10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Pompa aquarium berfungi untuk mengalirkan air dan memastikan suhu aquarium tetap terjaga. Terlebih lagi bila Anda memelihara ikan tropis, keberadaan pompa aquarium sangatlah penting. Ada 3 tipe pompa aquarium, yakni yang dapat Anda letakkan di dalam air, di luar aquarium, dan jenis amfibi sehingga Anda mungkin bingung saat hendak membelinya.

Kali ini, kami akan menjelaskan tips memilih pompa aquarium dan menyajikan 10 rekomendasi pompa aquarium terbaik. Terdapat berbagai jenis produk dalam daftar rekomendasi ini dengan perbedaan spesifikasi, ukuran, maupun fitur. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Daftar isi

Fungsi pompa aquarium

Fungsi pompa aquarium

Pompa aquarium memiliki peran yang sangat penting. Alat ini berfungsi untuk mengalirkan air, mengirim air ke tangki penyaringan (filter), dan berbagai fungsi lainnya. Dengan adanya pengiriman air ke tangki penyaringan, kotoran maupun makanan sisa akan tertinggal di filter dan dihancurkan oleh bakteri. Air di dalam aquarium pun terjaga kebersihannya lebih lama.

Dengan adanya aliran air, kadar oksigen juga akan terus terjaga dan tersebar secara merata di dalam aquarium. Oksigen tidak hanya penting untuk ikan, tetapi juga untuk koral, tanaman air, serta bakteri di dalam aquarium. Selain itu, bila Anda menggabungkan penggunaannya dengan alat pemanas atau pendingin, Anda bisa menjaga suhu dalam aquarium tersebut tetap stabil.

Cara memilih pompa aquarium

Mungkin Anda sering bertanya-tanya dalam hati mengapa aquarium yang sedang dipajang disandingkan dengan pompa aquarium tipe tertentu? Apakah ada spesifikasi khusus yang harus diperhatikan? Bila Anda ingin tahu lebih banyak, simak terus artikel ini!

Kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda cara memilih pompa yang paling sesuai dengan aquarium Anda.

Seimbangkan pompa dengan ukuran aquarium Anda

Seimbangkan pompa dengan ukuran aquarium Anda

Agar kualitas air dalam aquarium Anda tetap terjaga, Anda harus mengetahui seberapa sering idealnya air aquarium Anda disirkulasikan ke filter dalam jangka waktu satu jam.

Bila Anda memelihara ikan karnivora, idealnya air aquarium Anda harus bersirkulasi melalui filter sebanyak 2 kali dalam satu jam. Bila Anda menggunakan aquarium Anda untuk melakukan kembang biak ikan, idealnya air aquarium disirkulasikan sebanyak 7 sampai 10 kali dalam satu jam. Anda juga bisa menggunakan rumus berikut untuk menentukan seberapa banyak idealnya air dalam aquarium Anda disirkulasi dalam satu jam. Rumusnya adalah ‘jumlah rotasi per jam = kecepatan aliran air : volume aquarium‘. Dengan menggunakan rumus ini, Anda akan dapat menentukan jumlah sirkulasi air yang ideal.

Pilihlah sesuai lokasi pemasangan pompa

Pilihlah sesuai lokasi pemasangan pompa

Terdapat 3 tipe pompa aquarium yakni yang dapat Anda pasang di dalam aquarium, di luar aquarium, dan tipe amfibi. Masing-masing pompa memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Karena itulah, Anda harus mengetahui lokasi pemasangan pompa pada aquarium sebelum membeli pompa aquarium.

Terdapat tipe pompa aquarium berukuran compact yang dapat Anda pasang di dalam aquarium. Kemampuan rotasi aliran airnya rendah sehingga cocok bila diletakkan di aquarium kecil. Pompa aquarium yang dipasang dalam air umumnya tidak menimbulkan suara yang mengganggu. Namun, pompa ini sering didekati oleh hewan yang ada di dalam aquarium sehingga tipe ini cenderung lebih mudah rusak. Selain itu, karena pompa ini juga menimbulkan panas di dalam air. Kalau begini, tentu temperatur aquarium Anda akan meningkat. Inilah kelemahan utama dari pompa yang dipasang di dalam air.

Pompa yang dipasang di luar aquarium memiliki ukuran kecil hingga besar. Kekurangan dari tipe ini adalah Anda harus menyediakan ruang pemasangan khusus serta suaranya mungkin dapat mengganggu Anda.

Sementara itu, pompa tipe amfibi merupakan gabungan dari pompa tipe dalam dan luar aquarium, sehingga tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan dari keduanya. Keunggulan dari tipe ini adalah versatile, mudah Anda pasang di mana pun, bisa di luar maupun di dalam aquarium. Kekurangannya, tipe ini memiliki harga yang lebih mahal dibanding kedua tipe lainnya.

Memodifikasi kemampuan pompa dengan cooler atau sterilizing light

Memodifikasi kemampuan pompa dengan cooler atau sterilizing light

Ketika Anda menambahkan perangkat seperti sterilizing light, cooler, maupun perangkat pelengkap lain pada aquarium Anda, sirkulasi air akan terhambat. Hal tersebut menyebabkan pompa atau selangnya memperoleh beban ekstra dan tidak akan mampu bekerja sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, bila Anda berencana menambahkan perangkat lain pada aquarium Anda, pastikanlah lebih dulu kesesuaiannya dengan spesifikasi pompa aquarium yang hendak Anda beli. Bila perlu, pilihlah pompa aquarium dengan spesifikasi yang cukup tinggi agar lebih fleksibel untuk dipadukan dengan perangkat lain.

Sesuaikan dengan karakteristik hewan dalam aquarium

Sesuaikan dengan karakteristik hewan dalam aquarium

Penting untuk mengetahui karakteristik hewan dalam aquarium Anda. Bila Anda memelihara hewan yang hidup di aliran air tenang, aliran air deras akan membuatnya stres. Selain itu, bila aliran airnya terlalu deras, hewan-hewan akan banyak bersembunyi. Anda bisa mengurangi kekuatan aliran air dengan cara menempatkan kayu atau batu di dekat ujung selang dalam aquarium. Namun, pada bagian tersebut lumut akan lebih cepat tumbuh sehingga Anda harus lebih sering membersihkannya.

10 Rekomendasi pompa aquarium terbaik

Sebelumnya kami sudah menjelaskan cara memilih pompa aquarium. Sekarang, kami akan memberikan 10 rekomendasi pompa aquarium terbaik. Silakan disimak dan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda!

10. Armada AR-350

10. Armada AR-350

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Pompa 2 output dengan harga sangat terjangkau

Bila Anda memiliki 2 aquarium kecil dan membutuhkan pompa aquarium untuk keduanya dengan dana terbatas, produk ini adalah salah satu opsi terbaik. Produk ini dilengkapi dengan 2 saluran output sehingga Anda bisa menggunakan 1 pompa untuk kedua aquarium kecil Anda.

Air aquarium Anda akan disirkulasikan sebanyak 4 liter per menit atau 240 liter per jam melalui masing-masing output-nya. Jumlah yang cukup pas dengan aquarium kecil Anda. Selain itu, produk ini juga tidak membutuhkan banyak listrik karena daya listriknya hanya 5 watt.

9. Atman AT-101

9. Atman AT-101

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Karetnya lekat dengan aquarium segala bahan!

Menggunakan daya listrik sebesar 5 watt, produk ini tidak akan membuat Anda mengeluarkan banyak biaya listrik. Produk ini mampu menyirkulasi air dalam aquarium Anda sebanyak 400 liter per jam, lebih dari cukup bila Anda menggunakan aquarium berukuran medium. Selain itu, produk ini juga cocok untuk Anda letakkan baik dalam air tawar maupun air asin, lho!

Ketika sedang dinyalakan, produk ini tidak menimbulkan suara yang mengganggu. Bahkan yang lebih menarik, produk ini sudah dilengkapi dengan karet yang mampu menempel pada kaca aquarium dengan lekat. Hal ini tentu memudahkan Anda untuk meletakkan alat ini di lokasi mana pun yang Anda mau di dalam aquarium Anda.

8. Resun SP-3800

8. Resun SP-3800

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 133.000

Pasangan pas untuk aquarium besar sekalipun!

Produk ini mampu menyirkulasikan air dalam aquarium Anda sebanyak 2000 liter per jam. Dengan kemampuan sirkulasi sebesar itu, Anda dapat menambahkan perlengkapan lain ke aquarium Anda. Selain itu, daya listriknya juga masih cukup ekonomis, yakni hanya 25 watt saja.

Karena memiliki ukuran cukup besar, produk ini cukup banyak menghasilkan panas. Oleh karena itu, produk ini cocok memelihara ikan yang menyukai suhu hangat. Selain itu, karena ukuran yang besar, pompa ini memang lebih pas ketika Anda tempatkan dalam aquarium besar.

7. Amara AA-107

7. Amara AA-107

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 280.000

Mampu menyirkulasi air hingga 5000 liter/ jam!

Bila Anda mencari pompa aquarium yang mampu menyirkulasikan air dalam jumlah banyak, produk ini adalah opsi tepat. Pompa ini mampu menyirkulasikan air hingga 5000 liter per jam. Dengan kemampuan seperti itu, produk ini bukan hanya dapat Anda tempatkan dalam aquarium, tetapi juga cocok untuk  kolam berukuran menengah.

Anda juga dapat menambahkan perlengkapan lain maupun melakukan budidaya ikan hias dengan tenang karena produk ini mampu menjaga sirkulasi air tetap lancar. Konsumsi listrik produk ini juga masih termasuk hemat, yakni hanya 105 watt. Namun, Anda harus memperhatikan kesesuaian kondisi aquarium dengan panas yang dapat ditimbulkan oleh pompa ini.

6. Yamano SP-2600

6. Yamano SP-2600

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 88.000

Semakin awet dengan ceramic shaft dan epoxy resin

Menggunakan daya listrik sebesar 32 watt, produk ini mampu menyirkulasi air dalam aquarium Anda sebanyak 2000 liter per jam. Cocok untuk Anda gunakan dalam aquarium dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Selain itu, produk ini mampu menyirkulasikan air tanpa menghasilkan suara-suara yang mengganggu pendengaran Anda.

Dibuat menggunakan bahan ceramic shaft, produk ini menjadi semakin kuat. Bagian motor-nya juga sudah dilapis epoxy resin agar tidak mudah rusak dan cocok untuk digunakan dalam air tawar maupun air asin. Bila Anda mencari pompa yang cukup awet untuk diletakkan dalam aquarium, produk ini dapat dipertimbangkan.

5. Leecom AU-312

5. Leecom AU-312

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 63.232

Begitu hening dan hemat listrik

Produk ini dirancang secara khusus untuk menimbulkan suara sekecil mungkin. Hasilnya, meskipun pompa ini harus Anda letakkan diluar aquarium, produk ini sangat silent dan tidak akan menimbulkan kebisingan. Tidak hanya silent, produk ini juga berukuran sangat compact sehingga Anda bisa dengan mudah menempatkannya di mana pun Anda mau.

Meski silent, produk ini mampu menyirkulasi air hingga 120 liter per jam, cukup ideal untuk Anda yang memelihara ikan dengan habitat aliran air tenang. Yang lebih luar biasa, dengan fitur silent dan sirkulasi air cukup memadai, daya listrik produk ini hanya 1,5 watt. Untuk Anda yang menyukai produk silent dan tidak boros listrik, produk ini layak dipertimbangkan.

4. Jebo P-70

4. Jebo P-70

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 560.000

Sirkulasi air tinggi, daya listrik rendah

Produk berkualitas ini mampu menyirkulasi air hingga 70 liter per menit atau 4200 liter per jam, lho! Tentu produk ini cocok untuk Anda pasangkan dengan aquarium berukuran besar. Anda juga bisa dengan tenang menambahkan berbagai peralatan lainnya atau menambah jumlah ikan pada aquarium Anda karena sirkulasi airnya akan tetap lancar.

Bila Anda mencari produk rendah daya listrik dengan kemampuan sirkulasi di atas rata-rata, produk ini adalah salah satu pilihan. Daya listrik pada pompa ini hanya 45 watt, cukup rendah bila Anda bandingkan dengan kemampuan sirkulasi airnya. Meski begitu, produk ini memiliki ukuran cukup besar sehingga Anda harus menyediakan area khusus untuk menempatkan produk ini.

3. Hidom HP-6000

3. Hidom HP-6000

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 235.000

Pompa amfibi dengan harga ekonomis

Anda dapat menempatkan pompa ini di dalam aquarium air tawar maupun air asin. Bila dibutuhkan, Anda juga dapat menempatkannya di luar aquarium, sangat versatile! Bila Anda menginginkan pompa aquarium amfibi dengan biaya minim, produk ini adalah solusi terbaik.

Produk ini mampu menyirkulasi air dalam aquarium Anda dengan cukup baik, yakni mencapai 2500 liter per jam. Daya listriknya juga kecil, yakni 60 watt saja. Di sisi lain, produk ini memiliki kelemahan berupa ukuran dan suara yang cukup besar, tetapi mengingat harganya yang terjangkau, tentu produk ini layak untuk Anda pertimbangkan, bukan?

2. Resun Air-8000

2. Resun Air-8000

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 252.000

Sangat ekonomis dengan 4 cabang output dalam 1 pompa

Bila Anda memiliki lebih dari 2 buah aquarium berukuran kecil atau medium, ada baiknya Anda mempertimbangkan pompa yang satu ini. Pompa ini memiliki 4 cabang output yang sangat ekonomis untuk Anda gunakan pada seluruh aquarium Anda. Masing-masing cabang mampu menyirkulasi air hingga 180 liter per jam, cocok untuk aquarium yang tidak terlalu besar.

Tidak hanya itu, konsumsi listriknya juga sangat rendah, yakni 8 watt saja. Mengingat produk ini mampu menyirkulasi air sedemikian rupa, tentu konsumsi lisriknya terasa sangat ramah dengan dompet Anda. Meskipun produk ini hanya bisa Anda tempatkan di luar aquarium, Anda tidak perlu khawatir karena produk ini juga tidak menimbulkan suara berisik.

1. Eheim Universal 1200

1. Eheim Universal 1200

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.900.000

Build quality terbaik untuk durabilitas maksimal

Anda tidak perlu kaget saat melihat harganya karena produk ini diimpor dari Jerman. Jadi, build quality-nya pun tidak perlu diragukan. Dibuat dari material berkualitas tinggi plus motor yang dilapisi dengan cover khusus, produk ini dapat Anda gunakan untuk jangka panjang. Tentu untuk Anda yang mencari produk awet dengan build quality terbaik, produk ini adalah jawaban tepat.

Didesain sebagai pompa amfibi, Anda dapat sesuka hati meletakkan pompa ini di dalam maupun di luar aquarium. Daya listriknya juga sangat irit, yakni hanya 28 watt saja. Ditambah dengan prefilter untuk mencegah kotoran masuk ke impeller dan output sebanyak 1200 liter per jam, Anda tidak perlu ragu lagi untuk memiliki produk berkualitas ini.

Kesimpulan

Untuk memperoleh pompa aquarium yang paling cocok dengan aquarium Anda, Anda harus mempertimbangkan lokasi penempatan pompa pada aquarium Anda. Apakah Anda akan meletakkannya di dalam aquarium, di luar aquarium, atau mungkin Anda membutuhkan tipe amfibi?

Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan dengan karakteristik hewan dalam aquarium Anda. Hewan-hewan tersebut tidak boleh stres agar mereka bisa berenang bebas di dalam aquarium Anda. Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan spesifikasi pompa dengan peralatan tambahan seperti cooler, sterilizing lamp, dan sebagainya.