• 10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Sepatu bayi bermanfaat untuk melindungi pertumbuhan tulang si kecil dan menjaga kakinya dari kotoran. Saat ini, merek perlengkapan bayi, seperti PYOPP, Attipas, hingga Tamagoo menawarkan beragam model sepatu bayi yang bagus. Dari banyaknya pilihan tersebut, Anda pasti bingung memilih produk yang cocok untuk si buah hati. 

Agar Anda tidak salah pilih, berikut ini kami suguhkan informasi cara memilih sepatu bayi yang tepat. Cek juga rekomendasi produknya dan temukan sepatu bayi yang nyaman dan berdesain menarik untuk si kecil. Yuk, simak penjelasan artikel ini lebih lanjut!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 29 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih sepatu bayi

Kaki bayi mengalami pertumbuhan yang cepat dan ukurannya pun berbeda pada masing-masing anak. Nah, hal penting apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih sepatu bayi?

Periksa ukuran sepatu yang pas di kaki bayi Anda

Periksa ukuran sepatu yang pas di kaki bayi Anda

Untuk memilih sepatu bayi yang nyaman digunakan, jangan hanya terpaku pada panjang kaki dari tumit hingga ujung kaki saja. Namun, periksalah juga lebar kaki dan tinggi kaki anak Anda. Meskipun memiliki ukuran yang sama, lebar dan tinggi kaki dapat berbeda tergantung pada produsen sepatunya, lho.


Bahkan, jika kualitas sepatunya bagus sekalipun, produk yang tidak pas di kaki berarti bukanlah sepatu yang baik. Maka dari itu, pastikan untuk membeli sepatu bayi yang memang pas di kaki anak Anda. Setelahnya, perhatikanlah juga kondisi anak ketika sedang memakai sepatunya.

Pastikan ukuran sepatu sedikit lebih longgar

Pastikan ukuran sepatu sedikit lebih longgar

Pada umumnya, anak berusia hingga 3 tahun mengalami pertumbuhan kaki sekitar 1 cm setiap 6 bulan. Di sisi lain, anak usia 3–5 tahun mengalami pertumbuhan 1 cm dalam setahun


Saat pertama kali memilih ukuran sepatu untuk si kecil, perhatikan hal ini: 


  • Sepatu untuk usia 1–3 tahun sebaiknya ditambahkan 8–9 mm
  • Sepatu untuk usia 4–6 tahun sebaiknya ditambahkan 10–13 mm

Misalnya saja, kaki anak pas jika memakai sepatu berukuran 15 cm dan kebesaran jika memakai ukuran 15,5 cm. Jika begitu, pilihlah ukuran sepatu 15 cm dan pakaikanlah dalam jangka waktu 3 bulan. Saat baru saja membeli sepatu bayi, ukurannya mungkin akan kebesaran saat dipakai. Karenanya, sesuaikanlah dengan telapak kaki si kecil, kemudian kencangkan dengan tali atau velcro.

Pertimbangkan untuk memilih sepatu bayi dengan tali atau velcro

Pertimbangkan untuk memilih sepatu bayi dengan tali atau velcro

Jika Anda memilih sepatu bayi yang sedikit kebesaran, pilihlah yang dapat dikencangkan dengan perekat velcro atau tali. Selain pas di kaki, mulut sepatunya dapat dibuka lebar sehingga memudahkan Anda untuk memakaikan sepatu. Untuk lebih memudahkan Anda, pilihlah sepatu bertali yang memiliki zipper.

Pilihlah sepatu bayi berdasarkan usia

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memilih sepatu bayi akan tergantung pada usia anak. Untuk lebih detailnya, silakan baca informasi di bawah ini.

Untuk 0–6 bulan: Cari model sepatu yang menyatu dengan kaus kaki

Untuk 0–6 bulan: Cari model sepatu yang menyatu dengan kaus kaki

Untuk anak bayi baru lahir hingga berusia enam bulan, pertimbangkan untuk memilih sepatu yang menyatu dengan kaus kaki. Anak bayi baru lahir umumnya tidak disarankan untuk dipakaikan sepatu. Kakinya masih rapuh dan butuh ruang gerak yang bebas untuk menggerakkan kaki-kakinya. Namun, ketika bepergian Anda bisa memakaikan sepatu tipe ini agar kaki anak tidak kedinginan


Desainnya yang beragam dan sungguh menggemaskan membuatnya pantas juga dijadikan kado lahiran untuk kerabat Anda. Selain itu, sepatu kaus kaki juga ada yang bersol karet. Sepatu ini lebih cocok digunakan untuk sepatu pertama anak, terutama saat mereka sudah menunjukan tanda-tanda ingin berjalan. 

Untuk usia 6–12 bulan: Pilih sepatu prewalker yang lentur dan pas di kaki

 Untuk usia 6–12 bulan: Pilih sepatu prewalker yang lentur dan pas di kaki

Apa yang dimaksud sepatu bayi prewalker? Sepatu prewalker adalah sepatu yang ideal dipakai bayi saat baru belajar berjalan. Umumnya, sepatu prewalker dibuat lebih lembut, lentur, dan empuk. Jika Anda sedang mencari sepatu jenis ini, pilihlah sepatu bayi yang pas sehingga dapat menjaga kestabilan dan mencegahnya tersandung


Dikutip dari web bellybelly.com.au, cara terbaik untuk melatih langkah awal anak adalah bertelanjang kaki. Namun, saat bayi belajar jalan di luar ruangan, ia tentu memerlukan sepatu untuk melindungi kakinya. 


Dewasa ini, sudah ada banyak seller yang menjual sepatu barefoot. Sepatu barefoot dinilai sebagai sepatu prewalker yang disarankan karena punya sol tipis sehingga bayi seolah-olah berjalan tanpa menggunakan sepatu

Usia 1–2 tahun: Beri sepatu yang mendukung gerak aktif anak

Usia 1–2 tahun: Beri sepatu yang mendukung gerak aktif anak

Saat mencapai usia 1–2 tahun dan anak sudah lancar berjalan, gerakannya akan lebih aktif. Anak menjadi mudah terkena kotoran dan keringat karena bermain ke sana-sini. Jika Anda memilih sepatu yang breathable dan antilembap, sepatu akan lebih cepat kering saat terkena kotoran dan mudah dicuci.


Karena jangkauan jalan si anak makin jauh, sepatu dengan sol berbantalan nyaman dapat mengurangi beban pada kaki. Selain itu, jika anak aktif bergerak, pilihlah sepatu yang memiliki perekat velcro atau tali yang dapat dikencangkan. Dengan begitu, sepatu tidak akan mudah terlepas.

Usia 2–3 tahun: Pastikan sepatu tidak mudah lepas saat berlari

Usia 2–3 tahun: Pastikan sepatu tidak mudah lepas saat berlari

Setelah mencapai usia dua tahun atau lebih, anak sudah dapat berjalan dengan lancar, bahkan berlari. Pada usia ini, anak Anda akan makin aktif bermain di luar ruangan. Untuk menyesuaikannya, pilihlah sepatu yang dapat mendukung gerak aktifnya. Anda dapat memilih sepatu yang melindungi jari kaki dan telapaknya dengan sepatu bersol kuat.


Lalu, umumnya pada usia ini anak gemar memakai sepatu sendiri. Jadi, pilihlah sepatu yang mudah dilepas dan dipasang. Jika anak Anda dapat memakai sepatu sendiri dengan benar, jangan lupa berikan pujian, ya! Namun, pastikan kakinya sudah masuk dengan benar ke dalam sepatu.

10 Rekomendasi sepatu bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
Petita Petito Dazzle The Unicorn Mini Shoes 1

Petita Petito

2
Attipas Corsage  1

Attipas

3
Melissa Mini Melissa Ultragirl Sweet VII BB 1

Melissa

4
Skechers COMFY FLEX 2.0 Girls Infant Sneakers Shoes 1

Skechers

5
Carter's Mesh Athletic Sneakers  1

Carter's

6
Hello Mici Prewalker Shoes Sheeva 1

Hello Mici

7
Freddie The Frog Tony Checker White 1

Freddie The Frog

8
Tamagoo  Jack  1

Tamagoo

9
PYOPP Gallop Sneaker 1

PYOPP

10
Adidas Sepatu Sport Adidas x Lego 1

Adidas

Nama produk

Dazzle The Unicorn Mini Shoes

Corsage

Mini Melissa Ultragirl Sweet VII BB

COMFY FLEX 2.0 Girls Infant Sneakers Shoes

Mesh Athletic Sneakers

Prewalker Shoes Sheeva

Tony Checker White

Jack

Gallop Sneaker

Sepatu Sport Adidas x Lego

Keunggulan

Selain modelnya menggemaskan, bahannya dijamin aman bagi kulit bayi

Didesain secara matang untuk mendukung langkah awal si kecil

Lentur di kaki dengan desain ala sepatu balet

Warnanya supergirly, buat gadis kecil Anda tampil sporty sekaligus modis

Hadir dengan bahan kokoh yang mengutamakan keamanan kaki bayi

Aman untuk bayi yang baru belajar jalan dengan sol antiselip

Model slip on yang nyaman untuk penggunaan sehari-hari

Tampak lebih maskulin dengan sepatu boots

Sepatu barefoot bayi yang fleksibel dan nyaman

Kolaborasi dengan Lego, makin keren!

Harga mulai dariRp 105.000,00Rp 368.000,00Rp 759.900,00Rp 399.000,00Rp 429.000,00Rp 120.000,00Rp 79.000,00Rp 180.000,00Rp 358.000,00Rp 750.000,00
Ukuran10–14 cm10,8–13,5 cm12–18 cm11–16 cm8,9–19 cm11,5–13 cm 11–12 cm13–17 cm14,8–18,8 cm10 –16 cm
TipeSlip onMenyatu dengan kaos kakiSlip onSneakers dengan velcroSneakers dengan velcroSneakers dengan velcroSlip onBoots dengan taliSlip on sneakersSneakers dengan velcro
WarnaUngu-putihHijau, pink, abu-abuBlack, Yellow, Pearly White, Metallic PinkPink/LavenderPinkPutih, merah, pink, biruHitam putihHitam, Brown, Maroon, Navy, TanBlack on White, Pinky Peach on Peach, Misty Grey on Grey, Ocean Navy on Navy, Misty Grey On White, dllBlack/Gold/White
BahanKain kanvas, foam, katunKatun, spandeks, nilon, karetMelflex (PVC)Sparkle mesh MeshKulit sintetisKain, kulit sintetisKulit sintetisKnitting, eco-leatherTekstil, sintetis
Tautan produk
10

AdidasSepatu Sport Adidas x Lego

FY8442

Mulai dari Rp 750.000,00

Ukuran10 –16 cm
TipeSneakers dengan velcro
WarnaBlack/Gold/White
BahanTekstil, sintetis
9
Ukuran14,8–18,8 cm
TipeSlip on sneakers
WarnaBlack on White, Pinky Peach on Peach, Misty Grey on Grey, Ocean Navy on Navy, Misty Grey On White, dll
BahanKnitting, eco-leather
8
Ukuran13–17 cm
TipeBoots dengan tali
WarnaHitam, Brown, Maroon, Navy, Tan
BahanKulit sintetis
7
Ukuran11–12 cm
TipeSlip on
WarnaHitam putih
BahanKain, kulit sintetis
6

Hello MiciPrewalker Shoes Sheeva

Mulai dari Rp 120.000,00

Ukuran11,5–13 cm
TipeSneakers dengan velcro
WarnaPutih, merah, pink, biru
BahanKulit sintetis
5

Carter'sMesh Athletic Sneakers

CATAF20F07B

Mulai dari Rp 429.000,00

Ukuran8,9–19 cm
TipeSneakers dengan velcro
WarnaPink
BahanMesh
4

SkechersCOMFY FLEX 2.0 Girls Infant Sneakers Shoes

0888-SKE302712NPV

Mulai dari Rp 399.000,00

Ukuran11–16 cm
TipeSneakers dengan velcro
WarnaPink/Lavender
BahanSparkle mesh
3

MelissaMini Melissa Ultragirl Sweet VII BB

Mulai dari Rp 759.900,00

Ukuran12–18 cm
TipeSlip on
WarnaBlack, Yellow, Pearly White, Metallic Pink
BahanMelflex (PVC)
2
Ukuran10,8–13,5 cm
TipeMenyatu dengan kaos kaki
WarnaHijau, pink, abu-abu
BahanKatun, spandeks, nilon, karet
1
Ukuran10–14 cm
TipeSlip on
WarnaUngu-putih
BahanKain kanvas, foam, katun

Baca juga rekomendasi produk sepatu bayi lainnya di sini

Sepatu untuk bayi memiliki beragam jenis. Ada yang dibedakan berdasarkan baik usia, fungsi, maupun modelnya. Dilihat dari modelnya, Anda dapat menemukan sepatu yang bergaya kasual sampai formal. Bagi Anda yang sedang mencari produk sepatu bayi lainnya, mari simak artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Kami telah mengulas cara memilih sepatu bayi serta memberikan rekomendasi produknya. Dari semua produk yang sudah kami ulas, apakah Anda sudah menemukan yang tepat? 


Sepatu bayi memang harus dipilih dengan saksama, jangan terlalu longgar ataupun terlalu sempit. Desain yang bagus pun tidak akan berguna apabila sepatu tidak pas di kaki si buah hati. Karenanya, pilihlah yang terbaik menurut selera dan kebutuhan bayi Anda. Selamat memilih, Moms!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.  Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Aveeno, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    10 Hair Lotion Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu perawatan bayi yang tidak boleh dilewatkan adalah merawat rambut. Namun, merawat rambut bayi tidak cukup dengan keramas teratur saja. Untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambutnya, bayi perlu memakai hair lotion khusus bayi.Ada beberapa merek hair lotion bayi yang bisa Anda pilih, seperti Tropee Bebe, Beauty Barn, atau Zwitsal. Nah, agar mendapatkan hair lotion bayi yang bagus, simaklah rekomendasi dari kami dan tips memilihnya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh perawat kami, Maryami Y. Kosim. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby carrier jenis hipseat makin banyak digemari, khususnya bagi para pasangan yang tidak ingin repot menggendong bayi. Selain praktis, desain hipseat jauh lebih stylish dibanding gendongan bayi tipe kain. Nah, bagaimana cara memilih hipseat yang aman untuk bayi? Dalam artikel ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih gendongan hipseat bayi terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terlaris untuk dijadikan referensi. Merek hipseat yang bagus, seperti Dialogue Baby, Mooimom, dan Baby Safe akan Anda jumpai ulasannya. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak stroller atau kereta dorong bayi yang memiliki bobot ringan. Stroller berbobot ringan ini memudahkan para ibu dan ayah saat bepergian dengan bayi. Dengan bobotnya yang ringan, stroller jenis ini juga mudah dan nyaman untuk didorong, dilipat, bahkan dimasukkan ke dalam kabin pesawat terbang.Ada berbagai merek stroller berbobot ringan yang dapat Anda temukan di pasaran, seperti Aprica, Pliko, Joie, dan sebagainya. Setiap produk memiliki keunggulan dan daya tarik masing-masing. Kami akan membantu Anda dalam menemukan stroller terbaik dengan memberikan rekomendasi produk beserta cara memilihnya. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Popok bayi sangatlah beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, mungkin membuat banyak ibu kebingungan memilih popok bayi.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gendongan Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Babywearing Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Gendongan bayi merupakan item yang akan membantu Anda untuk menggendong si kecil. Di pasaran terdapat berbagai produk dengan posisi gendongan berbeda, seperti gendongan depan, samping, atau M-shape. Kami akan menjelaskan cara memilih gendongan bayi untuk membantu Anda dalam menentukan pilihan.Kami akan merekomendasikan berbagai jenis gendongan bayi, termasuk gendongan SSC terbaik, dari merek Momaz, Mooi, Timang, dan lainnya. Rekomendasi gendongan bayi newborn yang bagus juga kami berikan. Agar Anda makin yakin dalam memilih, babywearing consultant, Indah Siauw, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Simak, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori