• 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang sehingga pemilihan sabun muka pun tak boleh sembarangan.

Kali ini, kami akan memberikan ulasan mengenai cara memilih sabun muka, serta merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih ada banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit Anda. Simak terus informasinya!
  • Pembaharuan terakhir: 09 Januari 2020
  • 76.040 Views
Daftar isi

Cara memilih sabun muka untuk kulit berjerawat

Memilih sabun muka berdasarkan jenis kulit dan jerawat adalah poin penting yang tak boleh dilewatkan. Selain itu, jenis sabun muka yang digunakan juga menjadi aspek yang tak kalah penting. Berikut kami akan menjelaskan secara rinci poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih sabun muka.

Pilihlah sabun muka berdasarkan jenis jerawat untuk hasil lebih optimal

Ada 3 tipe jerawat yang biasa timbul di kulit wajah, yaitu jerawat dewasa, jerawat remaja, dan jerawat yang umum dialami pria. Jerawat tersebut bisa muncul karena berbagai macam sebab. Berbeda penyebabnya, maka berbeda pula cara penanggulangannya. Sebelum memilih sabun muka yang tepat, marilah cek jenis jerawat Anda terlebih dahulu!

Untuk jerawat dewasa, pilihlah produk yang banyak mengandung pelembap

Untuk jerawat dewasa, pilihlah produk yang banyak mengandung pelembap
Bagi Anda yang khawatir akan munculnya jerawat saat usia dewasa, pilihlah sabun muka yang banyak mengandung pelembap. Umumnya, jerawat jenis ini muncul karena kebiasaan merokok, minum minuman beralkohol, stres, maupun karena pengaruh hormon. Kulit yang bertambah kering seiring bertambahnya usia dan pori-pori tersumbat juga menurunkan kondisi kulit Anda.
Penting untuk memilih sabun muka yang mampu membersihkan hingga ke pori-pori. Selain daya pembersih yang optimal, pilihlah juga sabun muka yang mengandung banyak pelembap untuk menghindari kulit wajah menjadi kering. Sabun muka yang mengandung ekstrak madu, hyaluronic acid, dan squalane sangat dianjurkan karena bahan-bahan tersebut mampu melembapkan kulit.

Untuk jerawat remaja, pilihlah produk yang lembut di kulit dan mudah dibilas

Untuk jerawat remaja, pilihlah produk yang lembut di kulit dan mudah dibilas
Penyebab utama jerawat remaja adalah hormon pertumbuhan. Pori-pori yang tersumbat karena produksi minyak berlebihan, khususnya pada bagian hidung dan dahi, memicu timbulnya jerawat. Itulah sebabnya mengapa jerawat sering muncul di area T pada wajah. Untuk itu, memilih produk sabun muka yang mampu membersihkan sebum secara menyeluruh sangatlah penting.
Jerawat remaja biasanya juga disertai dengan peradangan atau iritasi yang akan memburuk bila kulit terstimulasi berlebihan. Untuk itu, hindarilah penggunaan sabun muka yang menstimulasi kulit secara berlebihan, seperti sabun muka berkandungan scrub atau peeling. Solusinya, pilihlah sabun muka yang halus dan lembut di kulit.

Untuk jerawat pada pria, pilihlah produk dengan kandungan pelembap dan pembersih yang seimbang

Untuk jerawat pada pria, pilihlah produk dengan kandungan pelembap dan pembersih yang seimbang
Jerawat pada pria adalah jerawat yang disebabkan oleh sekresi berlebihan akibat pengaruh hormon. Karena itu, sebaiknya Anda memilih sabun muka yang berdaya pembersih kuat. Namun, kulit wajah pria cenderung lebih kering dibandingkan kulit wajah wanita sehingga jerawat pun lebih rentan timbul. Untuk itu, pilihlah sabun muka yang mengandung bahan pelembap seperti hyluronic acid, madu, dan lain-lain.
Sama halnya dengan jerawat remaja, jerawat pada pria juga sering menimbulkan iritasi. Karena itu, pilihlah sabun muka yang bisa menenangkan iritasi pada wajah. Hindari peggunaan sabun muka jenis scrub karena akan memperburuk kondisi kulit yang berjerawat.

Pilihlah sabun yang tidak menyebabkan iritasi untuk atasi semua jenis jerawat

Pilihlah sabun yang tidak menyebabkan iritasi untuk atasi semua jenis jerawat
Wajah yang kotor adalah tempat favorit bagi bakteri untuk berkembang biak. Terutama setelah seharian beraktivitas, yaitu saat debu jalanan dan makeup menyumbat pori-pori dan berpotensi memunculkan jerawat di kulit.
Tidak sedikit orang berjerawat merasakan gatal di kulit, khususnya mereka yang berkulit kering dan sensitif. Dalam keadaan seperti ini, sabun muka tanpa bahan aditif atau jenis sabun organik dapat menjadi pilihan tepat. Bila memungkinkan, pilihlah produk tanpa bahan pewarna, pewangi, dan pengawet.
Sabun muka yang tidak menyebabkan iritasi ini cocok untuk segala jenis kulit, dari jenis kulit kering sampai jenis kulit sensitif. Untuk hasil yang optimal, cucilah muka tanpa menggosoknya terlalu keras agar kondisi jerawat tidak bertambah parah.

Pilihlah sabun muka dengan kandungan obat jerawat untuk mempercepat penyembuhan

Pilihlah sabun muka dengan kandungan obat jerawat untuk mempercepat penyembuhan
Sabun muka dengan kandungan obat jerawat memiliki bahan aktif untuk meredakan jerawat Anda. Salah satunya adalah salicylic acid. Bahan aktif tersebut berfungsi untuk mengangkat kotoran penyumbat pori-pori dan mengurangi peradangan yang timbul akibat jerawat.
Pilihlah produk berkandungan bahan aktif yang tidak memicu iritasi pada kulit, seperti isopropyl methylphenol dan yang meredakan peradangan berlebih, seperti dipotassium glycyrrhizate. Sabun muka dengan kandungan obat ini cocok untuk Anda yang ingin mengatasi jerawat sesegera mungkin.

Pilihlah berdasarkan wujud sabun muka untuk kemudahan pemakaian

Secara garis besar, wujud sabun muka terbagi menjadi 3 jenis, yaitu sabun batangan, facial foam, dan sabun bubuk. Karena ketiga wujud sabun ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, selektiflah dalam memilihnya!

Sabun batangan, ampuh bersihkan wajah dengan daya pembersih yang kuat

Sabun batangan, ampuh bersihkan wajah dengan daya pembersih yang kuat
Kelebihan dari sabun batangan adalah daya pembersihnya yang kuat. Karena sabun ini dapat menghasilkan banyak busa, Anda akan merasakan sensasi segar setelah mencuci muka. Sabun batangan sangat baik untuk kulit karena umumnya minim bahan kimia maupun bahan aditif lainnya. Sabun ini cocok untuk jenis kulit berminyak dan jenis kulit kombinasi yang cenderung berminyak.
Namun, sabun ini kurang cocok untuk jenis kulit kering karena dapat membuat kulit wajah Anda menjadi semakin kering. Jika Anda mencuci muka dengan sabun batangan, jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembap setelahnya.

Facial foam, cocok untuk kulit kering dan kombinasi

Facial foam, cocok untuk kulit kering dan kombinasi
Sabun muka yang paling banyak ditemui adalah sabun berwujud menyerupai pasta atau facial foam. Mengandung banyak bahan pelembap dan bahan lain yang baik untuk perawatan kulit, sabun ini tidak memberikan kesan kesat yang berlebihan pada kulit. Cocok untuk kulit kering maupun kulit berminyak.
Namun, jenis sabun muka ini umumnya mengandung bahan surfaktan, serta berbagai macam bahan aditif lain, demi meningkatkan daya pembersih dan pelembapnya. Karena itu, sabun jenis ini kurang cocok untuk jenis kulit sensitif. Bagi Anda pemilik kulit sensitif yang ingin menggunakan facial foam, pilihlah produk yang tidak mengandung atau minimal kandungan bahan aditif kimianya.

Sabun bubuk, pas untuk jenis kulit sensitif dan tidak menyebabkan iritasi

Sabun bubuk, pas untuk jenis kulit sensitif dan tidak menyebabkan iritasi
Meskipun sabun bubuk masih sangat jarang beredar di pasaran Indonesia, sabun ini memiliki keunggulan tidak menyebabkan iritasi karena tidak mengandung bahan aditif. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi antara kulit kering dan kulit berminyak.
Namun, penggunaan sabun muka jenis bubuk sedikit membutuhkan waktu karena harus dicampur dengan air terlebih dahulu. Selain, itu Anda harus menjauhkannya dari tempat yang lembap agar sabun muka jenis bubuk ini lebih awet dan tahan lama.

10 Rekomendasi sabun muka terbaik untuk kulit berjerawat

Berikut adalah 10 rekomendasi sabun muka terbaik untuk kulit berjerawat. Berdasarkan poin-poin yang telah kami paparkan di atas, pilihlah sabun yang sesuai dengan jenis jerawat dan kondisi kulit Anda!
10
9
8

Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel

Rp 25.500,00

7
6
5
4
3
2
1

Tabel perbandingan produk sabun muka terbaik untuk kulit berjerawat

Gambar produk
1
Cetaphil  Gentle Skin Cleanser 1

Cetaphil

2
The Body Shop  Tea Tree Skin Clearing Facial Wash 1

The Body Shop

3
Royalty Cleansing Soap 1

Royalty

4
Pond’s Acne Solution Anti-Acne Facial Foam 1

Pond’s

5
ElsheSkin Acne Cleansing Wash 1

ElsheSkin

6
Kanebo Suisai Beauty Powder Wash 1

Kanebo

7
Wink White Fruitamin Soap 10 in 1 1

Wink

8
Garnier  Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel 1

Garnier

9
Rohto Acnes Natural Care Facewash Complete White 1

Rohto

10
Cloris  Men Sabun Batang 1

Cloris

Nama produk

Gentle Skin Cleanser

Tea Tree Skin Clearing Facial Wash

Cleansing Soap

Acne Solution Anti-Acne Facial Foam

Acne Cleansing Wash

Suisai Beauty Powder Wash

White Fruitamin Soap 10 in 1

Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel

Acnes Natural Care Facewash Complete White

Men Sabun Batang

KeunggulanDengan antibakteri dan ekst...Kandungan tea tree oil-nyao...Wajah mulus bebas jerawat d...Tak perlu menunggu lama unt...Atasi jerawat dan lawan bak...Inovasi baru dari Jepang ya...Atasi jerawat dengan solusi...Solusi ampuh atasi jerawat ...Bahan alami untuk atasi jer...Tampil keren dan bersih den...
HargaRp 134.500,00Rp 105.780,00Rp 153.000,00Rp 21.500,00Rp 42.000,00Rp 260.000,00Rp 50.000,00Rp 25.500,00Rp 23.500,00Rp 55.000,00
Tautan produk

Cara mencuci muka yang benar dan efektif untuk kulit berjerawat

Sabun cuci muka yang kami rekomendasikan di atas akan menjadi bumerang apabila Anda tidak mencuci muka dengan cara benar. Berikut ini kami akan menjelaskan cara mencuci muka yang benar sehingga lebih efektif mengatasi masalah jerawat Anda.

Cucilah wajah dengan lembut dua kali sehari saja, pada pagi dan malam hari

Cucilah wajah dengan lembut dua kali sehari saja, pada pagi dan malam hari
Sebelum menggunakan sabun muka pastikan Anda membasahi wajah menggunakan air hangat dengan suhu sekitar 30 derajat. Dengan begitu, pori-pori wajah akan terbuka dan kotoran yang menumpuk akan lebih mudah terangkat.
Selanjutnya, gunakan kedua tangan untuk menggosok sabun sampai berbusa, kemudian usapkan ke wajah sambil memijitnya dengan jari secara perlahan. Setelah itu, bilas sampai bersih hingga tidak ada sisa sabun di wajah. Jangan lupa gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan dan jangan menekan wajah berlebihan. Berhati-hatilah untuk tidak menggosok wajah.
Kelembapan kulit akan hilang jika Anda terlalu sering mencuci wajah. Hal ini tidak baik bagi kulit apalagi jika Anda sedang dilanda masalah jerawat. Karena itu, batasilah untuk mencuci wajah dua kali sehari, pagi dan malam hari saja agar wajah selalu terjaga kelembapannya. Jika wajah Anda berminyak di siang hari, gunakanlah kertas minyak untuk mengatasi sekresi minyak berlebih.

Gunakan pelembap setelah mencuci muka

Gunakan pelembap setelah mencuci muka
Gunakanlah pelembap secara rutin, untuk mencegah kulit kering setelah mencuci muka. Ada dua jenis pelembap, yaitu berupa serum dan lotion. Serum lebih banyak mengandung air sehingga lebih mudah meresap ke dalam kulit, sedangkan lotion berfungsi menjaga kelembapan kulit. Namun, baru-baru ini hadir pelembap all-in-one yang mengandung keduanya.
Simaklah artikel berikut ini bila Anda masih galau dalam memilih pelembap yang tepat untuk kulit berjerawat Anda.

Kesimpulan

Nah, bagaimana penilaian Anda setelah membaca ulasan di atas? Jerawat muncul tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Karena itu, Anda harus selalu menjaga dan merawat kulit wajah dengan benar. Salah satunya adalah dengan mencuci muka secara rutin agar jerawat yang muncul tidak semakin memburuk atau bahkan muncul jerawat yang baru.
Ada banyak pilihan sabun muka yang beredar di pasaran. Pastikan Anda memilih dengan bijak sesuai jenis kulit wajah Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk mengenali jenis kulit dan memilih sabun muka yang cocok untuk Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vapor atau rokok elektronik, sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan masih banyak lagi.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Hal ini juga termasuk merek-merek yang tersedia di pasaran. Maka, pilihlah sesuai selera Anda.
    Kosmetik & kesehatan
    63.875 Views
  • 10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Multivitamin & Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Multivitamin dan mineral yang terkandung dalam suplemen merupakan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Dari banyaknya produk, seperti CDR, Enervon-C, Zevit Grow, dan sebagainya yang dijual bebas di pasaran, dapatkah Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih multivitamin dan mineral yang baik berdasarkan harga, kandungan bahan, serta jenis produk yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Karena produk ini akan Anda konsumsi setiap hari, pilihlah produk yang paling sesuai, baik dari segi manfaat maupun anggaran!
    Kosmetik & kesehatan
    42.267 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    61.222 Views
  • 10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Parfum Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2020)
    Sekarang ini, parfum menjadi hal penting yang dapat menunjang penampilan pria. Banyak merek yang menjual parfum khusus untuk pria, sebut saja Chanel, Givenchy, Bvlgari, Calvin Klein, dan berbagai merek lainnya. Dengan hadirnya berbagai aroma, desain, dan harga, tentu membuat Anda jadi bingung menentukan pilihan, bukan?Anda tidak perlu khawatir! Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih parfum beserta tips cara pemakaian yang benar. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaik untuk Anda. Jadi, untuk Anda yang ingin membeli parfum khusus untuk pria, baca artikel ini sampai selesai!
    Kosmetik & kesehatan
    50.966 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit untuk disembuhkan, hal ini bisa jadi disebabkan oleh pemakaian produk perawatan wajah, terutama pelembap, yang tidak sesuai dengan kulit Anda. Saat ini tersedia banyak merek pelembap seperti The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya yang memiliki kandungan untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat dan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Mari gunakan produk yang cocok dengan kondisi kulit untuk mengatasi jerawat di wajah secara maksimal!
    Kosmetik & kesehatan
    62.359 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Styling Rambut Terbaik yang Bisa Digunakan untuk Hair Iron (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Produk Styling Rambut Terbaik yang Bisa Digunakan untuk Hair Iron (Terbaru Tahun 2020)
    Sebelum menata rambut menggunakan hair iron, apakah Anda memakai produk styling khusus untuk rambut terlebih dahulu? Dengan memakai produk styling rambut sebelum penataan, Anda bisa mendapatkan tekstur rambut yang lebih bagus. Yang terpenting, kerusakan rambut akibat suhu panas juga dapat dicegah, lho!Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih produk styling rambut yang bisa digunakan bersama hair iron. Sederet produk rekomendasi dari merek terbaik Kerastase, Furatasse, Oscar Blandi, TRESemme, dan lainnya pun turut kami sertakan untuk Anda. Mari kita simak bersama!
    Kosmetik & kesehatan
    1.503 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori