1. TOP
  2. >
  3. Peralatan kantor & alat tulis
  4. >
  5. Elektronik kantor
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Inkjet Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Inkjet Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Inkjet Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Inkjet Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Inkjet Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Inkjet Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Inkjet Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Inkjet printer adalah mesin cetak yang mampu mencetak foto dan dokumen berkualitas tinggi. Foto dan dokumen yang dicetak dengan printer ini lebih tahan lama dan kaya warna. Terdapat berbagai merk inkjet printer yang sudah terkenal dan banyak digunakan, seperti Canon, Epson, HP, dan Brother.

Masing-masing produsen memiliki berbagai jenis inkjet printer dengan berbagai jenis kertas dan tinta yang sesuai untuk digunakan. Kali ini kami akan memaparkan tentang cara memilih inkjet printer yang bagus untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi alat tersebut. Selamat membaca!
Diperbaharui 07-16-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa yang dimaksud dengan inkjet printer?

Apa yang dimaksud dengan inkjet printer?
Sumber: id.canon

Inkjet printer adalah printer yang menggunakan ink (tinta) berbentuk cair untuk mencetakPrinter ini bekerja dengan mendorong tinta keluar dari print head ke media kertas. Proses tersebut terjadi pada kecepatan tinggi dengan ribuan tetes yang terpola sesuai dengan gambar digital dari komputer. Sementara itu, printer laser menggunakan tinta berbentuk bubuk (toner) dan teknologi laser.


Untuk penggunaan skala rendah hingga menengah, inkjet printer lebih direkomendasikan. Yuk, kenali keunggulan-keunggulan inkjet printer berikut ini.


  • Mampu menghasilkan kualitas cetakan yang bagus untuk tulisan ataupun foto.
  • Mampu mencetak dokumen dengan kecepatan tinggi dalam skala kecil.
  • Harganya terjangkau dengan pilihan yang melimpah sesuai budget dan teknologi pendukungnya.
  • Memungkinkan mencetak dari berbagai sumber, seperti komputer, smartphone, atau kamera digital.

Cara memilih inkjet printer

Untuk memilih inkjet printer, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Selain dari sisi kualitasnya, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya operasionalnya.

① Tentukan jumlah warna tinta sesuai kebutuhan

Tentukan jumlah warna tinta sesuai kebutuhan

Tinta inkjet printer umumnya memiliki empat warna dasar, yaitu biru (cyan), magenta, kuning, dan hitam. Formasi warna tinta ini mampu mencetak dokumen hitam putih ataupun berwarna dengan hasil yang bagus.


Namun, jika ingin mendapatkan hasil cetak foto yang lebih bagus, pilihlah printer dengan jumlah tinta lebih dari empat. Produsen printer seperti Epson menambahkan dua warna lain yaitu biru muda (light cyan) dan magenta muda (light magenta).

② Pilih berdasarkan jenis tinta

Kebanyakan inkjet printer menggunakan tiga jenis tinta, yaitu tinta dye-based, pigment-based, atau keduanya. Pilihlah yang paling sesuai dengan Anda.

Dye-based, sesuai untuk mencetak di atas kertas foto glossy

Dye-based, sesuai untuk mencetak di atas kertas foto glossy

Tinta dye-based  merupakan tinta printer berbahan dasar air dan pewarna. Tinta jenis ini cocok untuk mencetak foto di atas kertas foto yang glossy atau mengilap. Meski waktu yang dibutuhkan untuk mengering agak lama, warna yang dihasilkan lebih hidup dan kaya


Selain kertas glossy, tinta dye-based bisa digunakan untuk kertas HVS dan PVC ID Card. Harga tinta dye-based juga cukup terjangkau dan merupakan jenis tinta yang paling umum digunakan pada inkjet printer.

Pigment-based, tahan lama dan tidak mudah luntur

Pigment-based, tahan lama dan tidak mudah luntur

Tinta jenis ini tidak meresap ke dalam serat kertas, tetapi hanya mewarnai di bagian permukaan saja. Tinta ini cocok untuk mencetak dokumen karena hasil cetaknya sangat jelas. Untuk mencetak foto, tinta jenis ini juga akan memberikan hasil cetak yang lebih tajam. Hasil cetak dengan tinta pigmen tidak mudah luntur jika terkena air dan tidak memudar saat terpapar cahaya.

③ Pilihlah jenis cartridge berdasarkan frekuensi pemakaian dan biayanya

Setidaknya ada dua jenis cartridge yang digunakan pada inkjet printer. Pemilihan cartridge akan memengaruhi besarnya biaya saat cartridge dan tinta butuh diganti. Beberapa produsen juga membuat cartridge yang kompatibel untuk beberapa tipe inkjet printer. Simak poin-poin berikut untuk mengetahui lebih jauh.

Split cartridge, praktis karena bisa diisi ulang secara terpisah

Split cartridge, praktis karena bisa diisi ulang secara terpisah

Jenis ini merupakan jenis cartridge yang terpisah satu sama lain. Jadi, jika satu jenis tinta habis, Anda dapat langsung menggantinya tanpa perlu mengganti warna lain. Ini merupakan jenis cartridge yang cocok untuk Anda yang lebih sering menggunakan satu warna tertentu saat mencetak.

Cartridge terintegrasi, lebih mudah dalam perawatannya

Cartridge terintegrasi, lebih mudah dalam perawatannya
Sumber: store.hp.com

Printer yang menggunakan sistem cartridge terintegrasi umumnya memiliki dua cartridge di dalamnya. Cartridge pertama berisi tinta hitam saja, sementara cartridge kedua berisi tiga warna tinta, yaitu cyan, yellow, dan magenta (CMY). Saat tinta habis, Anda perlu untuk mengganti cartridge beserta tintanya. Jenis ini cocok untuk Anda yang tidak terlalu sering menggunakan printer

Ink tank, lebih mudah saat isi ulang dan hemat biaya

Ink tank, lebih mudah saat isi ulang dan hemat biaya
Sumber: hp.com

Untuk Anda yang sering menggunakan printer, sebaiknya Anda menggunakan inkjet printer yang menggunakan sistem ink tank. Terdapat botol sebagai media penyimpanan tinta dan Anda bisa mengisi ulang tinta ketika menyusut atau habis. Membeli tinta akan lebih murah daripada harus membeli cartridge. Tipe ini sesuai untuk Anda yang ingin menghemat biaya operasional pencetakan.

④ Pilih metode koneksi printer

Tak hanya dengan kabel, kini Anda bisa menghubungkan printer dan gadget lain dengan koneksi nirkabel. Kira-kira, metode koneksi mana ya, yang paling efisien?

Koneksi melalui Wi-Fi, dapat dihubungkan dengan beberapa perangkat

Koneksi melalui Wi-Fi, dapat dihubungkan dengan beberapa perangkat

Jika printer bisa dihubungkan ke Wi-Fi, Anda dapat mencetak langsung dari laptop atau smartphone tanpa membutuhkan kabel. Anda cukup memastikan bahwa printer telah terkoneksi ke jaringan Wi-Fi, serta tersedia kertas dan tinta untuk mencetak. Dengan begitu, Anda bisa mencetak dokumen atau foto jarak jauh, bahkan dari ruangan berbeda.

Koneksi melalui AirPrint atau Bluetooth, dapat menghubungkan langsung ke smartphone

Koneksi melalui AirPrint atau Bluetooth, dapat menghubungkan langsung ke smartphone

Jika Anda sering mencetak melalui smartphone atau tablet, sebaiknya gunakan printer yang memiliki fitur Bluetooth atau AirPrint. Anda dapat mengirim data melalui smartphone dan bisa langsung mencetak foto atau dokumen dengan praktis. Untuk pengguna iPhone atau iPad yang ingin menikmati fitur ini, pilihlah printer yang mendukung koneksi melalui AirPrint.

⑤ Pilih berdasarkan ukuran resolusi

Pilih berdasarkan ukuran resolusi

Pilihlah inkjet printer yang memiliki resolusi tinggi jika Anda ingin memperbesar dan mencetak foto dengan kualitas tinggi. Resolusi dalam printer menentukan jumlah maksimum titik warna dalam 1 inci. Resolusi yang tinggi menunjukkan seberapa jelas dan halusnya hasil cetakan.


Apabila hendak mencetak gambar yang diperbesar atau dengan detail gambar yang tajam, pilih printer dengan resolusi minimal 600 dpi. Sebaiknya, gunakan tinta pigment-based untuk mencetak foto dengan kualitas tinggi.

⑥ Pilih kecepatan mencetak yang diinginkan

Pilih kecepatan mencetak yang diinginkan
Jika Anda sering mencetak dalam jumlah banyak, pertimbangkan printer dengan kecepatan yang tinggi. Saat ini, mayoritas printer menggunakan satuan IPM untuk menyatakan kecepatannya. IPM menunjukkan jumlah halaman yang dihasilkan dalam 1 menit dengan acuan standar ISO/IEC 24734. Meskipun begitu, ada juga pabrikan yang menyatakan kecepatannya dalam satuan detik.

⑦ Untuk mencetak dengan ukuran besar, pilih yang mendukung kertas A3

Untuk mencetak dengan ukuran besar, pilih yang mendukung kertas A3

Pastikan Anda memilih printer yang bisa mencetak dengan kertas A3 atau B4 jika ingin mencetak dengan ukuran kertas besar. Biasanya, printer yang mendukung ukuran kertas besar juga berfungsi sebagai mesin faksimile, fotokopi, atau scanner. Dengan membeli printer multifungsi ini, Anda bisa lebih menghemat tempat dan biaya. Printer jenis ini sangat cocok digunakan di kantor karena kepraktisannya.

10 Rekomendasi inkjet printer terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk inkjet printer terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Epson

EcoTank A4 All-in-One Ink Tank Printer

Epson EcoTank A4 All-in-One Ink Tank Printer 1枚目

Mampu mencetak foto tanpa bingkai hingga ukuran 4R

2

Epson

EcoTank A4 Ink Tank Printer

Epson EcoTank A4 Ink Tank Printer 1枚目

Hemat daya berkat Heat-Free Technology

3

HP

DeskJet Ink Advantage 2776

HP DeskJet Ink Advantage 2776 1枚目

Ukurannya compact dengan koneksi nirkabel yang lengkap

4

Canon

PIXMA

Canon PIXMA  1枚目

Bisa otomatis mencetak dengan fitur auto power on

5

HP

Ink Tank 319

HP  Ink Tank 319 1枚目

Irit, mampu mencetak warna hingga 8.000 halaman!

6

Brother

Printer Inkjet Multi-function + WiFi Printer

Brother  Printer  Inkjet Multi-function + WiFi Printer 1枚目

Dilengkapi tray kertas berdaya tampung besar

7

Epson

Wi-Fi Photo Ink Tank Printer/Printer 6 warna

Epson Wi-Fi Photo Ink Tank Printer/Printer 6 warna 1枚目

Hasil cetak warna yang kaya dan tajam berkat 6 tinta warna

8

HP

Ink Tank 115

HP Ink Tank 115 1枚目

Printer untuk kebutuhan pencetakan mendasar

9

Brother

Inkjet Wireless Print Multifunction ADF Duplex Printer

Brother Inkjet Wireless Print Multifunction ADF Duplex Printer  1枚目

Fiturnya lengkap dan canggih, bisa mencetak dua sisi

10

Canon

PIXMA

Canon PIXMA  1枚目

Bisa untuk scan atau fotokopi dokumen kertas ukuran F4

Perincian produk
Close
No.1

EpsonEcoTank A4 All-in-One Ink Tank Printer L3210

Mulai dari Rp2.199.000,00

Mampu mencetak foto tanpa bingkai hingga ukuran 4R

Kelebihan:

  • Ink tank dengan sistem anti tumpah saat dipindahkan.
  • Bisa untuk kertas dengan berat 260 gsm.
  • Durabilitas tinggi untuk mencetak terus menerus.

Kekurangan:

  • Tidak ada koneksi wireless.
  • Body terasa kurang kokoh. 

Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang mencari printer dengan kemampuan mencetak foto borderless hingga ukuran 4R. Epson L3210 mampu menghasilkan foto yang tajam berkat resolusi maksimal 5760 dpi x 1440 dpi. Printer ini merupakan solusi bagi kebutuhan mencetak Anda mulai dari dokumen standar hingga foto berkualitas tinggi. Dengan harga 2 jutaan, Anda sudah bisa membawa pulang printer all-in-one berkualitas ini.

