• 10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Loyang Kue Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Loyang sangat diperlukan untuk membuat kue. Ada beragam loyang dengan fungsinya masing-masing, seperti loyang kue kering atau loyang kue bolu. Bahan pembuatnya pun bermacam-macam, seperti aluminium, silikon, atau kaca. Pada kesempatan ini, kami akan memperkenalkan produk-produk loyang kue yang bagus dari beragam merek. 


Anda akan menemukan loyang kue antara lain dari Cookshabit, Maxim Bakeware, dan Chefmade. Kami juga akan membagikan cara memilih loyang untuk membantu Anda mendapatkan loyang kue terbaik. Tak ketinggalan kami tampilkan pula rekomendasi lengkap dengan kisaran harganya. Mari baca artikel ini untuk mengetahuinya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Lianny Hendrawati
  • Pembaharuan terakhir: 30 September 2021
  • 61.521 Views
Daftar isi

Cara memilih loyang kue

Ada beragam jenis loyang kue tersedia di pasaran. Karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa poin penting sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli loyang kue. Pastikan loyang kue tersebut dapat dipakai sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih ukuran loyang sesuai kebutuhan resep dan adonan

Pilih ukuran loyang sesuai kebutuhan resep dan adonan
Loyang kue memiliki beberapa ukuran tergantung pada jenis kue yang dibuat. Jika Anda baru pertama kali membeli loyang kue, ikuti petunjuk yang disebutkan dalam resep. Jangan sampai Anda menggunakan loyang yang terlalu besar atau bahkan terlalu kecil. 

Sebagai acuan, resep yang menggunakan lima butir telur biasanya cukup diwadahi oleh loyang kue ukuran 20 cm. Sementara itu, kue dengan takaran empat butir telur dapat menggunakan loyang kue berukuran 18 cm.


Selain itu, yang acap kali dilupakan saat hendak membeli loyang adalah menyesuaikan dengan ukuran oven. Agar muat masuk segala jenis oven, cara paling aman adalah membeli loyang berukuran kecil, misalnya loyang kue kering ukuran 14 cm. Namun, sebaiknya Anda mengetahui dimensi oven di dapur agar terhindari dari salah ukuran.

Pertimbangkan berdasarkan bentuk dan fungsinya

Selain berdasarkan ukuran, bentuk loyang kue juga dapat menjadi pertimbangan sebelum membelinya. Ada loyang yang berdinding rendah, bertepi tinggi, dan ada yang bolong di tengah. Bentuk loyang kue itu bukan tanpa alasan, melainkan ada fungsinya masing-masing. Yuk, simak jenis loyang kue berdasarkan fungsinya.

Loyang kue kering berdinding rendah agar hasilnya renyah

Loyang kue kering berdinding rendah agar hasilnya renyah

Loyang kue kering biasanya berdinding rendah, dengan ukuran sekitar 1–2 cm. Mengapa demikian? Kue kering yang enak biasanya diharapkan hasilnya bertekstur renyah dan tipis. Dengan loyang berdinding rendah, hawa panas bisa mengalir mengenai seluruh permukaan sehingga kue kering akan matang merata


Sebagai tambahan, Anda perlu memperhatikan jarak antara adonan kue agar tidak menempel satu sama lain. Apalagi saat ini telah hadir loyang kue kering antilengket. Acara memanggang kue kering jadi makin seru! 

Loyang kue brownies untuk kue cokelat manis dengan permukaan yang shiny!

Loyang kue brownies untuk kue cokelat manis dengan permukaan yang shiny!

Adonan brownies pada dasarnya memang berat karena tidak dimaksudkan untuk mengembang. Jika adonan brownies terlalu tebal atau tinggi, ditakutkan brownies tidak matang sempurna, hanya matang di bagian pinggir. Bila hal tersebut terjadi, bagian pinggirnya akan mengering atau overbaked saat bagian tengah kue baru matang.


Oleh karena itulah loyang brownies biasanya hanya setinggi 3–4 cm. Kini bahkan sudah tersedia loyang brownies bersekat sehingga dalam satu loyang. Jadi, Anda bisa mendapatkan brownies dengan beragam topping dalam sekali panggang!

Loyang dengan lubang, pas untuk kue bolu dan chiffon

Loyang dengan lubang, pas untuk kue bolu dan chiffon

Anda mungkin pernah melihat loyang kue berbentuk bulat dengan lubang di bagian tengah. Kehadiran lubang di tengah itu tidak ada hubungannya dengan perkara estetika. Fungsi lubang tersebut adalah menyebarkan aliran hawa panas merata hingga ke bagian tengah bolu. Dengan demikian, bolu Anda akan matang seluruhnya.


Loyang kue bolu yang bolong di tengah, sering disebut loyang tulban, juga kerap digunakan untuk membuat chiffon. Meski demikian, sebetulnya loyang khusus chiffon memiliki kaki penyangga. Kehadiran kaki itu berfungsi untuk menjaga agar adonan chiffon tidak lantas kempis ketika keluar dari loyang.

Loyang kue bongkar pasang, cocok untuk kue bertekstur lembut!

Loyang kue bongkar pasang, cocok untuk kue bertekstur lembut!
Loyang bongkar pasang atau springform ini memudahkan Anda untuk mengeluarkan adonan. Terlebih lagi untuk kue yang teksturnya sangat lembut dan mudah hancur. Untuk mengangkat kue dari loyang tipe ini, lepaskan bagian pinggirnya terlebih dahulu. 

Setelah suhunya turun, biarkan bagian bawah kue tetap menempel ke bagian bawah loyang. Selanjutnya, Anda dapat melepaskan kue dari bagian bawah tersebut. Loyang kue tipe ini biasanya lebih mahal dibandingkan tipe loyang biasa.

Ketahui karakteristik bahan pembuat loyang dan pilihlah yang sesuai

Bahan pembuat loyang kue ada beberapa macam. Kami akan menjelaskan poin-poin penting dari tiap bahan tersebut. Setelahnya, Anda akan dapat memilih bahan loyang kue yang paling sesuai untuk kreasi kue Anda.

Stainless steel, tidak mudah berkarat

Stainless steel, tidak mudah berkarat
Jenis bahan ini merupakan penghantar panas yang sangat baik. Jika tidak hati-hati, loyang ini dapat membuat adonan cepat sekali matang dan gosong. Namun, loyang berbahan stainless steel lebih mudah dirawat karena tidak mudah berkarat. Selain itu, tipe ini juga cocok untuk pendinginan di dalam lemari es.

Timah, menghasilkan panggangan dengan warna yang cantik

Timah, menghasilkan panggangan dengan warna yang cantik
Banyak orang menyukai loyang dari timah karena kue cepat matang dan warna hasil panggangannya cantik. Selain itu, harganya juga terbilang murah. Loyang ini cocok untuk membuat pound cake. Namun, karena mudah berkarat, Anda harus lebih berhati-hati dalam merawatnya. Kelemahan lainnya, loyang kue berbahan timah masih cukup jarang ditemukan di toko online Indonesia.

Aluminium, bobotnya ringan dan cocok untuk pembuatan kue bolu

Aluminium, bobotnya ringan dan cocok untuk pembuatan kue bolu

Loyang berbahan aluminium memiliki sejumlah kelebihan. Loyang ini mampu menghantarkan panas dengan baik, ringan, dan harganya relatif murah. Itulah sebabnya Anda akan memanggang dengan lebih cepat menggunakan loyang ini. 


Namun, umumnya loyang aluminium tidak dilengkapi lapisan antilengket. Jadi, oleskan saja mentega dan taburan terigu saat hendak membuat cake. Dengan demikian, Anda tidak akan kesulitan mengambil hasil panggangan saat sudah matang.

Silikon, melepas kue jadi lebih mudah

Silikon, melepas kue jadi lebih mudah

Silikon merupakan bahan yang lentur dan bebas lengket sehingga kue lebih mudah terlepas dari loyang. Loyang ini mudah dipakai dan bisa digunakan pada oven, microwave, atau bahkan freezer. Perlu Anda ketahui juga bahwa loyang silikon ini umumnya aman digunakan pada suhu sekitar 200 derajat Celsius.


 

Loyang ini juga cocok dipakai untuk mewadahi puding yang perlu dimasukkan ke dalam freezer. Meskipun demikian, hindari meletakkan loyang silikon langsung di atas api. Jika menggunakan loyang ini, kue akan cepat matang dan memiliki tekstur yang lembut

Kaca tahan panas, loyang tidak mudah berbau atau berubah warna

Kaca tahan panas, loyang tidak mudah berbau atau berubah warna

Loyang berbahan kaca tidak mudah berbau atau berubah warna, serta mudah dibersihkan. Loyang ini juga terlihat cantik meskipun diletakkan begitu saja di atas meja. Loyang kaca yang biasanya transparan dapat memperlihatkan warna dan tekstur adonan.


Kekurangan bahan ini adalah sulit menghantarkan panas sehingga waktu memanggang yang diperlukan lebih lama daripada bahan logam. Selain memanggang kue, loyang ini bisa dipakai untuk memanggang masakan basah atau bertabur mozzarella

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi loyang kue terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk loyang kue terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10
UkuranDimensi keseluruhan: 24 cm x 21,5 cm x 5 cm; Diameter bawah: 18 cm; Diameter atas: 20 cm
BahanKarbon baja
FungsiSemua jenis kue
9

EcomaxLoyang Kue Bolu

HA-6040 LYON SERIES

Mulai dari Rp 39.900,00

UkuranDiameter 22 cm
BahanAluminium
FungsiBolu dan kue lainnya
8

PamosroomLoyang Kotak Brownies Sekat Aluminium 21cm

Mulai dari Rp 45.400,00

Ukuran21 cm x 21 cm
BahanAluminium
FungsiBrownies
7
Ukuran27 cm x 23,5 cm x 12 cm
BahanCarbon steel
FungsiKue bolu
6

ChefmadeLoaf Pan Medium Non Stick

Wk112009

Mulai dari Rp 59.000,00

Ukuran25,5 cm x 13,2 cm x 6,2 cm
BahanBaja karbon
FungsiRoti dan cake
5

CaTalinaCup Muffin Cake Silikon Anti Lengket Tahan Panas

Mulai dari Rp 72.306,00

UkuranBAK-32A: 32 cm x 25 cm x 2,5 cm・BAK-32B: 35 cm x 23 cm x 2 cm・BAK-33A: 24 cm x 16 cm x 3,5 cm
BahanSilikon
FungsiMuffin, cupcake
4

OcuisineGlassware Rectangular Roaster

Mulai dari Rp 169.000,00

Ukuran28 cm x 20 cm x 5 cm
BahanKaca borosilikat
FungsiLasagna, casserole, schotel, dll
3
Ukuran24 cm x 22 cm
BahanAluminium
FungsiKue kering lidah kucing
2
UkuranDiameter 16 cm, 18 cm, 20 cm, 22 cm, 24 cm
BahanAluminium
FungsiChiffon, bolu
1

CookshabitOven Toaster 8 Inch Cookie Sheet

Mulai dari Rp 76.900,00

Ukuran25 cm x 18 cm x 2 cm
BahanStainless steel
FungsiKue kering

Tabel perbandingan produk loyang kue terbaik

Gambar produk
1
Cookshabit Oven Toaster 8 Inch Cookie Sheet  1

Cookshabit

2
Loyang Chiffon Bongkar Pasang 1

3
Loyang kue kering lidah kucing 18 lubang 1

4
Ocuisine Glassware Rectangular Roaster 1

Ocuisine

5
CaTalina Cup Muffin Cake Silikon Anti Lengket Tahan Panas 1

CaTalina

6
Chefmade Loaf Pan Medium Non Stick 1

Chefmade

7
Maxim Bakeware  Bundform Tint 1

Maxim Bakeware

8
Pamosroom Loyang Kotak Brownies Sekat Aluminium 21cm 1

Pamosroom

9
Ecomax Loyang Kue Bolu 1

Ecomax

10
Bornchefs 20 Cm Round Cake Pan 1

Bornchefs

Nama produk

Oven Toaster 8 Inch Cookie Sheet

Loyang Chiffon Bongkar Pasang

Loyang kue kering lidah kucing 18 lubang

Glassware Rectangular Roaster

Cup Muffin Cake Silikon Anti Lengket Tahan Panas

Loaf Pan Medium Non Stick

Bundform Tint

Loyang Kotak Brownies Sekat Aluminium 21cm

Loyang Kue Bolu

20 Cm Round Cake Pan

Keunggulan

Lebih hemat dengan loyang kue kering berukuran imut

Memanggang chiffon jadi lebih mudah dengan loyang bongkar pasang

Sempurnakan bentuk kue kering lidah kucing buatan Anda

Tampilannya cantik untuk disajikan di meja pesta Anda

Berbahan silikon, tahan hingga suhu 230 derajat Celsius

Bisa untuk membuat roti juga, lho!

Dapatkan kue bolu yang matang sempurna luar dalam

Cukup satu loyang untuk beragam topping brownies

Lebih sehat karena tidak perlu mengoles minyak atau mentega lagi

Tak perlu khawatir loyang tergores dengan lubang untuk menggantung

Harga mulai dariRp 76.900,00Rp 20.000,00Rp 12.000,00Rp 169.000,00Rp 72.306,00Rp 59.000,00Rp 125.400,00Rp 45.400,00Rp 39.900,00Rp 25.000,00
Ukuran25 cm x 18 cm x 2 cmDiameter 16 cm, 18 cm, 20 cm, 22 cm, 24 cm24 cm x 22 cm28 cm x 20 cm x 5 cmBAK-32A: 32 cm x 25 cm x 2,5 cm・BAK-32B: 35 cm x 23 cm x 2 cm・BAK-33A: 24 cm x 16 cm x 3,5 cm25,5 cm x 13,2 cm x 6,2 cm27 cm x 23,5 cm x 12 cm21 cm x 21 cmDiameter 22 cmDimensi keseluruhan: 24 cm x 21,5 cm x 5 cm; Diameter bawah: 18 cm; Diameter atas: 20 cm
BahanStainless steelAluminiumAluminium Kaca borosilikatSilikonBaja karbonCarbon steelAluminiumAluminiumKarbon baja
FungsiKue keringChiffon, boluKue kering lidah kucingLasagna, casserole, schotel, dllMuffin, cupcakeRoti dan cakeKue boluBrowniesBolu dan kue lainnyaSemua jenis kue
Tautan produk

Kekeliruan saat mencuci loyang kue yang perlu Anda ketahui!

Kekeliruan saat mencuci loyang kue yang perlu Anda ketahui!

Banyak orang yang begitu saja meletakkan loyang ke tempat cucian dan mengguyurnya dengan air dingin setelah digunakan. Terlebih lagi, ada pula orang yang langsung mencucinya dengan sabun seperti biasa. 


Padahal, cara itu kurang dianjurkan untuk loyang kue. Permukaan loyang, terutama aluminium, terancam mengalami korosi atau terkikis saat terkena air sabun. Lantas, apa yang perlu dilakukan untuk membersihkannya?


Usai digunakan di suhu tinggi, dinginkan loyang terlebih dahulu. Kemudian, usap kotoran yang tersisa dengan tisu. Jika ada kotoran yang mengerak, rendam dengan air panas sampai terlepas. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan spons cuci piring atau sikat gigi. Namun, pastikan Anda melakukannya dengan lembut.


Selain itu, perhatikan cara menyimpan loyang kue Anda. Setelah dicuci, hindari loyang yang disimpan secara menumpuk atau disusun horizontal. Selain menyita banyak ruang dan kurang efisien saat mengambil loyang kue, hal ini dapat menyebabkan gesekan. Jadi, usahakan menyimpan loyang secara vertikal atau menggantungnya agar lebih awet dan mudah diambil.

Baca juga rekomendasi alat membuat kue terbaik lainnya di sini

Membuat kue adalah kegiatan yang sangat seru. Untuk menunjang hobi Anda, tidak ada salahnya untuk menyimak rekomendasi kami lainnya sehingga koleksi alat memasak Anda jadi makin lengkap!

Kesimpulan

Supaya berhasil dalam membuat kue, kenali kelebihan dan kekurangan bahan loyang kue pilihan Anda dan pahami fungsinya. Rawat loyang kue Anda dengan baik sehingga loyang kue dapat menemani kegiatan memasak Anda lebih lama.


Setelah membaca artikel ini, sudahkah Anda menemukan loyang kue yang dicari? Jangan tunggu lama-lama, segera miliki dan wujudkan mimpi Anda menghidangkan kue dengan kelezatan dan tekstur yang luar biasa!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Oven Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Oven Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Oven gas adalah salah satu jenis oven yang banyak orang pilih. Oven jenis ini memiliki kapasitas yang besar sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan keluarga dan cocok juga untuk usaha. Anda akan menemukan banyak merk oven gas yang bagus di pasaran. Produk dari Bima, MODENA, dan HOCK adalah beberapa contohnya. Ketiga merk oven ini sangat populer dan digemari oleh banyak konsumen. Silakan simak ulasan kami tentang produk oven gas terbaik di artikel ini. Namun, sebelumnya simak terlebih dahulu tips memilih oven gas dari kami berikut. Selamat membaca!
    Perlengkapan baking
    6.553 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Convection Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Convection Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Microwave oven convection adalah alat yang menggabungkan fungsi oven pemanggang dan microwave oven. Alat ini dapat memproses masakan dengan cepat dan matang secara merata. Anda dapat menemukan beragam merek microwave oven convection di pasaran, seperti Modena, Electrolux, hingga Oxone. Banyaknya merek ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih produk yang sesuai kebutuhan. Guna menjawab kebingungan Anda, kali ini kami akan memberikan tips cara memilih produk microwave oven convection. Kemudian, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda pilih. Baca terus artikel ini hingga akhir, ya!
    Perlengkapan baking
    27.901 Views
  • 10 Rekomendasi Cetakan Puding Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cetakan Puding Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika senang berkreasi dengan makanan, rasanya tidak berlebihan bila memiliki satu atau beberapa cetakan puding. Cetakan ini berfungsi membuat tampilan puding terlihat cantik. Ada beberapa bahan yang umum digunakan sebagai cetakan puding, seperti aluminium, plastik, hingga silikon. Namun, cetakan dengan kriteria seperti apa yang tepat untuk dipakai?Untuk itu, kami akan menjelaskan beberapa poin yang perlu diperhatikan sebelum menentukan pilihan. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi cetakan puding terbaik mulai dari merek Green Leaf hingga Claris. Nah, sudah siap untuk membuat puding spesial di akhir pekan nanti? Mari simak informasinya!
    Perlengkapan baking
    3.176 Views
  • 10 Rekomendasi Loyang Roti Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Loyang Roti Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk membuat bentuk roti yang menarik, loyang mempunyai peran penting dalam membentuk adonan. Berbagai macam bentuk loyang dijual di pasaran. Ada yang berbentuk persegi panjang untuk membuat roti tawar yang standar, berbentuk bulat, dan lainnya.Jika Anda ingin membuat roti yang sempurna tanpa lengket dan hangus, perhatikanlah kualitas dan bahan loyang yang digunakan. Di artikel ini, kami memaparkan bagaimana cara memilih loyang roti yang bagus, beserta ulasan produk-produk rekomendasi dari kami. Temukan loyang terbaik Anda dan buatlah roti yang lezat di rumah!
    Perlengkapan baking
    11.067 Views
  • 10 Rekomendasi Timbangan Kue yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Timbangan Kue yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk membuat roti dan kue yang sempurna, bahan-bahan harus ditakar dengan tepat. Karena itulah, timbangan adalah perlengkapan wajib yang ada di dapur Anda. Timbangan kue terbagi menjadi dua tipe, digital dan manual. Keakuratan dan jumlah bahan yang bisa ditimbang setiap produk tentunya berbeda.Nah, kali ini kami akan memberikan tips memilih sekaligus memberi rekomendasi produk yang bagus dengan harga terjangkau. Merek timbangan kue, seperti Camry, Tanita, Krisbow, Kenmaster, Oxone, dan Lion Star ada dalam rekomendasi kami. Tidak ketinggalan, komentar dari cooking influencer, Inov Pelawi, juga akan melengkapi informasi kami.
    Perlengkapan baking
    1.282 Views
  • 10 Rekomendasi Kertas Renda Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kertas Renda Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kertas renda atau doyleys adalah selembar kertas yang dicetak sedemikian rupa sehingga menghasilkan pola yang indah seperti renda. Kertas ini sering kali digunakan sebagai alas kue dan wadah permen, tetapi kegunaannya tidak sampai di situ saja. Anda dapat menggunakannya sebagai pembungkus, scrapbook, dekorasi, dan lainnya.Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus merekomendasikan kertas renda. Ada beragam bentuk yang bisa dipilih, seperti lingkaran, oval, kotak, persegi panjang, dan hati. Selain itu, warna dan pola rendanya pun bervariasi. Nah, pilihlah kertas renda yang paling menarik bagi Anda, ya!
    Perlengkapan baking
    5.418 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori