1. TOP
  2. >
  3. DIY & tools
  4. >
  5. Power tools
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Mesin Bor Beton (Impact Drill) Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Ketika ingin menyekrup bagian yang tebal saat merangkai furnitur, Anda akan kesulitan jika hanya menggunakan obeng. Untuk itu, Anda membutuhkan mesin bor beton atau impact drill. Namun, banyaknya merek impact drill, seperti Makita, Bosch, dan Mailtank, mungkin membuat Anda kebingungan. 

Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi mesin bor beton yang bagus. Terdapat berbagai jenis produk dengan spesifikasi, fitur, dan harga yang berbeda. Baik bor cordless (bor baterai) maupun bor berkabel, semua akan kami sajikan. Semoga Anda dapat menemukan impact drill yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat membaca!
Diperbaharui 07-08-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apakah mesin bor beton (impact drill) itu?

Mesin bor beton atau impact drill adalah alat yang digunakan untuk mengebor atau menyekrup dengan kuat. Impact drill berbeda dengan obeng elektrik yang hanya menggunakan energi rotasi. Pasalnya, mesin bor beton menggunakan kombinasi energi rotasi ditambah dengan daya hantam. 

Oleh karena itu, tentu saja mesin bor beton jauh lebih kuat dibandingkan obeng elektrik. Apabila umumnya obeng elektrik memiliki torsi di bawah 30 Nm, mesin bor beton memiliki torsi lebih dari 30 Nm. Nm adalah singkatan dari newton meter, satuan yang menunjukkan kekuatan torsi suatu benda. Makin besar angkanya, makin besar pula torsi yang dimiliki.

Cara memilih mesin bor beton (impact drill)

Kami sekarang akan menjelaskan cara memilih mesin bor beton. Dengan mengacu pada poin-poin berikut ini, Anda akan makin mudah menemukan produk yang tepat.

① Pertimbangkan produk berdasarkan torsinya

Hal terpenting dari sebuah mesin bor beton adalah kemampuannya menghasilkan torsi besar. Torsi besar sangat berguna terutama saat Anda hendak mengencangkan sekrup berukuran tebal dan panjang. Hal ini biasanya sulit dilakukan apabila Anda hanya menggunakan obeng elektrik.

Umumnya para profesional di bidang industri menggunakan mesin bor beton bertorsi di antara 24–70 Nm. Mesin bor bertorsi besar dapat Anda gunakan juga untuk mengencangkan baut kecil atau melakukan berbagai hal praktis lainnya. Meski begitu, jika Anda hendak mengencangkan baut berukuran besar, sebaiknya Anda menggunakan impact wrench saja.


Sebenarnya, mesin bor beton bertorsi sekitar 40 Nm sudah sangat memadai digunakan untuk kebutuhan pribadi atau hobi. Jika torsinya terlalu besar, ada kemungkinan barang Anda malah akan rusak. Selain itu, mesin bertorsi besar membutuhkan daya listrik lebih banyak serta menghabiskan baterai lebih cepat. Namun, Anda tetap dapat membeli mesin bor beton dengan torsi lebih dari 70 Nm jika memang dibutuhkan.

② Pilih produk sekecil dan seringan mungkin

Apabila di hadapan Anda terdapat produk dengan spesifikasi yang sangat mirip, pilihlah produk terkecil dengan bobot paling ringan. Produk yang kecil dan ringan sangat praktis Anda gunakan di tempat sempit serta tidak membuat Anda cepat letih

Produk seperti ini juga nyaman digunakan saat Anda harus menggunakannya secara vertikal, menyamping, atau pada posisi kagok lainnya. Hal tersebut akan sangat bermanfaat, misalnya saat memasang rak di dinding atau melakukan pekerjaan pertukangan lainnya.


Ada juga mesin bor beton berukuran kecil dengan torsi yang tidak terlalu besar. Tipe ini cocok Anda gunakan dalam pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan kerapian. Dengan begitu, melakukan pekerjaan dengan tingkat presisi tinggi pun makin mudah dilakukan.

③ Pastikan produk rechargeable jika Anda mengutamakan kenyamanan

Secara umum, mesin bor beton dapat dibedakan menjadi dua tipe, yakni mesin bor dengan kabel dan mesin bor cordless. Berikut ini penjelasan singkat mengenai kedua jenis mesin bor beton tersebut.


  • Mesin bor beton dengan kabel

Dengan menggunakan tipe ini, Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat menggunakannya. Mesin bor beton dengan kabel juga memastikan kekuatan mesin yang stabil. Jika mobilitas Anda tidak terlalu tinggi saat bekerja, tipe ini pas dipilih.


  • Bor cordless atau bor baterai

Tipe ini tetap dapat Anda gunakan meski tidak ada stopkontak dan tidak akan ada kabel yang mengganggu pergerakan. Untuk kenyamanan pemakaian, gunakanlah bor cordless/bor baterai/bor rechargeable. Yang penting, Anda perlu memastikan baterai dalam kondisi penuh saat akan dipakai agar kekuatan mesin bor tidak melemah. 

10 Rekomendasi mesin bor beton (impact drill) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mesin bor beton (impact drill) yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Orion

Cordless Drill

Orion Cordless Drill 1枚目

Harganya bersahabat, pas untuk pemula

2

Bonkyo

Mesin Bor Tangan Listrik

Bonkyo Mesin Bor Tangan Listrik 1枚目

Tidak khawatir meski terkena percikan air berkat fitur waterproof

3

Mailtank

Impact Drill

Mailtank Impact Drill 1枚目

Lubang pembuang panasnya membuat alat tidak mudah terbakar

4

Kova

Cordless Drill

Kova  Cordless Drill 1枚目

Permudah pekerjaan Anda dengan 18 pengaturan torsi

5

Nanwei

Cordless Impact Drill

Nanwei Cordless Impact Drill 1枚目

Hadir dengan power indicator, status daya bisa langsung terpantau

6

BLACK+DECKER

14.4V Li-ion Hammer Drill w/ 1 batteries

BLACK+DECKER 14.4V Li-ion Hammer Drill w/ 1 batteries 1枚目

Dilengkapi LED, pencahayaan kurang pun tidak masalah

7

Bosch

Cordless Impact Drill

Bosch Cordless Impact Drill 1枚目

Bebas atur torsinya sesuai kebutuhan Anda!

8

Kenmaster

Impact Drill 13 MM

Kenmaster Impact Drill 13 MM 1枚目

Fitur pengatur arah perputaran mata bor mudahkan pekerjaan Anda

9

Makita

12V Max Hammer Driver Drill Kit

Makita 12V Max Hammer Driver Drill Kit 1枚目

Ringan dan berukuran compact, tangan pun bebas kram

10

DEWALT

18V XR Li-Ion Brushless Compact Hammer Drill Driver

DEWALT 18V XR Li-Ion Brushless Compact Hammer Drill Driver 1枚目

Makin nyaman digenggam berkat rubber grip

Perincian produk
Close
No.1

OrionCordless DrillCD-6650

Mulai dari Rp269.000,00

Harganya bersahabat, pas untuk pemula

Kelebihan:

  • Paket lengkap dengan 24 aksesori dan 2 buah baterai, bisa langsung digunakan

Kekurangan:

  • Ada beberapa pembeli yang mendapatkan kualitas baterai yang kurang bagus, digunakan sebentar saja baterai sudah lemah

Jika Anda baru akan mencoba menggunakan mesin bor beton dan terkendala dengan dana, produk inilah solusinya. Hadir dengan harga yang ramah di kantong tentunya tidak akan membebani pengeluaran Anda. Meski harganya terjangkau, Anda tetap akan mendapatkan paket lengkap, lho. Ada 1 bor baterai, 2 buah baterai, hingga 24 aksesori pelengkap yang tentunya memudahkan Anda bekerja.  

No.2

BonkyoMesin Bor Tangan Listrik88VF

Mulai dari Rp299.900,00

Tidak khawatir meski terkena percikan air berkat fitur waterproof

Kelebihan:

  • Waterproof, tidak masalah terkena cipratan air

Kekurangan:

  • Ada beberapa pembeli mendapatkan charger dengan kualitas buruk

Terkadang saat mengebor di outdoor, cuaca bisa berubah menjadi mendung, lalu hujan secara mendadak. Dengan memilih bor baterai ini, Anda tidak perlu khawatir meski alat terkena percikan air. Pasalnya, alat ini sudah dilengkapi dengan fitur waterproof. Jika hujan tidak terlalu lebat, Anda pun tetap dapat melanjutkan pekerjaan dan menyelesaikannya sesuai rencana.

No.3

MailtankImpact DrillSH-09

Mulai dari Rp420.000,00

Lubang pembuang panasnya membuat alat tidak mudah terbakar

Kelebihan:

  • Lubang pembuang udara membuat alat tidak mudah terbakar

Kekurangan:

  • Ada beberapa pembeli yang saat menggunakan alat ini keluar asap dan percikan api

Jika Anda sedang mempertimbangkan mesin bor beton yang awet digunakan, jatuhkan saja pilihan kepada produk ini. Dilengkapi dengan lubang pembuang panas agar panas cepat hilang, alat ini pun tahan lama karena tidak mudah terbakar. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pengeboran dengan mudah karena bagian chuck-nya dapat mengencang secara otomatis.

No.4

Kova Cordless Drill

Mulai dari Rp1.412.500,00

Permudah pekerjaan Anda dengan 18 pengaturan torsi

Kelebihan:

  • Fleksibel digunakan berkat ukuran chuck dari 0,8–10 mm

Kekurangan:

  • Ada beberapa pembeli yang menyebutkan chuck oleng

Produk ini bisa Anda andalkan berkat adanya fitur variable speed sehingga kecepatan pengeboran bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Terlebih lagi, bor cordless ini dilengkapi dengan delapan belas opsi pengaturan torsi untuk mempermudah Anda bekerja. Setelah baterainya diisi selama 3 jam, produk ini siap menemani Anda bekerja selama 3–4 jam.

No.5

NanweiCordless Impact Drill42VF

Mulai dari Rp488.600,00

Hadir dengan power indicator, status daya bisa langsung terpantau

Kelebihan:

  • Mudah memantau daya mesin bor berkat adanya power indicator

Kekurangan:

  • Ada beberapa pembeli yang mengeluhkan baterai mudah rusak

Dengan menggunakan bor baterai yang satu ini, Anda bisa merencanakan dengan baik pekerjaan melubangi di rumah. Alasannya karena produk ini dilengkapi dengan power indicator berupa tiga buah lampu berwarna hijau, kuning, dan merah. Dengan adanya tampilan daya ini, Anda pun bisa dengan mudah memperkirakan kesiapan alat dalam menuntaskan pekerjaan Anda.

No.6

BLACK+DECKER14.4V Li-ion Hammer Drill w/ 1 batteriesBCD003C1-B1

Mulai dari Rp1.590.000,00

Dilengkapi LED, pencahayaan kurang pun tidak masalah

Kelebihan:
  • Adanya LED membantu menerangi saat bekerja di tempat minim cahaya

Kekurangan:

  • Tidak bisa gunakan kepala bor ukuran lain, hanya bisa yang 10 mm

Anda membutuhkan bor cordless untuk digunakan di area dengan pencahayaan kurang? Produk ini pilihannya! Pasalnya, mesin bor beton ini sudah dilengkapi lampu LED. Dengan begitu, Anda pun makin mudah bekerja di tempat yang agak gelap.


Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengatur kecepatan produk ini ke dalam dua mode. Mode pertama adalah high speed mode untuk mengebor permukaan yang keras serta low speed mode untuk penggunaan normal. Selain itu, posisi torsinya pun bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

No.7

BoschCordless Impact DrillGSB 120-LI

Mulai dari Rp1.261.000,00

Bebas atur torsinya sesuai kebutuhan Anda!

Kelebihan:

  • Pengaturan torsi yang fleksibel, melubangi pun jadi mudah
  • Mudah dikendalikan berkat fitur autolock dan variable speed

Kekurangan:

  • Ada pembeli yang mendapatkan produk dengan chuck tidak center atau oleng

Torsi yang tergolong medium pada produk ini akan memudahkan Anda saat belajar mengoperasikannya. Ditambah dengan adanya fitur autolock dan variable speed, produk bor baterai ini pun makin mudah dikendalikan.


Tambahan lagi, terdapat 22 jenis konfigurasi pengaturan torsi pada produk ini yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Bor cordless ini bisa menjadi opsi pas bagi Anda yang menginginkan impact drill dengan sistem pengaturan torsi sangat fleksibel.

No.8

KenmasterImpact Drill 13 MMKM-008

Mulai dari Rp299.000,00

Fitur pengatur arah perputaran mata bor mudahkan pekerjaan Anda

Kelebihan:

  • Dilengkapi aksesori mata bor yang cukup lengkap, mudahkan pekerjaan

Kekurangan:

  • Tidak ada keterangan info panjang kabel sehingga membatasi mobilitas

Apabila Anda hanya sesekali menggunakan mesin bor beton, produk bor listrik dengan kabel ini bisa dijadikan pilihan. Karena mendapatkan tenaga listrik dari stopkontak, kekuatannya pun lebih stabil. Terlebih lagi, terdapat fitur pengatur arah perputaran mata bor pada alat ini. Alhasil, Anda pun makin mudah menyelesaikan pekerjaan mengebor. 

No.9

Makita12V Max Hammer Driver Drill KitHP333DWYE

Mulai dari Rp1.550.000,00

Ringan dan berukuran compact, tangan pun bebas kram

Kelebihan:
  • Bobotnya ringan, tangan tidak cepat pegal
  • Fitur reduces shock damage kurangi kerusakan kepala baut

Kekurangan:

  • Ada pembeli yang merasakan putaran bergoyang saat menggunakannya

Mesin bor beton ini memiliki panjang total 17,9 cm sehingga pas untuk Anda gunakan di area yang sempit. Bobotnya pun hanya 1,3 kg sehingga tangan Anda tak akan cepat lelah saat menggunakannya.


Produk ini opsi tepat jika Anda tak ingin tangan cepat kram saat menggunakan impact drill dalam waktu lama. Ditambah lagi, produk ini sudah dilengkapi dengan case agar mudah dibawa ke mana-mana.

No.10

DEWALT18V XR Li-Ion Brushless Compact Hammer Drill DriverDCD796D2

Mulai dari Rp4.439.000,00

Makin nyaman digenggam berkat rubber grip

Kelebihan:

  • Waktu pengecasan cepat, menghemat waktu Anda

Kekurangan:

  • Ada beberapa pembeli yang mendapatkan produk dengan posisi chuck kurang center sehingga putaran bor menjadi kurang stabil

Produk ini layak dijadikan opsi untuk Anda yang sering melubangi dinding atau tembok untuk keperluan tertentu. Torsi maksimumnya cukup tinggi, mesin ini dapat dengan mudah Anda gunakan untuk mengebor. 


Pada handle terdapat rubber grip empuk yang membuat Anda makin nyaman saat menggenggamnya. Rubber grip ini juga membantu mengurangi getaran di tangan Anda saat sedang menggunakan produk ini. Jika Anda mencari impact drill yang ergonomis, tidak perlu ragu membeli produk ini.

Pertanyaan umum seputar mesin bor beton (impact drill)

Pertanyaan umum seputar mesin bor beton (impact drill)

Kami berharap Anda sudah menemukan mesin bor beton (impact drill) sesuai dengan kebutuhan. Selain cara memilih yang sudah kami jelaskan, kami juga merangkum beberapa pertanyaan yang sering muncul sehubungan dengan alat ini. Silakan disimak, ya.

Apa perbedaan mesin bor impact dan mesin bor tembok?

Mesin bor tembok digunakan untuk melubangi tembok, kayu, atau besi. Di sisi lain, mesin bor impact atau impact drill bisa digunakan untuk mengebor atau melubangi beton. Hal ini karena pada impact drill terdapat pengaturan untuk pengeboran biasa (kayu atau besi) dan pengeboran dengan daya bentur (beton).

Apakah bor besi bisa untuk beton?

Mesin bor besi biasa dengan RPM di bawah 1.500 tidak bisa digunakan untuk melubangi beton. Agar terhindar dari kecelakaan akibat aktivitas mengebor, sebaiknya Anda menggunakan impact drill untuk melubangi beton.

Baca juga rekomendasi alat pertukangan lainnya di sini

Tidak hanya impact drill saja yang berguna untuk pekerjaan pertukangan. Di pasaran terdapat berbagai alat lainnya yang dapat memudahkan pekerjaan Anda. Jadi, di bawah ini kami akan merekomendasikan berbagai alat pertukangan lainnya. Mari simak dan temukan alat yang sesuai dengan kebutuhan Anda! Untuk rekomendasi produk selain alat pertukangan, Anda bisa membacanya di my-best.id.

Kesimpulan

Apakah daftar rekomendasi mesin bor beton terbaik ini dapat membantu Anda? Terdapat banyak mesin bor beton dengan spesifikasi berbeda satu sama lain. Ada mesin bor yang dirancang untuk keperluan pribadi atau hobi. Ada juga mesin bor beton bertorsi besar yang dibuat khusus untuk pekerjaan profesional.

Karena itu, Anda bisa memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan. Tentu keberadaan mesin bor beton akan sangat memudahkan pekerjaan Anda, bukan?

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer