• 10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Wireless mouse banyak dipilih karena praktis. Produknya adalah pilihan tepat bagi Anda yang sering terbatasi oleh kabel mouse. Namun, spesifikasi produknya beragam dari segi koneksi, fitur, hingga desain. Hal ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih produk yang bagus.

Karena itu, kami akan mengulas cara memilih wireless mouse terbaik untuk Anda. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produk dari merek populer seperti Logitech, ROBOT, dan lainnya. Yang untuk bekerja ada, yang untuk gaming juga ada. Sudah tidak sabar memilihnya? Yuk, dimulai saja pembahasannya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Virmansyah
Agi Tiara
Yuni Handono
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Keuntungan menggunakan wireless mouse

Keuntungan menggunakan wireless mouse

Sesuai namanya, wireless mouse tidak memerlukan kabel. Karakteristik ini membuat Anda lebih leluasa mengoperasikannya ketimbang menggunakan wired mouse.


Anda juga tak perlu mengkhawatirkan ruang gerak karena jangkauan mouse ini cukup jauh. Dengan demikian, menggunakan wireless mouse menjadi keuntungan untuk Anda yang suka berpindah-pindah tempat saat bekerja. Produk yang praktis, bukan?


Namun, mouse ini membutuhkan waktu khusus untuk mengisi dayanya. Jika memilih produk dengan daya baterai, Anda perlu menyiapkan biaya untuk membeli baterai baru. Namun, mouse ini lebih ringkas saat dibawa bersama laptop Anda.

Tabel perbandingan produk wireless mouse terbaik

Gambar produk
1
ROBOT  Wireless Mouse 1

ROBOT

2
Fantech RAIGOR II 1

Fantech

3
Rexus Wireless Mouse 1

Rexus

4
Microsoft Wireless Mobile Mouse 1

Microsoft

5
Logitech MX Master 3 1

Logitech

6
HP  Bluetooth Wireless Mouse 1

HP

7
Corsair HARPOON RGB WIRELESS 1

Corsair

8
Lenovo 600 Bluetooth Silent Mouse 1

Lenovo

9
Xiaomi  Mi Portable Mouse 1

Xiaomi

10
Razer DeathAdder V2 X HyperSpeed 1

Razer

Nama produk

Wireless Mouse

RAIGOR II

Wireless Mouse

Wireless Mobile Mouse

MX Master 3

Bluetooth Wireless Mouse

HARPOON RGB WIRELESS

600 Bluetooth Silent Mouse

Mi Portable Mouse

DeathAdder V2 X HyperSpeed

Keunggulan

Ukurannya compact, solusi untuk area kerja yang sempit

Terjangkau untuk gaming mouse dengan banyak fitur

Hemat daya sekaligus hemat anggaran

Ekspresikan diri Anda dengan ragam warnanya!

Bekerja lebih cerdas dan optimal

Desainnya elegan dan nyaman di genggaman

Untuk gaming atau bekerja? Semuanya cocok!

Lebih stabil dengan koneksi Bluetooth 5.0

Tak khawatir saat terjatuh karena bodinya kukuh

Ergonomis dan makro, gaming jadi makin maksimal

Harga mulai dariRp 100.000,00Rp 139.000,00Rp 45.000,00Rp 255.000,00Rp 1.300.000,00Rp 410.000,00Rp 669.000,00Rp 353.500,00Rp 299.000,00Rp 999.000,00
KoneksiUSB receiverUSB receiverUSB receiverUSB receiverBluetooth, USB receiverBluetoothBluetooth, USB receiver, wiredBluetoothBluetooth, USB receiverBluetooth, USB receiver
SensorOptikOptikTidak tercantumOptikDarkfield™Tidak tercantumOptikOptik (blue LED)LaserOptik
Jarak koneksi20 m10 mTidak tercantum5 m10 mTidak tercantumTidak tercantumTidak tercantum10 mTidak tercantum
Sumber daya1 x baterai AAA1 x baterai AA1 x baterai AA1 x baterai AAARechargeable Li-PoTidak tercantumRechargeable Li-Po1 x baterai AA2 x baterai AAA1 atau 2 x baterai AA/AAA
Dimensi90 mm x 62 mm x 24 mm114 mm x 70 mm x 38 mm107 mm x 58,5 mm x 36,8 mmTidak tercantum124,9 mm x 84,3 mm x 51 mm101,7 mm x 64,6 mm x 25 mmTidak tercantum107 mm x 58 mm x 29 mm110,2 mm x 57,2 mm x 23,6 mm127 mm x 61,7 mm x 42,7 mm
Berat40 g83 g55 gTidak tercantum141 g40 g99 g61 g77,5 g86–103 g
Resolusi1600 DPI800–2.000 DPI800–1600 DPITidak tercantum200–4.000 DPITidak tercantum10.000 DPI800–2.400 DPI1.200 DPI14.000 DPI
Fitur-Tombol tambahanSilent click-Tombol tambahan-Tombol tambahan (makro), RGB LEDSilent click-Tombol tambahan (makro)
Tautan produk

Cara memilih wireless mouse

Spesifikasi wireless mouse menentukan efektivitas dan tingkat kenyamanannya untuk Anda. Maka dari itu, Anda perlu memeriksa koneksi, fitur, dan desainnya. Berikut ini kami akan menjabarkan cara memilih wireless mouse yang bagus. Disimak baik-baik, ya.

Periksa jenis koneksi yang digunakan wireless mouse

Meski tanpa kabel, wireless mouse tetap memiliki opsi untuk jenis koneksinya. Mari lihat perbedaannya, lalu pilihlah tipe yang paling tepat untuk Anda.

USB receiver, instalasi mudah tanpa pengaturan khusus

USB receiver, instalasi mudah tanpa pengaturan khusus
Bila Anda mencari produk yang bisa terhubung dengan mudah ke perangkat komputer, kami menyarankan tipe ini. Wireless mouse dengan USB receiver atau USB dongle dapat terhubung ke perangkat Anda tanpa perlu pengaturan yang rumit. Hubungkan saja receiver ke port USB, maka mouse bisa langsung digunakan. Jangkauannya juga cukup jauh, sekitar 10 meter.

Namun, mouse ini membutuhkan port USB di perangkat Anda. Jadi, jika port USB komputer Anda terbatas, sebaiknya gunakan USB hub. Jika Anda akan membawa mouse ini bepergian, pilihlah yang memiliki wadah receiver di badannya untuk mengurangi risiko kehilangan.

Bluetooth, bisa dihubungkan ke banyak perangkat

Bluetooth, bisa dihubungkan ke banyak perangkat
Jenis koneksi yang tidak membutuhkan receiver ini punya banyak keunggulan. Mouse Bluetooth tanpa dongle bisa menjadi solusi untuk komputer dengan port USB terbatas. Selain itu, Anda bisa menghubungkannya ke beberapa perangkat sekaligus. Dihubungkan ke tablet atau smartphone juga lebih mudah.

Pengaturannya pun cukup mudah dan hanya perlu dilakukan sekali saja. Jika perangkat Anda tidak dilengkapi dengan Bluetooth, Anda bisa memasang Bluetooth dongle. Perangkat ini dapat Anda temukan di marketplace

Ketahui tipe sensor yang terpasang di mouse

Tergantung pada sensor yang digunakan, akurasi wireless mouse bervariasi. Beberapa produk mungkin tidak terbaca pada bidang tertentu karena sensornya. Kami akan menjelaskan tiga jenis sensor yang umum digunakan wireless mouse. Silakan disimak.

Blue LED, tingkat presisi sudah tinggi tanpa mouse pad

Blue LED, tingkat presisi sudah tinggi tanpa mouse pad

Sensor ini paling banyak ditemukan pada wireless mouse. Blue LED tetap memiliki presisi yang tinggi dalam membaca gerakan meski tanpa mouse pad. Keunggulan lainnya, mouse masih bisa digunakan dengan baik di tempat yang berdebu.


Sensor ini juga dapat digunakan di permukaan mengilap atau kain. Namun, mouse tidak bisa berfungsi dengan baik saat digunakan di atas permukaan kaca yang sepenuhnya transparan. Oleh sebab itu, Anda perlu menyiapkan mouse pad saat menggunakannya di atas meja kaca.

Red LED, harganya terjangkau dan mudah digunakan

Red LED, harganya terjangkau dan mudah digunakan

Jika Anda mencari produk yang harganya terjangkau, tetapi akurasinya memuaskan, pilihlah mouse ini. Red LED merupakan sistem yang paling populer dibandingkan sensor optik lainnya.


Namun, mouse ini tidak bisa dipakai pada bidang yang mengilap, berwarna putih, atau berpola. Dengan demikian, Anda tetap perlu menyiapkan mouse pad.

Laser, mampu membaca respons dengan baik

Laser, mampu membaca respons dengan baik

Keunggulan mouse dengan sensor laser adalah memiliki tingkat respons yang lebih akurat dari tipe optik. Sensor ini tidak terlihat oleh mata manusia. Produknya bisa digunakan baik pada permukaan yang tidak rata maupun yang mengilap.


Namun, seperti blue LED, sensor laser sering tidak merespons saat digunakan pada permukaan transparan. Jika Anda memilih mouse ini, sebaiknya gunakan mouse pad saat hendak memakainya di permukaan meja kaca. 

Cek sumber dan cara pengisian daya mouse

Cek sumber dan cara pengisian daya mouse
Ada dua tipe sumber daya pada wireless mouse yaitu baterai AA/AAA dan Li-po. Mouse dengan baterai lebih praktis karena baterainya cukup diganti saat dayanya habis. Walaupun biaya operasionalnya tinggi karena Anda perlu membeli baterai, mouse ini memiliki harga yang lebih terjangkau.

Di sisi lain, mouse yang bisa diisi dayanya memiliki biaya operasional lebih rendah. Namun, harga produknya sedikit lebih tinggi dari jenis baterai. Anda juga memerlukan waktu untuk mengisi dayanya. Sebagai informasi, terdapat produk yang bisa digunakan sembari dayanya diisi. Jadi, periksa dengan cermat sebelum membeli, ya.

Pastikan produknya ringan dan nyaman digenggam

Mouse yang nyaman di genggaman wajib hukumnya. Anda tidak akan cepat lelah saat menggunakannya dalam waktu lama. Maka dari itu, jangan lupa untuk memeriksa bobot dan desainnya.

Mouse di bawah 100 g tergolong lightweight

Mouse di bawah 100 g tergolong lightweight

Mouse yang ringan tentu lebih mudah digerakkan. Untuk itu, kami menyarankan Anda memilih mouse dengan bobot 100 g ke bawah. Bobot tersebut tergolong lightweight.


Namun, mouse dengan bobot di atas 100 g bukanlah produk yang buruk. Produknya ditujukan untuk pengguna yang lebih mengutamakan kontrol ketimbang kecepatan. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda mencari wireless mouse.

Desain ergonomis tidak mudah membuat tangan lelah

Mouse ergonomis didesain untuk meminimalkan putaran pada pergelangan tangan. Produknya bahkan dapat mengikuti bentuk tangan Anda dengan natural. Jempol Anda bisa beristirahat pada mouse sehingga Anda lebih mudah menggenggam produknya.


Jika Anda sering menggunakan mouse, pilihlah yang pas di genggaman sehingga tangan Anda tidak lekas lelah. Kenyamanan mouse tidak hanya dipengaruhi oleh ukuran tangan Anda, tetapi juga cara Anda menggenggam mouse. Jadi, periksalah ukuran, bobot, dan bentuknya.

Pilih mouse dengan resolusi tinggi

Pilih mouse dengan resolusi tinggi
Tingkat respons atau resolusi pada mouse memiliki satuan yang disebut DPI atau CPI. Pilihlah produk dengan resolusi tinggi jika Anda membutuhkan respons yang sensitif, misalnya saat bermain game. Pastikan produknya memiliki resolusi 1.600 DPI ke atas.

Sebaliknya, produk dengan resolusi 800–1.000 DPI sudah cukup untuk komputasi ringan seperti mengetik dan browsing. Silakan gunakan nilai ini sebagai panduan.

Pertimbangkan fitur lain yang bermanfaat

Beberapa wireless mouse dilengkapi fungsi tambahan untuk tujuan tertentu. Fiturnya berbeda pada tiap produk. Pilihlah produk dengan fitur yang sering Anda gunakan.

Mendesain atau gaming jadi lebih nyaman dengan tombol tambahan

Mendesain atau gaming jadi lebih nyaman dengan tombol tambahan

Mouse konvensional biasanya dilengkapi tiga tombol, yakni klik kiri, klik kanan, dan scroll wheel. Jika Anda mencari produk untuk desain atau gaming, kami merekomendasikan mouse dengan tombol tambahan. Tombol pada beberapa produk bahkan bisa diatur sendiri fungsinya atau dikenal dengan makro.


Selain itu, kemudahan penggunaan scroll wheel juga memengaruhi kenyamanan produk. Wheel yang kasar dapat menyebabkan tangan Anda cepat lelah. Jika Anda banyak menggunakan tombol tersebut, pilihlah produk dengan wheel yang bisa berputar dengan smooth.

Menjaga keheningan dengan silent click

Menjaga keheningan dengan silent click

Bunyi klik dari mouse mungkin mengganggu orang lain ketika Anda bekerja di area tenang. Untuk mengatasinya, pilihlah produk dengan fitur silent click. Fitur ini bisa mengurangi volume bunyi klik hingga 90%. Jadi, Anda dapat berkonsentrasi pada pekerjaan tanpa khawatir mengganggu orang lain.


Namun, tekanan klik pada beberapa produknya lebih rendah dari mouse konvensional. Feeling Anda mungkin belum terbiasa dengan mekanismenya. Untuk memastikannya, Anda bisa memeriksa click pressure produknya lebih dahulu.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi wireless mouse terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk wireless mouse terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

RazerDeathAdder V2 X HyperSpeed

Mulai dari Rp 999.000,00

KoneksiBluetooth, USB receiver
SensorOptik
Jarak koneksiTidak tercantum
Sumber daya1 atau 2 x baterai AA/AAA
Dimensi127 mm x 61,7 mm x 42,7 mm
Berat86–103 g
Resolusi14.000 DPI
FiturTombol tambahan (makro)
9
KoneksiBluetooth, USB receiver
SensorLaser
Jarak koneksi10 m
Sumber daya2 x baterai AAA
Dimensi110,2 mm x 57,2 mm x 23,6 mm
Berat77,5 g
Resolusi1.200 DPI
Fitur-
8

Lenovo600 Bluetooth Silent Mouse

Mulai dari Rp 353.500,00

KoneksiBluetooth
SensorOptik (blue LED)
Jarak koneksiTidak tercantum
Sumber daya1 x baterai AA
Dimensi107 mm x 58 mm x 29 mm
Berat61 g
Resolusi800–2.400 DPI
FiturSilent click
7
KoneksiBluetooth, USB receiver, wired
SensorOptik
Jarak koneksiTidak tercantum
Sumber dayaRechargeable Li-Po
DimensiTidak tercantum
Berat99 g
Resolusi10.000 DPI
FiturTombol tambahan (makro), RGB LED
6

HP Bluetooth Wireless Mouse

Z5000

Mulai dari Rp 410.000,00

KoneksiBluetooth
SensorTidak tercantum
Jarak koneksiTidak tercantum
Sumber dayaTidak tercantum
Dimensi101,7 mm x 64,6 mm x 25 mm
Berat40 g
ResolusiTidak tercantum
Fitur-
5
KoneksiBluetooth, USB receiver
SensorDarkfield™
Jarak koneksi10 m
Sumber dayaRechargeable Li-Po
Dimensi124,9 mm x 84,3 mm x 51 mm
Berat141 g
Resolusi200–4.000 DPI
FiturTombol tambahan
4

MicrosoftWireless Mobile Mouse

1850

Mulai dari Rp 255.000,00

KoneksiUSB receiver
SensorOptik
Jarak koneksi5 m
Sumber daya1 x baterai AAA
DimensiTidak tercantum
BeratTidak tercantum
ResolusiTidak tercantum
Fitur-
3
KoneksiUSB receiver
SensorTidak tercantum
Jarak koneksiTidak tercantum
Sumber daya1 x baterai AA
Dimensi107 mm x 58,5 mm x 36,8 mm
Berat55 g
Resolusi800–1600 DPI
FiturSilent click
2
KoneksiUSB receiver
SensorOptik
Jarak koneksi10 m
Sumber daya1 x baterai AA
Dimensi114 mm x 70 mm x 38 mm
Berat83 g
Resolusi800–2.000 DPI
FiturTombol tambahan
1
KoneksiUSB receiver
SensorOptik
Jarak koneksi20 m
Sumber daya1 x baterai AAA
Dimensi90 mm x 62 mm x 24 mm
Berat40 g
Resolusi1600 DPI
Fitur-

Apa yang harus dilakukan jika mouse tidak berfungsi?

Apa yang harus dilakukan jika mouse tidak berfungsi?

Wireless mouse Anda mungkin saja tidak mau berfungsi. Cobalah langkah berikut untuk mengetahui apakah mouse Anda masih berfungsi.


  1. Periksa apakah dayanya sudah habis
  2. Jika dayanya masih ada, coba matikan dan nyalakan kembali wireless mouse Anda
  3. Jika masih tidak berhasil, reset dan atur koneksi mouse kembali

Biasanya, mouse yang tidak berfungsi dapat diatasi dengan langkah tersebut. Jika Anda merasa ada yang salah pada mouse Anda, cobalah mengikuti langkah-langkah di atas.

Baca juga rekomendasi produk mouse lainnya di sini

Tipe mouse sudah sangat beragam di pasaran. Selain wireless mouse, masih ada silent mouse, gaming mouse, hingga trackball mouse. Jika Anda mau mempertimbangkannya, kami sudah punya rekomendasi produknya. Silakan kunjungi artikel-artikel di bawah ini untuk membaca ulasan selengkapnya dari kami.

Kesimpulan

Sudah menemukan wireless mouse yang cocok dengan kebutuhan Anda? Tiap produk diberi fitur, desain, dan kelebihan yang berbeda. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya yang juga beragam, seperti bekerja, bermain game, dan lainnya.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui lebih dahulu spesifikasi mouse yang dibutuhkan. Selanjutnya, pilihlah yang desainnya paling membekas di hati. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan wireless mouse terbaik. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kabel Data iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan nama kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain merek Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam. Beberapa di antaranya adalah Anker, Aukey, dan Energea.Di artikel ini kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih kabel data iPhone. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang bagus. Simak artikelnya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer sangat diperlukan ketika ingin mencetak dokumen atau foto di rumah. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga makin mudah karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih printer yang bagus, mulai dari mengulas berbagai jenis printer hingga berbagai fungsinya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan Brother. Perhatikan juga review printer sebelum membeli agar Anda lebih memahami keunggulan setiap printer, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sound card adalah perangkat terintegrasi yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi sinyal suara atau audio dan sebaliknya. Bila Anda suka menonton video, main games, atau menikmati musik, Anda mungkin tahu pentingnya sound card.  Sound card yang dimaksud termasuk sound card USB, sound card eksternal, sound card HP, dan sound card PC. Merek sound card seperti V8 dan Behringer mungkin terdengar familier bagi Anda. Nah, untuk mendapatkan produk yang bagus, mari simak rekomendasi sound card terbaik dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain games di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Samsung, AOC, dan Xiaomi memiliki monitor dengan kualitas yang baik.Faktor apa yang mempengaruhi kualitas monitor? Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh merek gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, kebutuhan akan penggunaan webcam makin meningkat. Hal tersebut karena meningkatnya aktivitas pertemuan virtual, seperti kelas, meeting, dan konferensi online. Banyak produk webcam bagus yang dikeluarkan berbagai perusahaan elektronik yang kompatibel baik di laptop maupun PC.Kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan saat hendak membeli webcam. Ada berbagai kriteria yang perlu Anda perhatikan, mulai dari resolusi, frame per second, dan lainnya. Selanjutnya, kami juga akan merekomendasi produk yang bisa menjadi pertimbangan Anda, seperti merk Logitech, Microsoft, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Headset Jabra Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Headset Jabra Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jabra sudah dipercaya sebagai merk headset yang bagus. Headset Jabra pas untuk beragam kebutuhan, misalnya mendengarkan musik dan bekerja. Untuk Anda yang gemar berolahraga, terdapat Jabra Sport. Produknya tersedia dalam harga dan fitur yang bervariasi. Nah, kali ini kami akan berbagi mengenai cara memilihnya. Rekomendasi produk original beserta ulasannya pun sudah kami siapkan. Beberapa produk yang ada dalam rekomendasi kami adalah Elite 75t, Elite 65t, dan Evolve 65. Produknya memiliki konektivitas Bluetooth yang stabil, fitur noise cancelling, dan daya baterai mumpuni. Yuk, scroll ke bawah untuk menemukan headset Jabra terbaik.
    Aksesori komputer & laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori