• 10 Merk Gula Cair yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Gula Cair yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Gula Cair yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Gula Cair yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Gula Cair yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Gula Cair yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)

Ada beragam jenis gula, salah satunya gula cair. Gula cair merupakan alternatif pemanis selain gula pasir. Anda dapat menggunakan gula cair untuk makanan juga minuman. Tak hanya manis, gula cair memiliki kelebihan lain dibandingkan gula pasir. Kami akan mengulas berbagai hal tentang gula cair secara lengkap.


Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips memilih gula cair terbaik. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan rekomendasi gula cair yang bagus. Gula cair Rose Brand dan Tropicana Slim dapat Anda temukan dalam rekomendasi kami. Baca artikelnya sampai selesai, ya.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 29 Juni 2022
Daftar isi

Gula cair, manis dan praktis untuk berbagai kebutuhan

Gula cair, manis dan praktis untuk berbagai kebutuhan

Gula cair adalah alternatif pemanis makanan dan minuman yang berupa cairan terkonsentrasi. Teksturnya kental dan mudah larut dengan rasa yang manis meski digunakan dalam jumlah kecil. Gula cair terbuat dari berbagai jenis bahan seperti jagung atau singkong. Berbagai bahan alami pembuatnya ini menjadikan gula cair tak cuma manis, tetapi juga bernutrisi

Beragam kandungan nutrisi dalam gula cair membuatnya kerap diklaim lebih sehat daripada gula pasir. Namun, nyatanya klaim ini tak sepenuhnya benar. Konsumsi gula cair yang berlebihan tanpa diimbangi pola makan yang sehat tetap akan berdampak buruk bagi tubuh. Jadi, Anda tetap harus mengontrol konsumsi gula cair meski diklaim memiliki segudang manfaat.

Cara memilih gula cair

Ada berbagai jenis gula cair di pasaran. Umumnya pembedanya terletak pada bahan pembuat. Ukuran gula cair pun bermacam-macam. Agar Anda tak kebingungan dalam memilih gula cair, berikut kami paparkan tips memilihnya.

Kenali bahan pembuatnya

Anda mungkin sudah mengenal gula cair yang terbuat dari aren. Namun, tahukah Anda bahwa gula cair juga dibuat dari bahan lainnya? Berikut ini, ulasan beberapa jenis bahan gula cair.

Singkong, lebih manis dan bebas gluten

Singkong, lebih manis dan bebas gluten

Singkong merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia. Tak hanya diolah menjadi beraneka makanan, singkong juga dapat diolah menjadi gula cair. Gula cair dari singkong berasal dari olahan tepung tapiokanya. Untuk membuat gula cair singkong, tapioka diolah menggunakan enzim alfa amylase dan gluco amylase

Gula cair dari singkong diklaim 2,5 kali lebih manis daripada gula tebu. Penggunaannya pun menjadi lebih hemat. Selain itu, gula cair singkong juga bebas gluten dan rendah kalori sehingga cocok untuk alternatif pemanis saat berdiet. Lalu, gula cair singkong dapat bertahan berapa lama? Gula cair singkong diklaim tahan lama dan bahkan dapat bertahan hingga satu tahun.

Aren, bernutrisi untuk berbagai jenis minuman

Aren, bernutrisi untuk berbagai jenis minuman

Gula aren terbuat dari nira pohon enau. Anda mungkin kerap melihat gula aren berbentuk bubuk ataupun bongkahan. Namun, gula aren kini juga tersedia dalam bentuk cair dan kerap digunakan menjadi pemanis berbagai minuman kekinian. Gula aren bahkan juga dapat digunakan sebagai pemanis makanan pendamping ASI untuk bayi berusia di atas enam bulan

Gula cair dari aren memiliki kadar indeks glikemik yang lebih rendah daripada jenis gula lainnya. Selain itu, gula aren cair juga mengandung berbagai jenis mineral seperti kalium, magnesium, juga zat besi. Beragam nutrisi ini membuat gula aren cair diklaim memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Menjaga kadar gula darah dan mengendalikan tekanan darah merupakan beberapa khasiat gula dari aren.

Bahan lainnya, tetap manis dengan bahan alternatif

Bahan lainnya, tetap manis dengan bahan alternatif

Selain singkong dan aren, gula cair juga dibuat dari bahan lain seperti stevia. Gula cair stevia berasal dari ekstrak daun tanaman Stevia rebaudiana. Tanaman ini mengandung senyawa steviol glycosides yang membuatnya 250-300 kali lebih manis daripada gula biasa. Menariknya, gula cair stevia tidak mengandung kalori sehingga cocok untuk penderita diabetes.

Bahan alami lain yang kerap digunakan dalam pembuatan gula cair adalah jagung. Gula jagung cair sudah digunakan secara luas dalam industri makanan dan minuman kemasan. Gula cair jagung juga mengandung fruktosa dengan rasa yang lebih manis sampai 1,7 kali dibandingkan gula tebu. Kandungan kalorinya pun rendah sehingga menjadi pilihan saat berdiet.

Sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan Anda

Gula cair biasanya dikemas dalam botol berbagai ukuran sehingga mudah disimpan dan tahan lama. Selain itu, rasanya yang lebih manis juga membuat penggunaan gula cair lebih hemat. Hal ini perlu juga Anda pertimbangkan saat menentukan ukuran gula cair yang akan Anda beli. Bisa jadi Anda tak perlu membeli dalam ukuran besar karena penggunaannya yang lebih hemat.

Untuk penggunaan pribadi ataupun sekadar mencoba dulu, Anda dapat membeli gula cair berukuran kecil misalnya ukuran 350 ml. Jika Anda memiliki usaha kecil, seperti kafe ataupun katering, tak ada salahnya membeli gula cair berukuran besar. Di pasaran, gula cair juga dijual dalam kemasan jeriken hingga ukuran 30 liter.

Pilih berdasarkan kandungan nutrisinya

Pilih berdasarkan kandungan nutrisinya

Beragam jenis gula cair memiliki bermacam nutrisi yang baik untuk tubuh. Oleh karena itu, perhatikan pula kandungan nutrisi pada gula cair pilihan Anda. Pilih gula cair dengan kandungan nutrisi yang sesuai kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda mencari gula cair untuk diet, pilih gula cair yang rendah kalori. Gula cair dengan indeks glikemik (IG) rendah paling pas untuk Anda yang memiliki penyakit diabetes. 

Meski memiliki khasiat dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, konsumsi gula cair yang berlebihan tak baik bagi tubuh Anda. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyarankan konsumsi gula per hari sekitar 50 gram atau setara dengan 5-9 sendok teh. Angka ini dapat menjadi patokan konsumsi gula, termasuk saat mengonsumsi gula cair. 

Hindari gula rafinasi yang berdampak buruk bagi tubuh

Hindari gula rafinasi yang berdampak buruk bagi tubuh

Gula rafinasi atau refined sugar adalah gula yang mengalami proses pemurnian ulang sehingga memiliki warna yang lebih putih. Namun, proses pemurnian ini justru membuat gula kehilangan nutrisi. Gula rafinasi hadir dalam bentuk gula meja (sukrosa) dan sirop jagung tinggi fruktosa (high-fructose corn syrup/HFCS). Jenis kedua ini yang banyak digunakan sebagai pemanis pada produk makanan kemasan juga minuman bersoda. 

Gula rafinasi kerap disebut juga kalori kosong karena tidak mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh. Bahkan, jenis gula ini berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Obesitas, diabetes tipe 2, bahkan depresi merupakan masalah kesehatan yang dipicu oleh konsumsi gula rafinasi secara berlebihan. Untuk menghindari gula rafinasi, Anda dapat memilih gula cair yang diolah secara alami

10 Rekomendasi gula cair terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gula cair terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
JenisGula singkong
Berat bersih600 gram
9
JenisGula singkong
Berat bersih500 ml
8
JenisGula singkong
Berat bersih470 gram
7
JenisGula stevia
Berat bersih5 ml
6
JenisGula aren
Berat bersih1 liter
5
JenisGula batu
Berat bersih450 gram
4
JenisGula jagung
Berat bersih700 gram
3
JenisGula aren
Berat bersih250 ml
2

NutrifoodTropicana Slim Gula Jawa

Mulai dari Rp 72.600,00

JenisGula jawa
Berat bersih350 ml
1
JenisGula aren
Berat bersih1 liter

Tabel perbandingan produk gula cair terbaik

Gambar produk
1
Mola Gula Aren Cair Premium 1

Mola

2
Nutrifood Tropicana Slim Gula Jawa 1

Nutrifood

3
Arutala Gula Aren Cair 1

Arutala

4
MamaSuka Chung Jung One - Corn Syrup 1

MamaSuka

5
Nagamas Gula Batu Cair 1

Nagamas

6
Mahorahora Gula Aren Cair 1

Mahorahora

7
Drip Sweet Gula Stevia Cair 1

Drip Sweet

8
Hilwa Gula Cair 1

Hilwa

9
Rose Brand Fructose 1

Rose Brand

10
Gulakong Sirup Fruktosa Oligosakarida 1

Gulakong

Nama produk

Gula Aren Cair Premium

Tropicana Slim Gula Jawa

Gula Aren Cair

Chung Jung One - Corn Syrup

Gula Batu Cair

Gula Aren Cair

Gula Stevia Cair

Gula Cair

Fructose

Sirup Fruktosa Oligosakarida

Keunggulan

Berkadar gula tinggi dengan rasa yang konsisten

Manis legit gula jawa dalam bentuk cair yang praktis

Gula cair untuk kopi pilihan para barista

Pemanis untuk berbagai masakan Korea Selatan

Bikin teh panas makin nikmat dengan cara yang lebih praktis

Gula aren cair untuk aneka kreasi makanan dan minuman yang lebih sehat

Cukup satu tetes untuk segelas minuman manis

Alternatif pengganti gula pasir dari bahan non-GMO

Kemasannya dilengkapi corong, praktis untuk menakar penggunaannya

Gula cair yang aman untuk penderita diabetes

Harga mulai dariRp 44.500,00Rp 72.600,00Rp 23.000,00Rp 29.000,00Rp 16.000,00Rp 49.900,00Rp 50.000,00Rp 15.000,00Rp 13.000,00Rp 34.000,00
JenisGula arenGula jawaGula arenGula jagungGula batuGula arenGula steviaGula singkongGula singkongGula singkong
Berat bersih1 liter350 ml250 ml700 gram450 gram1 liter5 ml470 gram500 ml600 gram
Tautan produk

Baca juga rekomendasi berbagai jenis gula di sini

Ada beraneka jenis gula di pasaran. Selain gula cair dan gula pasir, ada juga gula merah dan gula rendah kalori. Kami telah menyiapkan artikel mengenai beberapa jenis gula lain di tautan di bawah ini. Baca artikelnya untuk mendapatkan tips cara memilih juga rekomendasi berbagai jenis gula lainnya. 

Kesimpulan

Gula cair merupakan alternatif pemanis bagi gula pasir. Tak seperti gula pasir yang umumnya terbuat dari tebu, gula cair terbuat dari berbagai jenis bahan. Ada gula cair dari singkong, aren, bahkan jagung. Semua jenis ini dapat digunakan sebagai pemanis makanan dan minuman. 


Saat memilih gula cair, perhatikan bahan pembuatnya. Pertimbangkan pula ukuran dan kandungan nutrisinya. Sebaiknya, Anda juga memilih gula yang diolah secara alami. Selamat berkreasi dengan gula cair.

Artikel terkait

  • 10 Merk Gula Rendah Kalori Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Gula Rendah Kalori Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Gula sebagai bahan tambahan di dalam berbagai masakan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa tidak semua produk gula baik untuk tubuh? Konsumsi gula yang berlebihan juga meningkatkan risiko Anda terkena obesitas dan diabetes.Gula diet, seperti Tropicana Slim, Diabetasol, dan merek lainnya, merupakan gula yang baik untuk kesehatan. Anda dapat menikmati camilan manis atau minuman favorit tanpa perlu khawatir. Anda dapat mengetahui cara memilih gula rendah kalori yang bagus serta produk rekomendasinya pada artikel ini. Simak juga komentar dari nutritionist kami, Astrine Permata. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Curry Powder (Bubuk Kari) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Curry Powder (Bubuk Kari) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan berbumbu kari memang banyak digemari karena kelezatannya. Meskipun begitu, akan merepotkan jika harus meracik bumbunya dari nol. Kari India, kari Jepang, hingga kari Indonesia memiliki karakteristiknya sendiri. Agar praktis, Anda dapat menggunakan curry powder atau bubuk kari yang banyak dijual di pasaran.Berbagai merek, seperti Cairo Food, Jay’s Kitchen, dan Ottogi menyajikan beragam cita rasa kari mungkin terasa membingungkan. Kali ini, kami akan memberikan informasi cara memilih sekaligus rekomendasi produk curry powder terbaik untuk dipilih. Baca sampai habis dan temukan bumbu kari instan yang enak versi Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Cuka Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cuka Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sejak dahulu, cuka buah umum digunakan sebagai bumbu. Bahkan, sebagian jenis cuka buah, seperti cuka apel, dimanfaatkan juga untuk kesehatan dan skincare. Rasanya yang enak dan tidak mengandung alkohol membuat cuka buah sering digunakan dalam berbagai makanan atau diminum langsung.Apakah Anda juga sedang mencari cuka buah? Banyaknya pilihan merek cuka buah yang bagus, seperti Dehealth Supplies, Bragg, dan Ausbarrel, mungkin membuat Anda bingung memilih. Tenang saja, kami akan menjelaskan cara memilih cuka buah terbaik serta memberikan rekomendasinya untuk Anda. Simak ulasannya sampai akhir, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    Menambahkan penyedap rasa merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap. Penyedap rasa memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Kali ini kami akan membahas cara memilih penyedap rasa yang enak sekaligus aman dikonsumsi.Anda bisa memilih penyedap rasa dengan MSG yang harganya terjangkau dari merek terkenal Sasa, Masako, dan Royco. Lalu, ada juga penyedap rasa non MSG untuk MPASI dan diet, contohnya Jay's Kitchen, Lemonilo, serta Pawon Ibun. Ada komentar dari cook, Debbie Ariesthea juga, lho. Simak terus artikel ini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Bumbu Sate Instan Terenak - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bumbu Sate Instan Terenak - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Selera sate setiap orang mungkin berbeda. Ada yang suka sate ayam, sate kambing, ataupun sate daging lainnya. Apa pun dagingnya, kelezatan sate tak luput dari bumbunya. Meracik bumbu sendiri memang terasa lebih homemade. Namun, saat harus memasak sate dengan cepat untuk acara seperti hari raya Iduladha, bumbu sate instan bisa diandalkan.Banyak merek bumbu sate instan yang enak di pasaran. Sebut saja bumbu sate Enak Eco dan Selamat Majid Hamid. Kami akan berbagi tips memilih bumbu sate kemasan terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Beras Basmati yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Beras Basmati yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Penikmat masakan India pastinya sudah tidak asing dengan beras basmati yang sering disajikan dalam nasi beriani. Ciri khas beras yang berasal dari India ini adalah aromanya yang wangi, rasa sedikit pedas, dan ukurannya yang lebih panjang. Beras yang disebut juga beras Arab ini memiliki berbagai macam khasiat, misalnya mengontrol gula darah.Penasaran ingin coba memasak beras basmati? Di artikel ini kami akan membantu Anda dalam memilih beras basmati yang bagus dengan harga bersahabat. Anda juga akan kami ajak untuk melihat beberapa rekomendasi merk beras basmati terkenal, seperti Doonmalai, Daawat, dan Abu Kass.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sunflower Oil Terbaik untuk Memasak (Terbaru Tahun 2022)
    Sunflower oil adalah minyak biji bunga matahari yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Ada sunflower oil yang bisa dipakai sebagai serum kulit dan ada pula sunflower oil khusus untuk memasak. Di artikel ini kami akan membahas tentang sunflower oil untuk memasak.Kandungan lemak jenuh pada sunflower oil lebih rendah dibandingkan minyak kelapa. Itulah sebabnya sunflower oil sering dijadikan pilihan untuk diet. Jika Anda bingung memilihnya, berikut ini beberapa merk sunflower oil yang bagus untuk memasak. Temukan berbagai merk, mulai dari Tropicana Slim, Golden Bridge, sampai Borges!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Beras Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Beras Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Beras jagung adalah olahan pangan setengah jadi dengan bentuk butiran seperti beras putih. Beras jagung banyak dikonsumsi dalam bentuk nasi jagung karena kandungannya yang tinggi serat, tetapi tetap rendah kalori. Karena itu, beras jagung memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari mengontrol diabetes hingga membantu diet.Kami akan membahas berbagai jenis beras jagung serta membagikan tips memilihnya. Rekomendasi merek beras jagung yang bagus juga telah kami siapkan, seperti Gita Food, Fits, hingga Dollar. Harga produknya pun bervariasi. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Quinoa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Quinoa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan membuat banyak orang berusaha mengurangi konsumsi nasi. Salah satu bahan makanan yang layak untuk dipertimbangkan sebagai pengganti nasi adalah quinoa. Quinoa merupakan superfood berbentuk biji-bijian yang kaya nutrisi. Kalorinya pun lebih rendah daripada nasi. Tekstur quinoa yang unik bahkan membuatnya cocok digunakan sebagai campuran salad.Jika Anda kurang mengenal quinoa, jangan khawatir! Kali ini kami akan membahas manfaatnya sekaligus memberi tips memilih quinoa yang bagus. Sepuluh produk dari merek terbaik juga telah disiapkan, seperti Nature's Energy, Ecozest, hingga Granology. Harganya pun bervariasi. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Minyak Kelapa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Minyak Kelapa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minyak kelapa dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Oleh karena itu, banyak orang menggunakan minyak kelapa untuk memasak, MPASI bayi, ataupun perawatan rambut dan kulit. Saat ini, ada banyak merek minyak kelapa dengan berbagai keunggulan. Namun, jenis minyak kelapa manakah yang sebaiknya Anda pilih?  Nah, di artikel ini, kami akan mengulasnya dengan lengkap. Anda akan mendapatkan referensi minyak goreng kelapa terbaik dan juga minyak kelapa VCO yang bagus. Beberapa produk juga akan kami rekomendasikan, seperti Barco, Kara, Ecozest, dan lainnya. Yuk, baca artikelnya dan dapatkan minyak kelapa terbaik.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Sambal Terasi Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sambal Terasi Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda pencinta makanan pedas? Pasti tak lengkap rasanya makan tanpa sambal. Salah satu jenis sambal yang populer di kalangan masyarakat adalah sambal terasi. Aroma terasi yang nikmat mampu menggugah selera makan. Namun, karena proses membuatnya yang dianggap merepotkan bagi sebagian orang, sambal terasi instan dalam kemasan menjadi pilihan terbaik.Karena itu, kali ini kami akan memberikan tips memilih sambal terasi. ABC, Kokita, Del Monte, dan Sasa adalah beberapa merk sambal terasi terkenal yang juga akan kami ulas untuk Anda. Simak artikel ini dan temukan produk terbaik Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori