10 Rekomendasi Saringan Tepung Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Saringan Tepung Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Mengayak tepung adalah kegiatan yang sering kali dilakukan ketika Anda membuat kue atau masakan lainnya. Tujuannya adalah mencegah tepung menggumpal dan untuk memasukkan udara ke dalamnya agar kue dapat mengembang dengan lebih baik. Untuk itu, memilih saringan tepung yang sesuai dengan kebutuhan Anda sangat penting.

Sekilas semua saringan tepung terlihat sama, tetapi sebetulnya terdapat perbedaannya, lho. Pada artikel kali ini kami akan memberikan tips memilih dan 10 rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga Anda dapat terbantu dengan artikel ini dan selamat membaca!

Daftar isi

Tipe-tipe saringan tepung

Sebelum kita memasuki bagian cara memilih tepung, kami akan menjelaskan terlebih dahulu tipe-tipe saringan tepung yang sering digunakan sehari-hari.

Terdapat 3 tipe saringan tepung yang akan kami jelaskan kali ini, yaitu tipe saringan dengan pegangan, tipe flat, dan tipe saringan dengan penampung. Nah, mari kita bahas satu persatu!

Tipe saringan yang dilengkapi dengan pegangan

Tipe saringan yang dilengkapi dengan pegangan

Saringan tipe ini dibuat untuk memudahkan pemakainya ketika mengayak dan menyaring tepung. Anda juga dapat menggunakan saringan ini untuk mengangkat makanan yang direbus dan digoreng juga, lho. Serbaguna, bukan?

Namun, saringan tipe ini seringkali memiliki pori-pori yang cukup besar sehingga Anda harus lebih memperhatikan ukuran pori-porinya agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tipe flat yang serbaguna

Tipe flat yang serbaguna

Saringan tipe flat ini memiliki bentuk yang rata sehingga dapat dengan mudah diletakkan di atas mangkuk atau piring. Selain sebagai saringan tepung, saringan tipe ini juga cocok untuk meniriskan makanan yang direbus dan digoreng. Saringan tipe ini juga memiliki pori-pori saringan yang relatif kecil dan permukaan luas sehingga dapat mempercepat pekerjaan Anda.

Namun, permukaannya yang luas juga menjadi kelemahannya. Tepung yang Anda saring dapat berantakan kemana-mana bila wadah penampung yang Anda sediakan tidak cukup besar.

Tipe saringan dengan penampung untuk penyaringan yang lebih rapi

Tipe saringan dengan penampung untuk penyaringan yang lebih rapi

Keuntungan menggunakan saringan tepung tipe ini adalah penyaringan yang lebih rapi dan lebih mudah karena terdapat tempat penampung tepung. Anda juga dapat menyering tepung dalam jumlah banyak sekaligus tanpa khawatir tepung akan tumpah dan mengotori dapur Anda.

Namun, saringan tipe ini relatif sulit untuk dibersihkan karena umumnya berbentuk menyerupai tabung. Jika dilihat dari kepraktisan yang Anda peroleh tentu kekurangan ini tidak akan menjadi masalah untuk Anda, bukan?

Cara memilih saringan tepung

Berikut kami akan memberikan tips untuk memilih saringan tepung. Semoga tips ini dapat membantu dalam memilih saringan tepung yang sesuai untuk Anda, ya!

Pilih bahan yang kuat

Pilih bahan yang kuat

Ketika Anda sedang menyaring tepung dalam jumlah banyak, beban yang harus ditahan oleh alat penyaring akan semakin besar. Jadi, Anda harus memastikan saringan Anda kuat dan tidak akan rusak bila menahan beban yang cukup berat.

Selain itu, memilih saringan yang nyaman dipegang juga sangat penting agar kegiatan memasak Anda lebih menyenangkan dan tangan terbebas dari pegal-pegal. Jika saringan tidak nyaman dipegang, mudah terjatuh saat digunakan, dan membuat dapur Anda berantakan, tentu Anda akan merasa jengkel, bukan?

Pilih saringan yang mudah dibersihkan

Pilih saringan yang mudah dibersihkan

Semakin simpel dan sederhana desain saringan, semakin mudah saringan tersebut untuk dibersihkan. Saringan tipe flat adalah yang paling mudah dibersihkan, sedangkan saringan dengan penampung lebih sulit dibersihkan.

Bila Anda tetap ingin memilih tipe saringan dengan penampung, pilihlah produk dengan bagian-bagian yang sederhana dan dapat dibongkar pasang dengan mudah. Apapun tipe pilihan Anda, pastikan Anda tidak merasa repot untuk membersihkannya.

Pilih saringan yang tidak membuat tepung mudah berceceran

Pilih saringan yang tidak membuat tepung mudah berceceran

Ketika menyaring tepung, hal yang paling menjengkelkan adalah tepung yang berserakan ke mana-mana. Saringan tipe flat adalah tipe yang paling mudah membuat tepung berantakan karena Anda harus mengayun saringan dengan kuat ketika menggunakannya. Tipe ini juga kurang cocok bila Anda memiliki dapur yang sempit karena gerakan Anda jadi terbatas.

Jika dibandingkan, tipe saringan dengan penampung memberikan hasil penyaringan yang paling rapi dan tidak berantakan. Untuk Anda yang sering melakukan pekerjaan menyaring atau mengayak tepung, kami merekomendasikan saringan tipe ini.

Pilih bahan saringan stainless steel atau resin

Pilih bahan saringan stainless steel atau resin

Pada umumnya, saringan terbuat dari bahan stainless steel yang terkenal kuat dan tidak mudah berkarat. Selain itu, bahan stainless steel juga mudah dibersihkan.

Selain stainless steel, bahan plastik resin juga cukup sering digunakan untuk alat penyaring tepung. Meskipun daya tahannya tidak sebaik stainless steel, bahan plastik resin ini memiliki berat yang ringan dan memiliki pori-pori yang lebih kecil dan halus.

Jadi, apabila Anda menginginkan saringan yang ringan, kami merekomedasikan bahan plastik resin. Jika Anda menginginkan saringan dengan daya tahan tinggi, kami merekomendasikan bahan stainless steel.

10 Rekomendasi saringan tepung terbaik

Berikut kami akan memberikan rekomendasi saringan tepung terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga produk yang kami rekomendasikan ini dapat menjadi inspirasi untuk Anda dalam memilih saringan tepung!

10. Saringan Tepung Plastik

10. Saringan Tepung Plastik

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 62.000

Bahan plastik yang ringan dan tidak bikin tangan pegal

Saringan tepung tipe flat ini  terbuat dari bahan plastik yang ringan dan tebal. Meskipun bahan plastik tidak sekuat stainless steel, daya tahan dari produk ini tidak dapat diremehkan, lho! Saringan tepung ini memiliki berbagai pilihan warna yang terang sehingga membuat kegiatan memasak Anda menjadi lebih bersemangat dan menyenangkan.

Saringan dengan diameter 22,5 cm ini memiliki pegangan dan saringan yang terbuat dari bahan plastik PP (Polipropilena) sehingga ringan dan mudah digunakan. Untuk Anda penyuka produk yang tidak cepat bikin tangan pegal, produk ini dapat Anda coba

9. Round Handle Stainless Steel Strainer

9. Round Handle Stainless Steel Strainer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 168.000

Saringan berukuran kecil untuk frekuensi pemakaian rendah

Saringan ini terbuat dari bahan stainless steel yang tebal dan kuat sehingga tidak mudah robek ketika digunakan. Anda dapat menggunakan saringan ini untuk mengayak tepung ataupun menyaring teh dan kopi ketika diseduh karena ukurannya yang kecil dan mudah digunakan, yaitu hanya berdiameter 12 cm saja.

Ukurannya yang kecil sebenarnya juga menjadi kekurangannya. Anda tentu jadi tidak bisa menyaring atau mengayak tepung dalam jumlah banyak sekaligus. Jadi, kami merekomendasikan saringan ini untuk Anda yang hanya menyaring tepung sesekali saja dan dalam jumlah yang tidak banyak.

8. Stainless Steel Powder Sifter Shaker

8. Stainless Steel Powder Sifter Shaker

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 131.831

Dibuat tanpa pegangan sehingga mudah disimpan

Saringan tepung ini termasuk tipe saringan dengan penampung. Saat menggunakannya, Anda harus menggoyangkannya agar tepung dapat berjatuhan. Penutup yang tersedia pada saringan ini berfungsi untuk menjaga kadar air dari tepung agar tidak berubah, terutama ketika Anda meninggalkan tepung di dalamnya dalam waktu lama.

Saringan ini dilengkapi dengan 16 jenis kasa saring yang dapat diganti sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Karena bentuknya menyerupai tabung dan tanpa pegangan, saringan ini sangat mudah disimpan. Apabila Anda memiliki lemari penyimpanan yang sempit, saringan ini dapat membantu Anda menghemat tempat, lho.

7. Mini Powder Sifter Made in Japan

7. Mini Powder Sifter Made in Japan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Mudah digunakan dan tahan lama

Saringan tepung dari bahan stainless steel ini memiliki diameter 6,5 cm. Ukurannya yang kecil membuatnya mudah untuk digunakan, tetapi Anda tidak dapat menyaring tepung dalam jumlah banyak sekaligus, ya. Selain tepung, saringan ini juga cocok digunakan untuk menabur gula halus dan cocoa powder di atas camilan Anda.

Ukuran pori-pori saringan ini juga dibuat kecil sehingga mampu menyaring tepung dengan baik, serta dibuat dengan kuat sehingga tahan lama. Untuk Anda yang menginginkan saringan serbaguna dengan ukuran yang kecil, saringan ini dapat menjadi pilihan untuk Anda.

6. Saringan Tepung Stainless Steel 6 Set

6. Saringan Tepung Stainless Steel 6 Set

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 115.000

Dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan

Saringan tepung tipe flat ini terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan tahan lama. Bagian samping saringan ini didesain dengan pinggiran berdinding tinggi untuk mencegah tepung berhamburan saat diayak sehingga membuat kegiatan memasak Anda menjadi lebih nyaman

Saringan tepung ini terdiri dari 6 set yang masing-masing memiliki ukuran 13, 15, 18, 19, 21, dan 24 cm. Anda juga dapat memanfaatkan saringan ini untuk meniriskan makanan sehabis digoreng, lho. Untuk Anda yang tidak mau repot membeli berbagai macam saringan untuk berbagai keperluan, kami merekomendasikan set saringan ini.

5. Huaquan Powder Sieve

5. Huaquan Powder Sieve

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 99.000

Bahan plastik food grade yang mudah untuk dicuci

Saringan ini terbuat dari bahan plastik food grade yang aman untuk digunakan dan memiliki diameter sebesar 10,3 cm dan tinggi 9,5 cm. Anda dapat menampung tepung dalam jumlah cukup banyak sekaligus. Karena terbuat dari bahan plastik, saringan ini memiliki desain yang simpel sehinga lebih mudah dibersihkan dan dikeringkan.

Pada bagian pegangan dari saringan terdapat tuas yang sangat nyaman dan mudah digunakan. Tuas ini akan membuat tepung yang ditampungnya melewati saringan sehingga Anda tidak perlu repot-repot menggoyangkannya. Untuk Anda yang ingin menyaring tanpa berantakan dan tanpa repot, kami merekomendasikan produk ini.

4. Reno TN11-1

4. Reno TN11-1

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 39.600

Tipe pegangan dengan harga yang terjangkau

Saringan ini terbuat dari bahan stainless steel yang tebal, kuat, dan tahan panas. Bagian pegangannya terbuat dari bahan plastik dengan motif kayu yang sangat nyaman ketika disentuh dan digunakan. Selain itu, ukurannya yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil membuatnya bisa digunakan untuk banyak hal.

Tipe saringan dengan pegangan ini banyak digunakan oleh banyak orang karena tidak hanya digunakan sebagai saringan tepung saja, tetapi juga bisa digunakan untuk meniriskan makanan dalam jumlah kecil. Untuk Anda yang menginginkan saringan dengan banyak kegunaan dan harga yang terjangkau, kami merekomendasikan produk ini.

3. Stainless Steel Cup Powder

3. Stainless Steel Cup Powder

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 364.914

Kapasitas yang besar untuk Anda yang tidak suka repot

Saringan tepung dengan penampung ini terbuat dari bahan stainless steel di seluruh bagiannya. Bahannya yang ringan dan kuat tentu akan membuat Anda merasa betah menggunakannya. Di bagian samping saringan ini terdapat tuas putar yang dapat digunakan untuk membantu Anda melewatkan tepung melalui saringan.

Saringan dengan desain yang stylish ini memiliki penampung dengan kapasitas yang besar. Anda dapat memasukkan tepung dalam jumlah banyak sekaligus sehingga Anda tidak perlu bolak-balik mengisikan tepung ke dalamnya. Untuk Anda yang sering mengayak tepung dalam jumlah banyak, saringan ini dapat memudahkan pekerjaan Anda.

2. Saringan Tepung Plastik PP

2. Saringan Tepung Plastik PP

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 515.000

Desain yang compact dan sederhana

Saringan tepung tipe dengan penampung ini memiliki pegangan yang terbuat dari bahan plastik PP food grade dan saringan dari bahan stainless steel. Pada saringan ini juga terdapat tuas yang sangat mudah ditekan untuk membantu Anda melewatkan tepung melalui saringan.

Desain saringan tepung ini dibuat compact sehingga mudah disimpan dan digunakan. Untuk Anda yang tidak suka repot dan mengutamakan kepraktisan, produk ini adalah jawabannya. Dibandingkan dengan produk sejenis lainnya, bahan pada produk ini lebih tebal dan lebih baik. Namun, Anda tentu harus merogoh kocek lebih dalam juga, ya.

1. IKEA Idealisk Ayakan Tepung

1. IKEA Idealisk Ayakan Tepung

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 69.900

Desain stylish untuk kesan dapur yang modern

Saringan tepung yang terbuat dari bahan stainless steel ini memiliki diameter 10,5 cm dan tinggi 9,5 cm. Pada bagian pegangannya terdapat tuas yang harus ditekan agar tepung jatuh melewati saringan. Selain itu, saringan ini juga aman untuk dicuci di dalam mesin pencuci piring, lho!

Saringan ini memberikan kesan yang keren dan stylish bagi mereka yang menggunakannya. Siapa sih, yang tidak mau tampak seperti koki profesional ketika mengayak tepung? Hal ini berkat bahan stainless steel bermutu tinggi dengan finishing yang super sleek. Untuk Anda yang menyukai produk yang keren dan stylish, kami merekomendasikan saringan ini untuk Anda.

Bagaimana cara merawat saringan tepung?

Bagaimana cara merawat saringan tepung?

Setelah Anda memakai saringan tepung, Anda harus membersihkannya dengan baik sehingga tidak ada sedikit pun sisa tepung yang menempel. Hal yang dapat Anda lakukan adalah mengelap saringan dengan kain, kemudian menyikatnya dengan lembut sambil dibilas. Setelah dicuci, Anda juga harus mengeringkannya hingga betul-betul kering.

Setelah bersih, simpanlah saringan di dalam kantong plastik agar saringan menjadi lebih awet. Apabila Anda menyimpan saringan dalam waktu lama, kami merekomendasikan Anda untuk membersihkannya lagi sebelum digunakan untuk memastikan kebersihannya.

Kesimpulan

Nah, bagaimana dengan rekomendasi saringan tepung yang kami berikan untuk Anda? Kami berharap tips dari kami dapat mempermudah Anda dalam memilih saringan tepung yang terbaik.

Hal terpenting ketika memilih alat penyaring tepung adalah kemudahan dalam pemakaian dan pembersihannya. Pastikan juga Anda memilih saringan tepung yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!