No.2

EpsonEcoTank A4 Ink Tank PrinterL121

Mulai dari Rp1.520.000,00

Hemat daya berkat Heat-Free Technology

Kelebihan:

  • Mudah dalam isi ulang tinta.
  • Konsumsi tinta yang irit.

Kekurangan:

  • Tidak bisa untuk scan dan fotokopi.
  • Tidak mendukung cetak mode borderless.

Printer Epson L121 dibekali dengan teknologi hemat daya pada sistem head print-nya. Epson menggunakan Heat-Free Technology yang berarti tidak menggunakan tenaga panas saat proses mengeluarkan tinta.  Alhasil, konsumsi daya dapat lebih ditekan karena tidak adanya mekanisme panas pada saat mencetak. Dengan teknologi Heat-Free ditambah sistem ink tank, produk ini bisa menjadi pilihan printer hemat Anda.

No.3

HPDeskJet Ink Advantage 27767HZ99B

Mulai dari Rp990.000,00

Ukurannya compact dengan koneksi nirkabel yang lengkap

Kelebihan:

  • Printer all-in-one dengan harga terjangkau.
  • Hemat tinta dan harga cartridge yang terjangkau.

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi sistem ink tank.


Apabila Anda mencari inkjet printer multifungsi berukuran compact dan fitur nirkabelnya lengkap, pilihlah produk ini. Ketiadaan tangki tinta membuat dimensi printer ini menjadi ringkas tanpa mengurangi fungsinya untuk print, scan, dan copy. Adanya Wi-Fi dan Bluetooth akan membuat Anda leluasa mencetak jarak jauh dari smartphone ataupun laptop. Semua keunggulan printer ini bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau.

No.4

Bisa otomatis mencetak dengan fitur auto power on

Kelebihan:

  • Printer all-in-one dengan harga terjangkau.
  • Body ramping, mudah ditempatkan di ruangan sempit.

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi sistem ink tank.
  • Tidak direkomendasikan untuk mencetak nonstop.

Terkadang Anda lupa menyalakan printer saat sudah mengirim perintah print di komputer. Hal ini membuat dokumen gagal tercetak dan harus menunggu beberapa saat untuk mengulangi kembali. Canon PIXMA MG2570S memiliki fitur bernama auto power on yang akan menyala otomatis saat diberi perintah mencetak. Jadi, Anda bisa langsung mencetak dokumen meski belum menyalakan printer secara manual.

No.5

HP Ink Tank 319Z6Z13A

Mulai dari Rp1.760.000,00

Irit, mampu mencetak warna hingga 8.000 halaman!

Kelebihan:

  • Isi ulang tintanya mudah.
  • Konsumsi tinta yang irit.

Kekurangan:

  • Tidak ada fitur wireless printing.

Anda mencari printer yang bisa mencetak dokumen warna dalam jumlah banyak dan hemat tinta? Cobalah produk satu ini. Dalam sekali pengisian, botol tinta warna lengkap akan mampu mencetak dokumen berwarna hingga 8.000 lembar. Untuk warna hitam, satu botolnya dapat mencetak dokumen hitam putih hingga 6.000 lembar. Hasil cetakan pada dokumen juga mampu bertahan hingga 22 kali lebih lama. 

No.6

Brother Printer Inkjet Multi-function + WiFi PrinterDCP-T420W

Mulai dari Rp2.590.000,00

Dilengkapi tray kertas berdaya tampung besar

Kelebihan:

  • Bisa mencetak foto borderless berkualitas bagus.
  • Kecepatan cetak warna cukup tinggi.

Kekurangan:

  • Bobotnya mencapai 6,4 kg.
  • Kurang cocok untuk yang sering gonta-ganti jenis dan ukuran kertas.

Brother DCP-T420W memiliki tray kertas yang dapat menampung hingga 150 lembar. Anda dapat leluasa mengatur tray-nya sesuai dengan ukuran berbagai kertas. Terdapat pula single-slot manual sebagai alternatif memasukkan ukuran kertas yang berbeda. Daya tampung kertas yang besar dan beragam tentunya sangat cocok untuk Anda yang aktif menggunakan printer. Produk ini cocok dipakai di kampus, perkantoran, ataupun cetak brosur dan foto.

No.7

EpsonWi-Fi Photo Ink Tank Printer/Printer 6 warnaL805

Mulai dari Rp3.950.000,00

Hasil cetak warna yang kaya dan tajam berkat 6 tinta warna

Kelebihan:

  • Bisa mencetak dari perintah email.
  • Cocok untuk mencetak foto dan label CD/DVD

Kekurangan:

  • Beratnya mencapai 6 kg.
  • Harga tinta yang mahal karena memiliki enam warna.
  • Tidak bisa mencetak bolak-balik (duplex)

Umumnya, printer inkjet memiliki empat warna tinta yang berbeda. Namun, Epson L805 memiliki enam warna tinta sekaligusyang  membuat hasil cetakan foto makin tajam. Ditambah lagi, resolusi maksimalnya yang mencapai 5.760 dpi mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi. Ingin mencetak foto sendiri di rumah? Produk ini bisa Anda pertimbangkan.

No.8

HPInk Tank 1152LB19A

Mulai dari Rp1.595.000,00

Printer untuk kebutuhan pencetakan mendasar

Kelebihan:
  • Sistem ink tank yang memudahkan pengisian tinta.
  • Mampu mencetak 8.000 halaman berwarna per satu set pengisian tinta.

Kekurangan:

  • Tidak bisa untuk scan dan fotokopi.
  • Cukup mahal untuk kelas inkjet printer standar.

HP Ink Tank 115 merupakan inkjet printer yang unggul dalam menghadirkan printer untuk kebutuhan standar dan mendasar. Produk ini mampu melakukan fungsi utama printer yaitu mencetak dokumen hitam putih dan berwarna. Proses pencetakannya pun cukup cepat dengan konsumsi tinta yang hemat karena memakai sistem ink tank. Dilihat dari spesifikasinya, printer ini cocok dipakai untuk kalangan pelajar, mahasiswa, hingga usaha jasa print. 

No.9

BrotherInkjet Wireless Print Multifunction ADF Duplex Printer DCP-T720DW

Mulai dari Rp4.090.000,00

Fiturnya lengkap dan canggih, bisa mencetak dua sisi

Kelebihan:

  • Mampu menampung hingga 150 lembar kertas dengan berbagai ukuran.
  • Mendukung 20 lembar Auto Document Feeder (ADF).

Kekurangan:

  • Hanya bisa mencetak 5.000 halaman berwarna per pengisian tinta.

Brother menghadirkan inkjet printer multifungsi dengan kemampuan mencetak dua sisi atau disebut duplex. Jadi, Anda tidak perlu memutar kertas secara manual agar kedua sisinya bisa tercetak. Kecepatan mencetak printer ini juga cukup tinggi, menambah efisiensi penggunaan. Selain itu, printer ini juga bisa melakukan scan dan copy dokumen dari kertas ukuran F4!

No.10

Bisa untuk scan atau fotokopi dokumen kertas ukuran F4

Kelebihan:

  • Mendukung koneksi nirkabel AirPrint dan Mopria.
  • Mampu mencetak hingga 1.500 lembar per bulan.

Kekurangan:

  • Tidak bisa untuk scan dokumen yang dilaminasi.
  • Belum mendukung pencetakan bolak-balik (duplex).

Ukuran F4 diketahui umum dipakai untuk sejumlah dokumen penting, seperti kartu keluarga, ijazah, dan transkrip nilai. Bagi Anda yang mencari printer berkemampuan scan dan copy kertas ukuran F4 atau legal, pertimbangkan produk ini. Koneksi nirkabelnya pun cukup lengkap, seperti Wi-Fi, Mopria, dan AirPrint. Scan dan copy banyak dokumen sekaligus? Printer ini mampu menangani berkat fitur Auto Document Feeder (ADF).

Baca juga rekomendasi printer lainnya di sini

Selain inkjet printer, terdapat juga beberapa jenis printer yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami telah mengulas beberapa artikel mengenai jenis printer lain yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai referensi. Selain itu, kami juga telah membahas mengenai tinta printer terbaik untuk Anda. Klik tautan di bawah ini untuk membaca lebih lanjut, ya!

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan kami, apakah Anda sudah menemukan inkjet printer yang sesuai? Kami harap beberapa tips cara memilih inkjet printer di atas bisa membantu Anda. Setiap produk tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan mencetak Anda. Jika Anda menyesuaikan dengan preferensi Anda, Anda akan mendapatkan printer terbaik untuk Anda pakai. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer