• 10 Rekomendasi Inkjet Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Inkjet Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Inkjet Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Inkjet Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Inkjet Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Inkjet Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Inkjet printer adalah mesin cetak yang mampu mencetak foto dan dokumen berkualitas tinggi. Foto dan dokumen yang dicetak dengan printer ini lebih tahan lama dan kaya warna. Terdapat berbagai merk inkjet printer yang sudah terkenal dan banyak digunakan, seperti Canon, Epson, Brother, dan HP.

Masing-masing produsen memiliki berbagai jenis inkjet printer dengan berbagai jenis kertas dan tinta yang sesuai untuk digunakan. Kali ini kami akan memaparkan tentang cara memilih inkjet printer yang bagus untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi alat tersebut. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 18 Maret 2021
  • 20.112 Views
Daftar isi

Cara memilih inkjet printer

Inkjet printer merupakan printer yang memiliki resolusi lebih tinggi dan bentuk yang lebih compact daripada laser printer. Selain itu, inkjet printer juga dapat digunakan dengan konsumsi daya rendah. Untuk memilih inkjet printer, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Selain dari sisi kualitasnya, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya operasionalnya.

Tentukan jumlah warna tinta sesuai kebutuhan

Tentukan jumlah warna tinta sesuai kebutuhan

Pertama-tama, tentukan jumlah warna pada printer sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada dasarnya, inkjet printer memiliki empat warna dasar, yaitu biru (cyan), magenta, kuning, dan hitam. Jumlah ini sudah cukup untuk Anda yang ingin menggunakannya untuk mencetak dokumen atau gambar standar.


Jika ingin mencetak foto dengan hasil yang lebih bagus, sebaiknya gunakan printer dengan lima warna atau lebih. Ada beberapa produsen yang menambahkan jumlah warna dalam produknya, seperti Epson dan Canon. Epson menambahkan dua warna lain yaitu biru muda (light cyan) dan magenta muda (light magenta). Sedangkan Canon menambahkan warna abu-abu untuk hasil cetakan foto yang lebih hidup.


Sebaliknya, terdapat juga tipe monokrom yang hanya memiliki satu warna. Produk ini bisa Anda pilih jika Anda lebih sering mencetak dokumen saja. Ada juga printer yang menggunakan sistem tinta hibrida. Sistem ini akan membagi tinta hitam sesuai peruntukannya. Anda bisa menggunakan tinta hitam untuk dokumen (pigment) dan untuk cetak foto (dye) sehingga hasilnya lebih bagus. 

Pilih berdasarkan jenis tinta

Kebanyakan inkjet printer menggunakan tiga jenis tinta, yaitu tinta dye-based, pigment-based, atau keduanya. Pilihlah yang paling sesuai dengan Anda.

Dye-based, sesuai untuk mencetak di atas kertas foto glossy

Dye-based, sesuai untuk mencetak di atas kertas foto glossy

Tinta dye-based cocok untuk Anda yang sering mencetak foto di atas kertas foto yang glossy atau mengilap. Harganya pun lebih ekonomis dibandingkan dengan tinta pigmen. Jadi, Anda tetap bisa berhemat meski sering memakainya untuk mencetak dalam jumlah banyak.


Tinta jenis ini membutuhkan waktu yang agak lama untuk mengering. Namun, warna yang dihasilkannya lebih cerah dan kaya sehingga akan terlihat indah di atas kertas glossy.

Pigment-based, tahan lama dan tidak mudah luntur

Pigment-based, tahan lama dan tidak mudah luntur

Tinta jenis ini tidak meresap ke dalam serat kertas, tetapi hanya mewarnai di bagian permukaan saja. Tinta ini cocok untuk mencetak dokumen karena hasil cetaknya sangat jelas. Untuk mencetak foto, tinta jenis ini juga akan memberikan hasil cetak yang lebih tajam. Hasil cetak dengan tinta pigmen tidak mudah luntur jika terkena air dan tidak memudar saat terpapar cahaya.

Pilihlah jenis cartridge berdasarkan frekuensi pemakaian dan biayanya

Setidaknya ada dua jenis cartridge yang digunakan pada inkjet printer. Pemilihan cartridge akan memengaruhi besarnya biaya saat cartridge butuh diganti. Selain itu, beberapa merek juga hanya kompatibel dengan salah satu jenis cartridge saja. Simak poin-poin berikut untuk mengetahui lebih jauh.

Split cartridge, praktis karena bisa diisi ulang secara terpisah

Split cartridge, praktis karena bisa diisi ulang secara terpisah

Cartridge jenis ini direkomendasikan bagi Anda yang ingin menghemat biaya penggantian tinta. Jenis ini merupakan jenis cartridge yang terpisah satu sama lain. Jadi, jika satu jenis tinta habis, Anda dapat langsung menggantinya tanpa perlu mengganti warna lain. Jenis ini merupakan cartridge yang cocok untuk Anda yang lebih sering menggunakan satu warna tertentu saat mencetak.

Cartridge terintegrasi, lebih mudah dalam perawatannya

Cartridge jenis ini direkomendasikan bagi Anda yang sering mencetak monokrom. Seluruh tinta dengan masing-masing warna terletak dalam satu cartridge. Oleh karena itu, cartridge jenis ini berbentuk lebih compact dan biasa digunakan pada printer berukuran kecil.


Namun, jenis ini tidak dapat mengganti hanya satu warna tinta saja. Jika Anda kehabisan salah satu warna tinta, Anda harus menggantinya secara keseluruhan. Oleh karena itu, jenis ini cocok untuk Anda yang tidak terlalu sering menggunakan printer.

Pertimbangkan untuk memilih printer dengan sistem ecotank

Pertimbangkan untuk memilih printer dengan sistem ecotank

Untuk Anda yang sering menggunakan printer, sebaiknya Anda menggunakan tipe yang memiliki sistem ecotank. Tipe ini menggunakan botol sebagai penyimpan tinta. Jadi, ketika tinta habis, Anda bisa mengisi ulang botol tersebut sesuai dengan warnanya. Membeli tinta akan lebih murah daripada membeli cartridge. Tipe ini sesuai untuk Anda yang ingin menghemat biaya operasional pencetakan.


Jika Anda memilih botol besar, tentu akan berguna saat Anda akan mencetak dalam jumlah banyak. Printer dengan sistem ecotank ini memang harganya lebih tinggi. Namun, jenis ini sangat bagus untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Pilih metode koneksi printer

Tak hanya dengan kabel, kini Anda bisa menghubungkan printer dan gadget lain dengan koneksi nirkabel. Kira-kira, metode koneksi mana ya, yang paling efisien?

Koneksi melalui Wi-Fi, dapat dihubungkan dengan beberapa perangkat

Koneksi melalui Wi-Fi, dapat dihubungkan dengan beberapa perangkat

Jika printer bisa dihubungkan ke Wi-Fi, Anda dapat mencetak langsung melalui laptop atau smartphone tanpa membutuhkan kabel. Anda cukup memastikan bahwa printer telah terisi kertas dalam jumlah yang mencukupi saat akan digunakan. Dengan begitu, Anda bisa langsung mencetak dokumen atau foto, bahkan dari ruangan berbeda.

Koneksi melalui NFC atau AirPrint, dapat menghubungkan langsung ke smartphone

Koneksi melalui NFC atau AirPrint, dapat menghubungkan langsung ke smartphone

Jika Anda sering mencetak melalui smartphone atau tablet, sebaiknya gunakan printer yang memiliki fitur NFC atau AirPrint. Jika kompatibel dengan NFC, Anda dapat mengirim data melalui smartphone dan mencetak dengan mudah. Anda bisa langsung mencetak foto yang diambil melalui smartphone dengan praktis tanpa harus memindahkan data terlebih dahulu. Untuk iPhone atau iPad, sebaiknya memilih printer yang mendukung koneksi melalui AirPrint.

Pilih berdasarkan ukuran resolusi

Pilih berdasarkan ukuran resolusi

Jika Anda ingin memperbesar dan mencetak foto dengan kualitas tinggi, pilihlah inkjet printer yang memiliki resolusi tinggi. Resolusi dalam printer menentukan jumlah maksimum titik warna dalam 1 inci. Resolusi yang tinggi menunjukkan seberapa jelas dan halusnya hasil cetakan.


Dikatakan bahwa mata manusia tidak bisa membedakan kualitas gambar pada resolusi antara 300–600 dpi. Bahkan, para fotografer pun banyak yang mencetak fotonya dengan resolusi tersebut. Jika Anda hendak mencetak gambar yang diperbesar atau gambar dengan detail yang tajam, setidaknya pilihlah printer dengan resolusi 600 dpi.


Sebaiknya Anda tidak menggunakan tinta dye-based karena sifatnya yang meresap ke dalam kertas. Sebaliknya, tinta pigment-based lebih direkomendasikan untuk mencetak foto dengan kualitas tinggi.

Pilih kecepatan mencetak yang diinginkan

Pilih kecepatan mencetak yang diinginkan
Jika Anda sering mencetak dalam jumah banyak, pertimbangkan printer dengan kecepatan yang tinggi. Saat ini, mayoritas printer menggunakan satuan IPM untuk menyatakan kecepatannya. IPM menunjukkan jumlah halaman yang dihasilkan dalam 1 menit dengan acuan standar ISO/IEC 24734. Meskipun begitu, ada juga pabrikan yang menyatakan kecepatannya dalam satuan detik.

Untuk mencetak dengan ukuran besar, pilih yang mendukung kertas A3

Untuk mencetak dengan ukuran besar, pilih yang mendukung kertas A3

Jika ingin mencetak dengan ukuran kertas besar, pastikan Anda memilih printer yang bisa mencetak dengan kertas A3. Sekarang sudah banyak printer yang dapat mencetak dengan kertas A3 atau B4, tidak hanya A4 saja.


Biasanya, printer jenis ini juga bisa berfungsi sebagai mesin faksimile, fotokopi, atau scanner. Dengan membeli printer multifungsi ini, Anda bisa lebih menghemat tempat dan biaya. Printer jenis ini sangat cocok digunakan di kantor karena kepraktisannya.

10 Rekomendasi inkjet printer terbaik

Di bawah ini kami akan menampilkan sepuluh rekomendasi inkjet printer terbaik berdasarkan merek dari Canon, Epson, Brother, dan HP. Dengan menerapkan cara memilih yang kami paparkan di atas, silakan pilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.
10
Jumlah warna tinta4 (black, cyan, magenta, yellow)
Jenis tintaTidak disebutkan
Jenis cartridgeTank
EcotankYa
Metode koneksiUSB
ResolusiMaksimum 720 dpi x 720 dpi
Kecepatan mencetak8,5 ipm (black), 4,5 ipm (color)
Ukuran kertasA4 (maksimal ukuran kertas 8,5 x 44 inchi)
9
Jumlah warna tinta4 (black, cyan, magenta, yellow)
Jenis tintaDye-based (color), pigment-based (black)
Jenis cartridgeTank
EcotankYa
Metode koneksiUSB
Resolusi1200 dpi x 1200 dpi (black), 4800 dpi x 1200 (color)
Kecepatan mencetak14 detik (black), 18 detik (color)
Ukuran kertasA4, B5, A6, DL envelope
8

HP DeskJet Ink Advantage All-in-One Printer 3776

7FM65B

Mulai dari Rp 1.250.000,00

Jumlah warna tinta4 (black, cyan, magenta, yellow)
Jenis tintaDye-based (color), pigment-based (black)
Jenis cartridgeSplit: black ・ Terintegrasi: tricolor (cyan, magenta, yellow)
EcotankTidak disebutkan
Metode koneksiUSB, Wi-Fi
Resolusi1200 dpi x 1200 dpi (black), 4800 dpi x 1200 dpi (color)
Kecepatan mencetak19 detik (hitam), 15 detik (warna)
Ukuran kertasA4, letter
7
Jumlah warna tintaTidak disebutkan
Jenis tintaTidak disebutkan
Jenis cartridgeCartridge terintegrasi
EcotankTidak
Metode koneksiWireless LAN IEEE, USB
Resolusi4800 dpi x 1200 dpi
Kecepatan mencetak7,7 ipm (hitam), 4,0 ipm (warna)
Ukuran kertasA4, LTR, 4 inchi x 6 inchi, 5 inchi x 7 inchi, ukuran kustom (lebar 89–215,9 mm, panjang 127–676 mm)
6

BrotherInkjet Printer

HL-T4000DW

Mulai dari Rp 7.590.000,00

Jumlah warna tinta4 (black, cyan, magenta, yellow)
Jenis tintaTidak disebutkan
Jenis cartridgeTank
EcotankYa
Metode koneksiUSB, LAN, Wi-Fi
Resolusi4800 dpi x 1200 dpi
Kecepatan mencetak6 detik
Ukuran kertasA4, letter, executive, B5, A3, ledger, B4, legal, folio, A5, B6, A6, photo 4 inchi x 6 inchi, indexcard 5 inchi x 8 inchi, photo 3,5 inchi x 5 inchi, photo 5 inchi x 7 inchi, C5 envelope, com-10 envelope, DL envelope, monarch envelope, mexico legal, india legal
5
Jumlah warna tinta4 (black, cyan, magenta, yellow)
Jenis tintaPigmen
Jenis cartridgeTank
EcotankTidak disebutkan
Metode koneksiWi-Fi
Resolusi4800 dpi x 1200 dpi
Kecepatan mencetak9 detik (hitam), 16 detik (warna)
Ukuran kertasA4, A5, A6, B5, LTR, LGL, executive (184,2 mm x 266,7 mm), legal india (215 mm x 345 mm), foolscap (215,9 mm x 330,2 mm), F4, oficio2 (215,9 mm x 330,2 mm), b-oficio (216 mm x 355 mm), m-oficio (216 mm x 341 mm), 4 inchi x 6 inchi, 5 inchi x 7 inchi, 7 inchi x 10 inchi, 8 inchi x 10 inchi, envelopes DL, envelopes COM10, envelopes C5, envelopes monarch (98,4 mm x 190,5 mm), square (3,5 inchi x 3,5 inchi, 5 inchi x 5 inchi), card (91 mm x 55 mm), ukuran kustom: lebar 55–216 mm, panjang 89–1200 mm
4

EpsonEcoTank All-in-One Ink Tank Printer

L3110

Mulai dari Rp 2.150.000,00

Jumlah warna tinta4 (black, cyan, magenta, yellow)
Jenis tintaTidak disebutkan
Jenis cartridgeTank
EcotankYa
Metode koneksiUSB
Resolusi5760 dpi x 1440 dpi
Kecepatan mencetak10 detik (hitam), 16 detik (warna)
Ukuran kertasLegal, indian-legal (215 mm x 345 mm), 8,5 inchi x 13 inchi, letter, A4, 16K (195 mm x 270 mm), B5, A5, B6, A6, hagaki (100 mm x 148 mm), 5 inchi x 7 inchi, 4 inchi x 6 inchi, envelopes #10, DL, C6
3

Brother Printer sistem Tinta Isi Ulang – Wifi, Mobile-Print 3-in-One

DCP-T510W

Mulai dari Rp 3.190.000,00

Jumlah warna tinta4 (black, cyan, magenta, yellow)
Jenis tintaTidak disebutkan
Jenis cartridgeTank
EcotankYa
Metode koneksiUSB dan built-in Wi-Fi
ResolusiWindows: 6000 dpi x 1200 dpi ・ Mac : 3600 dpi x 1200 dpi
Kecepatan mencetak8 detik (hitam), 14 detik (warna)
Ukuran kertasA4, LTR, EXE, legal, folio, A5, A6, photo (102 mm x 152 mm), indexcard (127 mm x 203 mm), photo-2L (127 mm x 178 mm), C5 envelope, com-10, DL envelope, monarch
2

HPOfficeJet 7110 Wide Format ePrinter

H812a

Mulai dari Rp 2.199.000,00

Jumlah warna tinta4 (black, cyan, magenta, yellow)
Jenis tintaPigmen
Jenis cartridgeSplit cartridge
EcotankTidak
Metode koneksiUSB, ethernet, Wi-Fi
Resolusi600 dpi x 1200 dpi (black), 4800 dpi x 1200 dpi (color)
Kecepatan mencetak15 detik (hitam), 19 detik (warna)
Ukuran kertasA4, letter, B4, tabloid, A3
1

CanonPIXMA - Printer Portabel Nirkabel

TR150

Mulai dari Rp 4.699.000,00

Jumlah warna tintaTidak disebutkan
Jenis tintaPigmen
Jenis cartridgeCartridge terintegrasi
EcotankTidak
Metode koneksiUSB, Wi-Fi
Resolusi4800 dpi x 1200 dpi
Kecepatan mencetak9 ipm (hitam), 5,5 ipm (warna)
Ukuran kertasA4, A5, B5, letter, legal, amplop (DL, COM10), persegi (5 inchi x 5 inchi, 3,5 inchi x 3,5 inchi), ukuran kartu (91 mm x 55 mm), 4 inchi x 6 inchi, 5 inchi x 7 inchi, 7 inchi x 10 inchi, 8 inchi x 10 inchi

Tabel perbandingan produk inkjet printer terbaik

Gambar produk
1
Canon PIXMA - Printer Portabel Nirkabel 1

Canon

2
HP OfficeJet 7110 Wide Format ePrinter 1

HP

3
Brother  Printer sistem Tinta Isi Ulang – Wifi, Mobile-Print 3-in-One  1

Brother

4
Epson EcoTank All-in-One Ink Tank Printer 1

Epson

5
Canon PIXMA  1

Canon

6
Brother Inkjet Printer 1

Brother

7
Canon PIXMA  1

Canon

8
HP  DeskJet Ink Advantage All-in-One Printer 3776 1

HP

9
HP  Ink Tank 319 1

HP

10
Epson Ink Tank Printer 1

Epson

Nama produk

PIXMA - Printer Portabel Nirkabel

OfficeJet 7110 Wide Format ePrinter

Printer sistem Tinta Isi Ulang – Wifi, Mobile-Print 3-in-One

EcoTank All-in-One Ink Tank Printer

PIXMA

Inkjet Printer

PIXMA

DeskJet Ink Advantage All-in-One Printer 3776

Ink Tank 319

Ink Tank Printer

Keunggulan

Printer protabel andalan para profesional

Mencetak brosur, selebaran, dan poster kini jadi lebih mudah

Dilengkapi dengan tray kertas berdaya tampung besar

Mencetak foto dengan detail supertajam!

Dilengkapi dengan fitur auto ON dan OFF

Lebih praktis dengan fitur cetak bolak balik otomatis

Cetak foto langsung melalui smartphone Anda

Inkjet printer multifungsi terkecil berharga terjangkau

Tidak perlu khawatir lagi tinta tumpah saat sedang isi ulang

Produk pas untuk berhemat biaya tinta

Harga mulai dariRp 4.699.000,00Rp 2.199.000,00Rp 3.190.000,00Rp 2.150.000,00Rp 2.849.000,00Rp 7.590.000,00Rp 819.000,00Rp 1.250.000,00Rp 1.999.000,00Rp 1.515.000,00
Jumlah warna tintaTidak disebutkan4 (black, cyan, magenta, yellow)4 (black, cyan, magenta, yellow)4 (black, cyan, magenta, yellow)4 (black, cyan, magenta, yellow)4 (black, cyan, magenta, yellow)Tidak disebutkan4 (black, cyan, magenta, yellow)4 (black, cyan, magenta, yellow)4 (black, cyan, magenta, yellow)
Jenis tintaPigmenPigmenTidak disebutkanTidak disebutkanPigmenTidak disebutkanTidak disebutkanDye-based (color), pigment-based (black)Dye-based (color), pigment-based (black)Tidak disebutkan
Jenis cartridgeCartridge terintegrasiSplit cartridgeTankTankTankTankCartridge terintegrasiSplit: black ・ Terintegrasi: tricolor (cyan, magenta, yellow)TankTank
EcotankTidakTidakYaYaTidak disebutkanYaTidakTidak disebutkanYaYa
Metode koneksiUSB, Wi-FiUSB, ethernet, Wi-FiUSB dan built-in Wi-FiUSBWi-FiUSB, LAN, Wi-FiWireless LAN IEEE, USBUSB, Wi-FiUSBUSB
Resolusi4800 dpi x 1200 dpi600 dpi x 1200 dpi (black), 4800 dpi x 1200 dpi (color)Windows: 6000 dpi x 1200 dpi ・ Mac : 3600 dpi x 1200 dpi5760 dpi x 1440 dpi 4800 dpi x 1200 dpi4800 dpi x 1200 dpi4800 dpi x 1200 dpi1200 dpi x 1200 dpi (black), 4800 dpi x 1200 dpi (color)1200 dpi x 1200 dpi (black), 4800 dpi x 1200 (color)Maksimum 720 dpi x 720 dpi
Kecepatan mencetak9 ipm (hitam), 5,5 ipm (warna)15 detik (hitam), 19 detik (warna)8 detik (hitam), 14 detik (warna)10 detik (hitam), 16 detik (warna)9 detik (hitam), 16 detik (warna)6 detik7,7 ipm (hitam), 4,0 ipm (warna)19 detik (hitam), 15 detik (warna)14 detik (black), 18 detik (color)8,5 ipm (black), 4,5 ipm (color)
Ukuran kertasA4, A5, B5, letter, legal, amplop (DL, COM10), persegi (5 inchi x 5 inchi, 3,5 inchi x 3,5 inchi), ukuran kartu (91 mm x 55 mm), 4 inchi x 6 inchi, 5 inchi x 7 inchi, 7 inchi x 10 inchi, 8 inchi x 10 inchiA4, letter, B4, tabloid, A3A4, LTR, EXE, legal, folio, A5, A6, photo (102 mm x 152 mm), indexcard (127 mm x 203 mm), photo-2L (127 mm x 178 mm), C5 envelope, com-10, DL envelope, monarchLegal, indian-legal (215 mm x 345 mm), 8,5 inchi x 13 inchi, letter, A4, 16K (195 mm x 270 mm), B5, A5, B6, A6, hagaki (100 mm x 148 mm), 5 inchi x 7 inchi, 4 inchi x 6 inchi, envelopes #10, DL, C6A4, A5, A6, B5, LTR, LGL, executive (184,2 mm x 266,7 mm), legal india (215 mm x 345 mm), foolscap (215,9 mm x 330,2 mm), F4, oficio2 (215,9 mm x 330,2 mm), b-oficio (216 mm x 355 mm), m-oficio (216 mm x 341 mm), 4 inchi x 6 inchi, 5 inchi x 7 inchi, 7 inchi x 10 inchi, 8 inchi x 10 inchi, envelopes DL, envelopes COM10, envelopes C5, envelopes monarch (98,4 mm x 190,5 mm), square (3,5 inchi x 3,5 inchi, 5 inchi x 5 inchi), card (91 mm x 55 mm), ukuran kustom: lebar 55–216 mm, panjang 89–1200 mmA4, letter, executive, B5, A3, ledger, B4, legal, folio, A5, B6, A6, photo 4 inchi x 6 inchi, indexcard 5 inchi x 8 inchi, photo 3,5 inchi x 5 inchi, photo 5 inchi x 7 inchi, C5 envelope, com-10 envelope, DL envelope, monarch envelope, mexico legal, india legalA4, LTR, 4 inchi x 6 inchi, 5 inchi x 7 inchi, ukuran kustom (lebar 89–215,9 mm, panjang 127–676 mm)A4, letterA4, B5, A6, DL envelopeA4 (maksimal ukuran kertas 8,5 x 44 inchi)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi tinta dan printer lainnya di sini

Selain inkjet printer, terdapat juga beberapa jenis printer yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami telah mengulas beberapa artikel mengenai jenis printer lain yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai referensi. Selain itu, kami juga telah membahas mengenai tinta printer terbaik untuk Anda. Klik tautan di bawah ini untuk membaca lebih lanjut, ya!

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan kami, apakah Anda sudah menemukan inkjet printer yang sesuai? Kami harap beberapa tips cara memilih inkjet printer di atas bisa membantu Anda. Setiap produk tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan mencetak Anda. Jika Anda menyesuaikan dengan preferensi Anda, Anda akan mendapatkan printer terbaik untuk Anda pakai. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kebutuhan mencetak, baik dokumen maupun gambar, membutuhkan printer. Salah satu merek printer terbaik yang ada di pasaran adalah Epson. Seiko Epson, atau dikenal dengan Epson, merupakan perusahaan elektronik asal Jepang yang memproduksi printer dan device lainnya yang berhubungan dengan foto.Printer yang diproduksi oleh Epson terdiri dari beberapa jenis. Untuk membantu Anda dalam memilih printer Epson yang sesuai kebutuhan, kami akan memberikan tips mudahnya. Tidak ketinggalan, kami juga akan merekomendasikan sepuluh printer Epson terbaru, seperti WorkForce, SureColor, EcoTank, dan printer A3. Segera simak uraian kami dengan saksama, ya!
    Elektronik kantor
    51.282 Views
  • 10 Rekomendasi Printer Label Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Printer Label Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Printer label saat ini sudah tidak asing bagi sebagian banyak orang. Alat ini biasa digunakan untuk mencetak berbagai label sticker, barcode, resi pengiriman, harga barang, dan sebagainya. Ada yang menggunakan koneksi kabel USB dan ada pula yang menggunakan Bluetooth. Bahkan, di antaranya berukuran mini sehingga lebih portable.Bila Anda berencana membeli printer label, simak artikel ini dengan baik. Kami akan berikan tips dan rekomendasi printer label dari berbagai merk yang bagus! Printer label dari Epson, Brother, atau BLUEPRINT mungkin bisa jadi favorit Anda. Jadi, simak artikelnya sampai habis, ya!
    Elektronik kantor
    7.367 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dewasa ini kebutuhan mesin cutting sticker makin meningkat untuk usaha sablon baju, mencetak logo produk, dan lain sebagainya. Tak hanya untuk bisnis, kini banyak juga yang mencari mesin cutting sticker untuk hobi. Sebagai contoh, membuat stiker untuk mobil, motor, ataupun laptop.Oleh karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih mesin cutting sticker yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan produk mesin cutting sticker dari berbagai merk, seperti Jinka, Rhinotec, dan GRAPHTEC. Mesin cutting sticker yang harganya murah, berfitur auto contour, bahkan cocok untuk mencetak stiker A4 akan Anda temukan.
    Elektronik kantor
    3.698 Views
  • 10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda mungkin tidak asing lagi dengan scanner dokumen. Alat ini dibutuhkan untuk menduplikasi dokumen-dokumen Anda untuk disimpan dalam bentuk PDF atau digital file format lainnya. Ada berbagai merek scanner dokumen yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, mulai dari Plustek, Canon, hingga Epson.Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan produk scanner dokumen terbaik. Tidak hanya untuk penggunaan pribadi, tetapi ada juga yang bisa dimanfaatkan untuk berbisnis. Simak artikel ini untuk menemukan produk scanner dokumen terbaik yang cocok bagi Anda.
    Elektronik kantor
    26.352 Views
  • 10 Rekomendasi Laser Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laser Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memilih laser printer bukanlah perkara mudah karena banyaknya model yang ditawarkan. Seperti diketahui, laser printer sangat cocok untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak sehingga sering digunakan untuk keperluan kantor. Karena harganya tidak murah, sangat disayangkan jika Anda tidak mendapatkan kualitas yang terbaik.Di artikel ini kami akan membahas cara memilih laser printer untuk memudahkan Anda saat membelinya. Selain itu, kami juga menyiapkan sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Canon, Brother, dan HP. Jadikan artikel ini referensi saat Anda ingin mencari laser printer, ya!
    Elektronik kantor
    9.307 Views
  • 10 Rekomendasi Printer HP Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Printer HP Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Printer HP merupakan salah satu produk pencetak terbaik saat ini. HP atau Hewlett Packard merupakan salah satu produsen elektronik kantor yang memiliki reputasi sangat baik. Ada berbagai jenis yang mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan, mulai dari DeskJet, LaserJet, ataupun Sprocket.Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips cara memilih printer HP terbaik untuk Anda. Selain itu, kami juga akan menguraikan beberapa produk printer HP yang mungkin sesuai untuk Anda. Jadi, apabila Anda bingung untuk menentukan pilihan, ikuti artikel ini sebagai pedoman Anda! 
    Elektronik kantor
    8.048 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori