10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Sepatu bayi dipakai si kecil untuk melindungi pertumbuhan tulang serta menjaga kaki dari kotoran saat berjalan atau berlari di luar rumah. Saat ini Adidas, Stride Rite atau produsen lain mengeluarkan berbagai macam sepatu bayi dengan berbagai model. Sulit tidak sih memilih sepatu bayi?

Mari bergabung di artikel berikut agar Anda tidak salah saat memilih sepatu untuk buah hati Anda. Seperti biasa, kami akan memaparkan cara memilih sepatu bayi serta akan merekomendasikan 10 sepatu bayi terbaik. Selamat membaca dan jadikan artikel ini sebagai referensi untuk Anda dan kerabat.

Daftar isi

Cara memilih sepatu bayi

Kaki bayi memiliki karakteristik pertumbuhan yang cepat sehingga memerlukan ukuran yang berbeda untuk setiap usia. Lalu, hal penting apa sih yang perlu diperhatikan saat memilih sepatu bayi? Berikut kami akan menjelaskan beberapa hal yang bisa Anda jadikan sebagai acuan.

Cek ukuran sepatu yang pas di kaki bayi

Cek ukuran sepatu yang pas di kaki bayi

Anda perlu mengukur sepatu yang pas dipakai buah hati Anda. Untuk memilih ukuran sepatu bayi yang pas di kaki, ukurlah panjang kaki bayi dari tumit hingga ke ujung kaki, lalu ukur lebar kaki serta ketinggian kaki bayi. Sepatu bayi bisa memiliki ukuran panjang, lebar dan ketinggian yang bervariasi jika dikonversi dalam satuan sentimeter tergantung dari produsen pembuat. Supaya Anda tidak salah memilih ukuran, jangan lupa untuk mengkonversi ke satuan sentimeter terlebih dulu.

Pilihlah sepatu dengan ukuran yang sesuai daripada sepatu berkualitas dengan harga tinggi namun tidak pas sehingga tidak nyaman dipakai si kecil.

Pilih sepatu dengan panduan ukuran kaki + 5 mm

Pilih sepatu dengan panduan ukuran kaki + 5 mm

Saat buah hati Anda memakai sepatu dengan menggunakan kaos kaki, maka dibutuhkan ruang tambahan pada sepatu sebesar kurang lebih 5 mm supaya tidak terasa sesak di bagian ujung kaki. Kaki anak bisa tumbuh besar dengan cepat dengan pertumbuhan sekitar 1 cm dalam waktu setengah tahun untuk anak yang berusia hingga 3 tahun, sedangkan anak-anak dalam usia 3 hingga 5 tahun akan bertambah panjang sekitar 1 cm dalam waktu 1 tahun. Karena pertumbuhan panjang kaki ini, Anda mesti mempersiapkan pergantian sepatu setiap 6 bulan sampai usia 3 tahun serta setiap 1 tahun untuk anak usia 3 sampai 5 tahun.

Pilih yang bisa dikencangkan dengan perekat atau tali sepatu

Pilih yang bisa dikencangkan dengan perekat atau tali sepatu

Sepatu bayi dilengkapi dengan tali sepatu atau perekat yang bisa dikencangkan atau dikendurkan untuk memberikan keamananan saat memakai sepatu. Pengaman tipe perekat bisa dibuka pasang dengan cepat dan lebih mudah dipakai sendiri, namun jika dipasang tidak tepat akan membuat sepatu mudah terlepas.

Pengaman berupa tali sepatu bisa dikendurkan untuk membuat sepatu terbuka lebar sehingga mudah untuk memasukkan atau mengeluarkan kaki. Saat tali sepatu diikat dan dikencangkan akan membuat kaki si kecil aman, namun tali sepatu lebih sulit dipasang sendiri daripada perekat sehingga beberapa anak butuh bantuan orang tua untuk mengikat tali sepatu. Tali sepatu juga bisa dipakai mengajari anak mengikat sepatu sedari dini, namun jika anak salah mengikat bisa mengakibatkan simpul mati sehingga Anda mesti mengamati saat si kecil belajar mengikat sepatu sendiri.

Pilih sepatu yang menyatu dengan kaos kaki sebagai sepatu pertama

Pilih sepatu yang menyatu dengan kaos kaki sebagai sepatu pertama

Sepatu dengan model kaos kaki yang terintegrasi, bisa dipakai sebagai sepatu pertama karena mudah dipakai seperti memakai kaos kaki serta mampu mengamankan posisi sepatu hingga di atas pergelangan kaki sehingga sepatu tidak mudah lepas saat dipakai.

Poin penting berdasarkan usia

Selain tingkat pertumbuhan kaki, Anda perlu memperhatikan juga usia anak ketika akan memilih sepatu yang cocok buat si kecil. Perbedaan usia pada anak, akan mengakibatkan perbedaan aktivitas sehingga diperlukan karakteristik sepatu yang berbeda pula.

Pilih bahan empuk dan pas di kaki untuk usia hingga 1 tahun

Pilih bahan empuk dan pas di kaki untuk usia hingga 1 tahun

Saat memilih sepatu bayi hingga usia 1 tahun, Anda perlu memperhatikan sepatu bayi yang bisa mendukung perkembangan tulang yang normal serta mencegah si kecil supaya tidak berdiri dan berjalan dengan terhuyung-huyung.

Pilihlah sepatu bayi dengan bagian sol sepatu yang tidak terlalu keras dibagian outsole sehingga si kecil tidak akan kesulitan saat berjalan. Anda juga bisa pilih sepatu yang nyaman dan empuk di bagian pergelangan kaki dan sekitar tumit sehingga melindungi perkembangan tulang. Beberapa sepatu memiliki sertifikat dari asosiasi pedatri sehingga tumbuh kembang kaki lebih terjamin.

Pilih sepatu yang mendukung pergerakan untuk usia 1 hingga 2 tahun

Pilih sepatu yang mendukung pergerakan untuk usia 1 hingga 2 tahun

Pada usia 1 hingga 2 tahun anak sudah terbiasa untuk jalan sendiri sehingga sepatu cepat terpapar keringat serta lebih mudah kotor setelah dipakai bermain di luar rumah. Anda bisa pilih sepatu dengan sirkulasi udara yang baik sehingga cepat kering jika telah selesai dicuci.

Sepatu yang memiliki sirkulasi udara yang baik juga akan membuat sepatu tidak cepat panas sehingga kaki tidak mudah berkeringat. Anda juga bisa pilih sepatu yang memiliki bantalan sehingga beban pada kaki bisa berkurang. Saat anak sudah mulai aktif berjalan, Anda bisa pilih sepatu yang sulit lepas saat dipakai serta bisa dibetulkan dengan segera jika terlepas.

Pilih sepatu yang tidak mudah lepas saat berlari untuk anak usia 2 hingga 3 tahun

Pilih sepatu yang tidak mudah lepas saat berlari untuk anak usia 2 hingga 3 tahun

Setelah berusia 2 tahun, anak sudah bisa berlari-lari sehingga pada usia ini anak-anak sudah mulai sering bermain di luar rumah dengan teman sebayanya. Seiring dengan intensitas bermain di luar rumah yang meningkat, Anda bisa pilih sepatu dengan desain yang padu pada tumit dan ujung kaki.

Anak pada usia ini mulai belajar dan ingin memakai sepatu sendiri sehingga Anda bisa pilih desain sepatu yang mudah dipasang sendiri tanpa bantuan orang tua. Anda juga bisa mengamati saat anak sudah memasang sepatu sendiri dan pastikan mereka memasang dengan benar terutama di bagian tumit, jangan sampai menginjak sepatu bagian belakang karena bisa menyebabkan sepatu lekas rusak serta tidak nyaman saat dipakai. Berilah pujian bagi anak Anda jika berhasil memasang tali sepatu sendiri.

10 Rekomendasi sepatu bayi terbaik

Selanjutnya kami akan memberikan 10 rekomendasi sepatu bayi terbaik yang bisa Anda temukan di Lazada maupun Tokopedia. Silakan pilih sepatu sesuai dengan yang Anda inginkan serta bisa membuat si kecil nyaman.

10. OEM Autumn Winter Baby First Walker Cuffs 3D

10. OEM Autumn Winter Baby First Walker Cuffs 3D

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 98.000

Bisa diandalkan saat dipakai untuk pertama kali

Saat memakai sepatu pertama kali, si kecil bisa saja enggan menggunakan kaos kaki dan sepatu sehingga Anda harus membujuk anak terlebih dahulu. Sepatu ini memiliki desain bagian depan berbentuk kelinci yang imut yang cocok dipakai agar si kecil tidak segan-segan untuk memakai sepatu untuk pertama kali. Anda bisa memilih 3 jenis ukuran yang sesuai dengan usia bayi hingga 18 bulan.

Produk ini memiliki desain kaos kaki yang menyatu dengan sepatu sehingga membuat Anda dapat mengenakan sepatu ke anak Anda dengan lebih praktis. Selain itu, bahan cotton fleece membuat produk ini akan nyaman di kaki bayi karena memiliki tekstur yang lembut sehingga bayi Anda tidak akan kapok untuk memakai sepatu. Menarik ya? miliki yuk Bunda.

 9. Tamagoo James Black

9. Tamagoo James Black

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 165.000

Menemani bayi di acara formal

Ketika Anda menghadiri acara yang bersifat formal, maka Anda dituntut untuk berpakaian yang juga formal termasuk memakai sepatu formal. Sepatu ini berwarna hitam dengan tampilan formal yang cocok untuk dipakai buah hati Anda ketika menemani orangtua di acara formal. Anda bisa memilih ukuran dari 14 cm hingga 16,4 cm untuk anak usia 18 bulan hingga 3 tahun.

Produk ini memiliki desain leher sepatu yang rendah sehingga si kecil bisa dengan mudah memasukkan dan mengeluarkan kaki. Selain itu, buah hati Anda akan mudah saat ingin mengencangkan sepatu ini karena memakai pengencang berupa perekat dengan mekanisme snap and lock. Jadi, kalau ingin membawa si kecil ke acara formal, jangan lupa pakai sepatu ini ya Bun!

8. Pediped Flex Renegade

8. Pediped Flex Renegade

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.439.000

Bisa dipercaya untuk dipakai di pantai

Jika Anda berjiwa petualang dan ingin mengenalkan suasana pantai kepada anak maka diperlukan sepatu yang tepat pula. Sepatu ini dirancang untuk terlindung dari cipratan air sehingga cocok dipakai saat Anda mengajak si kecil berpetualang di sekitar pantai. Si kecil bisa asyik beraktivitas karena sol karet sepatu ini fleksibel serta dilengkapi lapisan EVA yang cepat kering.

Produk ini juga telah disetujui oleh American Pediatric Association sehingga tidak mengganggu perkembangan kaki bayi. Selain itu, lapisan neoprene membuat sepatu ini memiliki sirkulasi udara yang baik. Mau berpetualang di pantai tanpa was-was dengan kaki si kecil? Miliki saja produk ini!

7. Attipas Baby Shoes Ballet Red

7. Attipas Baby Shoes Ballet Red

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 368.000

Sepatu berkaos kaki dengan model sepatu balet

Anda tidak perlu bingung jika mencari sepatu pertama untuk kebutuhan kasual atau santai karena Attipas Baby Shoes Ballet Red adalah sepatu yang cocok untuk dipakai si kecil. Anda pun tidak perlu gusar ketika memasang sepatu ini ke si kecil karena sepatu ini memiliki desain kaos kaki yang menyatu dengan sepatu yang berfungsi membuat sepatu tetap aman ketika dipakai si kecil.

Sepatu ini memiliki kombinasi imut berupa warna dominan merah serta bentuk renda-renda dibagian sekitar kaos kaki yang menyerupai sepatu balet sehingga memberikan ciri khas sendiri ketika menghadiri acara santai. Selain itu, sol yang berpori, membuat produk ini mampu mengeluarkan panas serta dapat menjaga kelembapan kaki sehingga lebih nyaman untuk dipakai bersantai ria.

6. OEM Boys Booth Leathe Sneakers Brown

6. OEM Boys Booth Leathe Sneakers Brown

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 335.000

Bersahabat di kaki saat musim dingin

Liburan keluarga bersama si kecil di negara yang sedang mengalami musim dingin atau musim gugur tentu akan menjadi pengalaman yang mengesankan. Produk ini cocok Anda bawa untuk dipakai buah hati Anda di kala berlibur ke negara dengan musim dingin atau musim gugur. Karena bagian dalam produk ini dilengkapi plush inner yang memberikan kehangatan di kaki bayi.

Ujung kaki si kecil juga akan terlindungi dari gesekan yang berlebihan karena sepatu ini dibuat dengan ujung yang membulat. Selain itu, Anda bisa memasang sepatu ini dengan segera dengan mudah karena menggunakan pengaman tipe perekat. Berencana liburan di musim dingin? Jangan lupa bawa produk ini.

5. Skidders Sneakers Pink

5. Skidders Sneakers Pink

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 180.000

Nyaman berkegiatan outdoor maupun indoor

Bayi yang mulai tumbuh besar biasanya mulai bergerak aktif sehingga Anda membutuhkan sepatu yang bisa digunakan baik outdoor maupun indoor. Karena sangat tidak praktis jika harus mengganti-ganti sepatu di setiap kegiatan. Sepatu ini dirancang dengan outsole dari bahan karet dengan cengkeraman yang kuat sehingga anak bisa bergerak bebas tanpa terhuyung-huyung.

Selain itu didesain dengan bahan yang breathable membuat bayi Anda dapat bergerak aktif seharian tanpa takut bagian kakinya lembap dan mengakibatkan ruam. Cocok untuk anak perempuan Anda yang masih dalam masa balita karena warna pink-nya memberikan kesan girly.

4. Mooi Sepatu Bayi Planet

4. Mooi Sepatu Bayi Planet

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 99.500

Desain eksklusif dengan harga ekonomis

Apakah Anda sedang bingung mencari produk sepatu eksklusif dengan harga terjangkau untuk si kecil? Jika iya, maka produk ini bisa menjadi jawaban dari permasalahan yang Anda alami. Anda akan mendapatkan tampilan sepatu dengan desain yang eksklusif karena dilukis dengan tangan untuk mendapatkan detail dan fokus yang tidak bisa Anda temukan di sepatu bayi lainnya.

Produk ini terbuat dari printing water based dengan bahan kanvas linen berkualitas yang dipadukan dengan lining premium fleece sehingga menghasilkan produk yang berkualitas premium. Selain itu, harga produk ini relatif murah sehingga cocok untuk Anda yang mencari sepatu eksklusif yang ekonomis. Jangan ragu lagi, jadikan sepatu desain eksklusif ini sebagai alas kaki istimewa untuk buah hati Anda.

3. Stride Rite SRtech Teagan

3. Stride Rite SRtech Teagan

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 206.000

Tidak masalah saat menjelajah di berbagai medan

Saat si kecil penasaran dan mulai mengeksplorasi berbagai medan seperti jalan beraspal atau di tanah Anda membutuhkan sepatu yang tahan lama dan bisa digunakan di berbagai tempat. Produk ini cocok dipakai sebagai alas kaki saat si kecil berjalan di berbagai medan yang baru. Bagian bawah sepatu dibuat agar bayi bisa bergerak ke berbagai arah dengan mudah.

Pada ujung belakang, sepatu ini dibuat dengan sudut yang membulat agar si kecil bisa berjalan dengan seimbang sehingga si kecil tidak mudah tersandung dan terjatuh saat berjalan di medan kasar. Sementara itu, busa yang ada di bagian bawah berfungsi sebagai bantalan kaki sehingga bayi Anda bisa bergerak secara nyaman di permukaan keras seperti tanah atau aspal.

2. Dr. Martens Toddler Shenzi

2. Dr. Martens Toddler Shenzi

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.000.000

Terbuat dari bahan berkualitas tinggi

Jangan sampai Anda kecewa karena memilih sepatu yang mudah rusak untuk buah hati Anda. Agar hal ini tidak terjadi, Anda bisa pilih produk ini yang terbuat dari bahan full grain leather berkualitas tinggi. Bahan sepatu ini terbuat dari kulit yang paling kuat dan tahan lama serta akan terlihat semakin bagus seiring berjalannya waktu sehingga cocok untuk Anda yang mencari sepatu anak yang awet.

Selain dikenal sebagai bahan yang awet, full grain leather juga mampu menahan lembap sehingga mencegah pertumbuhan jamur pada kaki. Produk ini merupakan miniatur dari Dr. Martens Classic sehingga cocok dipakai bersama orangtua agar serasi saat menghadiri sebuah acara. Harga produk ini relatif mahal, namun sepadan untuk sepatu berkualitas yang tidak mudah rusak hanya dalam beberapa kali pakai.

1. Adidas Tubular Shadow Shoes

1. Adidas Tubular Shadow Shoes

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 889.000

Teknologi lengkap yang mendukung si kecil berlari

Anak kecil yang berlari-lari karena asyik bermain dengan teman merupakan hal yang lumrah. Untuk menjaga kaki si kecil agar tidak cedera saat berlari, Adidas Tubular Shadow Shoes adalah sepatu yang cocok untuk dipakai. Produk ini dibuat dengan pengaman berupa tali sepatu serta memiliki teknologi yang sudah teruji sejak tahun 90 untuk menyokong gerakan efektif saat buah hati Anda berlari.

Si kecil akan nyaman saat berlari karena sepatu ini juga dilengkapi teknologi lidah burito yang membungkus kaki anak saat mengeksplorasi berbagai area. Teknologi bantalan ringan yang terbuat dari EVA midsole pada sepatu ini akan mengurangi beban pada kaki sehingga mengurangi resiko cedera. Tidak hanya itu, teknologi insole OrthoLite memiliki daya tahan yang bagus di semua jenis medan.

Kesimpulan

Kami telah mengulas cara memilih sepatu bayi serta telah memberikan rekomendasi 10 sepatu bayi terbaik. Dari semua produk sepatu yang sudah kami ulas, menurut Anda sepatu mana yang menjadi pilihan yang tepat untuk dipakai si kecil?

Saat bayi Anda berjalan menggunakan sepatu dengan melibatkan semua bagian kaki, maka akan terjadi perkembangan pada tubuh dan otak si kecil secara sinkron. Anda bisa pilih sepatu bayi yang paling sesuai untuk si kecil saat mulai belajar berjalan hingga berlari dengan riang gembira. Selamat memilih ya Bunda.