mybest
Saringan tepung

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Perlengkapan baking
  4. 10 Saringan Tepung Terbaik - Ditinjau oleh Cake Designer (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Saringan Tepung Terbaik - Ditinjau oleh Cake Designer (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Saringan Tepung Terbaik - Ditinjau oleh Cake Designer (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Saringan Tepung Terbaik - Ditinjau oleh Cake Designer (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Saringan Tepung Terbaik - Ditinjau oleh Cake Designer (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Saringan Tepung Terbaik - Ditinjau oleh Cake Designer (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Saringan Tepung Terbaik - Ditinjau oleh Cake Designer (Terbaru Tahun 2024)

Saringan tepung atau flour sieve adalah perkakas penting bagi para baker untuk membuat roti berkualitas. Proses pengayakan akan membuat tepung tidak menggumpal sehingga adonan dapat mengembang sempurna. Di sini, Anda akan mendapati saringan tepung terigu dan tepung lainnya dari bahan stainless, aluminium, atau plastik.


Saringan tepung halus hingga paling halus, mulai dari ukuran kecil sampai besar pun akan Anda temui. Selain merek IKEA dan Maspion, adakah merek lain yang bagus dan menarik untuk dipilih? Artikel ini sudah ditinjau oleh cake designer kami, Adela Andriana. Mari ikuti informasi selengkapnya!

Diperbaharui 21/11/2023
Adela Andriana
Pakar
Cake designer
Adela Andriana

Berencana menjadi seorang akuntan, Adela menyadari bahwa ia memiliki passion besar terhadap seni kuliner khususnya baking dan pastry. Setelah lulus sebagai akuntan, ia mengambil beberapa kursus baking dan pindah ke Bali untuk bekerja sebagai cake designer. Pada 2010, ia kembali ke Jakarta untuk memulai Adela Cakes. Adela berkecimpung dalam bisnis lebih dari 10 tahun dengan ribuan kue yang telah dibuat dan dihias olehnya. Ia terus mengembangkan bisnisnya dan juga melakukan kursus baking dan dekorasi kue.

Profil Adela Andriana
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih saringan tepung

Apakah standar yang Anda pakai untuk menentukan sesuai atau tidaknya produk saringan tepung? Sebelum memaparkan sepuluh rekomendasi produk, simak terlebih dahulu penjelasan kami mengenai cara memilih saringan tepung terbaik.

1

Pilih tipe yang sesuai dengan pemakaian

Secara garis besar, ada empat tipe saringan tepung yang biasa dipakai untuk kebutuhan rumah tangga. Silakan pilih tipe saringan tepung yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan juga Anda memahami karakteristik masing-masing tipe saringan sebelum memutuskan untuk membeli.

Tipe cangkir: Sangat mudah dipakai untuk mengayak

Tipe cangkir: Sangat mudah dipakai untuk mengayak

Apakah Anda mencari saringan tepung yang mudah dipakai oleh siapa pun? Jika ya, kami merekomendasikan saringan tepung tipe cangkir. Tipe ini memiliki bentuk seperti cangkir yang dilengkapi dengan handel. Dengan demikian, Anda dapat mengayak tepung dengan cepat menggunakan satu tangan.


Sebagai informasi tambahan, tipe cangkir dibagi lagi menjadi dua jenis. Pertama, tipe cangkir dengan saringan di bagian bawahnya. Kedua, tipe sifter yang dilengkapi dengan pengayak otomatis. Kami merekomendasikan tipe kedua karena lebih praktis untuk dipakai. Anda cukup memegang dan melepas pegangan untuk mengaktifkan sistem pengayak otomatis dari saringan tepung ini.


Sebagai tambahan, tipe sifter juga stabil dan tidak mudah bergeser saat digunakan untuk mengayak tepung. Hasil saringan tepung pun tidak akan berceceran mengotori dapur lagi.

Tipe strainer: Mengayak tepung dalam jumlah banyak secara cepat

Tipe strainer: Mengayak tepung dalam jumlah banyak secara cepat

Tipe strainer memiliki handel yang dapat digunakan dengan satu tangan, sebagaimana halnya tipe cangkir. Perbedaannya adalah strainer lebih direkomendasikan untuk mengayak tepung dalam jumlah banyak.


Tak hanya sebagai saringan tepung, tipe ini juga dapat dipakai untuk meniriskan mi atau sayuran. Tipe ini memang direkomendasikan jika Anda ingin memakainya untuk kue, roti, serta jenis makanan lainnya. Meski begitu, Anda harus mengayak tepung dengan perlahan agar tidak berceceran. Pasalnya, permukaan tipe ini seluruhnya berbentuk jaring berpori.

Tipe back strainer: Untuk mengayak bubuk tepung yang halus dan lembut

Tipe back strainer: Untuk mengayak bubuk tepung yang halus dan lembut

Ciri khas utama dari tipe ini adalah bentuk yang bundar dengan jaring halus di bagian bawah. Tipe ini cocok untuk menyaring tepung dengan jumlah banyak dan melumatkan bahan makanan. Umumnya, tipe ini banyak dipakai oleh orang-orang yang sering membuat kue.


Tahukah Anda apakah kelebihan dari tipe back strainer? Tipe ini tak hanya dapat mengayak tepung dengan lembut, tetapi juga bisa membuat tepung lebih kental. Dengan begitu, kue bolu buatan Anda akan memiliki tekstur yang bagus. Anda juga bisa memakainya untuk membuat makanan, seperti ubi, sup kentang, dan mashed potato.

Tipe sendok: Efektif untuk mengayak tepung dalam jumlah sedikit

Tipe sendok: Efektif untuk mengayak tepung dalam jumlah sedikit

Saat mengayak tepung untuk taburan kue ataupun adonan, Anda dapat memakai tipe sendok. Dengan memakai tipe ini, Anda dapat mengayak tepung dengan mudah sesuai kebutuhan. Tipe ini juga dapat dipegang selayaknya sebuah sendok. Meski tidak bisa mengayak banyak dalam satu waktu, tipe ini direkomendasikan jika Anda hanya membutuhkan sedikit tepung.


Selain itu, tipe sendok juga bisa dipakai untuk menakar jumlah tepung dalam satuan sendok makan atau sendok teh. Keunggulan utama tipe ini adalah paling compact dibandingkan tipe lain sehingga mudah disimpan.


Namun, tipe ini juga memiliki satu kekurangan. Lubang saringannya memiliki ukuran besar sehingga tidak cocok mengayak tepung bertekstur halus. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati saat memakai saringan ini. Selain itu, tipe ini juga masih sulit ditemukan di Indonesia.

2

Pertimbangkan ukuran mesh

Pertimbangkan ukuran mesh

Ukuran mesh adalah jumlah lubang jaring seluas 1 inci persegi jaring. Anda bisa menemukan ukuran mesh yang umum mulai dari 10 mesh hingga 100 mesh. Sebagai contoh, saringan dengan jenis back stainer ukuran 30 mesh digunakan untuk mengayak tepung terigu sampai lembut.


Makin besar ukuran mesh-nya, maka makin kecil pula lubang saringannya. Pilihlah ukuran mesh sesuai kebutuhan Anda. Sayangnya, informasi tentang ukuran mesh ini jarang disebutkan di produk. Namun, Anda bisa menanyakan kepada seller melalui fitur chat di online shop tempat Anda berbelanja.

3

Periksa diameter dan tinggi saringan

Periksa diameter dan tinggi saringan

Kapasitas tepung yang bisa diayak menggunakan saringan dalam satu waktu memang tidak diketahui dengan jelas. Namun, Anda dapat memeriksa diameter dan tinggi saringan tepung untuk dapat mengetahui kapasitas penampungannya.


Memeriksa diameter saringan pun disesuaikan dengan besar wadah yang akan digunakan di bawah saringan. Jangan membeli saringan yang terlalu besar jika tidak punya baskom atau wadah yang besar.


Saringan tepung dengan diameter 10 cm dan tinggi 5 cm dapat dipakai untuk menyaring sekitar 25 gram tepung. Sementara itu, saringan tepung berdiameter 20 cm dan tinggi 5 cm muat untuk tepung seberat 50 gram. Gunakanlah ukuran ini sebagai panduan dan pilihlah saringan tepung yang Anda perlukan.

4

Cek bahan pembuatnya

Cek bahan pembuatnya

Stainless steel tetap menjadi bahan favorit untuk alat dapur, seperti sendok, pisau, dan tentu saja saringan tepung. Bahan ini punya banyak keunggulan, misalnya mudah dipakai, awet, tahan karat, dan juga bersih.


Selain itu, ada juga saringan dari plastik atau aluminium yang berbobot ringan dan dijual dengan harga terjangkau. Silakan pilih material ini jika Anda jarang mencari produk yang ringan. Walau begitu, tak ada gading yang tak retak. Bahan aluminium lebih mudah penyok dan bahan plastik lebih mudah patah. Karena itu, Anda sebaiknya ekstra berhati-hati saat menggunakannya.

5

Cari yang mudah dibersihkan

Cari yang mudah dibersihkan

Saringan tepung adalah peralatan dapur yang dipakai untuk membuat makanan sehingga kebersihannya perlu dijaga. Untuk itu, sebelum membeli, pastikan produk yang Anda pilih mudah dibersihkan.


Makin simpel struktur saringannya, maka makin mudah untuk dibersihkan, contohnya tipe strainer dan back strainer. Sebaliknya, makin rumit strukturnya, makin sulit untuk dibersihkan, misalnya tipe sifter. Ketika Anda memilih saringan tepung dengan banyak bagian, pastikan produk tersebut mudah dibongkar dan dibersihkan.


Selain itu, ada juga saringan tepung yang dapat dicuci dengan dishwasher sehingga Anda akan mudah membersihkannya. Meski begitu, ada beberapa tipe saringan yang sebaiknya tidak dicuci menggunakan air. Karena itu, silakan berpedoman kepada panduan mencuci saringan tepung yang akan kami jelaskan nanti.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi saringan tepung terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk saringan tepung terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adela Andriana.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Maspion

Jawa Saringan Santan

Maspion Jawa Saringan Santan 1

Mulai dari Rp10.000,00

Agak Murah

Menyaring santan kian gampang dengan saringan santan aluminium ini

2

Eagle

SS Strainer

Eagle SS Strainer 1

Mulai dari Rp5.900,00

Lebih Murah

Bentuknya mini sehingga mudah disimpan

3

Ca Talina

Flour Filter

Ca Talina Flour Filter 1

Mulai dari Rp135.932,00

Agak Mahal

Tekan tuasnya dan dapatkan hasil ayakan yang minim tumpahan

4

Best Master Ware

Saringan Tepung Stainless Steel

Best Master Ware Saringan Tepung Stainless Steel 1

Mulai dari Rp15.000,00

Agak Murah

Selain tepung, efektif juga untuk menyaring kopi dan teh!

5

Chefio

Saringan Tepung Warna

Chefio Saringan Tepung Warna 1

Mulai dari Rp80.000,00

Menengah

Warna kerennya bikin interior dapur Anda tampak lebih indah

6

Ayakan Tepung 80 Mesh Stainless

 Ayakan Tepung 80 Mesh Stainless 1

Mulai dari Rp88.000,00

Agak Mahal

Mesh berukuran 80 buat hasil ayakan jadi lebih halus

7

IKEA

IDEALISK Flour Sifter

IKEA  IDEALISK Flour Sifter 1

Mulai dari Rp49.900,00

Menengah

Praktis, tuasnya memudahkan Anda bak koki profesional

8

Delicia

Mechanic Sieve

Delicia Mechanic Sieve  1

Mulai dari Rp49.999,00

Menengah

Transparan, Anda pun lebih mudah perkirakan kebutuhan tepung

9

Round StrainerAO8

 Round Strainer 1

Mulai dari Rp54.500,00

Menengah

Ukurannya bermacam-macam, membuat kue apa pun kian mudah

10

CHEFMADE

5.5" Hello Kitty Fine Mesh StrainersKT7010

CHEFMADE 5.5" Hello Kitty Fine Mesh Strainers 1

Mulai dari Rp188.000,00

Lebih Mahal

Karakter Hello Kitty tentunya membuat si kecil semangat membantu bunda

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

MaspionJawa Saringan Santan

Jawa Saringan Santan 1
Sumber: logamjawa.com
Jawa Saringan Santan 2
Sumber: shopee.co.id
Jawa Saringan Santan 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp10.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp10.000,00
Agak Murah

Menyaring santan kian gampang dengan saringan santan aluminium ini

Kelebihan:

  • Berbahan aluminium yang ringan, tangan tidak cepat pegal

Kekurangan:

  • Ada pembeli yang mengatakan saringannya mudah penyok

Selain saringan tepung, Anda juga membutuhkan saringan santan saat membuat kue. Karena itu, kami merekomendasikan saringan santan dari Maspion ini agar aktivitas membuat kue makin lancar.


Umumnya, saringan untuk santan memiliki ukuran lubang mesh yang lebih besar dari saringan tepung. Selain itu, Anda juga bisa memilih berbagai ukuran yang tersedia sesuai kebutuhan, mulai dari diameter 16–24 cm.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

EagleSS Strainer

SS Strainer 1
Sumber: shopee.co.id
SS Strainer 2
Sumber: shopee.co.id
SS Strainer 3
Sumber: shopee.co.id
SS Strainer 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp5.900,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp5.900,00
Lebih Murah

Bentuknya mini sehingga mudah disimpan

Kelebihan:
  • Bentuknya kecil, hemat space penyimpanan
  • Dilengkapi lubang gantungan, mengeringkan sekaligus menyimpan

Kekurangan:

  • Rentan patah karena gagangnya dari plastik

Untuk Anda yang mencari saringan dengan ukuran kecil, produk ini dapat menjadi pilihan. Saringan mini ini efektif untuk menabur gula halus, tepung, dan cocoa powder di atas kue atau roti.


Anda juga bisa gunakan saringan ini untuk membuat bubur halus atau pure yang bisa dinikmati bayi Anda. Setelah mencucinya, Anda bisa langsung menggantungnya karena terdapat lubang gantungan di ujung handle.

No.3

Ca TalinaFlour Filter

Flour Filter 1
Sumber: shopee.co.id
Flour Filter 2
Sumber: shopee.co.id
Flour Filter 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp135.932,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp135.932,00
Agak Mahal

Tekan tuasnya dan dapatkan hasil ayakan yang minim tumpahan

Kelebihan:

  • Mudah digunakan, cukup tekan tuasnya
  • Alatnya cukup tinggi sehingga minim tumpahan

Kekurangan:

  • Ada pembeli yang mengatakan lubang penyaringnya kurang rapat

Produk ini kami rekomendasikan jika Anda tidak ingin melihat hasil ayakan yang berantakan. Anda cukup menekan tuasnya dan hasil ayakan pun keluar tanpa disertai tumpahan tepung. Terdapat warna pink dan blue yang dapat dipilih sesuai selera Anda. Terlebih lagi, produk ini pun nyaman digenggam dengan desainnya yang menyerupai gayung.

No.4

Best Master WareSaringan Tepung Stainless Steel

Saringan Tepung Stainless Steel 1
Sumber: shopee.co.id
Saringan Tepung Stainless Steel 2
Sumber: shopee.co.id
Saringan Tepung Stainless Steel 3
Sumber: shopee.co.id
Saringan Tepung Stainless Steel 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp15.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp15.000,00
Agak Murah

Selain tepung, efektif juga untuk menyaring kopi dan teh!

Kelebihan:

  • Tersedia dalam 10 macam ukuran, mudah disesuaikan dengan kebutuhan
  • Serbaguna, bisa digunakan juga untuk menyaring teh, kopi, minyak

Kekurangan:

  • Ada pembeli yang mengatakan jaring kurang tebal

Kami merekomendasikan produk ini jika Anda sedang mencari saringan tepung berbahan stainless steel yang serbaguna. Selain dipakai untuk mengayak tepung, produk ini juga dapat Anda pakai untuk menyaring kopi, minyak, atau teh. Anda dapat menggunakannya dengan tenang karena bahan yang dipakai adalah stainless steel 201 dengan kelas food grade.

No.5

ChefioSaringan Tepung Warna

Harga referensi
Mulai dari Rp80.000,00
Menengah

Warna kerennya bikin interior dapur Anda tampak lebih indah

Kelebihan:

  • Warna-warnanya keren, siap mempercantik dapur Anda

Kekurangan:

  • Ada pembeli yang mengatakan alatnya agak macet saat ditekan

Apakah Anda bosan dengan saringan tepung yang itu-itu saja? Produk ini layak Anda pilih karena desain warnanya yang unik dan keren. Warna-warni dari saringan tepung ini tentunya juga dapat memperindah interior ruangan dapur Anda. Produk ini hadir dengan empat varian warna, yaitu gold, copper, rainbow red, dan rainbow blue. Miliki segera dan jadikan dapur Anda lebih semarak!

No.6

Ayakan Tepung 80 Mesh Stainless

Ayakan Tepung 80 Mesh Stainless 1
Sumber: shopee.co.id
Ayakan Tepung 80 Mesh Stainless 2
Sumber: shopee.co.id
Ayakan Tepung 80 Mesh Stainless 3
Sumber: shopee.co.id
Ayakan Tepung 80 Mesh Stainless 4
Sumber: shopee.co.id
Ayakan Tepung 80 Mesh Stainless 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp88.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp88.000,00
Agak Mahal

Mesh berukuran 80 buat hasil ayakan jadi lebih halus

Kelebihan:

  • Ukuran 80 mesh hasilkan tepung yang lebih halus

Kekurangan:

  • Pilihan diameter saringan terbatas, hanya ada 2 ukuran

Saringan tepung ini terbuat dari bahan stainless steel berkualitas tinggi sehingga akan lebih awet untuk digunakan jangka panjang. Anda bisa memilih ukuran besar atau kecil disesuaikan dengan keperluan.


Lebih dari itu, mesh berukuran 80 ini akan membuat hasil ayakan tepung Anda lebih halus. Jadi, produk ini pas untuk Anda yang membutuhkan saringan tepung halus dengan ketahanan mumpuni.

No.7

IKEA IDEALISK Flour Sifter

IDEALISK Flour Sifter 1
Sumber: ikea.co.id
IDEALISK Flour Sifter 2
Sumber: ikea.co.id
IDEALISK Flour Sifter 3
Sumber: ikea.co.id
IDEALISK Flour Sifter 4
Sumber: ikea.co.id
IDEALISK Flour Sifter 5
Sumber: ikea.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp49.900,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp49.900,00
Menengah

Praktis, tuasnya memudahkan Anda bak koki profesional

Kelebihan:
  • Bentuknya ergonomis, mudah digunakan

Kekurangan:

  • Hanya cocok digunakan untuk tepung yang halus

Saringan ini menawarkan kepraktisan bagi Anda yang menggunakannya karena dilengkapi tuas di handelnya. Anda pun tampak seperti koki profesional ketika mengayak tepung. Hal ini berkat bahan stainless steel bermutu tinggi dengan finishing yang mengilap.


Tipe ini cocok digunakan untuk bahan-bahan tepung yang sangat halus, seperti tepung terigu atau gula halus. Namun, untuk bahan yang lebih kasar, seperti almond powder, tipe ini akan membuat Anda pegal ketika menggunakannya. Jika Anda menyukai peralatan dapur yang praktis dan keren, kami merekomendasikan saringan dari IKEA ini!

No.8

DeliciaMechanic Sieve

Harga referensi
Mulai dari Rp49.999,00
Menengah

Transparan, Anda pun lebih mudah perkirakan kebutuhan tepung

Kelebihan:

  • Desain transparan, mudah memperkirakan kebutuhan tepung

Kekurangan:

  • Hanya tersedia satu ukuran berkapasitas 250 gram

Terkadang kebutuhan akan pemakaian tepung sulit ditakar. Dengan produk ini, masalah Anda akan teratasi karena desainnya yang transparan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memperkirakan seberapa banyak tepung yang dibutuhkan. Cara penggunaannya pun mudah, Anda cukup menekan tuas yang terdapat pada alat ini dan tepung pun akan keluar.

No.9

Round StrainerAO8

Harga referensi
Mulai dari Rp54.500,00
Menengah

Ukurannya bermacam-macam, membuat kue apa pun kian mudah

Kelebihan:

  • Tersedia dalam berbagai ukuran, membuat kue makin mudah

Kekurangan:

  • Ada pembeli yang mengatakan produknya mudah penyok

Apabila Anda senang berkreasi dengan aneka bakery, produk yang satu ini wajib masuk dalam daftar belanja Anda. Dengan produk ini, Anda pun dapat menyaring tepung sesuai dengan jenis kue yang akan dibuat. Keenam buah ukurannya siap menemani Anda menghasilkan aneka hidangan lezat yang sudah dinantikan oleh seluruh anggota keluarga.

No.10

CHEFMADE5.5" Hello Kitty Fine Mesh StrainersKT7010

5.5" Hello Kitty Fine Mesh Strainers 1
Sumber: chefmade.com
5.5" Hello Kitty Fine Mesh Strainers 2
Sumber: chefmade.com
5.5" Hello Kitty Fine Mesh Strainers 3
Sumber: chefmade.com
5.5" Hello Kitty Fine Mesh Strainers 4
Sumber: chefmade.com
5.5" Hello Kitty Fine Mesh Strainers 5
Sumber: chefmade.com
Harga referensi
Mulai dari Rp188.000,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp188.000,00
Lebih Mahal

Karakter Hello Kitty tentunya membuat si kecil semangat membantu bunda

Kelebihan:

  • Desainnya imut, bisa libatkan anak untuk membantu Anda

Kekurangan:

  • Hanya terdapat 2 ukuran saja

Anda dapat mempertimbangkan produk ini karena terdapat karakter Hello Kitty imut di gagangnya. Dengan karakter yang disukai anak, tentunya ia akan makin bersemangat membantu Anda. Di samping itu, Anda pun dapat mengenalkan tentang dunia kuliner sejak dini kepada buah hati Anda. Produk ini tersedia dalam dua ukuran yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Tips membersihkan saringan tepung

Tips membersihkan saringan tepung

Di antara tipe saringan tepung, tipe sifter adalah tipe dengan desain yang cenderung sulit dibersihkan. Tak peduli seberapa mudah penggunaannya, Anda mungkin merasa repot saat akan membersihkan tipe ini.


Namun, hal ini tidak akan Anda alami jika sudah mengetahui tips and trik untuk membersihkan tipe sifter. Pertama-tama, ketuk salah satu bagian saringan untuk menyingkirkan sisa tepung yang masih menempel setelah selesai dipakai. Hindari mencuci dengan air karena dapat membuat tepung menggumpal dan menempel.


Lalu, gunakan sikat atau alat lain untuk menghilangkan bubuk tepung yang tersisa. Untuk tipe sifter, saringan akan mudah macet jika terdapat tepung yang tersangkut di dalamnya. Dengan demikian, Anda harus segera membersihkannya dengan air setelah selesai digunakan. Setelah dicuci dan dikeringkan, simpanlah dalam plastik agar tidak terkena debu.

Baca juga rekomendasi peralatan baking lainnya di sini

Kini, beragam jenis peralatan dapur terus diluncurkan untuk menjawab kebutuhan manusia. Pastinya Anda mencari produk berkualitas, praktis saat dipakai, dan harganya ramah kantong. Kami telah mengulas beberapa rekomendasi peralatan dapur yang memenuhi kriteria tersebut. Silakan membaca rekomendasinya di bawah ini. Siapa tahu ada yang cocok?

Kesimpulan

Nah, bagaimana dengan rekomendasi saringan tepung terbaik dari kami? Apakah Anda sudah menemukan produk yang menarik untuk dipilih? Meski fungsi utamanya sebagai saringan, ada pula yang dapat dipakai sebagai peralatan memasak.


Selalu perhatikan faktor kemudahan penggunaan dan proses pembersihannya saat memilih saringan tepung. Pastikan juga Anda memilih saringan tepung yang paling sesuai dengan kebutuhan, ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

5 Rekomendasi Saringan Tepung terbaik

No. 1: MaspionJawa Saringan Santan

No. 2: EagleSS Strainer

No. 3: Ca TalinaFlour Filter

No. 4: Best Master WareSaringan Tepung Stainless Steel

No. 5: ChefioSaringan Tepung Warna

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Perlengkapan baking
  4. 10 Saringan Tepung Terbaik - Ditinjau oleh Cake Designer (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.