mybest
Loyang

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Perlengkapan baking
  4. 10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik [Ditinjau oleh Pastry Instructor]
  • 10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik  [Ditinjau oleh Pastry Instructor] 1
  • 10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik  [Ditinjau oleh Pastry Instructor] 2
  • 10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik  [Ditinjau oleh Pastry Instructor] 3
  • 10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik  [Ditinjau oleh Pastry Instructor] 4
  • 10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik  [Ditinjau oleh Pastry Instructor] 5

10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik [Ditinjau oleh Pastry Instructor]

Loyang adalah item esensial yang wajib dipunyai jika Anda gemar membuat kue. Ada beragam loyang dengan fungsinya masing-masing, seperti loyang kue kering atau loyang kue bolu. Bahan pembuat loyang pun bermacam-macam, seperti aluminium, silikon, stainless steel, dan kaca. 


Pada kesempatan ini, kami akan memperkenalkan loyang kue yang bagus dari beragam merek, seperti Cook'shabit, Yakuma, Monna, dan Chefmade. Kami juga akan membagikan tips memilih loyang kue terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Mari baca artikel ini untuk mengetahuinya!

Diperbaharui 30/11/2023
Stella Permata
Pakar
Pastry instructor
Stella Permata

Stella Permata aktif sebagai ahli dalam bidang pastry. Ia memiliki pengalaman bekerja di beberapa hotel, cake shop, dan restoran di Jakarta selama 7 tahun. Stella juga mengajar pastry di Podomoro University selama kurang lebih 2 tahun. Selain mengajar di universitas, ia juga mengajar di MODENA dan mengisi beberapa konten brand alat masak lainnya.

Profil Stella Permata
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Cara memilih loyang kue

Ada beragam jenis loyang kue tersedia di pasaran, dari yang ukurannya kecil, sedang, hingga besar. Bahan pembuat loyang juga bermacam-macam. Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa poin penting di bawah ini sebagai bahan pertimbangan. 

1

Pilih ukuran loyang sesuai kebutuhan resep dan ukuran oven

Pilih ukuran loyang sesuai kebutuhan resep dan ukuran oven
Loyang kue memiliki beberapa ukuran tergantung pada jenis kue yang dibuat. Jangan sampai Anda menggunakan loyang yang terlalu besar atau bahkan terlalu kecil. 

  • Jika Anda baru pertama kali membeli loyang kue, ikuti petunjuk yang disebutkan dalam resepSebagai acuan, loyang kue ukuran 20 cm biasanya cukup mewadahi resep yang menggunakan lima butir telur. Sementara itu, kue dengan takaran empat butir telur dapat menggunakan loyang kue berukuran 18 cm.

  • Selain itu, yang acap kali dilupakan saat hendak membeli loyang adalah menyesuaikan dengan ukuran oven. Agar muat masuk segala jenis oven, cara paling aman adalah membeli loyang berukuran kecil, misalnya loyang kue kering ukuran 14 cm. Namun, sebaiknya Anda mengetahui dimensi oven di dapur agar terhindari dari salah ukuran.
2

Kukis, brownies, atau bolu? Pertimbangkan berdasarkan bentuk loyang

Selain berdasarkan ukuran, bentuk loyang kue juga dapat menjadi pertimbangan sebelum membelinya. Ada loyang yang berdinding rendah, bertepi tinggi, dan ada yang bolong di tengah. Bentuk loyang kue itu bukan tanpa alasan, melainkan ada fungsinya masing-masing. Yuk, simak jenis loyang kue berdasarkan fungsinya.

Loyang kue berdinding rendah, untuk kukis dengan hasil renyah

Loyang kue berdinding rendah, untuk kukis dengan hasil renyah

Loyang kue kering biasanya berdinding rendah dengan ukuran sekitar 1–2 cm. Mengapa demikian? Kue kering yang enak biasanya diharapkan hasilnya bertekstur renyah dan tipis. Dengan loyang berdinding rendah, hawa panas bisa mengalir mengenai seluruh permukaan sehingga kue kering akan matang merata


Sebagai tambahan, Anda perlu memperhatikan jarak antara adonan kue agar tidak menempel satu sama lain. Terlebih lagi, saat ini telah hadir loyang kue kering antilengket. Momen memanggang kue kering pun jadi makin mudah! 

Loyang berdinding sedang, untuk kue brownies

Loyang berdinding sedang, untuk kue brownies

Adonan brownies pada dasarnya memang berat karena tidak dimaksudkan untuk mengembang. Jika adonan brownies terlalu tebal atau tinggi, ditakutkan brownies tidak matang sempurna, hanya matang di bagian pinggir. Bila hal tersebut terjadi, bagian pinggirnya akan mengering atau overbaked saat bagian tengah kue baru matang.


Oleh karena itulah loyang brownies biasanya hanya setinggi 3–4 cm. Kini bahkan sudah tersedia loyang brownies bersekat sehingga Anda tak perlu repot memotong brownies dalam ukuran small bite. Anda pun bisa mendapatkan brownies dengan beragam topping dalam sekali panggang!

Loyang dengan lubang di tengah, pas untuk kue bolu dan chiffon

Loyang dengan lubang di tengah, pas untuk kue bolu dan chiffon

Anda mungkin pernah melihat loyang kue berbentuk bulat dengan lubang di bagian tengah. Kehadiran lubang di tengah itu tidak ada hubungannya dengan perkara estetika. Fungsi lubang tersebut adalah untuk menyebarkan aliran hawa panas merata hingga ke bagian tengah bolu. Dengan demikian, bolu Anda akan matang seluruhnya.


Loyang kue bolu yang bolong di tengah sering disebut loyang tulban. Loyang ini juga kerap digunakan untuk membuat chiffon cakeMeski demikian, sebetulnya loyang khusus chiffon memiliki kaki penyangga. Lubang pada loyang chiffon cake dapat membantu Anda untuk membalik adonan dengan lebih mudah. Biasanya, lubang dimasukkan botol agar chiffon tidak kempis ketika keluar dari loyang.

Loyang kue bongkar pasang, cocok untuk kue bertekstur lembut

Loyang kue bongkar pasang, cocok untuk kue bertekstur lembut
Loyang bongkar pasang atau springform ini memudahkan Anda untuk mengeluarkan adonan. Terlebih lagi untuk kue yang teksturnya sangat lembut dan mudah hancur seperti unbaked cheesecake. Untuk mengangkat kue dari loyang tipe ini, lepaskan bagian pinggirnya terlebih dahulu. 

Loyang semacam ini juga cocok untuk cake yang dibekukan agar lebih mudah dilepas tanpa merusak kue. Setelah suhunya turun, biarkan bagian bawah kue tetap menempel ke bagian bawah loyang. Selanjutnya, Anda dapat melepaskan kue dari bagian bawah tersebut. Loyang kue tipe ini biasanya lebih mahal dibandingkan tipe loyang biasa.

3

Sesuaikan karakteristik bahan loyang dengan kreasi kue Anda

Bahan pembuat loyang kue ada beberapa macam, seperti stainless steel, kaca, hingga silikon. Kami akan menjelaskan poin-poin kelebihan dan kekurangan dari tiap bahan tersebut. Setelahnya, Anda dapat memilih bahan loyang kue yang paling sesuai untuk kreasi kue Anda.

Stainless steel, tidak mudah berkarat

Stainless steel, tidak mudah berkarat
Jenis bahan ini merupakan penghantar panas yang sangat baik. Jika tidak hati-hati, loyang ini dapat membuat adonan cepat sekali matang dan gosong. Namun, loyang berbahan stainless steel lebih mudah dirawat karena tidak mudah berkarat. Selain itu, tipe ini juga cocok untuk pendinginan di dalam lemari es.

Aluminium, bobotnya ringan dan harganya terjangkau

Aluminium, bobotnya ringan dan harganya terjangkau

Loyang berbahan aluminium memiliki sejumlah kelebihan. Loyang ini mampu menghantarkan panas dengan baik, ringan, dan harganya relatif murah. Itulah sebabnya Anda akan memanggang dengan lebih cepat menggunakan loyang ini. 


Namun, umumnya loyang aluminium tidak dilengkapi lapisan antilengket. Jadi, oleskan saja mentega dan taburan terigu saat hendak membuat cake. Dengan demikian, Anda tidak akan kesulitan mengambil hasil panggangan saat sudah matang.

Silikon, melepas kue jadi lebih mudah

Silikon, melepas kue jadi lebih mudah

Silikon merupakan bahan yang lentur dan bebas lengket sehingga kue lebih mudah terlepas dari loyang. Jika menggunakan loyang ini, kue akan cepat matang dan memiliki tekstur yang lembut. Loyang ini mudah dipakai dan bisa digunakan pada oven, microwave, atau bahkan freezer. Cetakan ini juga cocok dipakai untuk mewadahi puding yang perlu dimasukkan ke dalam freezer


Perlu Anda ketahui juga bahwa loyang silikon ini umumnya aman digunakan pada suhu sekitar 200 derajat celsius. Meskipun demikian, hindari meletakkan loyang silikon langsung di atas api. Jika ingin melepaskan kue dengan mudah, Anda juga bisa membekukan kue terlebih dahulu. Cara ini akan membantu menghindari kue rusak karena dipaksakan keluar dari cetakan.

Kaca tahan panas, loyang tidak mudah berbau atau berubah warna

Kaca tahan panas, loyang tidak mudah berbau atau berubah warna

Loyang berbahan kaca tidak mudah berbau atau berubah warna, serta mudah dibersihkan. Loyang ini juga terlihat cantik meskipun diletakkan begitu saja di atas meja. Loyang kaca yang biasanya transparan dapat memperlihatkan warna dan tekstur adonan.


Kekurangan bahan ini adalah sulit menghantarkan panas sehingga waktu memanggang yang diperlukan lebih lama daripada bahan logam. Selain memanggang kue, loyang ini bisa dipakai untuk memanggang masakan basah atau bertabur mozzarella

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Loyang Kue Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Loyang Kue terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 30 November 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Ukuran
Bahan
Bentuk loyang
Fungsi
Lapisan antilengket
1

Yakuma

Loyang Kue Lidah Kucing

Yakuma Loyang Kue Lidah Kucing 1

Rp19.300

Agak Murah

Kue kering lidah kucing buatan Anda jadi ramping sempurna

28 cm x 24 cm x 2 cm dan 29 cm x 27 cm x 2 cm

Aluminium

Persegi

Membuat cetakan kue lidah kucing

Tidak diketahui

2

Cook'shabit

Loyang Kue Kering Persegi

Cook'shabit Loyang Kue Kering Persegi 1

Rp169.900

Agak Mahal

Baking tray kecil untuk oven mungil Anda

25 cm x 18 cm x 2 cm

Heavy gauge steel

Persegi panjang

Membuat kue kering, wadah saji

3

Vintage House

Premium Tray Cake Mould

Vintage House  Premium Tray Cake Mould 1

Rp26.000

Agak Murah

Siap membantu Anda membuat berbagai kue

25 cm x 13 cm x 6 cm

High-carbon steel

Persegi panjang

Membuat berbagai kue

4

Ocuisine

Glassware Rectangular Roaster

Ocuisine Glassware Rectangular Roaster 1

Rp168.000

Agak Mahal

Tampilannya cantik untuk disajikan di meja pesta Anda

28 cm x 20 cm x 5 cm

Kaca

Persegi panjang

Wadah untuk membuat makanan, dijadikan piring saji

5

Hock

Loyang Kue Kering Oven Aluminium01 02 03 04

Hock  Loyang Kue Kering Oven Aluminium 1

Rp30.000

Agak Murah

Loyang flat yang siap dimasukkan ke dalam oven

43,7 cm x 43,7 cm, 36,8 cm x 36,8 cm, 31,2 cm x 31,2 cm, dan 27,8 cm x 27,8 cm

Aluminium

Persegi

Membuat kue kering

Tidak diketahui

6

PGCK

Loyang Kue Brownis

PGCK  Loyang Kue Brownis 1

Rp7.000

Lebih Murah

Ekonomis untuk menghasilkan brownies lezat

15 cm, 20 cm, 25 cm, dan 30 cm

Aluminium

Persegi, persegi panjang

Membuat kue brownies

Tidak diketahui

7

Selma

Helen Loyang Kue Springform Round10419364

Selma  Helen Loyang Kue Springform Round 1

Rp79.000

Menengah

Pengunci sampingnya memudahkan loyang dibongkar pasang

20 cm x 20 cm x 6,8 cm

Stainless steel

Bulat

Membuat kue

8

Chefmade

Round Pan CakeWK9031

Chefmade Round Pan Cake 1

Rp69.350

Menengah

Loyang antilengket yang tebal, siap digunakan jangka panjang

15,3 cm

Carbon steel

Bulat

Membuat roti dan kue

9

Monna Bakeware

Chiffon Pan 21 cm

Monna Bakeware Chiffon Pan 21 cm 1

Rp228.000

Agak Mahal

Memanggang chiffon jadi lebih praktis dengan loyang bongkar pasang

21 cm x 21 cm x 10,5 cm

Aluminium

Bulat

Membuat kue chiffon

Tidak diketahui

10

Master Pastry

Loaf Pan Medium Anti LengketWk112009

Master Pastry Loaf Pan Medium Anti Lengket 1

Rp56.000

Menengah

Loyang antilengket jodohnya loaf cake

21 cm x 11 cm

Tidak diketahui

Persegi panjang

Membuat berbagai kue

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

YakumaLoyang Kue Lidah Kucing

Loyang Kue Lidah Kucing 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp19.300
Agak Murah
Harga referensi
Rp19.300
Agak Murah

Kue kering lidah kucing buatan Anda jadi ramping sempurna

Membuat kue lidah kucing memang gampang-gampang susah. Jika tidak diletakkan pada loyang yang tepat, adonan yang telah mengembang malah jadi berantakan. Produk ini dapat menjadi pilihan bila Anda hobi membuat kue lidah kucing.


Loyang lidah kucing ini dibuat khusus untuk menampung lelehan adonan. Jadi, saat dipanggang, adonan tidak akan meluap ke mana-mana dan matang merata. Dengan demikian, bentuknya tetap cantik dengan tekstur yang lembut serta rasa yang gurih.

Ukuran28 cm x 24 cm x 2 cm dan 29 cm x 27 cm x 2 cm
BahanAluminium
Bentuk loyangPersegi
FungsiMembuat cetakan kue lidah kucing
Lapisan antilengketTidak diketahui
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Cook'shabitLoyang Kue Kering Persegi

Harga referensi
Rp169.900
Agak Mahal

Baking tray kecil untuk oven mungil Anda

Produk Cook'shabit ini cocok bagi Anda pencinta kue kering yang senang mencoba resep baru. Ukurannya yang mungil kira-kira pas untuk oven berukuran 12 liter. Karena ukurannya cukup mungil, loyang ini pas bagi Anda yang memiliki oven dengan dimensi tidak terlalu besar. Terbuat dari stainless steel, loyang kue antilengket ini terasa kukuh, kuat, dan mudah dibersihkan.
Ukuran25 cm x 18 cm x 2 cm
BahanHeavy gauge steel
Bentuk loyangPersegi panjang
FungsiMembuat kue kering, wadah saji
Lapisan antilengket
View all
No.3

Vintage House Premium Tray Cake Mould

Harga referensi
Rp26.000
Agak Murah

Siap membantu Anda membuat berbagai kue

Jika Anda rutin membuat kue tebal dalam ukuran medium, produk ini adalah partner baking terbaik Anda. Tingginya kurang lebih 6 cm, produk ini bisa Anda gunakan membuat jenis kue, seperti kue chiffon, banana cake, brownies, dan sebagainya. Adanya lapisan antilengket juga mempermudah Anda untuk memisahkan kue dari loyang. Tak perlu takut kue rusak saat diangkat, deh!

Ukuran25 cm x 13 cm x 6 cm
BahanHigh-carbon steel
Bentuk loyangPersegi panjang
FungsiMembuat berbagai kue
Lapisan antilengket
View all
No.4

OcuisineGlassware Rectangular Roaster

Harga referensi
Rp168.000
Agak Mahal

Tampilannya cantik untuk disajikan di meja pesta Anda

Anda berniat menyajikan hidangan penutup yang istimewa saat makan malam bersama orang-orang terdekat? Loyang kaca persegi panjang keluaran Ocuisine ini cocok menjadi pilihan. Dengan produk ini, tampilan masakan Anda akan terlihat lebih cantik dan menggugah selera saat disajikan.


Produk ini tahan terhadap perubahan suhu yang drastis, mulai dari suhu microwave, oven, dan freezer. Bahan kaca ini juga awet dan lebih higienis karena mudah dibersihkan tanpa menyisakan noda atau bau. Loyang ini sungguh cocok dijadikan koleksi oleh Anda yang suka memasak!

Ukuran28 cm x 20 cm x 5 cm
BahanKaca
Bentuk loyangPersegi panjang
FungsiWadah untuk membuat makanan, dijadikan piring saji
Lapisan antilengket
View all
No.5

Hock Loyang Kue Kering Oven Aluminium01 02 03 04

Harga referensi
Rp30.000
Agak Murah

Loyang flat yang siap dimasukkan ke dalam oven

Model flat menjadikan loyang ini cocok diisi berbagai jenis kue kering. Usai Anda menempatkan adonan, Anda bisa langsung menempatkan loyang ke dalam oven, praktis! Hebatnya lagi, produk ini juga menawarkan empat ukuran berbeda. Dengan begitu, Anda pun akan makin mudah menentukan produk yang sesuai dengan ukuran oven Anda. Anda yang senang bereksperimen membuat kue kering dan tidak mau menyimpan loyang banyak-banyak bisa mempertimbangkan produk ini.

Ukuran43,7 cm x 43,7 cm, 36,8 cm x 36,8 cm, 31,2 cm x 31,2 cm, dan 27,8 cm x 27,8 cm
BahanAluminium
Bentuk loyangPersegi
FungsiMembuat kue kering
Lapisan antilengketTidak diketahui
View all
No.6

PGCK Loyang Kue Brownis

Loyang Kue Brownis 1
Sumber: shopee.co.id
Loyang Kue Brownis 2
Sumber: shopee.co.id
Loyang Kue Brownis 3
Sumber: shopee.co.id
Loyang Kue Brownis 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp7.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp7.000
Lebih Murah

Ekonomis untuk menghasilkan brownies lezat

Jika Anda berencana membuka atau hendak mengembangkan dagangan kue brownies, jangan lewatkan produk yang satu ini, ya! Memiliki harga sangat ramah kantong, produk ini tidak akan membuat pengeluaran modal usaha Anda membengkak. 


Tidak hanya itu, sisi sampingnya dilengkapi pegangan untuk mempermudah loyang ini dikeluarkan dari oven. Menariknya lagi, produk ini juga tersedia dalam empat ukuran berbeda. Yuk, segera miliki loyang kue ekonomis ini!

Ukuran15 cm, 20 cm, 25 cm, dan 30 cm
BahanAluminium
Bentuk loyangPersegi, persegi panjang
FungsiMembuat kue brownies
Lapisan antilengketTidak diketahui
View all
No.7

Selma Helen Loyang Kue Springform Round10419364

Harga referensi
Rp79.000
Menengah

Pengunci sampingnya memudahkan loyang dibongkar pasang

Bagi Anda yang sedang belajar atau menekuni pembuatan kue beradonan lembut seperti cheesecake, loyang ini layak dimiliki. Alasannya, loyang kue berbentuk bundar ini memiliki kuncian samping sehingga mudah dibongkar pasang. Hal itu bertujuan untuk memudahkan Anda mengeluarkan kue dari loyang. Dengan begitu, kue bikinan Anda pun tidak mudah rusak. Kuncian samping tersebut juga membuat loyang ini lebih mudah dicuci dan dikeringkan. 

Ukuran20 cm x 20 cm x 6,8 cm
BahanStainless steel
Bentuk loyangBulat
FungsiMembuat kue
Lapisan antilengket
View all
No.8

ChefmadeRound Pan CakeWK9031

Harga referensi
Rp69.350
Menengah

Loyang antilengket yang tebal, siap digunakan jangka panjang

Chefmade adalah merek yang cukup terkenal pada kalangan baking enthusiast. Loyang bundar ini bisa dipilih jika Anda mencari loyang berstruktur tebal dan kukuh. Ketebalan mencapai 8 mm membuat loyang ini sangat tahan lama.


Dilengkapi dengan lapisan antilengket yang food grade, kue buatan Anda pun akan lebih mudah dikeluarkan dari loyang. Dengan begitu, Anda pun dapat menghemat waktu baking karena tidak perlu mengoleskan margarin atau mentega sebelum adonan dituangkan. 

Ukuran15,3 cm
BahanCarbon steel
Bentuk loyangBulat
FungsiMembuat roti dan kue
Lapisan antilengket
View all
No.9

Monna BakewareChiffon Pan 21 cm

Harga referensi
Rp228.000
Agak Mahal

Memanggang chiffon jadi lebih praktis dengan loyang bongkar pasang

Chiffon adalah kue yang adonannya sangat ringan dan sangat lembut. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan loyang bongkar pasang seperti produk satu ini. Loyang dari Monna Bakeware ini terbuat dari aluminium yang dapat menghantarkan panas dengan baik sehingga kue Anda cepat matang.


Kehadiran kaki penyangga pada loyang chiffon akan membantu mempertahankan struktur chiffon saat keluar dari loyang. Kaki-kaki tersebut akan menahan bobot adonan saat dibalik sehingga kue chiffon tidak kempis dan bentuknya tetap cantik. 

Ukuran21 cm x 21 cm x 10,5 cm
BahanAluminium
Bentuk loyangBulat
FungsiMembuat kue chiffon
Lapisan antilengketTidak diketahui
View all
No.10

Master PastryLoaf Pan Medium Anti LengketWk112009

Harga referensi
Rp56.000
Menengah

Loyang antilengket jodohnya loaf cake

Jika Anda ingin membuat aneka loaf cake, seperti banana cake, produk satu ini adalah pilihan terbaik. Loyang berdinding tinggi nan tebal ini memungkinkan Anda untuk membuat cake atau roti dengan tingkat kematangan merata. Lapisan antilengketnya juga akan memudahkan Anda untuk mengeluarkan hasil kue atau roti dari loyang. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot untuk mengolesinya dengan margarin dan tepung pada dasar loyang. 

Ukuran21 cm x 11 cm
BahanTidak diketahui
Bentuk loyangPersegi panjang
FungsiMembuat berbagai kue
Lapisan antilengket
View all

Kekeliruan saat mencuci loyang kue yang perlu Anda ketahui!

Kekeliruan saat mencuci loyang kue yang perlu Anda ketahui!

Banyak orang yang begitu saja meletakkan loyang ke tempat cucian dan mengguyurnya dengan air dingin setelah digunakan. Terlebih lagi, ada pula orang yang langsung mencucinya dengan sabun seperti biasa. 


Padahal, cara itu kurang dianjurkan untuk loyang kue. Permukaan loyang, terutama aluminium, terancam mengalami korosi atau terkikis saat terkena air sabun. Lantas, apa yang perlu dilakukan untuk membersihkannya?


  • Usai digunakan pada suhu tinggi, dinginkan loyang terlebih dahulu. 
  • Usap kotoran yang tersisa dengan tisu
  • Jika ada kotoran yang mengerak, rendam dengan air panas sampai terlepas. 
  • Hindari penggunaan kawat besi agar tidak baret. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan spons cuci piring atau sikat gigi.
  • Setelah dicuci, keringkan loyang dengan benar. Loyang harus benar-benar kering agar tidak berkarat, bau, dan bebas dari bercak air.

Selain itu, perhatikan cara menyimpan loyang kue Anda. Setelah dicuci, hindari menyimpan loyang dengan cara ditumpuk langsung, terlebih jika loyang Anda dilengkapi dengan lapisan nonstick. Sebaiknya, berikan alas di tiap loyang agar tidak baret. Anda bisa menyimpan loyang secara vertikal atau menggantungnya agar lebih awet dan mudah diambil.

5 Rekomendasi Loyang Kue terbaik

No. 1: YakumaLoyang Kue Lidah Kucing

No. 2: Cook'shabitLoyang Kue Kering Persegi

No. 3: Vintage House Premium Tray Cake Mould

No. 4: OcuisineGlassware Rectangular Roaster

No. 5: Hock Loyang Kue Kering Oven Aluminium01 02 03 04

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Peralatan dapur
  3. Perlengkapan baking
  4. 10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik [Ditinjau oleh Pastry Instructor]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.