10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik Untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik Untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2018)

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang sehingga pemilihan sabun muka pun tak boleh sembarangan.

Kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih sabun muka, serta merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih ada banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit Anda. Simak terus informasinya!

Daftar isi

Cara memilih sabun muka untuk kulit berjerawat

Memilih sabun muka berdasarkan jenis kulit dan jerawat adalah poin penting yang tak boleh dilewatkan. Selain itu, jenis sabun muka yang digunakan juga menjadi aspek yang tak kalah penting. Berikut kami akan menjelaskan secara rinci poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih sabun muka.

Pilihlah sabun muka berdasarkan jenis jerawat untuk hasil lebih optimal

Ada 3 tipe jerawat yang biasa timbul di kulit wajah, yaitu jerawat dewasa, jerawat remaja, dan jerawat yang umum dialami pria. Jerawat tersebut bisa muncul karena berbagai macam sebab. Berbeda penyebabnya, maka berbeda pula cara penanggulangannya. Sebelum memilih sabun muka yang tepat, marilah cek jenis jerawat Anda terlebih dahulu!

Untuk jerawat dewasa, pilihlah produk yang banyak mengandung pelembap

Untuk jerawat dewasa, pilihlah produk yang banyak mengandung pelembap

Bagi Anda yang khawatir akan munculnya jerawat saat usia dewasa, pilihlah sabun muka yang banyak mengandung pelembap. Umumnya, jerawat jenis ini muncul karena kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, stres, maupun karena pengaruh hormon. Kulit yang bertambah kering seiring bertambahnya usia dan pori-pori tersumbat juga menurunkan kondisi kulit Anda.

Penting untuk memilih sabun muka yang mampu membersihkan hingga ke pori-pori. Selain daya pembersih yang optimal, pilihlah juga sabun muka yang mengandung banyak pelembap untuk menghindari kulit wajah menjadi kering. Sabun muka yang mengandung ekstrak madu, hyaluronic acid, dan squalane sangat dianjurkan karena bahan-bahan tersebut mampu melembapkan kulit.

Untuk jerawat remaja, pilihlah produk yang lembut di kulit dan mudah dibilas

Untuk jerawat remaja, pilihlah produk yang lembut di kulit dan mudah dibilas

Penyebab utama jerawat remaja adalah hormon pertumbuhan. Pori-pori yang tersumbat karena produksi minyak berlebihan, khususnya pada bagian hidung dan dahi, memicu timbulnya jerawat. Itulah sebabnya mengapa jerawat sering muncul di area T pada wajah. Untuk itu, memilih produk sabun muka yang mampu membersihkan sebum secara menyeluruh sangatlah penting.

Jerawat remaja biasanya juga disertai dengan peradangan atau iritasi yang akan memburuk bila kulit terstimulasi berlebihan. Untuk itu, hindarilah penggunaan sabun muka yang menstimulasi kulit secara berlebihan, seperti sabun muka berkandungan scrub atau peeling. Solusinya, pilihlah sabun muka yang halus dan lembut di kulit. 

Untuk jerawat pada pria, pilihlah produk dengan kandungan pelembap dan pembersih yang seimbang

Untuk jerawat pada pria, pilihlah produk dengan kandungan pelembap dan pembersih yang seimbang

Jerawat pada pria adalah jerawat yang disebabkan oleh sekresi berlebihan akibat pengaruh hormon. Karena itu, sebaiknya Anda memilih sabun muka yang berdaya pembersih kuat. Namun, kulit wajah pria cenderung lebih kering dibandingkan kulit wajah wanita sehingga jerawat pun lebih rentan timbul. Untuk itu, pilihlah sabun muka yang mengandung bahan pelembap seperti hyluronic acid, madu, dan lain-lain.

Sama halnya dengan jerawat remaja, jerawat pada pria juga sering menimbulkan iritasi. Karena itu, pilihlah sabun muka yang bisa menenangkan iritasi pada wajah. Hindari peggunaan sabun muka jenis scrub karena akan memperburuk kondisi kulit yang berjerawat.

Pilihlah sabun yang tidak menyebabkan iritasi untuk atasi semua jenis jerawat

Pilihlah sabun yang tidak menyebabkan iritasi untuk atasi semua jenis jerawat

Wajah yang kotor adalah tempat favorit bagi bakteri untuk berkembang biak. Terutama setelah seharian beraktivitas, yaitu saat debu jalanan dan makeup menyumbat pori-pori dan berpotensi memunculkan jerawat di kulit.

Tidak sedikit orang berjerawat merasakan gatal di kulit, khususnya mereka yang berkulit kering dan sensitif. Dalam keadaan seperti ini, sabun muka tanpa bahan aditif atau jenis sabun organik dapat menjadi pilihan tepat. Bila memungkinkan, pilihlah produk tanpa bahan pewarna, pewangi, dan pengawet.

Sabun muka yang tidak menyebabkan iritasi ini cocok untuk segala jenis kulit, dari jenis kulit kering sampai jenis kulit sensitif. Untuk hasil yang optimal, cucilah muka tanpa menggosoknya terlalu keras agar kondisi jerawat tidak bertambah parah. 

Pilihlah sabun muka dengan kandungan obat jerawat untuk mempercepat penyembuhan

Pilihlah sabun muka dengan kandungan obat jerawat untuk mempercepat penyembuhan

Sabun muka dengan kandungan obat jerawat memiliki bahan aktif untuk meredakan jerawat Anda. Salah satunya adalah salicylic acid. Bahan aktif tersebut berfungsi untuk mengangkat kotoran penyumbat pori-pori dan mengurangi peradangan yang timbul akibat jerawat.

Pilihlah produk berkandungan bahan aktif yang tidak memicu iritasi pada kulit, seperti isopropyl methylphenol dan yang meredakan peradangan berlebih, seperti dipotassium glycyrrhizate. Sabun muka dengan kandungan obat ini cocok untuk Anda yang ingin mengatasi jerawat sesegera mungkin.

Pilihlah berdasarkan wujud sabun muka untuk kemudahan pemakaian

Secara garis besar, wujud sabun muka terbagi menjadi 3 jenis, yaitu sabun batangan, facial foam, dan sabun bubuk. Karena ketiga wujud sabun ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, selektiflah dalam memilihnya!

Sabun batangan, ampuh bersihkan wajah dengan daya pembersih yang kuat

Sabun batangan, ampuh bersihkan wajah dengan daya pembersih yang kuat

Kelebihan dari sabun batangan adalah daya pembersihnya yang kuat. Karena sabun ini dapat menghasilkan banyak busa, Anda akan merasakan sensasi segar setelah mencuci muka. Sabun batangan sangat baik untuk kulit karena umumnya minim bahan kimia maupun bahan aditif lainnya. Sabun ini cocok untuk jenis kulit berminyak dan jenis kulit kombinasi yang cenderung berminyak.

Namun, sabun ini kurang cocok untuk jenis kulit kering karena dapat membuat kulit wajah Anda menjadi semakin kering. Jika Anda mencuci muka dengan sabun batangan, jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembap setelahnya. 

Facial foam, cocok untuk kulit kering dan kombinasi 

Facial foam, cocok untuk kulit kering dan kombinasi 

Sabun muka yang paling banyak ditemui adalah sabun berwujud menyerupai pasta atau facial foam. Mengandung banyak bahan pelembap dan bahan lain yang baik untuk perawatan kulit, sabun ini tidak memberikan kesan kesat yang berlebihan pada kulit. Cocok untuk kulit kering maupun kulit berminyak.

Namun, jenis sabun muka ini umumnya mengandung bahan surfaktan, serta berbagai macam bahan aditif lain, demi meningkatkan daya pembersih dan pelembapnya. Karena itu, sabun jenis ini kurang cocok untuk jenis kulit sensitif. Bagi Anda pemilik kulit sensitif yang ingin menggunakan facial foam, pilihlah produk yang tidak mengandung atau minimal kandungan bahan aditif kimianya.

Sabun bubuk, pas untuk jenis kulit sensitif dan tidak menyebabkan iritasi

Sabun bubuk, pas untuk jenis kulit sensitif dan tidak menyebabkan iritasi

Meskipun sabun bubuk masih sangat jarang beredar di pasaran Indonesia, sabun ini memiliki keunggulan tidak menyebabkan iritasi karena tidak mengandung bahan aditif. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi antara kulit kering dan kulit berminyak.

Namun, penggunaan sabun muka jenis bubuk sedikit membutuhkan waktu karena harus dicampur dengan air terlebih dahulu. Selain, itu Anda harus menjauhkannya dari tempat yang lembap agar sabun muka jenis bubuk ini lebih awet dan tahan lama.

10 Rekomendasi sabun muka terbaik untuk kulit berjerawat

Berikut adalah 10 rekomendasi sabun muka terbaik untuk kulit berjerawat. Berdasarkan poin-poin yang telah kami paparkan di atas, pilihlah sabun yang sesuai dengan jenis jerawat dan kondisi kulit Anda!

10. Cloris Men Sabun Batang

10. Cloris Men Sabun Batang

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini Bukalapak

Harga : Rp 55.000

Tampil keren dan bersih dengan kulit bebas jerawat dan flek hitam

Sabun batang ini terbuat dari bahan alami pilihan yang diperkaya dengan carbon aktif, collagen, dan lain-lain. Produk yang dipercaya mampu menghilangkan jerawat dan flek hitam ini sangat aman digunakan karena tidak mengandung bahan berbahaya seperti hydroquinone dan mercury. Bahkan, tidak ada efek samping yang dihasilkan seperti kulit merah, gatal, atau terkelupas.

Produk khusus pria ini direkomendasikan bagi Anda pemilik kulit yang berpotensi tinggi terkena masalah jerawat, seperti kulit berminyak dan kulit dengan pori-pori yang besar. Selain menghilangkan jerawat, sabun ini juga mampu mencerahkan dan meremajakan kulit. Bagi Anda, pria dengan segudang aktivitas, tidak ada salahnya untuk mencoba produk ini.

9. Rohto Acnes Natural Care Facewash Complete White

9. Rohto Acnes Natural Care Facewash Complete White

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 19.700

Bahan alami untuk atasi jerawat plus membuat kulit tampak putih berseri

Salah satu produk dari Rohto ini sudah dikenal sebagai produk khusus untuk mengatasi masalah jerawat. Kandungan natural active ingredients dan vitamin C-nya tak hanya berfungsi untuk melawan bakteri penyebab jerawat, tetapi juga mencerahkan kulit dan menyamarkan flek hitam bekas jerawat. Diperkaya pelembap, produk ini pun semakin ideal untuk kulit kering Anda.

Produk ini sangat nyaman dipakai karena menghasilkan busa yang lembut. Kulit akan terasa segar dan kesat setelah dibilas. Hasilnya juga akan terlihat setelah pemakaian selama satu minggu. Jerawat akan jauh berkurang! Lanjutkan pemakaian hingga jerawat hilang total. Untuk Anda yang mendambakan kulit putih bebas jerawat, produk ini akan menjadi pilihan yang tepat.

8. Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel

8. Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 16.000

Solusi ampuh atasi jerawat tanpa membebani kulit Anda

Kandungan purifying zinc dan witch hazel extract dipercaya dapat membersihkan wajah dengan lembut. Itulah kenapa produk ini nyaman digunakan oleh kulit yang rentan terhadap bahan kimia sekaligus rentan terhadap jerawat. Tidak hanya itu, produk ini juga mampu membuat wajah tampil bening dengan mengurangi minyak berlebih, jerawat yang tampak, dan kemerahan pada wajah. 

Teksturnya yang lembut ampuh membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori dan tidak menyebabkan alergi pada wajah. Produk ini ampuh untuk menghilangkan jerawat dengan pemakaian rutin selama lima hari. Bagi Anda yang sedang galau memilih sabun muka untuk kulit berjerawat yang membutuhkan perlakuan khusus, produk ini sangat kami rekomendasikan. 

7. Wink White Fruitamin Soap 10 in 1

7. Wink White Fruitamin Soap 10 in 1

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 53.200

Atasi jerawat dengan solusi 10-in-1 ekstrak buah-buahan

Tampilan warna-warni dan eyecatching dari produk asli Thailand ini bukan tanpa alasan. Sabun ini terbuat dari kombinasi gluta yang berkhasiat mencerahkan kulit, serta 10 jenis buah-buahan dengan fungsi berbeda. Seluruh paduan bahan tersebut memberikan nutrisi bagi kulit Anda. Dengan nutrisi yang tercukupi, kulit Anda pun senantiasa tampak segar dan terjaga kelembapannya.

Sabun ini tidak hanya efektif untuk meredakan jerawat, tetapi juga memudarkan bekas luka jerawat. Setelah jerawat sembuh, lanjutkan pemakaian untuk dapatkan wajah putih merona. Anda yang menyukai produk berbahan alami, pasti akan menyukai sabun ini. Tidak hanya efektif untuk mengatasi masalah jerawat, rasakan juga segarnya aroma buah-buahan dari sabun ini!

6. Kanebo Suisai Beauty Powder Wash

6. Kanebo Suisai Beauty Powder Wash

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 280.000

Inovasi baru dari Jepang yang efektif untuk atasi jerawat

Sabun muka jenis bubuk memang masih sangat jarang dijual di Indonesia, salah satunya adalah produk ini. Sabun muka asal Jepang yang berwujud bubuk ini memiliki kemasan cube kecil  yang memudahkan mobilitas Anda. 1 cube bisa untuk 2-3 kali pemakaian. Bagi Anda yang tertarik merasakan sensasi sabun muka bubuk yang unik ini, tidak ada salahnya untuk mencoba. 

Pemakaiannya pun sangat mudah, tuangkan bubuk ke tangan, tambahkan air sesuai kuantitas bubuk sabun, gosokan kedua tangan sampai berbusa, dan usapkan ke wajah sambil dipijit. Busanya terasa lembut, bahkan di kulit yang berjerawat! Cocok untuk semua jenis kulit, sabun ini ampuh membersihkan pori-pori tersumbat dan mencegah kulit Anda mengalami breakout.

5. ElsheSkin Acne Cleansing Wash

5. ElsheSkin Acne Cleansing Wash

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 60.000

Atasi jerawat dan lawan bakteri penyebab jerawat dengan kandungan sulfur alami

Sesuai namanya, produk ini memang diciptakan untuk kulit berjerawat. Namun, tak hanya itu, sabun ini juga mampu membersihkan wajah dari kotoran dan sisa makeup. Bahan aktif anti-acne-nya merawat kulit yang berjerawat dan mencegah jerawat baru terbentuk. Untuk hasil optimal, sebaiknya hapus makeup terlebih dahulu dengan makeup remover sebelum mencuci wajah.

Produk ini aman digunakan untuk jenis kulit kering, berminyak, dan sensitif karena tidak mengandung bahan pewangi tambahan. Busanya yang tak berlebihan saat digunakan akan membuat kulit Anda selalu terjaga kelembapannya. Mengandung sulfur, produk ini ideal bagi Anda yang ingin mengatasi jerawat sekaligus melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat.

4. Pond’s Acne Solution Anti-Acne Facial Foam

4. Pond's Acne Solution Anti-Acne Facial Foam

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 20.000

Tak perlu menunggu lama untuk dapatkan kulit mulus! Pond’s memberantas jerawat Anda dalam 3 hari

Produk kecantikan ini memang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia karena khasiatnya yang pasti dan harganya yang ramah di kantong. Terutama bagi Anda yang memiliki masalah kulit berjerawat, seri Pond’s Facial Foam yang satu ini perlu dipertimbangkan. Kandungan bahan aktifnya membuat produk ini mampu mengatasi masalah jerawat Anda hanya dalam 3 hari. 

Dengan pemakaian dua kali sehari pada pagi dan malam hari, minyak berlebih pada area T wajah lebih terkontrol. Tanpa produksi minyak berlebihan, jerawat pun tak akan datang kembali. Dapatkan kulit sehat bebas minyak dan jerawat seperti yang Anda impikan. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak yang rentan berjerawat, produk ini juga boleh dicoba!

3. Royalty Cleansing Soap

3. Royalty Cleansing Soap

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 150.000

Wajah mulus bebas jerawat dan flek hitam, plus berikan efek anti-aging

Jika Anda menginginkan wajah bebas jerawat dengan kulit wajah yang putih bersinar, sabun ini bisa mengabulkannya. Kandungan ekstrak apel yang kaya vitamin akan membantu memberikan nutrisi untuk kekenyalan dan kelembapan kulit wajah, serta menyembuhkan jerawat. Dengan pemakaian rutin, selain jerawat, noda membandel dan komedo pun akan lenyap secara bertahap.

Apabila Anda juga menginginkan efek anti-aging, produk ini pun bisa diandalkan. Rasakan kulit yang semakin bebas kerutan, kencang, dan terevitalisasi setelah pemakaian rutin. Menutrisi dengan optimal, produk ini ideal untuk segala jenis kulit. Bagi Anda yang tak hanya ingin melenyapkan jerawat, tetapi juga menjaga keremajaan kulit, produk ini sangat pantas dipertimbangkan.

2. The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash

2. The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 129.000

Kandungan tea tree oil-nyaobati jerawat meradang dengan aroma yang menyegarkan

Kandungan tea tree oil pada produk ini ampuh untuk mencegah terjadinya noda pasca jerawat, peradangan akibat jerawat, sekaligus mengontrol produksi minyak berlebih. Tekstur sabun muka ini bening dengan aroma mint beraksen daun teh yang menyegarkan saat digunakan. Tidak menghasilkan terlalu banyak busa, wajah pun dapat selalu terjaga kelembapannya.

Anda yang mudah bejerawat dan memiliki jenis kulit berminyak, tentu akan menyukai produk ini. Berbagai khasiatnya yang lengkap juga akan membuat kulit bersih, tampak awet muda, dan terasa lembut. Untuk Anda yang ingin mengatasi jerawat membandel dan butuh solusi untuk mengontrol minyak berlebih pada kulit wajah, tidak ada salahnya untuk mencoba produk ini.

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 175.000

Dengan antibakteri dan ekstrak bahan alami, ampuh atasi jerawat di segala usia

Cetaphil Gentle Skin Cleanser merupakan salah satu sabun muka yang banyak disarankan oleh para dokter dan ahli kesehatan kulit. Dengan formula yang lembut di kulit dan tidak menyebabkan iritasi, produk ini aman digunakan setiap hari oleh pengguna dengan segala rentang usia, kecuali bayi dan anak-anak. Selalu menyediakannya di rumah sebagai sabun muka keluarga juga ide bagus! 

Apakah Anda juga memiliki kulit sensitif? Hal tersebut bukan masalah bila Anda menggunakan produk ini. Minyak berlebih, kotoran, dan sisa makeup di wajah bisa bersih total dengan sabun muka ini. Kulit wajah yang bersih membuat jerawat tak akan betah tinggal berlama-lama di wajah Anda. Bagi Anda yang khawatir jerawat kembali lagi, produk ini pantas menjadi pilihan.

Cara mencuci muka yang benar dan efektif untuk kulit berjerawat

Sabun cuci muka yang kami rekomendasikan di atas akan menjadi bumerang apabila Anda tidak mencuci muka dengan cara benar. Berikut ini kami akan menjelaskan cara mencuci muka yang benar sehingga lebih efektif mengatasi masalah jerawat Anda.

Cucilah wajah dengan lembut dua kali sehari saja, pada pagi dan malam hari

Cucilah wajah dengan lembut dua kali sehari saja, pada pagi dan malam hari

Sebelum menggunakan sabun muka pastikan Anda membasahi wajah menggunakan air hangat dengan suhu sekitar 30 derajat. Dengan begitu, pori-pori wajah akan terbuka dan kotoran yang menumpuk akan lebih mudah terangkat.

Selanjutnya, gunakan kedua tangan untuk menggosok sabun sampai berbusa, kemudian usapkan ke wajah sambil memijitnya dengan jari secara perlahan. Setelah itu, bilas sampai bersih hingga tidak ada sisa sabun di wajah. Jangan lupa gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan dan jangan menekan wajah berlebihan. Berhati-hatilah untuk tidak menggosok wajah.

Kelembapan kulit akan hilang jika Anda terlalu sering mencuci wajah. Hal ini tidak baik bagi kulit apalagi jika Anda sedang dilanda masalah jerawat. Karena itu, batasilah untuk mencuci wajah dua kali sehari, pagi dan malam hari saja agar wajah selalu terjaga kelembapannya. Jika wajah Anda berminyak di siang hari, gunakanlah kertas minyak untuk mengatasi sekresi minyak berlebih.

Gunakan pelembap setelah mencuci muka

Gunakan pelembab setelah mencuci muka

Gunakanlah pelembap secara rutin, untuk mencegah kulit kering setelah mencuci muka. Ada dua jenis pelembap, yaitu berupa serum dan lotion. Serum lebih banyak mengandung air sehingga lebih mudah meresap ke dalam kulit, sedangkan lotion berfungsi menjaga kelembapan kulit. Namun, baru-baru ini hadir pelembap all-in-one yang mengandung keduanya.

Simaklah artikel berikut ini bila Anda masih galau dalam memilih pelembap yang tepat untuk kulit berjerawat Anda.

Kesimpulan

Nah, bagaimana penilaian Anda setelah membaca ulasan di atas? Jerawat muncul tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Karena itu, Anda harus selalu menjaga dan merawat kulit wajah dengan benar. Salah satunya adalah dengan mencuci muka secara rutin agar jerawat yang muncul tidak semakin memburuk atau bahkan muncul jerawat yang baru.

Ada banyak pilihan sabun muka yang beredar di pasaran. Pastikan Anda memilih dengan bijak sesuai jenis kulit wajah Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk mengenali jenis kulit dan memilih sabun muka yang cocok untuk Anda. Selamat memilih!