1. TOP
  2. >
  3. Komputer & laptop
  4. >
  5. Aksesori komputer & laptop
  6. >
  7. 10 Wireless Mouse Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Wireless Mouse Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Wireless Mouse Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Wireless Mouse Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Wireless Mouse Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Wireless Mouse Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Wireless Mouse Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2023)

Wireless mouse banyak dipilih karena praktis, gerak Anda tidak terbatasi lagi oleh kabel mouse. Nah, spesifikasi produknya sangat beragam dari segi koneksi, fitur, hingga desain sehingga Anda mungkin bingung memilih produk yang bagus.

Karena itu, kami akan mengulas cara memilih wireless mouse terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk wireless mouse dari merek populer seperti Logitech dan ROBOT, baik untuk bekerja maupun gaming, Tak hanya itu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Sudah tidak sabar memilihnya? Yuk, dimulai saja pembahasannya!
Diperbaharui 08-12-2022
Pakar
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016. Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Profil Yosua Surojo
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Keuntungan menggunakan wireless mouse

Keuntungan menggunakan wireless mouse

Sesuai namanya, wireless mouse tidak memerlukan kabel. Karakteristik ini membuat Anda lebih leluasa mengoperasikannya ketimbang menggunakan wired mouse.


Anda juga tak perlu mengkhawatirkan ruang gerak karena jangkauan mouse ini cukup jauh. Dengan demikian, menggunakan wireless mouse menjadi keuntungan untuk Anda yang suka berpindah-pindah tempat saat bekerja. Produk yang praktis, bukan?


Namun, mouse ini membutuhkan waktu khusus untuk mengisi dayanya. Jika memilih produk dengan daya baterai, Anda perlu menyiapkan biaya untuk membeli baterai baru. Namun, mouse ini lebih ringkas saat dibawa bersama laptop Anda.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih wireless mouse

Spesifikasi wireless mouse menentukan efektivitas dan tingkat kenyamanannya untuk Anda. Maka dari itu, Anda perlu memeriksa koneksi, fitur, dan desainnya. Berikut ini kami akan menjabarkan cara memilih wireless mouse yang bagus. Disimak baik-baik, ya.

① Periksa jenis koneksi yang digunakan wireless mouse

Meski tanpa kabel, wireless mouse tetap memiliki opsi untuk jenis koneksinya. Mari lihat perbedaannya, lalu pilihlah tipe yang paling tepat untuk Anda.

USB receiver, instalasi mudah tanpa pengaturan khusus

USB receiver, instalasi mudah tanpa pengaturan khusus
Bila Anda mencari produk yang bisa terhubung dengan mudah ke perangkat komputer, kami menyarankan tipe ini. Wireless mouse dengan USB receiver atau USB dongle dapat terhubung ke perangkat Anda tanpa perlu pengaturan yang rumit. Hubungkan saja receiver ke port USB, maka mouse bisa langsung digunakan. Jangkauannya juga cukup jauh, sekitar 10 meter.

Namun, mouse ini membutuhkan port USB di perangkat Anda. Jadi, jika port USB komputer Anda terbatas, sebaiknya gunakan USB hub. Jika Anda akan membawa mouse ini bepergian, pilihlah yang memiliki wadah receiver di badannya untuk mengurangi risiko kehilangan.

Bluetooth, bisa dihubungkan ke banyak perangkat

Bluetooth, bisa dihubungkan ke banyak perangkat
Jenis koneksi yang tidak membutuhkan receiver ini punya banyak keunggulan. Mouse Bluetooth tanpa dongle bisa menjadi solusi untuk komputer dengan port USB terbatas. Selain itu, Anda bisa menghubungkannya ke beberapa perangkat sekaligus. Dihubungkan ke tablet atau smartphone juga lebih mudah.

Pengaturannya pun cukup mudah dan hanya perlu dilakukan sekali saja. Jika perangkat Anda tidak dilengkapi dengan Bluetooth, Anda bisa memasang Bluetooth dongle. Perangkat ini dapat Anda temukan di marketplace

② Ketahui tipe sensor yang terpasang di mouse

Tergantung pada sensor yang digunakan, akurasi wireless mouse bervariasi. Beberapa produk mungkin tidak terbaca pada bidang tertentu karena sensornya. Kami akan menjelaskan tiga jenis sensor yang umum digunakan wireless mouse. Silakan disimak.

Blue LED, tingkat presisi sudah tinggi tanpa mouse pad

Blue LED, tingkat presisi sudah tinggi tanpa mouse pad

Sensor ini paling banyak ditemukan pada wireless mouse. Blue LED tetap memiliki presisi yang tinggi dalam membaca gerakan meski tanpa mouse pad. Keunggulan lainnya, mouse masih bisa digunakan dengan baik di tempat yang berdebu.


Sensor ini juga dapat digunakan di permukaan mengilap atau kain. Namun, mouse tidak bisa berfungsi dengan baik saat digunakan di atas permukaan kaca yang sepenuhnya transparan. Oleh sebab itu, Anda perlu menyiapkan mouse pad saat menggunakannya di atas meja kaca.

Red LED, harganya terjangkau dan mudah digunakan

Red LED, harganya terjangkau dan mudah digunakan

Jika Anda mencari produk yang harganya terjangkau, tetapi akurasinya memuaskan, pilihlah mouse ini. Red LED merupakan sistem yang paling populer dibandingkan sensor optik lainnya.


Namun, mouse ini tidak bisa dipakai pada bidang yang mengilap, berwarna putih, atau berpola. Dengan demikian, Anda tetap perlu menyiapkan mouse pad.

Laser, mampu membaca respons dengan baik

Laser, mampu membaca respons dengan baik

Keunggulan mouse dengan sensor laser adalah memiliki tingkat respons yang lebih akurat dari tipe optik. Sensor ini tidak terlihat oleh mata manusia. Produknya bisa digunakan baik pada permukaan yang tidak rata maupun yang mengilap.


Namun, seperti blue LED, sensor laser sering tidak merespons saat digunakan pada permukaan transparan. Jika Anda memilih mouse ini, sebaiknya gunakan mouse pad saat hendak memakainya di permukaan meja kaca. 

③ Cek sumber dan cara pengisian daya mouse

Cek sumber dan cara pengisian daya mouse
Ada dua tipe sumber daya pada wireless mouse yaitu baterai AA/AAA dan Li-po. Mouse dengan baterai lebih praktis karena baterainya cukup diganti saat dayanya habis. Walaupun biaya operasionalnya tinggi karena Anda perlu membeli baterai, mouse ini memiliki harga yang lebih terjangkau.

Di sisi lain, mouse yang bisa diisi dayanya memiliki biaya operasional lebih rendah. Namun, harga produknya sedikit lebih tinggi dari jenis baterai. Anda juga memerlukan waktu untuk mengisi dayanya. Sebagai informasi, terdapat produk yang bisa digunakan sembari dayanya diisi. Jadi, periksa dengan cermat sebelum membeli, ya.

④ Pastikan produknya ringan dan nyaman digenggam

Mouse yang nyaman di genggaman wajib hukumnya. Anda tidak akan cepat lelah saat menggunakannya dalam waktu lama. Maka dari itu, jangan lupa untuk memeriksa bobot dan desainnya.

Mouse di bawah 100 g, tergolong lightweight

Mouse di bawah 100 g, tergolong lightweight

Mouse yang ringan tentu lebih mudah digerakkan. Untuk itu, kami menyarankan Anda memilih mouse dengan bobot 100 g ke bawah. Bobot tersebut tergolong lightweight.


Namun, mouse dengan bobot di atas 100 g bukanlah produk yang buruk. Produknya ditujukan untuk pengguna yang lebih mengutamakan kontrol ketimbang kecepatan. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda mencari wireless mouse.

Desain ergonomis, tidak mudah membuat tangan lelah

Desain ergonomis, tidak mudah membuat tangan lelah
Sumber: logitech.com

Mouse ergonomis didesain untuk meminimalkan putaran pada pergelangan tangan. Produknya bahkan dapat mengikuti bentuk tangan Anda dengan natural. Jempol Anda bisa beristirahat pada mouse sehingga Anda lebih mudah menggenggam produknya.


Jika Anda sering menggunakan mouse, pilihlah yang pas di genggaman sehingga tangan Anda tidak lekas lelah. Kenyamanan mouse tidak hanya dipengaruhi oleh ukuran tangan Anda, tetapi juga cara Anda menggenggam mouse. Jadi, periksalah ukuran, bobot, dan bentuknya.

⑤ Pilih mouse dengan resolusi tinggi

Pilih mouse dengan resolusi tinggi
Tingkat respons atau resolusi pada mouse memiliki satuan yang disebut DPI atau CPI. Pilihlah produk dengan resolusi tinggi jika Anda membutuhkan respons yang sensitif, misalnya saat bermain game. Pastikan produknya memiliki resolusi 1.600 DPI ke atas.

Sebaliknya, produk dengan resolusi 800–1.000 DPI sudah cukup untuk komputasi ringan seperti mengetik dan browsing. Silakan gunakan nilai ini sebagai panduan.

⑥ Pertimbangkan fitur lain yang bermanfaat

Beberapa wireless mouse dilengkapi fungsi tambahan untuk tujuan tertentu. Fiturnya berbeda pada tiap produk. Pilihlah produk dengan fitur yang sering Anda gunakan.

Tombol tambahan, mendesain atau gaming jadi lebih nyaman

Tombol tambahan, mendesain atau gaming jadi lebih nyaman


Mouse konvensional biasanya dilengkapi tiga tombol, yakni klik kiri, klik kanan, dan scroll wheel. Jika Anda mencari produk untuk desain atau gaming, kami merekomendasikan mouse dengan tombol tambahan. Tombol pada beberapa produk bahkan bisa diatur sendiri fungsinya atau dikenal dengan makro.


Selain itu, kemudahan penggunaan scroll wheel juga memengaruhi kenyamanan produk. Wheel yang kasar dapat menyebabkan tangan Anda cepat lelah. Jika Anda banyak menggunakan tombol tersebut, pilihlah produk dengan wheel yang bisa berputar dengan smooth.

Silent click, lebih fokus karena keheningan terjaga

Silent click, lebih fokus karena keheningan terjaga

Bunyi klik dari mouse mungkin mengganggu orang lain ketika Anda bekerja di area tenang. Untuk mengatasinya, pilihlah produk dengan fitur silent click. Fitur ini bisa mengurangi volume bunyi klik hingga 90%. Jadi, Anda dapat berkonsentrasi pada pekerjaan tanpa khawatir mengganggu orang lain.


Namun, tekanan klik pada beberapa produknya lebih rendah dari mouse konvensional. Feeling Anda mungkin belum terbiasa dengan mekanismenya. Untuk memastikannya, Anda bisa memeriksa click pressure produknya lebih dahulu.

10 Rekomendasi wireless mouse terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk wireless mouse terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

ROBOT

Wireless Mouse

ROBOT  Wireless Mouse 1枚目

Ukurannya compact, solusi untuk area kerja yang sempit

2

Fantech

RAIGOR II

Fantech RAIGOR II 1枚目

Terjangkau untuk gaming mouse dengan banyak fitur

3

Rexus

Wireless Mouse

Rexus Wireless Mouse 1枚目

Hemat daya sekaligus hemat anggaran

4

Microsoft

Wireless Mobile Mouse

Microsoft Wireless Mobile Mouse 1枚目

Ekspresikan diri Anda dengan ragam warnanya!

5

Logitech

MX Master 3

Logitech MX Master 3 1枚目

Bekerja lebih cerdas dan optimal

6

Corsair

HARPOON RGB WIRELESS Gaming Mouse

Corsair HARPOON RGB WIRELESS Gaming Mouse 1枚目

Untuk gaming atau bekerja? Semuanya cocok!

7

HP

Bluetooth Wireless Mouse

HP  Bluetooth Wireless Mouse 1枚目

Desainnya elegan dan nyaman di genggaman

8

Lenovo

600 Bluetooth Silent Mouse

Lenovo 600 Bluetooth Silent Mouse 1枚目

Lebih stabil dengan koneksi Bluetooth 5.0

9

Xiaomi

Mi Portable Mouse

Xiaomi  Mi Portable Mouse 1枚目

Tak khawatir saat terjatuh karena bodinya kukuh

10

Razer

DeathAdder V2 X HyperSpeed

Razer DeathAdder V2 X HyperSpeed 1枚目

Ergonomis dan makro, gaming jadi makin maksimal

Perincian produk
Close
No.1

ROBOT Wireless MouseM220

Mulai dari Rp100.000,00

Ukurannya compact, solusi untuk area kerja yang sempit

Jika Anda sering berpindah-pindah tempat kerja, jangan lupa untuk membawa serta produk ini. Mouse ini akan beradaptasi dengan baik di mana pun Anda bekerja berkat ukurannya yang compact. Ukurannya tergolong mini dibandingkan wireless mouse yang lain.


Bekerja di meja kafe yang sempit atau meja kantor yang dipenuhi barang tidak jadi masalah dengan mouse ini. Anda juga tidak akan kesulitan menyimpan produk ini di dalam tas laptop dengan ukurannya. Selain itu, bobotnya sangat ringan. Fleksibilitasnya menjadikan produk ini sebagai salah satu wireless mouse paling laris di marketplace.

No.2

Terjangkau untuk gaming mouse dengan banyak fitur

Gaming mouse umumnya memiliki harga paling tinggi dibandingkan tipe lain, terlebih yang wireless. Namun, Anda tidak harus menyiapkan banyak budget untuk membawa pulang produk ini. Harga gaming mouse ini terjangkau untuk fiturnya. Selain koneksinya sudah wireless, produk ini dilengkapi lima tombol yang akan memberi Anda banyak alternatif saat gaming.


Produk ini khususnya nyaman untuk digunakan bermain game FPS. Anda bisa mengatur resolusinya sendiri. Resolusi rendah bisa digunakan untuk ketepatan, sedangkan resolusi tinggi untuk kecepatan. Fantech RAIGOR II merupakan mouse yang bagus bila Anda ingin mencoba beralih ke produk wireless untuk gaming.

No.3

RexusWireless MouseQ20

Mulai dari Rp44.500,00

Hemat daya sekaligus hemat anggaran

Sumber daya baterai bisa merepotkan ketika Anda tidak memiliki cadangannya, terlebih jika Anda sedang di luar. Jika daya wireless mouse habis saat digunakan, mau tidak mau Anda harus membeli baterai baru. Nah, dengan produk ini, Anda tidak perlu selalu direpotkan dengan daya baterai yang habis. Rexus Q20 dilengkapi chipset Pixart PMW 3065 yang mampu menghemat tenaganya.


Fitur lain yang menarik dari produk ini adalah silent click. Meskipun harganya bersahabat di kantong, Anda sudah akan memiliki wireless mouse dengan suara yang hening. Produk ini tentunya sangat pas bagi Anda yang ingin tetap menghemat anggaran.

No.4

MicrosoftWireless Mobile Mouse1850

Mulai dari Rp255.000,00

Ekspresikan diri Anda dengan ragam warnanya!

Anda bosan dengan warna mouse yang sama? Microsoft Wireless Mobile Mouse 1850 bisa menjadi alternatif yang segar untuk Anda. Produk ini tersedia dalam pilihan warna yang beragam. Selain black, ada purple, flame red, magenta, cyan, wool blue, hingga light orchid. Pilihan warna yang menyejukkan mata bukan?


Jika berniat mengganti suasana meja kerja, Anda bisa mulai dari produk ini. Selain itu, Anda tidak akan mudah kehilangan kehilangan USB dongle karena Anda bisa menyimpannya di dalam mouse ini.

No.5

LogitechMX Master 3

Mulai dari Rp1.599.000,00

Bekerja lebih cerdas dan optimal

Di mana pun Anda mencari rekomendasi mouse Bluetooth terbaik yang ergonomis, produk ini selalu ada. Logitech MX Master 3 bahkan dianggap sebagai salah satu wireless mouse terbaik untuk bekerja. Mouse ini dirancang agar desainer dan programmer dapat berkarya dengan lebih smooth. Jangan lewatkan produk ini jika Anda adalah salah satunya.


Ketiga tombol tambahannya akan membuat Anda lebih fleksibel dalam menggunakan beragam software Adobe. Mouse ini juga dilengkapi tombol horizontal scroll agar Anda makin leluasa menelusuri berbagai jenis dokumen. Mau bekerja di mana pun? Tenang, mouse ini dilengkapi sensor Darkfield™ yang responsif di atas permukaan kaca.

No.6

CorsairHARPOON RGB WIRELESS Gaming Mouse

Mulai dari Rp669.000,00

Untuk gaming atau bekerja? Semuanya cocok!

Anda tidak perlu repot-repot membeli mouse berbeda untuk keperluan kerja dan gaming. Sebagai gaming mouse, produk ini diberi desain yang simpel sehingga tidak mencolok untuk digunakan bekerja. Desain berkontur dan grip samping berbahan karet dari mouse ini menjamin kenyamanan tangan Anda saat bekerja sepanjang hari.


Fiturnya saat digunakan untuk gaming pun tak kalah menarik. Corsair HARPOON RGB WIRELESS dilengkapi RGB LED yang membuat tampilannya makin menarik dengan pancaran cahaya warna-warni. Anda bahkan bisa mengganti koneksinya menjadi wired agar tak khawatir mouse kehabisan daya di tengah permainan. Paket yang cukup lengkap untuk gaming mouse, bukan?

No.7

HP Bluetooth Wireless MouseZ5000

Mulai dari Rp299.000,00

Desainnya elegan dan nyaman di genggaman

Tidak semua orang hanya mengutamakan fungsi dan fitur saat mencari mouse. Ada juga yang memperhitungkan desain agar dapat selalu tampil bergaya. Jika Anda adalah salah satunya, produk ini patut dimiliki. Mouse ini tampil elegan dengan perpaduan warna dark ash silver metallic bergaya matte dengan bantalan tembaga. Meja kerja Anda akan terlihat makin bergaya dengan mouse Bluetooth tanpa dongle ini.


HP Z5000 tidak hanya mengutamakan penampilan. Desain berkontur dengan grip samping berbahan karet dari produk ini akan menjamin kenyamanan tangan Anda. Selain itu, bobot produk ini tergolong yang paling ringan di pasaran.

No.8

Lenovo600 Bluetooth Silent Mouse

Mulai dari Rp399.000,00

Lebih stabil dengan koneksi Bluetooth 5.0

Mouse dengan koneksi Bluetooth memang tidak sestabil yang menggunakan USB receiver. Namun, Anda bisa merasakan koneksi yang sepadan dengan produk ini. Mouse ini sudah dibekali Bluetooth 5.0 dengan koneksi yang lebih stabil dari versi sebelumnya. Jika perangkat komputer Anda sudah mendukung versi Bluetooth tersebut, produk ini bisa diandalkan.


Keunggulan lain dari produk ini adalah dilengkapi resolusi yang bisa Anda atur sendiri. Terdapat tiga tingkatan resolusi yang dapat dipilih, yakni 800, 1.600, dan 2.400 DPI. Dengan fitur silent click, Anda dapat menggunakan Lenovo 600 Bluetooth Silent Mouse untuk berbagai situasi yang membutuhkan keheningan.

No.9

Xiaomi Mi Portable Mouse

Mulai dari Rp239.000,00

Tak khawatir saat terjatuh karena bodinya kukuh

Mouse termasuk barang yang mudah rusak karena ketidaksengajaan. Perangkat komputer ini bobotnya ringan dan biasanya diletakkan di meja. Jadi, bukan tidak mungkin ada bagian mouse yang patah saat terjatuh. Jika Anda pernah mengalaminya, hindari dengan produk ini. Xiaomi Mi Portable Mouse menggunakan bodi dari aluminium sehingga lebih kukuh dari yang plastik.


Karena mendukung dua jenis koneksi yang berbeda, produk ini bisa terhubung dengan dua perangkat sekaligus. Namun, keistimewaannya tidak sampai di situ saja. Produk ini dilengkapi tombol shortcut agar Anda dapat berpindah perangkat dengan cepat. Mouse ini pun cocok untuk Anda yang sering multitasking.

No.10

RazerDeathAdder V2 X HyperSpeed

Mulai dari Rp999.000,00

Ergonomis dan makro, gaming jadi makin maksimal

Harga wireless mouse untuk gaming biasanya memang tidak ekonomis, terlebih yang desainnya ergonomis. Namun, bila Anda mencari salah satu yang terbaik tanpa mempermasalahkan harga, produk ini bisa dipertimbangkan. Seri Deathadder dari Razer sudah terjual lebih dari 13 juta unit. Desain mouse dari seri ini bahkan diandalkan oleh Faker, juara dunia League of Legends.


Keunikan dari Razer DeathAdder V2 X Hyperspeed adalah sumber dayanya. Produk ini bisa menggunakan baterai AA atau AAA. Jumlahnya pun dapat disesuaikan, tergantung pada bobot yang Anda inginkan. Selain itu, mouse ini memiliki tujuh tombol yang fungsinya bisa Anda atur sendiri.

Apa yang harus dilakukan jika mouse tidak berfungsi?

Apa yang harus dilakukan jika mouse tidak berfungsi?

Wireless mouse Anda mungkin saja tidak mau berfungsi. Cobalah langkah berikut untuk mengetahui apakah mouse Anda masih berfungsi.


  1. Periksa apakah dayanya sudah habis
  2. Jika dayanya masih ada, coba matikan dan nyalakan kembali wireless mouse Anda
  3. Jika masih tidak berhasil, reset dan atur koneksi mouse kembali

Biasanya, mouse yang tidak berfungsi dapat diatasi dengan langkah tersebut. Jika Anda merasa ada yang salah pada mouse Anda, cobalah mengikuti langkah-langkah di atas.

Baca juga rekomendasi produk mouse lainnya di sini

Tipe mouse sudah sangat beragam di pasaran. Selain wireless mouse, masih ada silent mouse, gaming mouse, hingga trackball mouse. Jika Anda mau mempertimbangkannya, kami sudah punya rekomendasi produknya. Silakan kunjungi artikel-artikel di bawah ini untuk membaca ulasan selengkapnya dari kami.

Kesimpulan

Sudah menemukan wireless mouse yang cocok dengan kebutuhan Anda? Tiap produk diberi fitur, desain, dan kelebihan yang berbeda. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya yang juga beragam, seperti bekerja, bermain game, dan lainnya.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui lebih dahulu spesifikasi mouse yang dibutuhkan. Selanjutnya, pilihlah yang desainnya paling membekas di hati. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan wireless mouse terbaik. Selamat berbelanja!
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer