• 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2021)

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.

Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dia Febrina
Aquarista Stevie
  • Pembaharuan terakhir: 24 September 2021
  • 935.799 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan Dermatovenereologist dr. Dia Febrina, Sp.KK

Berkolaborasi dengan Dermatovenereologist dr. Dia Febrina, Sp.KK

dr. Dia Febrina, Sp.KK adalah dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Pendidikan Dokter Umum dan Spesialis, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Pendiri klinik Medika Asyifa Jatiasih dan Dr. Derm Skin Care ini memiliki ketertarikan dalam bidang dermatologi kosmetik, estetik, dan tumor bedah kulit. Saat ini dr. Dia aktif melakukan edukasi seputar kesehatan kulit dan kelamin, salah satunya melalui akun Instagram-nya.

Mengapa wajah jadi mudah berjerawat?

Mengapa wajah jadi mudah berjerawat?

Penyebab utama timbulnya jerawat adalah tersumbatnya pori-pori kulit akibat kelebihan produksi minyak (sebum) dan keringat. Sebum dan sel kulit mati yang menumpuk akan menyumbat pori dan menyebabkan tumbuhnya bakteri jerawat. Pertumbuhan tersebut mengakibatkan peradangan ditambah dengan sebum yang memicu iritasi. Hasilnya, jerawat yang menyebalkan pun muncul di wajah Anda.


Untuk mencegah penyumbatan pori, Anda tidak perlu mencuci muka dengan produk yang mengandung bahan pembersih yang kuat. Karenanya, lebih disarankan untuk memilih sabun pembersih muka yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Dengan produk dan cara mencuci muka yang benar, jerawat pun tidak akan betah berlama-lama di wajah Anda.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Terdapat empat faktor yang berperan terhadap timbulnya jerawat. Beberapa faktor tersebut adalah pori-pori atau muara folikel yang tersumbat dan produksi sebum atau kelenjar minyak yang berlebihan. 


Selain itu, jerawat bisa timbul karena kehadiran dan aktivitas bakteri Propionibacterium acnes dan peradangan. Setiap faktor penyebab ini saling berhubungan satu sama lain dan terjadi di bawah pengaruh faktor hormonal, yaitu hormon androgen.

Cara memilih sabun muka untuk kulit berjerawat

Memilih sabun muka berdasarkan jenis kulit dan jenis jerawat adalah poin penting yang tak boleh dilewatkan. Berikutnya, kami akan menjelaskan secara rinci poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih sabun muka untuk kulit berjerawat.

Sesuaikan dengan tipe jerawat yang Anda miliki

Sesuaikan dengan tipe jerawat yang Anda miliki

Jerawat terbagi menjadi dua jenis, yaitu jerawat remaja dan jerawat pada usia dewasa. Jerawat remaja umumnya muncul di zona T, yaitu kening dan hidung, yang disebabkan oleh produksi sebum berlebih


Untuk mengatasi jerawat puber ini secara tuntas, pilihlah produk yang efektif menghilangkan sebum berlebih. Sabun muka berbentuk busa (foam) dengan daya pembersih tinggi juga direkomendasikan.


Di sisi lain, jerawat pada orang dewasa muncul di sekitar zona U, yaitu pipi dan dagu. Jerawat yang satu ini biasanya disebabkan oleh stres, kulit kering, dan kurang tidur. Jika Anda bermasalah dengan jerawat jenis ini, hindarilah menggosok muka terlalu kuat. Jauhi juga produk dengan daya pembersih tinggi yang dapat mengikis terlalu banyak sebum.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Tujuan produk pembersih atau cleanser pada kulit berjerawat adalah membersihkan kotoran dan keringat. Selain itu, pembersih juga ditujukan untuk membersihkan minyak yang berlebih, sisa kosmetik, dan bakteri di permukaan kulit tanpa membuat kulit menjadi kering dan teriritasi. Pembersih ideal untuk kulit berjerawat sebaiknya bersifat non-comedogenic, non-acnegenic, non-irritating, dan non-allergenic

Periksa kandungan bahan aktif dan manfaat yang dimilikinya

Periksa kandungan bahan aktif dan manfaat yang dimilikinya

Jika Anda ingin mencegah munculnya jerawat, pilihlah sabun muka untuk jerawat berlabel medicated. Tipe ini mengandung sejumlah bahan aktif yang sesuai dengan kulit berjerawat seperti berikut ini:


  • Anti-inflamasi: Dipotassium glycyrrhizinate, allantoin, stearyl glycyrrhetinate.
  • Antiseptik: O-Cymen-5-OL (Isopropyl methylphenol).
  • Untuk mengatasi masalah kulit tebal dan keras: Salicylic acid (asam salisilat).

Dengan kandungan bahan aktif yang tidak terlalu banyak, tentunya produk medicated ini tidak seefektif obat farmasi atau racikan dokter. Namun, Anda tetap dapat menggunakannya untuk pencegahan jerawat. Perlu dicatat, jerawat tidak dijamin sembuh seratus persen meski Anda memilih produk medicated dibandingkan produk pembersih biasa.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Medicated cleanser yang mengandung bahan aktif seperti benzoyl peroxide, sulfur, dan asam salisilat (BHA) dapat membantu penyembuhan jerawat. Kandungan pembersih lainnya yang dapat digunakan untuk membersihkan dan mengontrol minyak di permukaan wajah adalah Zinc PCA dan kaolin. Kandungan yang berfungsi untuk melunakkan keratin seperti AHA dan BHA juga bisa membersihkan dan mengontrol minyak di wajah. 


Ada juga pembersih wajah yang mengandung pelembap seperti glycerin, propylene glycol, dan lainnya. Kandungan pelembap ini digunakan untuk membantu memperbaiki sawar kulit (skin barrier) dan mengurangi efek kering setelah mencuci wajah. Gunakanlah pembersih wajah yang mengandung pelembap atau gentle cleanser jika kulit terasa kering akibat pengobatan jerawat.

Produk berlabel noncomedogenic lebih direkomendasikan

Produk berlabel noncomedogenic lebih direkomendasikan

Tes noncomedogenic dilakukan untuk menjamin kandungan minyak di dalam produk tidak akan memicu tumbuhnya jerawat atau menyumbat pori. Produk yang telah lulus uji ini biasanya dilengkapi klaim atau label "Noncomedogenic" di bagian kemasannya.


Tentunya, meskipun telah teruji, bukan berarti produk tersebut mampu mencegah timbulnya jerawat akibat faktor lain. Produk facial wash untuk jerawat berlabel noncomedogenic umumnya juga dijual dengan harga yang lebih tinggi.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Pastikan produk yang Anda gunakan berlabel non-comedogenic. Dengan adanya label tersebut, artinya produk tersebut tidak menyumbat pori-pori atau tidak menyebabkan terbentuknya komedo. 


Meskipun berlabel non-comedogenic, bukan berarti produk skincare tersebut 100% tidak dapat menimbulkan komedo. Untuk melihat suatu produk skincare dapat menimbulkan komedo atau tidak, Anda butuh waktu sekitar 4 minggu untuk mengetahuinya.

Pilih yang dapat mengatasi masalah kulit lainnya

Pilih yang dapat mengatasi masalah kulit lainnya
Kulit wajah berjerawat biasanya memiliki masalah lain, seperti kusam, kering, sensitif, penuaan, dan komedo. Karenanya, Anda perlu memilih sabun muka yang tak hanya mampu mengatasi jerawat, tetapi juga masalah kulit lainnya. Berikut ini kami berikan contoh kandungan bahan aktif yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit yang Anda miliki.

  • Untuk kulit kering: Glycerin, allantoin, cetyl alcohol, sodium hyaluronatestearyl alcohol, propylene glycol, dan niacinamide.
  • Untuk kulit sensitif: Allantoin, panthenol, dan sodium laureth sulfate (SLES).
  • Mengatasi warna kulit tidak merata, gelap, atau kusam: Citric acid, niacinamide, salicylic acid, silica, sodium chloride, dan vitamin E.
  • Mengurangi atau mencegah penuaan: Citric acid, lactic acid, myristic acid, sericin, dan stearic acid.
  • Membersihkan komedo: Kaolin, sodium lauryl sulfate (SLS), dan SLES.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sabun muka terbaik untuk kulit berjerawat

Berikutnya, kami akan mengulas sepuluh rekomendasi sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Berdasarkan poin-poin yang telah dijelaskan, pilihlah sabun muka yang sesuai dengan jenis jerawat dan kondisi kulit Anda.

10

ElshéSkinAcne Cleansing Wash

EL-01-CLE-0001

Mulai dari Rp 65.000,00

Bahan aktifSLES, sodium chloride, dan salicylic acid
Manfaat lainnyaMengatasi komedo, kulit berminyak, dan iritasi
Isi100 ml
Noncomedogenic-
9

SafiAcne Expert Whipped Foam Sebum Cleanser

Mulai dari Rp 42.900,00

Bahan aktifAHA, BHA, dan neem extract
Manfaat lainnya-
Isi100 g
Noncomedogenic-
8

UnileverVaseline® Men Face Anti-acne Face Wash

Mulai dari Rp 30.000,00

Bahan aktifMyristic acid, stearic acid, salicylic acid, lauric acid, lactic acid, glycerin, propylene glycol, hydrated silica, niacinamide, petrolatum, dan kaolin
Manfaat lainnyaMelembapkan, mengangkat sel kulit mati, antiaging, dan mengurangi iritasi kulit (manfaat dari petroleum jelly)
Isi100 g
Noncomedogenic-
7

UnileverPOND'S Acne Solution Anti-Acne Facial Foam

Mulai dari Rp 20.300,00

Bahan aktifMyristic acid, stearic acid, lauric acid, salicylic acid, glycerin, propylene glycol, serta niacinamide
Manfaat lainnyaMengurangi kusam di wajah dan mengecilkan pori
Isi50 g dan 100 g
Noncomedogenic-
6

Johnson & JohnsonClean & Clear Acne Clearing Cleanser

Mulai dari Rp 25.100,00

Bahan aktifSLES, glycerin, salicylic acid, dan citric acid
Manfaat lainnyaMelembapkan, melawan bakteri penyebab jerawat, mengurangi minyak berlebih, dan membersihkan jerawat dengan cepat
Isi50 g dan 100 g
Noncomedogenic✔︎
5

EminaBright Stuff for Acne Prone Skin Face Wash

Mulai dari Rp 17.500,00

Bahan aktifMyristic acid, stearic acid, lauric acid, glycerin, propylene glycol, niacinamide, kaolin, dan panthenol
Manfaat lainnyaMengontrol minyak berlebih serta mengurangi kemerahan dan iritasi
Isi50 ml dan 100 ml
Noncomedogenic✔︎
4
Bahan aktifCetyl dan stearyl alcohol, propylene glycol, dan SLS
Manfaat lainnyaMelembapkan, mengencangkan, menghaluskan, dan menjaga kekuatan kulit
Isi59 ml, 125 ml, 250 ml, 500 ml, dan 1.000 ml
Noncomedogenic✔︎
3
Bahan aktifStearic acid, myristic acid, lauric acid, salicylic acid, citric acid, glycerin, sodium hyaluronate, sericin, dan silica
Manfaat lainnyaMelembapkan dan menyehatkan kulit
Isi50 g dan 100 g
Noncomedogenic-
2

Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel

Mulai dari Rp 33.300,00

Bahan aktifSodium chloride, SLES, citric acid, dan salicylic acid
Manfaat lainnyaMelembapkan wajah dan mengurangi minyak berlebih
Isi100 ml
Noncomedogenic✔︎
1

The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash

SKU 101030906

Mulai dari Rp 149.000,00

Bahan aktifGlycerin, sodium chloride, panthenol, citric acid, allantoin, dan tocopherol (vitamin E)
Manfaat lainnyaMembersihkan kotoran tanpa membuat kulit jadi kering
Isi250 ml
Noncomedogenic-

Tabel perbandingan produk sabun muka terbaik untuk kulit berjerawat

Gambar produk
1
The Body Shop  Tea Tree Skin Clearing Facial Wash 1

The Body Shop

2
Garnier  Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel 1

Garnier

3
SENKA Perfect Whip Acne Care 1

SENKA

4
Cetaphil  Gentle Skin Cleanser 1

Cetaphil

5
Emina Bright Stuff for Acne Prone Skin Face Wash 1

Emina

6
Johnson & Johnson Clean & Clear Acne Clearing Cleanser 1

Johnson & Johnson

7
Unilever POND'S Acne Solution Anti-Acne Facial Foam 1

Unilever

8
Unilever Vaseline® Men Face Anti-acne Face Wash 1

Unilever

9
Safi Acne Expert Whipped Foam Sebum Cleanser 1

Safi

10
ElshéSkin Acne Cleansing Wash 1

ElshéSkin

Nama produk

Tea Tree Skin Clearing Facial Wash

Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel

Perfect Whip Acne Care

Gentle Skin Cleanser

Bright Stuff for Acne Prone Skin Face Wash

Clean & Clear Acne Clearing Cleanser

POND'S Acne Solution Anti-Acne Facial Foam

Vaseline® Men Face Anti-acne Face Wash

Acne Expert Whipped Foam Sebum Cleanser

Acne Cleansing Wash

Keunggulan

Kandungan tea tree oil mampu obati jerawat meradang, aromanya juga menenangkan

Kurangi kelebihan sebum tanpa membebani kulit sensitif Anda

Mengandung ekstrak kamomil asal Kyoto yang berfungsi sebagai antibakteri dan antioksidan

Multifungsi, dapat dipakai sebagai facial wash dan makeup remover

Membersihkan, mencerahkan, dan membuat wajah tampak glowing sekaligus

Diformulasikan dengan Active Botanical untuk mengurangi kemerahan dan menyembuhkan jerawat

Teknologi Thymo-T Essence terbarunya mampu mengatasi jerawat hanya dalam 3 hari!

Sabun wajah untuk pria berjerawat dengan tujuh manfaat

Berbentuk whipped foam untuk membersihkan debu secara mendalam

Efektif membersihkan sisa makeup yang menempel di wajah

Harga mulai dariRp 149.000,00Rp 33.300,00Rp 49.000,00Rp 65.000,00Rp 17.500,00Rp 25.100,00Rp 20.300,00Rp 30.000,00Rp 42.900,00Rp 65.000,00
Bahan aktifGlycerin, sodium chloride, panthenol, citric acid, allantoin, dan tocopherol (vitamin E)Sodium chloride, SLES, citric acid, dan salicylic acidStearic acid, myristic acid, lauric acid, salicylic acid, citric acid, glycerin, sodium hyaluronate, sericin, dan silicaCetyl dan stearyl alcohol, propylene glycol, dan SLSMyristic acid, stearic acid, lauric acid, glycerin, propylene glycol, niacinamide, kaolin, dan panthenolSLES, glycerin, salicylic acid, dan citric acidMyristic acid, stearic acid, lauric acid, salicylic acid, glycerin, propylene glycol, serta niacinamideMyristic acid, stearic acid, salicylic acid, lauric acid, lactic acid, glycerin, propylene glycol, hydrated silica, niacinamide, petrolatum, dan kaolinAHA, BHA, dan neem extractSLES, sodium chloride, dan salicylic acid
Manfaat lainnyaMembersihkan kotoran tanpa membuat kulit jadi keringMelembapkan wajah dan mengurangi minyak berlebihMelembapkan dan menyehatkan kulitMelembapkan, mengencangkan, menghaluskan, dan menjaga kekuatan kulitMengontrol minyak berlebih serta mengurangi kemerahan dan iritasiMelembapkan, melawan bakteri penyebab jerawat, mengurangi minyak berlebih, dan membersihkan jerawat dengan cepatMengurangi kusam di wajah dan mengecilkan poriMelembapkan, mengangkat sel kulit mati, antiaging, dan mengurangi iritasi kulit (manfaat dari petroleum jelly)-Mengatasi komedo, kulit berminyak, dan iritasi
Isi250 ml100 ml50 g dan 100 g59 ml, 125 ml, 250 ml, 500 ml, dan 1.000 ml50 ml dan 100 ml50 g dan 100 g50 g dan 100 g100 g100 g100 ml
Noncomedogenic-✔︎ -✔︎✔︎✔︎----
Tautan produk

Cara merawat kulit berjerawat

Semua produk sabun muka yang telah kami bahas di atas tentunya efektif untuk merawat kulit berjerawat. Namun, khasiatnya tidak akan maksimal apabila Anda tidak merawat dan membersihkan wajah dengan benar. Di bawah ini, kami akan membagikan tipsnya!

Untuk mengatasi masalah jerawat serius, pergilah ke dokter spesialis kulit

Untuk mengatasi masalah jerawat serius, pergilah ke dokter spesialis kulit

Apabila Anda mengalami masalah kulit berjerawat yang cukup serius, segeralah memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit. Beberapa contoh masalah tersebut adalah jerawat muncul berulang kali, menyebabkan bekas luka, dan terasa sakit. Jika Anda mengalaminya, silakan pergi ke klinik dokter kulit terdekat untuk menyembuhkan dan mencegah jerawat datang kembali.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Jika jerawat yang Anda derita tidak begitu parah, Anda dapat menggunakan skincare yang dijual bebas atau produk over the counter (OTC). Pilihlah produk yang mengandung asam salisilat atau BHA, AHA, sulfur, niacinamide, tea tree oil, dan retinoid seperti retinol ester, retinol, atau retinaldehyde


Jika produk OTC ini bekerja dengan baik, perbaikan jerawat akan terlihat mulai dari minggu ke-4 sampai ke-6. Sebaliknya, jika jerawat tidak membaik dan makin bertambah banyak, segera berkonsultasilah ke dokter spesialis kulit. Begitu juga dengan Anda yang memiliki tingkat keparahan jerawat sedang hingga berat, sebaiknya segera berkonsultasi juga ke dokter spesialis kulit terdekat.

Agar tidak kering dan iritasi, bersihkan wajah dua kali dalam sehari dengan cara yang benar

Agar tidak kering dan iritasi, bersihkan wajah dua kali dalam sehari dengan cara yang benar

Anda mungkin pernah mendengar rumor bahwa sebaiknya tidak mencuci muka saat mengalami masalah kulit berjerawat. Tentu saja, larangan untuk tidak membersihkan wajah ini adalah sepenuhnya salah. Sebab, saran yang tepat adalah jangan mencuci muka secara berlebihan.


Terkait hal ini, bersihkanlah wajah Anda maksimal dua kali dalam satu hari. Pasalnya, mencuci muka terlalu sering dapat menyebabkan kulit makin berminyak atau bahkan menjadi kering. Adapun waktu yang tepat untuk mencuci muka adalah setelah bangun tidur dan sebelum tidur.


Cucilah wajah Anda selama 20 detik menggunakan air hangat bersuhu 30 derajat dan facial wash yang tepat. Lalu, hindari menggosok atau menekan wajah terlalu keras, baik saat mencuci ataupun mengeringkannya karena dapat menyebabkan iritasi. Setelah selesai, aplikasikan pelembap atau moisturizer pada wajah Anda untuk menjaganya tetap lembap dan tidak kering.

dr. Dia Febrina
Dermatovenerologist
dr. Dia Febrina

Kulit berjerawat termasuk kulit yang sensitif. Membersihkan muka terlalu sering dan menggosok-gosok wajah dapat membuat jerawat makin memburuk. Untuk itu, cukup cuci muka dua kali sehari ketika akan tidur, bangun tidur, atau saat wajah sedang banyak berkeringat. 

Baca juga rekomendasi produk perawatan untuk kulit berjerawat lainnya di sini

Setelah membersihkan wajah, jangan lupa menggunakan produk lain untuk merawat kulit berjerawat Anda. Berikut ini, kami telah menyiapkan produk perawatan lainnya yang cocok dipakai oleh Anda yang memiliki kulit berjerawat. Ayo baca ulasan lengkapnya dengan mengunjungi tautan yang tersedia!

Kesimpulan

Nah, bagaimana penilaian Anda setelah membaca ulasan di atas? Jerawat bisa muncul pada siapa saja, tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Karenanya, pastikan Anda selalu menjaga dan merawat kulit wajah dengan benar agar jerawat tidak timbul.


Dari sekian banyak produk sabun muka untuk kulit berjerawat yang tersedia, pilihlah yang sesuai dengan permasalahan wajah Anda. Akhir kata, semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menemukan sabun muka yang tepat. Good luck!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    524.097 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Eye cream atau krim mata digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan dan mata panda. Tidak hanya orang dewasa, eye cream juga bisa dipakai oleh remaja. Beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan Wardah bahkan telah meluncurkan eye cream yang bagus dengan harga murah.Kali ini kami akan mengulas cara memilih eye cream dan eye serum terbaik. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tentu saja, kami akan memberikan rekomendasi produk-produk yang bagus untuk Anda. Yuk, baca review-nya!
    Perawatan wajah
    716.186 Views
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit Anda akan selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produknya, seperti merek Some by Mi, St. Ives, Simple, Cetaphil, dan merek lokal Wardah. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK.
    Perawatan wajah
    163.103 Views
  • 10 Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Noda di wajah atau flek hitam memang menggangu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih. Menggunakan skincare untuk menghilangkan flek hitam adalah salah satu cara yang bisa dilakukan.Namun, memilih cream penghilang flek hitam yang bagus harus dilakukan dengan saksama. Kami sudah menyiapkan tips memilih krim untuk menghilangkan flek hitam. Tidak lupa, rekomendasi merek terbaiknya, seperti Olay, L'Oreal Paris, dan Shiseido juga dapat Anda temukan di sini. Agar tidak salah pilih, dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga ikut memberikan komentarnya.
    Perawatan wajah
    637.683 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2021)
    Usia 40-an adalah masa ketika kulit cenderung bermasalah dengan tanda penuaan. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan perawatan wajah menggunakan serum anti-aging. Merek serum anti-aging, seperti Wardah, Olay, dan Pond’s bermanfaat mengatasi flek hitam, garis halus, hingga kulit kering. Namun, dari banyaknya pilihan tersebut, manakah yang bagus dan cocok untuk kulit Anda? Di sini kami akan membantu Anda memilih serum wajah terbaik untuk usia 40 ke atas. Tidak ketinggalan, dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, juga akan memberikan informasi tambahan.
    Perawatan wajah
    264.361 Views
  • 10 Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit berminyak merupakan tipe kulit yang cukup tricky dalam perawatannya. Salah satu skincare yang tidak boleh dilewatkan oleh tipe kulit berminyak adalah toner. Sekarang ini sudah banyak toner untuk kulit berminyak yang juga efektif untuk mengatasi kulit berjerawat dan mengecilkan pori-pori.Nah, kali ini kami akan membahas secara lengkap cara memilih toner dan hydrating toner untuk kulit berminyak. Temukan juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Bacalah rekomendasi produk yang bagus dari merk terbaik, seperti Wardah, Innisfree, atau Some By Mi di artikel ini.
    Perawatan wajah
    250.622 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori