan kulit Anda

Fin diving yang dipilih haruslah muat dengan ukuran kaki Anda dan cocok dengan kulit Anda. Jika Anda memakai fin diving yang kebesaran, pasir, batu, dan rumput laut akan mudah masuk ke fin diving Anda. Sebaliknya, bila kesempitan, Anda akan sulit berenang lama karena kaki Anda kesakitan. Oleh sebab itu, ukuran yang pas sangatlah penting.

Terdapat dua jenis fin diving, yaitu strap type dan full foot typeStrap type adalah tipe yang dilengkapi strap pada heel untuk diatur agar disesuaikan ukuran kaki. Strap ini mudah dipasang dan dilepas. Tipe ini cocok untuk anak karena kakinya masih dalam masa pertumbuhan.

Full foot type adalah tipe yang biasa dipakai untuk latihan berenang. Tipe ini tidak bisa diatur besar ukurannya, jadi ukurannya sudah fix pada kaki. Bahan karet paling banyak dipakai untuk tipe ini karena lembut di kulit. Namun, Anda harus berhati-hati agar fin diving tipe ini tidak rusak misalnya saat terkena bebatuan.

Pertimbangkan kemudahan membawanya

Pertimbangkan kemudahan membawanya

Banyak sekali barang yang mesti Anda bawa ketika menyelam di laut, yaitu baju khusus menyelam, snorkel, tabung oksigen, dan sebagainya, dengan total barang bisa mencapai 10 macam. Ditambah lagi, Anda perlu membawa fin diving sehingga menambah beban bawaan Anda. Oleh sebab itu, jika memungkinkan, usahakan Anda membawa fin diving yang compact dan ringan.

Ketika Anda perlu membawa fin diving yang panjang untuk gaya dorong yang kuat saat menyelam, usahakan Anda memikirkan cara agar bagian heel dan strap-nya tidak rusak. Jika Anda memakai fin diving yang tahan lama dan Anda memakainya dengan baik, maka Anda dapat menggunakannya dalam jangka waktu yang lama juga.

Tentukan tujuannya yaitu untuk kompetisi atau hobi

Tentukan tujuannya yaitu untuk kompetisi atau hobi

Sebagian besar orang memilih menggunakan diving fin dengan tujuan untuk hobi, tetapi beberapa orang ada yang tertarik untuk menggunakannya pada kompetisi. Para atlet menyelam saat ini sudah banyak bermunculan dari mancanegara, termasuk Indonesia. Jika Anda membeli fin diving untuk mengikuti kompetisi, belilah yang daya dorongnya tinggi, meskipun harganya akan sedikit lebih mahal.

10 Rekomendasi fin diving terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan 10 rekomendasi fin diving terbaik untuk Anda. Semakin tinggi performanya, semakin sulit juga untuk menggunakannya. Jadi, pilihlah fin diving yang sesuai dengan Anda berdasarkan berapa kali Anda menyelam, lamanya Anda menyelam, dan tingkat keahlian berenang (pemula atau profesional).

10. Aqua Lung Stratos 3

10. Aqua Lung Stratos 3

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.381.000

Membuat kaki Anda tidak mudah lelah

Produk yang satu ini memang tidak akan membuat kaki Anda cepat lelah karena terbuat dari technopolymers yang elastis. Ditambah lagi, karena di dalam laut bisa muncul tekanan air yang besar, maka tujuan fin diving ini dibuat untuk mampu menahan tekanan yang begitu besar serta getaran yang sangat ekstrim/hebat di bawah laut.

Kemampuan produk ini telah lulus uji laboratorium sehingga menjadi bukti nyata bahwa produk ini berkualitas dan terpercaya. Kemudian, produk ini juga tersedia dalam berbagai warna sehingga Anda dapat memilih warna yang cocok untuk Anda. Jadi, bila Anda perlu menyelam dalam waktu yang lama, fin diving ini cocok untuk Anda.

9. Scubapro Jet Fin

9. Scubapro Jet Fin

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.322.000

Tersedia dalam berbagai warna dan ukuran

Kelebihan produk ini adalah pada ketersediaan warna, motif, serta ukurannya. Warna dan ukurannya bermacam-macam sehingga Anda dapat memilih sesuai ukuran kaki Anda dan warna yang Anda sukai, bahkan tersedia motif camo (tentara). Jika Anda adalah orang yang senang memilih produk dengan banyak variasi, produk ini sangat tepat untuk Anda.

Dari segi performa, bentuk desain lubang anginnya sangat membantu untuk mengurangi koefisien drag dan memiliki gaya dorong yang kuat saat Anda melakukan donwstroke. Anda hanya perlu menggerakkan kaki Anda sedikit saja untuk bisa menyelam dengan bebas. Selain itu, produk ini dibuat  dari bahan karet yang kuat sehingga bisa awet Anda pakai dalam waktu lama. 

8. Apeks RK3 Fins

8. Apeks RK3 Fins

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.780.000

Nyaman dipakai serta meringankan beban

Jika Anda menginginkan produk yang sudah pasti pas dan nyaman di kaki, Anda bisa mencoba produk satu ini. Memiliki lubang tempat masuk kaki yang besar serta dilengkapi dengan strap, Anda dapat mengatur fin diving ini agar sesuai dengan ukuran kaki Anda.

Selain itu, adanya tambahan lubang kecil pada bagian ujungnya dapat Anda gunakan untuk mengaitkan carabiner, yang memudahkan Anda untuk membawanya. Terbuat dari bahan thermoplastic, produk ini sangat kuat, fleksibel, dan ringan. Jika Anda menginginkan fin diving yang praktis dan tidak membebani tangan Anda saat membawanya, fin diving ini adalah pilihan yang tepat.

7. Atomic Aquatics SplitFins Smoke On The Water

7. Atomic Aquatics SplitFins Smoke On The Water

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 4.045.000

Bentuk split terpisah untuk gaya dorong yang lebih kuat

Dibandingkan model paddle fin diving, keunggulan dari bentuk split fins ini adalah menghasilkan gaya dorong yang lebih kuat. Dengan bentuk seperti ini juga membuat angka koefisien drag/gaya gesek berkurang sehingga Anda dapat menyelam dengan lebih lancar. Selain itu, produk ini juga memiliki  bobot yang ringan sehingga cocok dipakai untuk perjalanan menyelam jarak jauh.

Didesain dengan bentuk foot pocket yang ergonomis, kaki Anda akan nyaman berada di dalamnya. Ditambah lagi dengan sistem penguncian EZ-buckle terbaru, yang membuat strap dapat dibuka dengan satu tangan saja semakin memudahkan Anda saat ingin melepasnya usai menyelam. Produk ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan fin diving yang nyaman dan praktis.

6. Beuchat Aquabionic

6. Beuchat Aquabionic

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.458.000

Dilengkapi teknologi untuk mengefisienkan energi

Fin diving buatan Beuchat ini dilengkapi dengan teknologi yang disebut WARP (Water Adaptive Responsive Propulsion) yang terinspirasi dari binatang laut untuk pemakaian energi lebih efisien. Teknologi ini membuat desain blade-nya memiliki engsel dengan tambahan lubang saluran ditengah untuk mengakumulasi air.

Dengan demikian, hal ini membuat energi tersimpan sehingga penyelam mendapatkan energi tambahan saat mengayuh fin diving. Desainnya bertujuan untuk semua gaya menendang/mengayuh (termasuk reverse atau back kick). Jika Anda ingin menjadi penyelam yang handal, fin diving ini bisa membantu Anda.

5. Mares X-STREAM

5. Mares X-STREAM

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.920.000

Dibuat lubang-lubang pada foot pocket untuk mencegah parachute effect

Fin diving ini ringan sehingga sangat bagus untuk menyelam dalam jarak jauh. Adanya engsel pada bagian tengahnya membuat blade dapat digerakkan naik dan turun dengan lebih fleksibel. Foot pocket-nya terdiri dari banyak lubang untuk mengeluarkan air agar mencegah parachute effect yang disebabkan banyaknya air yang masuk pada kaki Anda.

Dua lubang di atas blade membuat air dapat mengalir ke bawah sehingga tidak banyak air menghambat gerakan kaki Anda. Sedangkan lubang pada bagian bawah membuat kaki Anda tidak licin saat berjalan di perahu. Bagi Anda yang ingin menyelam dengan lebih lancar, fin diving ini patut masuk daftar belanja Anda.

4. O.ME.R. STINGRAY Fin

4. O.ME.R. STINGRAY Fin

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.573.000

Tipe fin panjang yang cocok untuk menyelam cukup dalam

Fin diving full foot type ini direkomendasikan karena memiliki ukuran yang panjang sehingga dapat menciptakan performa maksimal. Dilengkapi dengan bagian buntut blade yang berbentuk mirip sirip ikan, fin ini dapat menghasilkan traksi yang bagus saat menyelam, yang dapat membuat Anda dapat menyelam cukup dalam, bahkan hingga kedalaman 100 m.

Bagian kantong kaki terbuat dari bahan thermo rubber yang cukup lunak serta lentur sehingga kaki Anda akan tetap terasa nyaman saat memakainya. Adanya dua sekrup pada bagian bawah berfungsi agar blade dapat dilepas sehingga praktis untuk dibawa. Jika Anda ingin menyelam ke tempat yang dalam dengan lebih maksimal, fin diving ini sangat tepat untuk Anda.

3. Tusa HyFlex Switch

3. Tusa HyFlex Switch

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.786.000

Desain unik dan dapat dipakai untuk berbagai macam ukuran kaki

Salah satu keunikan yang dimiliki fin diving ini adalah bagian foot pockets dan bagian blade-nya yang dapat dipisahkan sehingga memudahkan Anda saat ingin menyimpannya ke dalam tas. Keunikan lainnya adalah bagian bungee strap fin diving ini dapat diatur ke dalam lima posisi, membuatnya dapat dipakai untuk berbagai macam ukuran kaki.

Terbuat dari bahan polyurethane, produk ini memudahkan Anda untuk bergerak lebih cepat dan “tajam” saat menyelam. Kemudian, dengan adanya teknologi vortex generator yang berfungsi untuk mengurangi gaya gesek antara fin diving dengan air selama dikayuh, produk ini akan memberikan performa yang maksimal untuk Anda.

2. Scubapro Seawing Nova

2. Scubapro Seawing Nova

Lihat produk ini di Lazada 

Harga : Rp 2.009.000

Daya tahan telah teruji

Keunggulan fin diving tipe full foot ini adalah tahan lama karena terbuat dari satu material yaitu monprene. Hasil tes membuktikan fin diving ini telah digerakan sebanyak ribuan kali saat menyelam, tetapi tidak terlihat adanya kerusakan sama sekali. Dengan bagian strap yang tebal serta memiliki kualitas marine grade, membuat strap ini tidak mudah copot/rusak walaupun sering Anda atur untuk menyesuaikan ukuran kaki Anda.

Selain itu, beberapa lekukan yang terdapat pada blade ini akan berguna untuk mengalirkan air sehingga mengurangi resistan air. Dua sisi yang menonjol pada bagian ujung blade berfungsi untuk membuat gerakan tetap stabil. Jika Anda menginginkan fin diving yang mudah digerakkan dan memiliki daya tahan yang tinggi, produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

1. Seac Sub F1 S Fin

1. Seac Sub F1 S Fin

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.999.000

Bobotnya paling ringan untuk perjalanan jarak jauh

Keunggulan produk ini adalah pada bobotnya yang hanya 730 gr, menjadikan bobotnya paling ringan di antara produk lainnya sehingga tidak akan membuat kaki Anda pegal saat banyak mengayuh. Kombinasi bagian blade dari plastik keras yang sengaja dibuat kaku dengan bagian blade dari karet fleksibel menghasilkan gaya dorong maksimal untuk mengayuh.

Dengan foot pocket yang terbuat dari bahan karet yang lentur, produk ini begitu nyaman saat dipakai. Ditambah lagi dengan adanya lubang ventilasi yang melengkung pada atas blade yang berfungsi untuk membuang air dari atas ke bawah blade, membuat gesekan fin dengan air pun menjadi berkurang. Produk ini bisa menjadi pilihan pas untuk Anda yang hobi menyelam dalam jarak yang jauh.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca fin diving terbaik yang direkomendasikan oleh kami? Memilih fin diving sangat penting karena dapat membantu Anda untuk menyelam dengan performa lebih maksimal. Oleh sebab itu, pilihlah fin diving yang paling pas dan nyaman untuk Anda!