• 10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Pompa Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Pompa aquarium berfungi untuk mengalirkan air dan memastikan suhu aquarium tetap terjaga. Terlebih lagi bila Anda memelihara ikan tropis, keberadaan pompa aquarium sangatlah penting. Ada 3 tipe pompa aquarium, yakni yang dapat Anda letakkan di dalam air, di luar aquarium, dan jenis amfibi sehingga Anda mungkin bingung saat hendak membelinya.

Kali ini, kami akan menjelaskan tips memilih pompa aquarium dan menyajikan 10 rekomendasi pompa aquarium terbaik. Terdapat berbagai jenis pompa aquarium berkualitas dengan merek Eheim, Resun, atau Hidom dalam daftar rekomendasi ini yang berbeda spesifikasi, ukuran, dan fitur. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 09 Februari 2021
  • 159.428 Views
Daftar isi

Fungsi pompa aquarium

Fungsi pompa aquarium
Pompa aquarium memiliki peran yang sangat penting. Alat ini berfungsi untuk mengalirkan air, mengirim air ke tangki penyaringan (filter), dan berbagai fungsi lainnya. Dengan adanya pengiriman air ke tangki penyaringan, kotoran dan makanan sisa akan tertinggal di filter dan dihancurkan oleh bakteri. Air di dalam aquarium pun terjaga kebersihannya lebih lama.
Dengan adanya aliran air, kadar oksigen juga akan terus terjaga dan tersebar secara merata di dalam aquarium. Oksigen tidak hanya penting untuk ikan, tetapi juga untuk koral, tanaman air, serta bakteri di dalam aquarium. Selain itu, bila Anda menggabungkan penggunaannya dengan alat pemanas atau pendingin, Anda bisa menjaga suhu dalam aquarium tersebut tetap stabil.

Cara memilih pompa aquarium

Apakah ada spesifikasi khusus yang harus diperhatikan ketika hendak memilih pompa aquarium? Bila Anda ingin tahu lebih banyak, simak terus artikel ini!

Pilih sesuai dengan ukuran aquarium Anda

Pilih sesuai dengan ukuran aquarium Anda
Untuk menjaga kualitas air dalam aquarium, Anda harus mengetahui seberapa sering idealnya air aquarium Anda disirkulasikan ke filter dalam jangka waktu satu jam.
Baiknya air aquarium Anda bersirkulasi minimal 1-2 kali per jam. Bila Anda mengembangbiakkan ikan karnivora besar, sebaiknya air aquarium Anda bersirkulasi 7-10 kali per jam karena airnya lebih cepat kotor. Ketika Anda menggunakan aquarium untuk kembang biak ikan secara umum, Anda bisa menggunakan rumus berikut untuk menentukan seberapa banyak idealnya air dalam aquarium Anda disirkulasi dalam satu jam. Rumusnya adalah ‘jumlah rotasi per jam = kecepatan aliran air : volume aquarium‘. Dengan menggunakan rumus ini, Anda akan bisa menentukan jumlah sirkulasi air yang ideal.

Pilih sesuai lokasi pemasangan pompa

Pilih sesuai lokasi pemasangan pompa
Terdapat 3 tipe pompa aquarium, yakni yang dapat Anda pasang di dalam aquarium, di luar aquarium, dan tipe amfibi. Masing-masing pompa memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Karena itulah, Anda harus mengetahui lokasi pemasangan pompa pada aquarium sebelum membeli pompa aquarium.
Terdapat tipe pompa aquarium berukuran compact yang dapat Anda pasang di dalam aquarium. Kemampuan rotasi aliran airnya rendah sehingga cocok bila diletakkan di aquarium kecil. Pompa aquarium yang dipasang dalam air umumnya tidak menimbulkan suara yang mengganggu. Namun, pompa ini sering didekati oleh hewan yang ada di dalam aquarium atau terkontaminasi kotoran dan sisa makanan. Hal tersebut membuat perawatannya cenderung lebih sulit dilakukan. Selain itu, pompa ini juga menimbulkan panas di dalam air sehingga suhu aquarium Anda akan meningkat. Inilah kelemahan utama dari pompa yang dipasang di dalam air.
Di sisi lain, pompa yang dipasang di luar aquarium memiliki ukuran kecil hingga besar. Kekurangan dari tipe ini adalah Anda harus menyediakan ruang pemasangan khusus serta suaranya mungkin dapat mengganggu Anda.
Sementara itu, pompa tipe amfibi merupakan gabungan dari pompa tipe dalam dan luar aquarium sehingga tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan dari keduanya. Keunggulan dari tipe ini adalah versatile, mudah Anda pasang di mana pun, bisa di luar atau di dalam aquarium. Kekurangannya, tipe ini memiliki harga yang lebih mahal dibanding kedua tipe lainnya.

Periksa kesesuaiannya dengan cooler, sterilizing light, atau peralatan lainnya

Periksa kesesuaiannya dengan cooler, sterilizing light, atau peralatan lainnya
Ketika Anda menambahkan perangkat seperti sterilizing light, cooler, atau perangkat lainnya pada aquarium Anda, sirkulasi air akan terhambat. Hal tersebut menyebabkan pompa atau selangnya memperoleh beban ekstra dan tidak akan mampu bekerja sebagaimana mestinya. Tentu Anda bisa melakukan perawatan secara berkala, tetapi performa pompa aquarium Anda tetap tidak akan maksimal.
Karena itu, bila Anda berencana menambahkan perangkat lain pada aquarium Anda, pastikanlah lebih dulu kesesuaiannya dengan spesifikasi pompa aquarium yang hendak Anda beli. Bila perlu, pilihlah pompa aquarium dengan spesifikasi yang cukup tinggi agar lebih fleksibel untuk dipadukan dengan perangkat lain.

Pilih sesuai dengan karakteristik hewan dalam aquarium

Pilih sesuai dengan karakteristik hewan dalam aquarium
Pompa aquarium tidak selalu harus berukuran besar. Penting untuk mengetahui tidak hanya ukuran, tetapi juga karakteristik hewan dalam aquarium Anda. Bila Anda memelihara hewan yang hidup di aliran air tenang, aliran air deras akan membuatnya stres. Selain itu, bila aliran airnya terlalu deras, hewan-hewan akan banyak bersembunyi sehingga Anda tidak bisa menikmati kehadiran mereka dalam aquarium Anda.
Anda bisa mengurangi kekuatan aliran air dengan cara menempatkan kayu atau batu di dekat ujung selang dalam aquarium. Namun, pada bagian tersebut lumut akan lebih cepat tumbuh sehingga Anda harus lebih sering membersihkannya.

10 Rekomendasi pompa aquarium terbaik

Sebelumnya kami sudah menjelaskan cara memilih pompa aquarium. Sekarang, kami akan memberikan 10 rekomendasi pompa aquarium terbaik. Silakan disimak dan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda!
10
9
8
7
6
5
4
3
2
1

Tabel perbandingan produk pompa aquarium terbaik

Gambar produk
1
Eheim Universal Pumps 1200 1

Eheim

2
Resun Surpass Air Pump AIR8000 1

Resun Surpass

3
Hidom Aquarium Pump HP-6000 1

Hidom

4
Jebo Air Pumps P-70 1

Jebo

5
LEECOM AU-312 1

LEECOM

6
Yamano SP-2600 1

Yamano

7
Amara AA-107 1

Amara

8
Resun SP Submersible Water Pump SP3800 1

Resun SP

9
Atman AT-101 1

Atman

10
Amara AA-350 1

Amara

Nama produk

Universal Pumps 1200

Air Pump AIR8000

Aquarium Pump HP-6000

Air Pumps P-70

AU-312

SP-2600

AA-107

Submersible Water Pump SP3800

AT-101

AA-350

Keunggulan

Build quality terbaik untuk durabilitas maksimal

Sangat ekonomis dengan 4 cabang output dalam 1 pompa

Pompa amfibi dengan harga bersahabat

Sirkulasi air tinggi, daya listrik rendah

Begitu hening dan hemat listrik, lho!

Semakin awet dengan ceramic shaft dan epoxy resin

Mampu menyirkulasi air hingga 5000 liter/ jam!

Pasangan pas untuk aquarium besar sekali pun!

Karetnya sangat lekat di kaca

Pompa 2 output dengan harga sangat terjangkau

HargaRp 1.840.000,00Rp 214.000,00Rp 215.000,00Rp 739.900,00Rp 58.900,00Rp 77.000,00Rp 280.000,00Rp 132.000,00Rp 47.600,00Rp 33.000,00
Tautan produk

Kesimpulan

Untuk memperoleh pompa aquarium yang paling tepat, Anda harus mempertimbangkan lokasi penempatannya. Apakah Anda akan meletakkannya di dalam aquarium, di luar aquarium, atau mungkin Anda membutuhkan tipe amfibi?
Anda juga harus menyesuaikannya dengan karakteristik hewan dalam aquarium Anda agar mereka bisa berenang bebas di dalam aquarium. Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan spesifikasi pompa dengan peralatan tambahan seperti cooler, sterilizing lamp, dan sebagainya. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Filter Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Filter Aquarium Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Filter memiliki peran krusial bagi kelangsungan hidup ekosistem akuarium sehingga Anda perlu berhati-hati dalam memilihnya. Dengan berbagai tipe dan merek filter akuarium yang ada, mungkin Anda akan bingung harus memilih yang mana. Ada tipe atas, gantung, eksternal, serta tipe undergravel. Ditambah lagi, berbagai merek mulai dari Resun, JEBO, AMARA, dan Atman juga tersedia.Nah, kali ini kami akan membantu Anda dengan menjabarkan cara memilih filter akuarium berdasarkan jenis dan tujuannya. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk filter akuarium terbaik untuk Anda pertimbangkan. Marilah simak lebih lanjut!
    Perawatan ikan
    621 Views
  • 10 Rekomendasi Vitamin Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vitamin Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Namun, ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan sebagainya. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin mana yang terbaik?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda di rumah. Kali ini, kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, VITA-GEL, dan sebagainya. Tak perlu menunggu lama, langsung saja simak ulasan kami di bawah ini!
    Perawatan kucing
    135.837 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kucing, seperti Anggora, Persia, British Short Hair, dan sebagainya, merupakan peliharaan favorit bagi banyak orang. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, beraneka makanan kucing atau cat food dari berbagai merek banyak bermunculan. Merek terkenal, seperti Me-O dan Felibite, hingga merek premium, seperti Royal Canin dan Orijen, bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pertanyaannya, apakah semua merek tersebut bagus untuk kucing Anda?Untuk menjawabnya, Anda bisa mengikuti tips memilih makanan kucing yang akan kami bagikan. Simak juga rekomendasi produk makanan kucing terbaik yang kami ulas berdasarkan tekstur, kandungan nutrisi, dan harganya. Berikut pembahasan selengkapnya!
    Makanan hewan
    311.189 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sampo kucing adalah produk perawatan yang penting untuk memelihara kebersihan kucing kesayangan agar terhindar dari jamur, kutu, kerontokan, dan berbagai penyakit lainnya. Banyak sampo kucing dijual dengan bermacam-macam aroma yang menyenangkan. Namun, apakah kucing kesayangan akan menyukai sampo berbau wangi tersebut sebagaimana Anda?Dalam artikel ini, kami menjelaskan bagaimana cara memilih sampo kucing yang tepat. Temukan pula sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Bio-Groom, Bioline, Raid-All, Pet Silk, Espree, hingga merek lokal I’m Organic yang populer di kalangan pencinta kucing. Simak artikel ini sampai selesai!
    Perawatan kucing
    163.921 Views
  • 10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik Tipe Basah/Wet Food (Terbaru Tahun 2020)
    Sedikit berbeda dengan tipe kering, makanan kucing tipe basah/wet food digilai oleh para kucing karena memiliki tekstur lembut, berair, mudah dimakan, dan mengandung potongan daging. Beberapa merek pun all out memakai bahan utama yang berkelas dan grain-free.Untuk memudahkan Anda dalam memilih, kami merekomendasikan sepuluh makanan kucing terbaik tipe basah, seperti Royal Canin, Whiskas, Friskies, dan Fancy Feast! Silakan memilih makanan kucing tipe basah yang sesuai dengan kriteria di bawah ini!
    Makanan hewan
    141.386 Views
  • 10 Rekomendasi Sisir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sisir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kucing yang sehat dan berbulu lebat memang terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, bulu yang lebat dan tak terawat dapat membuat kucing tidak nyaman, bahkan menimbulkan masalah kesehatan. Karena itu, sisir kucing merupakan alat perawatan yang wajib Anda miliki.Terdapat beragam tipe sisir kucing di pasaran. Kali ini, kami akan berbagi tips bagaimana cara memilih sisir kucing yang baik. Selain itu, sepuluh produk sisir kucing berbagai merek juga akan kami rekomendasikan untuk Anda. Mungkin Anda pernah mendengar merek Furminator? Tetaplah membaca dan ketahuilah sisir apa yang terbaik untuk si fluffy!
    Grooming hewan
    12.266 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori