10 Rekomendasi Inkjet Printer Terbaik berdasarkan Merek (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Inkjet Printer Terbaik berdasarkan Merek (Terbaru Tahun 2018)

Mesin cetak dengan teknologi inkjet memiliki kualitas yang tinggi untuk mencetak foto dan dokumen. Foto dan dokumen yang dicetak dengan printer ini akan tahan lama dan kaya warna. Berbagai produsen inkjet printer yang sudah terkenal dan banyak digunakan adalah Canon, Epson, Brother, dan HP (Hewlett-Packard).

Masing-masing produsen memiliki berbagai jenis inkjet printer, berbagai jenis kertas, dan tinta yang sesuai untuk digunakan. Kali ini kami akan memaparkan tentang cara memilih inkjet printer terbaik berdasarkan merek dan memberikan 10 rekomendasi alat tersebut untuk Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih inkjet printer berdasarkan merek

Memilih inkjet printer bukan merupakan hal yang sulit, tetapi kita juga perlu memperhatikan beberapa syarat yang harus dimiliki sebuah mesin printer. Anda perlu mempertimbangkan harga, kualitas hasil cetakan, jenis koneksi printer, dan lain-lain.

Pilih berdasarkan jenis tinta

Pilih berdasarkan jenis tinta

Kebanyakan inkjet printer menggunakan dua jenis tinta, yaitu tinta dye-based dan tinta pigmen.

Tinta dye-based adalah yang paling banyak digunakan pada printer. Berbahan dasar air, tinta ini sangat meresap ke dalam serat kertas dan membutuhkan waktu yang agak lama untuk mengering. Warna yang dihasilkan tinta ini cerah dan kaya, sangat cocok untuk mencetak foto. Namun, tinta ini tidak tahan air, karena saat terkena air hasil cetakannya akan luntur.

Kemudian, untuk tinta pigmen warnanya berasal dari bubuk yang tidak larut dalam air. Tinta ini tidak meresap ke dalam serat kertas, tapi hanya mewarnai di bagian permukaan saja. Hasil cetak dengan tinta pigmen lebih tahan lama, tidak mudah luntur jika terkena air dan tidak memudar saat terpapar cahaya. Hasil cetaknya juga lebih jelas dan tajam dengan warna yang lebih solid. Sangat cocok untuk mencetak dokumen.

Pilih kode warna yang sesuai

Pilih kode warna yang sesuai

Masing-masing produsen inkjet printer membuat printer dengan formulasi tinta yang berbeda, dengan kode warna berbeda. Anda tidak bisa memakai tinta Canon pada printer Epson, karena hal tersebut bisa menyebabkan printer Anda rusak. Tinta yang berbeda menghasilkan cetakan yang berbeda, dengan karakteristik tinta yang berbeda dan penggunaan jumlah tinta yang berbeda.

Pada tinta inkjet printer terdapat empat warna dasar, yaitu biru (cyan), magenta (magenta), kuning (yellow), dan hitam (black). Warna-warna lain dihasilkan dengan cara mencampur keempat warna dasar tersebut. Ada juga produsen yang menambahkan dua warna lain yaitu biru muda (light cyan) dan magenta muda (light magenta). Warna hasil cetakan printer dengan 6 warna akan lebih indah daripada printer dengan 4 warna, tetapi harganya tentu akan lebih mahal.

Pilih berdasarkan ukuran resolusi

Pilih berdasarkan ukuran resolusi

Resolusi mesin printer diwakili dengan dpi (dot per inch), yaitu jumlah maksimum titik warna dalam satu inci. Resolusi yang tinggi menunjukkan seberapa jelas dan kehalusan hasil cetakan. Mesin printer menggunakan angka (numerik) untuk menerjemahkan gambar ke hasil cetakan.

Saat memilih printer, Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan besarnya angka resolusi pada mesin. Hasil cetakan lebih banyak ditentukan oleh jumlah warna tinta, jenis tinta, dan jenis kertas.

Pilih yang sesuai dengan budget

Pilih yang sesuai dengan budget

Harga inkjet printer biasanya dipengaruhi oleh besar atau kecilnya kapasitas tinta. Inkjet printer dengan kapasitas tinta yang lebih besar akan memiliki harga yang lebih tinggi. Jika Anda sering mencetak dalam jumlah besar atau menggunakan inkjet printer untuk bisnis, sebaiknya Anda memilih printer dengan kapasitas tinta yang besar. Selain itu, kecepatan mencetak dan banyaknya jenis tinta juga akan mempengaruhi harga printer.

Pilih kecepatan mencetak yang diinginkan

Pilih kecepatan mencetak yang diinginkan

Salah satu pertimbangan saat memilih inkjet printer adalah kecepatannya saat mencetak. Anda bisa membandingkan beberapa jenis printer dengan menghitung waktu saat mencetak foto yang berukuran sama. Biasanya kecepatan mencetak berbanding lurus dengan harga, inkjet printer yang mencetak lebih cepat akan berharga lebih mahal dibandingkan inkjet printer yang mencetak dengan lebih lambat.

Pilih metode koneksi printer

Dulu, printer dihubungkan dengan computer atau laptop menggunakan kabel. Dengan kemajuan teknologi, kini kita tidak hanya bergantung pada koneksi kabel saat ingin mencetak foto atau dokumen. Saat ini ada teknologi nirkabel yang menyambungkan printer dengan gadget baik lewat Wi-Fi, Bluetooth, atau secara langsung seperti menggunakan SD card.

Koneksi dengan kabel

Koneksi dengan kabel

Koneksi dengan kabel merupakan metode koneksi lama, menghubungkan komputer atau laptop secara langsung dengan menggunakan kabel data, kabel USB, atau kabel LAN. Dengan koneksi kabel, kecepatan perpindahan data dari komputer ke printer akan lebih cepat dan stabil. Koneksi dengan kabel sangat aman dan kemungkinan terjadinya kesalahan sangat sedikit.

Koneksi nirkabel

Koneksi nirkabel

Koneksi nirkabel dapat dilakukan dengan menggunakan sambungan Wi-Fi dan Bluetooth. Jenis koneksi ini sangat praktis, Anda dapat mencetak foto dan dokumen dari mana pun tanpa terganggu dengan kabel. Koneksi dengan Bluetooth dapat dilakukan dengan jarak yang relatif dekat, sementara koneksi dengan Wi-Fi bisa dilakukan dari jarak jauh.

Koneksi printer dengan Wi-Fi membutuhkan router yang akan memancarkan frekuensi yang sesuai dengan printer dan gadget. Router ini juga akan dapat menghubungkan printer dengan beberapa gadget sekaligus. Anda dapat mengirimkan data foto atau dokumen untuk dicetak bahkan dari kantor atau tempat lain yang jauh dari printer Anda.

Koneksi langsung

Koneksi langsung

Beberapa jenis inkjet printer menyediakan slot untuk kartu memori seperti SD card, mini SD card, maupun micro SD card. Koneksi semacam ini lebih praktis daripada koneksi dengan kabel dan Wi-Fi atau Bluetooth. Anda hanya perlu memasukkan kartu memori ke dalam slot dan langsung mencetak foto atau dokumen yang dibutuhkan.

Simpulkan perbedaan printer berdasarkan perbedaan harganya

Simpulkan perbedaan printer berdasarkan perbedaan harganya

Saat memilih inkjet printer, ada baiknya Anda membandingkan beberapa produk printer sebelum membelinya. Salah satu pertimbangan utama saat membeli inkjet printer adalah harga. Sudah dimaklumi bahwa benda dengan kualitas yang tinggi dan memiliki berbagai fungsi akan memiliki harga yang tinggi.

Anda harus mengetahui inkjet printer seperti apa yang Anda dapatkan dengan harga yang tinggi. Berikut rangkumannya:

  1. Semakin tinggi kapasitas dan jumlah warna tinta, akan semakin tinggi harga printer.
  2. Semakin tinggi kecepatan mencetaknya, semakin tinggi pula harga printer.
  3. Semakin canggih fitur koneksi, seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan koneksi secara langsung dengan kartu memori, harga printer juga akan semakin tinggi.

Empat produsen utama inkjet printer

Di Indonesia, pasar inkjet printer dipenuhi oleh beberapa produsen utama. Sebut saja Canon, Epson, Brother, dan HP. Inkjet printer dari keempat produsen tersebut adalah yang paling populer dan banyak dibeli oleh konsumen.

Canon

Canon

Canon memberikan pilihan inkjet printer untuk penggunaan pribadi dan untuk bisnis. Terdapat Canon Pixma untuk penggunaan pribadi dan rumahan, serta Canon Maxify untuk penggunaan bisnis dan kantor kecil dengan fungsi tunggal maupun multifungsi.

Dari kedua jenis inkjet printer Canon ini, baik Pixma dan Maxify, ada yang bisa digunakan untuk mencetak pada kertas berukuran besar (A3), juga ada yang menggunakan tinta dye-based dan tinta pigmen.

Epson

Epson

Inkjet printer dari Epson memiliki kualitas yang tinggi. Model-model dari Epson adalah PictureMate, Stylus, dan WorkForce. Anda bisa menggunakan inkjet printer dari Epson ini baik untuk keperluan pribadi/rumahan atau untuk bisnis/kantor kecil.

Epson menyediakan inkjet printer dengan 4 warna tinta dan 6 warna tinta, juga printer yang dapat mencetak hasil dalam ukuran besar (A3+). Inkjet printer ini akan menghasilkan cetakan yang bagus baik untuk foto maupun dokumen.

Brother

Brother

Produsen Brother sebelumnya terkenal akan produk telepon dan faksimili. Namun, kini Brother juga memproduksi inkjet printer multifungsi. Inkjet printer dari Brother memiliki fungsi mulai dari mencetak, scan, fotokopi, dan faksimili. Printer Brother sangat cocok untuk bisnis, kantor kecil, dan SOHO (Small Office Home Office), tetapi bisa juga jika Anda menginginkannya untuk keperluan rumahan.

Hewlett-Packard

Hewlett-Packard

Inkjet printer Hewlett-Packard, yang juga dikenal dengan HP, merupakan salah satu printer yang paling banyak penggunanya di Indonesia. Dapat digunakan untuk keperluan pribadi dan juga bisnis, inkjet printer HP tersedia dalam tipe fungsi tunggal maupun multifungsi.

10 Rekomendasi inkjet printer terbaik berdasarkan merek

Di bawah ini kami akan menampilkan 10 rekomendasi inkjet printer terbaik berdasarkan merek dari Canon, Epson, Brother, dan HP. Dengan menerapkan cara memilih yang kami paparkan di atas, silakan pilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

10. HP DeskJet 3776

10. HP DeskJet 3776

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 1.250.000

Inkjet printer multifungsi terkecil berharga terjangkau

Printer ini merupakan inkjet printer multifungsi (print-scan-copy) dengan ukuran terkecil, dengan warna putih yang bersih dan garis warna hijau muda yang cerah. Warnanya yang demikian membuat printer ini cocok untuk Anda yang berjiwa muda. Kemudian, printer ini mudah dioperasikan dan disetel dengan menggunakan aplikasi pada smartphone melalui Wi-Fi.

Alat ini dilengkapi dengan empat warna tinta dengan dua cartridge, yakni 1 hitam dan 1 berwarna (cyan, magenta, kuning). Dalam sekali pengisian tinta, printer ini bisa mencetak sebanyak 1000 lembar. Kecepatan printer ini dalam memproses data saat akan mencetak juga cukup cepat, yaitu 15 detik untuk warna hitam dan 18 detik untuk cetakan berwarna.

9. Brother Inkjet DCP-T500W

9. Brother Inkjet DCP-T500W

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 2.645.008

Inkjet printer dengan sistem tinta isi ulang yang ekonomis

Produsen elektronik Brother meluncurkan produk inkjet printer yang memiliki tingkat cetakan tinggi dan tintanya dapat diisi ulang tanpa mengganti cartridge. Hasil cetakan dengan tinta hitam mencapai 6000 lembar dan tinta warna mencapai 5000 lembar. Printer ini juga sudah dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi yang memudahkan penggunanya mencetak dari jarak jauh.

Jika Anda mencari printer dengan tinta isi ulang yang ekonomis, alat ini sesuai untuk Anda. Anda cukup menuangkan tinta dari botol tinta isi ulang ke wadah tinta yang terletak pada bagian depan. Meski harga awal printer ini cukup mahal, sebenarnya alat ini sangat ekonomis karena harga tinta refill-nya yang terjangkau.

8. Canon Pixma E410

8. Canon Pixma E410

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 1.644.000

Inkjet printer untuk pribadi dengan tiga macam fungsi

Jika Anda sering membutuhkan printer, scanner, dan mesin fotokopi untuk kegiatan sehari-hari di rumah, pilihlah printer ini. Kertas terbesar yang dapat dicetak dengan alat ini adalah kertas berukuran Legal. Alat ini bisa digunakan dengan sistem operasi Windows dan Mac, cocok dengan gadget apa pun.

Printer ini dapat dihubungkan dengan komputer, laptop, tablet, dan juga smartphone melalui Wi-Fi. Namun, untuk hasil cetak tercepat sebaiknya Anda menggunakan kabel data USB-nya. Tinta yang digunakan adalah tinta bertipe dye-based dengan total 4 warna: hitam, cyan, magenta, dan kuning.

7. HP DeskJet Ink Advantage 2135

7. HP DeskJet Ink Advantage 2135

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 589.000

Printer rumahan yang mencetak tanpa suara berisik

Printer dibutuhkan untuk mencetak laporan kerja, tugas sekolah, hingga lembar mewarnai untuk balita Anda. Printer multifungsi ini dapat membantu Anda menyelesaikan semua keperluan mencetak itu. Foto dan dokumen yang dicetak dengan mesin ini memiliki kualitas tinggi, dengan 4 tinta warna dye-based dalam dua cartridge (hitam dan warna) dan berharga terjangkau.

Printer ini dibuat dengan desain menarik yang ringkas, Anda bisa menggunakannya untuk mencetak, memindai dokumen, dan juga memfotokopi dalam waktu yang cepat. Jika Anda mencari mesin yang mencetak dengan cepat tanpa suara bising, printer ini cocok untuk Anda. Sayangnya, alat ini tidak bisa mencetak dengan koneksi nirkabel, hanya bisa melalui kabel USB saja.

6. Brother MFC-J3720

6. Brother MFC-J3720

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 6.600.000

Mencetak dengan berbagai koneksi, dapatkan hasil yang berkualitas tinggi

Printer ini memiliki ukuran A3 dengan desain kokoh dan minimalis. Printer dengan fitur multifungsi ini ditujukan untuk pemakaian pribadi. Anda bisa menikmati kemudahan mencetak, memakai scanner, memakai mesin fotokopi, dan mengirimkan dokumen dengan faksimili dengan praktis.

Jika Anda adalah seorang yang mobileprinter ini sangat cocok untuk Anda karena memiliki berbagai tipe koneksi, yaitu  Wi-Fi, kabel LAN, slot kartu memori, dan slot USB 2.0. Printer ini menggunakan empat warna tinta pigmen sehingga hasil cetakannya tahan air dan tahan lama.

5. Epson WorkForce WF-7611

5. Epson WorkForce WF-7611

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 5.600.000

Inkjet printer multifungsi yang tepat untuk keperluan komersil, industri, dan kantor

Jika Anda sedang mencari inkjet printer untuk keperluan komersil, industri, dan kantor, printer dari Epson ini adalah salah satu inkjet printer multifungsi yang tepat. Printer ini bisa mencetak hingga ukuran A3+ (48 x 32 cm). Selain itu alat ini juga bisa mencetak bolak-balik secara otomatis untuk semua ukuran kertas.

Dengan inkjet printer ini, Anda dapat terhubung melalui Wi-Fi, menggunakan aplikasi smartphones, atau terhubung secara langsung dengan slot SD card dan USB. Empat warna tinta DuraBrite Ultra Ink untuk inkjet printer ini merupakan tinta tipe pigmen. Inkjet printer ini mampu mencetak 20.000 halaman per bulannya dengan resolusi 4800 x 2400 dpi.

4. Canon Maxify MB5370

4. Canon Maxify MB5370

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp.5.170.000

Inkjet printer untuk melengkapi keperluan bisnis dan SOHO Anda

Printer ini ditujukan untuk digunakan oleh pebisnis yang memiliki kantor maupun SOHO. Memiliki fitur multifungsi, selain untuk mencetak dua sisi kertas secara otomatis, alat ini dapat digunakan untuk scan, copy, dan juga faksimili. Semua kebutuhan kantor yang berhubungan dengan cetak-mencetak akan tertangani dengan inkjet printer ini.

Dengan cartridge tinta individual, maka Anda bisa menghemat biaya dengan hanya mengganti warna-warna yang habis saja. Inkjet printer ini memiliki koneksi Wi-Fi sehingga praktis digunakan, tetapi bisa juga menggunakan kabel data. Dengan empat warna tinta pigmen, printer ini dapat mencetak sebanyak 30.000 halaman per bulannya.

3. HP OfficeJet 7110 ePrinter

3. HP OfficeJet 7110 ePrinter

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 1.995.000

Mudah mencetak brosur, selebaran, dan poster dengan printer ini

Inkjet printer ini cocok jika Anda ingin hasil cetakan berkualitas tinggi untuk keperluan marketing Anda. Printer ini bisa mencetak mulai kertas memo hingga ukuran A3+ dengan 4 warna tinta pigmen. Dengan ePrinter ini, Anda dapat mencetak 800 halaman brosur, selebaran, poster, dan keperluan marketing lainnya dengan bentuk borderless, dalam 2 sisi.

Printer HP ini dapat terkoneksi dengan gadget lain menggunakan saluran Ethernet, Wi-Fi, dan kabel USB. Anda bisa mencetak apa pun dan dari mana pun dengan aplikasi HP ePrint dari smartphone Android atau Apple AirPrint dari iPhone. Teknologi ini sangat praktis bagi Anda pebisnis yang selalu mobile.

2. Epson Stylus Photo 1390

2. Epson Stylus Photo 1390

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 5.747.000

Inkjet printer untuk fotografer yang menginginkan hasil sempurna

Sesuai namanya, alat ini adalah inkjet printer yang cocok bagi Anda penggemar fotografi. Hasil cetakan inkjet printer ini sangat tajam, memiliki warna yang detail, dengan resolusi 5760 x 1440 dpi dengan 6 warna tinta dye-based. Alat ini dapat mencetak hingga ukuran A3+ tanpa pinggiran (borderless), berkualitas setara pameran, sangat pas untuk mencetak hasil foto Anda.

Mesin cetak ini hanya memiliki satu fungsi, yaitu mencetak dengan koneksi kabel data. Bila dicetak pada Epson Premium Glossy Photo Paper, hasilnya akan bertahan hingga 200 tahun. Harga printer ini termasuk mahal, tetapi tintanya menggunakan Inkdividual yang harganya terjangkau dan dijual per warna. Anda hanya perlu mengganti cartridge warna yang habis saja.

1. Canon Pixma iP110

1. Canon Pixma iP110

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 4.301.000

Inkjet printer mungil dan ringan dengan hasil yang maksimal

Inkjet printer dari Canon ini adalah printer yang cocok bagi Anda yang menyukai gadget kecil yang mudah dibawa-bawa. Printer ini berukuran kecil (32 x 18,5 x 6 cm), bisa digunakan tanpa kabel, serta menggunakan 4 warna tinta pigmen. Alat ini digunakan dengan koneksi Wi-Fi, sehingga praktis dan mudah disambungkan dengan smartphone dan tablet Anda.

Ukuran kertas maksimum yang dapat dicetak dengan inkjet printer ini adalah Legal, printer ini juga dapat mencetak dengan mode borderless. Dapat digunakan dengan baterai Lithium Ion, diperlukan waktu sekitar 3 jam untuk mengisi ulang baterainya. Saat terhubung melalui Wi-Fi, alat ini bisa mencetak hingga 240 halaman dengan hasil yang berkualitas tinggi.

Kesimpulan

Canon, Epson, Brother, dan Hewlett-Packard, keempatnya adalah merek inkjet printer yang sudah terkenal kualitasnya dan banyak digunakan di Indonesia. Kami harap beberapa tips cara memilih inkjet printer di atas bisa membantu Anda. Masing-masing merek memiliki kelebihan dan kekurangan, jika Anda menyesuaikan dengan preferensi Anda maka Anda akan mendapatkan printer terbaik untuk digunakan baik untuk keperluan pribadi maupun kantor.