• 10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Loyang merupakan alat yang sangat diperlukan untuk membuat kue. Berdasarkan jenisnya, ada yang berbentuk bulat ataupun persegi. Bahan pembuat loyang kue juga ada berbagai macam, seperti aluminium, teflon, ataupun kaca.

Pada kesempatan ini, kami akan memperkenalkan produk-produk loyang kue terbaik salah satunya dari IKEA atau Maximware untuk Anda. Jika Anda masih bingung, tips cara memilih loyang kue pun akan kami bagikan. Mari baca artikel ini lebih lanjut untuk mengetahuinya!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 5.287 Views
Daftar isi

Cara memilih loyang kue

Apakah Anda ingin membuat kue chiffon yang dapat mengembang sempurna? Ataukah Anda ingin membuat brownies panggang yang lezat untuk seluruh anggota keluarga? Loyang kue yang diperlukan untuk membuat keduanya cukup berbeda.
Untuk itu, Anda perlu untuk mengetahui beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli loyang kue. Pastikan loyang kue tersebut dapat dipakai sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilihlah ukuran loyang yang dapat digunakan untuk berbagai resep

Pilihlah ukuran loyang yang dapat digunakan untuk berbagai resep
Loyang kue memiliki beberapa ukuran tergantung pada jenis kue yang dibuat. Jika Anda baru pertama kali membeli loyang kue, pilihlah ukuran yang dapat digunakan untuk membuat berbagai resep. Ukuran 18 cm adalah yang paling umum untuk loyang tipe persegi dan lingkaran. Biasanya, ukuran dasar loyang untuk chiffon cake adalah berdiameter 17 cm yang dapat dipotong tepat menjadi delapan bagian. Selain itu, loyang untuk pound cake memiliki ukuran yang sedikit lebih bervariasi. Loyang ini umumnya memiliki ukuran sekitar 20 cm yang sesuai untuk banyak resep kue.
Agak sulit untuk menyesuaikan resep kue dengan ukuran loyang yang diperlukan kecuali Anda adalah pembuat kue tingkat lanjut. Untuk pemula, sebaiknya Anda memiliki ukuran loyang yang dapat digunakan untuk berbagai resep.

Cek apakah bagian bawah loyang kue dapat dilepas atau menyatu

Salah satu momen yang cukup mendebarkan dalam pembuatan kue adalah proses mengeluarkan kue dari cetakannya. Jangan sampai kue yang Anda buat dengan sempurna berakhir mengecewakan hanya karena gagal diangkat. Terdapat dua tipe loyang yang akan menentukan hasil akhir tersebut. Perbedaan antara keduanya akan kami jelaskan lebih lanjut.

Tipe bagian bawah yang dapat dilepas: Kue dikeluarkan dengan cara melepas bagian bawah loyang

Tipe bagian bawah yang dapat dilepas: Kue dikeluarkan dengan cara melepas bagian bawah loyang
Yang pertama kali dilakukan untuk mengangkat kue dari loyang tipe ini adalah melepaskan bagian pinggirnya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan dengan membiarkan bagian bawah kue tetap menempel ke bagian bawah loyang. Selanjutnya, Anda dapat melepaskan kue dari bagian bawah tersebut. Jika tidak dapat terlepas dengan sendirinya, gunakan pisau roti untuk memisahkan kue dari bagian bawah loyang tersebut. Loyang kue tipe ini biasanya lebih mahal dibandingkan tipe loyang yang bagian bawahnya tidak dapat dilepas.

Tipe bagian bawah yang menyatu dengan pinggirannya: Kue dikeluarkan langsung dari loyang

Tipe bagian bawah yang menyatu dengan pinggirannya: Kue dikeluarkan langsung dari loyang
Untuk tipe ini, Anda mengangkat kue dengan cara mengeluarkannya langsung dari loyang. Karena loyang ini sudah dibentuk sedemikian rupa, Anda tidak bisa menggunakan bantuan pisau. Jadi, alasi bagian bawah loyang dengan kertas roti atau baking paper sehingga kue tidak menempel di loyang. Jika Anda lebih menyukai harga yang murah, loyang ini merupakan pilihan tepat. Loyang ini juga direkomendasikan untuk membuat cheese cake yang dibuat dengan teknik rendam air panas di atas kertas roti.

Ketahui karakteristik bahan pembuat loyang dan pilihlah yang sesuai

Bahan pembuat loyang kue ada beberapa macam. Kami akan menjelaskan poin-poin penting dari tiap bahan tersebut. Setelahnya, Anda akan dapat memilih bahan loyang kue yang paling sesuai untuk kreasi kue Anda.

Stainless steel, tidak mudah berkarat

Stainless steel, tidak mudah berkarat
Jenis bahan ini merupakan penghantar panas yang kurang baik sehingga dapat membuat adonan cepat sekali matang dan gosong. Namun, loyang berbahan stainless steel lebih mudah dirawat karena tidak mudah berkarat. Selain itu, tipe ini juga cocok untuk pendinginan di dalam lemari es.

Timah, menghasilkan panggangan dengan warna yang cantik

Timah, menghasilkan panggangan dengan warna yang cantik
Banyak orang menyukai loyang dari timah karena kue cepat matang dan warna hasil panggangannya cantik. Selain itu, harganya juga terbilang murah. Namun, karena mudah berkarat, Anda harus lebih berhati-hati dalam merawatnya. Bagi Anda yang mementingkan hasil panggangan dengan warna yang indah dan juga renyah, terutama untuk membuat pound cake, pilihlah loyang berbahan timah. Sayangnya, loyang kue berbahan timah masih cukup jarang ditemukan di toko online Indonesia.

Aluminium, bobotnya ringan dan cocok untuk pembuatan kue chiffon

Aluminium, bobotnya ringan dan cocok untuk pembuatan kue chiffon
Loyang berbahan aluminium memiliki penghantar panas yang baik, sulit terbakar, dan bahannya juga ringan. Jika Anda ingin membuat chiffon cake, loyang aluminium sangat direkomendasikan. Ketika telah mengembang sempurna, kue tidak akan mudah terjatuh ke bawah ketika didinginkan dengan cara terbalik. Namun, harganya sedikit lebih mahal.

Logam antilengket, adonan mudah dikeluarkan dari loyang dan mudah dibersihkan

Logam antilengket, adonan mudah dikeluarkan dari loyang dan mudah dibersihkan
Apabila menggunakan loyang ini, adonan lebih mudah dikeluarkan dari loyang dan kotoran pun mudah dibersihkan. Meskipun bukan penghantar panas yang cukup baik, loyang ini mudah digunakan. Loyang dari bahan ini sangat populer karena harganya terjangkau dan gampang dibersihkan. Akan tetapi, meskipun Anda yakin tidak akan lengket, akan lebih aman jika Anda melapisi loyang dengan baking paper atau lainnya.

Silikon, melepas kue jadi lebih mudah

Silikon, melepas kue jadi lebih mudah
Silikon merupakan bahan yang lentur sehingga kue lebih mudah terlepas dari loyang. Loyang ini mudah dipakai dan bisa untuk microwave, oven, atau yang lainnya. Namun, jika menggunakan loyang ini, kue akan cepat matang dan memiliki tekstur yang lembut. Apabila Anda lebih menyukai kue dengan hasil yang renyah, pilihlah loyang dari logam.

Kaca tahan panas, loyang tidak mudah berbau atau berubah warna

Kaca tahan panas, loyang tidak mudah berbau atau berubah warna
Loyang berbahan kaca tidak mudah berbau atau berubah warna, serta mudah dibersihkan. Loyang ini juga akan terlihat cantik meskipun diletakkan begitu saja di atas meja. Kekurangan bahan ini adalah sulit menghantarkan panas sehingga waktu memanggang yang diperlukan lebih lama daripada bahan logam. Loyang ini bukan hanya dapat digunakan untuk memanggang kue, tetapi juga untuk memanggang masakan. Bagi Anda yang jarang membuat kue, kami merekomendasikan loyang ini.

10 Rekomendasi loyang kue terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan produk-produk rekomendasi loyang kue terbaik yang dapat Anda gunakan sehari-hari. Loyang tersebut dapat Anda beli langsung atau membelinya secara online dengan mengakses link yang kami tautkan.
UkuranDiameter 24 cm
BahanEngsel: Baja tahan karat<br>Bahan dasar: Baja dengan lapisan antilengket
Tipe loyangBagian bawah dapat dilepas
Ukuran25 cm x 11 cm
BahanKarbon baja antilengket dengan lapisan xylan antilengket
Tipe loyangBagian bawah dapat dilepas
Ukuran14 cm x 25 cm x 7.5 cm
BahanTidak ada keterangan
Tipe loyangBagian bawah menyatu
Ukuran24 cm x 6 cm
BahanAluminium
Tipe loyangBagian bawah menyatu
Ukuran20 cm x 8 cm
BahanAluminium
Tipe loyangBagian bawah menyatu
UkuranDimensi keseluruhan: 24 cm x 21.5 cm x 5 cm<br>Diameter bagian bawah loyang: 18 cm<br>Diameter bagian atas loyang: 20 cm
BahanKarbon baja
Tipe loyangBagian bawah menyatu
Ukuran34.8 cm x 19.8 cm x 6.9 cm
BahanKaca borosilikat
Tipe loyangBagian bawah menyatu
UkuranBentuk love: 22 cm<br>Bentuk lingkaran: 24 cm<br>Bentuk persegi: 26 cm
BahanAluminium berlapis teflon antilengket
Tipe loyangBagian bawah dapat dilepas
Ukuran27 cm x 23.5 cm x 12 cm
BahanKarbon baja berlapis black diamond antilengket
Tipe loyangBagian bawah menyatu
UkuranDiameter 23 cm
BahanSilikon
Tipe loyangBagian bawah menyatu

Baca juga rekomendasi produk loyang terbaik lainnya di sini

Dibandingkan membuat kue, beberapa orang mungkin lebih menyukai membuat roti. Loyang kue dan loyang roti tentulah memiliki perbedaan dan keunggulannya masing-masing. Jika Anda membutuhkan rekomendasi dan penjelasan lengkap mengenai loyang roti, Anda dapat membaca ulasannya di bawah ini.

Kesimpulan

Loyang kue yang baik adalah loyang kue yang tidak lengket, tidak mudah membuat makanan gosong, dan juga mudah dibersihkan. Namun, pada kasus tertentu diperlukan loyang berbahan lengket agar kue dapat menempel dengan dinding loyang, seperti ketika membuat chiffon cake.
Sebelum membeli loyang, pastikan terlebih dahulu kue jenis apa yang ingin Anda buat, lalu carilah bahan loyang yang paling sesuai dengan resep tersebut. Jadi, ingin membuat kue apa hari ini?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan dapur
    27.554 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kompor Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat ini, penggunaan kompor listrik untuk memasak sudah semakin populer karena dinilai lebih praktis, mudah, dan memiliki ukuran yang kecil. Anda dapat meletakannya di atas meja makan sehingga lebih mudah ketika ingin langsung menyajikan makanan. Selain itu, kompor listrik juga ringan, mudah dipindahkan, dan dapat menghasilkan sensasi rasa masakan yang lebih lezat.Anda dapat menemukan beragam jenis dan merek kompor listrik, seperti Oxone, Maspion, dan Modena. Kami akan membantu Anda dalam memilih kompor listrik terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, serta memberikan tips dalam menggunakan kompor listrik agar lebih efisien. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    17.609 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Microwave oven merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat roti, kue, toast maupun kue kering. Berbeda dengan oven biasa, pemanasan makanan dengan microwave oven menggunakan gelombang mikro sehingga masakan matang lebih merata. Jika menggunakan oven biasa, masakan lebih matang di bagian pinggirnya.Beberapa merek microwave oven yang terkenal adalah Hitachi, Sharp dan Panasonic. Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa microwave oven dari berbagai merek ternama untuk dibandingkan kualitasnya. Simak ulasan berikut ini dan jadikan pertimbangan Anda sebelum membeli microwave oven.
    Peralatan dapur
    16.154 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Rice cooker mini menjadi produk yang banyak dicari oleh keluarga kecil maupun orang yang tinggal sendiri. Kini berbagai merek seperti Cosmos, Miyako, atau Sanken mulai mengembangkan rice cooker yang tidak hanya dapat menanak nasi, tetapi juga dapat digunakan untuk menggoreng, merebus telur, hingga membuat kue.Kali ini, kami akan berbagi tentang rekomendasi rice cooker mini terbaik yang dapat Anda pilih berdasarkan fungsi, kapasitas, dan harga. Sebelumnya, kami juga akan menjelaskan beberapa poin tentang bagaimana cara memilih rice cooker mini yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    20.158 Views
  • 10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hand Mixer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Hand mixer merupakan salah satu peralatan dapur yang memberi kemudahan untuk mengaduk adonan. Bahkan, banyak ibu yang menggunakannya untuk membuat MPASI si kecil. Berbagai produsen seperti Philips, KitchenAid, Kenwood, dan lainnya meluncurkan produk andalannya masing-masing dengan bermacam harga. Bingung harus pilih yang mana?Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih hand mixer yang tepat. Lalu, tidak lupa kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Jangan sampai lewatkan ulasan tentang pemakaian hand mixer yang efektif di bagian akhir artikel. Simak selengkapnya dan berkreasilah dengan resep Anda!
    Peralatan dapur
    12.184 Views
  • 10 Rekomendasi Penggorengan Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Penggorengan Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk Anda yang sering menggoreng, electric fryer (penggorengan listrik) bisa menjadi pilihan praktis di dapur Anda. Selain Anda tidak perlu takut lagi terciprat minyak, Anda pun bisa menggoreng sambil menggunakan tungku gas untuk memasak masakan yang lain. Jadi lebih aman dan efektif bukan?Kini telah tersedia banyak jenis penggoreng listrik yang tersedia di pasaran dengan merek ternamanya seperti Philips dan Oxone. Selain desain dan ukurannya yang berbeda-beda, harganya pun bervariasi. Produk mana sih yang sebenarnya cocok untuk Anda? Mari simak artikel berikut.
    Peralatan dapur
    8.015 Views
  • 10 Rekomendasi Apron Terbaik untuk Pria (Terbaru tahun 2020)
    10 Rekomendasi Apron Terbaik untuk Pria (Terbaru tahun 2020)
    Tahukah Anda bahwa hobi memasak, kerajinan tangan, dan berkebun adalah hobi yang juga banyak diminati pria? Untuk mengerjakan hobi-hobi tersebut, pria memerlukan sebuah apron untuk melindungi baju yang dikenakannya. Oleh karena itu, saat ini banyak tersedia apron yang khusus didesain untuk kaum pria.Nah, kini kami akan mengulas cara memilih apron yang sesuai untuk kaum pria. Kami juga akan membagikan produk-produk apron rekomendasi seperti dari IKEA dan Chef Series sesuai gaya dan kebutuhan Anda. Pilihan yang tepat membuat tampilan Anda tetap maskulin dan kebersihan pakaian pun terjaga!
    Peralatan dapur
    755 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori