10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Ketika Anda menyekrup bagian yang cukup tebal saat merangkai produk furnitur, Anda akan kesulitan melakukannya bila hanya menggunakan obeng. Pada saat itulah sebaiknya Anda gunakan mesin bor beton atau biasa disebut impact drill. Banyaknya merek impact drill seperti Makita, Bosch, atau DeWALT di pasaran bisa saja membuat Anda bingung memilih.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi mesin bor beton terbaik. Terdapat berbagai jenis produk dengan spesifikasi, fitur, dan harga yang berbeda satu sama lain. Kami harap Anda dapat menemukan mesin bor beton yang akan membantu pekerjaan Anda melalui artikel ini.

Daftar isi

Apakah mesin bor beton itu?

Apakah mesin bor beton itu?

Mesin bor beton adalah alat yang Anda gunakan untuk mengebor atau menyekrup dengan kuat. Berbeda dengan obeng elektrik yang hanya menggunakan energi rotasi, mesin bor beton menggunakan kombinasi energi rotasi ditambah dengan daya hantam. Karena itu, tentu saja mesin bor beton jauh lebih kuat dibanding obeng elektrik. Bila umumnya obeng elektrik memiliki torsi dibawah 30 Nm, mesin bor beton memiliki torsi lebih dari 170 Nm. Nm adalah singkatan dari newton meter, satuan yang menunjukkan kekuatan torsi suatu benda. Semakin besar angkanya, semakin besar pula torsi yang dimiliki.

Cara memilih mesin bor beton (impact drill)

Sekarang, kami akan menjelaskan cara memilih mesin bor beton. Anda bisa menggunakan kriteria yang kami jabarkan berikut untuk memilih mesin bor beton terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih berdasarkan torsinya

Pilih berdasarkan torsinya

Hal terpenting dari sebuah mesin bor beton adalah kemampuannya dalam menghasilkan torsi besar. Torsi besar sangat berguna saat Anda hendak mengencangkan sekrup berukuran tebal dan panjang yang biasanya sulit dilakukan bila Anda hanya menggunakan obeng elektrik.

Umumnya para profesional di bidang industri menggunakan mesin bor beton bertorsi 170 Nm. Mesin bor bertorsi besar dapat Anda gunakan juga untuk mengencangkan baut kecil atau melakukan berbagai hal praktis lainnya. Meskipun begitu, bila Anda hendak mengencangkan baut berukuran besar, akan lebih baik bila Anda menggunakan impact wrench saja.

Sebenarnya mesin bor beton bertorsi 130 Nm saja sudah sangat lebih dari cukup bila Anda menggunakannya hanya untuk kebutuhan pribadi atau hobi. Bila torsinya terlalu besar, ada kemungkinan barang-barang Anda malah akan rusak. Selain itu, mesin bertorsi besar membutuhkan daya listrik lebih banyak serta menghabiskan baterai lebih cepat. Meski begitu, Anda tetap dapat membeli mesin bor beton dengan torsi lebih dari 130 Nm bila memang dibutuhkan.

Pilih yang berbobot ringan dan compact

Pilih yang berbobot ringan dan compact

Bila di hadapan Anda terdapat produk dengan spesifikasi yang sangat mirip, pilihlah produk terkecil dengan bobot paling ringan. Mesin bor beton yang kecil dan ringan sangat praktis untuk Anda gunakan di tempat sempit, serta tidak membuat Anda cepat letih. Selain itu, produk yang kecil dan ringan sangat nyaman digunakan saat Anda harus menggunakannya secara vertikal atau menyamping untuk memasang rak di dinding atau melakukan pekerjaan pertukangan lainnya.

Selain itu, mesin bor beton berukuran kecil yang umum disebut sebagai pen type juga cocok untuk Anda gunakan dalam pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan kerapian. Hal tersebut memungkinkan karena torsinya tidak sebesar mesin bor beton pada umumnya sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam pekerjaan dengan tingkat presisi tinggi.

Pilih produk rechargeable bila mengutamakan kenyamanan

Pilih produk rechargeable bila mengutamakan kenyamanan

Saat ini, kebanyakan mesin bor beton di pasaran adalah tipe rechargeable yang menggunakan baterai. Tipe ini tetap dapat Anda gunakan meski tidak ada stop kontak dan tidak ada kabel yang akan mengganggu. Karena itu, kami lebih merekomendasikan tipe rechargeable.

Meski demikian, mesin bor beton yang menggunakan daya listrik juga memiliki kelebihan, yaitu Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai. Dengan arus listrik yang terus mengalir, tidak akan ada kondisi kekuatan mesin bor beton tersebut melemah seperti halnya pada mesin bor beton yang memakai baterai. Tipe ini kami rekomendasikan bila Anda tidak ingin mengkhawatirkan soal kehabisan baterai saat bekerja serta tempat Anda bekerja tidak berpindah-pindah.

10 Rekomendasi mesin bor beton (impact drill) terbaik

Kali ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi mesin bor beton terbaik. Setiap produk memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Karena itu, pilihlah yang paling cocok untuk Anda, ya!

10. Bosch GSB 120-LI Professional

10. Bosch GSB 120-LI Professional

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.188.000

Atur torsinya sesuai kebutuhan Anda

Produk keluaran Bosch ini dibekali dengan baterai bertegangan 12 volt. Dengan tipe baterai seperti itu, torsi produk ini memang tidak termasuk besar, yakni hanya 28 Nm saja. Namun, torsinya yang rendah justru membuat produk ini sangat cocok untuk Anda yang baru belajar menggunakan mesin bor beton.

Dengan torsi rendah, Anda pun semakin mudah mengoperasikan alat ini. Apalagi, terdapat 20 jenis konfigurasi pengaturan kekuatan torsi pada produk ini yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Bila Anda mencari impact drill dengan opsi pengaturan torsi yang sangat banyak untuk memenuhi berbagai keperluan, ini pilihannya!

9. AEG BSB 12C2 LI-202B

9. AEG BSB 12C2 LI-202B

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.990.000

Ukurannya sangat compact, makin mudah digunakan di area sempit

Bila Anda membutuhkan mesin bor beton berukuran compact, produk ini patut dipertimbangkan. Dengan panjang alat hanya 19,2 cm, produk ini terasa praktis untuk Anda gunakan di tempat-tempat sempit. Apalagi, bobotnya hanya 1,2 kg saja sehingga tangan Anda tidak mudah lelah ketika menggunakannya untuk jangka waktu cukup lama.

Dengan torsi maksimum 32 Nm, Anda tidak akan kesulitan untuk mengendalikan kekuatan alat ini. Apalagi, Anda juga bisa mengatur kecepatannya sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak hanya itu, produk ini juga cukup tangguh karena gearbox dan gear-nya dirancang khusus sehingga bisa digunakan juga untuk kegiatan industri.

8. DeWALT DCD776C2

8. DeWALT DCD776C2

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.885.000

Makin nyaman digenggam dengan rubber grip

Dengan torsi sebesar 42 Nm, produk ini cocok Anda gunakan untuk hobi atau pekerjaan yang membutuhkan akurasi tinggi. Dilengkapi dengan variable speed dan reverse switch, produk ini pun semakin mudah untuk Anda kontrol. Impact drill ini juga terasa pas digenggam dengan ukuran 228 x 53 x 191 mm dan bobot 1,7 kg saja.

Pada bagian handle-nya terdapat rubber grip empuk yang membuat Anda semakin nyaman saat menggenggamnya. Rubber grip ini juga membantu mengurangi getaran pada tangan Anda saat sedang menggunakan produk ini. Bila Anda mencari impact drill yang sangat nyaman digenggam, tidak perlu ragu untuk membeli produk ini.

7. Maktec MT081

7. Maktec MT081

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.550.000

Melubangi tembok bukan masalah lagi dengan impact mode 

Untuk Anda yang harus melubangi dinding atau tembok untuk keperluan tertentu, produk ini mungkin dapat dipertimbangkan. Memiliki torsi maksimum sebesar 42 Nm, mesin ini dapat dengan mudah Anda gunakan untuk mengebor. Bila benda yang harus dibor terlalu tebal, Anda dapat menggunakan impact mode untuk melubanginya.

Beratnya 1,7 kg, cukup ideal untuk Anda bawa dalam setiap pekerjaan Anda. Lalu, baterainya bertegangan 18 volt dan cukup awet untuk Anda gunakan bekerja. Ditambah dengan garansi selama 2 tahun, desain ergonomis, indikator baterai, dan ukuran yang compact, produk ini terlihat sangat menarik!

6. BLACK+DECKER BDCHD18K

6. BLACK+DECKER BDCHD18K

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 862.000

Harganya terjangkau, sudah dilengkapi LED pula!

Produk berkualitas ini memiliki torsi sebesar 40 Nm. Anda dapat mengatur kecepatannya ke dalam 2 mode, yakni high speed mode untuk mengebor permukaan yang keras serta low speed mode untuk penggunaan normal. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengatur kekuatan torsinya sesuai dengan kebutuhan.

Lalu, bila Anda memiliki dana terbatas, tetapi membutuhkan impact drill yang bisa digunakan di area dengan pencahayaan kurang, produk ini adalah pilihan tepat. Selain harga yang bersahabat, mesin bor beton ini sudah dilengkapi lampu LED (light emitting diode) sehingga Anda pun makin mudah bekerja di tempat yang agak gelap.

5. Makita HP331DWYE

5. Makita HP331DWYE

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.150.000

Sangat kecil dan berbobot ringan, tangan pun bebas kram

Mesin bor beton ini memiliki panjang 20,1 cm sehingga pas untuk Anda gunakan di area yang sempit. Dibuat menggunakan material plastik berkualitas, bobot mesin ini hanya 1,1 kg. Bila Anda mencari produk yang ringan dan tidak membuat tangan menjadi kram ketika digunakan dalam waktu lama, produk ini adalah salah satu opsi.

Apalagi, gagangnya pun terasa begitu ergonomis sehingga terasa semakin pas digenggam tangan Anda. Produk ini juga sudah dilengkapi lampu LED untuk membantu penerangan Anda saat sedang bekerja. Ditambah dengan adanya 18 pilihan torsi, produk ini terasa semakin lengkap dan praktis saat Anda gunakan.

4. Fisch TD7180

4. Fisch TD7180

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 572.000

Baterainya bertahan 8 jam, makin tenang bekerja seharian

Bila Anda tidak suka pekerjaan Anda terhenti karena harus mengisi daya baterai, Anda harus memiliki produk yang satu ini. Meski baterainya hanya bertegangan 14,4 volt, Anda dapat menggunakannya hingga 8 jam! Untuk mengisi baterainya sampai penuh, Anda juga hanya membutuhkan waktu 2-3 jam saja.

Dengan torsi sebesar 27 Nm, Anda takkan kesulitan mengendalikannya meski Anda baru mulai menggunakan mesin bor beton. Adanya 18 pilihan pengaturan torsi pada produk ini juga membuatnya terasa semakin praktis digunakan. Bila dibutuhkan, Anda juga bisa mengubah kecepatannya menjadi lebih cepat atau lambat sesuai keperluan.

3. Bosch GSB 18 V-EC Professional

3. Bosch GSB 18 V-EC Professional

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.546.000

Sangat awet dengan teknologi brushless motor

Menggunakan teknologi brushless motor, mesin pada produk ini mampu menarik energi dari baterai secara efisien. Hal tersebut memungkinkan Anda memperoleh torsi sebesar 60 Nm dari produk ini. Hal yang menarik, meski torsinya cukup besar, nyatanya produk ini hanya menggunakan baterai bertegangan 18 volt sehingga terasa sangat efisien.

Anda juga tidak akan merasakan panas berlebih dari produk ini berkat adanya teknologi brushless motor. Tanpa adanya panas berlebih, masa penggunaan produk ini juga semakin panjang dan awet. Bila Anda mencari produk awet dan tangguh untuk mendampingi Anda, tentu mesin bor beton ini adalah jawaban yang pas.

2. Hitachi DV 18DFL

2. Hitachi DV 18DFL

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.300.000

Baterai penuh diisi hanya dalam 40 menit

Dengan torsi maksimal mencapai 43 Nm, Anda tidak akan kesulitan menggunakan produk ini untuk mengerjakan hal-hal yang membutuhkan akurasi tinggi, misalnya membuat kerajinan tangan. Anda bisa menggunakannya untuk mengebor kayu atau besi sekali pun. Gagangnya juga empuk dan ergonomis, makin nyaman digenggam tangan.

Anda juga bisa mengatur kecepatan dan torsinya sesuai keperluan Anda. Lalu, bila Anda tidak ingin membuang banyak waktu karena harus menunggu baterainya kembali terisi penuh, produk ini adalah salah satu jawaban terbaik. Dirancang secara khusus, baterai produk ini akan penuh setelah Anda charge selama 40 menit, mantap!

1. Makita TD090

1. Makita TD090

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.350.000

Ingin yang torsinya besar sekaligus berbobot ringan? Ini jawabannya!

Bila Anda mencari impact drill bertorsi besar, tetapi tidak membuat tangan cepat lelah saat digunakan berjam-jam, produk ini adalah pilihan tepat. Dengan torsi mencapai 90 Nm, Anda bisa dengan mudah mengebor area yang Anda inginkan. Meski bertorsi besar, produk ini tetap nyaman untuk Anda genggam berkat soft grip handle-nya

Dipadukan dengan bobot hanya 920 gram, produk ini tak akan membuat tangan Anda cepat lelah meski digunakan berjam-jam. Produk yang menggunakan baterai bertegangan 10,8 volt ini juga sudah dilengkapi dengan lampu LED dan cat glow in the dark sehingga Anda tetap dapat bekerja bahkan dengan kondisi pencahayaan yang kurang.

Kesimpulan

Apakah daftar rekomendasi mesin bor beton terbaik ini dapat membantu Anda? Terdapat banyak mesin bor beton dengan spesifikasi berbeda satu sama lain. Ada mesin bor yang dirancang untuk keperluan pribadi atau hobi. Ada juga mesin bor beton bertorsi besar yang dibuat khusus untuk pekerjaan profesional.

Karena itu, Anda bisa memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentu keberadaan mesin bor beton akan sangat memudahkan pekerjaan Anda, bukan?