1. TOP
  2. >
  3. Peralatan kantor & alat tulis
  4. >
  5. Alat tulis
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Rautan Pensil Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Rautan Pensil Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Rautan Pensil Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Rautan Pensil Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Rautan Pensil Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Rautan Pensil Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Rautan Pensil Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Anda yang kerap memakai pensil tentu tak asing lagi dengan rautan pensil. Namun, tahukah Anda bahwa rautan pensil ada beberapa jenis? Tiap jenis memiliki keunggulan masing-masing. Jenis rautan pensil ini yang harus Anda perhatikan saat memilihnya. Lalu, apa lagi yang harus diperhatikan saat memilih rautan pensil?

 

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai cara memilih rautan pensil terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi rautan pensil yang bagus. Anda dapat menemukan rautan pensil merek Kenko, Joyko, dan Deli. Baca artikelnya sampai habis, ya.
Diperbaharui 07-25-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih rautan pensil

Tipe rautan pensil merupakan salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilihnya. Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan. Di bawah ini, kami akan menjelaskan tips memilih rautan pensil terbaik.

① Sesuaikan tipenya dengan kebutuhan Anda

Ada tiga tipe rautan pensil yang dapat Anda temukan di pasaran. Ketiganya memiliki keunggulan masing-masing. Untuk mengetahui lebih jauh, baca ulasan dari kami di bawah ini, ya.

Rautan otomatis/elektrik, cepat dan praktis berkat tenaga listrik

Rautan otomatis/elektrik, cepat dan praktis berkat tenaga listrik
Sumber: shopee.co.id


Dengan rautan pensil otomatis atau elektrik, Anda tak perlu repot memegang atau memutar rautannya. Praktis dan cepat terutama bagi Anda yang sering meraut pensil. Namun, rautan pensil elektrik dapat meraut dengan sangat cepat. Jadi, jika Anda memilih tipe rautan ini, carilah yang dilengkapi fitur untuk mencegah rautan meraut terlalu banyak.


Sumber energi rautan tipe ini berasal dari listrik atau baterai. Jenis rautan pensil bertenaga listrik hanya dapat digunakan di tempat yang memiliki soket listrik. Sebaliknya, rautan pensil elektrik bertenaga baterai dapat Anda gunakan di mana saja. Namun, rautan pensil elektrik bertenaga baterai dinilai lebih boros. Apalagi jika Anda sering memakainya.

 
Untungnya, ada pula produk di pasaran yang memadukan dua sumber tenaga untuk rautan pensil elektrik. Jenis produk seperti ini dapat digunakan dengan baterai atau disambungkan ke soket listrik. Anda mungkin perlu mempertimbangkan produk seperti ini agar lebih hemat baterai.

Rautan manual, mudah digunakan bahkan oleh anak-anak

Rautan manual, mudah digunakan bahkan oleh anak-anak

Tipe rautan pensil ini mungkin merupakan tipe yang paling sering Anda lihat. Penggunaannya yang mudah membuat tipe rautan pensil ini menjadi pilihan banyak orang, bahkan anak-anak. Anda hanya perlu memasang pensil, lalu memutar bagian belakangnya. Meski demikian, jika Anda sering meraut pensil, menggunakan rautan pensil manual bisa jadi melelahkan.

 
Rautan manual dengan pemutar seperti ini memiliki beragam desain yang menarik dan lucu. Saat memilih tipe rautan ini, pilihlah rautan yang tidak hanya lucu, tetapi cukup berat. Hal ini agar rautan tetap stabil saat digunakan. Anda juga dapat memilih rautan manual dengan alas yang antiselip agar makin aman.

Rautan portabel, ringkas dan mudah dibawa ke mana saja

Rautan portabel, ringkas dan mudah dibawa ke mana saja

Tipe rautan ini memiliki bobot yang paling ringan di antara beragam tipe rautan lainnya. Ukurannya pun kecil sehingga mudah dibawa ke mana saja. Saat digunakan, tipe rautan ini juga tidak berisik. Namun, akan cukup melelahkan jika Anda menggunakannya untuk meraut banyak pensil.

 
Ada beragam model dan merek rautan portabel di pasaran. Agar sisa rautan pensil tidak berantakan, sebaiknya Anda memilih rautan portabel yang dilengkapi penampung. Dengan demikian, kotak pensil Anda tetap terjaga kebersihannya.

② Cek jenis pensil yang bisa diraut

Cek jenis pensil yang bisa diraut

Sebelum menentukan pilihan rautan pensil, periksa terlebih dahulu jenis dan ukuran pensil Anda. Jenis pensil umumnya mengacu pada bentuknya yang beragam. Ada pensil berbentuk bulat, segi delapan, juga segitiga. Pertimbangkanlah rautan pensil yang dapat digunakan untuk meraut semua jenis pensil.

Ukuran lubang rautan pensil juga beragam. Kebanyakan rautan pensil memiliki lubang yang dapat digunakan untuk pensil berdiameter 8 mm. Namun, jika pensil Anda berukuran lebih besar, Anda perlu rautan pensil yang lebih besar juga. Jika Anda ingin lebih praktis, cari saja produk dengan dua lubang pensil. Biasanya, produk seperti ini sesuai untuk pensil berukuran standar dan lebih besar.

③ Pertimbangkan produk yang dapat diatur ketajaman pisaunya

Pertimbangkan produk yang dapat diatur ketajaman pisaunya

Ketajaman pisau rautan pensil akan berpengaruh pada ketajaman pensil yang diraut. Jika Anda sering menulis, pensil Anda harus selalu runcing untuk menghasilkan tulisan tangan yang rapi. Namun, jika Anda lebih sering menggambar, ujung pensil yang agak tumpul dan membulat akan lebih cocok.

 
Atas alasan inilah, produk rautan pensil yang ketajamannya dapat diatur perlu Anda pertimbangkan. Produk seperti ini ada yang berupa rautan manual ataupun elektrik. Sayangnya, produk rautan yang dapat diatur ketajamannya jarang ditemukan di pasaran.

④ Untuk digunakan anak-anak, pastikan keamanan penggunaannya

Untuk digunakan anak-anak, pastikan keamanan penggunaannya

Saat memilih rautan pensil, pastikan pilihan Anda aman terutama jika digunakan oleh anak-anak. Jika Anda memilih tipe manual, pastikan bagian pisaunya tertutup atau memiliki struktur yang dapat mencegah jari terjepit. Selain itu, Anda sebaiknya juga menemani saat anak-anak menggunakan rautan pensil manual.

Jika Anda memilih rautan pensil listrik, pilih produk yang memiliki fitur automatic stopper. Fitur ini dapat menghentikan rautan jika wadah penampung tidak tertutup dengan benar. Fitur overheat prevention juga penting agar mesin rautan pensil tak lekas panas.

10 Rekomendasi rautan pensil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rautan pensil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Atali Makmur

Joyko Sharpener

Atali Makmur Joyko Sharpener  1枚目

Si kecil warna-warni dengan harga supermurah

2

Atali Makmur

Joyko Serutan Tangan

Atali Makmur Joyko Serutan Tangan 1枚目

Bodinya terbuat dari alumunium, awet dan tahan banting

3

KENKO

Sharpener (1 Hole)

KENKO Sharpener (1 Hole) 1枚目

Rautan pensil imut untuk penggunaan sehari-hari

4

TENWIN

Rautan Pensil Elektrik dan Manual

TENWIN  Rautan Pensil Elektrik dan Manual  1枚目

Manual atau elektrik, pilih saja sesuka Anda

5

Faber-Castell

Z-Sharpener

Faber-Castell Z-Sharpener 1枚目

Rautan untuk dua jenis ukuran pensil dalam ukuran yang ringkas

6

Deli

Rautan Pensil dengan Pengatur Ketajaman Warna Putih

Deli Rautan Pensil dengan Pengatur Ketajaman Warna Putih  1枚目

Meraut pensil lebih halus dengan lima pilihan ketajaman yang dapat diatur

7

STABILO

Exam Grade Sharpener

STABILO Exam Grade Sharpener 1枚目

Siap ujian dengan rautan pensil exam grade

8

LYRA

Groove Sharpener Twin Hole

LYRA Groove Sharpener Twin Hole 1枚目

Rautan untuk dua jenis pensil dengan varian warna meriah

9

Deli

Electric Pencil Sharpener

Deli  Electric Pencil Sharpener 1枚目

Mau pakai baterai atau USB? Pilih saja sesuka Anda

10

Milan

Sharpener + Eraser Stick

Milan Sharpener + Eraser Stick 1枚目

Kombinasi rautan dan penghapus dengan desain yang unik

Perincian produk
Close
No.1

Atali MakmurJoyko Sharpener SP-362

Mulai dari Rp580,00

Si kecil warna-warni dengan harga supermurah

Kelebihan:

  • Harga sangat murah
  • Dilengkapi penutup
  • Desain unik dengan empat pilihan warna

Kekurangan:

  • Penutup yang berfungsi sebagai penampung kecil sehingga perlu sering dibersihkan

Tak sedikit orang yang beranggapan tak perlu membayar mahal untuk sebuah rautan pensil. Apakah Anda juga berpikir hal yang sama? Bila ya, rautan pensil yang bagus merek Joyko ini adalah pilihan terbaik untuk Anda.


Tak hanya memiliki desain unik yang menyerupai roti, harga produk ini juga terjangkau. Hal tersebut membuatnya cocok dimiliki jika Anda mencari rautan berharga murah. Anda dapat membeli beberapa buah sekaligus dan menyimpannya di berbagai tempat seperti kotak pensil atau meja belajar.

No.2

Atali MakmurJoyko Serutan TanganB-153

Mulai dari Rp2.600,00

Bodinya terbuat dari alumunium, awet dan tahan banting

Kelebihan:

  • Bodi alumunium, awet dan tahan banting
  • Ukuran kecil dan ringkas
  • Harga terjangkau

Kekurangan:

  • Tidak ada fitur pengaman
  • Hanya memiliki satu lubang

Anda kesal dengan produk rautan plastik yang mudah rusak dan mencari rautan pensil yang tahan banting? Pilih saja rautan pensil dari Joyko ini. Bodinya terbuat dari aluminium sehingga tahan banting. Pisaunya sangat tajam, tentu menghasilkan rautan yang halus. Dengan tebal sekitar 1 cm saja, produk ini sangat cocok dibawa ke berbagai tempat.

No.3

KENKOSharpener (1 Hole)SP-71

Mulai dari Rp1.500,00

Rautan pensil imut untuk penggunaan sehari-hari

Kelebihan:

  • Ukuran kecil cocok dibawa ke mana saja
  • Bodi transparan dan berpenutup
  • Harga terjangkau

Kekurangan:

  • Hanya memiliki satu lubang

Anda sering kehilangan penutup rautan? Coba gunakan produk ini. Rautan pensil dari KENKO ini memiliki penutup yang menempel pada rautannya. Anda pun tak perlu takut lagi kehilangan penutupnya.


Selain itu, bagian bodinya transparan sehingga Anda tahu kapan harus mengosongkan penampungnya. Ukuran kecil membuatnya cocok diselipkan di kotak pensil dan digunakan setiap hari. Menariknya lagi, produk ini dijual dengan harga yang terjangkau.

No.4

TENWIN Rautan Pensil Elektrik dan Manual 8005

Mulai dari Rp55.000,00

Manual atau elektrik, pilih saja sesuka Anda

Kelebihan:

  • Dua mode penggunaan, elektrik dan manual
  • Dapat membuang isi pensil yang patah secara otomatis
  • Pisau dapat dilepas dan diganti

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi fitur keamanan seperti antiselip atau automatic stopper

Produk ini dapat menjadi pilihan jika Anda mencari rautan pensil elektrik dan manual dalam satu produk. Produk ini memiliki dua mode penggunaan, yaitu dengan listrik dari baterai dan secara manual. Jadi, meski kehabisan baterai Anda tetap bisa menggunakannya.


Uniknya lagi, bagian pisaunya dapat Anda ganti atau isi ulang saat sudah tumpul. Anda dapat menggunakan rautan ini untuk mempertajam semua jenis pensil dengan ukuran diameter 8 mm. Agar makin rapi, terdapat pula wadah penampung sisa rautannya.

No.5

Faber-CastellZ-Sharpener

Mulai dari Rp17.800,00

Rautan untuk dua jenis ukuran pensil dalam ukuran yang ringkas

Kelebihan:

  • Mata pisau lebih tajam
  • Memiliki penampung sisa rautan dan tutup
  • Dilengkapi dua lubang untuk pensil standar dan jumbo

Kekurangan:

  • Ukuran penampung cukup kecil sehingga perlu sering dibersihkan

Anda membutuhkan rautan untuk pensil ukuran standar dan jumbo? Coba saja produk dari Faber-Castell ini. Rautan ini memiliki dua lubang yang dapat digunakan untuk pensil standar dan jumbo berukuran 11 mm. Pisaunya diklaim lebih tajam dan tahan lama. Bagian bodinya pun transparan sehingga Anda bisa tahu dengan mudah saat penampungnya penuh. Menarik bukan?

No.6

DeliRautan Pensil dengan Pengatur Ketajaman Warna Putih EH502

Mulai dari Rp39.000,00

Meraut pensil lebih halus dengan lima pilihan ketajaman yang dapat diatur

Kelebihan:

  • Memiliki lima tingkatan ketajaman
  • Dilengkapi penampung yang cukup besar

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi fitur keamanan seperti antiselip

Produk rautan pensil yang dapat diatur ketajamannya cukup jarang di pasaran. Namun, produk seperti ini sangat berguna untuk memberikan hasil rautan yang lebih halus. Salah satunya produk rautan manual dari Deli ini.


Dengan produk ini, Anda dapat memilih dan mengatur sendiri lima tingkatan ketajamannya. Ketajaman pensil dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan, dan hasil rautannya lebih halus. Jika Anda mencari rautan manual yang dapat diatur ketajamannya, inilah produk untuk Anda.

No.7

STABILOExam Grade Sharpener

Mulai dari Rp6.000,00

Siap ujian dengan rautan pensil exam grade

Kelebihan:

  • Dilengkapi penampung sisa rautan
  • Ada penutup sehingga makin aman digunakan
  • Cocok digunakan untuk berbagai merek pensil

Kekurangan:

  • Penampung cukup kecil sehingga perlu sering dibersihkan

Anda atau putra-putri Anda tengah menyiapkan diri untuk mengikuti ujian dengan lembar jawab komputer? Pilihlah produk rautan pensil exam grade ini untuk mempertajam pensil 2B yang Anda miliki.


Dilengkapi penampung dan penutup, Anda tak perlu khawatir sisa rautan berceceran. Ukurannya pun cukup kecil untuk dimasukkan ke dalam kotak pensil. Anda dapat membawanya ke tempat ujian untuk menggunakannya kapan pun diperlukan.

No.8

LYRAGroove Sharpener Twin Hole7311250

Mulai dari Rp20.500,00

Rautan untuk dua jenis pensil dengan varian warna meriah

Kelebihan:

  • Bisa digunakan untuk dua jenis pensil yang berdiameter 8 mm dan 11 mm
  • Dilengkapi penutup dan penampung sisa rautan
  • Memiliki enam pilihan warna

Kekurangan:

  • Bodi tidak transparan sehingga lebih sulit memastikan penuh tidaknya penampung

Berbeda ukuran pensil, berbeda pula rautan pensil yang dibutuhkan. Namun, dengan produk ini Anda tidak perlu membeli dua rautan pensil berbeda. Rautan pensil dari Lyra ini memiliki dua lubang untuk pensil berukuran 8 dan 11 mm. Selain itu, pilihan warnanya pun beragam, pas untuk melengkapi koleksi alat tulis Anda. Anda yang memiliki dua jenis pensil perlu mengoleksi rautan ini.

No.9

Deli Electric Pencil Sharpener71204

Mulai dari Rp119.000,00

Mau pakai baterai atau USB? Pilih saja sesuka Anda

Kelebihan:

  • Sumber daya campuran dengan baterai dan USB
  • Otomatis melepas ujung pensil yang patah/rusak
  • Aman dari mesin yang terlalu panas atau perautan yang terlalu runcing

Kekurangan:

  • Waktu perautan cukup lama sampai satu menit
  • Produk harus diberi waktu jeda selama 5–10 menit setelah digunakan 30 kali

Anda tengah mencari produk rautan pensil dengan sumber daya baterai dan listrik? Ini dia produk untuk Anda. Produk ini dapat digunakan dengan baterai dan listrik menggunakan USB. Produk ini juga dilengkapi overheat protection untuk mencegah mesin menjadi terlalu panas saat digunakan. Selain itu, mesin ini juga dapat mati secara otomatis agar pensil tidak terlalu runcing.

No.10

MilanSharpener + Eraser Stick47021

Mulai dari Rp51.948,00

Kombinasi rautan dan penghapus dengan desain yang unik

Kelebihan:

  • Memadukan penghapus dan rautan pensil dalam satu produk
  • Desain unik dengan empat pilihan warna
  • Dilengkapi teknologi khusus agar pisau tak terlepas dari bodi

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi penampung sisa rautan pensil

Penggemar benda-benda unik perlu mencoba rautan pensil yang satu ini. Tak hanya mengombinasikan rautan pensil dan penghapus, produk ini juga memiliki bentuk yang unik mirip pisau cutter. Bagian pisau produk ini juga terbuat baja karbon yang tajam dan tahan lama. Agar makin aman, produk ini memiliki teknologi khusus yang dapat mencegah pisau terlepas dari rautan.

Baca juga rekomendasi rautan pensil lainnya di sini

Dalam artikel ini, kami menyinggung sedikit mengenai rautan pensil otomatis. Rautan pensil tipe ini dipilih banyak orang karena dapat menajamkan pensil dengan cepat dan mudah. Jika Anda tertarik memilikinya, Anda dapat mencari tahu lebih lanjut mengenai tipe rautan pensil otomatis dalam artikel ini.

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan rautan pensil yang paling pas untuk Anda? Saat memilih tipe rautannya, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Harga dan keamanan penggunaannya mungkin juga perlu Anda pertimbangkan. Kami telah memberikan rekomendasi produk dengan harga yang terjangkau.

 
Memiliki pensil yang tajam dan selalu siap digunakan tentu akan membuat Anda lebih bersemangat. Meski terlihat sepele, rautan pensil yang dapat diandalkan penting untuk Anda miliki. Selamat memilih rautan pensil terbaik.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer