• 10 Rekomendasi Hair Iron/Alat Catok Terbaik yang Tidak Merusak Rambut  (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Hair Iron/Alat Catok Terbaik yang Tidak Merusak Rambut  (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Hair Iron/Alat Catok Terbaik yang Tidak Merusak Rambut  (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Hair Iron/Alat Catok Terbaik yang Tidak Merusak Rambut  (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Hair Iron/Alat Catok Terbaik yang Tidak Merusak Rambut  (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Hair Iron/Alat Catok Terbaik yang Tidak Merusak Rambut (Terbaru Tahun 2020)

Hair iron, atau catok rambut, merupakan perangkat yang sangat penting saat melakukan hair styling. Dengan alat ini, Anda bisa meluruskan maupun membuat rambut menjadi keriting. Ada begitu banyak macam hair iron, mulai dari model yang dilengkapi brush, portabel, harganya terjangkau, sampai yang dapat digunakan di luar negeri.

Untuk itu, kali ini kami akan mengulas mengenai produk hair iron terbaik yang tidak merusak rambut. Beberapa di antaranya adalah produk keluaran brand ternama, seperti Philips, Panasonic, dan Tescom. Silakan baca ulasan lengkapnya berikut ini!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 8.967 Views
Daftar isi

Cara memilih hair iron

Berikut ini akan kami jelaskan cara memilih hair iron yang baik berdasarkan suhu, ukuran, dan jenis pelatnya.

Pilihlah berdasarkan hasil yang diinginkan

Pilihlah berdasarkan hasil yang diinginkan
Secara umum, hair iron dibagi menjadi dua tipe, yakni tipe pengeriting (curling iron) dan tipe pelurus (straightening iron). Tipe pelurus berfungsi untuk membuat rambut menjadi lurus dan halus. Sementara itu, tipe pengeriting digunakan untuk memberikan hasil ikal pada rambut agar penampilan Anda terlihat lebih glamor.
Selain itu, ada juga tipe 2 in 1 yang merupakan kombinasi dari tipe pengeriting dan pelurus dalam satu produk. Lalu, jika Anda ingin hair iron yang praktis tanpa ribet dengan kabel, Anda bisa memilih tipe nirkabel (cordless). Tipe ini mudah dibawa dan bisa digunakan di mana saja tanpa harus ada soket listrik.
Sayangnya, tipe 2 in 1 tidak bisa bekerja semaksimal tipe pelurus ketika dipakai untuk meluruskan rambut. Untuk mengeriting rambut pun ada kemungkinan bentuk keriting yang dihasilkan akan cepat hilang. Jadi, disarankan untuk memilih tipe khusus pengeriting atau pelurus jika Anda menginginkan hasil maksimal.

Sesuaikan ukuran dengan panjang rambut dan bentuk yang diinginkan

Pada saat membuat gaya rambut keriting, barrel berdiameter 19–38 mm adalah yang umum digunakan. Namun, tidak semua jenis rambut cocok menggunakan diameter tersebut. Berikut ini hal-hal yang harus Anda perhatikan.

Sesuaikan diameter barrel dengan panjang rambut dan gaya yang diinginkan

Sesuaikan diameter barrel dengan panjang rambut dan gaya yang diinginkan
Menyesuaikan ukuran diameter hair iron dengan gaya rambut yang diinginkan akan memberikan hasil yang memuaskan. Untuk membuat model rambut dengan bentuk ikal yang sedikit longgar, gunakan hair iron dengan barrel berdiameter 32 mm. Namun, jika ingin model rambut yang benar-benar keriting, pilihlah diameter 26 mm. Lalu, diameter 19–26 mm bisa Anda gunakan untuk membuat gaya rambut lainnya.
Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan diameter hair iron dengan panjang rambut Anda. Jika rambut Anda pendek, pilihlah hair iron dengan diameter 19–32 mm. Untuk menghasilkan rambut pendek yang benar-benar keriting, diameter 19 mm lebih pas digunakan. Sementara itu, diameter 32 mm tepat untuk si rambut pendek yang ingin keriting longgar.
Bagi Anda yang memiliki rambut medium dan panjang, Anda dapat menggunakan produk dengan diameter barrel sekitar 32 mm. Jika Anda menginginkan rambut yang benar-benar keriting, gunakanlah diameter 28 mm. Nah, untuk Anda yang ingin keriting yang longgar, pilihlah diameter 34–38 mm.

Sesuaikan pilihan suhu dengan prioritas

Sesuaikan pilihan suhu dengan prioritas
Suhu yang disarankan untuk penggunaan sehari-hari adalah 180°C. Sebenarnya, makin rendah suhu hair iron, makin kecil pula efek kerusakannya pada rambut. Hanya saja, Anda akan makin sulit mendapatkan bentuk yang diinginkan karena suhunya yang rendah. Sebaliknya, suhu yang tinggi akan membantu Anda dalam membentuk rambut, tetapi rambut menjadi lebih mudah rusak.
Di pasaran, terdapat hair iron dengan pengaturan suhu hingga 200°C atau lebih. Namun, produk tersebut lebih disarankan untuk Anda yang memiliki rambut yang sulit dibentuk dengan suhu 180°C. Suhu yang tinggi tidak menentukan kualitas produk. Jadi, pilihlah sesuai dengan prioritas Anda, apakah ingin yang mudah membentuk rambut atau pertimbangan efek kerusakannya pada rambut.
Lama penggunaan yang dibutuhkan untuk membentuk rambut akan tergantung pada jenis dan kualitas rambut Anda. Cobalah langsung pada rambut Anda sendiri untuk menentukan berapa detik waktu yang diperlukan. Hati-hati, penggunaan yang terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan rambut, seperti rambut bercabang dan mudah kusut.

Pilihlah pelat yang halus dan licin di rambut supaya tidak merusak rambut

Pilihlah pelat yang halus dan licin di rambut supaya tidak merusak rambut
Permukaan pelat yang kasar akan merusak kutikula rambut sehingga rambut kehilangan kilaunya. Karena itu, pilihlah hair iron dengan pelat yang licin dan halus untuk meminimalkan kerusakan pada rambut. Anda bisa menyentuh langsung bagian pelat untuk memastikannya.
Ada dua macam bahan pelat yang biasa digunakan, yakni titanium dan keramik. Jika ingin meminimalkan efek kerusakan rambut, sebaiknya gunakan hair iron berbahan titanium. Namun, jika Anda butuh hair iron yang cepat panas agar mudah digunakan saat sedang terburu-buru, bahan keramik adalah pilihan terbaik.
Di samping itu, titanium memiliki kualitas yang lebih baik dari keramik. Titanium adalah bahan yang tidak mudah rusak sehingga sangat direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan hair iron yang tahan lama.

Pilihlah produk berkualitas tinggi untuk mencegah kerusakan rambut

Pilihlah produk berkualitas tinggi untuk mencegah kerusakan rambut
Untuk mencegah kerusakan pada rambut, pilihlah produk berkualitas tinggi dengan kisaran harga Rp 350.000 hingga Rp 3.000.000. Perbedaan antara produk yang murah dengan yang mahal terletak pada bahan pelat dan tingkat kestabilan suhu hair iron. Produk berkualitas baik memang memiliki harga yang mahal karena didesain untuk mencegah rambut penggunanya rusak.
Akan tetapi, produk seperti ini biasanya kurang kuat untuk membuat gaya rambut keriting. Jika Anda menginginkan gaya rambut yang benar-benar keriting dan awet, pilihlah produk yang bisa membentuk rambut secara maksimal meskipun harganya tidak terlalu mahal. Hanya saja, risiko kerusakan pada rambut kemungkinan akan lebih besar.

Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan

Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan
Memilih hair iron yang sesuai dengan kebutuhan adalah hal yang paling penting. Apakah Anda butuh produk yang bisa mencegah kerusakan rambut? Atau yang dapat melakukan hair styling dengan hasil maksimal? Atau Anda kerap bepergian sehingga ingin produk yang portabel? Tentukan prioritas Anda sebelum memilih.
Setiap produk hair iron memiliki fiturnya masing-masing. Contohnya, ada hair iron berukuran 26 cm yang sangat praktis dibawa bepergian. Kemudian, ada produk dengan tampilan suhu digital, atau yang bisa mati secara otomatis ketika sudah tidak digunakan. Selain itu, ada juga hair iron dengan kabel yang bisa berputar 360°. Jadi, silakan pelajari fitur setiap produk dengan saksama.
Jangan memilih produk hair iron hanya karena produk tersebut sedang populer. Fokuskanlah pada apa yang benar-benar sesuai dengan kondisi dan jenis rambut Anda.

10 Rekomendasi hair iron terbaik yang tidak merusak rambut

Berikut ini adalah beberapa produk hair iron terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan.
Tipe2 in 1
Bahan pelatCeramic
UkuranPelat : 6,5 × 1,2 cm
Pengaturan suhu160°C dan 200°C
Fitur lainnyaNegative ion powder, nourish damaged hair, reduce heat damage, heat insulation cover, fast heat conduction, rapid heating up warm, automatic power off protection
Tipe2 in 1
Bahan pelatFotokeramik
UkuranPelat : 68 × 18 mm
Pengaturan suhuMaksimal 210°C
Fitur lainnyaCompact size, storage cap, universal voltage, quick heating action, 360° swivel cord
TipePelurus (straightening iron)
Jenis pelatKeratin infused ceramic plate
UkuranPelat : 47 × 75 mm
Pengaturan suhu210°C
Fitur lainnyaIonic technology, universal voltage, wide plate, fast heat up time, swivel cord
TipePengeriting (curling iron)
Bahan pelatTitanium
UkuranDiameter barrel : 32 mm
Pengaturan suhu135, 155, 175, dan 195℃
Fitur lainnyaIon negatif
Tipe2 in 1
Jenis pelatTitanium
UkuranPelat : 24 × 110 mm
Pengaturan suhu130, 160, 180, 200 dan 230 °C
Fitur lainnya360° swivel cord, anti karat, nano silver technology
Tipe2 in 1
Bahan pelatNano shine coating plate
UkuranTidak ada keterangan
Pengaturan suhu140, 160, dan 190℃
Fitur lainnyaAutomatic turn off
TipePelurus (straightening iron)
Bahan pelatCeramic plates infused with frizz resist micro conditioners
UkuranPanjang pelat : 110 mm
Pengaturan suhu140–230°C
Fitur lainnyaDigital temperature display, auto shut off, turbo boos function, temperature lock function, worldwide voltage, swivel cord
Tipe2 in 1
Bahan pelatCeramic ionic
UkuranLebar pelat : 1 inci (25,4 mm)
Pengaturan suhu110–200°C
Fitur lainnyaVibrate, teton film, universal voltage, 360° swivel cord
Tipe2 in 1
Bahan pelatAluminium with a ceramic and ultra gloss coating
UkuranLebar pelat : 1 inci (25,4 mm)
Pengaturan suhu185°C
Fitur lainnyaAutomatic sleep mode, heat resistant protective plate guard, universal voltage
Tipe2 in 1
Bahan pelat100% ceramic nanoglide
UkuranTidak ada keterangan
Pengaturan suhu120–200°C
Fitur lainnyaAutomatic temperature adaption, personalized styling, advanced display guidance, cool tip, unique floating plate, auto shut off

Tips saat menggunakan hair iron

Berikut ini adalah tips penggunaan hair iron yang tepat. Pastikan Anda menggunakan hair iron dengan benar untuk menghindari luka bakar dan meminimalkan efek kerusakan rambut.

Gunakan hair treatment untuk mencegah kerusakan pada rambut

Gunakan hair treatment untuk mencegah kerusakan pada rambut
Untuk melindungi rambut dari kerusakan, gunakanlah hair treatment seperti vitamin rambut atau hair oil sebelum Anda menggunakan hair iron. Namun, karena kondisi rambut setiap orang berbeda, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan penata rambut salon langganan Anda.
Terakhir, penting untuk memastikan rambut Anda telah kering sebelum Anda menggunakan curling iron. Jika rambut Anda tidak kering, akan sulit untuk membuatnya keriting.

Baca juga produk perawatan rambut lainnya di sini!

