10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Loyang merupakan alat yang sangat diperlukan untuk membuat kue. Berdasarkan jenisnya, ada yang berbentuk bulat, maupun persegi. Ada juga jenis loyang yang dapat dibuka bagian bawahnya dan yang menyatu dengan pinggirannya. Bahan pembuat loyang kue juga ada berbagai macam, seperti aluminium, ataupun kaca.

Pada kesempatan ini, kami akan memperkenalkan 10 produk loyang kue terbaik yang dapat Anda gunakan sehari-hari. Selain itu, kami juga akan memberitahukan jenis-jenis loyang dengan lebih lengkap dan bagaimana cara memilih loyang yang baik. Mari baca artikel lebih lanjut untuk mengetahuinya!

Cara memilih loyang kue

Apakah Anda ingin membuat kue chiffon yang dapat mengembang sempurna? Atau ingin membuat brownies panggang yang lezat untuk seluruh anggota keluarga? Loyang kue yang diperlukan untuk membuat keduanya cukup berbeda.

Untuk itu, Anda perlu untuk mengetahui beberapa poin penting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli loyang kue. Hal ini untuk memastikan bahwa loyang kue tersebut akan terpakai karena sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilihlah ukuran loyang yang dapat digunakan dalam berbagai resep

Pilihlah ukuran loyang yang dapat digunakan dalam berbagai resep

Loyang kue memiliki berbagai ukuran. Jika Anda masih pemula dalam hal pembuatan kue, Anda tentu akan bertanya-tanya berapa ukuran loyang yang sebaiknya dibeli.

Jika Anda baru akan membeli untuk yang pertama kalinya, kami sarankan pilih ukuran yang akan dapat digunakan dalam berbagai resep pembuatan kue. Loyang yang biasa digunakan tersebut adalah yang berdiameter 20 cm, baik pada tipe bulat maupun persegi. Namun jika Anda ingin membuat kue chiffon, belilah loyang kue dengan diameter 17 cm agar kue dapat mengembang sempurna, dan dapat dipotong tepat menjadi 8 bagian.

Agak sulit untuk menyesuaikan bahan pembuat loyang dengan ukuran loyang yang diperlukan, karena hal tersebut merupakan tahap pembuatan kue tingkat lanjut. Untuk pemula jauh lebih baik memiliki ukuran loyang yang dapat digunakan untuk berbagai resep.

Cetakan kue dengan bagian bawah yang dapat dilepas atau yang menyatu

Salah satu momen yang cukup mendebarkan dalam pembuatan kue adalah proses mengeluarkan kue dari cetakannya. Bahkan jika Anda memanggang kue dengan sempurna, namun tidak dapat mengeluarkannya dengan baik, maka hasil akhirnya akan sedikit mengecewakan. Untuk hal ini, jenis loyang dengan tipe bagian bawah yang dapat dibuka atau bagian bawah yang menyatu dengan pinggirannya yang akan menentukan hasil akhir tersebut. Perbedaan antara keduanya akan kami jelaskan lebih lanjut.

Namun, apakah kemudahan dalam mengeluarkan kue dari loyang juga tergantung dari tipe kue yang dibuat? Well, mari baca lebih lanjut!

Tipe bagian bawah dapat dilepas

Tipe bagian bawah dapat dilepas

Yang pertama kali dilakukan untuk melepaskan kue dari loyang dengan tipe ini adalah melepaskan bagian pinggirnya terlebih dahulu dan membiarkan bagian bawah kue tetap menempel dengan bagian bawah loyang. Selanjutnya, Anda dapat melepaskan kue dari bagian bawah tersebut. Jika tidak dapat terlepas dengan sendirinya, maka Anda perlu bantuan pisau roti untuk memisahkan kue dengan bagian bawah loyang tersebut. Hati-hati dalam memisahkannya agar tidak merusak kue.

Loyang kue dengan tipe seperti ini biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibanding dengan tipe loyang dimana bagian bawahnya tidak dapat dilepas.

Tipe bagian bawah yang menyatu dengan pinggirannya

Tipe bagian bawah menyatu dengan pinggirannya

Untuk tipe loyang berikut ini, cara yang biasanya dilakukan agar dapat mengeluarkan kue dengan lebih mudah adalah dengan melapisi bagian bawah loyang dengan kertas roti atau baking paper sehingga kue tidak langsung menempel pada loyang. Kue akan dapat dikeluarkan setelah Anda mengetuk bagian bawah loyang beberapa kali. Jika Anda lebih menyukai harga yang lebih murah, loyang ini merupakan pilihan yang tepat.

Sebagai tambahan, jika Anda ingin membuat kue seperti cheese cake yang dibuat dengan cara au bain marie (merendam loyang yang berisi adonan dalam loyang lain yang berisi air panas), Anda harus menggunakan loyang ini agar air tidak merembes ke dalam adonan.

Ketahui karakteristik bahan pembuat loyang dan pilihlah yang paling sesuai

Bahan pembuat loyang kue ada beberapa macam. Kami akan menjelaskan poin-poin penting dari tiap bahan tersebut sehingga Anda dapat memilih bahan loyang kue mana yang paling sesuai untuk Anda.

Stainless, penghantar panas yang baik

Stainless, penghantar panas yang baik

Jenis bahan berikut ini merupakan penghantar panas yang baik, sehingga dapat membuat adonan cepat sekali matang dan dapat menjadi gosong. Namun, semakin sering menggunakannya, Anda akan menjadi semakin terbiasa dan dapat dengan mudah menanganinya. Loyang jenis ini mudah dirawat, tidak berkarat, dan juga cocok untuk pendinginan di dalam lemari es.

Timah, menghasilkan warna hasil panggangan yang cantik

Timah, menghasilkan warna hasil panggangan yang cantik

Jenis loyang berbahan timah dapat membuat kue cepat matang dan warna hasil pangganganya pun indah, ini sebabnya banyak orang menggemarinya. Selain itu harganya juga terbilang murah. Namun, loyang jenis ini lebih mudah berkarat, sehingga Anda harus merawatnya dengan hati-hati. Bagi Anda yang mementingkan warna hasil panggangan yang cantik dan juga renyah di luar, Anda dapat memilih loyang dari bahan timah berikut ini.

Aluminium, bobotnya ringan, cocok untuk pembuatan kue chiffon

Aluminium, bobotnya ringan, cocok untuk pembuatan kue chiffon

Bahan aluminium ini merupakan penghantar panas yang baik, sulit terbakar, dan bahannya juga ringan. Jika Anda ingin membuat kue chiffon, maka loyang aluminium adalah jenis loyang yang harus Anda gunakan. Ketika telah mengembang sempurna, kue tidak akan mudah jatuh ke bawah ketika didinginkan dengan cara terbalik.

Logam anti lengket, mudah dibersihkan

Logam anti lengket, mudah dibersihkan

Bahan logam berikut biasanya telah memiliki anti lengket sehingga adonan akan mudah dikeluarkan dari loyang, dan juga loyang menjadi mudah dibersihkan karena kotoran mudah terlepas. Namun jika Anda tidak terlalu yakin, Anda tetap dapat menambahkan kertas roti. Bahan ini juga dapat menghantarkan panas dengan baik, sehingga Anda perlu berhati-hati agar kue tidak gosong. Jika Anda mencari loyang yang mudah untuk dibersihkan, maka loyang dengan bahan ini akan jadi favorit Anda.

Silikon, dapat melepas kue dengan lebih mudah

Silikon

Bahan silikon merupakan bahan yang lentur, sehingga kue akan mudah terlepas dari loyang ini. Loyang berbahan silikon ini dapat digunakan pada microwave/oven, dan juga dapat digunakan pada freezer. Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan loyang ini adalah batas maksimal suhu panas yang dapat diterima, dan juga perlu untuk mengalasinya dengan loyang logam/aluminium agar lebih kokoh.

Kaca tahan panas, aman karena tidak bereaksi dengan zat hasil pemanggangan

Kaca tahan panas, aman karena tidak bereaksi dengan zat hasil pemanggangan

Bahan kaca merupakan bahan yang aman karena tidak akan bereaksi dengan zat apapun. Karena penampilannya yang cantik, Anda dapat langsung menggunakan loyang kaca sebagai wadah saji di meja makan. Namun, bahan ini sulit menghantarkan panas, sehingga waktu memanggang yang diperlukan menjadi lebih lama. Jika Anda jarang membuat kue dan suka membuat masakan oven lainnya seperti macaroni schotel, loyang bahan kaca lebih direkomendasikan untuk Anda.

10 Rekomendasi loyang kue terbaik

Selanjutnya kami akan memberikan 10 rekomendasi loyang kue terbaik yang dapat Anda gunakan sehari-hari. Loyang tersebut dapat Anda beli dengan datang ke tokonya langsung atau membelinya secara online dengan mengakses link yang kami tautkan.

10. Cooks Habit Loaf Pan 9 inch

10. Cooks Habit Loaf Pan 9 inch

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 104.900

Dilengkapi dengan bahan yang anti lengket

Bagi pemula, memisahkan kue yang sudah matang dengan loyang kue bukanlah hal mudah. Dibuat dengan bahan yang anti lengket, loyang kue Cooks Habit ini dapat membantu Anda belajar memisahkan kue dari loyangnya dengan hasil yang maksimal. Selain itu loyang kue ini jadi lebih mudah dibersihkan. Sehingga Anda tidak kapok saat belajar membuat kue.

Dengan bahan dari heavy gauge steel, loyang ini akan membuat kue buatan Anda lebih mudah matang dan kematangannya pun merata. Bentuk loyang yang lonjong cocok untuk belajar membuat kue brownies. Anda ingin istri atau pacar Anda bisa memasak kue? Hadiahkan produk ini agar orang kesayangan Anda bisa belajar membuat kue.

9. Ajora Cake Pan 18 cm

9. Ajora Cake Pan 18 cm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 235.000

Loyang khusus untuk membuat kue chiffon

Untuk membuat kue chiffon, dibutuhkan loyang yang memiliki lubang di tengah agar kematangan kue lebih merata. Selain itu, loyang harus memiliki semacam kaki agar kue dapat merosot dengan sendirinya ketika didinginkan dengan cara dibalik. Produk loyang dari Ajora ini sangat cocok untuk membuat kue chiffon karena selain memiliki lubang di tengah, bagian dinding lubang tersebut juga tinggi sehingga dapat berfungsi sebagai kaki.

Hal ini bertujuan agar permukaan kue tetap terkena udara, dan kue tetap mengembang ketika sudah dingin. Selain itu, produk ini terbuat dari aluminium yang ringan sehingga Anda tidak akan kesulitan ketika mengangkatnya untuk mengeluarkan kue dari oven. Jika Anda pernah mencoba membuat kue chiffon dan belum berhasil, Anda dapat mengganti loyang Anda dengan loyang berikut ini untuk percobaan selanjutnya. Semoga berhasil!

8. Fairytale Loyang Cetakan Kue Bentuk Mobil

8. Fairytale Loyang Cetakan Kue Bentuk Mobil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 120.000

Lebih hemat dengan membuat kue ulang tahun sendiri

Ulang tahun si kecil sebentar lagi dan Anda belum memesan kue ulang tahun? Jangan khawatir! Anda dapat membuat sendiri kue ulang tahun tersebut. Dengan loyang berbentuk mobil ini, Anda kini dapat membuat kue ulang tahun berbentuk mainan kesukaan anak Anda. Desainnya menarik sehingga cocok untuk anak Anda yang gemar main mobil-mobilan.

Ukuran loyang kue ini cukup besar, yakni 14 x 25 cm. Dengan begitu kue yang dihasilkan akan cukup besar untuk Anda sekeluarga dengan anggota keluarga 3-4 orang. Anak Anda tentu akan sangat senang dengan kue ulang tahun berbentuk mobilnya.

7. Cooks Habit Sakura Mold

7. Cooks Habit Sakura Mold

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 58.900

Menghadirkan kue bolu yang dapat dipotong sama besar

Jika Anda sedang ingin mengadakan acara di rumah dan ingin menyediakan kue bolu untuk setiap tamu yang datang, Anda perlu untuk membeli loyang ini. Dengan loyang ini, Anda dapat membuat kue bolu yang memiliki bentuk seperti lembar bunga sakura di bagian atasnya. Hal ini berguna untuk mempermudah Anda ketika akan memotong kue sehingga setiap potongan akan memiliki besar yang sama, tidak ada yang lebih besar atau kecil.

Anda dapat menghasilkan 16 potong kue bolu dalam sekali panggang. Dengan hasil panggangan yang lebih banyak, Anda dapat menghemat waktu mempersiapkan kue ke tamu. Agar loyang dapat langsung digunakan kembali, Anda perlu untuk mengoleskan mentega pada seluruh permukaan loyang agar kue tidak menempel dan mudah dikeluarkan dari loyang.

6. Cooks Habit Round Cake Pan

6. Cooks Habit Round Cake Pan

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 66.900

Membuat sendiri Japanese cheese cake di rumah

Anda tentu tahu bahwa kue Japanese cheese cake yang lembut dan bertekstur halus ini dibuat dengan menggunakan teknik au bain marie. Jika ingin mencoba membuat cheese cake ini, Anda memerlukan loyang di mana bagian bawahnya tidak ada sambungan agar air tidak merembes masuk mengenai adonan. Anda dapat menggunakan loyang bundar dari Cooks Habit berikut ini ketika akan membuat kue tersebut.

Loyang ini menggunakan bahan aluminium setebal 0,7 mm yang akan membuat cheese cake Anda matang hingga ke bagian dalam, dan di bagian luar berwarna coklat yang cantik. Selain itu, loyang ini juga tahan karat, sehingga aman walau sering direndam dalam air. Namun, loyang ini tidak memiliki anti lengket, sehingga Anda perlu untuk melapisinya dengan kertas roti untuk mendapatkan cheese cake yang sempurna.

5. Bornchefs 20 cm Round Cake Pan

5. Bornchefs 20 cm Round Cake Pan

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 32.500

Lubang kecil yang membuat perbedaan besar

Meletakkan loyang berlapis anti lengket perlu perhatian yang khusus agar loyang tersebut tetap awet dan tahan lama. Jika Anda menumpuknya bersama barang yang lain, lapisan anti lengketnya dapat terkelupas, dan loyang tidak dapat berfungsi dengan baik lagi. Nah, jika Anda membeli loyang Bornchefs berikut ini, Anda tidak perlu repot memikirkan hal tersebut.

Hal ini karena loyang berdiameter 20 cm ini dilengkapi dengan lubang kecil pada pegangannya sehingga memungkinkan Anda untuk dapat menyimpannya dengan cara menggantungnya. Loyang ini cocok untuk Anda yang telah memiliki banyak barang di rak piring, namun masih ingin menambah loyang baru. Selain itu, pegangan pada kiri dan kanan loyang akan lebih memudahkan Anda ketika akan mengangkat loyang yang panas dari dalam oven.

4. Arcuisine Loaf Dish

4. Arcuisine Loaf Dish

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 139.000

Aman untuk berbagai macam makanan

Loyang kaca merupakan loyang yang paling aman dalam pembuatan kue, karena tidak akan bereaksi dengan zat apa pun. Jika Anda ingin membuat kue dengan bahan lemon yang bersifat asam atau ontbijtkoek yang menggunakan berbagai macam rempah, Anda sebaiknya menggunakan loyang kaca berikut ini.

Dengan bahan kaca borosilikat yang digunakan, loyang ini dijamin aman dan kuat terhadap perubahan suhu. Sangat cocok untuk Anda yang suka mengolah berbagai macam makanan, karena Anda tidak perlu membeli banyak loyang. Cukup satu loyang ini saja! Setelah dikeluarkan dari oven, loyang pun dapat langsung digunakan sebagai piring saji karena tampilannya yang cantik dan mewah, sangat praktis!

3. Tiro Loyang Cetakan Kue 3 pcs

3. Tiro Loyang Cetakan Kue 3 pcs

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 79.000

Dapatkan 3 loyang dengan harga terjangkau!

Loyang dengan bagian bawah yang dapat dibuka merupakan penemuan yang sangat membantu untuk orang yang suka memanggang kue. Apalagi jika loyang tersebut anti lengket dan mudah dibersihkan, sangat membantu! Seperti loyang Tiro berikut ini, terbuat dari bahan baja karbon yang dilapisi teflon, loyang ini menjadi anti lengket dan mudah dibersihkan.

Untuk Anda yang menyediakan jasa membuat kue ulang tahun atau kue untuk berbagai acara lainnya, kami merekomendasikan loyang ini untuk Anda. Dengan harga yang terjangkau, Anda akan mendapatkan 3 loyang dengan 3 bentuk yang berbeda dan ketiganya dapat dilepas bagian bawahnya. Anda dapat membuat 3 macam kue pada saat bersamaan dan memenuhi semua permintaan konsumen dengan cepat dan mudah. Ekonomis bukan?

2. Cooks Habit Aluminium Bundt Form

2. Cooks Habit Aluminium Bundt Form

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Dapatkan kue bolu yang matang sempurna di luar dan dalam

Jika Anda hendak membuat kue bolu yang hasilnya cantik dan juga lembut di setiap bagiannya, Anda perlu menggunakan loyang yang memiliki lubang di tengahnya seperti loyang rekomendasi kami berikut ini. Lubang di bagian tengah loyang ini akan membuat panas dari oven tersebar merata, baik di sekitar lubang maupun di bagian pinggirnya.

Hal ini akan membuat kue bolu Anda tidak hanya berwarna coklat di bagian permukaannya, namun juga lembut dan matang sempurna di bagian dalamnya. Jika sebelumnya Anda pernah membuat kue bolu dimana pada bagian tengah masih agak basah namun bagian permukaannya telah berwarna coklat tua, mungkin Anda perlu mengganti loyang Anda dengan loyang yang disebut juga loyang tulban ini.

1. Lovely Home Silicone Baking Pan

1. Lovely Home Silicone Baking Pan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 47.500

Sahabat para pemula

Apakah Anda baru saja ingin mulai mencoba untuk membuat kue bolu sendiri di rumah? Kesulitan yang biasa dialami oleh para pemula dalam membuat kue terutama adalah proses mengeluarkan kue tersebut. Dengan loyang silikon ini, kesulitan tersebut tidak perlu Anda alami.

Loyang silikon ini sangat lentur, sehingga kue akan dapat dengan mudah dikeluarkan dan tidak merusak bentuk kue. Anda akan sangat menyukai loyang ini, karena selain warnanya yang juga cantik, loyang ini sangat mudah dibersihkan. Anda tinggal membasuhnya dengan air dan mengelapnya hingga kering. Kegiatan membuat kue akan terasa lebih menyenangkan dengan loyang silikon ini.

Kesimpulan

Loyang kue yang baik umumnya adalah loyang kue yang tidak lengket, tidak mudah membuat makanan gosong, dan juga mudah dibersihkan. Namun, pada kasus tertentu diperlukan loyang yang tidak memiliki anti lengket agar kue dapat menempel dengan dinding loyang, seperti ketika membuat kue chiffon.

Sebelum membeli loyang, pastikan terlebih dahulu kue jenis apa yang ingin Anda buat, dan bahan loyang yang mana yang akan paling sesuai dengan masakan tersebut. Jadi, ingin membuat kue apa hari ini? Selamat mencoba!