10 Rekomendasi Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Gula Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Ketika memasak atau sekedar minum kopi dan teh, gula seringkali digunakan untuk menambahkan rasa. Ketika pergi berbelanja di supermarket atau pasar, Anda mungkin sering melihat berbagai jenis gula, seperti gula pasir, gula merah, gula rendah kalori, dan lain-lain. Apakah Anda sering bertanya-tanya apa perbedaannya?

Pada artikel kali ini, kami akan membantu Anda membedakan jenis-jenis gula dan merekomendasikan gula yang cocok dengan minuman atau masakan yang akan Anda buat. Temukanlah gula dengan rasa dan karakteristik yang cocok dengan selera Anda!

Daftar isi

Cara memilih gula

Terdapat berbagai jenis gula dilihat dari bentuk dan kandungan nutrisinya. Kali ini kami akan memberikan informasi yang penting untuk diketahui saat memilih gula agar Anda bisa mendapatkan gula yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih berdasarkan bentuknya

Berdasarkan bentuknya, gula dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya adalah gula kotak, gula cair, gula pasir, dan beberapa jenis gula lainnya. Karena jenisnya yang begitu banyak, kali ini kami akan fokus pada gula pasir dan gula kotak saja. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Gula pasir yang cocok digunakan untuk memasak

Gula pasir yang cocok digunakan untuk memasak

Gula tipe serbuk atau lebih sering disebut sebagai gula pasir biasanya terbuat dari gula putih. Dalam pembuatan kue atau memasak, gula pasir lebih dianjurkan untuk digunakan daripada granulated sugar maupun gula bubuk karena mudah larut dan tidak mudah membentuk gumpalan. Selain itu, gula jenis ini mudah ditakar sehingga penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Gula pasir seringkali dikemas dalam kemasan sachet memanjang atau seringkali disebut gula stik. Gula stik ini biasanya diletakkan di ruang tamu untuk teman minum teh atau kopi. Gula stik seringkali memberikan kesan mahal bila dibandingkan dengan gula pasir yang dijual dalam kemasan besar. Namun, apabila dilihat dari kepraktisannya ketika Anda harus menyajikan minuman untuk banyak orang dengan selera rasa manis yang berbeda, gula stik merupakan pilihan terbaik.

Gula kotak yang mempercantik tampilan penyajian

Gula kotak yang mempercantik tampilan penyajian

Gula berbentuk kotak memiliki tambahan nilai estetika tersendiri karena memilki bentuk yang unik dan sangat cocok digunakan untuk penyajian minuman di kafe. Beberapa produk juga menyediakan gula kotak dengan bentuk unik, seperti hati, segitiga, dan lain-lain.

Meskipun gula kotak lebih sulit larut dibandingkan dengan gula pasir, gula kotak dengan bentuk yang lucu tentunya akan membuat coffee time atau tea time Anda menjadi lebih menyenangkan. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa bentuk menarik ini juga akan menambah cost yang perlu Anda keluarkan untuk setiap sajiannya. Untuk konsumsi pribadi mungkin tidak masalah, tetapi bagi Anda yang seorang pemilik atau pengusaha kafe, sebaiknya pertimbangkan juga dari segi cost-nya.

Pilih berdasarkan kandungan nutrisinya

Pilih berdasarkan kandungan nutrisinya

Gula tidak hanya digunakan sebagai pemanis saja, tetapi juga sebagai sumber nutrisi. Untuk itu, alangkah baiknya bila gula pilihan Anda tidak hanya manis, tetapi juga bernutrisi. Gula putih memiliki kandungan nutrisi yang lebih rendah dibandingkan dengan gula merah. Jika Anda menginginkan nutrisi lebih, gula kelapa atau gula merah yang mengandung mineral, seperti kalsium dan besi, serta berbagai vitamin sangat sesuai untuk Anda.

Selain gula putih dan gula merah, sekarang di pasaran juga banyak beredar gula granula atau granulated sugar. Granulated sugar adalah perpaduan gula putih dengan molase atau produk sampingan penggilingan tebu yang menyerupai karamel. Pada dasarnya, granulated sugar hampir sama dengan gula putih bila ditilik dari kandungan nutrisinya.

Belakangan ini juga banyak beredar jenis gula yang konon baik untuk kesehatan, seperti gula hitam, gula bit, dan millet sugar. Ketiga jenis gula ini berwarna cokelat muda hingga kehitaman. Kandungan GI (Glycemic Index) pada ketiga jenis unrefined sugar ini rendah sehingga cocok bagi Anda yang sedang diet. Meskipun sehat, harganya cukup mahal. Jadi, jangan lupa untuk mempertimbangkan budget Anda sebelum membeli, ya!

Pilih gula dengan pembungkus agar tetap higienis

Pilih gula dengan pembungkus agar tetap higienis

Meletakkan gula dalam wadah terbuka begitu saja di atas meja akan membuat gula rusak bahkan kotor. Bila gula sudah kotor, tentu saja Anda dan tamu-tamu Anda akan segan menggunakannya, bukan? Oleh karena itu, memilih gula dengan pembungkus adalah langkah yang paling tepat agar kebersihan gula selalu terjaga.

Sebelumnya kami sudah memperkenalkan gula stik yang praktis dan terjamin kebersihannya, tetapi gula kotak juga ada yang dijual dalam pembungkus, lho. Meskipun lebih mahal, memilih gula kotak dalam pembungkus akan menambah kesan mewah dan eksklusif. Jadi, bila memang ada budget lebih, mengapa tidak?

Pilih gula berkemasan menarik bila akan diberikan sebagai hadiah

Pilih gula berkemasan menarik bila akan diberikan sebagai hadiah

Gula untuk hadiah? Mungkin terdengar aneh untuk Anda, tetapi gula adalah produk yang digunakan hampir setiap hari dan pastinya disukai oleh banyak orang. Memberikan gula sebagai hadiah juga tidak akan mubazir karena pasti berguna bagi si penerima.

Apabila Anda ingin memberikan gula sebagai hadiah, pastikan Anda memilih gula dengan pembungkus yang menarik sehingga terasa lebih spesial. Siapa sih, orang yang tidak senang bila menerima hadiah yang spesial?

10 Rekomendasi gula terbaik

Berikut kami akan memberikan 10 rekomendasi gula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga rekomendasi yang kami berikan dapat menjadi inspirasi untuk Anda dalam memilih gula yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Ricoman Light Brown Sugar

10. Ricoman Light Brown Sugar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Aroma karamel lembut tanpa aftertaste, untuk kenikmatan lebih

Terbuat dari campuran gula putih dan molase menjadikan Ricoman Light Brown Sugar ini berwarna kecokelatan dengan aroma karamel yang lembut. Dibandingkan gula putih, teksturnya memang agak menggumpal dan lebih mudah larut dalam air. Rasa manisnya yang ringan membuat produk ini tidak meninggalkan aftertaste di mulut.

Karakteristiknya menjadikan gula ini cocok sebagai bahan campuran berbagai jenis kue kering dan kudapan manis lainnya. Tidak hanya memperkaya rasa, gula ini juga membuat tekstur kue Anda menjadi lebih baik dengan aroma yang lebih menggoda. Bila Anda hobi membuat berbagai macam kue, produk ini harus selalu ada di lemari dapur Anda.

9. Tropicana Slim Gula Jawa

9. Tropicana Slim Gula Jawa

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 56.021

Gula jawa praktis tinggal tuang yang aman bagi penderita diabetes

Gula jawa atau gula merah umumnya dijual dalam bentuk bongkahan sehingga perlu usaha ekstra saat hendak mengonsumsinya. Nah, sekarang Anda tidak perlu bersusah-susah lagi. Tropicana Slim menghadirkan gula cair dengan sensasi rasa gula jawa dalam bentuk botol yang memudahkan Anda dalam penggunaannya.

Gula ini juga diciptakan rendah kalori sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes atau Anda yang sedang diet. Anda dapat mencampurkannya pada minuman ataupun makanan untuk meningkatkan cita rasanya. Untuk Anda yang menyukai gula jawa, tetapi harus mengurangi asupan kalori dan gula, kami merekomendasikan produk ini.

8. Big Tree Farms Coconut Palm Sugar with Ginger Root

8. Big Tree Farms Coconut Palm Sugar with Ginger Root

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 53.000

Tidak sekedar manis, tetapi juga kaya nutrisi!

Rasa manis gula bukan hanya dari tebu saja! Gula ini terbuat dari nektar manis yang diperoleh dari pohon kelapa yang tumbuh secara alami di Pulau Bali dan sekitarnya. Rasa manis yang lembut dan samar membuat gula kelapa atau lebih sering disebut gula aren ini menjadi pemanis alami yang disukai banyak orang.

Berkat kekayaan nutrisinya, gula aren ini juga dikenal memiliki banyak khasiat, seperti untuk menjaga kesehatan, kecantikan, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk Anda yang menginginkan nutrisi dan manfaat lebih dari gula, gula aren dari Big Tree Farms ini pantas untuk dicoba!

7. Tropicana Slim Stevia Sweetener

7. Tropicana Slim Stevia Sweetener

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 48.800

Lebih sehat dengan gula alami dari daun Stevia

Kabar baik bagi Anda pencinta makanan manis yang ingin tetap menjaga kesehatan! Tropicana Slim kini menghadirkan produk yang terbuat daun Stevia rebaudiana pilihan dan diproses dengan baik sehingga menghasilkan gula sehat berkualitas tinggi. Untuk Anda yang menginginkan rasa manis dari bahan alami dan aman untuk kesehatan, gula ini patut Anda coba.

Gula yang dihasilkan dari daun Stevia ini memiliki rasa manis 2-3 kali lebih tinggi dari gula biasa sehingga dapat membantu Anda untuk mengurangi asupan gula setiap harinya. Selain rasa yang lebih manis, kalori pada gula ini juga lebih rendah sehingga tentu sangat aman bagi penderita gula darah tinggi.

6. Claris Gula Halus

6. Claris Gula Halus

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.500

Rasa manis yang ringan dan lumer di mulut

Gula halus ini terbuat dari gula putih biasa yang sudah digiling menjadi lebih halus. Karena ukuran bulirnya yang kecil, gula ini lebih mudah larut dan lumer di mulut sehingga sangat cocok dipadukan dengan makanan ringan Anda. Gula halus ini juga sering dijadikan sebagai pengganti gula pasir ketika membuat kue karena lebih praktis dan mudah menyatu dengan adonan.

Meskipun sama-sama manis seperti gula pasir, gula ini tidak terlalu cocok sebagai pemanis minuman seperti teh dan kopi, ya! Rasa manis yang diberikan oleh gula halus dari Claris ini cukup ringan sehingga Anda tidak akan merasa mual atau merasakan aftertaste yang pahit. Namun, ingatlah bahwa konsumsi gula yang berlebihan juga buruk bagi kesehatan.

5. Gulaku Gula Stik

5. Gulaku Gula Stik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 19.500

Memaniskan momen kumpul bersama kerabat dan keluarga

Gula stik dari Gulaku yang dikemas dalam bungkus warna-warni nan ceria ini berisi 8 gram gula dalam setiap bungkusnya, takarannya pas untuk per sajian. Menggunakan gula yang telah dikemas dalam sachet seperti ini akan lebih memudahkan Anda untuk menjamu banyak tamu saat acara minum teh atau kopi di rumah Anda.

Untuk Anda yang ingin sedikit mengurangi kerepotan ketika hendak mengadakan pesta ataupun arisan di rumah, kami menganjurkan gula stik ini. Selain itu, desain kemasannya yang menarik dan unik menjadikan gula ini sebagai pilihan yang pas untuk buah tangan juga, lho!

4. Tropicana Slim Diabtx Sweetener

4. Tropicana Slim Diabtx Sweetener

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 62.800

Minimal kalorinya, maksimal manisnya

Gula dari Tropicana Slim ini terbuat dari gula jagung rendah kalori dan aman untuk kesehatan. Tambahan mineral kromium pada produk ini juga mampu membantu menurunkan kadar gula darah. Jadi, selain mencegah, ada efek mengobati juga! Apabila Anda sedang menjalani diet atau menurunkan gula darah, kami sangat merekomendasikan produk ini.

Untuk memudahkan Anda menentukan takaran yang tepat, gula ini dikemas dalam bentuk sachet. Setiap sachet setara dengan rasa manis dari dua sendok teh gula, tetapi memiliki kalori yang lebih rendah. Menjadikannya sebagai hadiah untuk teman dan kerabat Anda yang beresiko mengalami atau menderita penyakit diabetes, tentu ide yang bagus bukan?

3. Sugar Life The Original Wood Sugar

3. Sugar Life The Original Wood Sugar

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Gula kayu sehat yang bantu stabilkan kadar gula darah

Meskipun disebut gula kayu, sebenarnya gula dari Sugar Life ini adalah gula xilosa yang berbahan dasar polimer alam hemiselulosa dari serat tumbuhan. Keunikannya adalah produk ini sulit dicerna oleh metabolisme manusia sehingga dilewatkan melalui usus begitu saja. Gula pun tidak masuk ke dalam darah sehingga mencegah kenaikan kadar gula darah secara signifikan.

Gula ini juga berfungsi sebagai sumber makanan bagi bakteri baik Bifidobacteria di usus besar. Dengan mengonsumsi gula ini, Anda turut menjaga kesehatan pencernaan yang mulai rusak akibat pola makan dan gaya hidup yang tidak seimbang. Apabila Anda termasuk orang yang sangat peduli dengan kesehatan, gula ini menjadi rekomendasi yang tepat.

2. Taikoo Gula Bata

2. Taikoo Gula Bata

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 42.000

Bentuk kotak bertekstur padat yang takkan berantakan

Gula berbentuk kotak ini sangat cocok untuk berbagai jenis pemakaian, seperti saat minum kopi, membuat jus, memasak, dan lain-lain. Berbeda dengan gula pasir, gula kotak ini lebih mudah disimpan dan mudah dibereskan ketika berceceran karena berwujud kotak padat. Namun, untuk melarutkannya Anda memerlukan waktu yang lebih lama.

Gula ini dikemas dalam kemasan yang lebih rapi dan lebih menarik dari produk lain yang sejenis sehingga kami sangat merekomendasikan produk ini sebagai buah tangan kepada kerabat atau teman Anda. Selain sebagai penambah rasa, karena teksturnya yang keras Anda juga dapat menjadikan gula ini sebagai pengganti permen. Sangat menarik, bukan?

1. Gulaku Murni Premium 100% Gula Tebu Alami

1. Gulaku Murni Premium 100% Gula Tebu Alami

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 18.500

Gula tebu alami jodoh segala jenis makanan dan minuman

Gula pasir ini terbuat dari 100% tebu alami pilihan yang diproses secara higienis untuk menghasilkan gula putih bermutu tinggi. Bulir-bulirnya yang putih bersih membuat siapapun betah memandangnya. Dengan harganya yang relatif murah dan ukuran kemasannya yang besar, gula ini menjadi pilihan bagi banyak orang, terutama ibu-ibu rumah tangga.

Gula ini sangat cocok digunakan untuk menambah rasa berbagai jenis makanan dan minuman, bahkan sebagai pelengkap bumbu masakan. Untuk Anda yang menginginkan gula serbaguna dengan harga terjangkau, kualitas terjamin, dan bisa dibeli hampir di setiap tempat, gula ini adalah pilihan yang tepat!

Kesimpulan

Life will be sweeter, if you add some sugar. Hal tersebut benar adanya. Gula merupakan kebutuhan sehari-hari yang terbilang esensial. Nah, bagaimana dengan rekomendasi gula terbaik yang kami berikan? Kami harap salah satunya akan menjadi gula favorit Anda.

Ketika memilih gula, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah tujuan penggunaannya. Apakah untuk memasak atau untuk menyuguh tamu? Dengan mengetahui tujuan penggunaan gula, tentu Anda tidak akan kesulitan lagi ketika memilih jenis gula yang Anda perlukan. Sekian artikel kami kali ini, semoga informasi yang kami berikan berguna untuk Anda!