Untuk meminimalkan efek kerusakan rambut akibat penggunaan hair iron, Anda bisa menggunakan hair treatment ataupun hair oil. Selain itu, ada juga produk hair styling yang tidak hanya dapat mempercantik, tetapi juga memberikan perlindungan terhadap rambut. Jika Anda ingin rambut terbentuk dengan cantik dan tetap terlindungi, cek rekomendasi produknya di artikel berikut ini!

Kesimpulan

Hair iron merupakan alat yang sangat berguna untuk digunakan dalam penataan rambut sehari-hari maupun pada acara tertentu. Untuk itu, bagi Anda yang ingin membeli hair iron, bisa memperhatikan cara pemilihan di atas.
Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi rambut dan apa yang harapkan dari hair iron yang akan Anda beli. Selain itu, gunakan hair iron dengan hati-hati agar terhindar dari luka bakar dan kerusakan rambut yang fatal.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    102.786 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Siapa sih yang tidak ingin makan nasi putih pulen yang baru matang dengan nikmat? Produk rice cooker yang ada di pasaran saat ini sudah sangat bervariasi, mulai dari rice cooker keluaran merek ternama seperti Cosmos, Miyako, Yong Ma, Kirin, rice cooker yang juga memiliki fitur penghangat nasi, sampai rice cooker yang dilengkapi dengan teknologi induction heating (IH). Tidak hanya untuk memasak nasi putih, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, menggoreng telur, membuat agar-agar, dan berbagai jenis makanan lainnya.Kali ini kami akan memperkenalkan 10 produk rice cooker yang direkomendasikan dengan membandingkan harga dan keunggulan yang dimiliki masing-masing produk, kemudian mengurutkannya dalam format ranking. Kami juga akan memperkenalkan produk rice cooker yang bisa dibeli dengan harga murah namun memiliki kualitas yang tidak kalah dengan merek terkenal yang harganya lebih mahal! Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    50.530 Views
  • 10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda ingin dapat menonton program televisi favorit dengan kualitas gambar terlihat lebih detail dan nyata? Jika ya, pilihlah Smart TV dengan resolusi 4K atau biasa disebut juga ultra high definition (UHD). Saat ini sudah banyak dijual Smart TV 4K dengan harga yang bervariasi serta memiliki performa tinggi.Kami akan merekomendasikan berbagai produk terbaik Sony, Samsung, LG, dan sebagainya untuk Anda. Sebelumnya kami juga akan memberikan penjelasan cara memilihnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui lebih jelas TV 4K yang Anda butuhkan. Mari simak terus sampai habis!
    Elektronik rumah tangga
    38.865 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Elektronik rumah tangga
    51.617 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kulkas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulkas merupakan perlengkapan rumah tangga yang sangat penting untuk menyimpan bahan makanan agar tahan selama berhari-hari. Produsen seperti Hitachi, Toshiba, dan Panasonic berlomba untuk menghadirkan kulkas dengan berbagai fitur untuk para konsumennya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan beberapa produk kulkas terbaik untuk Anda. Tentukan ukuran dan kapasitas kulkas berdasarkan jumlah pengguna pada saat memilih produk pilihan kami. Selamat membaca!
    Elektronik rumah tangga
    31.625 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    43.333 Views
  • 10 Rekomendasi Scanner Buku Terbaik (Terbaik Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Scanner Buku Terbaik (Terbaik Tahun 2020)
    Untuk Anda yang suka membaca dan mengoleksi buku, apakah Anda merasa sudah tidak mempunyai tempat untuk menyimpan buku lagi karena jumlah buku yang terus bertambah? Bila buku tersebut Anda pindai ke bentuk data dengan format PDF (Portable Document Format), pasti hal tersebut tidak lagi jadi soal.Lalu, bagaimana cara memindai buku menjadi data dengan format PDF? Untuk hasil terbaik, gunakanlah scanner buku. Nah, kali ini kami akan memberikan 10 rekomendasi scanner buku terbaik lengkap dengan cara memilihnya, agar Anda bisa memilih produk yang paling tepat, sesuai kebutuhan Anda.
    Elektronik rumah tangga
    847 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori