• 10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Sepatu bayi bermanfaat untuk melindungi pertumbuhan tulang si kecil dan menjaga kakinya dari kotoran. Saat ini, merek perlengkapan bayi PYOPP, Attipas, hingga Tamagoo menawarkan beragam model sepatu bayi yang menggemaskan. Dari banyaknya pilihan tersebut, Anda pasti bingung memilih mana yang cocok untuk si buah hati. 

Agar Anda tidak salah pilih, berikut ini kami suguhkan informasi cara memilih sepatu bayi yang tepat. Cek juga rekomendasi produknya dan temukan sepatu bayi yang nyaman, serta berdesain menarik. Langsung saja, mari disimak!

  • Pembaharuan terakhir: 13 Juli 2020
  • 16.292 Views
Daftar isi

Cara memilih sepatu bayi

Kaki bayi mengalami pertumbuhan yang cepat dan ukurannya berbeda pada masing-masing anak. Nah, hal penting apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih sepatu bayi?

Periksa ukuran sepatu yang pas di kaki bayi Anda

Periksa ukuran sepatu yang pas di kaki bayi Anda

Untuk memilih sepatu bayi yang nyaman digunakan, jangan hanya terpaku pada panjang kaki dari tumit hingga ujung kaki saja. Namun, periksalah juga lebar kaki dan tinggi kaki anak Anda. Meskipun memiliki ukuran yang sama, lebar dan tinggi kaki dapat berbeda tergantung pada produsen sepatunya, lho.


Bahkan, jika kualitas sepatunya bagus sekalipun, apabila tidak pas di kaki maka itu bukanlah sepatu yang baik. Karenanya, pastikan untuk membeli sepatu bayi yang memang pas di kaki anak Anda. Setelahnya, perhatikanlah juga kondisi anak ketika sedang memakai sepatunya.

Pilih ukuran sepatu yang sedikit lebih longgar dari ukuran kaki anak

Pilih ukuran sepatu yang sedikit lebih longgar dari ukuran kaki anak

Saat pertama kali memilih ukuran sepatu untuk si kecil, pilihlah yang memiliki ukuran agak longgar. Anda dapat mengukurnya dengan menambahkan ukuran kaki asli ditambah 6 mm sampai 7 mm. Nah, sepatu untuk anak usia 1 tahun sampai 3 tahun baiknya ditambahkan 8 mm sampai 9 mm. Di sisi lain, tambahkan 10 mm sampai 13 mm untuk anak Anda yang berusia 4 tahun sampai 6 tahun.


Kaki anak mengalami tumbuh kembang yang cepat dan lama-kelamaan makin besar. Pada umumnya, anak berusia hingga 3 tahun mengalami pertumbuhan kaki sekitar 1 cm setiap 6 bulan, sedangkan anak usia 3 tahun sampai 5 tahun mengalami pertumbuhan 1 cm dalam setahun. 


Misalnya saja, kaki anak Anda pas dengan ukuran 15 cm dan kebesaran dengan ukuran 15,5 cm. Jika kasusnya begitu, pilihlah ukuran sepatu 15 cm dan pakaikanlah dalam jangka waktu 3 bulan. Saat baru saja membeli sepatu bayi, ukurannya mungkin akan kebesaran saat dipakai. Karenanya, sesuaikanlah dengan telapak kaki si kecil, kemudian kencangkan dengan tali atau perekat velcro.

Pilih sepatu bayi yang dapat dikencangkan dengan tali atau velcro

Pilih sepatu bayi yang dapat dikencangkan dengan tali atau velcro

Jika Anda memilih sepatu bayi yang sedikit kebesaran, pilihlah yang dapat dikencangkan dengan perekat velcro atau tali. Selain pas di kaki, mulut sepatunya dapat dibuka lebar sehingga memudahkan Anda untuk memakaikan sepatunya. Untuk lebih memudahkan Anda, pilihlah sepatu bertali yang memiliki zipper.

Untuk sepatu pertamanya, pilihlah model prewalker yang menyatu dengan kaus kaki

Untuk sepatu pertamanya, pilihlah model prewalker yang menyatu dengan kaus kaki

Dewasa ini, sepatu model prewalker yang menyatu dengan kaus kaki dan sol karet juga banyak djual. Desainnya yang beragam dan sungguh menggemaskan membuatnya pantas juga dijadikan kado lahiran untuk kerabat Anda, lho.


Sebenarnya, cara terbaik untuk melatih langkah awal anak di dalam ruangan adalah bertelanjang kaki. Namun, sepatu prewalker ini dapat dipilih jika anak Anda diharuskan memakai sepatu, misalnya saat anak Anda masih belum dapat berjalan sendiri dan bermain di luar ruangan.

Pilihlah sepatu bayi berdasarkan usia

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memilih sepatu bayi akan tergantung pada usia anak. Untuk lebih detailnya, silakan membaca informasi di bawah ini.

Untuk usia hingga 1 tahun, pilih yang empuk dan pas di kaki

Untuk usia hingga 1 tahun, pilih yang empuk dan pas di kaki

Apakah anak Anda sekarang berusia 1 tahun dan baru saja bisa berdiri dan belajar jalan? Jika iya, pilihlah sepatu bayi yang dapat menjaga kestabilan berjalannya dan mencegahnya dari tersandung. 


Karenanya, pilihlah sepatu dengan sol yang tidak terlalu keras dan bagian depannya lentur sehingga memungkinkan jempol kaki untuk menekuk. Untuk melindungi perkembangan tulang kaki anak, pilih juga sepatu yang menutup sampai pergelangan kaki dan pijakannya empuk.

Untuk usia 1-2 tahun, pilih sepatu yang mendukung gerak aktif anak

Untuk usia 1-2 tahun, pilih sepatu yang mendukung gerak aktif anak

Saat mencapai usia 1 tahun sampai 2 tahun dan anak sudah lancar berjalan, gerakannya akan lebih aktif. Anak menjadi mudah terkena kotoran dan keringat karena bermain ke sana kemari. Jika Anda memilih sepatu yang breathable dan antilembap, sepatu akan lebih cepat kering saat terkena kotoran dan mudah dicuci.


Karena jangkauan jalan si anak makin jauh, sepatu dengan sol berbantalan nyaman dapat mengurangi beban pada kaki. Selain itu, jika anak aktif bergerak, pilihlah sepatu yang memiliki perekat velcro atau tali yang dapat dikencangkan. Dengan begitu, sepatu tidak akan mudah terlepas.

Untuk usia 2-3 tahun, pilih sepatu yang tidak mudah lepas saat digunakan berlari

Untuk usia 2-3 tahun, pilih sepatu yang tidak mudah lepas saat digunakan berlari

Setelah mencapai usia 2 tahun atau lebih, anak sudah dapat berjalan dengan lancar, bahkan berlari. Pada usia ini, anak Anda akan makin banyak bermain di luar ruangan. Untuk menyesuaikannya, pilihlah sepatu yang dapat mendukung gerak aktifnya. Anda dapat memilih sepatu yang melindungi jari kaki dan telapaknya dengan sepatu bersol kuat.


Tidak lupa juga, pada usia ini, anak Anda gemar memakai sepatu sendiri. Jadi, pilihlah sepatu yang mudah dilepas dan dipasang. Jika anak Anda dapat memakai sepatu sendiri dengan benar, jangan lupa berikan pujian, ya! Namun, pastikan kakinya sudah masuk dengan benar ke dalam sepatu.

10 Rekomendasi sepatu bayi terbaik

Berikutnya, terdapat sepuluh rekomendasi sepatu bayi yang kami pilihkan khusus untuk buah hati Anda. Jadikanlah sebagai referensi dan temukan sepatu bayi terbaik versi Anda!

10
Ukuran11 cm - 16 cm
TipeLoafers
WarnaCokelat
BahanKulit asli
9
Ukuran10,8 cm - 13,5 cm
TipeMenyatu dengan kaos kaki, slip on
WarnaAbu-abu, merah
BahanKatun, spandeks, nilon, karet
8
Ukuran11,5 cm - 13,5 cm
TipeSlip on
WarnaBiru navy
BahanSuede, kulit sintetis
7
Ukuran11,5 cm - 13 cm
TipeSneakers, dengan velcro
WarnaPutih, merah, pink, biru
BahanKulit sintetis
6
Ukuran11 cm - 12 cm
TipeSlip on
WarnaHijau
BahanKain
5
Ukuran11 cm - 16 cm
TipeSlip on
WarnaHitam
BahanKulit asli
4
Ukuran14 cm - 17 cm
TipeSneakers, dengan tali
WarnaKrim, biru, pink
BahanKulit sintetis
3
Ukuran10 cm - 14 cm
TipeSlip on
WarnaCokelat-putih
BahanKain kanvas, katun
2
Ukuran13 cm - 17 cm
TipeBoots, dengan tali
WarnaHitam
BahanKulit sintetis
1
Ukuran14,8 cm - 18,8 cm
TipeSlip on sneakers
WarnaHijau
BahanKnitting, eco-leather

Tabel perbandingan produk sepatu bayi terbaik

Gambar produk
1
PYOPP Gallop Sneaker - Pine Green on Beige 1

PYOPP

2
Tamagoo  Jack Black 1

Tamagoo

3
Petita Petito Milo Mice Mini Shoes 1

Petita Petito

4
Hello Mici Toddler Shoes Kyoto 1

Hello Mici

5
PYOPP Mary Jane - Black 1

PYOPP

6
Freddie The Frog Mojito Moccs 1

Freddie The Frog

7
Hello Mici Prewalker Shoes Sheeva 1

Hello Mici

8
Tamagoo  Marc Navy 1

Tamagoo

9
Attipas Ribbon 1

Attipas

10
PYOPP Yoda Moccasins - Senja Coklat 1

PYOPP

Nama produk

Gallop Sneaker - Pine Green on Beige

Jack Black

Milo Mice Mini Shoes

Toddler Shoes Kyoto

Mary Jane - Black

Mojito Moccs

Prewalker Shoes Sheeva

Marc Navy

Ribbon

Yoda Moccasins - Senja Coklat

Keunggulan

Membantu tumbuh kembang kaki anak secara natural dengan sepatu barefoot

Anak Anda jadi pusat perhatian dengan gayanya yang rock and roll

Selain modelnya menggemaskan, bahannya dijamin aman bagi kulit bayi

Hadir dengan bahan kukuh yang mengutamakan keamanan kaki bayi

Lentur di kaki dengan desain ala sepatu balet

Model slip on yang nyaman untuk penggunaan sehari-hari

Aman untuk bayi yang baru belajar jalan dengan sol antiselip

Desain formal, si kecil pun dapat tampil gaya di acara pesta

Didesain secara matang untuk mendukung langkah awal si kecil

Sepatu bayi yang kekinian dengan bahan kulit asli

HargaRp 358.000,00Rp 180.000,00Rp 105.000,00Rp 300.000,00Rp 338.000,00Rp 79.000,00Rp 120.000,00Rp 89.900,00Rp 368.000,00Rp 378.000,00
Ukuran14,8 cm - 18,8 cm13 cm - 17 cm10 cm - 14 cm14 cm - 17 cm11 cm - 16 cm11 cm - 12 cm11,5 cm - 13 cm 11,5 cm - 13,5 cm10,8 cm - 13,5 cm11 cm - 16 cm
TipeSlip on sneakersBoots, dengan taliSlip onSneakers, dengan taliSlip onSlip onSneakers, dengan velcroSlip onMenyatu dengan kaos kaki, slip onLoafers
WarnaHijauHitamCokelat-putihKrim, biru, pinkHitamHijau Putih, merah, pink, biruBiru navyAbu-abu, merahCokelat
BahanKnitting, eco-leatherKulit sintetisKain kanvas, katunKulit sintetisKulit asliKainKulit sintetisSuede, kulit sintetisKatun, spandeks, nilon, karetKulit asli
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk sepatu bayi lainnya di sini

Sepatu untuk bayi memiliki beragam jenis. Ada yang dibedakan berdasarkan baik usia, fungsi, maupun modelnya. Dilihat dari modelnya, Anda dapat menemukan sepatu yang bergaya kasual sampai formal. Bagi Anda yang sedang mencari produk sepatu bayi lainnya, mari simak artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Kami telah mengulas cara memilih sepatu bayi serta memberikan rekomendasi produknya. Dari semua produk yang sudah kami ulas, apakah Anda sudah menemukan yang tepat? 


Sepatu bayi memang harus dipilih dengan saksama, jangan terlalu longgar ataupun terlalu sempit. Desain yang bagus pun tidak akan berguna apabila sepatu tidak pas di kaki si buah hati. Karenanya, pilihlah yang terbaik menurut selera dan kebutuhan bayi Anda. Selamat memilih ya, Bunda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi, seperti Enfamil, SGM, dan Lactogen. Akan tetapi, bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    450.406 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream pada kulit bayi Anda. Ada berbagai merek baby cream yang seringkali membuat Anda bingung dalam memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih baby cream terbaik untuk bayi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya, mulai dari Zwitsal, Cussons, hingga Mustela. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk yang terbaik!
    Ibu & anak
    184.668 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan sembarangan. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit membuat ibu kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    201.317 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Ibu & anak
    150.511 Views
  • 10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika makin besar, bayi Anda akan membutuhkan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). Bubur bayi merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan karena memiliki berbagai rasa, kandungan vitamin dan mineral, dan lain sebagainya. Namun, banyaknya produk yang beredar mungkin membuat Anda bingung untuk memilihnya.Karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang enak dan sehat, serta memberikan sepuluh rekomendasi bubur bayi terbaik untuk bayi Anda. Produk-produk ternama dari Milna, Promina, SUN, dan sebagainya pun tak ketinggalan untuk kami ulas. Yuk, simak ulasan kami!
    Ibu & anak
    142.592 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Test pack adalah salah satu langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengecek kehamilan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran. Akan tetapi, bagaimana cara menentukan produk yang tepat?Dalam artikel ini, kami akan membahas secara tuntas mengenai test pack. Simak ulasan kami, mulai dari cara memilih test pack yang tepat sampai rekomendasi produk seperti Akurat, Sensitif, dan Clearblue. Ulasan mengenai cara pemakaian test pack yang benar juga akan kami paparkan pada akhir artikel. Selamat membaca!
    Ibu & anak
    237.441 Views
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sarung Tangan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pada awal kelahiran, bayi biasanya memiliki kuku yang lembut, tetapi tajam. Sarung tangan bayi dirancang untuk mencegah bayi mencakar dan melukai wajah karena kukunya. Meski terdapat pro dan kontra mengenai kebutuhan sarung tangan bayi, Anda dapat mempertimbangkannya untuk bayi Anda.Kami akan menjelaskan cara memilih sarung tangan bayi yang tepat sekaligus merekomendasikan beberapa produk terbaik dari Velvet, Carter’s, atau Little Palmerhaus. Ada banyak bahan, ukuran, serta desain lucu yang bisa dipilih. Jadi, simak pembahasan kami dan temukan produk yang aman dan nyaman untuk bayi Anda!
    Ibu & anak
    1.729 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori