• 10 Rekomendasi Handuk Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Handuk Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Handuk Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Handuk Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Handuk Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Handuk Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Handuk mandi yang bagus memiliki kemampuan menyerap air yang baik. Terdapat berbagai macam merek handuk mandi kualitas terbaik, seperti Terry Palmer, Miniso, IKEA, dan merek lainnya. Handuk dari merek-merek tersebut memiliki model, ukuran, kelembutan, dan daya serap yang berbeda-beda.


Artikel ini menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli handuk mandi. Anda juga dapat melihat rekomendasi handuk mandi terbaik dengan harga dan kualitas yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Selain itu, kami juga menyelipkan tips merawat handuk agar tahan lama. Silakan Anda baca artikelnya sampai tuntas dan temukanlah handuk mandi yang terbaik.

  • Pembaharuan terakhir: 06 Oktober 2021
  • 87.481 Views
Daftar isi

Cara memilih handuk mandi

Mandi menjadi aktivitas wajib yang dilakukan setiap hari, apalagi jika Anda tinggal di negara tropis. Handuk pun menjadi kebutuhan yang sangat penting. Untuk memilih handuk mandi yang nyaman digunakan sehari-hari, Anda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

Cari tahu bahannya terlebih dahulu

Cari tahu bahannya terlebih dahulu

Umumnya handuk mandi dibuat dari bahan katun. Kain katun dikenal dapat menyerap air dengan baik. Sejumlah bahan katun yang kerap dijadikan handuk adalah kain terry dan Turkish cotton. Selain itu, kini juga tersedia handuk berbahan katun organik yang lebih aman untuk kulit.


Bahan lain yang juga banyak dilirik adalah microfiber. Bahan ini merupakan serat sintetis berdiameter sangat kecil. Handuk microfiber mampu menyerap air 7–8 kali lebih banyak sekaligus mengering tiga kali lebih cepat dibandingkan kain katun.


Serat bambu juga merupakan salah satu bahan handuk yang disukai. Serat bambu memiliki kapilaritas paling tinggi sehingga mampu menyerap cairan dengan baik. Bahan paduan katun dan serat bambu ini menghasilkan handuk mandi murah serta berkualitas. Jadi, Anda tetap bisa mendapatkan handuk berdaya serap yang baik dengan harga terjangkau.

Kenali gramasi untuk menemukan handuk yang mampu menyerap air

Kenali gramasi untuk menemukan handuk yang mampu menyerap air

Anda mungkin pernah menemukan kata gramasi (gms) di dalam keterangan produk handuk. Gramasi adalah ukuran berat kain dengan satuan gram/m2 dan berpengaruh pada daya serap handuk. Makin besar gramasi, makin tinggi daya serapnya.


Handuk bergramasi rendah, sekitar 300–450 gm/m2, memiliki karakteristik ringan dan lembut sehingga cocok dibawa bepergian. Sementara itu, handuk bergramasi lebih dari 500 gm/m2 cenderung tebal. Jika Anda menginginkan handuk mandi yang bisa menyerap air dengan maksimal, kami menyarankan memilih handuk dengan gramasi minimal 500. 


Namun, perlu disadari juga bahwa gramasi yang tinggi membuat bobot handuk lebih berat. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap waktu pengeringan handuk. 

Ketahui jenis handuk mandi berdasarkan proses pembuatannya

Ketahui jenis handuk mandi berdasarkan proses pembuatannya

Jika dilihat dari tipe tenunannya, handuk dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu pile towel dan sheared towel. Permukaan benang pada handuk pile towel ditenun dengan teknik pile loop (tenun handuk). Handuk ini mampu menyerap air dengan baik dan teksturnya menyerupai bulu. Karena itu, handuk jenis ini cocok digunakan sebagai handuk mandi.

Bagian permukaan benang pada handuk jenis sheared towel dipotong merata. Alhasil, bulu-bulunya terlihat berdiri tegak. Sheared towel terasa lembut di kulit sehingga cocok bagi Anda yang mengutamakan kenyamanan. Namun, handuk yang sering dijadikan handuk pantai ini kurang mampu menyerap air saat pemakaian pertama kali.

Jangan lupa untuk memperhatikan ukurannya, ya!

Jangan lupa untuk memperhatikan ukurannya, ya!
Handuk wajah, handuk tangan, handuk mandi, dan handuk olahraga tentunya memiliki ukuran yang berbeda-beda. Umumnya handuk mandi berukuran 60 cm x 120 cm. Ukuran ini cocok dipakai oleh anak-anak atau orang dewasa. Namun, handuk berukuran 60 cm x 120 cm dapat memakan banyak tempat jika jumlahnya banyak. Jika demikian, Anda dapat memilih handuk yang berukuran lebih kecil, contohnya 40 cm x 120 cm.

Ada pula handuk yang berukuran 34 cm x 86 cm. Ukuran handuk ini berada di antara handuk wajah dan handuk mandi. Karena itu, handuk ini bisa digunakan sebagai handuk untuk mengeringkan rambut atau handuk olahraga. 


Tambahan lagi, handuk mandi tidak selalu berbentuk persegi panjang. Ada juga handuk mandi kimono yang lebih praktis. Anda cukup mengenakannya seperti memakai coat dan mengikat pinggangnya. Anda yang sering kerepotan melilitkan handuk sepertinya akan menyukai handuk kimono.

Dapatkan perlindungan maksimal dengan handuk tanpa fluorescent

Dapatkan perlindungan maksimal dengan handuk tanpa fluorescent

Handuk mandi akan langsung menyentuh kulit Anda sehingga keamanan bahannya harus diperhatikan. Dalam hal ini, Anda sebaiknya memilih handuk yang bebas dari fluorescent, apalagi jika handuknya akan digunakan untuk bayi dan anak-anak. 


Fluorescent adalah kandungan bahan yang merujuk ke bidang pertambangan. Bahan tersebut biasanya ditemukan pada jenis pewarna yang memberikan sedikit efek glowing karena terdapat kandungan merkuri. Efek zat ini akan langsung terasa pada orang-orang berkulit sensitif. Jadi, telitilah baik-baik sebelum memutuskan membeli.

Jika Anda kebingungan memastikan apakah sebuah handuk mengandung fluorescent atau tidak, Anda dapat memilih handuk mandi berwarna putih. Handuk putih biasanya tidak memiliki kandungan pewarna sehingga bebas dari zat fluorescent. 

10 Rekomendasi handuk mandi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk handuk mandi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
BahanKatun
Ukuran70 cm x 140 cm
Gramasi400
9

Summertide Sultana Full-Sized Turkish Towel

Mulai dari Rp 258.000,00

BahanTurkish Cotton
Ukuran100 cm x 180 cm
GramasiTidak disebutkan
8
BahanKatun
Ukuran65 cm x 140 cm
Gramasi400
7
BahanKatun
Ukuran70 cm x 140 cm
GramasiTidak disebutkan
6
BahanKatun
Ukuran70 cm x140 cm
Gramasi550
5
BahanKatun Mesir
Ukuran40 cm x 110 cm
Gramasi500
4
BahanKatun
UkuranPanjang kimono: ± 105cm・Panjang tangan: ± 65 cm・Lingkar dada: ± 150 cm
Gramasi380
3
BahanMikrofiber
Ukuran70 cm x 140 cm
GramasiTidak disebutkan
2

Terry PalmerMorning Whistle Bamboo Towel Fresia

Mulai dari Rp 75.000,00

BahanKatun bambu
Ukuran70 cm x 135 cm
Gramasi450
1
BahanKatun terry
Ukuran70 cm x 135 cm
Gramasi380

Tabel perbandingan produk handuk mandi terbaik

Gambar produk
1
Chalmer Handuk Mandi Seri Klasik 1

Chalmer

2
Terry Palmer Morning Whistle Bamboo Towel Fresia 1

Terry Palmer

3
Sorex Microfiber Towel ZigZag 1

Sorex

4
Chalmer Kimono Handuk 1

Chalmer

5
Terry Palmer Handuk Mandi Travel 1

Terry Palmer

6
Nina MG Napa Bath Towel 1

Nina MG

7
Miniso Adventure Time Bath Towel 1

Miniso

8
Mutia Handuk Mandi Dewasa Polos 1

Mutia

9
Summertide  Sultana Full-Sized Turkish Towel 1

Summertide

10
IKEA HÄREN 1

IKEA

Nama produk

Handuk Mandi Seri Klasik

Morning Whistle Bamboo Towel Fresia

Microfiber Towel ZigZag

Kimono Handuk

Handuk Mandi Travel

Napa Bath Towel

Adventure Time Bath Towel

Handuk Mandi Dewasa Polos

Sultana Full-Sized Turkish Towel

HÄREN

Keunggulan

Takut handuk tertukar? Yang satu ini memiliki banyak pilihan warna cerah!

Serat bambu dengan daya serap empat kali lebih besar!

Bebas bau apak dengan handuk yang mudah kering

Praktis! Tinggal pakai, ikat talinya, dan tunggu badan kering

Traveling jadi lebih praktis dengan handuk kecil ini!

Bahannya hypoallergenic, warnanya pun cantik

Ada karakter lucunya, cocok dijadikan kado untuk anak

Warna cerahnya tahan lama dan tidak mudah pudar!

Ringan dan lebar, berbahan Turkish cotton premium

Jadi mudah digantung dan tidak mudah menyusut

Harga mulai dariRp 62.000,00Rp 75.000,00Rp 65.000,00Rp 249.900,00Rp 30.000,00Rp 348.000,00Rp 266.500,00Rp 60.000,00Rp 258.000,00Rp 79.900,00
BahanKatun terryKatun bambuMikrofiberKatunKatun MesirKatunKatunKatunTurkish CottonKatun
Ukuran70 cm x 135 cm70 cm x 135 cm70 cm x 140 cmPanjang kimono: ± 105cm・Panjang tangan: ± 65 cm・Lingkar dada: ± 150 cm40 cm x 110 cm70 cm x140 cm70 cm x 140 cm65 cm x 140 cm100 cm x 180 cm70 cm x 140 cm
Gramasi380450 Tidak disebutkan380500550Tidak disebutkan400Tidak disebutkan400
Tautan produk

Tips merawat handuk mandi agar tahan lama

Tips merawat handuk mandi agar tahan lama

Supaya handuk mandi dapat dipakai dalam jangka panjang, Anda harus memperhatikan keterangan mengenai cara mencuci handuk tersebut. Selain itu, kami juga memiliki beberapa tips ekstra agar handuk mandi lebih tahan lama.


  • Batasi pemakaian pelembut pakaian. Penggunaan pelembut pakaian dapat merusak jaringan bahan dari handuk sehingga tidak begitu direkomendasikan. Namun, jika Anda tetap ingin menggunakan pelembut, frekuensi penggunaannya mungkin bisa dikurangi menjadi satu kali dalam sepuluh kali cuci. Hal ini juga berlaku untuk detergen yang sudah mengandung pelembut di dalamnya.

  • Bilas handuk sampai benar-benar bersih. Saat Anda mencuci handuk, pastikan Anda membilasnya sampai benar-benar bersih. Untuk mengetahui handuk sudah bersih atau belum, Anda dapat mengecek permukaan handuk. Apabila permukaan handuk terasa lembut, kemungkinan masih ada deterjen yang menempel di sela-sela serat handuk.

  • Hindari menjemur handuk di bawah sinar matahari langsung. Setelah handuk dibilas, Anda sebaiknya menjemur handuk di tempat yang berventilasi baik. Selain itu, handuk sebaiknya tidak dijemur di bawah sinar matahari langsung supaya handuk tidak menjadi kasar. 

  • Pastikan handuk tidak disetrika. Handuk yang sudah kering sebaiknya tidak disetrika. Suhu panas dari setrika akan merusak serat lembut pada handuk. Supaya handuk tidak terlihat kusut, handuk yang sudah diangkat dari jemuran bisa langsung dilipat. 

Baca juga rekomendasi handuk dan peralatan mandi lainnya di sini

Poin penting yang harus diperhatikan sebelum membeli handuk mandi telah dijabarkan. Selain itu, kami telah merekomendasikan sepuluh handuk mandi terbaik dari berbagai merek. Apabila Anda masih memerlukan informasi mengenai handuk dan peralatan mandi lainnya, silakan Anda buka tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Handuk mandi ternyata sangat beragam. Ada handuk mandi yang berbentuk kimono sehingga memudahkan Anda ketika mengeringkan badan. Selain itu, beberapa handuk mandi memiliki warna serta motif yang bagus.


Selain memperhatikan bentuk dan warna, Anda juga harus mencari tahu ukuran handuk dan juga gramasinya. Dengan demikian, handuk dapat digunakan dengan nyaman dan mampu menyerap tetesan air dengan maksimal. Jangan lupa untuk memperhatikan cara perawatannya juga, ya! Selamat memilih dan berbelanja!


Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ada banyak jenis sikat gigi yang tersedia di pasaran berdasarkan kelembutan dan bentuk bulunya. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan masyarakat, banyak orang mencari sikat gigi dengan bulu yang lembut dan halus. Dengan menggunakan sikat gigi yang bagus dan tepat, masalah seperti karang gigi tentunya bisa dihilangkan. Kali ini kami bekerja sama dengan dokter gigi, drg. Joseph Gunawan, untuk memberikan tips memilih sikat gigi terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi beberapa merk sikat gigi, seperti Pepsodent, Sensodyne, serta Curaden. Baca juga tips menyikat gigi yang benar di bagian akhir artikel. Silakan disimak! 
    Peralatan mandi
    61.094 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    Memilih produk perawatan rambut untuk si kecil memang gampang-gampang susah. Pasti ada hal-hal yang Anda pertimbangkan, bukan? Terlebih lagi, jika si kecil sudah beranjak dari masa balitanya. Kapan beralih dari shampo bayi ke shampo anak? Bagaimana menentukan shampo anak yang bagus? Anda tak perlu khawatir sebab kami punya tips memilih shampo terbaik untuk anak. Beragam merek shampo, seperti Sensatia Botanicals, Herbal Essence, dan Cocona Care ada di sini. Shampo yang bisa dipakai untuk anak dan seluruh anggota keluarga juga ada. Langsung saja, mari simak rekomendasi shampo untuk anak berikut ini!
    Peralatan mandi
    26.313 Views
  • 10 Rekomendasi Pengharum Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pengharum Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Toilet merupakan area yang cukup berisiko memiliki aroma tak sedap. Untuk itu, Anda membutuhkan pengharum toilet. Pengharum toilet akan memberi kesegaran dalam toilet. Kini, telah banyak bermunculan produk pengharum toilet dengan berbagai tipe, ada yang disemprot, diteteskan, dan sebagainya.Anda bisa menemukan pengharum toilet dari berbagai merek, seperti Stella Air Freshener, Bagus, Glade, dan lainnya. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih pengharum toilet, serta memberi rekomendasi produk terbaik. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menemukan produk yang tepat. Simak terus artikel ini, ya!
    Peralatan mandi
    24.284 Views
  • 10 Rekomendasi Bath Salt Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bath Salt Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain membersihkan tubuh, mandi bisa mengurangi lelah setelah seharian beraktivitas. Berendam dengan garam mandi juga dapat dilakukan untuk merelaksasi pikiran dan mengembalikan kebugaran. Ada beberapa garam mandi yang bisa Anda pilih, seperti Epsom salt, Dead Sea salt, dan Himalayan salt. Jenis-jenis bath salt tersebut sering kali hadir dengan penambahan essential oil dan kandungan berkhasiat lainnya. Di pasaran, Anda dapat menemukannya dalam merk-merk bath salt yang bagus, seperti Herborist dan Sensatia Botanicals. Bath salt seperti apa yang cocok untuk Anda? Silakan simak lebih lanjut ulasannya di bawah ini!
    Peralatan mandi
    13.134 Views
  • 10 Rekomendasi Toilet Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Toilet Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Toilet training merupakan tantangan bagi orang tua dan si kecil. Supaya proses toilet training dapat berjalan dengan lancar, kami sarankan untuk menggunakan toilet anak. Sekarang ini, sudah banyak toilet anak yang memiliki desain dan fungsi yang beragam.Anda ingin membeli toilet anak tetapi bingung harus memilih produk seperti apa? Jangan khawatir. Pada artikel ini, kami akan mengulas cara memilih toilet anak yang baik. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik seperti Richell, Baby Safe, dan Fisher Price. Pastikan Anda membacanya sampai habis, ya!
    Peralatan mandi
    11.331 Views
  • 10 Rekomendasi Shower Cap Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shower Cap Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Shower cap merupakan salah satu perlengkapan mandi yang esensial untuk mencegah rambut agar tidak basah ketika mandi. Anda juga bisa menggunakannya untuk menunjang penyerapan krim perawatan rambut. Saat ini, berbagai merek shower cap telah dijual di pasaran, seperti Beauphoria, Watsons, dan lainnya. Masing-masing produk memiliki desain dan fungsi yang berbeda. Supaya Anda tidak bingung, kali ini kami akan menjabarkan poin-poin penting dalam memilih shower cap. Kami juga akan memberi sepuluh rekomendasi produk terbaik beserta fitur unggulannya masing-masing. Mari temukan shower cap yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan mandi
    4.539 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori