• 10 Rekomendasi Catokan Rambut yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Catokan Rambut yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Catokan Rambut yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Catokan Rambut yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Catokan Rambut yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Catokan Rambut yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)

Alat catok merupakan perangkat penting untuk mendapatkan gaya rambut yang tahan lama. Selain untuk meluruskan rambut, ada juga jenis catokan yang dapat digunakan sebagai hair curler. Saat ini ada banyak merek catokan di pasaran, mulai dari Remington, Glampalm, hingga LivChic. Keunggulan setiap produk pun berbeda-beda, ada yang mengandung negative ion, memiliki pengaturan suhu, dan lainnya.


Dengan banyaknya pilihan, manakah catokan yang bagus untuk Anda? Kami akan memberikan sepuluh rekomendasi catokan yang tidak merusak rambut beserta review singkatnya. Langkah-langkah untuk memilih produk yang bagus pun akan kami jelaskan. Yuk, simak bersama!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih catokan rambut

Anda tentu mengetahui bahwa penggunaan alat hair styling dapat merusak rambut. Untungnya, sekarang ini banyak produsen alat hair styling berinovasi dalam menciptakan catokan yang aman bagi rambut. Ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan saat akan membeli catokan yang tidak merusak rambut. Penasaran? Mari perhatikan dengan saksama!

Sesuaikan ukuran pelat dengan kondisi rambut

Sesuaikan ukuran pelat dengan kondisi rambut

Karena ukuran pelat dari catokan rambut bervariasi, silakan pilih yang sesuai dengan kondisi rambut Anda. Ukuran pelat dapat memengaruhi kecepatan proses mencatok dan keterjangkauan beberapa bagian rambut.

  • Jika Anda memiliki rambut panjang atau tebal, pilihlah catokan rambut dengan pelat yang lebar. Mencatok helaian rambut yang tebal atau panjang biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama. Dengan catokan berpelat lebar, Anda dapat mencatok rambut lebih cepat.
  • Pelat dengan ukuran kecil biasanya lebih direkomendasikan untuk pemilik rambut pendek atau rambut dengan helaian halus. Catokan dengan pelat kecil dapat menjangkau rambut pendek dengan lebih mudah. Ukuran pelat yang kecil cocok digunakan oleh pemilik rambut dengan panjang sepundak atau lebih sedikit.

Pilih berdasarkan gaya rambut yang diinginkan

Secara umum, hair iron dibagi menjadi dua tipe, yakni curling iron (pengeriting) danstraightening iron (pelurus). Anda bisa memilih tipe yang paling sesuai dengan gaya rambut dan hasil yang diinginkan.

Straightening iron: Untuk style rambut lurus yang memukau

Straightening iron: Untuk style rambut lurus yang memukau

Catokan pelurus rambut berfungsi untuk menghilangkan gelombang rambut sehingga akan membuat rambut menjadi lurus. Produk ini bekerja dengan mengapit rambut di antara dua pelat panas, lalu menariknya sampai gelombang rambut hilang. Selain dapat menghilangkan gelombang rambut, straightening iron bisa juga digunakan untuk mengeriting rambut secara sederhana. Jadi, Anda bisa menghasilkan dua gaya rambut dengan satu produk.

Curling iron: Untuk tampilan rambut keriting atau bergelombang

Curling iron: Untuk tampilan rambut keriting atau bergelombang

Catokan pengeriting rambut atau hair curler dapat menghasilkan rambut keriting dengan melilitkan rambut ke barrel (pipa panas). Hair curler berfungsi untuk memperjelas bentuk rambut keriting dan mempertahankan volumenya. Sama seperti straightening iron, ukuran diameter barrel hair curler pun beragam. Anda bisa memilih ukurannya berdasarkan panjang rambut serta besarnya bentuk gelombang yang diinginkan. 


Diameter barrel catokan curly yang kecil biasanya cocok untuk pemilik rambut pendek. Anda yang menginginkan bentuk ikal yang padat juga dapat memilih diameter yang kecil. Untuk pemilik rambut panjang, catokan curly dengan barrel berdiameter besar lebih pas digunakan. Curling iron berdiameter besar juga cocok untuk Anda yang menginginkan gaya rambut lebih loose.


Jika Anda pemula dalam hal mengeriting rambut, disarankan untuk memilih curling iron dengan diameter barrel 32 mm. Ukuran tersebut lebih mudah digunakan dan dapat menghasilkan gelombang dengan ukuran yang pas.

Usahakan untuk memilih produk yang bersuhu rendah

Usahakan untuk memilih produk yang bersuhu rendah
Suhu hair iron yang disarankan untuk penggunaan sehari-hari adalah 180℃. Pada dasarnya, makin rendah suhu hair iron, makin kecil pula efek kerusakannya pada rambut. Hanya saja, Anda akan makin sulit mendapatkan bentuk yang diinginkan karena suhunya yang rendah. Sebaliknya, suhu yang tinggi akan membantu Anda dalam membentuk rambut, tetapi rambut menjadi lebih mudah rusak.

Di pasaran terdapat hair iron dengan pengaturan suhu hingga 200℃ atau lebih. Namun, produk tersebut lebih disarankan untuk Anda yang memiliki rambut yang sulit dibentuk dengan suhu 180℃. Perlu diingat, suhu yang tinggi tidak menentukan kualitas produk. Jadi, pilihlah sesuai dengan prioritas Anda. Apakah Anda ingin yang mudah membentuk rambut atau justru lebih concern dengan efek kerusakannya pada rambut?


Lama penggunaan yang dibutuhkan hair iron untuk membentuk rambut akan tergantung pada jenis dan kualitas rambut Anda. Cobalah langsung pada rambut Anda sendiri untuk menentukan berapa detik waktu yang diperlukan. Namun, tetap berhati-hati, ya. Penggunaan yang terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan rambut seperti rambut bercabang dan mudah kusut.

Tentukan bahan pelat

Tentukan bahan pelat

Bahan pelat catokan rambut pada umumnya terbuat dari keramik atau titanium. Mari kenali karakteristik kedua bahan pelat tersebut!


  • Bahan pelat keramik

Catokan rambut dengan bahan pelat keramik biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau. Selain itu, bahan keramik tidak mudah panas sehingga cocok untuk banyak jenis rambut. 


  • Bahan pelat titanium

Adapun bahan pelat titanium memiliki panas yang lebih tinggi. Oleh karena itu, bahan pelat titanium akan cocok untuk pemilik rambut keriting atau rambut yang susah diatur. Di samping itu, bahan pelat titanium juga dapat memberikan hasil yang lebih mengilap.

Cari teknologi spesialnya

Cari teknologi spesialnya

Terdapat teknologi spesial pada alat catok yang dapat membuat catokan bekerja lebih maksimal. Teknologi ini umumnya berkaitan langsung dengan pelat catokan. Berikut teknologi spesial yang dapat Anda perhatikan:

  • Ion, untuk hasil rambut yang halus: Beberapa catokan rambut memiliki teknologi pemancar ion negatif. Ion negatif dapat menutup kutikula rambut sehingga rambut lebih terhidrasi dan tampak berkilau. Teknologi ini juga dapat membuat rambut Anda lebih terlindungi dari kerusakan.
  • Infra-red, bebas dari rambut kering: Infra-red berfungsi untuk menggetarkan kelembapan pada permukaan rambut dan memecahnya menjadi molekul yang lebih halus. Oleh karena itu, teknologi ini dapat melindungi rambut Anda dari kekeringan.
  • Catokan untuk rambut basah, mengefektifkan waktu: Pada umumnya, catokan rambut hanya dapat digunakan pada rambut yang kering. Namun, ada juga catokan yang dapat digunakan saat rambut basah, loh! Catokan jenis ini dapat membantu Anda meringkas waktu pengeringan rambut dan styling.

10 Rekomendasi catokan rambut terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk catokan rambut terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
HAN RIVER  Catokan Rambut 1

HAN RIVER

2
Remington Ceramic Straight 1

Remington

3
NVMEE Libra Hair Styler 1

NVMEE

4
Philips StraightCare Essential Pelurus rambut ThermoProtect 1

Philips

5
LivChic Catokan Rambut 1

LivChic

6
Glampalm Vibrato 1" 1

Glampalm

7
Tescom Ionic Hair Iron 1

Tescom

8
Lumi Straightener 1,5 Inch 1

Lumi

9
Dyson  Corrale Hair Straightener 1

Dyson

10
ghd PLATINUM+ HAIR STRAIGHTENER IN BLACK 1

ghd

Nama produk

Catokan Rambut

Ceramic Straight

Libra Hair Styler

StraightCare Essential Pelurus rambut ThermoProtect

Catokan Rambut

Vibrato 1"

Ionic Hair Iron

Straightener 1,5 Inch

Corrale Hair Straightener

PLATINUM+ HAIR STRAIGHTENER IN BLACK

Keunggulan

Pilihan catokan rambut minimalis dan ekonomis

Floating plates-nya cegah rambut Anda terselip!

Pilihan alat catok keriting yang bagus dan simpel

Ekstra perawatan keratin dalam alat styling

Ucapkan selamat tinggal pada rambut kering!

Bantu penyerapan hair treatment ke lapisan terdalam

Lebih hemat waktu dengan catokan untuk rambut basah

Perlindungan lebih dengan catokan yang mengandung ion

Dapat digunakan menggunakan kabel dan tanpa kabel

Rambut terbentuk dengan sempurna dan lebih sehat

Harga mulai dariRp 159.000,00Rp 799.000,00Rp 335.000,00Rp 629.900,00Rp 399.000,00Rp 2.999.000,00Rp 1.439.000,00Rp 513.500,00Rp 8.599.000,00Rp 3.948.000,00
JenisPelurus (straightening iron)Pelurus (straightening iron)Curling ironPelurus (straightening iron)Pelurus (straightening iron)Pelurus (straightening iron)Pelurus (straightening iron)Pelurus (straightening iron)Pelurus (straightening iron)Pelurus (straightening iron)
Bahan pelatKeramikCeramicABS + keramikKeramik keratinKeramik aluminiumCeramic ionicArgan Rich CoatingTitanium tourmalinePaduan tembaga dan manganAluminium dengan pelapis ultra gloss dan keramik
UkuranBody: 240 mm x 320 mm X 70 mm Pelat: 85 mm x 30 mmPanjang pelat: 110 mmBody: 45 mm x 345 mmPelat: 28 mm X 100mmBody: 273 mm × 42,5 mm × 40 mm・ Pelat: 38 mm × 100 mmBody: 28,5 mm × 273,5 mm × 38 mm・ Pelat : 93 mm × 25,4 mm Body: 365 mm × 540 mm × 285 mmPelat: 110 mmBody: 45 mm x 29 mm x 41 mmBody: 280 mm × 41,4 mm × 44,5 mm
Pengaturan suhu140℃ - 230℃ 150℃- 230℃Tidak disebutkan160℃-230℃130℃-230℃110℃–200℃90℃–190℃140℃–220℃165℃, 185℃, 210℃185℃
Fitur lainnyaCepat panasMati otomatis, terdapat pouch antipanas, pelat dapat dikunciBerputar otomatis, cepat panasMati otomatis, pelat dengan keratinCepat panas, kabel 360°, automatic turn-off, nutrisi rambut (keratin, minyak argan, minyak mongong, tourmaline)Vibrate, teton film, kabel 360°Dapat digunakan saat rambut basah, fitur mati otomatis, pelat dapat dikunci, memory functionKabel fleksibel, fitur mati otomatis, pelat dapat dikunciDisplay informasi digital, fitur mati otomatis, pouch antipanas, pelat dapat dikunciAutomatic sleep mode, heat resistant protective plate guard
Berat250 g1.000 g500 g2.000 g320 g232 g390 g1.000 g561 gTidak disebutkan
Tautan produk
10

ghdPLATINUM+ HAIR STRAIGHTENER IN BLACK

Mulai dari Rp 3.948.000,00

JenisPelurus (straightening iron)
Bahan pelatAluminium dengan pelapis ultra gloss dan keramik
UkuranBody: 280 mm × 41,4 mm × 44,5 mm
Pengaturan suhu185℃
Fitur lainnyaAutomatic sleep mode, heat resistant protective plate guard
BeratTidak disebutkan
9

Dyson Corrale Hair Straightener

Mulai dari Rp 8.599.000,00

JenisPelurus (straightening iron)
Bahan pelatPaduan tembaga dan mangan
UkuranBody: 45 mm x 29 mm x 41 mm
Pengaturan suhu165℃, 185℃, 210℃
Fitur lainnyaDisplay informasi digital, fitur mati otomatis, pouch antipanas, pelat dapat dikunci
Berat561 g
8
JenisPelurus (straightening iron)
Bahan pelatTitanium tourmaline
UkuranPelat: 110 mm
Pengaturan suhu140℃–220℃
Fitur lainnyaKabel fleksibel, fitur mati otomatis, pelat dapat dikunci
Berat1.000 g
7
JenisPelurus (straightening iron)
Bahan pelatArgan Rich Coating
UkuranBody: 365 mm × 540 mm × 285 mm
Pengaturan suhu90℃–190℃
Fitur lainnyaDapat digunakan saat rambut basah, fitur mati otomatis, pelat dapat dikunci, memory function
Berat390 g
6
JenisPelurus (straightening iron)
Bahan pelatCeramic ionic
UkuranBody: 28,5 mm × 273,5 mm × 38 mm・ Pelat : 93 mm × 25,4 mm
Pengaturan suhu110℃–200℃
Fitur lainnyaVibrate, teton film, kabel 360°
Berat232 g
5
JenisPelurus (straightening iron)
Bahan pelatKeramik aluminium
UkuranBody: 273 mm × 42,5 mm × 40 mm・ Pelat: 38 mm × 100 mm
Pengaturan suhu130℃-230℃
Fitur lainnyaCepat panas, kabel 360°, automatic turn-off, nutrisi rambut (keratin, minyak argan, minyak mongong, tourmaline)
Berat320 g
4

PhilipsStraightCare Essential Pelurus rambut ThermoProtect

BHS376/00

Mulai dari Rp 629.900,00

JenisPelurus (straightening iron)
Bahan pelatKeramik keratin
UkuranPelat: 28 mm X 100mm
Pengaturan suhu160℃-230℃
Fitur lainnyaMati otomatis, pelat dengan keratin
Berat2.000 g
3
JenisCurling iron
Bahan pelatABS + keramik
UkuranBody: 45 mm x 345 mm
Pengaturan suhuTidak disebutkan
Fitur lainnyaBerputar otomatis, cepat panas
Berat500 g
2
JenisPelurus (straightening iron)
Bahan pelatCeramic
UkuranPanjang pelat: 110 mm
Pengaturan suhu150℃- 230℃
Fitur lainnyaMati otomatis, terdapat pouch antipanas, pelat dapat dikunci
Berat1.000 g
1

HAN RIVER Catokan Rambut

HRJFB03BK

Mulai dari Rp 159.000,00

JenisPelurus (straightening iron)
Bahan pelatKeramik
UkuranBody: 240 mm x 320 mm X 70 mm Pelat: 85 mm x 30 mm
Pengaturan suhu140℃ - 230℃
Fitur lainnyaCepat panas
Berat250 g

Pertanyaan umum seputar mencatok rambut

Pertanyaan umum seputar mencatok rambut

Selain rekomendasi catokan, mungkin Anda membutuhkan beberapa informasi tambahan mengenai mencatok rambut. Berikut adalah pertanyaan yang banyak ditanyakan terkait mencatok rambut. Langsung simak, yuk!

Apa yang harus dipakai sebelum mencatok rambut?

Untuk melindungi rambut dari kerusakan, gunakanlah heat protectant sebelum menggunakan catokan rambut. Anda bisa menyemprotkan dan meratakannya menggunakan tangan. Jika Anda tidak memiliki heat protectant, Anda dapat menggantinya dengan hair treatment seperti vitamin atau hair oil.

Baca juga produk perawatan rambut lainnya di sini

Untuk meminimalkan efek kerusakan rambut akibat penggunaan catokan, Anda bisa menggunakan hair treatment ataupun hair oil. Selain itu, ada juga produk hair styling yang tidak hanya dapat mempercantik, tetapi juga memberikan perlindungan terhadap rambut. Jika Anda ingin rambut terbentuk dengan cantik dan tetap terlindungi, cek rekomendasi produknya di artikel berikut ini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang artikel catokan rambut ini? Supaya rambut terhindar dari kerusakan saat melakukan styling, penting untuk memilih catokan yang tidak merusak rambut. Penggunaan straightening iron atau curling iron yang tepat juga dapat membuat tatanan rambut bertahan lebih lama. Dengan begitu, Anda tidak perlu berulang kali menata rambut.

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda bisa memilih alat catok yang tepat untuk rambut Anda. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Hair Dryer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hair Dryer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Hair dryer adalah salah satu item wajib untuk Anda yang suka melakukan styling rambut. Saat ini ada banyak pilihan hair dryer yang bagus dengan fitur perawatan rambut yang inovatif. Anda bisa memilih hair dryer yang dilengkapi pengaturan aliran udara, suhu, dan lainnya. Berbagai merek hair dryer yang bagus pun bisa dengan mudah Anda temukan, seperti Panasonic, Sharp, Dyson, dan Remington.Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih hair dryer untuk Anda. Kami juga akan membagikan dan me-review rekomendasi hair dryer terbaik. Baca artikel ini hingga selesai, ya.
    Styling rambut
  • 10 Rekomendasi Pomade Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pomade Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Penampilan kerap kali sangat diperhitungkan pria yang ingin tampil lebih percaya diri. Bukan saja dari pakaian yang dikenakan, melainkan juga pada gaya rambut. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan pomade untuk menata rambutnya agar lebih rapi dan percaya diri.Ada banyak pomade yang bagus yang beredar di pasaran, seperti Gatsby, Murray’s, dan Wak Doyok. Meskipun begitu, ternyata tidak semua merek dan jenis pomade cocok untuk rambut Anda. Agar Anda tidak salah pilih, kami akan memberikan tips memilih dan membagikan rekomendasi pomade rambut terbaik di sini. Simak, ya!
    Styling rambut
  • 10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Catok Pelurus Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mempunyai rambut lurus tentunya menjadi idaman banyak wanita. Untuk itu, catok pelurus rambut atau hair straightener, diperlukan agar rambut dapat tergerai lurus, rapi, dan bagus. Banyak produsen menawarkan merek catokan rambut yang bagus, seperti Philips, Glampalm, atau BaByliss. Namun, Anda akan menemukan perbedaan fitur di tiap produknya. Ditambah lagi, hair straightener juga memiliki varian ukuran normal dan mini. Nah, berikut ini akan kami bahas cara memilih catok pelurus rambut beserta sepuluh produk rekomendasinya. Mari simak artikel berikut ini dan temukan merek catok pelurus rambut terbaik untuk Anda. Selamat membaca!
    Styling rambut
  • 10 Rekomendasi Gel Rambut Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gel Rambut Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, ada begitu banyak produk gel rambut pria yang beredar di pasaran. Anda akan menemukan produk yang mampu mempertahankan gaya rambut lebih awet, melindungi dari hawa panas, bahkan gel khusus untuk rambut tipis. Manakah yang terbaik untuk Anda?Tak perlu bingung lagi! Kami akan membahas tips memilih gel rambut yang bagus untuk pria sekaligus memberikan daftar rekomendasi produk terbaiknya. Gel rambut keluaran berbagai merek, seperti Gatsby, L’Oreal, Makarizo, dan sebagainya juga kami hadirkan di sini. Selamat membaca dan pilihlah produk yang paling Anda sukai!
    Styling rambut
  • 10 Rekomendasi Produk Bleaching Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Bleaching Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika ingin mewarnai rambut, Anda bisa menggunakan produk bleaching rambut yang mudah ditemukan di berbagai online shop. Produk bleaching rambut keluaran Miranda, Matrix, L’Oreal, Wella, dan sebagainya berbeda tingkat kecerahan satu sama lain. Anda pun akan menemukan produk berbentuk bubuk atau krim yang bisa Anda pilih sesuai preferensi.Kali ini, kami akan memberikan tips dalam memilih produk bleaching rambut serta mengenalkan sepuluh rekomendasi produk terbaik. Silakan gunakan penjelasan kami sebagai acuan untuk memilih produk yang paling tepat dan ubah tampilan sesuai keinginan Anda!
    Styling rambut
  • 10 Rekomendasi Sisir Catok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sisir Catok Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sisir catok bermanfaat untuk membentuk poni dan ujung rambut sambil mengeringkannya. Produk ini juga dikenal sebagai catokan sisir atau sisir pelurus rambut. Dengan sisir catok, Anda dapat menghasilkan berbagai tatanan rambut secara cepat setiap hari. Saat ini, ada banyak produsen elektronik terkemuka, seperti Philips, Elona, dan Panasonic, ikut memproduksi sisir catok rambut. Dengan beragamnya fitur dan bentuk, merek manakah yang sebaiknya Anda pilih? Untuk memudahkan Anda, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sisir catok yang bagus. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. 
    Styling rambut
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori