10 Rekomendasi Emergency Blanket Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Emergency Blanket Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bagi Anda yang gemar melakukan kegiatan penjelajahan alam tentu sudah tidak asing lagi dengan selimut darurat atau emergency blanket. Emergency blanket ini dapat membantu Anda untuk tetap hangat di tempat dingin dan berfungsi sebagai media insulasi panas.

Sebelum memilih emergency blanket untuk dibawa dalam perjalanan Anda, sebaiknya Anda memahami dulu cara memilih emergency blanket yang baik. Pertimbangkan juga 10 produk emergency blanket yang bagus yang kami rekomendasikan ya!

Daftar isi

Cara memilih emergency blanket

Emergency blanket dapat membantu Anda menjaga suhu tubuh tetap hangat seperti fungsi selimut pada umumnya. Selain digunakan dalam keadaan darurat, emergency blanket juga berguna saat Anda atau tim Anda mengalami kecelakaan di alam terbuka, misalnya pegunungan. Ketika Anda tidak bisa bergerak karena kecelakaan, emergency blanket menjaga Anda agar tidak hipotermia ataupun bisa mencegah Anda terkena hujan karena bahannya yang tahan air.

Lalu bagaimana cara memilih emergency blanket yang baik? Simak terus ya!

Jenis emergency blanket

Perlu Anda ketahui, emergency blanket pada umumnya terbagi dalam 3 jenis. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga pertimbangkan kondisi dan lokasi penggunaannya.

Jenis aluminium yang digunakan untuk cuaca dingin, tahan angin, dan tahan hujan

Jenis aluminium yang digunakan untuk cuaca dingin, tahan angin dan tahan hujan

Selimut darurat jenis aluminium biasanya digunakan untuk keadaan darurat, tetapi hanya untuk sekali pakai. Oleh karena terbuat dari aluminium, saat digunakan, selimut ini akan mengeluarkan bunyi gesekan. Namun, karena bentuknya tipis dan harganya murah, selimut ini lebih praktis untuk dibawa-bawa. Kekurangannya adalah ketika sudah digunakan akan susah dikembalikan ke bentuk semula sehingga direkomendasikan untuk sekali pakai.

Jenis ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang paling tidak, ingin membawa emergency blanket sebagai cadangan untuk selimut saat keadaan darurat.

Selimut darurat berbahan polietilena cocok digunakan di pusat evakuasi bencana

Selimut darurat berbahan polietilena cocok digunakan di pusat evakuasi bencana

Seperti selimut darurat berbahan aluminium, bentuk selimut ini persegi panjang. Namun bedanya, dibandingkan selimut berbahan aluminium, selimut ini terbuat dari bahan polietilena sehingga lebih nyaman serta tidak menimbulkan suara gesekan saat digunakan. Selimut ini lebih cocok digunakan untuk kondisi darurat dalam waktu yang lama, seperti di pusat evakuasi. Meskipun harganya lebih mahal dari selimut aluminium, selimut darurat polietilena bisa digunakan berulang kali.

Selimut ini cocok untuk Anda yang mencari selimut darurat yang bisa digunakan untuk kondisi darurat, bisa digunakan di luar ruangan, dan lebih kuat dibandingkan selimut darurat pada umumnya.

Jenis selimut darurat yang dapat digunakan sebagai kantong tidur sederhana

Jenis selimut darurat yang dapat digunakan sebagai kantong tidur sederhana

Tidak seperti dua jenis selimut di atas yang berbentuk persegi panjang, selimut darurat jenis ini biasanya berbentuk seperti sleeping bag atau kantong tidur. Seringkali kantong tidur diasosiasikan dengan penggunaannya untuk pendaki gunung. Namun, pada dasarnya selimut darurat berbentuk kantong tidur ini sangatlah bermanfaat bagi anak-anak dan lansia di tempat evakuasi untuk memudahkan mereka menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

Bagi para pendaki gunung, selimut darurat ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga suhu tubuh Anda saat kondisi darurat. Caranya dengan melapisi sleeping bag biasa Anda dengan selimut darurat ini dan tunggu hingga tim penyelamat datang.

10 Rekomendasi emergency blanket terbaik

Setelah membaca ulasan di atas, kami harap Anda telah mendapatkan gambaran mengenai fungsi dan kegunaan emergency blanket. Selanjutnya kami akan memberikan 10 rekomendasi selimut darurat terbaik.

10. Gila Outdoor Emergency Blanket

10. Gila Outdoor Emergency Blanket

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.000

Sediakan emergency blanket yang ringan dan praktis saat mendaki gunung

Untuk Anda yang baru pertama kali mendaki gunung, mungkin Anda akan kaget dengan cuaca dingin di gunung ya menusuk hingga ke tulang. Untuk jaga-jaga, ada baiknya Anda membawa emergency blanket pribadi. Jangan khawatir, tidak perlu yang mahal atau canggih kok! Emergency blanket berwarna perak ini merupakan jenis yang paling umum dibawa saat mendaki gunung.

Emergency blanket ini memiliki harga yang murah, bobotnya ringan dan mudah disimpan di dalam tas karena bisa dilipat-lipat. Ukuran selimut darurat ini 130 cm x 210 cm, dimana selimut darurat ini cukup untuk digunakan secara individu dan menjadi pelapis sleeping bag Anda.

9. 4Life Emergency Blanket

9. 4Life Emergency Blanket

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Untuk kebutuhan tim, tersedia kemasan isi lima

Saat packing untuk ekspedisi, biasanya logistik akan dipisahkan menjadi barang kelompok atau pribadi. Jika Anda ingin membawa emergency blanket sebagai barang kelompok, belilah produk 4Life Emergency Blanket. Produk ini tersedia dalam kemasan isi 5 sehingga lebih praktis untuk tim Anda! Selain lebih hemat tempat packing, mengurangi risiko barang tertinggal juga.

Produk 4Life ini bisa menjadi pilihan Anda sebagai selimut tambahan untuk melapisi tubuh Anda dalam berbagai kegiatan di alam terbuka, terutama ketika suhu di daerah Anda menurun drastis. Dengan ukuran 160 cm x 210 cm, cukup untuk membungkus tubuh Anda.

8. Emergency Rescue Reflective Blanket

8. Emergency Rescue Reflective Blanket

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 78.000

Tersesat? Panggil bantuan dengan pantulan cahaya dari emergency blanket

Untuk Anda para pencinta alam yang sering berpetualang di alam terbuka, Anda tentu memahami bahwa salah satu risiko yang dihadapi saat berpetualang adalah tersesat. Dalam kondisi darurat, Emergency Rescue Reflective Blanket ini bisa menolong Anda dan tim. Selain bahannya yang windproof dan waterproof, emergency blanket ini bisa digunakan untuk signalling.

Emergency blanket ini terbuat dari bahan aluminium foil yang berfungsi sangat baik untuk memantulkan sinar matahari. Ketika Anda tersesat, selimut ini dapat Anda gunakan untuk memberikan sinyal meminta bantuan dengan cara memantulkan sinar matahari ke selimut darurat Anda.

7. Dhaulagiri Emergency Blanket

7. Dhaulagiri Emergency Blanket

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Kotak kemasan simpel, mudah disimpan di tas Anda !

Sebagai petugas keselamatan, selain Anda harus menangani korban dengan cara yang benar, Anda juga berpacu dengan waktu. Terlambat sekian detik saja hasilnya bisa fatal. Dhaulgiri Emergency Blanket sudah populer sebagai selimut darurat untuk mencegah hipotermia. Keunggulan dari produk ini adalah kemasannya yang berupa kotak kecil dan dapat menyimpan emergency blanket dengan rapi.

Tak jarang emergency blanket menjadi masalah karena sebelum digunakan sudah kusut duluan karena penyimpanannya tidak benar. Dengan disimpan dalam kotak kecil berwarna oranye yang mudah ditemukan, penanganan korban menjadi lebih cepat dan efektif. Simpan selalu produk ini di dalam kotak survival kit Anda!

6. Emergency Blanket Green

6. Emergency Blanket Green

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 61.000

Selimut darurat warna hijau mencolok yang serbaguna!

Umumnya emergency blanket berwarna perak ataupun emas, tetapi produk ini beda dari yang lain dengan warna hijau mencoloknya. Produk yang terbuat dari bahan PE ini dapat Anda gunakan sebagai kanopi untuk melindungi diri dari hujan serta bisa juga untuk dijadikan alas. Oleh karena terbuat dari bahan PE yang berkualitas, selimut ini dapat disimpan hingga beberapa tahun.

Warna hijau mencolok dari emergency blanket ini juga berguna sebagai sinyal reflektif saat Anda tersesat dan warna yang ditimbulkan hijau metalik. Mungkin warna hijau dan warna-warni lainnya dari emergency blanket bisa digunakan untuk membedakan kelompok saat pendakian massal ataupun pelatihan kepemimpinan yang dilakukan di area terbuka. Anti-mainstream bukan?

5. Emergency Thermal Bivvy

5. Emergency Thermal Bivvy

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 49.499

Tidur lebih hangat saat survival di alam bebas

Bagi Anda yang tidak terlalu menyukai selimut darurat berbentuk persegi panjang, produk ini bisa menjadi pilihan Anda. Terkadang selimut berbentuk persegi panjang dianggap tidak mudah dalam penggunaan karena Anda harus membalut dirinya dan berusaha agar tidak ada celah sedikit pun untuk angin masuk. Gunakanlah emergency blanket yang berbentuk kantong tidur ini untuk menghangatkan tubuh dengan maksimal.

Penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke dalamnya seperti kantong tidur. Karena berbentuk seperti kantong tidur, maka sekalipun Anda menggerakan badan, bagian sudut-sudutnya tidak mudah terbuka. Sebagai nilai plus, produk ini juga memiliki ketahanan terhadap angin dan air. Praktis dalam penggunaannya menjadikan produk ini pilihan terbaik untuk Anda!

4. Goft Emergency Blanket Oranye

4. Goft Emergency Blanket Oranye

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 73.000

Warna cerah menyala mudah terlihat dari kejauhan

Berbeda dengan produk sebelumnya yang berwarna silver maupun hijau, produk berwarna oranye mencolok ini sebaiknya Anda bawa saat mendaki gunung dengan vegetasi hutan lebat maupun olahraga ekstrem lain seperti arung jeram. Selimut berbentuk kantong tidur ini terbuat dari material polyethylene yang kuat, tidak mudah rusak, dan tahan lama sehingga dapat digunakan berulang kali.

Warnanya yang cerah menyala akan membuatnya mudah terlihat dari kejauhan sehingga mempermudah tim penyelamat untuk segera datang menolong Anda dan keluarga. Untuk keselamatan tim Anda, selalu bawa selimut darurat ini ya!

3. Aptonia Emergency Blanket

3. Aptonia Emergency Blanket

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 58.000

Silver-side atau gold-side? Pilih yang tepat untuk stabilkan panas tubuh Anda!

Dalam kondisi ekstrem, menjaga suhu tubuh tetap stabil adalah hal yang wajib Anda lakukan. Terlalu kedinginan bisa berakibat fatal, tetapi terlalu kepanasan juga bisa mengakibatkan heat stroke. Saat kondisi bencana seperti ini, emergency blanket dari bahan PET berkualitas ini bisa menjaga panas tubuh tetap stabil.

Aptonia Emergency Blanket ini dilengkapi dua sisi, yakni silver dan gold. Rekatkan sisi silver emergency blanket pada tubuh Anda jika Anda mengalami kedinginan, tetapi untuk menjaga tubuh Anda dari panas yang berlebihan, rekatkan sisi gold emergency blanket pada tubuh Anda. Dengan menggunakan selimut ini, Anda dapat mencegah tubuh Anda menggigil dan dapat menjaga tubuh tetap hangat sampai bantuan datang.

2. Emergency Blanket and Survival Shelter

2. Emergency Blanket and Survival Shelter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 118.000

Tenda oranye dari emergency blanket : aman, hangat dan mudah dicari

Bagi Anda yang mencari selimut darurat dengan fitur terlengkap dan teraman, Anda dapat memilih produk ini. Kami rekomendasikan produk ini untuk pencegahan seandainya terjadi situasi darurat ketika Anda sedang piknik bersama keluarga. Selain dapat digunakan untuk selimut dan dapat juga digunakan sebagai tenda darurat, produk ini terbuat dari material PE yang dilapisi dengan lapisan aluminium yang dapat berfungsi untuk menahan panas.

Dengan bentuk tenda darurat atau bivak, produk ini akan lebih maksimal dalam menjaga suhu tubuh Anda dengan menahan angin di sekitarnya. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan sleeping bag di dalamnya. Materialnya juga tahan air sehingga aman digunakan pada saat hujan. Pilihan yang tepat bagi Anda dan keluarga!

1. Luckstone Survival Blanket

1. Luckstone Survival Blanket

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 444.900

Butuh survival blanket untuk 2 orang, pilih yang ini!

Rata-rata produk selimut darurat yang tersedia di pasaran, memiliki ukuran yang hanya dapat digunakan oleh satu orang saja. Kini Luckstone hadir dengan selimut darurat yang berukuran besar, berbentuk seperti kantong sehingga dapat digunakan sebagai sleeping bag yang muat untuk 2 orang dewasa.

Aktifitas camping dengan pasangan Anda semakin nyaman dengan membawa selimut darurat yang multifungsi sebagai sleeping bag atau pun alas tenda Anda. Kemasannya yang praktis dan berukuran kurang lebih sebesar kaleng minuman ringan, membuatnya ringkas untuk disimpan di tas peralatan camping Anda.

Gunakan emergency blanket dengan benar

Emergency blanket merupakan pertolongan pertama untuk melindungi tubuh Anda dari suhu dingin yang ekstrem. Produk ini akan menjadi penolong pertama Anda dalam kondisi darurat, dimana Anda harus bertahan antara hidup dan mati pada kondisi darurat.

Namun Anda perlu mengetahui bagaimana cara menggunakan selimut darurat ini dengan benar untuk mencegah kemungkinan hal-hal bahaya yang tidak diinginkan. Mari pahami cara penggunaan yang benar berikut ini.

Pastikan emergency blanket tidak menyentuh kulit Anda secara langsung

Pastikan emergency blanket tidak menyentuh kulit Anda secara langsung

Selimut darurat dengan harga yang mahal umumnya memiliki kemampuan untuk menyerap kelembapan. Jika selimut darurat digunakan langsung menyentuh kulit Anda dalam jangka lama, keringat akan keluar dari tubuh Anda. Apabila produk tidak dapat menyerap kelembapan, maka keringat ini akan berubah menjadi embun dan akibatnya dapat membuat tubuh Anda menjadi semakin dingin.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menggunakan pakaian untuk melindungi tubuh Anda bersentuhan langsung dengan selimut darurat. Anda juga dapat menyelipkan kertas koran di antara selimut dan tubuh Anda.

Saat penggunaan, pastikan Anda menutup setiap sudut dengan rata supaya angin tidak masuk

Saat penggunaan, pastikan Anda menutup setiap sudut dengan rata supaya angin tidak masuk

Ketika Anda membungkus diri Anda dengan selimut darurat, usahakan untuk tidak mengerak-gerakan tubuh Anda. Sedikit gerakan saja dapat membuat salah satu bagian terbuka dan menimbulkan sela-sela sehingga angin bisa masuk. Oleh karena itu, pastikan Anda menutup setiap sudutnya dengan rapat untuk mencegah turunnya suhu di dalam selimut.

Hati-hati supaya selimut Anda tidak rusak atau robek karena bebatuan, dahan dan ranting

Hati-hati supaya selimut Anda tidak rusak atau robek karena bebatuan, dahan dan ranting

Selimut darurat umumnya dibuat tipis agar mudah digunakan dan dibawa untuk berbagai keperluan. Meskipun selimut darurat tahan terhadap angin dan hujan, akan tetapi selimut darurat memiliki kemungkinan robek dan berlubang. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat Anda menggunakannya agar selimut darurat tidak robek dan berlubang karena bergesekan dengan bebatuan atau dahan dan ranting pepohonan.

Bagi Anda yang menginginkan selimut darurat yang tahan lama, ada baiknya untuk memilih selimut yang terbuat dari bahan yang lebih tebal.

Kesimpulan

Bagaimana dengan ulasan dan rekomendasi di atas, apakah cukup membantu Anda mengenal berbagai fungsi selimut darurat? Mudah-mudahan Anda menemukan rekomendasi selimut darurat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk berbagai keadaan darurat, kami menyarankan Anda untuk memiliki beberapa tipe selimut darurat untuk keperluan seluruh keluarga Anda. Sedia sebelum dibutuhkan!